MOTIVASI DJAJENDRA

Leadership Organization Business Personal Interpersonal Entrepreneurs and Employed Professionals

Category: Self Leadership (page 1 of 15)

Kepemimpinan Diri Sendiri

SEMUA KEBEBASAN ADA DI DALAM DIRI KITA

“Selama kita masih bergantung pada hal-hal di luar diri kita, semua yang tampak berharga dan sempurna akan mengambil kebebasan kita.”~Djajendra

Ketika kita mempertaruhkan segalanya untuk mendapatkan kebebasan dari luar diri, kita tidak pernah mendapatkannya.  Tidak ada kebebasan di luar diri kita. Kebebasan dan kemerdekaan hanya dapat ditemukan di dalam diri kita sendiri. Kebanyakan orang merasa kebebasan dapat dicapai dengan menguasai kehidupan di luar diri. Padahal, setelah kita menguasai hal-hal di luar diri, perasaan takut kehilangan akan mengambil semua kebebasan dan kemerdekaan kita. Hidup kita akan diikat dan dikendalikan oleh semua hal yang kita anggap sudah kita miliki.

Setelah kita kuat dan sukses menguasai sumber materi dan orang-orang, yang awalnya kita berjuang agar kita bebas dan merdeka. Pada akhirnya, semua yang kita miliki tersebut akan memunculkan kecemasan dan rasa takut kehilangan. Semua hal yang bersumber dari luar diri, yang kita andalkan sebagai tanda kebebasan kita, justru akan membuat kita kehilangan kebebasan. Kita pun takut dikalahkan oleh orang lain, takut membuat kesalahan, takut tidak dihargai oleh orang-orang, takut dilupakan, takut tergelincir dalam masalah, dan banyak ketakutan-ketakutan dalam berbagai bentuk akan mengambil semua kebebasan dan kemerdekaan kita.

Tidak mungkin merasa bebas dan merdeka jika menggantungkan hidup pada hal-hal di luar diri. Kebebasan dan kemerdekaan baru kita miliki, jika sudah mampu melepaskan semua hal di luar diri dan tidak bergantung kepada hal apa pun di luar diri. Ketika kita melepaskan semua hal di luar diri, barulah kita mampu menemukan diri sendiri di ke kedalaman diri sejati. Untuk melakukan hal ini tidaklah mudah, membutuhkan pengetahuan dan latihan dari kesadaran diri sendiri, untuk hidup bebas dan merdeka. Selama kita masih bergantung pada hal-hal di luar diri kita, semua sukacita dan perasaan sukses berumur sangat pendek. Tantangan dan kesulitan akan memukul balik kita dengan cepat. Semua yang tampak berharga dan sempurna akan mengambil kebebasan kita.

Kebebasan dan kemerdekaan dapat kita rasakan jika kita menerima hidup kita dengan sukacita, tanpa menuntut hal apa pun pada dunia di luar diri kita. Mulailah dengan menemukan kembali siapa kita yang sejati, apa yang kita inginkan dalam hidup ini, kita mau hidup seperti apa, dan kita mau menjalankan peran apa selama hidup ini. Setelah mendapatkan jawaban dan kejelasan tentang arah hidup kita dalam kehidupan yang singkat ini, kita harus memulai segalanya dengan menerima kenyataan yang sedang kita hadapi. Kenyataan hidup harus diterima dengan sukacita dan penuh kegembiraan. Langkah berikutnya adalah menjalani hidup yang produktif dan kreatif tetapi tanpa berharap dihargai, dihormati, diinginkan, dipuji, atau  pun meminta perhatian dari luar diri kita. Semua pekerjaan yang kita lakukan semata-mata untuk kegembiraan dan sukacita kita. Tidak menggantungkan harapan pada orang lain. Kita menjadi diri sejati yang sepenuhnya secara totalitas melakukan kerja keras dan perjuangan hebat untuk kegembiraan dan kebahagiaan diri sejati.

