MEMBAGI PEKERJAAN YANG BESAR DALAM DELEGASI YANG EFEKTIF

“Sebesar apa pun sebuah pekerjaan, sesulit apa pun sebuah pekerjaan; bila memiliki visi bersama, tujuan bersama, komitmen bersama, dan kerja keras bersama; maka, pekerjaan itu dapat diselesaikan dengan sempurna.”~Djajendra

Pekerjaan di dalam perusahaan atau instansi adalah pekerjaan yang dilakukan melalui visi bersama. Semua pegawai dan pimpinan yang berada di dalam struktur organisasi haruslah memiliki visi bersama dan bertindak sebagai anggota tim kerja yang solid. Tidak dibenarkan satu orang pun untuk berpikir di luar visi dan tujuan bersama. Setiap orang pastinya sudah memiliki misi melalui uraian tugas dan peran dalam tanggung jawab yang harus dilakoni. Jadi, masing-masing individu harus mampu menjalankan pekerjaan dan tanggung jawab dengan profesional dan sepenuh hati. Totalitas individu untuk melakukan pekerjaan secara berkualitas dan tepat waktu adalah kunci untuk menghasilkan hasil akhir terbaik yang diinginkan.

Di dalam perusahaan dan instansi, semua pegawai dan pimpinan adalah satu kesatuan yang saling terkait dan terhubung untuk menjalankan tugas bersama sesuai visi dan tujuan. Sebuah pekerjaan besar tidaklah mungkin bisa diselesaikan oleh satu orang ataupun sekelompok orang, tetapi oleh seluruh insan yang berada di dalam instansi dan perusahaan tersebut. Jadi, setiap orang di dalam perusahaan dan instansi adalah orang-orang yang sangat penting, walau pekerjaan yang dikerjakan itu terlihat tidak penting. Dalam hal ini, hubungan kerja yang saling menghormati dan saling menghargai secara profesional haruslah menjadi bagian dari tata krama kerja. Tidak boleh ada yang merasa lebih dari yang lainnya, sebab sesungguhnya setiap orang adalah bagian penting yang keberadaannya untuk melengkapi pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain. Intinya, ketika semua orang bekerja dengan saling menghargai dan saling menghormati secara profesional, maka akan terbentuk kekuatan di dalam organisasi untuk menjalani tujuan bersama dan mampu melampaui semua rintangan yang tidak diinginkan.

Mendelegasikan pekerjaan adalah salah satu tugas manajerial yang sangat penting. Manajemen yang sehat dan kuat merupakan kekuatan untuk menyatukan semua orang dan menggerakan semua orang menuju visi bersama. Manajemen harus mampu membagi pekerjaan besar menjadi potongan-potongan kecil untuk diberikan kepada kelompok kerja (unit kerja) agar menyelesaikannya dengan berkualitas. Beban kerja kepada setiap individu ataupun unit kerja haruslah diperhitungkan secara profesional dan manusiawi. Daya tahan kerja yang optimal dari setiap individu harus menjadi perhatian yang serius. Jangan sampai beban kerja yang berlebihan membuat moral kerja menjadi rendah, sehingga kualitas yang diharapkan tidak terwujud.

Semua orang di tempat kerja saling berhubungan dan saling tergantung. Oleh karena itu, manajemen harus mampu membantu setiap insan di tempat kerja untuk bisa berpartisipasi dalam gerakan kerja yang menghasilkan kualitas terbaik. Dan, manajemen sendiri harus mampu menjadikan keberadaannya sebagai kekuatan dari sesuatu yang lebih besar yang ingin dihasilkan. Intinya, manajemen harus berfungsi dengan baik untuk membuat setiap insan di tempat kerja menjadi lebih fokus pada tujuan dan membangun kepercayaan pada bisnis.

Kehebatan manajemen untuk memecah tugas dan tanggung jawab di dalam uraian tugas yang jelas kepada setiap individu dan unit kerja adalah hal yang sangat penting. Mendelegasikan tugas dan tanggung jawab untuk dikerjakan dalam potongan-potongan yang lebih kecil akan membuat pekerjaan cepat tuntas dan kualitasnyapun dapat dikontrol. Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang memahami cara mengeksekusi rencana tersebut melalui pendelegasian yang tepat. Manajemen harus mampu merencanakan semua tugas penting, lalu semua tugas penting itu dibagi menjadi beberapa bagian, untuk dapat didelegasikan kepada orang-orang yang berkualitas dengan kompetensi yang tepat.

Memiliki visi bersama dan tujuan bersama di tempat kerja akan meningkatkan perasaan memiliki kekuatan bersama. Ketika semua pegawai dan pimpinan merasa memiliki kekuatan bersama untuk mewujudkan visi bersama, maka semua bagian-bagian terkecil dari pekerjaan yang dikerjakan tersebut dapat dituntaskan dengan sempurna. Perasaan memiliki kekuatan bersama memungkinkan setiap insan di tempat kerja untuk tampil lebih prima, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas dan tepat waktu.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivasi.com  atau www.djajendra-motivator.com

PENINGKATAN USAHA-USAHA INOVASI YANG HARUS DILAKUKAN OLEH SETIAP KARYAWAN DAN PIMPINAN

“Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan. Untuk sementara pengetahuan mendefinisikan semua yang kita ketahui dan pahami saat ini, imajinasi menunjuk pada semua hal yang mungkin belum kita temukan dan ciptakan.”~Albert Einstein

Tidak ada mimpi besar yang bisa dicapai tanpa adanya inovasi. Tidak ada mimpi yang terlalu besar bagi perusahaan yang hidup dalam budaya inovasi. Inovasi adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan kesuksesan secara terus-menerus. Inovasi adalah satu-satunya jalan untuk bisa tetap memimpin pasar dan memenangkan persaingan yang ketat.

