PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL

Leadership Organization Business Personal Interpersonal Entrepreneurs and Employed Professionals

Category: Self Efficacy (page 1 of 2)

KISAH ERNEST SHACKLETON DALAM MENGALAHKAN KESULITAN

“Kesulitan hanyalah hal yang harus diatasi.”~ Ernest Shackleton

Kesulitan hanya ada di dalam pikiran. Dalam dunia nyata, tidak ada kesulitan, hanya ada perjalanan yang membutuhkan kesabaran untuk bisa mendapatkan kemenangan. Bila Anda selalu optimis, maka kesulitan hanya bersifat sementara, dan kemenangan segera tiba untuk membahagiakan hati Anda.

Ernest Shackleton bersama timnya mengalami situasi hidup atau mati pada ekspedisi ketiganya di lautan es Antartika. Semua kenyataan yang mereka hadapi betul-betul tanpa harapan. Kapal yang mereka gunakan tenggelam di laut Antartika yang sangat tidak bersahabat. Ernest Shackleton bersama timnya yang berjumlah dua puluh tujuh orang terdampar di atas lautan es. Mereka kehilangan arah dan hanyut tanpa tujuan di laut selatan Antartika yang sangat tidak bersahabat, dan pada saat itu belum dikenal secara baik.

Kesulitan demi kesulitan yang mereka hadapi dalam kenyataan yang sangat menyakitkan itu, membuat sebagian anggota timnya mulai putus asa dan kehilangan kendali diri. Situasi yang mereka hadapi tidak memberikan harapan untuk bertahan hidup. Tidak ada masa depan. Visi yang terlihat sangat mengerikan dan menakutkan. Semua kemungkinan menunjukkan bahwa mereka sedang menunggu kematian di atas lautan es yang sangat ganas dan liar. Dalam keadaan tanpa harapan dan menyerah itu, Ernest Shackleton tetap menjaga semangat hidup timnya, setiap saat dia mengatakan kepada anggotanya bahwa ini semua hanyalah sementara.

Selama enam bulan, Ernest Shackleton bersama timnya hidup di atas es mengambang dengan satu kata ajaib, yaitu: “ini semua hanyalah sementara”. Ernest Shackleton berhasil menanam keyakinan optimis di mental anggota timnya. Setiap hari, setiap anggota timnya mulai berteriak mengatakan bahwa ini semua hanyalah sementara, kesulitan segera akan berakhir, kemenangan dan keselamatan sudah sangat dekat. Ya, kata-kata ajaib itu mampu menguatkan mental mereka untuk bisa melewati badai es selama enam bulan di atas es yang mengambang tanpa arah dan tujuan, kemudian mereka sampai di Pulau Gajah dan harus menjalani empat bulan berikutnya dengan satu kata ajaib, “ini semua hanyalah sementara”

Secara akal sehat, dunia menganggap tim ekspedisi Ernest Shackleton ke Antartika ini hilang dan tidak ada kemungkinan untuk menemukan mereka hidup. Pada akhirnya, setelah empat bulan terdampar di Pulau Gajah, tanpa sengaja, ada yang menemukan mereka. Semua orang selamat dan mereka hanya membutuhkan pemulihan mental dan fisik yang sudah terkuras habis dalam kurun waktu yang hampir satu tahun. Mereka telah belajar bahwa kesulitan itu sifatnya hanya sementara, kemenangan pasti datang. Setiap malam berganti pagi, lalu pagi berganti siang ke sore, mereka hidup dengan keyakinan bahwa setiap kesulitan hanya bersifat sementara, kemenangan sudah sangat dekat.

Setelah mereka diselamatkan dan dikembalikan dengan aman ke rumah mereka masing-masing, maka dunia pun terkejut melihat fakta bahwa tidak seorang pun meninggal dari peristiwa hilang dan tenggelamnya kapal ekspedisi Ernest Shackleton ke Antartika, yang hampir satu tahun lamanya hilang tanpa jejak. Dunia belajar dari peristiwa ini bahwa kesulitan manusia hanya bersifat sementara. Setiap kesulitan pasti hilang setelah beberapa saat. Tidak ada kesulitan permanen. Tidak ada kesulitan yang terus berlanjut dan selamanya. Jadi, mental yang optimis adalah modal yang sangat penting untuk bisa melewati kesulitan yang sifatnya hanya sementara. Kesabaran, ketenangan, optimisme, daya tahan fisik, daya tahan mental, dan kerja keras adalah hal-hal yang dibutuhkan saat kesulitan menghampiri hidup kita. Tanamkan keyakinan yang kuat di mental bahwa semua situasi tersulit sifatnya hanya sementara, kemudahan dan kemenangan sudah sangat dekat.

“Kesulitan hanya bersifat sementara.”~Ernest Shackleton

Untuk seminar/training hubungi:0812 1318 8899 / email: training@djajendra-motivator.com

PERCAYA DIRI ITU BAGUS, TERLALU PERCAYA DIRI ITU KURANG BAGUS

“Saat Anda percaya diri, Anda harus berhati-hati terhadap orang-orang di sekitar Anda yang setiap saat memuji atau mengiyakan apapun yang Anda kerjakan. Ingat! Semua pujian yang berlebihan adalah racun yang akan mematikan kemajuan Anda.”~Djajendra

Untuk mencapai sebuah keberhasilan, kita harus yakin dan percaya diri. Yakin dan percaya diri haruslah realistis dan memperhatikan risikonya. Dalam hal ini, yakin dan percaya diri dilandasi dengan prinsip kehati-hatian, sehingga tidak hanya digerakkan oleh ambisi dan keinginan, tetapi digerakkan dari kesadaran dan disiplin untuk mencapai keberhasilan dengan kerja keras yang sepenuh hati.

Membentengi diri dari pujian dan kritikan. Sifat percaya diri adalah suka pujian dan tidak suka kritikan. Oleh karena itu, saat Anda sangat percaya diri, kuatkan diri sendiri untuk tidak dibesarkan melalui pujian. Demikian juga, untuk tidak dikecilkan melalui kritikan. Percaya diri yang baik berasal dari sikap rendah hati dan disiplin untuk melalui proses kerja dengan cara-cara yang profesional. Intinya, Anda harus berhati-hati terhadap orang-orang di sekitar Anda yang setiap saat memuji atau mengiyakan apapun yang Anda kerjakan. Sebab, pujian yang berlebihan adalah racun yang bisa membuat kemajuan Anda tertunda.

Ketika keyakinan dan kepercayaan diri Anda berlebihan, maka Anda menjadi terlalu berani untuk mengambil resiko yang tidak Anda pahami secara utuh. Oleh karena itu, kendalikan diri dan tingkatkan pengetahuan atas hal-hal yang sedang Anda kerjakan. Kumpulkan informasi yang benar dan temukan strategi yang baik untuk mengatasi potensi negatif dari resiko yang Anda ambil. Kuasai pengetahuan dan miliki mental pemenang untuk mengatasi resiko besar yang berada di luar kemampuan Anda, kemudian dengan sikap rendah hati dan penuh optimis, selesaikan resiko tersebut untuk menghasilkan kesuksesan yang Anda inginkan.

Ingatkan kepada diri sendiri untuk selalu bersikap rendah hati dan kaya pengetahuan saat tingkat kepercayaan diri dan keyakinan Anda berada di puncak. Jangan pernah menilai kemampuan diri sendiri secara berlebihan. Tidak seorang pun yang bisa menang saat melawan hukum alam dan hukum Tuhan. Jadi, walaupun Anda menilai kompetensi dan kualitas Anda sudah terlalu tinggi dan sempurna, tetapi ingatlah selalu bahwa situasi di luar diri Anda berada di luar kendali Anda. Artinya, Anda hanya bisa mengendalikan diri sendiri bersama kualitas dan kompetensi hebat Anda, tetapi semua hal yang berada di luar kendali Anda hanya Tuhan yang bisa membantu Anda.

