PELATIHAN STRESS MANAGEMENT PROGRAM 1 HARI 2017

Pelatihan Stress Management  Program 1 Hari 2017

”Stres adalah alarm negatif yang berbunyi dari dalam diri; yang meminta Anda untuk menguatkan diri menghadapi ancaman terhadap fisik, mental, emosional, dan jiwa Anda. Hadapi stres dengan hati yang gembira.”~Djajendra

DESKRIPSI

Stres yang baik mendorong seseorang untuk mencapai batas agar mencapai prestasi atau kinerja yang lebih tinggi. Stres yang buruk menjebak seseorang untuk gagal dan tak berdaya dengan situasi yang dihadapi. Stres adalah sesuatu yang biasa dan merupakan bagian dari kehidupan setiap orang, tidak seorang pun yang bisa menghindari stres. Stres, tekanan, trauma adalah kondisi yang wajar dalam kehidupan cepat dan penuh tantangan ini. Dampak stres berkaitan kepada kesehatan total dari fisik, mental, emosional, dan jiwa. Bila stres didiamkan, maka dia berpotensi membahayakan jiwa dan raga. Oleh karena itu, stres harus dikelola dan diatasi dengan manajemen stres yang baik. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres adalah dengan cara non medis. Artinya, Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk meredam stres, tetapi cukup melalui kesadaran diri Anda untuk menemukan penyembuhan stres dari dalam diri Anda sendiri.

Program pelatihan Manajemen Stres berdurasi 1 hari ini dirancang untuk memahami gejala terkait stres dan penyembuhannya melalui manajemen stres yang terbaik. Stres harus ditangani segera dengan cara-cara holistik oleh tubuh, pikiran, jiwa, emosi, intelek, dan ego sehingga menjadi tidak membahayakan bagi kesehatan Anda. Stres tidak harus dilawan, tapi dirangkul dan ditangani dengan pikiran yang bersih. Tingkatkan kesadaran dan miliki pengetahuan, kemudian temukan strategi yang sesuai dengan karakter Anda untuk menangani stres yang Anda alami.

Stres diciptakan dari sumber energi negatif, seperti: kehilangan, kematian, kerugian, kegagalan, tekanan kerja, penolakan, perselisihan, persaingan, perceraian, pensiun, dan banyak kondisi yang tidak Anda inginkan berpotensi menjadi sumber stres. Stres biasanya dirasakan dalam wujud keluhan fisik mulai dari sakit kepala, sakit punggung, sakit perut, keringat dingin, nyeri leher, hipertensi – sampai semua ini mengkondisikan gangguan mental, seperti: kecemasan, marah, benci, putus asa, lelah, malas, frustasi, tak berdaya, dan sangat banyak gejala-gejala stres dalam bentuk negatif lainnya yang bisa menurunkan kesehatan dan kebahagiaan hidup Anda. Dalam pelatihan ini, peserta ditingkatkan kesadaran dan pengetahuannya tentang cara mengurangi respons terhadap sumber stres. Peserta belajar untuk membantu diri sendiri mengurangi kemungkinan terkena dampak negatif dari stres, seperti: tekanan darah tinggi, jantung berdebar, sakit lambung. Dan juga, membantu mengurangi kecemasan berlebihan, kondisi panik dan takut, serta kondisi marah berlebihan. Intinya, peserta terkendali dan sadar untuk menumbuhkan diri positif agar stres tidak  menjadi berlebihan sampai merusak kesehatan dan kebahagiaan hidup.

Kemampuan mengelola stres adalah sebuah keterampilan dan pengetahuan yang dapat dipelajari oleh siapa pun. Semakin sering berlatih dan menguasai teknik-teknik peredam stres, maka semakin unggul daya tahan diri dalam menghadapi berbagai realitas hidup. Pelatihan ini disampaikan melalui banyak aspek manajemen stres seperti keseimbangan hidup, manajemen waktu, keterampilan memotivasi diri sendiri, pikiran positif, manajemen diet dan olah raga, teknik mempengaruhi, ketegasan diri, dan sebagainya. Setiap topik pembahasan akan dijelaskan secara rinci melalui metodologi yang kami siapkan. Mengelola stres membutuhkan mentalitas yang benar dan sikap positif terhadap kehidupan. Setiap sesi pelatihan mengeksplorasi potensi positif dari dalam diri masing-masing peserta, untuk beradaptasi dengan titik baru kehidupan yang bebas stres.

METODOLOGI PELATIHAN

Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.

