PELATIHAN ETIKA BISNIS DAN KEPRIBADIAN 2 HARI

DMU006

Video pelatihan djajendra: http://www.youtube.com/user/MrDjajendra

PROGRAM WORKSHOP OUTBOUND 2 HARI 1 MALAM: BUSINESS ETHICS, CODE OF CONDUCT, BEING PROFESSIONAL EMPLOYEE

PROGRAM WORKSHOP OUTBOUND: ETIKA BISNIS + KODE ETIK ORGANISASI + MENJADI KARYAWAN PROFESSIONAL + OUTBOUND

WORKSHOP OUTBOUND PROGRAM 2 HARI 1 MALAM

Program pelatihan Business Ethics, Code of Conduct, Being Professional Employee akan disampaikan dalam bentuk lokakarya (workshop) dengan tambahan aktivitas outbound. Materi pelatihan dirancang untuk fokus pada tiga aspek utama, yaitu: 1. Etika Bisnis yang meliputi pengenalan tentang pentingnya etika dan nilai dalam bisnis yang berkelanjutan; tentang etika dan organisasi; tentang isu-isu etis yang lebih luas dalam perspektif stakeholder. 2. Kode Etik Organisasi yang meliputi pemahaman arti dan pentingnya kode etik untuk bisa menegakkan etika bisnis secara baik. 3. Menjadi Karyawan Yang Profesional yang meliputi perilaku, karakter, sifat, dan sikap yang diperlukan dari seorang individu karyawan untuk menjadikan dirinya memiliki kepribadian yang mampu menjalankan etika bisnis secara tegas dan penuh tanggung jawab. Pelatihan dirancang untuk memberikan keterampilan kepribadiani yang patuh pada panduan etika bisnis dan kode etik organisasi dengan cara-cara profesional. Pelatihan akan dilengkapi dengan latihan tertulis, diskusi, dan role play di dalam kelas.

Etika Adalah Pengetahuan Tentang Apa Yang Baik Dan Apa Yang Buruk. Hak Dan Kewajiban Moral

DESKRIPSI

Aktifitas bisnis dilaksanakan dan ditujukan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan manusia, dan agar aktifitas bisnis mampu berjalan secara baik diperlukan etika bisnis. Di mana, etika bisnis mampu memagari perilaku pekerjaan sehari-hari di kantor untuk membuat para pemimpin dan karyawan agar tidak terperangkap dalam masalah.

Bila etika bisnis mampu dijalankan secara tegas dan konsisten, maka nilai-nilai yang ada di dalam etika bisnis tersebut dapat menciptakan sebuah aktifitas bisnis yang sehat dan berkualitas tinggi. Sebuah praktik bisnis yang bebas dari konspirasi buruk, yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, sehingga mampu mengoptimalkan shareholders value perusahaan.

Secara prinsip etika bisnis itu mengatur agar para pemimpin dan karyawan di perusahaan tidak menjadi korban dari kegiatan bisnis tersebut. Oleh karena itu, pemahaman etika bisnis harus diikuti dengan kekuatan sifat baik yang didukung oleh nilai-nilai moral kehidupan yang tinggi.

Etika bisnis wajib diimplementasikan secara baik oleh setiap orang di perusahaan, agar mampu memainkan peran dan fungsi manajemennya secara profesional, tanpa keluar dari aturan main yang ada di perusahaan, serta mampu memahami apa yang baik dan apa yang tidak baik secara bijaksana.

Etika bisnis itu seperti cahaya yang menerangi semua fungsi dan peran kerja karyawan dan pimpinan. Semakin terang pikiran si karyawan dan pimpinan untuk memahami dan mematuhi etika bisnis, akan semakin tinggi kualitas integritas dan kinerja mereka.

Bila para karyawan dan pimpinan mampu mematuhi etika bisnis secara sempurna, maka secara otomatis mereka akan menjadi energi positif perusahaan; mereka akan menjadi pribadi yang membangun kebaikan di organisasi; mereka akan menjadi pribadi istimewa yang berpotensi meraih sukses tertinggi; mereka akan menjadi pribadi yang dicari-cari oleh perusahaan lain untuk direkrut.

Etika bisnis tidak sekedar aturan yang mengikat para karyawan dan pimpinan di perusahaan, tapi etika bisnis menjadi sebuah energi yang mampu menciptakan nilai tambah buat organisasi.

Etika bisnis adalah perilaku moral dan sikap baik yang menjadi inti dari kekuatan sebuah manajemen, dan inti dari sebuah kekuatan bisnis.