Kepercayaan diri dan keyakinan di dalam sikap rendah hati mampu menghasilkan prestasi terbaik. Perencanaan yang baik, pemikiran strategik yang tepat, pemikiran kreatif yang konsisten untuk mendapatkan solusi, komunikasi yang tepat dan benar, kejujuran kepada diri sendiri yang konsisten, ketenangan sikap dan perilaku, serta dukungan dari orang lain yang sepenuh hati, adalah bagian terpenting untuk menghasilkan prestasi terbaik. Jangan mengabaikan faktor eksternal dalam perjuangan Anda untuk mencapai prestasi. Bakat, obsesi, ambisi, kehebatan, potensi, dan kehebatan diri sendiri memerlukan dukungan dari luar diri. Jadi, walaupun Anda sudah memiliki perencanaan yang hebat, tetapi tingkatkan kecerdasan sosial Anda agar Anda mampu memperhitungkan semua kemungkinan dari luar diri Anda yang berdampak pada kesuksesan Anda.

Tidak ada yang tidak mungkin. Keajaiban selalu ada di setiap usaha yang mungkin menurut kebanyakan orang tidak realistis. Kegagalan hanya terjadi jika Anda berhenti dan tidak melakukan upaya untuk mencapai kesuksesan. Ketika Anda terjun ke arena perjuangan untuk mencapai kesuksesan, Anda tidak boleh kehilangan diri sendiri. Anda harus rendah hati dan selalu meningkatkan kapasitas untuk beradaptasi dengan segala kemungkinan. Kepercayaan diri dan keyakinan Anda adalah modal terpenting untuk memulai langkah pertama dan bergerak dengan penuh semangat saat harus mengatasi rintangan di sepanjang jalan menuju kesuksesan.

Jujur kepada diri sendiri dan mau mendengar berbagai pendapat sebelum membuat keputusan adalah hal terbaik saat menuju kesuksesan. Ketika keyakinan dan kepercayaan diri Anda berlebihan, maka tingkatkan kerendahan hati Anda untuk mendengarkan orang lain yang berpengetahuan luas dan bijak. Mungkin semua yang Anda dengar itu tidak untuk Anda ikuti, tetapi semua yang Anda dengar itu bisa menjadi kekuatan dalam membuat keputusan dengan mempertimbangkan semua faktor dalam berbagai situasi. Jadilah pendengar yang baik dan biarkan orang-orang bijak yang berpengetahuan luas mengelilingi kehidupan sehari-hari Anda, sehingga apa pun situasi yang Anda hadapi, Anda mampu mempertimbangkan informasi yang tepat sebelum Anda melakukan tindakan.

Kadang-kadang sifat terlalu percaya diri tidak akan mau memperhitungkan kekurangan diri sendiri. Pemikiran yang menganggap dirinya tahu banyak hal dan tahu melakukan semua hal adalah sebuah resiko. Ego yang berlebihan di dalam keyakinan dan kepercayaan diri adalah perintang untuk menuju kesuksesan. Kepercayaan diri yang terbungkus dalam ego dan ambisi berlebihan akan menjebak diri sendiri, sehingga diri akan kesulitan menemukan solusi saat melewati kesulitan. Oleh karena itu, kepercayaan diri dan keyakinan haruslah selalu dikendalikan dalam kerendahan hati, sehingga semua resiko atau langkah yang diambil merupakan hasil perhitungan yang baik dan bisa menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk pelatihan/seminar hubungi: 0812 1318 8899 / Email: training@djajendra-motivator.com

BANGKIT KEMBALI DENGAN LEBIH KUAT DAN LEBIH PERCAYA DIRI

“Ketika masa sulit membuat Anda kehilangan akal dan tak berdaya, maka mulailah dengan langkah kecil yang penuh semangat untuk menemukan kembali arah dan kecepatan menuju sukses.”~Djajendra

Ketika kehidupan membuat Anda tidak berdaya dan menghilangkan harapan Anda, maka jangan pernah membiarkan diri Anda bertambah lemah dan tak berdaya. Saat harapan hilang dan kondisi Anda tidak berdaya, Anda hanya membutuhkan kekuatan agar Anda tidak terjebak dalam jurang kesengsaraan. Jadi, mulailah dengan menjaga ketenangan dan kesabaran Anda, jangan membiarkan hati dan pikiran kacau atau pun panik. Tenangkan diri dan perbanyak doa agar Anda bisa menarik diri keluar dari bahaya keputusasaan. Tingkatkan keyakinan bahwa Anda pasti ditolong dan dibantu Tuhan untuk mengatasi kesulitan hidup Anda. Tingkatkan kepercayaan diri dan miliki keberanian untuk memulai lagi dari keadaan yang Anda punya saat ini.

Ingatkan kepada diri sendiri bahwa semua situasi dan keadaan bersifat sementara. Kesulitan yang sedang dihadapi juga bersifat sementara dan selalu ada perubahan untuk memperbaiki keadaan. Jadi, yang dibutuhkan di masa-masa sulit hanyalah kekuatan untuk tampil lebih kuat, lebih tenang, lebih berpengalaman, lebih sabar, dan lebih optimis melihat masa depan. Untuk itu semua, bangun kebugaran tubuh dan pikiran positif yang kuat. Ketika tubuh bugar dan pikiran positif, maka jiwa menjadi sangat kuat dan semakin terampil untuk menemukan solusi dari kesulitan yang dihadapi. Hal terpenting saat menghadapi masa sulit adalah jangan berdiam dan membiarkan pikiran kacau, bangkit dan bergeraklah lebih banyak, tingkatkan kegiatan berolahraga dan perbanyak afirmasi kata-kata positif.

Jadilah motivator bagi diri Anda sendiri, kemudian berikan semangat kepada diri sendiri untuk bekerja dengan lebih optimis dan lebih percaya diri. Katakan kepada diri sendiri bahwa Anda hebat dan mampu bangkit kembali dengan lebih hebat. Yakinkan kepada diri sendiri bahwa Anda gagal ketika Anda menyerah dan menjadi malas untuk melakukan segala hal terbaik. Walaupun semua harapan dan kerja keras Anda hilang, tapi diri Anda masih hebat dan masih mampu menggali potensi sukses dari dalam diri Anda. Setiap hari Anda harus semakin kuat dan optimis untuk membangun kekuatan dari dalam diri Anda sendiri. Temukan diri Anda yang optimis, percaya diri, dan siap bekerja keras dengan disiplin yang lebih tinggi. Jangan pernah menggantungkan harapan kepada orang lain. Jangan pernah berharap ada orang yang mau mendengarkan kesulitan Anda, kemudian menolong Anda untuk bangkit dari jurang ketidakberdayaan. Hanya Anda sendiri yang bisa menolong diri Anda melalui kerja keras dan doa-doa Anda.

Energi negatif dari dalam diri dan dari luar diri Anda adalah sumber yang membuat Anda sulit bangkit dari ketidakberdayaan. Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan Anda untuk meminimalkan paparan energi negatif dari dalam diri dan luar diri terhadap kehidupan Anda. Katakan terus-menerus kepada diri sendiri bahwa Anda adalah kekuatan energi positif. Anda hanya memikirkan hal-hal positif, Anda hanya melihat hal-hal positif, Anda hanya membaca hal-hal positif, Anda hanya membicarakan hal-hal positif, dan Anda benar-benar hidup sepenuhnya untuk melayani energi positif. Semakin kuat energi positif di dalam diri Anda, semakin hebat Anda untuk menemukan solusi yang tepat, sehingga dapat segera keluar dari masa-masa sulit Anda.

