MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK DAPAT MENERIMA YANG TERBAIK

“Jangan suka malas dan tidak peduli dengan hidup Anda, bersemangatlah untuk memberikan yang terbaik bagi kehidupan Anda.”~Djajendra

Apa yang Anda berikan itulah yang Anda dapatkan. Ketika Anda memberikan rasa syukur dan terima kasih untuk setiap peristiwa hidup Anda, maka Anda pun pasti menerima kebahagiaan dan kedamaian hati. Ketika Anda memberikan semangat dan menyalakan optimisme orang lain, maka Anda pun menerima semangat yang sama untuk membawa Anda meraih sukses yang lebih besar.

Jangan sering-sering menjadi lesu dan malas, bersemangatlah untuk memberikan yang terbaik bagi kehidupan Anda. Semangat dan antusiasme Anda untuk mencapai apa yang Anda impikan akan memberikan Anda jalan untuk meraih yang Anda impikan. Semakin fokus Anda untuk memberikan perhatian kepada hal-hal yang Anda impikan, semakin cepat Anda menerima hasil yang Anda inginkan. Segala kesuksesan hanya dapat diraih bila Anda memberi lebih banyak di sepanjang proses untuk mencapai kesuksesan itu. Fokuskan hidup Anda untuk memberi, bukan untuk menerima.

Berikan karakter dan kepribadian Anda yang terbaik dalam hubungan dengan setiap orang. Berikan sikap, sifat, senyum, perbuatan baik, integritas, tanggung jawab, pelayanan, dan bahasa tubuh dengan energi positif agar Anda lebih diperhatikan dan disayang sama semua orang. Berikan yang terbaik dan terindah dari diri Anda, sehingga Anda dapat menerima bermacam-macam kebaikan dan keindahan dari luar diri Anda.

Semua orang ingin diperhatikan, dipuji, dihargai, dihormati, disayang, dan didengarkan. Oleh karena itu, ciptakan diri Anda yang hebat untuk bisa memberikan hal-hal dasar yang selalu menjadi keinginan banyak orang di sekitar kehidupan Anda. Jadilah pribadi yang mudah dan ikhlas untuk memperhatikan orang lain, suka memberikan pujian kepada orang lain, selalu menghargai keadaan orang lain, selalu menghormati pendapat orang lain, selalu menyayangi dan peduli kepada orang lain, serta sabar untuk mendengarkan maksud dan tujuan orang lain.

Ketika Anda sudah bisa dengan ikhlas untuk memberikan yang terbaik bagi orang lain, maka hubungan baik Anda dengan semua orang akan semakin berkualitas dan harmonis. Apalagi bila Anda terbiasa menjadi pribadi optimis dan selalu tampil kuat di semua situasi yang penuh tantangan, maka Anda pun menjadi pribadi yang diandalkan untuk menuntaskan berbagai macam persoalan hidup yang penuh tantangan. Berikan kekuatan positif kepada diri Anda sendiri, sehingga Anda mampu tampil kuat dan konsisten untuk memainkan peran Anda dengan baik di sepanjang hidup Anda.

Dalam hidup, siapa pun itu, pasti di suatu hari berpotensi berada di titik terendah kehidupannya. Ketika Anda berada di titik terendah tersebut, janganlah memberikan energi negatif kepada diri Anda, tapi berikan gairah dan optimisme untuk bisa segera keluar dari titik terendah tersebut.

Perjalanan hidup ini memang tidak selalu didampingi oleh hal-hal yang kita inginkan, sering sekali hal-hal yang tidak kita inginkan juga suka hadir dan mengganggu perjalanan yang kita inginkan. Jadi, saat Anda merasa ada banyak gangguan dan rintangan di sepanjang jalan hidup Anda, maka segeralah berikan energi positif dalam dosis tinggi kepada diri Anda agar Anda bisa bersemangat lagi dengan hidup Anda.

Nikmati semua pengalaman hidup dengan energi positif. Berikan yang terbaik dari diri Anda yang terbaik. Jangan pernah sekali pun menunjukkan keraguan dan ketakutan Anda saat harus menghadapi kesulitan hidup yang tidak ada inginkan. Tidak ada jalan pintas dalam proses hidup. Kadang-kadang, kita harus melewati hari-hari yang tidak mudah, tapi bila Anda isi diri Anda dengan energi positif, maka Anda bisa menikmati pengalaman yang hebat dari masa-masa sulit Anda. Jangan pernah berhenti untuk memberikan yang terbaik bagi hari-hari Anda di sepanjang hidup. Hidup kita adalah akumulasi dari berbagai macam pengalaman yang bersumber dari suka dan tidak suka. Terimalah semuanya dengan rendah hati dan ikhlas, lalu ciptakan perjalanan hidup yang hanya memberi kebaikan dan keindahan bagi hidup Anda dan orang lain.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivasi.com

MEMBAGI PEKERJAAN YANG BESAR DALAM DELEGASI YANG EFEKTIF

“Sebesar apa pun sebuah pekerjaan, sesulit apa pun sebuah pekerjaan; bila memiliki visi bersama, tujuan bersama, komitmen bersama, dan kerja keras bersama; maka, pekerjaan itu dapat diselesaikan dengan sempurna.”~Djajendra

Pekerjaan di dalam perusahaan atau instansi adalah pekerjaan yang dilakukan melalui visi bersama. Semua pegawai dan pimpinan yang berada di dalam struktur organisasi haruslah memiliki visi bersama dan bertindak sebagai anggota tim kerja yang solid. Tidak dibenarkan satu orang pun untuk berpikir di luar visi dan tujuan bersama. Setiap orang pastinya sudah memiliki misi melalui uraian tugas dan peran dalam tanggung jawab yang harus dilakoni. Jadi, masing-masing individu harus mampu menjalankan pekerjaan dan tanggung jawab dengan profesional dan sepenuh hati. Totalitas individu untuk melakukan pekerjaan secara berkualitas dan tepat waktu adalah kunci untuk menghasilkan hasil akhir terbaik yang diinginkan.

