PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL

Leadership Organization Business Personal Interpersonal Entrepreneurs and Employed Professionals

Category: ARTIKEL INTERPERSONAL DEVELOPMENT (page 1 of 25)

KOMUNIKASI YANG BURUK DAPAT MENGAKHIRI HUBUNGAN

“Komunikasi berarti Anda berbicara dengan orang lain, dan bukan berbicara dengan diri sendiri. Jadi, Anda harus memahami orang lain dan memiliki empati untuk memberikan yang terbaik bagi orang lain.”~Djajendra

Komunikasi dimaksudkan agar Anda terhubung dengan orang lain. Tata bahasa, ucapan, dan bahasa tubuh yang baik dapat meningkatkan rasa percaya orang kepada Anda. Menggunakan kata yang tepat dan tata krama yang baik dapat meningkatkan  hubungan baik dengan orang lain. Menggunakan kata yang buruk dengan bahasa tubuh yang tidak menyenangkan akan merusak hubungan yang ada. Miliki konsentrasi dan kejelasan atas hal-hal yang Anda bicarakan. Tidak boleh berkomunikasi dengan bahasa yang tidak jelas dan berpotensi menimbulkan penafsiran yang berbeda dengan maksud. Jangan bicarakan percakapan yang tidak perlu. Jangan menyalahkan siapapun saat Anda berkomunikasi. Fokuskan ucapan Anda hanya untuk hal-hal yang ingin Anda komunikasikan.

Sopan santun dan tata bahasa yang positif akan membuat orang lain nyaman dan merasa senang saat berkomunikasi dengan Anda. Sikap baik, ucapan baik, dan cara menyampaikan dengan bahasa tubuh yang baik adalah untuk kepentingan orang lain. Intinya, komunikasi adalah untuk membuat orang lain senang dan nyaman dengan Anda. Komunikasi berarti Anda berbicara dengan orang lain, dan bukan berbicara dengan diri sendiri.Jadi, Anda harus memahami orang lain dan memiliki empati untuk memberikan yang terbaik bagi orang lain. Anda harus menjadi pendengar yang bijak, sabar, dan tenang; serta, menjadi pembicara yang santun, tenang, percaya diri, dan selalu menggunakan kata-kata positif.

Menjaga ucapan selalu positif dengan bahasa yang rapi dan baik hanyalah bisa terjadi saat Anda mengendalikan pikiran dan suara hati Anda. Fokuskan diri Anda untuk membiasakan pikiran dan suara hati selalu terkendali dalam bahasa yang baik. Pikiran yang disiplin dan pikiran yang dikuasai oleh kesadaran Anda akan menjadi kekuatan, untuk menghasilkan ucapan dan bahasa tubuh yang positif saat Anda berkomunikasi dengan orang lain. Ketika Anda terlatih dan terbiasa untuk mengendalikan pikiran, maka Anda mampu menguasai setiap ucapan yang Anda keluarkan untuk orang lain. Anda tidak akan sembarangan berbicara dengan bahasa atau ucapan yang buruk. Pikiran dan kecerdasan Anda akan bersatu di dalam kesadaran murni Anda untuk mengendalikan ucapan, dan tidak akan pernah keluar ucapan atau kata-kata berkualitas rendah dari Anda yang mampu mengendalikan pikiran. Kata-kata atau ucapan yang tidak pantas diucapkan tidak akan pernah diucapkan.

Berkomunikasilah dengan bahasa dan pilihan kata-kata yang sesuai dengan orang yang Anda hadapi. Pastikan Anda memahami tingkat pemahaman orang lain atas pilihan kata-kata Anda. Ucapan dengan kata-kata yang paling mudah dimengerti akan membuat komunikasi lebih baik dan lebih berkualitas. Pilihan kata yang buruk dan bahasa tubuh yang tidak baik akan merusak hubungan yang sudah ada. Jangan gunakan kata-kata yang mencerminkan ketidakmampuan Anda dalam pengendalian emosi. Ucapan bernada kemarahan, kesombongan, dan ketidakpedulian hanya mencerminkan Anda lemah dan tak berdaya dalam hubungan komunikasi tersebut. Kata-kata positif menghasilkan sahabat, dan kata-kata negatif menghasilkan musuh.

Untuk seminar/training hubungi 0812 1318 8899 / email: training@djajendra-motivator.com

KISAH ERNEST SHACKLETON DALAM MENGALAHKAN KESULITAN

“Kesulitan hanyalah hal yang harus diatasi.”~ Ernest Shackleton

Kesulitan hanya ada di dalam pikiran. Dalam dunia nyata, tidak ada kesulitan, hanya ada perjalanan yang membutuhkan kesabaran untuk bisa mendapatkan kemenangan. Bila Anda selalu optimis, maka kesulitan hanya bersifat sementara, dan kemenangan segera tiba untuk membahagiakan hati Anda.

Ernest Shackleton bersama timnya mengalami situasi hidup atau mati pada ekspedisi ketiganya di lautan es Antartika. Semua kenyataan yang mereka hadapi betul-betul tanpa harapan. Kapal yang mereka gunakan tenggelam di laut Antartika yang sangat tidak bersahabat. Ernest Shackleton bersama timnya yang berjumlah dua puluh tujuh orang terdampar di atas lautan es. Mereka kehilangan arah dan hanyut tanpa tujuan di laut selatan Antartika yang sangat tidak bersahabat, dan pada saat itu belum dikenal secara baik.

Kesulitan demi kesulitan yang mereka hadapi dalam kenyataan yang sangat menyakitkan itu, membuat sebagian anggota timnya mulai putus asa dan kehilangan kendali diri. Situasi yang mereka hadapi tidak memberikan harapan untuk bertahan hidup. Tidak ada masa depan. Visi yang terlihat sangat mengerikan dan menakutkan. Semua kemungkinan menunjukkan bahwa mereka sedang menunggu kematian di atas lautan es yang sangat ganas dan liar. Dalam keadaan tanpa harapan dan menyerah itu, Ernest Shackleton tetap menjaga semangat hidup timnya, setiap saat dia mengatakan kepada anggotanya bahwa ini semua hanyalah sementara.