Inovasi dan kreativitas melekat di dalam potensi dan bakat unik sebagai milik pribadi setiap orang. Inovasi dan kreativitas adalah jenis sifat untuk menumbuhkan diri menjadi lebih baik. Inovasi terjadi di wilayah tindakan atau melakukan, sedangkan kreativitas berada di wilayah pikiran atau imajinasi. Keduanya sangat diperlukan oleh setiap individu yang ingin tumbuh dan menonjol dibidang kehidupan yang ditekuni.

Insan perusahaan yang terlibat dalam tindakan inovatif dan kreatif mampu tampil di puncak kemampuan terbaik. Tindakan kreatif dan inovatif memberi wawasan dan memperkaya pengetahuan seseorang. Tingkat kinerja tertinggi hanya dapat diberikan oleh insan perusahaan yang tekun, disiplin, mampu menemukan solusi, berbakat dengan apa yang dikerjakan, kreatif, inovatif, fokus, berkemauan tinggi, tidak pernah berhenti sebelum berhasil, serta memiliki ketelitian dalam berpikir dan mencipta.

Energi inovasi dan kreatif di dalam diri masing-masing insan perusahaan haruslah mampu mendedikasikan bakat dan potensi uniknya, untuk membantu perusahaan menjalankan peran strategisnya dengan inovasi tiada henti. Inovasi di dalam perusahaan bertujuan memperbaiki output bisnis dan organisasi secara terus-menerus, sambil beradaptasi dengan realitas kemajuan zaman. Setiap insan perusahaan harus memiliki tekad dan kemauan yang tinggi untuk secara terus-menerus memperbaiki output bisnis, serta pada saat bersamaan meningkatkan output bisnis dan organisasi dengan lebih fantastis. Setiap insan perusahaan harus memiliki kualitas inovasi untuk memberikan keunggulan kepada perusahaan dalam mencapai kinerja terbaik, khususnya agar perusahaan dapat menjalankan peran strategisnya dengan inovasi tiada henti.

Kesadaran sumber daya manusia perusahaan haruslah selalu dimotivasi untuk melakukan pengembangan, perbaikan, penemuan, dan usaha-usaha tanpa henti agar bisa memberikan keuntungan komersial bagi perusahaan. Budaya perusahaan harus menyiapkan suasana kerja yang mendorong karyawan untuk menyiapkan inovasi-inovasi yang hebat melalui bakat dan potensinya agar dapat mendukung peran strategis perusahaan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

KINERJA TERBAIK HANYA DIDAPATKAN MELALUI INOVASI TERUS-MENERUS

“Tidak ada mimpi besar yang bisa dicapai tanpa adanya inovasi.”~Djajendra

Keberhasilan sebuah bisnis sangat tergantung kepada kemampuan untuk berinovasi secara terus-menerus. Tidak ada mimpi besar yang bisa dicapai tanpa adanya inovasi. Tidak ada mimpi yang terlalu besar bagi perusahaan yang hidup dalam budaya inovasi. Inovasi adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan kesuksesan secara terus-menerus. Inovasi adalah satu-satunya jalan untuk bisa tetap memimpin pasar dan memenangkan persaingan yang ketat.

Inovasi dihasilkan dari kreativitas. Kreativitas itu sendiri merupakan pola pikir yang bekerja di wilayah pikiran, yaitu: yang sedang memikirkan hal-hal baru. Sedangkan inovasi bekerja di wilayah tindakan atau sedang melakukan hal-hal baru. Jadi, kreativitas dan inovasi adalah dua kekuatan yang sangat diperlukan di dalam perubahan atau di dalam proses penciptaan yang baru. Kita sangat sadar bahwa perubahan adalah hukum kehidupan. Tidak ada yang tidak berubah, semua hal pasti berubah. Oleh karena itu, kreativitas dan inovasi haruslah menjadi kebiasaan untuk mendapatkan hal-hal baru ataupun untuk mendapatkan peningkatan kinerja di level yang lebih tinggi.

Inovasi haruslah menjadi bagian dari visi yang kuat untuk peningkatan kinerja di semua aspek organisasi. Inovasi yang terus-menerus memerlukan kontribusi dari setiap individu, kelompok, dan kepemimpinan yang fokus pada pencapaian terbaik. Dalam hal ini, setiap individu harus membiasakan pola pikir kreatifnya untuk digunakan secara produktif. Perusahaan yang kuat selalu memiliki budaya inovasi yang andal. Budaya inovasi melahirkan inisiatif individu dan tindakan kolektif untuk mencapai prestasi terbaik di pasar yang semakin kompleks. Inovasi menciptakan transformasi di semua aspek organisasi, sehingga peningkatan mutu yang terus-menerus menjadi wujud nyata untuk kesuksesan perusahaan.

Tanpa kreativitas dan inovasi kita tidak pernah melihat hal-hal baru. Pertumbuhan dan kemajuan membutuhkan inovasi. Perubahan membutuhkan inovasi. Bisnis selalu berubah oleh inovasi. Setiap insan perusahaan harus menjadi energi positif untuk menguatkan inovasi. Inovasi adalah ladangnya untuk menumbuhkan bibit-bibit unggul agar dapat menghasilkan hasil akhir terbaik.