Ketika masa sulit membuat Anda kehilangan akal dan tak berdaya, maka mulailah dengan langkah kecil yang penuh semangat untuk menemukan kembali arah dan kecepatan menuju sukses. Lebih baik mundur untuk maju dari pada terjebak dalam jurang ketidakberdayaan. Jangan pernah berhenti untuk terus-menerus bergerak menaiki tangga impian walau Anda harus tergelicir di lereng licin kehidupan. Semangat dan motivasi Anda yang tidak pernah habis adalah modal utama untuk berada di jalur menuju kemenangan. Jadi, hal terpenting yang harus Anda ingat, yaitu: Anda tidak boleh membuat diri Anda lemah dan stres. Anda harus yakin bahwa Anda mampu mengatasi masa sulit dan segera masuk ke jalur kemenangan untuk mewujudkan impian dan harapan Anda.

Ciptakan persepsi positif untuk melihat segala hal di sekitar Anda. Jadi, apapun yang Anda lihat dan perhatikan di sekitar hidup Anda, lihatlah dari hati yang bersih dan pikiran yang positif. Berikan cinta dan kasih sayang untuk semua yang ada di pemikiran Anda. Kelilingi diri Anda dengan sisi baik dari kehidupan yang utuh. Jangan pernah membiarkan pikiran menilai atau menghakimi hal-hal yang berada di sekeliling kehidupan Anda. Terus-menerus ingatkan kepada diri Anda sendiri bahwa Anda adalah energi positif dan hanya hal-hal positif yang mampu Anda lihat. Energi positif yang semakin kuat di dalam diri Anda adalah kekuatan yang tak dapat dikalahkan oleh kekuatan apapun, sehingga Anda dengan tenang dan sabar mampu bergerak optimis menuju sukses yang Anda impikan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com  / www.djajendra-motivasi.com

PEMENANG

“Pemenang sadar bahwa sifat-sifat unggul harus diinternalisasi secara terus-menerus ke dalam dirinya, sehingga dia tidak pernah sedikitpun menyia-nyiakan hidupnya di jalan perilaku buruk.”~Djajendra

Pemenang menganggap dirinya adalah berkah dari Tuhan untuk menjalankan hidupnya dengan rasa syukur dan penuh sukacita. Pemenang bertugas menanam nilai-nilai terbaik ke dalam dirinya dan membuat dirinya berharga bagi kehidupan yang baik. Pemenang menganggap semua yang dia miliki adalah anugerah dari Tuhan, sehingga di sepanjang hidupnya dia berdoa mengucap syukur dan terima kasih kepada Penciptanya.

Pemenang membangun hidupnya di jalan kejujuran dan membuat semua momen hidupnya bergerak di dalam kebijaksanaan dan kesadaran tertinggi. Pemenang menciptakan ketenangan hidup agar dia bisa tidur nyenyak dan bermimpi indah setiap hari. Pemenang hanya mengenal cinta dan kasih sayang, dia tidak mengenal benci dan dendam.

Pemenang selalu fokus untuk meningkatkan kekuatan dirinya sendiri dan tidak pernah memberikan energinya untuk mengurusi atau menilai keadaan orang lain. Pemenang setiap hari berlatih dengan disiplin tinggi agar tubuhnya kuat dan bugar; agar kaki dan tangannya kuat; agar tubuhnya dan mentalnya selalu kuat, sehingga mampu bergerak maju untuk mencapai kemenangan hidup yang lebih tinggi.

Pemenang sadar bahwa kebutuhannya di dalam hidup ini adalah bisa berkarya dan bekerja dengan kekuatan penuh yang kreatif. Pemenang sadar bahwa dirinya harus mengahdapi musuh-musuh yang terlihat dan yang tak terlihat, sehingga setiap hari dia betul-betul memperhatikan secara rinci tentang langkah dan strateginya untuk menghadapi perjalanan hidupnya. Pemenang tidak pernah melakukan perlombaan dengan siapapun, dia hanya berlomba dengan dirinya sendiri, dia hanya fokus untuk memenangkan dirinya dari dirinya sendiri, sehingga di luar dirinya dia tidak memiliki pesaing atau lawan yang harus diurusi.

Pemenang sangat cerdas memahami kehendak Tuhan dan jalan kehidupan di luar kuasanya. Dia selalu berjuang maksimal dan tidak pernah berhenti berjuang untuk mencapai tujuannya. Dia juga sadar bahwa nasib baiknya sangat ditentukan oleh kekuatan Tuhan, sehingga dia tidak pernah merasa sebagai pribadi superior. Dia selalu rendah hati dan hanya berjuang di jalan kejujuran dengan disiplin dan ketekunan yang tidak pernah berhenti.

Pemenang tahu cara membangun nasib baik agar hidupnya selalu menang dan sukses. Dia sadar bahwa pengetahuan, wawasan, doa, afirmasi, rendah hati, keterampilan, rasa syukur, disiplin, ketekunan, dan mental pemenangnya bisa membuat hidupnya selalu bernasib baik.

Pemenang tidak pernah menjalani kehidupan dari keputusan orang lain. Hidupnya bergerak dan berlanjut dari niat dan komitmen yang sudah menyatu dengan suara hatinya. Pemenang tidak hidup untuk didengar oleh siapa pun, dia hanya fokus dengan suara hatinya di jalan kejujuran untuk mencapai kesuksesan atas tujuan yang dikerjakan.

Pemenang selalu membangkitkan energi kemenangan di dalam dirinya dengan motivasi dan afirmasi yang terus-menerus. Pemenang setiap hari membakar api semangat di dalam dirinya agar dirinya selalu kuat dan bugar secara mental, untuk menghadapi hidup yang penuh tantangan. Pemenang memiliki kekuatan untuk mengubah energi negatif menjadi energi positif, sehingga hanya hal-hal produktif yang bersentuhan dengan hidupnya, sedangkan hal-hal tidak produktif menjauh dari hidupnya. Pemenang tahu dan sadar bahwa dunia ini tercipta dari kekuatan baik dan kekuatan tidak baik. Karena dia sadar, maka dia bisa memahami kekuatan hidup dan menyiapkan kekuatan pemenang dari dalam dirinya agar dirinya hanya menyerap kekuatan baik di sepanjang hidupnya.

Pemenang sadar bahwa sifat-sifat unggul harus diinternalisasi secara terus-menerus ke dalam dirinya, sehingga dia tidak pernah sedikitpun menyia-nyiakan hidupnya di jalan perilaku buruk. Sifat pemenang adalah terus-menerus bergerak maju menuju yang lebih baik. Pemenang tidak ikhlas bila dirinya terjebak dalam kekuatan buruk yang penuh kebencian dan keserakahan. Pemenang selalu bergerak di jalur integritas dan sangat sadar bahwa hanya melalui usaha yang maksimal, maka prestasi dan kinerja terbaik dapat dihasilkan.

Ketika rintangan mencoba menghentikan jalan pemenang menuju sukses, maka pemenang selalu menenangkan dirinya, lalu mengaktifkan energi kreatif agar bisa menghadapi rintangan dan menemukan solusi untuk kesuksesan yang lebih besar.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MOTIVASI UNTUK SIAPA?

“Tidak penting dari siapa kata-kata motivasi itu, yang penting kata-kata itu bisa membukakan hati dan pikiran untuk bergerak menuju kehidupan yang lebih baik.”~Djajendra

Ketika Anda memiliki kata-kata yang baik, jangan diam saja, ucapkan untuk kebaikan bagi semua orang. Kata-kata motivasi diperlukan untuk membangkitkan orang-orang yang sedang ragu dengan hidupnya. Ketika orang berada di garis batas keraguan, yang tidak sepenuhnya percaya diri dan tercerahkan untuk melihat masa depannya, mereka butuh dorongan untuk lebih percaya diri dengan masa depannya. Kata-kata motivasi diperlukan bagi orang yang sama sekali tidak tahu apa-apa untuk menemukan jalan menuju masa depan. Jadi, bila Anda memiliki kata-kata positif yang membangkitkan kehidupan orang lain, maka jangan simpan di dalam keheningan Anda, ucapkan agar kata-kata yang baik itu bisa menjadi energi positif untuk kehidupan yang lebih baik.

