PELATIHAN MOTIVASI KEPRIBADIAN, INTEGRITAS DAN ETIKA PROGRAM 4 JAM

PELATIHAN MOTIVASI KEPRIBADIAN, INTEGRITAS DAN ETIKA PROGRAM 4 JAM

“Walau Integritas Anda Terlihat Lebih Kecil Dari Partikel Debu, Tapi Dia Bisa Menjadikan Anda Terhormat Dan Bahagia.” – Djajendra

DESKRIPSI

Kepribadian dalam integritas dan etika adalah pengertian dari keutuhan kualitas diri untuk berperilaku dengan karakter moral yang konsisten terhadap kejujuran dan etika. Termasuk, kemampuan untuk membentengi diri dari segala macam godaan yang berpotensi mendorong diri pada tingkah laku tidak terpuji. Kepribadian yang selalu patuh untuk menjalankan peraturan, kebijakan, standar, sistem, dan etika organisasi secara profesional adalah awal untuk membentuk identitas diri demi masa depan organisasi yang profesional.

Seseorang yang sifatnya baik tanpa memiliki integritas dan etika kemungkinan hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri, belum bisa mendatangkan manfaat positif buat sesamanya. Nilai-nilai kejujuran, kepercayaan, pengabdian, kontribusi, dan tanggung jawab merupakan nilai-nilai dasar untuk menciptakan integritas dan etika. Kepribadian yang berintegritas dan beretika pasti akan memahami dan mampu membedakan apa yang baik dan apa yang tidak baik, serta selalu menjadi pribadi yang jujur kepada diri sendiri untuk melayani tugas dan tanggung jawab sesuai aturan dan nilai-nilai positif.

Pelatihan selama empat jam ini akan fokus untuk menginternalisasikan nilai-nilai integritas dan etika ke dalam karakter peserta, agar peserta mampu membentuk kepribadian dalam kejujuran, keterusterangan, etika, tanggung jawab, kedewasaan, kepercayaan, komitmen, kesetiaan, kerja keras, saling menolong, tidak merugikan, anti korupsi, dan tidak memanfaatkan jabatan atau kekuasaan untuk kepentingan diri sendiri dan kelompok. Peserta akan dicerahkan untuk memahami peran dan fungsi kerja mereka dalam melayani setiap kepentingan stakeholder dengan beretika. Khususnya untuk melayani proses kerja, rekan kerja, pimpinan, manajemen, dan masyarakat melalui perilaku yang berintegritas, jujur, terbuka, penuh hormat, dan menjaga komitmen.

KONSEP DASAR

Secara garis besar, pelatihan Kepribadian Dalam Integritas Dan Etika berangkat dari sebuah konsep dasar bahwa diperlukan kepribadian atau tata laku individu yang berintegritas agar bisa menjalankan etos kerja organisasi yang sehat, kuat, dan beretika. Integritas dan etika individu harus ditunjukkan melalui nilai-nilai budaya organisasi, standar kerja, etika bisnis, peraturan, kebijakan, sistem, prestasi, kearifan, keberanian, kepribadian, tata laku, dan prosedur kerja di organisasi. Semua ini harus dipraktikkan melalui mind set kerja yang berkontribusi, jujur, loyal, bertanggung jawab, ikhlas, tulus, dan penuh pengabdian untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan organisasi.

TUJUAN PELATIHAN

Membangun karakter, kepribadian, dan kesadaran peserta melalui dorongan motivasi, emosi, moral, keyakinan, dan kepercayaan diri; untuk mempraktikkan perilaku berintegritas dan beretika di lingkungan tempat kerja secara profesional dan berkualitas; buat menjaga daya tahan organisasi dalam menghadapi berbagai macam tantangan, baik itu yang berasal dari internal maupun eksternal organisasi.

METODE PELATIHAN

Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar Dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.

MANFAAT PELATIHAN

  1. Peserta akan belajar cara membangun kepribadian yang berintegritas dan beretika.
  2. Peserta akan belajar cara memiliki tata laku di organisasi agar integritas dan etika dapat berkembang dengan baik.
  3. Peserta akan belajar cara menjalankan nilai-nilai integritas; seperti:kerja keras, anti korupsi, kesetiaan, kepercayaan, tanggung jawab, komitmen, kejujuran, kedewasaan, keterusterangan, kebenaran, dan menjaga reputasi dan kredibilitas organisasi.
  4. Peserta akan belajar cara menjalankan semua kepentingan organisasi dan stakeholder dengan integritas dan etika.
  5. Peserta akan belajar cara menjalankan integritas melalui nilai, prinsip, etika, budaya, sistem, prosedur, dan standar kerja organisasi.
  6. Peserta akan belajar cara meningkatkan kualitas tanggung jawab melalui integritas diri.
  7. Peserta akan belajar cara meningkatkan produktivitas, efektifitas, dan efisiensi melalui integritas diri yang solid.
  8. Peserta akan belajar cara memanfaatkan kekuatan integritas dan etika untuk menyelesaikan konflik, dan untuk tidak terlibat dalam permainan politik kantor.
  9. Peserta akan belajar cara menjaga fleksibilitas, komunikasi, dan hubungan baik dengan setiap pihak di internal organisasi.

10.  Peserta akan mendapatkan tips dan trik untuk menuju hidup yang diperkaya dengan nilai-nilai integritas.

11.  Peserta dapat mendiskusikan tantangan integritas dan etika untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dari pembicara.

MATERI PEMBAHASAN

PK. 08.30 – PK 10.00 WIB. SESI 1: MENATA KEPRIBADIAN POSITIF

Dalam sesi 1, pembahasan dimulai dari nilai –nilai kepribadian yang harus dikembangkan dan dibangun secara individu untuk bisa menyiapkan landasan kepribadian yang mampu menerima integritas dan etika. Pembahasan akan difokuskan kepada hal-hal seperti: penguasaan emosi diri, sopan santun, sifat memaafkan, perilaku yang berbudaya, suka membantu, bersyukur, berinteraksi, menjaga komitmen, melayani, disiplin, kearifan, berprestasi, berkontribusi, dll.

PK. 10.00 – 10.15 WIB: COFFEE BREAK

PK. 10.15 – 12.00 WIB. SESI 2: INTEGRITAS DAN ETIKA

Dalam sesi 2, pembahasan difokuskan untuk menjadikan integritas dan etika sebagai bagian dari karakter dan kepribadian. Aspek integritas yang dibahas, yaitu: kejujuran, keterusterangan, tanggung jawab, kedewasaan, kepercayaan, kesetiaan, kerja keras, anti korupsi. Aspek etika yang dibahas, yaitu: karakter moral yang jujur, mampu membedakan yang benar dan salah, kehalusan budi, empati, dan kecermatan dalam membuat keputusan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com