Setiap perusahaan yang ingin tumbuh dalam kebesaran haruslah sadar untuk hidup dalam proses belajar. Inovasi artinya tumbuh dalam proses belajar setiap saat agar peningkatan dapat diwujudkan dengan sempurna. Jalan menuju sukses adalah melalui inovasi tanpa akhir. Intinya, perusahaan yang ingin tumbuh dan menjadi lebih besar, haruslah bersikap rendah hati dan selalu hidup di dalam proses belajar seumur hidup.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MELAYANI PEKERJAAN DENGAN KUALITAS TERBAIK

“Kemajuan dan pencapaian prestasi terbaik sangat tergantung pada kualitas terbaik dari kompetensi dan kapasitas yang Anda kontribusikan.”~Djajendra

Bekerjalah untuk kualitas terbaik. Organisasi terbaik membutuhkan orang-orang yang bekerja untuk kualitas terbaik. Organisasi terbaik membutuhkan orang-orang yang berkarya dan menghasilkan nilai tambah dengan kualitas terbaik. Datanglah ke tempat kerja bukan sekedar untuk bekerja, tetapi untuk memberikan mutu terbaik. Kemajuan dan pencapaian prestasi terbaik sangat tergantung pada kualitas terbaik dari kompetensi dan kapasitas yang Anda kontribusikan.

Rencana-rencana besar, program kerja yang hebat, tidak akan bermanfaat bila mengabaikan kualitas. Kualitas adalah segalanya. Kualitas terletak pada tindakan dan perilaku, tidak sebatas pada rencana dan program kerja saja. Kualitas sangat tergantung dari kemauan dan keikhlasan diri Anda untuk memberi lebih daripada meminta lebih. Jadi, tingkatkan kualitas dan kapasitas diri Anda agar Anda bisa menjadi energi positif bagi peningkatan mutu di tempat kerja Anda.

Siapkan diri Anda untuk menjadi contoh dan pengaruh bagi peningkatan kualitas di lingkungan kerja Anda. Kesadaran yang tinggi dan proaktif Anda, untuk memberikan peran bagi peningkatan mutu kerja adalah jalan untuk bekerja dengan kualitas terbaik. Jangan pernah berhenti berjuang dan bekerja lebih keras untuk menghasilkan mutu terbaik, karena hanya mutu terbaik yang mampu memberikan prestasi terbaik bagi Anda.

Semua situasi kerja yang mencoba menurunkan mutu harus berani dihadapi dengan tak kenal kata menyerah untuk memberikan mutu terbaik. Itulah kehidupan kerja yang harus Anda jalani setiap hari. Anda juga harus sadar bahwa kualitas terbaik yang Anda berikan melalui pekerjaan, sikap, perilaku, dan kebiasaan-kebiasaan Anda adalah sumber energi positif di tempat kerja. Ketika kualitas terbaik menjadi semangat untuk melayani organisasi Anda, maka energi positif secara otomatis menciptakan tempat kerja yang membuat Anda semua bahagia dan senang dengan suasana kerja.

Bekerja untuk mutu berarti nilai-nilai inti organisasi dan budaya organisasi menjadi lem perekat yang mempersatukan setiap insan organisasi dalam satu kekuatan yang solid. Sebab, mutu terbaik tercipta dari kolaborasi dan koordinasi kerja yang kompak dan solid. Supaya semua orang di tempat kerja bersatupadu dan tak terpisahkan dalam satu visi dan satu budaya kerja yang unggul, maka nilai-nilai inti organisasi harus dapat dihidupkan di tingkat kesadaran tertinggi dari setiap orang di tempat kerja.

Semakin tingkat kesadaran tertinggi Anda mampu menjalani hidup di kedalaman nilai-nilai inti organisasi, semakin Anda mampu menjadi kekuatan organisasi untuk menghasilkan kualitas terbaik. Anda pun dengan mudah mampu melakukan pekerjaan dengan kualitas tertinggi, dan Anda pun mampu bersatupadu dalam kerja sama tim yang solid untuk menghasilkan kinerja organisasi yang terbaik. Intinya, tanpa dipaksa untuk bekerja dengan kualitas tinggi, Anda secara sadar mampu bekerja untuk mutu dan kualitas terbaik.

Misi setiap orang di tempat kerja adalah melakukan pekerjaannya dengan kualitas terbaik. Pastikan Anda sudah memiliki kesadaran untuk menjalankan misi dengan sepenuh hati. Pastikan Anda mampu mengartikulasikan misi yang penuh kualitas untuk kesuksesan organisasi Anda. Andalah kualitas itu. Andalah mutu terbaik itu. Jadi, tampilkan diri Anda yang penuh kualitas terbaik, untuk membuat tempat kerja Anda lebih manusiawi dan lebih berkinerja tinggi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PERUBAHAN TERJADI KARENA PIKIRAN DILATIH UNTUK MENERIMA PERUBAHAN

“Perubahan harus jujur mentransfer informasi tentang hal-hal yang sifatnya warisan dari budaya lama. Menyembunyikan warisan dan karakter lama hanya menjadikan perubahan sulit terjadi.”~Djajendra

Perubahan memerlukan mental dan pola pikir yang siap dengan segala rintangan dan tantangan di sepanjang proses perubahan. Oleh karena itu, sebelum perubahan itu dimulai, bentuklah pola pikir Anda yang siap untuk berubah. Pola pikir baru terbentuk melalui latihan terus-menerus. Anda dapat melatih pikiran untuk berubah melalui latihan dan afirmasi secara terus-menerus. Intinya, orang-orang yang sulit berubah bisa dilatih pikirannya untuk bersikap positif saat terjadi perubahan.