Bagaimana memulai perjalanan untuk menemukan kebebasan dan kemerdekaan di dalam diri? Jawabannya adalah memulainya dari kesadaran dan pengalaman yang sudah dialami selama ini. Kita semua sudah menjalani hidup sekian lama, kita pun sudah memiliki pengalaman atas kehidupan yang kita jalani. Tingkatkan kesadaran dan kecerdasan untuk memahami pengalaman apa yang Anda dapatkan ketika berharap banyak dari situasi dan orang-orang. Pengalaman apa yang Anda dapatkan ketika hidup Anda diciptakan untuk mendapatkan pujian, penghargaan, kehormatan, dan perhatian. Pahami semua peristiwa hidup Anda yang sangat berharap dari luar diri Anda. Jika Anda sudah mampu memahami dan mengerti tentang kepalsuan diri Anda, karena Anda mencoba menjadi seperti yang diharapkan oleh orang-orang di luar diri Anda. Maka, perlahan-lahan, Anda mampu menemukan momen-momen untuk masuk ke kedalaman diri sendiri, selanjutnya jika Anda konsisten dan tidak menyerah untuk menemukan kebebasan dari dalam diri sendiri, maka Anda akan diubah oleh diri sendiri untuk merasakan kebebasan dan kemerdekaan sejati.

Tidak perlu membangun hidup seolah-olah kita harus bermanfaat bagi banyak orang. Tidak perlu menganggap diri kita sangat berharga bagi orang lain. Jalani hidup yang alami dan bahagia sebagai diri sendiri yang apa adanya. Kita tidak perlu mengambil peran hidup dalam bentuk yang seolah-olah tanpa kita kehidupan orang lain tidak berfungsi. Kita bukan siapa-siapa dan tidak penting dalam kehidupan yang luas. Kita ada dan tidak ada kehidupan tetap berjalan seperti biasa. Kita pun tidak mampu memberikan kebebasan dan kemerdekaan kepada siapa pun. Sebab, kebebasan dan kemerdekaan sudah ada di dalam diri masing-masing orang. Dan, harus ditemukan oleh dirinya sendiri untuk dapat merasakan kemerdekaan dan kebebasan sejati.

Kehidupan dunia luar diri kita membatasi kebebasan dan kemerdekaan kita. Kita tidak berhak mengekspresikan kebebasan menurut pengertian kita kepada orang-orang di luar diri kita. Kita harus sadar dan cerdas bahwa semua kebebasan ada di dalam diri kita masing-masing, menunggu kita temukan untuk kita nikmati dengan sukacita. Jika kita masih berpikir bahwa kemerdekaan dan kebebasan itu ada di luar diri kita, maka kita sedang menindas diri sendiri dan menghilangkan peluang untuk hidup dalam kebebasan sejati. Ingatkan diri sendiri untuk memberikan kebaikan dan keindahan bagi diri sendiri dari sumber ke kedalaman diri sejati. Bebaskan diri dari tugas-tugas untuk membangun identitas diri. Kita tidak perlu menjadi sesuatu seperti yang direncanakan oleh pikiran kita. Kita tidak perlu menjadi sesuatu seperti yang ada dalam imajinasi kita. Dalam kesadaran diri sejati, kita mampu menekuni kehidupan produktif untuk melayani hidup dengan sukacita dan penuh kegembiraan. Melayani hidup dari kebebasan dan kemerdekaan yang bersumber dari ke kedalaman diri sendiri.

Untuk mengundang Djajendra hubungi: 0812 1318 8899/ email: admin@djajendra-motivator.com

FISIK YANG BUGAR DAN MENTAL YANG HEBAT

“Fisik yang bugar dan mental yang hebat mampu mengalahkan semua perasaan dan pikiran yang berpotensi menghalangi kita untuk mencapai hasil terbaik.”~Djajendra

Sudah menjadi jalan hidup bagi siapa pun untuk menghadapi berbagai tantangan dan rintangan di sepanjang hidup. Siapa pun kita, di mana pun kita berada, kita tercipta sebagai seorang pejuang yang hebat untuk keberhasilan kita dalam hidup. kita membutuhkan mental yang hebat dengan ketenangan dan kepercayaan diri untuk menghasilkan solusi di sepanjang hidup.

Tujuan sebenarnya dari tantangan, rintangan, dan kesulitan adalah menjadikan kita lebih baik dari sebelumnya. Tetapi; jika kita putus asa, khawatir, takut, jatuh dalam ketidakberdayaan, dan tidak memiliki keyakinan untuk menemukan solusi; maka, kehidupan kita akan mundur dan menjadikan nasib kita semakin tidak baik.