Ketika hati dan pikiran hidup di dalam zona nyaman, maka kata-kata motivasi sulit dipahami, dan seolah-olah menjadi sesuatu yang tidak berguna bagi hidupnya. Orang-orang yang menutup mata di dalam ketidakberdayaan hidupnya sangat sulit menerima terang dari kata-kata motivasi. Mereka yang menutup akal kreatif, tidak akan mampu melihat cahaya motivasi, walau sudah berkali-kali mereka mendengarnya. Mereka yang tahu tentang cahaya dari kata-kata motivasi, akan selalu mencarinya sampai ke dalam hati terdalam mereka.

Tidak ada gunanya kata-kata motivasi bagi mereka yang belum mengalami badai kehidupan ataupun bagi mereka yang belum memasuki zona kesadaran. Ketika semua hal menjadi mudah dalam hidup, maka orang akan terjebak dalam zona nyaman dan sulit bagi mereka untuk memahami makna dari kata-kata motivasi. Biasanya, kata-kata motivasi hanya mampu dipahami oleh mereka yang ingin bangkit dari kegagalan, dan mereka yang tercerahkan di dalam kesadaran tertinggi kehidupan. Intinya, walaupun tidak semua orang bisa memahami kata-kata baik dari Anda, tetapi Anda wajib menyampaikannya untuk kehidupan yang lebih baik. Pasti ada orang yang sangat membutuhkan kata-kata baik Anda tersebut. Jadi, jangan ragu untuk selalu menyampaikan kata-kata terbaik.

Memahami kata-kata motivasi memerlukan kesadaran dan keheningan diri untuk mendengarkannya di dalam hati nurani. Anda tidak mungkin memahami kata-kata motivasi saat pikiran Anda bising dan diri Anda dikacaukan oleh berbagai suara. Jiwa Anda harus tenang dan pikiran Anda harus fokus pada makna kata-kata motivasi agar bisa mendapatkan terang dari kata-kata motivasi tersebut. Oleh karena itu, saat hidup Anda jatuh di dalam ketidakpastian, jangan panik dan takut, tenangkan diri, kendalikan diri, tingkatkan kesabaran, dan fokuskan semua energi Anda untuk menemukan cahaya yang bisa membawa keluar hidup Anda dari ketidakpastian tersebut.

Ketika Anda sadar di dalam keheningan, Anda mampu melihat semua suara di dalam pikiran dan hati nurani Anda. Anda juga mampu memahami semua emosi yang meramaikan batin Anda. Pada akhirnya, Anda bisa memahami akar persoalan, serta mampu menggunakan cahaya dari kata-kata motivasi untuk mendorong diri Anda keluar dari masalah dan menemukan solusi terbaik. Intinya, kebisingan di dalam pikiran dan batin haruslah dihentikan agar Anda bisa berjalan kembali menuju tujuan hidup Anda.

Kadang-kadang, sejak awal, seseorang menjalani kehidupan yang sangat puas dan terpenuhi semuanya. Setiap kebutuhan dan keinginan selalu didapatkan dengan mudah. Semuanya tersedia dan tidak kekurangan apapun. Kita semua tahu bahwa hidup itu seperti roda berputar, kadang di atas, kadang di bawah. Demikianlah, mungkin seseorang yang memiliki segalanya, suatu hari, dia harus kehilangan semuanya. Dan jelas, semua yang tidak diinginkan pasti hadir untuk mengacaukan hidupnya. Dalam kondisi seperti ini, hanya ketenangan dan sikap menerima realitas hiduplah yang dapat menyelamatkan hidupnya. Semakin ikhlas dan tinggi kesadaran diri untuk menerima semua peristiwa yang tidak menyenangkan tersebut, semakin mudah bagi dirinya untuk bangkit kembali dan menjadi lebih sukses dari sebelumnya. Dalam hal ini, kesabaran haruslah tidak terbatas. Dan juga, tidak melarikan diri dari persoalan hidup yang rumit. Hadapi semuanya dengan cara menguatkan mental pemenang dan menghilangkan egois diri. Mulailah kembali dari awal dengan menjadi bukan siapa-siapa, jangan melekatkan diri dengan masa lalu, jadilah diri sendiri yang jujur dengan realitas hari ini.  

Kata-kata motivasi diperlukan untuk menguatkan diri sendiri agar mampu mengamati dunia di sekitar diri dan mengetahui kesulitan yang harus dihadapi. Kemudian, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan agar bisa segera keluar dari kesulitan ataupun kegagalan yang dihadapi. Intinya, motivasi diperlukan untuk menghapus penyebab penderitaan dan kesengsaraan dalam hidup, serta mendorong diri untuk mengalami kemenangan yang menyenangkan hati. Jadi, setelah Anda memahami makna dari kata-kata motivasi, Anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian, untuk melewati kesulitan dan kegagalan. Lalu, mencapai kemenangan dalam sukacita.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MENGELOLA KEGAGALAN MENJADI KEMENANGAN

“Hidup adalah proses yang berlangsung melalui kemenangan dan kegagalan. Ketika menang semua orang bergembira, ketika gagal selalu marah dan sedih. Sifat dasar manusia adalah tidak mau gagal, tidak mau kalah, maunya sukses dan menang.”~Djajendra

Kegagalan dan kesalahan untuk dipelajari. Kesalahan dan kegagalan bukan untuk ditakuti atau dikeluh-kesahkan. Kegagalan artinya Anda diminta untuk meningkatkan kemampuan dan memperbaiki situasi. Jadi, kegagalan bukanlah sesuatu yang buruk, tetapi sesuatu yang baik untuk menjadikan diri Anda lebih sukses dari sebelumnya. Kegagalan pasti hadir ke dalam kehidupan siapapun. Kegagalan tidak milih-milih orang, dia akan datang kepada setiap orang. Tujuan kegagalan hanya dua, yaitu: mengajari Anda untuk keluar dari zona kenyamanan dan mengajari Anda untuk mencari solusi kemenangan di zona perubahan.

Saat Anda mengalami kegagalan, ingatkan diri sendiri untuk memperbaiki diri dan jangan menyalahkan siapapun. Sadarkan diri sendiri untuk memberikan yang lebih baik. Pahami betul-betul bahwa kegagalan artinya Anda belum memberikan yang terbaik, sehingga Anda harus lebih fokus untuk memberikan yang terbaik. Ukur kemampuan Anda dan fokuskan semua energi untuk hal-hal yang mampu Anda kerjakan dengan sangat baik. Jangan pernah memberikan waktu dan energi Anda untuk hal-hal yang tidak mampu Anda kerjakan. Biarkan menjadi tugas orang lain tentang hal-hal yang tidak mampu Anda kerjakan dengan sempurna. Jadi, jangan bilang ‘bisa’ kalau Anda ‘tidak bisa’, atau jangan bilang ‘tidak bisa’ kalau Anda bisa melakukannya.

Kegagalan tidak menghilangkan mimpi dan visi Anda. Kegagalan hanyalah bagian dari proses menuju visi dan mimpi Anda. Oleh karena itu, Anda tidak boleh kehilangan tekad dan antusiasme untuk mewujudkan mimpi dan visi. Seberapa beratpun situasi yang harus Anda hadapi, tetaplah optimis dan jalani saja dengan kerja keras untuk menyelesaikan yang Anda impikan. Kerjakan dengan baik dan lakukan segala usaha terbaik untuk keberhasilan Anda. Jangan berhenti sebelum menang. Jangan menyerah sebelum sukses. Jangan habiskan waktu untuk menyesali kegagalan. Tingkatkan kerja keras dan fokus pada kekuatan, sampai Anda menang dan sukses.