Selama enam bulan, Ernest Shackleton bersama timnya hidup di atas es mengambang dengan satu kata ajaib, yaitu: “ini semua hanyalah sementara”. Ernest Shackleton berhasil menanam keyakinan optimis di mental anggota timnya. Setiap hari, setiap anggota timnya mulai berteriak mengatakan bahwa ini semua hanyalah sementara, kesulitan segera akan berakhir, kemenangan dan keselamatan sudah sangat dekat. Ya, kata-kata ajaib itu mampu menguatkan mental mereka untuk bisa melewati badai es selama enam bulan di atas es yang mengambang tanpa arah dan tujuan, kemudian mereka sampai di Pulau Gajah dan harus menjalani empat bulan berikutnya dengan satu kata ajaib, “ini semua hanyalah sementara”

Secara akal sehat, dunia menganggap tim ekspedisi Ernest Shackleton ke Antartika ini hilang dan tidak ada kemungkinan untuk menemukan mereka hidup. Pada akhirnya, setelah empat bulan terdampar di Pulau Gajah, tanpa sengaja, ada yang menemukan mereka. Semua orang selamat dan mereka hanya membutuhkan pemulihan mental dan fisik yang sudah terkuras habis dalam kurun waktu yang hampir satu tahun. Mereka telah belajar bahwa kesulitan itu sifatnya hanya sementara, kemenangan pasti datang. Setiap malam berganti pagi, lalu pagi berganti siang ke sore, mereka hidup dengan keyakinan bahwa setiap kesulitan hanya bersifat sementara, kemenangan sudah sangat dekat.

Setelah mereka diselamatkan dan dikembalikan dengan aman ke rumah mereka masing-masing, maka dunia pun terkejut melihat fakta bahwa tidak seorang pun meninggal dari peristiwa hilang dan tenggelamnya kapal ekspedisi Ernest Shackleton ke Antartika, yang hampir satu tahun lamanya hilang tanpa jejak. Dunia belajar dari peristiwa ini bahwa kesulitan manusia hanya bersifat sementara. Setiap kesulitan pasti hilang setelah beberapa saat. Tidak ada kesulitan permanen. Tidak ada kesulitan yang terus berlanjut dan selamanya. Jadi, mental yang optimis adalah modal yang sangat penting untuk bisa melewati kesulitan yang sifatnya hanya sementara. Kesabaran, ketenangan, optimisme, daya tahan fisik, daya tahan mental, dan kerja keras adalah hal-hal yang dibutuhkan saat kesulitan menghampiri hidup kita. Tanamkan keyakinan yang kuat di mental bahwa semua situasi tersulit sifatnya hanya sementara, kemudahan dan kemenangan sudah sangat dekat.

“Kesulitan hanya bersifat sementara.”~Ernest Shackleton

Untuk seminar/training hubungi:0812 1318 8899 / email: training@djajendra-motivator.com

PERCAYA DIRI ITU BAGUS, TERLALU PERCAYA DIRI ITU KURANG BAGUS

“Saat Anda percaya diri, Anda harus berhati-hati terhadap orang-orang di sekitar Anda yang setiap saat memuji atau mengiyakan apapun yang Anda kerjakan. Ingat! Semua pujian yang berlebihan adalah racun yang akan mematikan kemajuan Anda.”~Djajendra

Untuk mencapai sebuah keberhasilan, kita harus yakin dan percaya diri. Yakin dan percaya diri haruslah realistis dan memperhatikan risikonya. Dalam hal ini, yakin dan percaya diri dilandasi dengan prinsip kehati-hatian, sehingga tidak hanya digerakkan oleh ambisi dan keinginan, tetapi digerakkan dari kesadaran dan disiplin untuk mencapai keberhasilan dengan kerja keras yang sepenuh hati.

Membentengi diri dari pujian dan kritikan. Sifat percaya diri adalah suka pujian dan tidak suka kritikan. Oleh karena itu, saat Anda sangat percaya diri, kuatkan diri sendiri untuk tidak dibesarkan melalui pujian. Demikian juga, untuk tidak dikecilkan melalui kritikan. Percaya diri yang baik berasal dari sikap rendah hati dan disiplin untuk melalui proses kerja dengan cara-cara yang profesional. Intinya, Anda harus berhati-hati terhadap orang-orang di sekitar Anda yang setiap saat memuji atau mengiyakan apapun yang Anda kerjakan. Sebab, pujian yang berlebihan adalah racun yang bisa membuat kemajuan Anda tertunda.

Ketika keyakinan dan kepercayaan diri Anda berlebihan, maka Anda menjadi terlalu berani untuk mengambil resiko yang tidak Anda pahami secara utuh. Oleh karena itu, kendalikan diri dan tingkatkan pengetahuan atas hal-hal yang sedang Anda kerjakan. Kumpulkan informasi yang benar dan temukan strategi yang baik untuk mengatasi potensi negatif dari resiko yang Anda ambil. Kuasai pengetahuan dan miliki mental pemenang untuk mengatasi resiko besar yang berada di luar kemampuan Anda, kemudian dengan sikap rendah hati dan penuh optimis, selesaikan resiko tersebut untuk menghasilkan kesuksesan yang Anda inginkan.

Ingatkan kepada diri sendiri untuk selalu bersikap rendah hati dan kaya pengetahuan saat tingkat kepercayaan diri dan keyakinan Anda berada di puncak. Jangan pernah menilai kemampuan diri sendiri secara berlebihan. Tidak seorang pun yang bisa menang saat melawan hukum alam dan hukum Tuhan. Jadi, walaupun Anda menilai kompetensi dan kualitas Anda sudah terlalu tinggi dan sempurna, tetapi ingatlah selalu bahwa situasi di luar diri Anda berada di luar kendali Anda. Artinya, Anda hanya bisa mengendalikan diri sendiri bersama kualitas dan kompetensi hebat Anda, tetapi semua hal yang berada di luar kendali Anda hanya Tuhan yang bisa membantu Anda.