Sulit untuk belajar sesuatu yang baru dari perubahan tanpa latihan. Apa pun yang dialami di dalam proses perubahan haruslah dijadikan pelajaran untuk pengembangan diri. Dalam hal ini, pikiran dilatih untuk menerima dan menjalankan hal-hal baru dengan sepenuh hati. Harus diingat bahwa pikiran positif dan kesadaran tertinggi adalah dua kekuatan yang sangat diperlukan di sepanjang proses perubahan.

Melalui pola pikir positif dan kesadaran yang tinggi, Anda dapat memperbaiki rutinitas dan kebiasaan untuk disesuaikan dengan organisasi baru. Bila setiap hari dengan disiplin dan ketekunan yang hebat Anda mampu mengisi nilai-nilai baru, maka secara otomatis perubahan yang ingin Anda lihat akan terjadi. Jadi, organisasi baru yang sehat dan kuat terwujud saat Anda memperbaiki rutinitas dan kebiasaan sehari-hari dengan penuh tanggung jawab sampai perubahan yang diinginkan terjadi.

Organisasi beberapa tahun yang lalu pasti sudah tidak sama lagi dengan organisasi yang dibutuhkan oleh masa depan. Semuanya berubah dan menciptakan yang baru secara otomatis. Jadi, secara alami perubahan itu terjadi tanpa disadari. Tantangan terbesar dalam perubahan ada di dalam diri manusia. Sifat, kebiasaan, keyakinan, dan nilai-nilai yang diserap sejak lama bukanlah sesuatu yang dengan mudah bisa diubah. Diperlukan sebuah upaya keras yang penuh disiplin untuk merubah pola pikir manusia agar mau berubah.

Malas melakukan perubahan hanya menghasilkan ketertinggalan dan keterbelakangan. Malas melakukan perubahan hanya menghasilkan kekalahan dan ketidakmampuan. Jadi, sekarang inilah waktu yang paling tepat untuk memulai perubahan. Sadarkan diri Anda dan bangunlah dari tidur nyenyak di zona nyaman. Pahami bahwa perubahan terjadi terus-menerus di dalam diam secara tidak sadar. Oleh karena itu, sadarlah bahwa perubahan itu adalah kebenaran sejati di semua aspek kehidupan yang Anda jalani. Bila Anda mengabaikan perubahan atau malas berurusan dengan perubahan, maka Anda membuat hidup Anda tidak maksimal dalam memanfaatkan bakat dan potensi hebat Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PERUBAHAN BUKAN UNTUK DITAKUTI, TAPI UNTUK DILALUI DENGAN BERANI DAN PERCAYA DIRI

“Semuanya pasti berlalu, tidak ada yang bertahan dalam wujud yang sama, semuanya pasti berubah.”~Djajendra

Ketika Anda marah pada perubahan, maka kekuatan perubahan akan mengucilkan hidup Anda. Perubahan itu abadi dan pasti sedangkan manusia itu tidak abadi dan selalu berganti generasi. Tidak ada seorang pun yang bisa menang melawan perubahan. Perubahan itulah kemenangan. Perubahan itulah kebenaran sejati. Perubahan itulah sesuatu yang pasti dan nyata.

Apa pun yang Anda miliki atau rasakan saat ini akan berlalu. Tidak ada yang tidak akan berlalu dalam hidup ini, semuanya pasti berlalu, semuanya pasti tergantikan dengan yang baru. Perilaku bertahan dalam zona nyaman adalah perilaku yang hanya menjadikan Anda tidak tumbuh lagi. Zona nyaman adalah nyona pembonsaian, atau zona yang menjadikan Anda tumbuh kerdil di ruang kehidupan yang sangat sempit. Artinya, Anda yang hidup di zona nyaman sama seperti tanaman bonsai di pot kecil, kelihatan indah tapi dia dikerdilkan dan tumbuh secara terbatas.

Perubahan membutuhkan kebebasan dari rasa takut. Perubahan membutuhkan perilaku yang tekun, rajin, disiplin, ulet, belajar, dan memiliki kekuatan kemauan untuk berubah. Perubahan membutuhkan ketegaran hati, kesabaran tinggi, penguasaan diri sendiri, mental tidak pernah menyerah atau berhenti, serta kemauan yang sangat kuat untuk berproses di dalam perubahan.

Perubahan dimulai dari sebuah visi besar dan gambar yang utuh tentang apa yang mau dicapai. Kemudian, proses perubahan itu dimulai dari langkah-langkah kecil, setahap demi setahap, seinci demi seinci. Seperti sebuah peribahasa Cina yang mengatakan: “Orang yang memindahkan gunung itu memulainya dengan memindahkan batu-batu kecil.” Jadi, perubahan itu tidak boleh membuat Anda gentar dan takut dengan apa yang mau dicapai. Sebesar apa pun raksasa yang harus dicapai, jangan gentar, tingkatkan optimisme dan kepercayaan diri Anda, lalu dengan berani dan rendah hati hadapi semua hambatan di depan dengan solusi yang tepat. Mulailah dari yang terkecil dan termudah, sederhanakan semua hal sehingga Anda dapat melihatnya dengan jelas untuk dituntaskan secara sempurna.