Di dalam perusahaan dan instansi, semua pegawai dan pimpinan adalah satu kesatuan yang saling terkait dan terhubung untuk menjalankan tugas bersama sesuai visi dan tujuan. Sebuah pekerjaan besar tidaklah mungkin bisa diselesaikan oleh satu orang ataupun sekelompok orang, tetapi oleh seluruh insan yang berada di dalam instansi dan perusahaan tersebut. Jadi, setiap orang di dalam perusahaan dan instansi adalah orang-orang yang sangat penting, walau pekerjaan yang dikerjakan itu terlihat tidak penting. Dalam hal ini, hubungan kerja yang saling menghormati dan saling menghargai secara profesional haruslah menjadi bagian dari tata krama kerja. Tidak boleh ada yang merasa lebih dari yang lainnya, sebab sesungguhnya setiap orang adalah bagian penting yang keberadaannya untuk melengkapi pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain. Intinya, ketika semua orang bekerja dengan saling menghargai dan saling menghormati secara profesional, maka akan terbentuk kekuatan di dalam organisasi untuk menjalani tujuan bersama dan mampu melampaui semua rintangan yang tidak diinginkan.

Mendelegasikan pekerjaan adalah salah satu tugas manajerial yang sangat penting. Manajemen yang sehat dan kuat merupakan kekuatan untuk menyatukan semua orang dan menggerakan semua orang menuju visi bersama. Manajemen harus mampu membagi pekerjaan besar menjadi potongan-potongan kecil untuk diberikan kepada kelompok kerja (unit kerja) agar menyelesaikannya dengan berkualitas. Beban kerja kepada setiap individu ataupun unit kerja haruslah diperhitungkan secara profesional dan manusiawi. Daya tahan kerja yang optimal dari setiap individu harus menjadi perhatian yang serius. Jangan sampai beban kerja yang berlebihan membuat moral kerja menjadi rendah, sehingga kualitas yang diharapkan tidak terwujud.

Semua orang di tempat kerja saling berhubungan dan saling tergantung. Oleh karena itu, manajemen harus mampu membantu setiap insan di tempat kerja untuk bisa berpartisipasi dalam gerakan kerja yang menghasilkan kualitas terbaik. Dan, manajemen sendiri harus mampu menjadikan keberadaannya sebagai kekuatan dari sesuatu yang lebih besar yang ingin dihasilkan. Intinya, manajemen harus berfungsi dengan baik untuk membuat setiap insan di tempat kerja menjadi lebih fokus pada tujuan dan membangun kepercayaan pada bisnis.

Kehebatan manajemen untuk memecah tugas dan tanggung jawab di dalam uraian tugas yang jelas kepada setiap individu dan unit kerja adalah hal yang sangat penting. Mendelegasikan tugas dan tanggung jawab untuk dikerjakan dalam potongan-potongan yang lebih kecil akan membuat pekerjaan cepat tuntas dan kualitasnyapun dapat dikontrol. Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang memahami cara mengeksekusi rencana tersebut melalui pendelegasian yang tepat. Manajemen harus mampu merencanakan semua tugas penting, lalu semua tugas penting itu dibagi menjadi beberapa bagian, untuk dapat didelegasikan kepada orang-orang yang berkualitas dengan kompetensi yang tepat.

Memiliki visi bersama dan tujuan bersama di tempat kerja akan meningkatkan perasaan memiliki kekuatan bersama. Ketika semua pegawai dan pimpinan merasa memiliki kekuatan bersama untuk mewujudkan visi bersama, maka semua bagian-bagian terkecil dari pekerjaan yang dikerjakan tersebut dapat dituntaskan dengan sempurna. Perasaan memiliki kekuatan bersama memungkinkan setiap insan di tempat kerja untuk tampil lebih prima, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas dan tepat waktu.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivasi.com  atau www.djajendra-motivator.com

MENGUATKAN DIRI UNTUK MENGHADAPI STRES

“Stres muncul karena hati tidak ikhlas dengan kejadian yang dialami, lalu pikiran dan emosi bermain-main dengan suara hati dan mengacaukan suasana hati menjadi sangat buruk.”~Djajendra

Stres adalah bagian nyata dari kehidupan. Tidak ada seorang pun yang bisa bebas dari stres. Stres hadir untuk memberi tekanan dan memaksa diri untuk menghadapinya dengan kekuatan positif dari dalam diri. Stres harus dihadapi dengan kekuatan positif, tidak boleh dibiarkan berlarut-larut di dalam kelemahan dan ketidakberdayaan diri sendiri.

Stres muncul akibat dari ego yang tidak mampu berinteraksi dengan energi nyata dari kehidupan. Ego melawan dan menantang realitas yang ada, sehingga menimbulkan percikan energi negatif yang menjadi akar dari stres yang dialami. Stres adalah permainan tentang ego, kebencian, kemarahan, ketidakpuasan, kebosanan, dan ketidakmampuan untuk menerima hidup dengan ikhlas. Intinya, stres adalah fakta bahwa di dalam diri kita masih tersimpan energi negatif yang dominan. Jadi, kalau Anda selalu tertekan oleh stres, itu artinya, di dalam diri Anda masih sangat banyak energi negatif. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan diri dari energi negatif dan mengisi ulang dengan energi positif, sehingga Anda bisa meminimalkan penderitaan atau tekanan hidup dari stres.

Karena kita hidup di dunia yang menampilkan dirinya dalam wujud energi positif dan energi negatif, maka tidaklah mungkin seorang pun yang bebas murni dari tekanan stres. Sebaik-baiknya energi positif di dalam diri seseorang, kadang-kadang dia juga berpotensi mengalami stres, tapi mungkin dalam kadar yang rendah. Sangat sedikit orang yang betul-betul bisa terkendali dengan sempurna di sepanjang hidupnya, mungkin hal ini tidak pernah terjadi, karena kesempurnaan itu hanya milik Tuhan, bukan milik manusia.

Anda harus tahu dan sadar bahwa stres adalah perasaan yang tidak terkendali, atau perasaan yang berada di luar kendali pikiran sadar. Oleh karena itu, Anda harus belajar mengatur sikap dan reaksi diri terhadap berbagai situasi yang menimbulkan stres bagi diri Anda.