Kepercayaan diri dan keyakinan di dalam sikap rendah hati mampu menghasilkan prestasi terbaik. Perencanaan yang baik, pemikiran strategik yang tepat, pemikiran kreatif yang konsisten untuk mendapatkan solusi, komunikasi yang tepat dan benar, kejujuran kepada diri sendiri yang konsisten, ketenangan sikap dan perilaku, serta dukungan dari orang lain yang sepenuh hati, adalah bagian terpenting untuk menghasilkan prestasi terbaik. Jangan mengabaikan faktor eksternal dalam perjuangan Anda untuk mencapai prestasi. Bakat, obsesi, ambisi, kehebatan, potensi, dan kehebatan diri sendiri memerlukan dukungan dari luar diri. Jadi, walaupun Anda sudah memiliki perencanaan yang hebat, tetapi tingkatkan kecerdasan sosial Anda agar Anda mampu memperhitungkan semua kemungkinan dari luar diri Anda yang berdampak pada kesuksesan Anda.

Tidak ada yang tidak mungkin. Keajaiban selalu ada di setiap usaha yang mungkin menurut kebanyakan orang tidak realistis. Kegagalan hanya terjadi jika Anda berhenti dan tidak melakukan upaya untuk mencapai kesuksesan. Ketika Anda terjun ke arena perjuangan untuk mencapai kesuksesan, Anda tidak boleh kehilangan diri sendiri. Anda harus rendah hati dan selalu meningkatkan kapasitas untuk beradaptasi dengan segala kemungkinan. Kepercayaan diri dan keyakinan Anda adalah modal terpenting untuk memulai langkah pertama dan bergerak dengan penuh semangat saat harus mengatasi rintangan di sepanjang jalan menuju kesuksesan.

Jujur kepada diri sendiri dan mau mendengar berbagai pendapat sebelum membuat keputusan adalah hal terbaik saat menuju kesuksesan. Ketika keyakinan dan kepercayaan diri Anda berlebihan, maka tingkatkan kerendahan hati Anda untuk mendengarkan orang lain yang berpengetahuan luas dan bijak. Mungkin semua yang Anda dengar itu tidak untuk Anda ikuti, tetapi semua yang Anda dengar itu bisa menjadi kekuatan dalam membuat keputusan dengan mempertimbangkan semua faktor dalam berbagai situasi. Jadilah pendengar yang baik dan biarkan orang-orang bijak yang berpengetahuan luas mengelilingi kehidupan sehari-hari Anda, sehingga apa pun situasi yang Anda hadapi, Anda mampu mempertimbangkan informasi yang tepat sebelum Anda melakukan tindakan.

Kadang-kadang sifat terlalu percaya diri tidak akan mau memperhitungkan kekurangan diri sendiri. Pemikiran yang menganggap dirinya tahu banyak hal dan tahu melakukan semua hal adalah sebuah resiko. Ego yang berlebihan di dalam keyakinan dan kepercayaan diri adalah perintang untuk menuju kesuksesan. Kepercayaan diri yang terbungkus dalam ego dan ambisi berlebihan akan menjebak diri sendiri, sehingga diri akan kesulitan menemukan solusi saat melewati kesulitan. Oleh karena itu, kepercayaan diri dan keyakinan haruslah selalu dikendalikan dalam kerendahan hati, sehingga semua resiko atau langkah yang diambil merupakan hasil perhitungan yang baik dan bisa menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk pelatihan/seminar hubungi: 0812 1318 8899 / Email: training@djajendra-motivator.com

MENDUKUNG SATU SAMA LAIN UNTUK KERJA TIM YANG LEBIH BAIK

“Kekuatan kolektif di dalam tim tidak terkalahkan dan selalu mewujudkan kemenangan bagi tim.”~Djajendra

Dalam sebuah tim; ada banyak karakter orang, ada banyak tantangan, ada banyak perbedaan, dan kadang ada banyak pertengkaran. Biasanya, sebuah tim yang hebat selalu sadar akan dinamika dan perbedaan. Oleh karena itu, mereka fokus untuk mempersatukan keseluruhan menjadi satu kekuatan. Perbedaan, pertengkaran, marah, dan tantangan, tidak akan menjadikan tim yang hebat itu lemah dan tak berdaya. Sebaliknya, semua itu merupakan kekuatan untuk mempersatukan diri di dalam interaksi dan komunikasi yang lebih efektif dan positif.

Kesadaran dan komitmen yang utuh di dalam tim menjadikan setiap individu mampu meninggalkan ego pribadi untuk memperkuat kebutuhan tim. Setiap anggota tim mampu bekerja di lingkungan kolektif dengan tenang dan fokus untuk mencapai kinerja terbaik. Kepercayaan, kerendahan hati, empati, toleransi, dukungan, bantuan, dan pertolongan adalah kata-kata yang menjadi perilaku sehari-hari dari tim yang hebat.

Semua anggota tim memiliki mental positif dan kecerdasan untuk berkomunikasi secara positif. Mereka membimbing dan memotivasi satu sama lain menuju pencapaian terbaik. Semua orang sadar bahwa secara individu mereka unik dan memiliki potensi hebat, tetapi untuk mencapai yang terbaik mereka harus menjadi satu yang utuh agar semua keunikan dan potensi terbaik itu bisa terakumulasi menuju prestasi. Mereka sadar untuk saling percaya dan saling peduli di sepanjang proses kerja. Kepercayaan menyatukan setiap jiwa untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan sepenuh hati.Kepercayaan diantara anggota tim mampu meningkatkan kekuatan untuk mengatasi rintangan dan tantangan, sehingga mereka mampu mengalirkan proses kerja tanpa benturan kepentingan yang berpotensi merusak kinerja.

Setiap anggota tim mendukung satu sama lain untuk kerja tim yang lebih baik. Mereka sadar bahwa kekuatan kolektif tidak terkalahkan dan selalu mewujudkan kemenangan bagi tim. Kesadaran kolektif menjadikan setiap anggota tim bersikap positif, rendah hati, bersikap jelas mengenai standar kerja, bersikap optimis, bersikap adil, dan selalu saling percaya satu sama lain. Mereka juga tidak pernah berhenti atau pun menyerah saat rintangan tersulit menghadang perjalanan sukses mereka. Setiap anggota hadir dengan energi positif untuk bekerja dengan sukacita, penuh percaya diri, gembira, berani, serta melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan sepenuh hati.