Jangan panik dan jangan gagal merencanakan sukses. Saat menghadapi kegagalan, jangan khawatir atau ketakutan, tetapi tenangkan diri Anda untuk merencanakan sukses dengan lebih baik. Mulailah dengan apapun yang Anda punya, walau sumber daya Anda tidak ada, Anda bisa memulainya dengan motivasi dan pandangan positif Anda. Perbanyak doa dan kerja kerasnya. Anda harus optimis untuk melakukan yang terbaik dengan apapun yang Anda punya. Jangan menunggu segalanya lengkap dan cukup. Ingat, Anda sedang gagal dan jatuh, jangan dirusak atau diperdalam kegagalannya dengan pikiran dan emosi negatif. Mencapai kesuksesan atas visi dan impian adalah usaha tanpa henti, usaha terus menerus walau harus melalui berkali-kali kegagalan. Anda tidak boleh berhenti berusaha sampai nafas terakhir untuk bekerja keras meraih impian Anda. Jadilah lebih kreatif dan inovatif untuk melakukan segala hal sampai Anda berhasil dan sukses besar.

Fokuskan kekuatan dan perhatian untuk meningkatkan keunggulan Anda. Sukses dihasilkan dari keunggulan. Miliki gagasan-gagasan atau ide-ide terbaik untuk merubah kegagalan menjadi kesuksesan. Tingkatkan kepercayaan diri dan keberanian Anda untuk mengeksekusi rencana Anda. Sering sekali, orang-orang sangat pandai merencanakannya, tetapi tidak memiliki keyakinan dan keberanian untuk mengeksekusi rencana tersebut. Oleh karena itu, kegagalan hanya bisa ditiadakan melalui keberanian dan kerja keras untuk mengeksekusi rencana dengan cara yang profesional.

Anda tidak mungkin sendirian untuk mengatasi kegagalan yang sedang Anda hadapi. Anda membutuhkan orang lain dan Tuhan untuk merubah kegagalan Anda menjadi kesuksesan Anda. Kenali diri Anda dengan sangat baik dan berkomunikasilah dengan orang lain dari niat dan hati Anda yang positif. Semua ide dan rencana hebat Anda harus dikomunikasikan dengan baik agar dapat dilaksanakan dengan sempurna. Jangan lupa berdoa dan meminta petunjuk Tuhan. Tidak seorangpun yang mampu melakukan yang terbaik tanpa bantuan Tuhan. Hanya Tuhan pelindung terbaik untuk keluar dari kegagalan, tidak ada kekuatan selain kekuatan Tuhan untuk melindungi dan menolong Anda untuk keluar dari kegagalan. Jangan lupa juga untuk berbagi penghargaan dan kebaikan kepada orang-orang yang membantu Anda keluar dari kegagalan. Jangan memiliki sifat ingin dimengerti, tetapi tidak mau mengerti tentang orang lain. Kurangnya empati dan kasih sayang dalam hubungan dengan orang lain dapat memperdalam kegagalan yang ada.

Kesuksesan membutuhkan kerja keras, inovasi, kreativitas, pertumbuhan, usaha yang berkesinambungan, eksperimen atau mencoba berbagai kemungkinan, kekuatan dan daya tahan di lapangan, kerja keras terus-menerus dengan optimis,  kemampuan beradaptasi, kemampuan untuk tidak menyerah atau berhenti, dan kemampuan untuk mengatasi kesulitan. Intinya, berusahalah untuk berkembang melalui usaha yang fokus dan kerja keras yang inovatif.

Selalu ada cara yang benar untuk melakukan sesuatu. Pelajari cara yang benar dan lakukan dengan cara yang benar. Rencanakan dan kerjakan segala sesuatu dengan baik untuk menghindari kegagalan. Tetaplah optimis dengan prinsip kehati-hatian. Miliki kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi atas kegagalan Anda. Pelajari keterampilan untuk mengatasi kegagalan. Dengarkan semua realitas. Jangan membuang waktu Anda untuk hal-hal sepele. Tetapkan prioritas dan kerjakan dengan sepenuh hati. Miliki semangat dan dedikasi untuk segala sesuatu yang Anda lakukan agar bisa keluar dari kegagalan.

Kesuksesan tidak dihasilkan dari pekerjaan yang serampangan, tetapi dari pekerjaan yang sistematis. Oleh karena itu, miliki etos yang baik dan sistem yang berkualitas untuk memudahkan Anda mencapai sukses. Jadilah jujur terhadap semua realitas. Miliki karakter unggul untuk menuntaskan semua rintangan. Bersikaplah dengan rendah hati, ego yang positif, serta mau berkorban untuk kemajuan. Perbarui informasi dan pengetahuan Anda sesuai dengan yang terkini. Jangan mengandalkan informasi dan pengetahuan yang sudah ketinggalan jaman. Fokuskan perhatian sampai pada hal-hal rinci dan detail. Pelajari keterampilan membuat keputusan terbaik. Sering sekali, orang-orang gagal karena tidak berani mengambil keputusan. Jadi, pastikan Anda percaya diri dan berani untuk mengambil keputusan terbaik sesuai fakta-fakta yang benar.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PERILAKU MENTAL PEMENANG

“Dalam mental pemenang hanya ada kata menang dan sukses, tidak ada kata lainnya.”~Djajendra

Perilaku utama orang-orang mental pemenang adalah tidak pernah merasa bangga dengan pencapaian tertinggi. Prestasi dan pencapaian tertinggi disikapi dengan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan. Mereka merasa tidak perlu berbangga atas prestasinya, cukup bersyukur dan tetap rendah hati, karena semuanya itu bersumber dari Tuhan, bukan bersumber dari ego dirinya.

Mental pemenang tidak pernah bekerja dari kemauan egois dirinya, tetapi bekerja dari kesadaran tertinggi untuk mencapai yang terbaik. Orang-orang mental pemenang selalu sadar bahwa kemenangan dan kesuksesan mereka terjadi karena diberkati oleh Tuhan, dan sukses yang mereka dapatkan adalah pekerjaan Tuhan, bukan pekerjaan ego dirinya. Mereka pun sangat sadar bahwa kebanggaan hanya memperkuat kesombongan ego. Dampaknya, kesombongan ego akan melemahkan kualitas diri mereka untuk tetap meningkatkan prestasi dan kemenangan. Jadi, untuk bisa terus-menerus berprestasi dengan gemilang, mereka tidak membiarkan dirinya dikendalikan oleh ego, tetapi oleh kesadaran dari sikap rendah hati untuk menuju kemenangan berikutnya.

Orang-orang mental pemenang menjalani proses hidup untuk kemenangan di sepanjang hidupnya. Mereka sangat gigih dalam setiap tujuan yang ingin dicapai. Kegigihan mereka menjadi kunci sukses untuk meraih kemenangan dalam hal apa pun. Mereka juga sangat gigih dan disiplin untuk memperluas keberhasilan, memperbaiki keadaan, dan menjaga hubungan baik dengan setiap orang.

Kegagalan bukanlah akhir, tetapi awal untuk kemenangan dengan prestasi yang lebih tinggi. Orang-orang mental pemenang tersenyum dengan kegagalan yang dialaminya. Mereka tidak khawatir apalagi menyerah untuk keberhasilan berikutnya. Kegagalan dijadikan sebagai sekolah untuk menuju sukses. Kegagalan bukan halangan untuk tetap bekerja keras dan berjuang lebih hebat. Kegagalan tidak pernah mengurangi motivasi dan antusiasme untuk mencapai yang lebih hebat.