Dalam situasi yang paling sulit, kita tidak boleh menyerah pada kesulitan, tetapi semakin menguatkan mental kemenangan untuk membangun kepercayaan diri dan keyakinan yang kuat. Kesulitan yang luar biasa tidak boleh memadamkan semangat hidup. Kita harus tetap fokus pada tugas, kemampuan, keterampilan, dan menguatkan mental pemenang sebagai pejuang yang siap terlibat dalam proses menemukan solusi terbaik.

Mengalami kegagalan dalam upaya dan kerja keras adalah lebih baik daripada malas dan tidak mau melakukan apa pun. Jangan membiarkan pikiran terombang-ambing dalam keraguan dan ketakutan. Setiap orang yang hidup akan mengalami kehidupan yang senang dan tidak senang, bahagia dan tidak bahagia, berhasil dan tidak berhasil. Semua itu memberikan pengalaman yang baik untuk kehidupan kita di masa depan.

Hidup ini seperti pelajaran seni yang membutuhkan kreativitas dan inovasi tanpa batas. Hidup juga tidak sebatas pikiran karena pikiran tidak mampu menciptakan kepastian. Pikiran harus terhubung dengan kesadaran agar mampu membangun mental yang hebat untuk mengatasi kehidupan yang tidak pasti.

Menjadi satu dengan kegiatan kita. Terlibatlah dalam setiap kegiatan hidup dengan hati dan semangat tinggi. Berikan perhatian penuh dalam disiplin dan ketekunan yang tidak terhenti. Keberhasilan adalah tentang kedalaman fokus untuk mencapai tujuan. Semakin fokus terhadap sebuah upaya dan kerja keras, semakin mudah keberhasilan itu diciptakan. Emosi, gairah, pikiran, tubuh, semangat, disiplin, dan ketekunan harus mampu menjadi satu kekuatan untuk membantu kreativitas yang bersumber dari hati dan kesadaran tertinggi.

Perjuangan dan kerja keras sehari-hari membutuhkan fisik yang bugar dan mental yang hebat. Fisik yang bugar memungkinkan kita memiliki tenaga yang hebat dalam setiap tindakan. Mental yang hebat memungkinkan kita mudah mengendalikan emosi negatif, pikiran yang lemah, dan semua tantangan. Fisik yang bugar dan mental yang hebat mampu mengalahkan semua perasaan dan pikiran yang berpotensi menghalangi kita untuk mencapai hasil terbaik.

Penguatan mental merupakan kemampuan untuk memisahkan pikiran dari berbagai peristiwa hidup. Sebab, mental yang lemah bersumber dari pikiran yang tidak terkendali. Mental yang lemah terjadi ketika pikiran tidak membantu jiwa dan tubuh. Ketika pikiran terkendali dalam kesadaran tertinggi, maka pikiran mampu memanfaatkan potensi dan semua energi sukses untuk menghasilkan yang terbaik. Oleh karena itu, pikiran harus dipisahkan dari berbagai peristiwa hidup dan menempatkan pikiran untuk berada dalam kendali kesadaran tertinggi, serta memfungsikan pikiran sebagai pengamat yang jujur dengan dirinya sendiri.

Untuk mengundang Djajendra hubungi: 0812 1318 8899/ email: admin@djajendra-motivator.com

JANGAN BERHENTI BERUPAYA DAN BEKERJA KERAS UNTUK MERAIH YANG TERBAIK

“Masa sulit adalah momen di mana kita harus menjadi lebih kuat daripada masa lalu. Kita harus lebih sabar, lebih bersemangat, dan lebih menerima hidup dengan ikhlas.”~Djajendra

Temukan keberhasilan dalam penderitaan, jangan membiarkan penderitaan menghancurkan hidupmu. Dirimu sangat berharga bagi kehidupan, teruslah berjuang dan berupaya untuk meraih yang terbaik. Jadi, ketika masa sulit membuatmu menderita, jangan menangis, jangan mengeluh, jangan menceritakan penderitaanmu kepada siapa pun. Tenangkan diri, tenangkan pikiran, dan katakan kepada diri sendiri bahwa semuanya baik-baik saja.