Ketika Anda harus menghadapi situasi yang tidak memberikan pilihan terbaik, maka sebaiknya jangan memaksa diri untuk menghadapi situasi tersebut. Tenangkan diri dan perbanyak doa, kemudian temukan strategi yang tepat untuk menghadapinya dan memenangkannya. Jangan langsung bereaksi dan menyerang terhadap sesuatu yang tidak memiliki pilihan terbaik. Kesabaran, ketenangan, pikiran positif, emosi positif, strategi yang tepat, sikap yang tepat, perilaku yang tepat, dan menyerahkan hasil terbaik sesuai kehendak Tuhan adalah cara terbaik untuk menghadapi situasi yang tidak memberikan pilihan terbaik tersebut. Kalau Anda mampu melakukan hal ini, maka kadar stres yang Anda alami mungkin rendah dan tidak mengganggu kebahagiaan hidup Anda.

Manusia tidak sempurna, manusia sering tumbuh dan berkembang dari kesalahan-kesalahan yang dibuatnya. Kalau Anda gagal atau membuat kesalahan, maka jangan menyalahkan diri sendiri ataupun orang lain. Coba belajar sesuatu dari kesalahan atau kegagalan tersebut untuk kebaikan diri Anda. Kegagalan dan kesalahan jangan dibiarkan menjadi pemicu stres Anda. Tingkatkan kesadaran dan pahami hidup sebagai proses yang memang harus dilalui dengan kesalahan dan kegagalan. Sebagai manusia yang memang tidak pernah bisa sempurna, maka kegagalan dan kesalahan haruslah disikapi sebagai wujud ketidaksempurnaan itu. Kalau Anda bisa melakukan hal ini dengan baik, maka Anda bisa menghilangkan atau meminimalkan stres yang berpotensi menekan diri Anda

Kita tidak hidup untuk selamanya di bumi ini. Waktu kita tidak banyak dan tidak perlu menyia-nyiakan waktu untuk menderita akibat stres. Kita semua pasti berlalu pada waktunya dari kehidupan ini. Jadi, terimalah apapun jalan hidup yang harus Anda jalani. Miliki misi dan visi yang kuat untuk menemani perjalanan hidup Anda. Fokuskan energi, waktu, kerja keras, perjuangan, tekad, motivasi, dan perhatian pada tujuan hidup yang sesuai visi Anda. Terus-menerus bergerak ke arah visi, walau mungkin berkali-kali mengalami kegagalan dan kemunduran, jangan pernah berhenti untuk bergerak ke arah visi yang Anda impikan. Itulah hidup kita yang singkat itu. Intinya, hidup kita yang singkat ini harus dilalui dengan kerja keras dan pengorbanan. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran, keikhlasan, ketenangan, kepercayaan diri, kerja keras, dan semangat untuk tidak pernah berhenti menghasilkan yang terbaik bagi hidup kita masing-masing. Bila Anda bisa melakukan hal ini, maka Anda bisa meminimalkan stres dan tetap bisa menjaga kebahagiaan hidup Anda.

Jiwa yang kuat dan hebat itu hidup di dalam fisik yang sehat dan bugar. Perhatikan kebugaran dan kesehatan fisik dan mental Anda. Lakukan olahraga secara rutin untuk menguatkan mental dan fisik Anda. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan nutrisi atau makanan yang sehat dan seimbang. Olahraga yang rutin dan pola makan bernutrisi sehat haruslah menjadi bagian penting dari rutinitas hidup Anda. Jadi, Anda harus mampu menciptakan waktu untuk membangun rutinitas bagi kegiatan olahraga dan kegiatan makan bernutrisi sehat. Bila Anda mampu melakukan ini, maka Anda dapat meminimalkan stres dalam kehidupan Anda.

Berikan perhatian dan kasih sayang kepada diri Anda sendiri. Diri Anda itu penting dan unik. Sebagai ciptaan Tuhan, Anda memiliki tujuan sesuai kehendak Tuhan dalam hidup ini. Oleh karena itu, jangan pernah membiarkan diri Anda dilukai atau dibuat menderita sama stres. Jaga hubungan yang baik dengan semua dimensi dari diri Anda. Hubungan yang satu visi dan satu suara dengan pikiran, emosi, jiwa, dan tubuh. Dalam setiap hubungan Anda dengan orang lain, pastikan Anda mampu menjaga diri dan hubungan agar tetap dalam energi positif. Jangan pernah mentolerir energi negatif dari siapa pun. Jangan pernah berharap sesuatu dari siapa pun. Anda hanya boleh meminta dan berharap hanya kepada Tuhan. Hubungan baik itu tercipta saat Anda memberi dan terus-menerus memberi, tetapi saat Anda mulai meminta dan berharap, maka hubungan baik itu bisa hilang. Bila Anda melakukan ini dengan baik, maka Anda bisa mengurangi tekanan stres dalam hidup Anda.

Hidup itu proses yang berlangsung melalui hal-hal yang tidak kita pahami. Tidak semua hal dan peristiwa bisa kita pahami. Terimalah apapun yang terjadi, dan teruslah melangkah dan bergerak dengan penuh semangat. Jadilah pribadi yang optimis dan positif di sepanjang jalan hidup Anda. Jangan memaksa mengubah sesuatu yang tidak perlu dirubah. Biarkan perubahan itu hadir pada waktu dia harus hadir. Waktu terus-menerus berjalan dan waktu kita pun untuk tinggal di bumi ini menjadi semakin berkurang. Jadi, fokuskan perhatian untuk momen ini, jangan lagi memikirkan masa lalu, jangan juga terlalu terobsesi dengan masa depan. Fokuskan seratus persen perhatian dan kerja keras untuk melakukan hal-hal terbaik di momen ini. Bila Anda bisa melakukan ini dengan baik, maka Anda dapat mengurangi stres yang merusak kebahagiaan hidup Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivasi.com

JALAN HIDUP YANG DITERANGI OLEH CAHAYA DARI DALAM DIRI SENDIRI

“Semua orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Takdir adalah kehendak Tuhan. Jalan hidup sering sekali tidak dapat dipilih, sudah dipilihkan Tuhan melalui caranya yang kadang tidak mungkin bisa dimengerti dengan akal manusia.”~Djajendra

Sering sekali, seseorang tidak mengerti apa yang didengarnya; tidak mengerti makna dibalik peristiwa yang dialaminya; tidak mengerti apa yang dibacanya; tidak mengerti jalan hidup yang bisa membuatnya hidup bahagia. Ya, tidak semua orang mengerti untuk mendapatkan yang terbaik di dalam hidupnya. Hidup adalah sebuah perjalanan yang harus dilalui sesuai skenario Tuhan, bukan skenario kita.