Perubahan pasti mendapatkan ancaman dari para pemberontak, dari orang-orang yang tidak memiliki keberanian untuk menghadapi resiko di depan. Di sinilah dibutuhkan peran dari kepemimpinan yang kuat dan penuh optimisme. Seorang pemimpin perubahan selalu sadar bahwa setiap saat para pemberontak dapat melakukan sabotase terhadap perubahan yang sedang dilakukan. Oleh karena itu, kepemimpinan yang kuat tidak pernah gentar menghadapi situasi yang tidak mendukungnya. Pemimpin yang kuat dan cerdas selalu bergerak terus dan tidak pernah membiarkan para pemberontak untuk menghentikan perubahan yang sedang dilakukan. Pemimpin perubahan terbaik hanya fokus dan bertekad untuk mengejar tujuan perubahan setiap hari. Dia tidak akan memberikan energinya untuk para pemberontak. Dia secara perlahan-lahan akan melemahkan kekuatan para pemberontak dan membuang keluar mereka dari organisasi yang sedang berubah.

Perubahan membutuhkan kebenaran. Saat perubahan berlangsung semua orang harus menghormati akal sehat, tetapi juga mendukung inovasi dan kreativitas yang kadang tidak masuk logika. Jangan sampai akal sehat membatasi kreativitas. Jadi, biarkan orang-orang mengatakan pendapatnya dengan percaya diri, yang penting fungsi koordinasi dari kepemimpinan dijalankan dengan tegas dan pasti.

Perubahan membutuhkan jiwa besar yang telah memiliki mental untuk tidak takut, serta selalu memiliki kemauan untuk mengatasi rasa takut dengan segala cara. Perubahan pasti menghadapi permusuhan dari kaum anti perubahan. Selalu saja perubahan harus menghadapi antagonisme dan kebencian dari orang-orang yang takut kehilangan sesuatu akibat perubahan. Jelas, sebuah kepemimpinan yang tidak kuat pasti akan dihabisi oleh musuh-musuh perubahan. Oleh karena itu, kepemimpinan perubahan tidaklah boleh terprovokasi kemurkaan orang-orang anti perubahan. Kepemimpinan perubahan harus selalu tenang, santai, memperkuat diri dengan diam, dan percaya bahwa Tuhan selalu membantu dirinya untuk berdiri dengan kebenaran dari perubahan yang dilakukan dengan sepenuh hati.

Perubahan bukan untuk ditakuti, tapi untuk dilalui dengan berani dan percaya diri. Jangan membiarkan pikiran menjadi sumber pencipta rasa takut. Ketika di dalam diri sudah ada kekuatan keberanian yang luar biasa, maka semua kekuatan yang menakutkan dari luar diri akan kabur dan tidak berani mengganggu Anda. Tegaskan tekad Anda untuk melakukan perubahan, mulailah menjadikan program perubahan sebagai bagian dari cara hidup yang baru. Ubahlah pikiran dan perasaan Anda untuk menyukai perubahan. Kuatkan batin dan positifkan suara hati untuk memenangkan perubahan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

JANGAN MELAKUKAN KESALAHAN YANG SAMA

“Tidak ada yang salah dari keputusan yang tidak tepat, tingkatkan kesadaran untuk menemukan solusi yang tepat agar keputusan Anda menjadi benar.”~Djajendra

Manusia adalah tempat kesalahan, tetapi manusia juga adalah pusat pembelajaran. Bila pernah membuat kesalahan, belajarlah dari kesalahan tersebut, kemudian tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

Tidak ada salahnya bila Anda telah berbuat salah, tetapi segera sadari bahwa kesalahan adalah jalan dalam kegelapan. Segera temukan cahaya kebenaran agar tidak terjebak dalam kegelapan dan ketidaktahuan. Sebuah kesalahan yang Anda buat pasti mengajarkan sesuatu agar Anda menemukan cahaya. Katakan selalu kepada diri sendiri bahwa Anda lebih besar dari kesalahan yang Anda buat. Positifkan suara hati Anda dan berikan titik kebenaran kepada pikiran, sehingga pikiran memahami jalan terang yang harus Anda jalani.

Isi diri Anda dengan nilai-nilai positif, sehingga energi kenegatifan di dalam diri Anda dikecilkan atau pun ditiadakan. Jika dari luar diri Anda memberikan pikiran negatif, tenangkan diri dalam energi positif, dan jangan biarkan serangan negatif ke dalam diri Anda mempengaruhi Anda menjadi negatif.

Ketika Anda membiarkan ego yang membuat keputusan dan Anda pun belum memiliki kesadaran apapun di dalam diri, maka Anda berpotensi mengulang kesalahan yang sama berkali-kali. Ego tidak akan pernah tahu harus berbuat apa dan apa yang tidak boleh dilakukan. Ego hanya fokus untuk kepentingannya dan mengabaikan kepentingan di luar dirinya. Ego selalu ngotot dan keras kepala dengan maunya, serta tidak peduli dengan realitas yang dihadapi. Jadi, tumbuhkan kesadaran dan tinggalkan ego sementara saat Anda harus mengambil jalan yang benar dari tindakan salah yang Anda buat.

Tingkatkan kekuatan kemauan Anda untuk menemukan solusi dari kesalahan yang Anda buat. Jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk ngotot dan hidup mempertahankan kesalahan. Waktu kita singkat dan setiap hari berlalu dengan sangat cepat. Bila Anda mengabaikan waktu dan membiarkan hidup Anda terjebak dalam drama kesalahan, maka hidup Anda tidak akan kemana-mana, selalu jalan di tempat, dan Anda pun tidak memiliki kesempatan untuk melakukan perubahan agar bisa menemukan hidup yang lebih indah.