Hidup bukan untuk berhenti menuju tujuan, tetapi berupaya terus-menerus dengan kemampuan yang ditingkatkan secara terus-menerus agar sampai ke tujuan. Masa sulit tidak boleh menjadi penghalang untuk menuju tujuan. Masa sulit adalah momen di mana kita harus menjadi lebih kuat daripada masa lalu. Tindakan atau usaha kita di masa sulit harus lebih sabar dan lebih menerima hidup dengan ikhlas. Sifat masa sulit itu sementara, jadi tidak perlu diratapi atau pun ditakuti. Tetaplah optimis dan menerima semua kesulitan sebagai jalan untuk menuju ke tingkat kehidupan yang lebih tinggi.

Hidup adalah sebuah pengalaman di mana kita harus memiliki tujuan, upaya untuk sampai ke tujuan, semangat untuk sampai ke tujuan, disiplin untuk sampai ke tujuan, ketekunan untuk sampai ke tujuan, dan tindakan sepenuh hati di setiap momen menuju tujuan. Kadang-kadang upaya dan kerja keras kita tidak membuahkan hasil karena kegagalan; mungkin badai kesulitan harus kita hadapi dengan penderitaan, tetapi semua itu hanya bersifat sementara kalau kita tetap optimis dan terus-menerus melakukan upaya yang lebih kreatif.

Ketidakpastian adalah bagian dari kehidupan yang paling pasti. Perubahan adalah bagian kehidupan yang paling pasti. Oleh karena itu, kita seharusnya tidak takut atau khawatir dengan perubahan dan ketidakpastian karena keduanya tak terhindarkan dari realitas kehidupan. Dalam ketidakpastian dan gelapnya penglihatan kita terhadap hari esok tidak boleh menghentikan upaya dan kerja keras kita. Kita harus terlibat dalam usaha yang optimis untuk mencapai yang terbaik pada hari ini. Walaupun masa depan terlihat gelap dan tidak pasti, hari ini kita harus berupaya dengan semangat tinggi dan hati yang penuh kegembiraan untuk mencapai yang terbaik.

Kita harus bersyukur dengan keadaan kita pada hari ini, tetapi kita tidak boleh merasa puas dengan upaya dan kerja keras kita selama ini. Setiap hari kita harus meningkatkan kesadaran untuk melibatkan diri dalam kehidupan dengan lebih kreatif. Kita harus lebih berupaya dari sebelumnya. Kita harus lebih dewasa dan memiliki kebijaksanaan untuk menuju ke masa depan yang lebih baik.

Tentu saja, kita boleh bangga dengan semua keberhasilan kita dalam hidup, tetapi kebanggaan kita tidak boleh dalam bentuk kesombongan dan keserakahan. Ketika energi sombong dan serakah menguasai semangat hidup kita, maka kita sedang membawa diri kita ke masa depan yang penuh penderitaan dan kesulitan. Kesombongan dan keserakahan tidak akan memberi tujuan dalam hidup, hanya akan memberikan penderitaan dan hal-hal negatif bagi kehidupan kita. Rasa terima kasih, kerendahan hati, kemurahan hati, rasa syukur, dan merasa semua hanya titipan Tuhan yang bersifat sementara akan menjadikan kita selalu kuat dalam situasi seperti apa pun.

Dalam masa sulit jangan mengembangkan pengalaman penuh penderitaan dan kekurangan. Kita harus bersyukur dengan keadaan dan menerima kesulitan dengan bahagia, kemudian membangun landasan emosional dan pola pikir yang positif untuk terhubung dengan upaya dan kerja keras yang lebih optimal. Tidak perlu merasa gengsi, malu, atau gagal. Kuatkan diri dengan disiplin, ketekunan, motivasi, dan semangat yang lebih tinggi. Jadikan setiap hari sebagai hari kebangkitan jiwa dalam kebijaksanaan, kebangkitan pikiran positif dalam ketenangan, kebangkitan kecerdasan diri dalam kreativitas, kebangkitan emosi positif dalam optimisme, dan kebangkitan fisik yang lebih bugar untuk tindakan yang lebih total.

Hidup kita singkat, hak hidup kita hanya untuk merasakan kebahagiaan dan keindahan, sehingga tidak perlu disia-siakan dalam penderitaan dan kekurangan. Tingkatkan kesadaran dan gembirakan hati di sepanjang perjalanan hidup. Nikmati kesulitan dengan optimis dan rasa syukur, nikmati keberlebihan dengan rendah hati dan rasa syukur. Hidup kita ini hanya sebuah permainan singkat yang kita tidak pernah tahu akhir dari kisah kita.