Motivasi, inspirasi, dan nasihat yang terus-menerus untuk seseorang yang jalan hidupnya tidak disitu. Maka, semua upaya baik itu akan menjadi sia-sia, tidak berguna. Sebab, orang tersebut tidak mampu memahaminya atau menangkap tanda-tanda positif untuk perjalanan selanjutnya dari kehidupan yang dia miliki.

Untuk menemukan jalan hidup terbaik dan agar tidak tersesat di jalan hidup yang tidak diinginkan, maka seseorang harus menerangi batinnya dengan cahaya Tuhan. Jiwa dan pikirannya harus mampu memancarkan cahaya kebaikan dan menyebarkannya ke sekitar hidupnya, agar jalan hidup menjadi terang dan mudah dilalui.

Tuhan adalah tujuan hidup kita yang sesungguhnya. Jadi, hidupkan cahaya Tuhan di dalam batin agar semua lapisan pemikiran, emosi, dan keinginan mendapatkan cahaya Tuhan sehingga mampu menuntun hidup menuju ke arah yang sebenarnya. Intinya, ketika batin Anda dipenuhi dengan cahaya Tuhan, maka perjalanan hidup Anda selalu diterangi, yang membuat Anda mudah bergerak ke arah selanjutnya dengan optimis dan positif.

Ketika kita tunduk pada kehendak Tuhan dengan ikhlas dan rendah hati, maka Tuhan selalu hadir ke dalam hidup kita dan membantu kita untuk menemukan arah hidup atau jalan hidup yang terbaik bagi hidup kita. Penyerahan total kepada Tuhan adalah cara untuk bisa menyalakan cahaya di dalam batin. Bila cahaya batin sudah bersinar, maka semua proses hidup dapat kita terima dan lalui dengan penuh rasa syukur.

Ketika cahaya di batin sudah mulai nyala dengan terang, maka itu adalah awal dari hilangnya kegelapan dari batin sehingga diri menjadi lebih mengerti untuk mencapai arah kehidupan yang sebenarnya. Cahaya di dalam batin sangat diperlukan untuk menerangi jalan yang sedang kita jalani.

Menyalakan cahaya batin berarti sudah mampu memimpin ego dan akal, sehingga ego dan akal tidak memaksa Anda untuk bekerja keras menuju arah hidup yang mereka inginkan. Setelah Anda menyerahkan hidup Anda sepenuhnya kepada kehendak Tuhan, lalu mulai menjalani setiap momen kehidupan dengan rendah hati dan produktif. Anda harus selalu fokus dan sepenuh hati untuk melakukan pekerjaan Anda. Anda harus selalu fokus untuk tumbuh dan beradaptasi dengan perubahan di sepanjang perjalanan hidup Anda. Anda harus benar-benar tunduk dan menyerahkan hasil akhir sesuai kehendak Tuhan. Intinya, dalam proses Anda harus bekerja dengan total kemudian ikhlas menerima apapun hasil akhirnya.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PENSIUN ADALAH AWAL DARI KEHIDUPAN BARU

“Ketika Anda pensiun, Anda terlahir kembali untuk menjalani kehidupan yang lebih hebat dan lebih bahagia.”~Djajendra

Peristiwa pensiun menjadikan Anda untuk belajar kembali menata rutinitas baru. Sebagian besar dari rutinitas lama Anda akan hilang, dan waktu yang pernah diisi dengan rutinitas yang lama harus Anda ganti segera dengan rutinitas yang baru. Jadi, inti dari peristiwa pensiun adalah mengisi waktu produktif yang hilang dengan kegiatan produktif yang baru. Hal terpenting yang harus Anda fokuskan di hari pensiun adalah untuk kesejahteraan dan kebahagiaan hidup Anda.

Setelah pensiun bukan berarti Anda duduk di rumah dan menghabiskan waktu di depan TV. Peristiwa pensiun hanyalah sebuah titik perubahan akibat Anda harus berhenti dari pekerjaan yang sudah sangat lama Anda tekuni. Anda harus sadar, sebenarnya, kehidupan dimulai lagi setelah yang disebut pensiun. Oleh karena itu, Anda tidak boleh takut atau khawatir terhadap pensiun Anda. Anda harus yakin bahwa Tuhan pasti menjaga Anda di sepanjang kehidupan Anda setelah pensiun. Anda harus sadar dan yakin bahwa walau usia akan semakin lanjut, Anda harus hidup penuh semangat dan rendah hati agar bisa melayani kehidupan dengan ikhlas dan penuh cinta. Masa pensiun adalah saatnya Anda mengisi waktu dengan melayani kehidupan tanpa pamrih dari diri sejati Anda yang paling jujur. 

Masa pensiun adalah saatnya Anda membangun kembali impian dan hubungan yang terlupakan. Mulailah semuanya dengan rendah hati dan jangan terlalu berambisi. Mulailah semuanya dengan rasa syukur dan terima kasih secara terus-menerus kepada Tuhan. Ingat, hanya Tuhan tujuan hidup yang sebenarnya, hanya Tuhan yang memiliki sumber kebahagiaan. Jadi, jangan pernah mengabaikan kehendak Tuhan di sepanjang jalan hidup yang Anda pilih di masa pensiun Anda. Hak manusia hanya untuk berproses dan melakukan sebaik mungkin, dan hak Tuhan untuk menentukan hasil akhir sesuai kehendaknya. Oleh karena itu, kekuatan ikhlas haruslah menjadi mindset yang tertanam kuat di dalam fondasi diri kita.

Perhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Usia pensiun berarti usia sudah tidak muda lagi, pastinya metabolisme tubuh pun akan melambat dan mungkin ada gangguan. Jadi, fokuskan untuk merawat diri dengan olah raga dan pola makan yang sesuai usia Anda. Fokuskan semangat hidup untuk tumbuh dan menjadi lebih mandiri di hari pensiun Anda.  Kehidupan setelah pensiun membutuhkan lebih banyak keberanian dan toleransi untuk menghadapi saat-saat sensitif dan realitas yang selalu berubah. Oleh karena itu, Anda harus fokus membangun fisik, mental, emosional, dan jiwa yang tetap positif dan aktif pasca pensiun agar dapat unggul dalam perlombaan hidup yang dinamis.

Jangan pernah menyalahkan siapapun atas peristiwa-peristiwa yang Anda alami pasca pensiun. Anda harus menjadi lebih tenang, lebih hati-hati, dan memilih jalan sesuai hati nurani Anda. Tujuan hidup Anda pasca pensiun haruslah sesuai panggilan hati Anda, bukan karena bisikan orang lain. Berbahagialah dan bersyukurlah dengan pensiun Anda. Yakinkan diri Anda dan tanamkan kepercayaan di mental Anda bahwa dalam segala kondisi Tuhan pasti menjaga kita. Jadi, kalau Tuhan sudah menjaga kita, maka tugas kita adalah bekerja dan melayani segala sesuatu dengan jujur, rendah hati, ikhlas, dan penuh kasih. 

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

BEKERJA UNTUK PEKERJAAN IMPIAN DALAM MENGISI PENSIUN

“Tinggalkan masa lalu, ciptakan masa depan yang pernah Anda impikan tapi belum Anda wujudkan.”~Djajendra

Setelah puluhan tahun menjalani rutinitas kehidupan kerja di kantor dan pada hari pensiun Anda harus menghentikan rutinitas kerja Anda. Sebuah kebiasaan atau pola hidup yang sudah terbentuk sejak Anda mulai bekerja selepas tamat dari perguruan tinggi akan segera berakhir. Pensiun adalah perubahan besar yang memaksa Anda untuk mengubah kebiasaan lama dengan kebiasaan baru. Kemampuan Anda untuk berubah dan beradaptasi dengan kenyataan hidup setelah pensiun akan menjadikan Anda sukses menjalani kehidupan setelah pensiun. Sebaliknya, bila Anda masih hidup dengan nostalgia dan cerita-cerita lama dari tempat kerja Anda, maka Anda akan sulit melakukan sesuatu yang hebat setelah pensiun.

Anda pasti sudah memulai karir kerja Anda sejak usia muda. Kehidupan kerja yang dinamis dan penuh harapan mendorong Anda bergerak aktif untuk mewujudkan karir tertinggi. Setelah melewati proses panjang dalam kompetisi kerja, Anda akhirnya mencapai impian karir Anda. Tetapi, usia Anda juga terus bertambah dan pada usia tertentu perusahaan sudah memiliki aturan yang memaksa Anda untuk pensiun. Pensiun berarti Anda sudah tidak dapat diterima dalam sistem kerja yang selama ini sudah Anda tekuni. Perusahaan membutuhkan tenaga-tenaga muda yang siap menggantikan Anda yang pensiun. Ya, Anda harus ikhlas meninggalkan pekerjaan dan perusahaan yang selama ini sudah menjadi bagian penting dari hidup Anda.

Semuanya pasti berlalu, tidak ada yang kekal dan selamanya dalam hidup ini. Demikian juga dengan karir kerja yang sudah Anda bangun dengan penuh semangat, yang harus Anda ikhlaskan karena memasuki usia pensiun. Jangan ciptakan prasangka negatif atau kekhawatiran yang berlebihan terhadap kehidupan setelah pensiun. Memang betul, sangat banyak cerita-cerita kehidupan yang dirasakan kurang beruntung oleh sebagian dari orang-orang yang sudah pensiun. Banyak kisah-kisah sedih atau kegagalan keuangan yang dialami oleh orang pensiun. Tetapi, sangat banyak juga kisah-kisah sukses dari orang pensiun. Oleh karena itu, jangan takut dengan pensiun, siapkan diri Anda untuk kehidupan setelah pensiun. Niatkan untuk melakukan pelayanan sekecil apapun yang bisa Anda lakukan untuk mengisi hari-hari pensiun Anda.  

Anda harus berdamai dengan masa pensiun Anda.Tumbuhkan semangat baru untuk kehidupan baru setelah pensiun. Kuatkan keseimbangan mental dan fisik Anda untuk bisa mengisi masa pensiun dengan prestasi. Jangan abaikan waktu. Manajemen waktu di hari-hari pensiun menjadi sangat menentukan arah perjalanan hidup Anda. Cara Anda menggunakan waktu dengan bijak dan cerdas akan mengantar Anda pada rutinitas yang produktif. Waktu yang disia-siakan untuk hal-hal yang tidak sejalan dengan rencana hidup Anda hanya akan menimbulkan masalah setelah pensiun. Jadi, pandai-pandailah dalam memanfaatkan waktu yang sesungguhnya sangat singkat dan tidak terlalu banyak di dalam hidup kita.

Pensiun berarti terbukanya jalan kehidupan baru untuk karir kehidupan yang kedua. Dalam hal ini, pensiun dapat membantu Anda untuk mengejar atau mengerjakan hal-hal yang sangat Anda sukai. Sekaranglah waktunya untuk bergerak aktif dan dinamis di jalan kehidupan yang sangat Anda impikan. Sekaranglah waktunya untuk menjadi diri sendiri yang bekerja dari kekuatan hati nurani Anda. Jangan habiskan waktu dengan hanya duduk di depan TV. Jangan habiskan waktu dengan hanya menceritakan kisah-kisah hebat Anda di masa lalu. Jangan habiskan waktu untuk hal-hal yang sudah berlalu. Gunakan waktu dan energi Anda agar Anda bisa fokus pada momen sekarang, untuk bisa melakukan pelayanan-pelayanan bagi diri sendiri dan orang lain.