KONSEP DASAR

Etika Bisnis berarti melakukan semua aspek bisnis dan berurusan dengan semua kepentingan stakeholder dalam cara yang etis. Untuk itu, setiap pegawai wajib memiliki integritas dan mampu bekerja berdasarkan kode etik perusahaan

TUJUAN PELATIHAN

Menginternalisasikan etika bisnis dan kode etik perusahaan ke mind set peserta; membangun sikap bertanggung jawab peserta untuk melaksanakan etika bisnis dan kode etik secara multikultural; memberi pencerahan untuk melihat keterbatasan etika bisnis dan kode etik dari pikiran positif; membangun kepercayaan diri dan keyakinan peserta untuk bekerja berdasarkan etika bisnis dan kode etik; memberikan pencerahan, motivasi, dan mencerdaskan emosional peserta untuk berperilaku positif di dalam setiap hubungan dan komunikasi dengan stakeholders.

MANFAAT PELATIHAN

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  1. Peserta akan mendapatkan pencerahan dan motivasi untuk membangkitkan potensi integritas terbaik dari dalam diri.
  2. Peserta akan mendapatkan pencerahan untuk memiliki persepsi positif tentang keberadaan etika bisnis dan code of conduct di perusahaan.
  3. Peserta akan belajar cara memanfaatkan kekuatan etika bisnis dan code of conduct untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada organisasi dan stakeholders.
  4. Peserta akan belajar cara berkomunikasi persuasif dengan stakeholders melalui kekuatan empati.
  5. Peserta akan belajar cara meningkatkan kesadaran sosial untuk mendengarkan harapan dan kepentingan stakeholders terhadap pelayanan perusahaan.
  6. Peserta akan belajar cara menjaga dan merawat etika bisnis dalam sebuah keharmonisan hubungan kerja.
  7. Peserta akan mendapatkan tips dan trik untuk menuju hidup yang diperkaya dengan nilai-nilai positif. Termasuk, dapat mendiskusikan semua persoalan dan tantangan kerja, untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dari pembicara

METODE PELATIHAN

Indoor dan Outdoor: Presentasi, Latihan Tertulis, Brainstorming, Tanya-Jawab, Role Play, Games, Studi Kasus, Diskusi, Ice Breaker.

MATERI PELATIHAN

HARI 1 / DAY 1

PK 10.00 -12.00 WIB : SESI 1 : ETIKA BISNIS (Business Ethics)

Peserta belajar mengenal etika dan nilai untuk menjalankan bisnis yang sehat. Materi meliputi isu-isu etis dalam sistem pasar, sistem sosial, dan keseimbangan lingkungan. Tanggung jawab sosial bisnis, konflik etika, dan isu-isu etis yang lebih luas di masyarakat, seperti: korupsi, masalah ekologi, diskriminasi, sara, etika teknologi informasi, dan cara menyelesaikan dilemma etika.

PK 12.00 – 13.30 WIB: LUNCH BREAK

PK. 13.30 – 13.45 WIB. CHECK IN DI HOTEL

PK 13.45 – 15.00 WIB. SESI 2: KODE ETIK (Code Of Conduct )

Peserta belajar tentang cara memahami dan menjalankan kode etik organisasi di semua aspek organisasi, kode etik dalam manajemen sumber daya manusia, kode etik dalam budaya organisasi, kode etik dalam pemasaran, kode etik dalam bidang akuntansi dan keuangan.

PK. 15.00 – 18.00 WIB: AKTIVITAS OUTBOUND DIPANDU OLEH PARA PROFESSIONAL DIBIDANGNYA.

PK.18.00 – 19.30: BREAK, MANDI DAN MAKAN MALAM

PK.19.30 – 21.00 WIB. SESI 3: MENJADI KARYAWAN YANG PROFESIONAL DALAM MENJALANKAN ETIKA BISNIS DAN KODE ETIK ORGANISASI (Being Professional Employee)

Peserta belajar menjadi pribadi profesional untuk menjalankan nilai, etika, dan  kode etik organisasi dengan berkualitas, adil, terbuka, bertanggung jawab, dan mampu mempertanggungjawabkannya kepada stakeholder.

PK.21.15 WIB: ISTIRAHAT.

HARI 2 / DAY 2

PK. 06.00 – 08.00: BREAKFAST/MAKAN PAGI

PK. 08.00 – 12.00 WIB. FORUM BRAINSTORMING

Peserta akan melengkapi tugas dan latihan tertulis yang mencakup  etika bisnis, kode etik, dan pengembangan kepribadian untuk menjalankan etika bisnis dan kode etik. Hasil latihan tertulis ini menjadi bahan di Forum Brainstorming.

PK. 12.05 WIB: PELATIHAN SELESAI.

PK.12.30 WIB: CHECK OUT DARI HOTEL.

PK. 13.00 – 14.00 WIB: MAKAN SIANG BERSAMA.

Untuk Training Hubungi:

www.djajendra-motivator.com

Phone: 021 5701505

Mobile phone :  08128777083

Fax: 021 5738105

Email: training@djajendra-motivator.com