Untuk mengundang Djajendra hubungi: 0812 1318 8899/ email: admin@djajendra-motivator.com

PERUBAHAN DATANG UNTUK SETIAP ORANG

“Kita tidak pernah tahu perjalanan hidup akan membawa kita ke mana.”~Djajendra

Hidup adalah perjalanan dan pengembaraan dari satu peristiwa ke peristiwa berikutnya, dari satu situasi ke situasi berikutnya. Kita tidak pernah menetap permanen dalam satu keadaan, setiap saat perubahan akan datang untuk memaksa kita menjalani hal-hal yang belum kita ketahui. Kita tidak diciptakan untuk menetap permanen dalam hidup. Jadi, siapkan mental yang hebat untuk bergerak mengikuti jalan hidup yang harus dilalui. Jangan melawan dengan realitas hidup, ikuti saja dan selalu bergerak dengan semangat untuk kehidupan yang lebih baik.

Tinggalkan ego yang memaksa kita untuk ngotot dengan keinginan dan ambisi tanpa memperhatikan realitas yang ada. Kita harus terus bergerak dan tidak boleh terjebak dalam satu situasi yang tidak menguntungkan hidup kita. Ketika keadaan atau pekerjaan tidak memberikan hasil yang baik untuk jangka waktu tertentu, maka bergeraklah ke arah perubahan, miliki keberanian untuk perubahan, tinggalkan yang tidak menguntungkan dan beranikan diri untuk memulai sesuatu dengan cara yang baru. Kita adalah pengembara sejati untuk menikmati keindahan hidup, bukan untuk menetap selamanya. Jadi, bergeraklah terus-menerus untuk dapat menikmati setiap keadaan dengan sukacita.

Dalam perjalanan hidup setiap orang harus berada dalam situasi tidak berdaya. Ketika sedang berada dalam situasi tidak berdaya, maka jangan putus asa, jangan takut. Tenangkan diri dan kuatkan rasa percaya diri untuk terus bergerak ke arah yang lebih baik. Jangan berlama-lama dalam perasaan tidak berdaya, segera keluar dan hadapi realitas dengan tanpa beban. Sadari bahwa sesungguhnya setiap manusia adalah makhluk yang tidak berdaya, tetapi ego selalu merasa mampu melakukan segala hal, padahal manusia adalah makhluk yang sangat lemah dan tidak berdaya, sehingga memerlukan pertolongan dari Tuhan untuk keluar dari situasi kehidupan yang tidak menyenangkan. Intinya, ketika merasa tidak berdaya, jangan putus asa, tingkatkan semangat untuk mengerjakan apa saja agar kembali ke jalan hidup yang diinginkan.

Tidak perlu hidup dalam kenangan dan angan-angan. Hidup kita adalah realitas yang sedang kita hadapi pada momen ini. Masa lalu dan masa depan tidak boleh merusak kebahagiaan dan kedamaian hidup pada momen ini. Nikmati momen ini dengan kerendahan hati dan penuh sukacita. Kita tidak pernah tahu perjalanan hidup akan membawa kita ke mana. Masa depan adalah misteri yang tidak pernah diketahui oleh siapapun. Jadi, tidak perlu memelihara angan-angan tentang hari esok, tingkatkan kualitas diri untuk bisa menikmati hari ini dengan penuh rasa syukur dan sukacita.

Perubahan itu sesuatu yang pasti bagi siapa pun. Situasi hari ini pasti berubah dan kita semua harus siap untuk beradaptasi dengan realitas baru. Bebaskan diri dari perangkap situasi hari ini, sebab apa pun situasi kita pada hari ini akan segera berlalu, kita pasti harus berhadapan dengan situasi atau keadaan baru. Tidak ada kehidupan yang permanen bagi siapa pun. Siapkan mental dan emosional yang hebat untuk berada dalam situasi yang berbeda. Kehidupan tidak akan bergerak seperti yang kita pikirkan, tetapi kehidupan memiliki kekuatannya sendiri untuk membawa kita ke tempat yang berbeda dan selalu tidak sesuai dengan apa yang kita angan-angankan. Intinya, hidup kita ini bukanlah seperti angan-angan kita, tetapi sebuah misteri yang tidak kita ketahui. Kita semua salah tentang hari esok kita dan betapa sedikit yang kita ketahui tentang hari esok.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