Orang-orang mental pemenang sadar bahwa kesuksesan membutuhkan pengorbanan. Jadi, mereka tidak pernah mengeluh, tidak pernah merasa sakit hati, tidak pernah merasa sulit, tidak pernah merasa sebagai korban, tidak pernah merasa dirugikan oleh pihak lain, dan tidak merasa takut untuk mencapai sukses. Mereka sangat hebat untuk melakukan pengorbanan pada setiap langkah kehidupan yang harus mereka jalani. Mereka bertanggung jawab penuh atas hidupnya. Mereka tidak pernah terpengaruh oleh situasi ataupun pendapat dari luar dirinya. Mereka sangat ikhlas untuk mengorbankan waktu bermain, kesenangan, kenyamanan, dan apapun itu, untuk bisa fokus pada tujuan yang sedang diperjuangkan. Jadi, mereka betul-betul fokus dan bekerja sangat serius untuk sebuah pencapaian sukses.

Orang-orang mental pemenang sangat menikmati proses setiap hari. Tidak ada kata kecewa dalam kamus kehidupan mereka. Setiap hari, mereka memperbaiki kekurangan dan meningkatkan keunggulan. Setiap hari, mereka interospeksi diri untuk menyesuaikan kembali dirinya dengan kenyataan yang harus dihadapi. Mereka tidak pernah kecewa ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Mereka tidak marah atau takut ketika hal-hal tak terduga merusak semua rencana mereka. Mereka tidak gentar ketika langkah dan strategi mereka terpaksa harus menghadapi kesulitan yang luar biasa untuk menuju sukses. Dalam mental mereka hanya ada kata menang dan sukses, tidak ada kata lainnya. Mereka siap bekerja lebih keras lagi untuk kemenangan dan kesuksesan dalam hidup yang singkat ini.

Setiap hari berlatih untuk memiliki kebiasaan-kebiasaan yang membawa dirinya menuju kemenangan. Setiap hari berpikir optimis untuk setiap hal yang ditemukan. Semua kebiasaan buruk dihilangkan dari kehidupan mereka, dan hanya kebiasaan baik saja yang diperkuat setiap hari. Jadi, orang-orang mental pemenang sangat sadar bahwa kemenangan dan kesuksesan ditentukan oleh kebiasaan positif mereka sehari-hari. Mereka pun sangat peduli untuk memiliki kebiasaan positif melalui pikiran positif dalam setiap rutinitasnya. Walau situasi dan keadaan sangat negatif, mereka mampu menang melalui kebiasaan positif dan pikiran positifnya.  

Mereka melayani hidup yang mereka jalani dengan tegas dan ikhlas. Mereka sangat berdedikasi terhadap tujuan yang harus dicapai. Mereka bekerja sangat keras dan sangat fokus untuk mencapai target dengan prestasi terbaik. Mereka menyiapkan karakter dirinya yang hebat dalam kerja keras. Mereka pun sangat sadar bahwa kerja keras adalah jalan untuk belajar dan meningkatkan kemenangan di level yang lebih tinggi. Mereka mendorong dirinya dengan motivasi yang hebat untuk mencapai kesuksesan dan kemenangan seperti yang mereka inginkan.

Orang-orang mental pemenang seperti kapal yang sedang berlayar di tengah lautan dalam. Mereka tidak pernah rindu pada pantai, mereka hanya rindu pada proses berlayar di tengah lautan dalam. Mereka kuat dan tidak pernah membiarkan dirinya terpengaruh energi negatif dari luar dirinya. Mereka sadar bahwa kapal tidak pernah tenggelam selama air tidak masuk ke dalam kapal. Jadi, mereka sadar bahwa mereka tidak pernah kalah selama pengaruh negatif dari luar diri tidak masuk ke dalam diri mereka.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

BILA NIAT KITA SAMA DENGAN KEHENDAK TUHAN, MAKA KEAJAIBAN DAPAT DIHASILKAN

“Niat hidup dalam pemikiran dan perasaan batin; niat tidak bersuara, tidak terlihat, dan bisa disembunyikan. Tidak mudah bagi orang lain untuk memahami niat seseorang. Hanya Tuhan yang mengetahui niat seseorang.”~Djajendra

Segala sesuatu berawal dari niat. Niat baik menghasilkan hal-hal baik bagi kehidupan, niat buruk menghasilkan hal-hal buruk bagi kehidupan. Niat bersumber dari karakter asli seseorang. Untuk memahami karakter seseorang, kita bisa mendalaminya dari niat orang tersebut. Bila niatnya selalu baik dan konsisten, maka karakter asli orang tersebut sama seperti niatnya itu. Dan sebaliknya, bila niatnya selalu tidak baik dan konsisten tidak baiknya, maka karakter asli orang tersebut sama seperti niatnya itu. Jadi, niat adalah komponen penting dalam membangun karakter unggul.

Niat adalah kekuatan dari dalam diri untuk menjalankan kehidupan yang diinginkan. Niat tidak bersuara, tidak terlihat, dan bisa disembunyikan. Niat hidup dalam pemikiran dan perasaan batin seseorang, sehingga tidak mudah bagi orang lain untuk memahami niat seseorang, tetapi tidak seorang pun yang bisa lolos dari pengawasan Tuhan. Jadi, walaupun niat buruk dibungkus dalam penampilan yang membohongi semua orang, tetapi niat buruk tersebut pasti mendapatkan hukuman dari Tuhan.

Setiap orang berhak memiliki keinginan yang bersumber dari niat, tetapi jalan hidup ditentukan oleh kehendak Tuhan. Jadi, belum tentu niat dan keinginan kita itu menjadi bagian dari tujuan hidup kita. Tuhanlah yang mengetahui tujuan hidup di depan kita. Oleh karena itu, walaupun kita memiliki niat dan keinginan yang sangat kuat, tetapi apa yang Tuhan berikan kepada kita itulah jalan hidup kita, kita harus tunduk dan menerima semua kehendak Tuhan, lalu melewatinya agar kita bisa mengetahui tujuan hidup kita yang sesungguhnya.

Peliharalah niat baik untuk menyelesaikan setiap momen dari kehidupan yang Anda jalani. Ketika sedang melewati kegelapan, hidupkan obor cahaya dari dalam diri sebagai petunjuk arah untuk keluar dari kegelapan. Ketika sedang melewati terang, hidupkan kesadaran diri untuk tetap rendah hati di dalam niat baik. Sadari dan saksikan semua momen kehidupan tanpa terpengaruh olehnya.

Niat kita mendorong diri kita untuk membuat tindakan pencapaian. Jadi, niat itu adalah energi yang sangat kuat di dalam diri yang terekspresi dalam wujud keinginan. Niat adalah energi dari dalam batin yang mengalir melampaui batas kehidupan. Tetapi, kembali, apapun niat kita, haruslah disesuaikan dengan kehendak Tuhan. Kita tidak boleh ngotot atau berambisi secara berlebihan dengan niat kita, saat kehendak Tuhan berbicara lain, kita harus terlebih dahulu fokus untuk menyelesaikan kehendak Tuhan.

Ketika niat kita sangat kuat, maka kita termotivasi dan bekerja lebih keras untuk mencapai apa yang kita niatkan tersebut. Wujud niat adalah energi tak terlihat yang mengalir di dalam tindakan. Niat menarik segala yang kita butuhkan untuk mengalami hidup dengan cara baru. Bila niat kita sama dengan kehendak Tuhan, maka keajaiban dapat kita hasilkan. Niat baik kita yang direstui Tuhan menjadi keajaiban yang membawa kelimpahan dan kemakmuran.  

Kadang-kadang, niat baik kita juga harus melewati ujian. Jadi, dalam kehidupan, ujian dulu, baru kita belajar dari ujian tersebut. Hal ini, tentu saja berbeda dengan sekolah, di sekolah kita belajar dulu baru ujian. Dalam sekolah kehidupan, kita diuji dulu, barulah kita belajar dari ujian kehidupan yang kita dapatkan. Jadi, walau sebaik apapun niat tersebut dan sejujur apapun diri tersebut, tetaplah harus melewati ujian kehidupan. Biasanya, ujian kehidupan datang dari sebab-akibat dari niat tersebut. Niat baik dari orang-orang jujur, walaupun harus melewati ujian kehidupan, pasti mendapatkan bantuan dan perlindungan dari Tuhan.  