Kesadaran dan pengendalian diri diperlukan untuk tidak berbuat kesalahan yang sama. Setiap hari penuhi diri dengan energi positif. Ucapkan afirmasi kata-kata positif untuk menguatkan diri, sehingga Anda menjadi percaya diri untuk membawa cahaya kebaikan ke dalam pikiran dan memulihkan semua perasaan bersalah di dalam diri.

Jangan takut dan ragu tentang melakukan kesalahan. Hal terpenting, jangan mengulang kesalahan yang sama dua kali. Miliki pengetahuan yang lengkap saat mengambil tindakan. Dan bila tindakan tersebut menciptakan kesalahan, maka terimalah dengan jiwa besar. Tidak ada yang salah dari keputusan yang tidak tepat. Melalui kesalahan Anda bisa meningkatkan energi kreatif Anda, untuk menemukan hasil yang lebih baik dari yang Anda rencanakan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MENYELESAIKAN MASALAH

“Tidak ada seorang pun yang mampu memberikan solusi terbaik selain diri Anda.”~Djajendra

Sumber masalah berasal dari dalam diri. Bila Anda ingin menyelesaikan masalah, maka Anda harus memulainya dari dalam diri. Tidak ada masalah yang tidak terselesaikan, semuanya pasti dapat Anda tangani, apalagi jika Anda mau beradaptasi dan ikhlas dengan hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Bila Anda bergantung pada pihak di luar diri Anda untuk menyelesaikan masalah Anda, maka Anda pasti kecewa. Tidak ada seorang pun yang mampu memberikan solusi terbaik selain diri Anda. Hanya Andalah yang mampu menyelesaikan urusan hidup Anda. Hanya Andalah yang mampu membuka hati agar masalah Anda terselesaikan. Hanya Andalah yang mampu memiliki sikap positif untuk bisa beradaptasi dan menuntaskan masalah dengan kreatif.

Bila setiap hari fokus Anda pada rasa syukur atas semua kebaikan yang Anda terima dari kehidupan, maka masalah hidup Anda akan terhapus dan hilang. Sebaliknya, bila setiap hari fokus Anda pada kekurangan dan tidak memiliki rasa syukur, maka masalah akan berakumulasi untuk membuat hidup Anda penuh tekanan dan stres. Jadi, masalah itu muncul karena Anda lalai untuk bersyukur, serta memberi waktu terlalu banyak untuk melihat atau pun menghitung kekurangan-kekurangan di sekitar hidup Anda.

Hidup adalah sebuah rangkaian cerita yang pasti menghadapi masalah-masalah yang tak terelakkan. Anda tidak mungkin hidup tanpa masalah. Anda hanya memiliki kemampuan untuk menciptakan ruang batin agar bebas masalah. Ruang batin yang bebas masalah bersumber dari keyakinan diri bahwa hidup itu berjalan sesuai kehendak Tuhan; dan tugas manusia adalah bersyukur, ikhlas, bertanggung jawab, serta berjuang sampai bisa merubah masalah menjadi solusi, termasuk tidak pernah berhenti atau menyerah untuk menemukan solusi terbaik.

Menghadapi masalah tak terelakkan diperlukan kesabaran, ketenangan, ketabahan, dan kejujuran diri untuk tetap berada di jalur kehidupan yang benar. Jangan pernah menggunakan segala cara yang tidak etis untuk menemukan jalan keluar. Cara-cara yang tidak etis dan tidak benar hanya akan menjadi sumber masalah berikutnya. Bila Anda selalu menggunakan cara-cara tidak etis dan tidak benar, maka itu artinya masalah ada di dalam diri Anda. Jadi, memiliki masalah adalah sesuatu yang wajar; tetapi, bila masalah itu ada di dalam diri Anda, maka itu artinya Anda menjadi sumber masalah yang Anda hadapi. Oleh karena itu, ketika Anda merasa memiliki masalah, sebaiknya jujur dulu dengan diri sendiri, kemudian petakan sumber masalah dari diri Anda yang paling jujur.

Menyikapi masalah tidak boleh dengan keluhan. Bila Anda mengeluh dan selalu mengekspresikan rasa tidak puas, maka Anda tidak pernah bisa menemukan solusi, Anda akan terikat dalam lingkaran masalah yang tak pernah hilang. Waktu dan energi Anda akan terkuras untuk mengurusi keluhan dan perasaan tidak adil. Anda akan memposisikan diri sebagai korban dan berharap belas kasih dari orang lain. Jelas, kondisi ini hanya menurunkan kualitas hidup Anda, sebab setiap masalah yang disikapi sebagai korban hanya menjadikan Anda tidak berdaya dengan hidup yang Anda jalani.

Menyikapi masalah dengan perasaan khawatir, takut, panik, cemas, dan tak percaya diri itu hanya akan menambah masalah menjadi lebih besar. Anda tidak akan pernah menemukan solusi dari perasaan-perasaan negatif Anda. Solusi hanya didapatkan dari ketenangan, keheningan, kesabaran, ketekunan, tanggung jawab, kecerdasan, kreativitas, rasa percaya diri, keberanian, serta kemampuan Anda untuk beradaptasi dan mengalir di dalam proses yang sedang terjadi.