Persatuan dan kesatuan diantara anggota tim adalah kekuatan yang muncul dari kesadaran hati nurani. Setiap anggota tim sadar untuk terlibat sepenuhnya dalam tujuan bersama menuju kemenangan. Mereka hadir untuk saling mendukung dan memberikan kontribusi terbaik. Setiap proses menuju tujuan menjadi wilayah perjuangan dan kerja keras bagi anggota tim. Menjadi semakin kuat dengan kekuatan bersama adalah tujuan keberadaan anggota tim.

Menjadi bagian dari tim yang hebat berarti menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri sendiri. Pekerjaan bersama menghasilkan karya yang tidak mungkin dihasilkan oleh satu orang. Jadi, kerja tim adalah kerja kolektif yang menghargai kerja setiap individu. Kerja tim adalah kerja yang menghormati dan menerima pembagian kerja dengan sepenuh hati. Kerja tim adalah kerja bersama untuk menghasilkan prestasi bagi kemenangan bersama.

Untuk seminar/pelatihan hubungi 0812 1318 8899 / email:training@djajendra-motivator.com

MEMBANGUN TIM SUKSES YANG TIDAK MUDAH TERPROVOKASI OLEH ISU NEGATIF

“Bersatu berarti bekerja untuk menang dan terbelah dalam konflik hanya sedang bekerja untuk kalah.”~Djajendra

Tim sukses adalah kumpulan individu-individu terbaik yang berkomitmen mengatasi rintangan dan mewujudkan kemenangan. Konflik dan pertengkaran di dalam proses kerja tim selalu diminimalisir melalui kesadaran dan kedewasaan sikap dari masing-masing individu. Setiap anggota tim sukses memiliki jiwa yang tenang dan sabar untuk tidak melibatkan diri mereka dalam konflik dan pertengkaran. Mereka fokus untuk mencapai kemenangan, serta tidak pernah membuang-buang waktu dan energi untuk urusan saling memecah-belah atau pun saling menjatuhkan. Mereka sadar bahwa bersatu berarti bekerja untuk menang dan terbelah dalam konflik hanya sedang bekerja untuk kalah.

Apa pun isu negatif yang mencoba menjatuhkan tim sukses, maka dengan kesadaran dan kepercayaan diri, setiap individu semakin memperkuat persatuan dan kesatuan diantara mereka untuk fokus pada tujuan. Setiap individu sadar bahwa yang bisa mengalahkan mereka hanya diri mereka sendiri. Oleh karena itu, mereka memiliki disiplin dan kerja keras yang hebat untuk membangun energi positif di dalam diri mereka. Mereka menyadari bahwa setiap tujuan memiliki kompleksitas dan memerlukan kreatifitas untuk menyederhanakannya. Mereka juga sadar bahwa tidak semua individu memiliki semua keterampilan yang dibutuhkan untuk menuntaskan kompleksitas tujuan. Mereka percaya bahwa setiap orang memiliki keunikan dan keterampilan yang berbeda, sehingga kerja tim sukses menjadi saling tergantung satu sama lain, dan jelas ego pribadi tidak mungkin bisa menyelesaikan tugas-tugas yang memiliki kompleksitas. Kesatuan dan persatuan yang kuat dalam tim sukses adalah modal awal untuk meraih kemenangan.

Fondasi pembentukan tim sukses memerlukan kesadaran, niat tulus, keikhlasan hati untuk saling membantu, komunikasi dan interaksi yang dari pikiran positif, motivasi dan gairah untuk berhasil, tujuan yang disepakati bersama, perilaku kreatif untuk menemukan solusi terbaik, memahami kekuatan dan keunikan individu, serta bermental pemenang dan tidak pernah menyerah saat menghadapi situasi atau peristiwa tersulit.

Tim sukses adalah kumpulan para pejuang yang selalu sadar untuk menggunakan keahlian setiap orang dalam mencapai kemenangan. Setiap individu sadar bahwa mereka hanya bisa melakukan sedikit saja, sehingga diperlukan bantuan dan pertolongan dari banyak orang untuk bisa memenangkan tujuan. Setiap individu di dalam tim sukses selalu belajar untuk saling mengenal satu sama lain. Semua yang dimulai sebagai kesepakatan ekonomi atau bisnis, sekarang di dalam tim sukses berubah menjadi pengabdian yang taat dari hati yang tulus dan penuh tanggung jawab. Di setiap tahap, tim sukses fokus untuk membawa setiap individu bersamanya. Setiap individu memberikan pelayanan sepenuh hati dan kualitas kerja yang produktif dengan kinerja terbaik.

Tim sukses yang baik memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjalin hubungan kerja yang profesional dengan setiap anggota tim. Ketika sebuah tim terjalin dengan baik dan profesional, maka setiap hambatan bisa diatasi atau dikelola dengan cepat. Sebaliknya, tim yang terus-menerus bertengkar di dalam konflik, hanya sedang menjatuhkan diri mereka masing-masing sambil merusak produktivitas dan kinerja. Dalam sebuah tim sukses yang hebat tidak ada perilaku yang saling meremehkan, tetapi hanya ada perilaku yang saling menguatkan. Bila perilaku saling meremehkan mendominasi energi tim sukses, maka para lawan atau pesaing akan tertawa gembira karena kemenangan mereka sudah semakin nyata.