TUJUAN PELATIHAN

Pelatihan manajemen stres ini bertujuan untuk memberikan kemampuan dan pengalaman bagi peserta agar mereka bisa mengatasi ancaman stres terhadap kesehatan mental, fisik, emosional, jiwa, dan spiritual. Tujuan pelatihan ini memotivasi peserta untuk secara proaktif mengelola situasi yang penuh tekanan dan tidak pasti. Membangun kesadaran bahwa stres tidak bisa dihindari, tapi bisa dikelola untuk mencapai kemajuan yang lebih tinggi. Mendorong peserta untuk menghasilkan respons fisiologis dan adaptasi dengan segala situasi, lalu menciptakan pengalaman baik dan menghindari pengalaman buruk. Membangun kompetensi manajemen stres dan menjalankan teknik manajemen stres dengan disiplin yang tinggi. Mengelola stres berbahaya menjadi bahan bakar bagi kemajuan diri bersama energi positif. Peserta mendapatkan pengalaman, pengetahuan, wawasan, dan cara untuk bisa memiliki kesehatan terbaik dan merasakan lebih banyak kebahagiaan hidup, serta tidak terjebak dalam stres berkepanjangan.

MANFAAT PELATIHAN

Pada akhir pelatihan ini, peserta akan mendapatkan hal-hal berikut:

  1. Memahami apa itu stres baik, stres buruk, sumber stres, dan proses terjadinya stres.
  2. Mengelola waktu untuk gaya hidup yang sehat dan penuh sukacita.
  3. Menemukan keseimbangan antara kebutuhan pribadi, pekerjaan, dan keluarga.
  4. Memiliki tujuan dalam hidup dan memiliki cara untuk mendapatkan dukungan.
  5. Menjalankan pola hidup yang cukup tidur, diet sehat, olah raga teratur, kebiasaan baik, dan pola pikir positif.
  6. Menanggapi situasi stres dengan menggunakan berbagai teknik manajemen stres.
  7. Meningkatkan konsentrasi dan fokus pada peningkatan kualitas pekerjaan.
  8. Meningkatkan energi positif untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan kerja dan pribadi.
  9. Memiliki pengalaman dan pengetahuan holistik untuk menghadapi stres secara non-medis, sehingga tidak bergantung pada obat-obataan berbahaya jenis apapun.

GARIS BESAR MATERI PEMBAHASAN STRESS MANAGEMENT SELAMA 1 HARI

SESI 1: MEMAHAMI TANDA-TANDA STRES DAN MEMILIKI KESADARAN UNTUK MENGATASI KERUSAKAN DIRI

Sub Bahasan

  1. Memahami perbedaan stres dan eustress.
  2. Memahami jenis stres akut dan stres kronis.
  3. Cara mengatasi tekanan hidup yang berat.
  4. Memahami hubungan insomnia dengan stres.
  5. Mengatasi gejala-gejala fisik akibat stres.
  6. Mengatasi gejala-gejala mental dan emosi akibat stres.
  7. Memahami bahwa obat stres ada di dalam diri Anda.

SESI 2: MENJALANKAN MANAJEMEN STRES DENGAN DISIPLIN YANG TINGGI

Sub Bahasan

  1. Menyeimbangkan manajemen stres dalam tiga bidang: paparan stres, respons stres, dan kapasitas stres.
  2. Memahami manajemen stres dari hati yang paling dalam.
  3. Manajemen stres melalui beberapa latihan sederhana untuk pemulihan.
  4. Teknik manajemen stres.
  5. Peran tingkat pikiran, intelek, dan ego dalam manajemen stres.
  6. Mengelola stres dengan memahami emosi dan tingkat kesehatan diri.
  7. Pengetahuan adalah senjata melawan stres.

SESI 3: CARA NON-MEDIS UNTUK MENGALAHKAN STRES ( MENGUBAH, MENGHINDARI, ATAU MENERIMA SITUASI HIDUP STRES)

Sub Bahasan

  1. Diri Anda terkendali saat kemarahan memuncak.
  2. Tidak terjebak dalam permainan orang lain.
  3. Fokus pada peningkatan diri, bukan pada kesempurnaan diri.
  4. Memahami dan tidak mengkritik.
  5. Konsentrasikan hanya pada apa yang bisa diubah.
  6. Sederhanakan apapun yang Anda bisa, kapan pun Anda bisa.
  7. Menjadi diri sendiri dan tidak menjadi orang lain.
  8. Menjalankan gaya hidup sukacita.

Untuk Pelatihan Hubungi:

PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210
Telepon: (021) 5701505
Hp: 0812 131 888 99 
Fax: (021) 5738105

IN-HOUSE TRAINING STRESS MANAGEMENT 2015

cropped-DJAJENDRA-MOTIVASI-UNGGUL.jpgIN-HOUSE TRAINING STRESS MANAGEMENT 2015

DESKRIPSI

Manajemen stres sangat penting untuk peningkatan kinerja, produktivitas dan pengembalian energi positif di tempat kerja. Bila perusahaan mengabaikan manajemen stres di tempat kerja, maka perusahaan berpotensi menuai sumber daya manusia yang tidak produktif dan penuh masalah hidup. Stres yang berlebihan membuat seseorang kehilangan kendali hidup, arah hidup, kehilangan kepercayaan. Pelatihan manajemen stres ini merupakan rangkaian berbagai life skill, untuk memperkuat fondasi kepribadian, serta memanfaatkan stres sebagai sesuatu yang memicu motivasi dalam peningkatan kualitas hidup.

