PELATIHAN PUBLIC SERVICE EXCELLENCE PROGRAM 1 HARI 8 JAM

PUBLIC SERVICE EXCELLENCE TRAINING - DJAJENDRA

Video pelatihan djajendra: http://www.youtube.com/user/MrDjajendra

PELATIHAN PUBLIC SERVICE EXCELLENCE PROGRAM 1 HARI 8 JAM

TOPIK: SERVICE EXCELLENCE IN THE PUBLIC SECTOR

DESKRIPSI

Pelayanan Publik adalah pelayanan untuk seluruh warga masyarakat yang melibatkan warga individu, kelompok, dan bisnis. Warga masyarakat yang beragam dalam persepsi dan karakter membutuhkan pelayanan yang berespon lebih cepat, lebih relevan dan lengkap dengan informasi yang mereka butuhkan. Apalagi sekarang ini warga masyarakat sudah lebih berpendidikan dan lebih terinteraksi dengan dunia global. Akibatnya, mereka memiliki wawasan yang lebih luas dan berharapan yang lebih tinggi dari Pelayanan Publik.

Etos pelayanan di sektor publik harus mengedepankan nilai-nilai demokrasi, rasa hormat, memiliki kecerdasan sosial untuk memahami keterlibatan masyarakat, keadilan pelayanan dalam keanekaragaman warga masyarakat, transparansi dan akuntabilitas, pelayanan berkelanjutan untuk menciptakan keharmonisan antara instansi dengan warga masyarakat.

Pelayanan Publik sangat berbeda dengan pelayanan pelanggan di sektor bisnis, di mana perusahaan dapat memilih jenis dan segmen pelanggan untuk dilayani. Tetapi, dalam pelayanan publik instansi pemerintah tidak dapat memilih siapa yang harus dilayani, karena adanya keadilan sosial untuk memperhatikan dan melayani setiap warga masyarakat dengan adil. Demikian juga, warga masyarakat yang menggunakan layanan publik tidak memiliki pilihan, mereka hanya memiliki satu pintu untuk mendapatkan pelayanan dari instansi terkait.

Peran terpenting dari seorang Pelayan Publik adalah membangun reputasi baik instansi kepada warga masyarakat. Seorang Pelayan Publik haruslah menjadi komunikator yang persuasif dalam relasinya dengan warga masyarakat. Keterampilan pelayanan di sektor publik harus cerdas berurusan dengan kompleksitas kebutuhan warga; harus cerdas beroperasi di lingkungan politik yang saling mempengaruhi; harus cerdas membangun instansi yang berkinerja tinggi di bidang pelayanannya; dan harus cerdas memahami kebutuhan layanan dari kelompok-kelompok masyarakat.

Pelatihan selama satu hari ini bertujuan untuk memelihara sikap pelayanan prima dalam Pelayanan Publik.  Memacu pengembangan inisiatif  peserta dalam memberikan Pelayanan Publik untuk keunggulan instansi, dan keterbukaan sikap terhadap masukan dan saran dari publik dan bisnis.

KONSEP DASAR

Dengan semakin terintegrasinya warga masyarakat dalam lingkungan global maupun lokal yang berubah dengan cepat, Instansi Publik harus lebih gesit dan terus berbenah diri untuk menjaga pelayanan yang memenuhi harapan dan kebutuhan warga masyarakat.

TUJUAN

Pelatihan ini bertujuan untuk memotivasi dan memberikan pencerahan, agar peserta dapat memaksimalkan potensi mereka, sehingga dapat memberikan Pelayanan Publik yang lebih berkualitas melalui kesadaran diri tertinggi. Dan juga, memotivasi peserta untuk selalu merawat  sikap, perilaku, emosional, dan karakter yang etis dalam keunggulan integritas pribadi. Peserta akan diberikan pengetahuan untuk selalu dapat termotivasi, terlibat, inovatif dan giat dalam memacu pengembangan diri dengan berbagai inisiatif positif untuk memberikan Pelayanan Publik terbaik.

METODE PELATIHAN

Presentasi, Tanya-Jawab, Studi Kasus, Brainstorming, Games, Diskusi, Role Play, Icebreaker.

MANFAAT

  1. Peserta belajar memahami pentingnya layanan publik untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas instansi.
  2. Peserta belajar teknik dan cara melayani publik dengan efektif.
  3. Peserta mendapatkan cara-cara  komunikasi persuasif yang diperlukan untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas.
  4. Peserta mendapatkan nilai-nilai positif dalam membangun kesadaran diri untuk menjalankan peran dan fungsi pelayanan publik dengan sempurna.
  5. Peserta mendapatkan cara dan teknik untuk mengembangkan kecerdasan emosional dalam memberikan pelayanan publik berkualitas.
  6. Peserta dimotivasi untuk menyiapkan kualitas diri pribadi yang selaras dengan prinsip dan nilai budaya pelayanan yang etis.
  7. Peserta dicerahkan untuk menjalankan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi dengan bahagia.
  8. Peserta belajar etika bertelepon dan standar etika tatap muka, apa yang harus dikatakan dan bagaimana menangani layanan publik.
  9. Peserta belajar mengelola dan memantau keluhan publik.
  10. Peserta meningkatkan kesadaran diri dan memahami dampak dari gaya hubungan interpersonal.
  11. Peserta meningkatkan rasa percaya diri dan belajar menangani ketidakpuasan dalam pelayanan publik.
  12. Peserta berani mengambil tindakan untuk membuat perubahan positif.
  13. Peserta mendapatkan motivasi dan inspirasi untuk membangun karakter dan mind set yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan bermutu tinggi.
  14. Peserta  mendapatkan tips dan trik untuk etos pelayanan publik yang diperkaya dengan nilai-nilai kerja terbaik. Termasuk, dapat mendiskusikan semua persoalan dan tantangan kerja, untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dari pembicara.

MATERI PEMBAHASAN

Pk. 08.30 – Pk 10.00 Wib. Sesi 1: Karakter Pelayanan Publik Yang Membuat Warga Masyarakat Merasa Terlayani Dengan Baik.

Pk. 10.00 – 10.15 Wib: Coffee Break

Pk. 10.15 – 12.00 Wib. Sesi 2: Berinteraksi Dan Berkomunikasi Secara Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan

Pk. 12.00 – 13.00 Wib: Lunch Break

Pk. 13.00 – 15.00 Wib. Sesi 3 :  Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Sosial Sebagai Dasar Pelayanan Publik

Pk.15.00 – 15.15 Wib: Coffee Break

Pk.15.15 – 16.45 Wib. Sesi 4 : Etika Pelayanan Dalam Wujud Integritas Pribadi, Loyalitas, Dan Tanggung Jawab Moral Terhadap Instansi Dan Publik.

UNTUK MENGUNDANG DJAJENDRA HUBUNGI:

www.djajendra-motivator.com

Mobile phone :  0812 131 888 99

Email: training@djajendra-motivator.com