Isu negatif adalah hasil dari pemikiran negatif yang muncul di dalam tim sukses. Tim sukses tidak boleh terprovokasi oleh isu negatif. Isu negatif akan memulai pertengkaran yang memanas dan saling merendahkan. Perilaku yang fokus pada kelemahan dan kekurangan diantara anggota tim sukses akan memancing reaksi negatif dan sikap bermusuhan satu sama lain. Bila energi negatif menguasai hati dan pikiran anggota tim, maka pemikiran balas dendam akan mendominasi sehingga permusuhan di dalam selimut tidak dapat dihindari. Jadi, ketika isu negatif muncul di dalam tim, segeralah imbangi isu tersebut dengan sikap dan cara berpikir positif. Tumbuhkan prinsip dan nilai-nilai positif untuk menangkal setiap isu negatif di dalam tim. Hadapi isu negatif dengan tenang, sabar, serta selalu menjaga ucapan dan kata-kata positif. Jangan menanggapi isu negatif dengan serius atau berkhayal tentang hal-hal negatif. Anda tidak perlu berimajinasi atau membangun perasaan-perasaan negatif untuk menghadapi isu negatif. Jangan pernah terprovokasi, tetaplah tenang dan sabar, lalu fokus untuk menyelesaikan semua rintangan dan tantangan dengan sikap baik yang rendah hati.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899 / email: training@djajendra-motivator.com

BANGKIT KEMBALI DENGAN LEBIH KUAT DAN LEBIH PERCAYA DIRI

“Ketika masa sulit membuat Anda kehilangan akal dan tak berdaya, maka mulailah dengan langkah kecil yang penuh semangat untuk menemukan kembali arah dan kecepatan menuju sukses.”~Djajendra

Ketika kehidupan membuat Anda tidak berdaya dan menghilangkan harapan Anda, maka jangan pernah membiarkan diri Anda bertambah lemah dan tak berdaya. Saat harapan hilang dan kondisi Anda tidak berdaya, Anda hanya membutuhkan kekuatan agar Anda tidak terjebak dalam jurang kesengsaraan. Jadi, mulailah dengan menjaga ketenangan dan kesabaran Anda, jangan membiarkan hati dan pikiran kacau atau pun panik. Tenangkan diri dan perbanyak doa agar Anda bisa menarik diri keluar dari bahaya keputusasaan. Tingkatkan keyakinan bahwa Anda pasti ditolong dan dibantu Tuhan untuk mengatasi kesulitan hidup Anda. Tingkatkan kepercayaan diri dan miliki keberanian untuk memulai lagi dari keadaan yang Anda punya saat ini.

Ingatkan kepada diri sendiri bahwa semua situasi dan keadaan bersifat sementara. Kesulitan yang sedang dihadapi juga bersifat sementara dan selalu ada perubahan untuk memperbaiki keadaan. Jadi, yang dibutuhkan di masa-masa sulit hanyalah kekuatan untuk tampil lebih kuat, lebih tenang, lebih berpengalaman, lebih sabar, dan lebih optimis melihat masa depan. Untuk itu semua, bangun kebugaran tubuh dan pikiran positif yang kuat. Ketika tubuh bugar dan pikiran positif, maka jiwa menjadi sangat kuat dan semakin terampil untuk menemukan solusi dari kesulitan yang dihadapi. Hal terpenting saat menghadapi masa sulit adalah jangan berdiam dan membiarkan pikiran kacau, bangkit dan bergeraklah lebih banyak, tingkatkan kegiatan berolahraga dan perbanyak afirmasi kata-kata positif.

Jadilah motivator bagi diri Anda sendiri, kemudian berikan semangat kepada diri sendiri untuk bekerja dengan lebih optimis dan lebih percaya diri. Katakan kepada diri sendiri bahwa Anda hebat dan mampu bangkit kembali dengan lebih hebat. Yakinkan kepada diri sendiri bahwa Anda gagal ketika Anda menyerah dan menjadi malas untuk melakukan segala hal terbaik. Walaupun semua harapan dan kerja keras Anda hilang, tapi diri Anda masih hebat dan masih mampu menggali potensi sukses dari dalam diri Anda. Setiap hari Anda harus semakin kuat dan optimis untuk membangun kekuatan dari dalam diri Anda sendiri. Temukan diri Anda yang optimis, percaya diri, dan siap bekerja keras dengan disiplin yang lebih tinggi. Jangan pernah menggantungkan harapan kepada orang lain. Jangan pernah berharap ada orang yang mau mendengarkan kesulitan Anda, kemudian menolong Anda untuk bangkit dari jurang ketidakberdayaan. Hanya Anda sendiri yang bisa menolong diri Anda melalui kerja keras dan doa-doa Anda.

Energi negatif dari dalam diri dan dari luar diri Anda adalah sumber yang membuat Anda sulit bangkit dari ketidakberdayaan. Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan Anda untuk meminimalkan paparan energi negatif dari dalam diri dan luar diri terhadap kehidupan Anda. Katakan terus-menerus kepada diri sendiri bahwa Anda adalah kekuatan energi positif. Anda hanya memikirkan hal-hal positif, Anda hanya melihat hal-hal positif, Anda hanya membaca hal-hal positif, Anda hanya membicarakan hal-hal positif, dan Anda benar-benar hidup sepenuhnya untuk melayani energi positif. Semakin kuat energi positif di dalam diri Anda, semakin hebat Anda untuk menemukan solusi yang tepat, sehingga dapat segera keluar dari masa-masa sulit Anda.

Ketika masa sulit membuat Anda kehilangan akal dan tak berdaya, maka mulailah dengan langkah kecil yang penuh semangat untuk menemukan kembali arah dan kecepatan menuju sukses. Lebih baik mundur untuk maju dari pada terjebak dalam jurang ketidakberdayaan. Jangan pernah berhenti untuk terus-menerus bergerak menaiki tangga impian walau Anda harus tergelicir di lereng licin kehidupan. Semangat dan motivasi Anda yang tidak pernah habis adalah modal utama untuk berada di jalur menuju kemenangan. Jadi, hal terpenting yang harus Anda ingat, yaitu: Anda tidak boleh membuat diri Anda lemah dan stres. Anda harus yakin bahwa Anda mampu mengatasi masa sulit dan segera masuk ke jalur kemenangan untuk mewujudkan impian dan harapan Anda.