Tuhan selalu bersama orang-orang yang hidup dengan niat baik dan perilaku jujur. Hidup setiap orang pasti sesuai rencana penciptaan Tuhan. Jadi, apapun niat kita, tidaklah boleh mengabaikan tanda-tanda dari Tuhan melalui berbagai peristiwa yang hadir di dalam kehidupan kita. Perbanyak doa, perbanyak kerja keras, tingkatkan disiplin, fokuskan perhatian untuk penyelesaian, dan terimalah apapun hasil akhirnya dengan ikhlas.

Niat baik menciptakan moralitas yang tinggi. Niat buruk menciptakan moralitas yang rendah. Niat baik mendorong perilaku baik bagi pencapaian duniawi. Niat buruk mendorong perilaku buruk bagi pencapaian duniawi. Jadi, niat baik itu diperlukan untuk menciptakan kehidupan sosial yang damai dan harmonis. Niat tidak baik hanya menghasilkan kerusakan dan kerugian bagi kehidupan sosial.

Tidak ada kedamaian di dalam diri yang penuh dengan niat tidak baik. Jadi, walaupun seseorang berpura-pura baik, tetapi niat di dalam dirinya tidak baik, maka orang tersebut tidak mungkin bisa menemukan kedamaian dan keindahan di dalam hidupnya. Intinya, setiap niat buruk yang ditampilan dalam wujud kebaikan mungkin bisa membohongi banyak orang, tetapi tidak mungkin bisa membohongi diri sendiri. Niat tidak baik di dalam diri adalah energi negatif yang menguras semua kedamaian hati.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

BICARA POSITIF DI DALAM DIRI SENDIRI

“Tidak perlu melayani orang-orang yang memuji ataupun yang membenci Anda. Mereka semua bukan diri Anda yang asli. Anda yang asli adalah kesadaran di dalam dialog positif di dalam diri Anda.”~Djajendra

Salah satu kebiasaan pikiran negatif adalah mengulang-ulang untuk memainkan peristiwa atau situasi yang membuat hati tersinggung, merasa terhina, marah, frustasi dari kejadian di luar diri. Jelas, hal ini berdampak merugikan kehidupan diri sendiri. Setiap orang, siapapun itu, pasti melalui proses suka dan tidak suka. Semua orang sama, pasti melalui suka dan duka, sehingga hanya kesadaran dan akal sehat yang membuat hidup seseorang itu damai dan bahagia selalu.

Sifat pikiran adalah menerima apapun melalui pancaindera tanpa memahami, apakah itu baik atau buruk bagi kehidupan dirinya. Jadi, pikiran tidak memiliki kecerdasan untuk memisahkan apa yang baik dan tidak baik bagi dirinya. Sering sekali, dalam keadaan tertentu, pikiran tidak tahu harus berbuat apa, sehingga lebih suka menyerap peristiwa di luar diri dan menafsirkannya sesuai realitas di luar diri. Oleh karena itu, jadilah jujur ??pada diri Anda sendiri, jaga agar Anda tetap menjadi diri yang asli di dalam kenyataan hidup, jaga pikiran Anda untuk selalu berbicara dengan jiwa Anda. Jika Anda mampu meningkatkan kesadaran bahwa berdialog negatif di dalam diri sendiri adalah sebuah kesia-siaan yang merugikan hidup Anda, maka Anda pasti segera menggantikan dialog negatif tersebut dengan dialog positif. Dialog positif di dalam diri mampu memberikan kedamaian, kebahagiaan, kesenangan, ketenangan, keindahan, dan mengalirnya energi positif Anda di dalam kebiasaan hidup sehari-hari.

Pikiran tidak boleh dibiarkan berkeliaran untuk menafsirkan segala sesuatu yang bersumber dari luar diri. Pikiran harus tunduk pada jiwa terdalam. Pikiran harus berkoordinasi dengan jiwa sebelum mengatakan sesuatu kepada luar diri. Sebuah dialog positif di dalam diri ‘Positive self-talk’ harus hadir sebelum tindakan. Jadi, Anda harus membiasakan diri Anda untuk berbicara dengan diri sendiri sebelum berbicara dengan orang lain. Ini sangat diperlukan agar Anda tidak salah bicara, sehingga menimbulkan konflik dan permusuhan.

Tidak ada seorang pun yang sempurna. Kekurangan adalah milik manusia, hanya Tuhan yang memiliki kesempurnaan. Berbicara dengan diri sendiri bertujuan agar Anda mendapatkan solusi dari dalam diri Anda. Berbicara positif dengan diri sendiri bertujuan agar Anda menahan diri dan mencegah berbagai peristiwa yang tidak diinginkan. Berbicara positif dengan diri sendiri membuat Anda lebih bijaksana untuk menyikapi berbagai persoalan yang bersumber dari luar diri.

Ketika jiwa dan pikiran Anda terkoordinasi dengan kompak dalam satu bahasa kehidupan yang positif, maka semua penyebab yang bersumber dari situasi di luar diri Anda, tidak akan mengacaukan hidup Anda. Anda mampu melihat segala hal di luar diri Anda sebagai hal yang terpisah dari Anda. Anda mampu melihat sisi baik dari semua peristiwa di luar diri yang terkait dengan hidup Anda. Anda bisa lebih percaya diri dan lebih dekat kepada Tuhan, untuk menyikapi semua peristiwa di luar diri dengan ikhlas.

Mungkin, orang yang paling Anda percaya membohongi Anda dan merugikan hidup Anda. Jelas, reaksi spontan Anda pasti marah. Dan, penyebab kemarahan Anda ini adalah ‘obrolan negatif di dalam diri Anda’ yang menilai dan menghakimi perilaku tidak jujur dari orang yang Anda percaya. Artinya, sumber kemarahan Anda berasal dari peristiwa di luar diri Anda, dan penyebab marah itu sendiri bersumber dari obrolan negatif di dalam diri yang menyikapi peristiwa di luar diri. Oleh karena itu, apapun peristiwa di luar diri, hindari obrolan negatif di dalam diri Anda. Bila Anda tidak pernah berbicara positif dengan diri sendiri, maka semua peristiwa di luar diri Anda akan mengacaukan hidup Anda. Situasi di luar diri yang tidak sesuai harapan akan menjadi energi yang menyebabkan kehidupan Anda tidak bahagia. Anda menjadi mudah bereaksi dengan berbagai emosi yang merugikan kehidupan Anda sendiri.

Obrolan positif di dalam diri menciptakan energi baik untuk diekspresikan ke luar diri. Ketika Anda menerima peristiwa yang merugikan dengan ikhlas, lalu memahami persoalannya dari niat baik Anda, dan menemukan solusi dari dalam diri yang positif, maka Anda tetap bisa bahagia sambil menyelesaikan persoalan yang Anda hadapi.

Tidak mungkin semua orang sepakat dengan apa yang Anda inginkan dan pikirkan. Selalu ada saja beberapa orang yang akan menolak dan beberapa orang yang menerima sikap Anda. Jadi, Anda tidak perlu menggantungkan jalan hidup Anda kepada orang lain. Biarkan saja, setiap orang memiliki persepsi dan keyakinan yang tidak sama dengan Anda, semua itu tidak apa-apa dan bukan masalah. Anda harus menjadi diri sendiri yang asli, dan setiap hari berbicara dengan diri sendiri untuk kehidupan Anda yang hebat. Apa pun penilaian atau pendapat orang lain tentang Anda, itu tidak penting. Anda menjadi terbaik bukan karena pendapat orang lain, tetapi karena dialog positif di dalam diri Anda setiap saat. Jadi, tidak perlu melayani orang-orang yang memuji ataupun yang membenci Anda. Mereka semua bukan diri Anda yang asli. Anda yang asli adalah kesadaran di dalam dialog positif di dalam diri Anda.