Memang, kadang-kadang, perasaan tidak adil bisa membuat kita marah dan kesal dengan masalah yang muncul. Biasanya, pasti menyalahkan orang lain, dan tidak mungkin hati yang kesal dan marah tersebut mau mengoreksi diri sendiri ataupun mau menyadari bahwa dirinya juga sebagai penyebab sumber masalah. Tetapi, bila masalah tidak disikapi dengan bijak dan ketenangan hati, maka perilaku-perilaku dari kebodohan akan menciptakan realitas yang menambah masalah menjadi lebih besar. Jadi, kecilkan masalah dan jangan memperbesar masalah dengan sikap dan perilaku yang tidak bijak.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MENGHILANGKAN KEBIASAAN BURUK DAN MEMBENTUK KEBIASAAN BAIK

“Kesadaran untuk mengubah rutinitas lama dengan rutinitas baru adalah cara untuk membentuk kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk.”~Djajendra

Kebiasaan buruk membuat Anda terikat pada roda kehidupan yang tidak sehat. Kebiasaan buruk menjadikan Anda menarik kekuatan tidak baik dari alam semesta. Kebiasaan buruk menjadikan hidup Anda sulit untuk mendapatkan kebahagiaan dan kedamaian. Kebiasaan buruk membuat Anda mengirimkan energi negatif ke alam semesta, dan energi negatif tersebut akan berakumulasi dengan energi negatif dari semua kebiasaan-kebiasaan buruk orang lain untuk menciptakan kehidupan yang tidak damai. Bila Anda ingin hidup Anda itu indah, damai, bahagia, sukses, dan penuh kenikmatan; maka, mulailah membentuk kebiasaan baik, dan segera tinggalkan semua kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk adalah racun bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain.

Kebiasaan artinya perilaku yang berulang secara otomatis dari kendali alam bawah sadar. Sesuatu yang tertanam dalam alam bahwa sadar dan dilakukan secara terus-menerus setiap hari menciptakan kebiasaan. Jadi, kebiasaan adalah tindakan mental otomatis untuk menciptakan perilaku sesuai situasi yang dihadapi. Intinya, sumber kebiasaan itu berasal dari kenyataan mental otomatis kita. Oleh karena itu, kalau ingin merubah kebiasaan, maka  perubahan itu harus dimulai dari sumbernya, yaitu: mental. Kebiasaan baru yang baik dan berguna bagi hidup kita hanya dapat terwujud bila proses perubahannya dimulai dari mental.

Sering sekali, orang-orang gagal merubah kebiasaan buruknya hanya karena mentalnya tidak dirubah. Misalnya, seseorang ingin hidup sehat dengan berat badan yang ideal, biasanya mereka hanya fokus dalam jangka pendek untuk menjaga pola makan dan berolahraga. Setelah berat badan ideal tercapai, mereka kembali pada kebiasaan lamanya. Jadi, sejak awal, hanya program penurunan berat badan yang dijalankan dengan kerja keras dan penuh perjuangan, tetapi program perubahan kebiasaan di dalam mental melalui kesadaran dan kecerdasan tidak pernah dilakukan. Komitmen atau niat untuk hidup sehat dengan berat badan ideal haruslah dimulai dari mental yang fokus untuk menciptakan kebiasaan baru yang sehat dan baik, bukan sekedar menjalankan sebuah program tanpa perubahan mendasar dan permanen di wilayah mental.

Membentuk kebiasaan baik adalah kerja di wilayah mental melalui kekuatan kesadaran yang tinggi. Jadi, semua proses pembentukan kebiasaan baik di lakukan dari langkah yang penuh kesadaran untuk membuat hidup Anda lebih baik. Membentuk kebiasaan baru yang baik berarti Anda sadar untuk bekerja keras di wilayah zona tidak nyaman. Jelas, namanya saja zona tidak nyaman, ya pasti segala sesuatu menjadi tidak enak dan tidak mudah pada awalnya. Tetapi, dengan fokus dan perhatian penuh pada momen ini untuk menciptakan kebiasaan baik, maka Anda bisa memberikan totalitas diri Anda untuk membentuk kebiasaan baru. Pastinya semua proses pembentukan penuh tantangan dan tidak mudah. Oleh karena itu, Anda harus sadar setiap hari untuk mengamati pemikiran, perasaan, tekad, motivasi, reaksi, semangat, kebijaksanaan, disiplin, dan tanggung jawab Anda terhadap kebiasaan baik yang Anda inginkan tersebut. Totalitas diri Anda harus selalu memberikan respon optimis dari keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi, untuk tetap berada dalam fokus pembentukan kebiasaan baru yang baik.  

Awali proses pembentukan kebiasaan baik dengan membangun fondasi mental yang kuat dari kesadaran tertinggi Anda. Yakinkan diri sendiri bahwa Anda sangat membutuhkan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut, untuk menciptakan kehidupan Anda yang hebat dan sehat. Ketika Anda tergelincir kembali ke dalam kebiasaan buruk, jangan menyerah, bangkitkan kembali diri Anda dan tingkatkan keyakinan untuk kembali membiasakan hidup dengan kebiasaan-kebiasaan baik. Setiap godaan yang mencoba menjatuhkan Anda ke dalam kebiasaan buruk, sikapi dengan tenang dan santai sambil memperkuat kebiasaan baik Anda. Jangan merespon kebutuhan dan keinginan secara emosional, tetapi berikan respon dari kesadaran dan kebijaksanaan hidup Anda.