Ciptakan persepsi positif untuk melihat segala hal di sekitar Anda. Jadi, apapun yang Anda lihat dan perhatikan di sekitar hidup Anda, lihatlah dari hati yang bersih dan pikiran yang positif. Berikan cinta dan kasih sayang untuk semua yang ada di pemikiran Anda. Kelilingi diri Anda dengan sisi baik dari kehidupan yang utuh. Jangan pernah membiarkan pikiran menilai atau menghakimi hal-hal yang berada di sekeliling kehidupan Anda. Terus-menerus ingatkan kepada diri Anda sendiri bahwa Anda adalah energi positif dan hanya hal-hal positif yang mampu Anda lihat. Energi positif yang semakin kuat di dalam diri Anda adalah kekuatan yang tak dapat dikalahkan oleh kekuatan apapun, sehingga Anda dengan tenang dan sabar mampu bergerak optimis menuju sukses yang Anda impikan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com  / www.djajendra-motivasi.com

MEMILIKI TOLERANSI UNTUK BISA MEMAHAMI ORANG LAIN

“Toleransi menjadikan Anda tidak merasa terganggu atau tidak membiarkan kedamaian jiwa Anda rusak oleh orang lain.”~Djajendra

Tidak semua orang memiliki sifat dan perilaku seperti yang Anda inginkan. Setiap orang memiliki pemikiran, sifat, perilaku, ambisi, ego, dan penampilan diri sesuai dengan keyakinan pribadinya. Berharap orang lain sesuai dengan maunya Anda, hanya akan menghasilkan pengalaman pahit dan hubungan yang tidak menyenangkan. Kadang-kadang; rasa kesetiaan, kejujuran, dan rasa hormat suka diabaikan demi ambisi dan ego. Menghadapi semua ini, Anda harus memiliki toleransi untuk bisa memahami orang lain.

Toleransi adalah sebuah kekuatan untuk mempertahankan diri dari pengaruh orang lain atau pun untuk mencegah konflik dan kemarahan di dalam diri. Ketika orang-orang di sekitar Anda tidak sejalan dengan Anda, maka dengan kekuatan toleransi, Anda mampu menerima mereka dan tidak membiarkan mereka masuk ke dalam batin dan pikiran Anda. Dalam hal ini, bertoleransi dengan orang lain haruslah menciptakan persepsi positif tentang mereka. Anda harus lebih rendah hati dan ikhlas menerima kenyataan yang dihasilkan oleh orang-orang tersebut. Situasi, peristiwa, dan orang-orang yang tidak sejalan dengan harapan Anda tetaplah di kendalikan di luar diri Anda. Jangan pernah membiarkan semua itu masuk ke dalam diri Anda dan mengganggu hidup Anda. Anda harus sadar bahwa bila Anda tidak bertoleransi, maka energi mereka yang tidak sejalan dengan Anda akan masuk ke dalam pikiran dan batin Anda, lalu menciptakan konflik dan kemarahan di dalam diri Anda. Jelas, sikap yang tidak mau bertoleransi atau memahami orang lain hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

Toleransi adalah pengetahuan yang mengatakan bahwa setiap orang berbeda dan masing-masing orang berhak hidup dengan pemikirannya. Jika Anda menguasai pengetahuan bertoleransi, maka Anda mampu bereaksi secara positif terhadap semua keadaan di luar diri Anda. Kondisi ini jelas menguntungkan hidup Anda; sebab Anda sama sekali tidak akan terpengaruh dengan pemikiran, perasaan, keyakinan, persepsi, dan pandangan dari mereka yang berbeda dengan Anda.

Bertoleransi berarti Anda tidak mempertanyakan perilaku dan sikap orang lain atas kehidupan yang mereka jalankan. Masing-masing orang harus menjalani kehidupannya yang mungkin tidak bisa dimengerti oleh yang lain. Setiap orang diciptakan dari lingkungan yang berbeda, dari persepsi dan keyakinan hidup yang berbeda. Setiap orang pasti menghadapi situasi dan peristiwa hidup yang berbeda. Jadi, hidup setiap orang itu memang berbeda, sehingga kita tidak boleh menilai atau pun menghakimi pola pikir dan jalan hidup orang lain.

Perbedaan adalah cara alami untuk menjadi yang unik di dalam kehidupan yang beragam. Tidak perlu Anda memaksa seseorang untuk menjadi seperti Anda. Biarkan setiap orang tumbuh dan berkembang di dalam perbedaan. Anda cukup memiliki kekuatan untuk menoleransi orang yang berbeda dari Anda. Kemajuan peradaban hanya terjadi jika perbedaan dihargai dan diberikan ruang untuk berkontribusi secara kreatif bagi kemajuan hidup.

Ketika Anda menerima perbedaan, maka perbedaan itu tidak akan menimbulkan gangguan di dalam pikiran Anda. Anda pun mampu memanfaatkan waktu dan energi Anda untuk melakukan hal-hal terbaik di sepanjang hidup Anda. Toleransi menjadikan Anda tidak merasa terganggu atau tidak membiarkan kedamaian jiwa Anda rusak oleh orang lain. Toleransi menjadikan Anda bijaksana dan tidak memaksa orang lain untuk mengikuti pemikiran Anda.

Untuk training hubungi: 0812 1318 8899

Email: training@djajendra-motivator.com

MEMBANGUN KUALITAS DIRI POSITIF UNTUK MENGHADAPI ORANG NEGATIF DAN SITUASI NEGATIF DI SEPANJANG KEHIDUPAN ANDA

“Kehadiran orang negatif dan situasi negatif dalam hidup Anda adalah ujian untuk meningkatkan kualitas diri Anda yang lebih positif.”~Djajendra

Saat orang negatif dan situasi tidak menyenangkan hadir di dalam kehidupan Anda, maka itu artinya Anda sedang diuji untuk membangun kualitas diri yang lebih baik agar mampu menghadapi semuanya dengan penuh kasih dan ketenangan yang luar biasa. Di tengah orang negatif dan situasi negatif, Anda harus menampilkan semua kebaikan dan keindahan dari dalam diri Anda. Anda tidak mungkin bisa mengendalikan semua hal yang berada di luar diri Anda, Anda hanya bisa mengendalikan diri Anda sendiri. Oleh karena itu, saat energi negatif mengepung kehidupan Anda, Anda harus fokus ke dalam diri untuk menguatkan energi positif Anda.