Kehidupan pensiun adalah kehidupan untuk menciptakan peluang bagi pencapaian prestasi di jalan kehidupan baru. Pertama, jaga badan agar selalu sehat dan bugar. Untuk itu, mulailah secara rutin melakukan olah raga dan menjaga pola makan yang seimbang. Ingat! Anda sudah tidak muda lagi, usia sudah pensiun, jadi jaga makanan dan perhatikan metabolisme tubuh Anda dengan baik. Selalu berpikir positif, selalu merasakan hal-hal terbaik untuk kehidupan yang Anda jalani. Bersyukurlah dan berterima kasihlah untuk segala sesuatu yang Anda alami. Semakin dekatkan diri dengan Tuhan dan serahkan semua hasil akhir kepada kehendak Tuhan. Jadilah optimis dan hidup penuh semangat setiap saat di hari pensiun Anda.

Miliki tabungan atau deposito untuk mendukung kehidupan ekonomi Anda pasca pensiun. Lunasi semua hutang Anda, jangan pernah menciptakan pola hidup dengan hutang. Dengarkan suara hati Anda, miliki tujuan yang jelas, dan arahkan hidup Anda di jalan yang siap Anda perjuangkan. Rencanakan pengeluaran untuk kebutuhan Anda dengan efisien.  Rencanakan masa depan dan bergerak dengan optimis. Memiliki gambaran yang jelas tentang hal-hal yang harus dicapai. Benar-benar bekerja untuk hal-hal yang paling Anda sukai. Menyiapkan mental pemenang untuk menghadapi tantangan dan cobaan di setiap tahap perjalanan menuju sukses. Intinya, Anda harus menyiapkan fondasi yang kuat agar bisa menjalani kehidupan pensiun tanpa beban dan penuh optimis.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MEMBANGUN KEHIDUPAN YANG DAMAI DARI DALAM DIRI

“Jika dia tidak bertarung, itu bukan karena dia menolak semua pertempuran sebagai sia-sia, tapi karena dia telah menyelesaikan pertengkarannya. Dia telah mengatasi semua perselisihan antara dirinya dan dunia dan sekarang sedang beristirahat.”~S Radhakrishnan

Kehidupan damai bersumber dari dalam diri.Tidak ada kedamaian yang disediakan oleh kehidupan di luar diri Anda. Keinginan untuk hidup damai mulai terwujud ketika Anda menemukan energi positif dari dalam diri Anda. Suara hati Anda yang positif, pikiran Anda yang positif, emosi Anda yang positif, serta jiwa Anda yang ikhlas melayani hidup dengan cinta, adalah kekuatan untuk hidup damai.

Dalam hidup, Anda pasti harus mengunjungi banyak jiwa; Anda harus berinteraksi dengan banyak pola pikir; Anda harus merasakan banyak jenis emosi baik dan emosi tidak baik; serta Anda harus melewati perilaku dan sikap yang mungkin tidak Anda sukai. Itulah hidup. Setiap jiwa memiliki kepribadiannya sendiri; setiap jiwa selalu berbeda dengan jiwa yang lain; setiap jiwa memiliki karakter yang sangat perlu untuk Anda pahami dan mengerti. Jadi, penghuni kehidupan ini sangat bermacam-macam sifat, sikap, pikiran, emosi, keyakinan, dan kepercayaannya. Oleh karena itu, Anda tidak bisa berharap damai dari realitas jiwa-jiwa yang Anda kunjungi. Damai hanya bisa dihasilkan dari diri Anda sendiri, bukan menunggu atau berharap dari orang lain.

Mainkan peran damai untuk kehidupan indah yang Anda impikan. Andalah yang harus mampu memainkan peran pembawa damai dengan antusias dan semangat tinggi. Mungkin saja, saat Anda memainkan peran damai, hal-hal yang merusak damai bisa terjadi dari luar diri Anda. Tetapi, karena Anda sadar bahwa hidup ini hanyalah memainkan sebuah peran yang Anda pilih sendiri, maka komitmen dan kemampuan Anda untuk tetap menjadi aktor pembawa damai dapat terjaga dari dalam diri Anda secara konsisten. Anda tidak boleh berubah oleh pengaruh dari luar diri yang mencoba merusak rasa damai Anda.

Saat Anda berhenti menerima pengaruh negatif dari luar diri Anda, saat itu mental positif Anda mulai tumbuh dengan kekuatan yang membuat hidup Anda selalu damai. Energi negatif tidak ada gunanya, sebab dia hanya akan membuat hidup Anda tidak damai dan tidak bahagia. Mulai detik ini, berhentilah untuk menjadi penerima energi negatif dari luar diri Anda. Fokuskan jiwa Anda untuk menghasilkan pemikiran positif, optimis, dan mampu menciptakan aliran energi positif di dalam diri Anda.

Rasa damai adalah hak Anda. Tumbuhkan kehidupan Anda di dalam kekuatan positif, lalu hadapi semua kekuatan negatif dengan tenang dan positif. Energi positif di dalam diri Anda mampu menghilangkan semua rasa tidak damai, serta mampu menghasilkan kebahagiaan dan kedamaian yang Anda impikan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

JANGAN MELAKUKAN KESALAHAN YANG SAMA

“Tidak ada yang salah dari keputusan yang tidak tepat, tingkatkan kesadaran untuk menemukan solusi yang tepat agar keputusan Anda menjadi benar.”~Djajendra

Manusia adalah tempat kesalahan, tetapi manusia juga adalah pusat pembelajaran. Bila pernah membuat kesalahan, belajarlah dari kesalahan tersebut, kemudian tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

Tidak ada salahnya bila Anda telah berbuat salah, tetapi segera sadari bahwa kesalahan adalah jalan dalam kegelapan. Segera temukan cahaya kebenaran agar tidak terjebak dalam kegelapan dan ketidaktahuan. Sebuah kesalahan yang Anda buat pasti mengajarkan sesuatu agar Anda menemukan cahaya. Katakan selalu kepada diri sendiri bahwa Anda lebih besar dari kesalahan yang Anda buat. Positifkan suara hati Anda dan berikan titik kebenaran kepada pikiran, sehingga pikiran memahami jalan terang yang harus Anda jalani.