Pikiran itu sangat cerdas dan kadang maunya menang sendiri. Pikiran kalau terlalu kuat, jiwa dan tubuh pun dijajahnya. Oleh karena itu, dalam program membentuk kebiasaan baru yang baik, Anda harus betul-betul mengawasi arah pikiran. Pastikan pikiran sudah dikendalikan dalam kesadaran Anda. Pastikan pikiran mendukung Anda untuk membangun kebiasan baru, serta diperlihatkan melalui perilaku baru yang hebat dan sehat. Miliki tekad dan antusiasme untuk mengubah rutinitas lama dengan rutinitas baru yang sesuai dengan kebiasaan baru Anda. Jadi, kebiasaan baru terbentuk melalui rutinitas baru yang dijalankan dengan disiplin tinggi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PRINSIP UTAMA DALAM BEKERJA ADALAH MEMILIKI ETIKA

“Manusia berintegritas tinggi bersumber dari etika.”~Djajendra

Etika sangat diperlukan untuk kehidupan kerja yang produktif dan untuk memberikan kepuasan kerja bagi semua orang. Etika berfungsi untuk mengharmoniskan setiap hubungan antara manusia dan menghindarkan titik konflik antara manusia. Etika menjadikan hubungan kerja dalam perilaku jujur, bertanggung jawab, bersikap baik, murah hati, saling menolong, tidak melanggar hukum, produktif, adil, dan penuh kasih sayang. Etika adalah prinsip dasar dalam semua aturan, peraturan, prosedur, kebijakan, dan kepemimpinan di tempat kerja. Batin karyawan yang tersentuh energi etika mampu menjalankan fungsi dan perannya di tempat kerja dengan adil, jujur, tulus, sepenuh hati, setia, dan fokus untuk menciptakan kinerja terbaik.

Manusia dengan integritas yang tinggi bersumber dari etika. Ketika manusia mengabaikan etika, maka dia menjadi energi perusak kesejahteraan dan keharmonisan bagi semua orang. Sebaliknya, ketika manusia patuh dan taat menjalankan etika, maka semua orang menjadi bagian yang menyenangkan kehidupan, sehingga kebahagiaan dan kesejahteraan hidup dapat dirasakan bersama. Manusia yang etis adalah bagian penting dari etika kerja. Manusia yang etis mampu bekerja dengan etos terbaik dan menjadi kekuatan utama dalam pembentukan budaya kerja yang unggul.

Etika diperlukan dalam bentuk perilaku di setiap aspek kerja. Perilaku etis menciptakan keunggulan dan prestasi yang dapat dipertahankan untuk selamanya, sedangkan perilaku tidak etis menciptakan kerapuhan dan prestasi yang tidak dapat dipertahankan untuk selamanya. Jadi, praktik tidak etis sangatlah tidak menguntungkan bagi siapapun dalam jangka panjang. Mungkin saja, dalam jangka pendek, praktik atau perilaku tidak etis memberikan keuntungan bagi Anda. Tetapi, dalam jangka panjang, perilaku tidak etis tersebut akan menjadi sesuatu yang buruk dan menghancurkan semua yang sudah Anda bangun. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran yang terus-menerus untuk bisa melatih dan membiasakan diri sendiri agar taat dan patuh dengan etika. Jiwa, fisik, pikiran, dan emosi harus bersatupadu dalam satu komitmen yang kuat untuk menjalankan etika dengan sebenar-benarnya.

Semua nilai-nilai kehidupan kerja sebagai dasar pembentukan budaya kerja haruslah bersumber dari manusia etika. Etika haruslah dihasilkan dari kesadaran batin terdalam. Pertumbuhan kepribadian dan karakter kerja yang hebat haruslah bersumber dari etika. Etika harus dirawat dan ditingkatkan secara terus-menerus di tempat kerja. Menanamkan kesadaran kepada setiap insan perusahaan bahwa etika adalah sumber kebahagiaan, sumber kepuasan kerja, sumber keharmonisan, dan sumber pencapaian kinerja terbaik, haruslah menjadi bagian dari tugas utama manajemen.

Ketika etika menjadi budaya dan perilaku kerja yang kuat, maka saat itu karyawan mampu menjalankan pekerjaan sebagai bagian dari ibadah. Pekerjaan menjadi ibadah untuk mendapatkan rezeki. Pekerjaan menjadi ibadah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup. Kesadaran bahwa pekerjaan adalah ibadah untuk mendapatkan rezeki menjadi pendorong bagi karyawan untuk bekerja dengan sepenuh hati dan penuh kualitas. Kepemimpinan dan manajemen perusahaan harus sepenuh hati dan totalitas dalam menciptakan budaya etis di tempat kerja. Tidak bisa hanya berharap dari kesadaran karyawan untuk memiliki perilaku etis. Manajemen haruslah mampu membangun sistem, lingkungan kerja, budaya, dan karakter kerja yang berdasarkan dari etika. Memberdayakan setiap insan perusahaan dalam energi etika mampu meningkatkan integritas dan akuntabilitas dalam budaya kerja.

Gaya hidup etis di tempat kerja mampu menurunkan stres dan memberdayakan potensi untuk pencapaian lebih tinggi. Hal ini juga akan mendorong karyawan untuk tidak sekedar mencari nafkah dari pekerjaannya, tetapi menjadikan pekerjaanya sebagai alat untuk kebahagiaan dan pertumbuhan potensi diri. Kita tahu, di semua profesi pasti dibuat kode etik, yang bertujuan untuk memberdayakan potensi terbaik di jalan integritas dan etos terbaik. Jadi, fungsi etika tidak sebatas untuk memahami apa yang boleh dan apa yang tidak boleh, lebih dari itu, etika berfungsi untuk menciptakan kualitas pribadi yang hebat, untuk bisa menjalankan pekerjaan berkinerja tinggi di jalur integritas.

“Etika menciptakan jalur integritas yang membuat setiap orang termotivasi untuk bekerja dengan jujur dan penuh tanggung jawab.”~Djajendra

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com