Sangat manusiawi bila batas kesabaran Anda hilang saat menghadapi orang-orang negatif, tetapi Anda harus sadar bahwa ketika Anda menggunakan energi negatif untuk melawan orang-orang negatif, itu hanya akan merugikan hidup Anda dan mengganggu kedamaian Anda. Oleh karena itu, saat orang dan situasi negatif hadir ke dalam hidup Anda, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas diri untuk tidak menimbulkan gangguan dalam hidup Anda. Anda tidak perlu bereaksi secara negatif terhadap orang atau situasi negatif tersebut. Anda harus sadar bahwa reaksi negatif Anda itu menunjukkan bahwa Anda lemah dan mudah dipermainkan oleh orang negatif atau pun situasi negatif. Jadi, dalam menyikapi orang negatif dan situasi negatif, Anda cukup menciptakan persepsi positif atas orang dan situasi negatif tersebut, lalu menerima realitas yang ada, dan dengan kesadaran yang tinggi mencoba untuk menemukan solusi dari hati yang ikhlas dan tenang.

Ketika Anda dengan sadar membangun kualitas diri untuk kehidupan terbaik, maka Anda harus ikhlas dan berbesar hati untuk melewati berbagai energi negatif yang tidak menyenangkan hati. Tidak ada jalan lurus dan mulus untuk membangun kualitas diri. Anda harus memiliki disiplin dan tekad yang konsisten untuk terus-menerus meningkatkan kualitas diri. Anda harus bisa mengalahkan rasa takut Anda, mengalahkan kemarahan Anda, menjinakan ego Anda, mengalahkan ketidakberdayaan Anda, mengalahkan ketidakpercayaan Anda untuk bisa mengatasi segala persoalan, dan mengendalikan rasa keterikatan Anda kepada hal apa pun. Manfaatkan semua rintangan, kesulitan, cobaan, dan ketidaknyamanan Anda untuk meningkatkan kualitas diri Anda. Untuk itu, Anda harus ikhlas dan sabar dalam menerima semua realitas negatif yang harus Anda lalui. Anda harus mampu menumbuhkan diri yang lebih berkualitas dan lebih hebat agar semua kesulitan dan rintangan tersebut dapat Anda lewati, dan mampu meraih sukses yang lebih tinggi.

Setiap hari tingkatkan kualitas diri dengan cara memperbaiki semua kekurangan untuk menjadikan diri Anda sebagai yang terbaik. Ingatkan kepada diri sendiri bahwa kualitas terbesar dalam hidup setiap orang adalah kemampuannya untuk melayani orang lain dengan hati dan profesionalisme. Untuk meningkatkan kualitas diri, Anda harus memahami arti perubahan dan berani mengambil langkah pertama untuk menjalani hidup di dalam proses perubahan. Dalam proses perubahan untuk meningkatkan kualitas diri selalu akan muncul tantangan dalam bentuk kesulitan dan ketidaknyamanan. Dalam hal ini, Anda tidak boleh mengkhawatirkannya atau menghabiskan waktu dengan memikirkannya. Anda harus menerima segala sesuatu yang terjadi di saat Anda sedang meningkatkan kualitas diri. Fokuskan kerja keras Anda pada setiap proses yang sedang Anda lalui. Anda tidak perlu memikirkan atau mengharapkan hasil akhir dalam waktu singkat.  Berikan pupuk energi positif untuk jiwa dan mental Anda. Suburkan semua benih-benih energi positif agar menjadi akar jiwa dan mental yang mampu mengubah Anda menjadi lebih berkualitas saat menghadapi berbagai realitas hidup.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivasi atau www.djajendra-motivator.com

MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK DI SEPANJANG WAKTU DAN UNTUK SELAMANYA

“Hubungan baik itu tidak pernah terjadi saat Anda memberi dan berharap mendapatkan perilaku terima kasih. Hubungan baik terjadi dan terjaga di sepanjang waktu saat Anda memberi dan memberi terus, tanpa berharap untuk menerima apapun dari orang lain.”~Djajendra

Hubungan baik terjadi saat Anda fokus untuk memberi yang terbaik. Hubungan baik tidak akan terjadi saat Anda fokus untuk mencari, menginginkan, menuntut, meminta, menunggu, dan berharap. Ketika Anda ingin memiliki hubungan baik, Anda harus memiliki kesadaran untuk memberi yang terbaik kepada orang lain. Jika hubungan Anda didasarkan pada sebuah harapan dengan orang lain, maka hubungan itu akan mengecewakan Anda.

Hubungan yang baik membutuhkan kata-kata positif. Jangan pernah menggunakan kata-kata kasar. Jagalah bahasa lisan dalam keadaan positif. Lebih baik diam daripada mengucapkan kata-kata yang menyakiti hati orang lain. Ucapan dan sikap negatif hanya menjadi racun yang berbahaya bagi hubungan baik. Oleh karena itu, etika dan tata krama haruslah dijaga dan dirawat di sepanjang waktu. Ucapan positif, pemikiran positif, dan emosi positif Anda mampu melakukan interaksi dengan orang lain secara hebat.

Dalam hubungan baik; energi kedamaian, kenyamanan, kebahagiaan, ketenangan, kasih sayang, rasa hormat, perhatian, dan kepedulian mengalir secara alami. Energi cinta dan ikhlas bisa menghilangkan semua potensi konflik, sakit hati, marah, kebencian, dan semua energi negatif lainnya. Hubungan baik merupakan sumber energi positif yang mampu menciptakan keharmonisan dan kedamaian hidup di sepanjang hidup Anda.

Sikap positif dan bahasa tubuh yang berlandaskan energi positif adalah kekuatan yang melampaui kata-kata dan ucapan. Perilaku positif dan energi positif yang dihasilkan dari pikiran dan perasaan yang positif adalah kekuatan untuk menjaga hubungan baik. Hindari pikiran yang menilai, menghakimi, dan mengkritisi, karena pemikiran seperti itu akan meretakkan hubungan baik yang sudah Anda miliki. Hindari semua getaran negatif yang dihasilkan oleh diri dari realitas yang tidak menyenangkan.

Jangan pernah meminta orang lain bertanggung jawab atas apa yang Anda rasakan. Semua perasaan negatif di dalam diri Anda adalah tanggung jawab Anda. Semua energi negatif yang bersumber dari luar diri Anda tidaklah boleh dibiarkan menjadi pemicu untuk menimbulkan energi negatif di dalam diri Anda. Jadi, ketika perilaku dan tindakan negatif orang lain melukai hati Anda, maka berikan respons positif dengan menerimanya secara ikhlas. Miliki kesadaran untuk tidak membiarkan rasa luka Anda itu semakin membesar. Sembuhkan segera rasa luka itu, jangan menciptakan dendam, maafkan orang-orang tersebut, dan fokuskan untuk menciptakan solusi dari rasa kasih sayang Anda.