Isi diri Anda dengan nilai-nilai positif, sehingga energi kenegatifan di dalam diri Anda dikecilkan atau pun ditiadakan. Jika dari luar diri Anda memberikan pikiran negatif, tenangkan diri dalam energi positif, dan jangan biarkan serangan negatif ke dalam diri Anda mempengaruhi Anda menjadi negatif.

Ketika Anda membiarkan ego yang membuat keputusan dan Anda pun belum memiliki kesadaran apapun di dalam diri, maka Anda berpotensi mengulang kesalahan yang sama berkali-kali. Ego tidak akan pernah tahu harus berbuat apa dan apa yang tidak boleh dilakukan. Ego hanya fokus untuk kepentingannya dan mengabaikan kepentingan di luar dirinya. Ego selalu ngotot dan keras kepala dengan maunya, serta tidak peduli dengan realitas yang dihadapi. Jadi, tumbuhkan kesadaran dan tinggalkan ego sementara saat Anda harus mengambil jalan yang benar dari tindakan salah yang Anda buat.

Tingkatkan kekuatan kemauan Anda untuk menemukan solusi dari kesalahan yang Anda buat. Jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk ngotot dan hidup mempertahankan kesalahan. Waktu kita singkat dan setiap hari berlalu dengan sangat cepat. Bila Anda mengabaikan waktu dan membiarkan hidup Anda terjebak dalam drama kesalahan, maka hidup Anda tidak akan kemana-mana, selalu jalan di tempat, dan Anda pun tidak memiliki kesempatan untuk melakukan perubahan agar bisa menemukan hidup yang lebih indah.

Kesadaran dan pengendalian diri diperlukan untuk tidak berbuat kesalahan yang sama. Setiap hari penuhi diri dengan energi positif. Ucapkan afirmasi kata-kata positif untuk menguatkan diri, sehingga Anda menjadi percaya diri untuk membawa cahaya kebaikan ke dalam pikiran dan memulihkan semua perasaan bersalah di dalam diri.

Jangan takut dan ragu tentang melakukan kesalahan. Hal terpenting, jangan mengulang kesalahan yang sama dua kali. Miliki pengetahuan yang lengkap saat mengambil tindakan. Dan bila tindakan tersebut menciptakan kesalahan, maka terimalah dengan jiwa besar. Tidak ada yang salah dari keputusan yang tidak tepat. Melalui kesalahan Anda bisa meningkatkan energi kreatif Anda, untuk menemukan hasil yang lebih baik dari yang Anda rencanakan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

JANGAN MEMBIARKAN STRES MENGGANGGU KARIR ANDA

“Anda sangat berharga dan merupakan berkah dari Tuhan, jadi jangan merusak kehidupan Anda yang indah dan bahagia dengan stres yang memperburuk hidup Anda.”~Djajendra

Stres adalah energi negatif yang menempel di dalam diri setiap orang. Stres selalu mengikuti setiap orang dimanapun posisi dan situasi hidup mereka. Mau kaya raya atau pun sangat miskin stres tetap ada di situ. Hanya kesadaran untuk memperkuat diri dengan energi positif yang bisa mengurangi dampak negatif dari stres.

Stres seperti beban berat yang selalu dipikul kemanapun pergi. Sekarang, bagaimana cara Anda membuang beban berat tersebut, sehingga Anda tidak perlu lagi memikul stres di sepanjang hidup Anda. Cara membuang beban berat dari dalam diri adalah, Anda harus membongkar diri sendiri untuk membuang semua energi negatif dari dalam diri Anda. Selama ada energi negatif di dalam diri, Anda tidak mungkin bisa mengendalikan stres. Manajemen stres berarti Anda siap dan sadar untuk menata diri sendiri dari dalam, sehingga mudah beradaptasi dengan segala situasi dan kondisi yang tercipta di luar diri Anda.

Manajemen stres berarti Anda memiliki pekerjaan rutin untuk meningkatkan stabilitas jiwa, dan setiap hari mendapatkan tingkat pemenuhan yang lebih tinggi. Termasuk, setiap hari Anda terbiasa untuk melihat kehidupan sebagai potensi sukses dan sebagai tempat untuk mendapatkan sukacita secara penuh. Dalam hal ini, Anda harus membangun hubungan baik dengan diri sendiri, Anda harus fokus dan selalu lebih terarah untuk melakukan apapun. Ketika hubungan Anda dengan diri sendiri selalu harmonis dan indah, maka hubungan Anda dengan orang lain juga akan semakin berkualitas dan baik.

Energi negatif dan energi positif adalah dua realitas yang selalu mengisi kehidupan setiap orang. Ketika energi negatif terpapar kepada seseorang, maka orang tersebut akan merasakan stres. Jadi, Anda harus sadar bahwa dunia dan kehidupan yang kita jalani ini dikuasai oleh kekuatan baik dan kekuatan tidak baik. Stres yang jelek itu bersumber dari kekuatan tidak baik. Sebaliknya, stres yang baik atau biasa disebut eustress bersumber dari kekuatan baik. Artinya, Anda harus sadar dan cerdas untuk membuat diri Anda selalu di dalam kuasa energi positif, sehingga Anda bisa menjalani kehidupan yang penuh sukacita dan sejahtera.

Beban berat kehidupan bersumber dari ego diri sendiri yang tidak mau menerima realitas hidup. Ego yang ngotot dan keras kepala terhadap situasi kehidupan bisa memicu stres. Jadi, kalau hidup Anda mau bebas stres, maka Anda mau melepaskan ego dari diri sendiri, sehingga diri yang damai dan bahagia bisa terwujud. Setelah ego dibuang, Anda mulai bisa menata diri sendiri dengan penuh kualitas. Anda bisa menghilangkan semua perilaku buruk dari diri Anda, seperti: kebencian, kesombongan, kemarahan, keserakahan, prasangka buruk, tidak punya empati dan tidak toleran, merasa paling benar dan paling tahu, serta semua ekspresi ego yang bersumber dari energi negatif.