Ketika Anda rutin berbicara dengan diri sendiri, berarti: di dalam diri Anda, ada seseorang yang siap mendengarkan Anda. Jadi, Anda memiliki sahabat di dalam diri yang bisa terus-menerus diajak berbicara berbagai hal untuk kebaikan hidup Anda. Berbicara dengan diri sendiri membantu Anda untuk menciptakan kondisi positif di dalam diri, sehingga semua yang keluar dari diri Anda sudah seijin jiwa dan hati nurani Anda.

Dialog positif di dalam diri membangun jiwa yang sehat, pikiran yang tenang, tubuh yang bugar, perilaku yang baik. Sedangkan dialog negatif di dalam diri membangun energi negatif untuk mengekspresikan semua emosi buruk. Akibatnya: pikiran, jiwa, perilaku, sifat, sikap, karakter, kepribadian, tubuh, dan penampilan menjadi sangat buruk.

Kebijaksanaan hidup membangkitkan kesadaran untuk kebahagiaan sejati yang sudah ada di dalam diri kita masing-masing. Tuhan sudah memberikan semua yang kita perlukan di dalam diri kita. Hanya kesadaran dan disiplin yang bisa menemukan diri kita dengan semua yang kita butuhkan. Kebenaran sejati ada di dalam kesadaran untuk melindungi diri sendiri melalui dialog positif di dalam diri.

Jangan biarkan pikiran menterjemahkan hidup Anda sesuai reaksinya terhadap di luar diri Anda. Walaupun sering orang mengatakan bahwa kita adalah apa yang kita pikirkan, maka pikiran yang kita pikirkan itu haruslah bersumber dari kesadaran dan dialog positif di dalam diri. Diri harus selalu mengatakan hal-hal optimis dan keyakinan positif tentang hidup yang dijalaninya. Kepercayaan diri dan penegasan positif tentang semua realitas yang dihadapi merupakan kekuatan untuk sukses.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

KESULITAN DAN TANTANGAN ADALAH TEMAN DALAM PERJALANAN SUKSES, BUKAN MUSUH

“Semua yang datang ke dalam hidup adalah guru, yang ingin mengajari kita menjadi lebih kuat, saat menghadapi perjalanan ke tingkat yang lebih tinggi.”~Djajendra

Perjalanan untuk mendapatkan sukses adalah perjalanan keberanian diri untuk menghadapi tantangan dan kesulitan. Ketika Anda berani dan optimis menghadapi kesulitan, maka itu akan menjadi berkah untuk membantu Anda memahami lebih lanjut tentang kekuatan-kekuatan, yang harus Anda miliki dalam kelanjutan perjalanan sukses Anda. Tantangan dan kesulitan bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri Anda agar Anda mampu memancarkan yang terbaik dan menerima yang terbaik. Agar sukses bekerja dengan baik dalam diri Anda, Anda harus membiarkan segalanya mengalir, tidak boleh terjebak dan diam dalam satu situasi.

Perjalanan menuju sukses bukanlah harus berusaha sekeras-kerasnya, tetapi mampu memberikan dan menerima segala hal melalui kesadaran tertinggi. Mampu melepaskan yang tidak berhasil, dan mampu memberdayakan diri untuk mendapatkan yang lebih besar dari yang dilepaskan.

Kesulitan dan tantangan adalah teman dalam perjalanan sukses, bukan musuh. Jadi, jangan merasa frustasi dan muak dengan keadaan sulit yang sedang Anda hadapi, tetaplah tenang dan belajar darinya. Anda harus ingat selalu bahwa tindakan dari pikiran dan emosi negatif akan berbahaya bagi perjalanan sukses Anda. Pastikan Anda ikhlas mengambil tanggung jawab dan bertindak dengan pikiran positif. Anda harus ikhlas melepaskan yang sekarang dan memulai lagi yang baru dengan cara-cara terbaik. Bila Anda melawan tantangan dan kesulitan, maka Anda akan mensabotase diri sendiri untuk bisa sampai pada tujuan sukses Anda. Perilaku yang terlalu memikirkan kesulitan dan tantangan hanya menyebabkan kebingungan dan keraguan untuk melangkah menuju ke masa depan.  

Tumbuh kembangkan ide-ide kreatif dan setiap hari jadilah lebih produktif dalam pekerjaan yang Anda lakukan. Jangan pernah terjebak dalam suasana yang membosankan. Setiap hari ciptakan perasaan positif dan merasa terbuka dengan situasi apa pun. Jadilah ikhlas untuk menerima apa pun peristiwa dan realitas yang harus Anda hadapi. Tersenyumlah kepada semua keadaan dan dapatkan sesuatu yang terbaik untuk dilakukan dengan kinerja terbaik.

Perjalanan sukses membutuhkan emosi positif agar dapat berkontribusi untuk kelangsungan perjalanan sukses tersebut. Emosi positif menciptakan antusiasme, rasa senang, ketenangan batin, kepuasaan, motivasi, gairah, dan daya juang yang tinggi. Intinya, tantangan dan kesulitan yang harus Anda hadapi dapat diobati dengan emosi positif Anda. Di samping itu, emosi positif juga mampu membangkitkan kesadaran dan energi kreatif Anda, untuk menemukan solusi dan meningkatkan rasa ingin tahu terhadap realitas yang sedang Anda hadapi. Dalam hal ini, Anda mampu tampil lebih fleksible dan kreatif dengan cara-cara kerja yang lebih profesional.

Bila di tengah perjalanan sukses, Anda harus berhadapan dengan kesulitan yang bisa menghilangkan semua hasil perjuangan Anda dari titik awal perjalanan sukses; maka, sebaiknya Anda betul-betul fokus untuk kelangsungan perjalanan sukses Anda. Anda tidak perlu berpikir untuk ekspansi atau menyalahkan keadaan. Anda harus membangkitkan keberanian, pikiran positif, membangkitkan kekuatan, dan fokus seratus persen untuk selamat dari kesulitan yang Anda hadapi. Dalam hal ini; Anda harus bersikap tenang, sabar, tidak khawatir, tidak takut, tidak ragu, dan hanya berfokus pada keselamatan dan kelangsungan perjalanan sukses Anda.

Ketika Anda sedang dikejar-kejar kesulitan, Anda harus fokus untuk menyelamatkan diri dari kejaran kesulitan tersebut. Dalam hal ini, Anda harus kembali fokus dan memberikan perhatian penuh pada apa yang harus Anda hadapi. Jangan mengeluh, menuntut, meraung, merasa sebagai korban, merasa tidak adil, atau hal-hal negatif lainnya. Ingat! Tidak ada moral dalam hal ini. Anda hanya perlu segera menyelamatkan diri dengan kemampuan terbaik Anda.

Dalam perjalanan hidup, segala sesuatu bisa saja terjadi, tidak ada yang pasti. Jadi, sebaiknya, Anda harus memiliki sikap positif terhadap apa pun yang terjadi dan menerimanya dengan ikhlas. Walaupun kenyataan pahit yang harus Anda hadapi, maka hadapi dan temukan jalan baru untuk melanjutkan perjalanan sukses Anda.

Emosi positif dan pikiran positif haruslah menjadi dasar dari perilaku Anda dalam perjalanan menuju sukses. Ketika Anda senang dan tenang menghadapi berbagai realitas yang tidak menyenangkan dalam perjalanan sukses Anda, maka Anda pun mampu membangun kepribadian yang tangguh dan cerdas, untuk menghadapi perjalanan yang lebih sulit saat menuju sukses Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Older posts