Energi negatif di dalam diri hanya akan menghabiskan kekuatan diri sendiri. Jadi, ketika energi negatif dari orang lain masuk dan tersimpan di dalam diri Anda, maka Andalah yang akan menderita dan merasakan luka yang dalam. Oleh karena itu, setiap hari berikan perhatian untuk peningkatan energi positif di dalam diri Anda sambil membersihkan semua energi negatif yang dihasilkan dari pengaruh luar diri Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PEMENANG

“Pemenang sadar bahwa sifat-sifat unggul harus diinternalisasi secara terus-menerus ke dalam dirinya, sehingga dia tidak pernah sedikitpun menyia-nyiakan hidupnya di jalan perilaku buruk.”~Djajendra

Pemenang menganggap dirinya adalah berkah dari Tuhan untuk menjalankan hidupnya dengan rasa syukur dan penuh sukacita. Pemenang bertugas menanam nilai-nilai terbaik ke dalam dirinya dan membuat dirinya berharga bagi kehidupan yang baik. Pemenang menganggap semua yang dia miliki adalah anugerah dari Tuhan, sehingga di sepanjang hidupnya dia berdoa mengucap syukur dan terima kasih kepada Penciptanya.

Pemenang membangun hidupnya di jalan kejujuran dan membuat semua momen hidupnya bergerak di dalam kebijaksanaan dan kesadaran tertinggi. Pemenang menciptakan ketenangan hidup agar dia bisa tidur nyenyak dan bermimpi indah setiap hari. Pemenang hanya mengenal cinta dan kasih sayang, dia tidak mengenal benci dan dendam.

Pemenang selalu fokus untuk meningkatkan kekuatan dirinya sendiri dan tidak pernah memberikan energinya untuk mengurusi atau menilai keadaan orang lain. Pemenang setiap hari berlatih dengan disiplin tinggi agar tubuhnya kuat dan bugar; agar kaki dan tangannya kuat; agar tubuhnya dan mentalnya selalu kuat, sehingga mampu bergerak maju untuk mencapai kemenangan hidup yang lebih tinggi.

Pemenang sadar bahwa kebutuhannya di dalam hidup ini adalah bisa berkarya dan bekerja dengan kekuatan penuh yang kreatif. Pemenang sadar bahwa dirinya harus mengahdapi musuh-musuh yang terlihat dan yang tak terlihat, sehingga setiap hari dia betul-betul memperhatikan secara rinci tentang langkah dan strateginya untuk menghadapi perjalanan hidupnya. Pemenang tidak pernah melakukan perlombaan dengan siapapun, dia hanya berlomba dengan dirinya sendiri, dia hanya fokus untuk memenangkan dirinya dari dirinya sendiri, sehingga di luar dirinya dia tidak memiliki pesaing atau lawan yang harus diurusi.

Pemenang sangat cerdas memahami kehendak Tuhan dan jalan kehidupan di luar kuasanya. Dia selalu berjuang maksimal dan tidak pernah berhenti berjuang untuk mencapai tujuannya. Dia juga sadar bahwa nasib baiknya sangat ditentukan oleh kekuatan Tuhan, sehingga dia tidak pernah merasa sebagai pribadi superior. Dia selalu rendah hati dan hanya berjuang di jalan kejujuran dengan disiplin dan ketekunan yang tidak pernah berhenti.

Pemenang tahu cara membangun nasib baik agar hidupnya selalu menang dan sukses. Dia sadar bahwa pengetahuan, wawasan, doa, afirmasi, rendah hati, keterampilan, rasa syukur, disiplin, ketekunan, dan mental pemenangnya bisa membuat hidupnya selalu bernasib baik.

Pemenang tidak pernah menjalani kehidupan dari keputusan orang lain. Hidupnya bergerak dan berlanjut dari niat dan komitmen yang sudah menyatu dengan suara hatinya. Pemenang tidak hidup untuk didengar oleh siapa pun, dia hanya fokus dengan suara hatinya di jalan kejujuran untuk mencapai kesuksesan atas tujuan yang dikerjakan.

Pemenang selalu membangkitkan energi kemenangan di dalam dirinya dengan motivasi dan afirmasi yang terus-menerus. Pemenang setiap hari membakar api semangat di dalam dirinya agar dirinya selalu kuat dan bugar secara mental, untuk menghadapi hidup yang penuh tantangan. Pemenang memiliki kekuatan untuk mengubah energi negatif menjadi energi positif, sehingga hanya hal-hal produktif yang bersentuhan dengan hidupnya, sedangkan hal-hal tidak produktif menjauh dari hidupnya. Pemenang tahu dan sadar bahwa dunia ini tercipta dari kekuatan baik dan kekuatan tidak baik. Karena dia sadar, maka dia bisa memahami kekuatan hidup dan menyiapkan kekuatan pemenang dari dalam dirinya agar dirinya hanya menyerap kekuatan baik di sepanjang hidupnya.

Pemenang sadar bahwa sifat-sifat unggul harus diinternalisasi secara terus-menerus ke dalam dirinya, sehingga dia tidak pernah sedikitpun menyia-nyiakan hidupnya di jalan perilaku buruk. Sifat pemenang adalah terus-menerus bergerak maju menuju yang lebih baik. Pemenang tidak ikhlas bila dirinya terjebak dalam kekuatan buruk yang penuh kebencian dan keserakahan. Pemenang selalu bergerak di jalur integritas dan sangat sadar bahwa hanya melalui usaha yang maksimal, maka prestasi dan kinerja terbaik dapat dihasilkan.

Ketika rintangan mencoba menghentikan jalan pemenang menuju sukses, maka pemenang selalu menenangkan dirinya, lalu mengaktifkan energi kreatif agar bisa menghadapi rintangan dan menemukan solusi untuk kesuksesan yang lebih besar.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Older posts