Ego berfungsi untuk menegaskan dirinya sendiri dan merasa dirinya adalah pelaku segala sesuatu untuk hidupnya. Bila ego sangat berkuasa, maka orang tersebut akan menganggap dirinya sebagai kekuatan yang menentukan kehidupan di dalam dan di luar diri. Padahal, dalam realitas kehidupan, manusia tidak lebih dari kehendak Tuhan, manusia hanya bagian kecil dari kehidupan ini. Tidak ada manusia yang agung dan tidak ada manusia yang abadi, semua orang ada karena kehendak Tuhan dan semua peristiwa kehidupan berlangsung karena ada yang mengaturnya. Karena ego menciptakan rasa terpisah dari kuasa Tuhan, maka stres menjadi mudah menyerang dirinya.

Manajemen stres adalah bagian dari manajemen diri. Dalam melakukan manajemen stres, Anda juga harus sudah kuat dan terbiasa dengan manajemen diri yang baik. Anda harus memiliki mental yang memproyeksikan kehidupan bahagia Anda. Anda harus menguasai dan menjalankan tujuan hidup Anda dengan tekun dan penuh disiplin. Anda tidak boleh merasa terpisah dari Tuhan dan selalu menyatu di dalam energi kehendak Tuhan. Anda juga harus mengenal diri sendiri dan mengetahui apa yang ada di dalam diri Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MENYELESAIKAN MASALAH

“Tidak ada seorang pun yang mampu memberikan solusi terbaik selain diri Anda.”~Djajendra

Sumber masalah berasal dari dalam diri. Bila Anda ingin menyelesaikan masalah, maka Anda harus memulainya dari dalam diri. Tidak ada masalah yang tidak terselesaikan, semuanya pasti dapat Anda tangani, apalagi jika Anda mau beradaptasi dan ikhlas dengan hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Bila Anda bergantung pada pihak di luar diri Anda untuk menyelesaikan masalah Anda, maka Anda pasti kecewa. Tidak ada seorang pun yang mampu memberikan solusi terbaik selain diri Anda. Hanya Andalah yang mampu menyelesaikan urusan hidup Anda. Hanya Andalah yang mampu membuka hati agar masalah Anda terselesaikan. Hanya Andalah yang mampu memiliki sikap positif untuk bisa beradaptasi dan menuntaskan masalah dengan kreatif.

Bila setiap hari fokus Anda pada rasa syukur atas semua kebaikan yang Anda terima dari kehidupan, maka masalah hidup Anda akan terhapus dan hilang. Sebaliknya, bila setiap hari fokus Anda pada kekurangan dan tidak memiliki rasa syukur, maka masalah akan berakumulasi untuk membuat hidup Anda penuh tekanan dan stres. Jadi, masalah itu muncul karena Anda lalai untuk bersyukur, serta memberi waktu terlalu banyak untuk melihat atau pun menghitung kekurangan-kekurangan di sekitar hidup Anda.

Hidup adalah sebuah rangkaian cerita yang pasti menghadapi masalah-masalah yang tak terelakkan. Anda tidak mungkin hidup tanpa masalah. Anda hanya memiliki kemampuan untuk menciptakan ruang batin agar bebas masalah. Ruang batin yang bebas masalah bersumber dari keyakinan diri bahwa hidup itu berjalan sesuai kehendak Tuhan; dan tugas manusia adalah bersyukur, ikhlas, bertanggung jawab, serta berjuang sampai bisa merubah masalah menjadi solusi, termasuk tidak pernah berhenti atau menyerah untuk menemukan solusi terbaik.

Menghadapi masalah tak terelakkan diperlukan kesabaran, ketenangan, ketabahan, dan kejujuran diri untuk tetap berada di jalur kehidupan yang benar. Jangan pernah menggunakan segala cara yang tidak etis untuk menemukan jalan keluar. Cara-cara yang tidak etis dan tidak benar hanya akan menjadi sumber masalah berikutnya. Bila Anda selalu menggunakan cara-cara tidak etis dan tidak benar, maka itu artinya masalah ada di dalam diri Anda. Jadi, memiliki masalah adalah sesuatu yang wajar; tetapi, bila masalah itu ada di dalam diri Anda, maka itu artinya Anda menjadi sumber masalah yang Anda hadapi. Oleh karena itu, ketika Anda merasa memiliki masalah, sebaiknya jujur dulu dengan diri sendiri, kemudian petakan sumber masalah dari diri Anda yang paling jujur.

Menyikapi masalah tidak boleh dengan keluhan. Bila Anda mengeluh dan selalu mengekspresikan rasa tidak puas, maka Anda tidak pernah bisa menemukan solusi, Anda akan terikat dalam lingkaran masalah yang tak pernah hilang. Waktu dan energi Anda akan terkuras untuk mengurusi keluhan dan perasaan tidak adil. Anda akan memposisikan diri sebagai korban dan berharap belas kasih dari orang lain. Jelas, kondisi ini hanya menurunkan kualitas hidup Anda, sebab setiap masalah yang disikapi sebagai korban hanya menjadikan Anda tidak berdaya dengan hidup yang Anda jalani.

Menyikapi masalah dengan perasaan khawatir, takut, panik, cemas, dan tak percaya diri itu hanya akan menambah masalah menjadi lebih besar. Anda tidak akan pernah menemukan solusi dari perasaan-perasaan negatif Anda. Solusi hanya didapatkan dari ketenangan, keheningan, kesabaran, ketekunan, tanggung jawab, kecerdasan, kreativitas, rasa percaya diri, keberanian, serta kemampuan Anda untuk beradaptasi dan mengalir di dalam proses yang sedang terjadi.

Memang, kadang-kadang, perasaan tidak adil bisa membuat kita marah dan kesal dengan masalah yang muncul. Biasanya, pasti menyalahkan orang lain, dan tidak mungkin hati yang kesal dan marah tersebut mau mengoreksi diri sendiri ataupun mau menyadari bahwa dirinya juga sebagai penyebab sumber masalah. Tetapi, bila masalah tidak disikapi dengan bijak dan ketenangan hati, maka perilaku-perilaku dari kebodohan akan menciptakan realitas yang menambah masalah menjadi lebih besar. Jadi, kecilkan masalah dan jangan memperbesar masalah dengan sikap dan perilaku yang tidak bijak.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com