Kemampuan mengelola stres adalah sebuah keterampilan dan pengetahuan yang dapat dipelajari oleh siapa pun. Semakin sering berlatih dan menguasai teknik-teknik peredam stres, maka semakin unggul daya tahan diri dalam menghadapi berbagai realitas hidup. Pelatihan ini disampaikan melalui banyak aspek manajemen stres seperti keseimbangan hidup, manajemen waktu, keterampilan memotivasi diri sendiri, pikiran positif, manajemen diet dan olah raga, teknik mempengaruhi, ketegasan diri, dan sebagainya. Setiap topik pembahasan akan dijelaskan secara rinci melalui metodologi yang kami siapkan. Mengelola stres membutuhkan mentalitas yang benar dan sikap positif terhadap kehidupan. Setiap sesi pelatihan mengeksplorasi potensi positif dari dalam diri masing-masing peserta, untuk beradaptasi dengan titik baru kehidupan yang bebas stres.

TUJUAN PELATIHAN

Membangun kompetensi manajemen stres dari sisi keterampilan pribadi. Peserta mendapatkan cara dan teknik untuk mengelola stres dan menjadikannya energi positif. Peserta dimotivasi untuk memahami stres dari sisi positif, lalu memanfaatkan stres untuk penguatan dan peningkatan kualitas hidup. Peserta akan mendapatkan cara, untuk merasakan lebih banyak kebahagiaan dan kesenangan dari realitas kehidupan sehari-hari, serta tidak terjebak dalam stres berkepanjangan.

MANFAAT PELATIHAN

Pada akhir pelatihan ini, peserta akan mendapatkan hal-hal berikut:

  1. Memahami proses terjadinya stres dalam kehidupan pribadi.
  2. Memahami cara meredam stres dengan latihan olah raga dan diet.
  3. Menanggapi situasi stres dengan menggunakan berbagai teknik dan menjadi lebih produktif.
  4. Meningkatkan konsentrasi dan mempertahankan fokus pada pekerjaan.
  5. Meningkatkan energi dan vitalitas dalam kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.
  6. Mengurangi kebocoran waktu produktif oleh dampak stres yang berlebihan.

METODE

Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar Dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.

JADWAL DAN MATERI PEMBAHASAN STRESS MANAGEMENT SELAMA 8 JAM

PK 08.00 s.d. 09.00 WIB. SESI 1: MEMAHAMI STRES DAN CERDAS MENGELOLA STRES

Sub Bahasan

  1. Apa itu stres?
  2. Apa itu eustress?
  3. Cara mengelola peristiwa dengan pikiran dan emosi positif
  4. Pola makan yang benar
  5. Tidur yang cukup
  6. Berolahraga secara teratur

PK 09.00 s.d. 10.00 WIB. SESI 2: MENGUBAH, MENGHINDARI, ATAU MENERIMA SITUASI HIDUP STRES

Sub Bahasan

  1. Mengidentifikasi situasi yang tepat
  2. Menciptakan tindakan yang efektif
  3. Menerima, mengalir, dan meningkatkan daya tahan diri

PK 10.00 s.d.10.15 WIB: COFFEE BREAK

PK 10.15 s.d.11.15 WIB. SESI 3: KESADARAN, KOMITMEN, DISIPLIN, DAN RUTINITAS UNTUK MENGURANGI STRES

Sub Bahasan

  1. Perencanaan pola hidup
  2. Perencanaan pola makan
  3. Pengorganisasian pekerjaan dan kehidupan rumah tangga
  4. Menggunakan daftar to-do

PK 11.15 s.d.12.15 WIB. SESI 4: TEKNIK RELAKSASI LINGKUNGAN

Sub Bahasan

  1. Menyatu dengan alam
  2. Mendengarkan musik
  3. Tertawa & humor
  4. Mencintai kehidupan

12.15 s.d.13.15 WIB: LUNCH BREAK

PK 13.15 s.d.15.15 WIB. SESI 5: TEKNIK RELAKSASI FISIK

Sub Bahasan

  1. Stretching/peregangan ringan
  2. Pernapasan dalam
  3. Santai dan tenang
  4. Mengosongkan pikiran
  5. Bermain-main

PK 15.15 s.d.15.30 WIB: COFFEE BREAK

PK 15.30 s.d.17.00 WIB. SESI 6: MENGHIDUPKAN HATI, MENDENGARKAN KATA HATI, MELIHAT DENGAN MATA HATI

Sub Bahasan

  1. Membangun sistem dukungan
  2. Mengetahui kapan mencari bantuan
  3. Membuat stres log
  4. Menciptakan kebiasaan baru
  5. Menciptakan karakter anti stres
  6. Menyatukan karakter dan kepribadian

Untuk Pelatihan Hubungi

PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL

Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210

Telepon: (021) 5701505

Hp: 0812 1318 8899

Fax: (021) 5738105

Website:http://djajendra-motivator.com

E-mail:training@djajendra-motivator.com