KETIKA TIDAK MAMPU MENGUBAH ORANG LAIN, UBAHLAH DIRI SENDIRI

“Musuh utama kita dalam hidup bukanlah orang lain, tetapi sifat dan nilai-nilai buruk yang  tumbuh di alam bawah sadar kita, sehingga ketika mereka kuat, mereka muncul dari dalam diri untuk mengalahkan hidup kita.”~Djajendra

Hidup ini singkat, tidak perlu disia-siakan dalam drama yang penuh konflik. Sering sekali kita ingin semua situasi dan perilaku orang lain sama seperti yang kita pikirkan. Jika orang lain tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kita, maka jalan yang paling mudah adalah menghakimi mereka atau pun menciptakan stigma terhadap mereka. Sifat dan perilaku menghakimi orang lain tidak akan memberikan sukacita kepada diri sendiri. Stres dan penderitaan dalam hidup bersumber dari sifat buruk kita dalam melihat situasi dan orang lain. Ketika kita kehilangan cinta dan kasih sayang di dalam diri, kita telah menciptakan penderitaan bagi diri sendiri. Sifat membenci orang lain sama saja seperti menanam benih penderitaan di dalam diri sendiri, sehingga benih penderitaan itu akan tumbuh membesar untuk mengalahkan diri sendiri. Intinya, musuh utama kita dalam hidup bukanlah orang lain, tetapi sifat dan nilai-nilai buruk yang kita tumbuhkan di alam bawah sadar kita, sehingga ketika mereka kuat, mereka akan muncul dari dalam diri kita untuk mengalahkan hidup kita.

Sifat kita yang sangat mudah memberikan perhatian pada kekurangan akan menarik kita ke dalam drama kehidupan yang merugikan hidup kita. Pikiran yang buruk tidak akan memberikan sukacita, kebahagiaan, kedamaian, ketenangan, dan rasa syukur kepada diri sendiri. Kadang, kita mungkin sudah mencoba berpikir positif, tetapi situasi dan orang-orang di luar diri kita selalu hadir dengan pikiran negatif. Jelas, kita tidak mungkin mampu mengubah realitas orang lain atau mengubah situasi di luar kendali kita. Kita hanya mampu mengubah diri sendiri dengan cara tidak memberikan perhatian kepada sumber negatif yang mencoba menghalangi jalan hidup kita.

Kehidupan bukanlah tempat yang sesuai keinginan kita. Kehidupan bukanlah tempat yang harus menuruti maunya pikiran kita. Kehidupan adalah sebuah keajaiban yang tidak mungkin bisa diprediksi oleh siapa pun. Kehidupan bukanlah jalan lurus yang mudah ditebak oleh siapa pun. Kehidupan bukanlah tempat yang tertib, aman, mudah, nyaman, tertata, dan semuanya sesuai harapan. Kehidupan adalah tempat dimana kita sedang hidup dengan pengalaman dan pembelajaran dari kejutan-kejutan yang dihadirkan oleh kehidupan . Banyak hal tak terduga akan kita hadapi, yang kita perlukan adalah menjadi diri sendiri, kemudian menerima hidup dengan rasa syukur dan terima kasih, lalu mengalir bersama kehidupan yang harus kita hadapi.

Kita semua wajib untuk memiliki impian dan cita-cita, tetapi hidup kita tidak boleh diperbudak oleh impian dan cita-cita kita. Dalam perjalanan hidup, mungkin impian dan cita-cita kita tidak terwujud, tetapi muncul sebuah kehidupan yang lebih indah walaupun itu bukan impian dan cita-cita kita. Dalam hal ini, terimalah apa yang menjadi bagian dari hidup kita dan jalani dengan sukacita, tanpa pernah menyalahkan orang lain atau sebuah situasi. Terimalah hidup yang dimiliki dan cintai dengan sepenuh hati. Jangan merusak keindahan yang sudah diterima dengan keinginan-keinginan yang belum tentu membawa kebaikan bagi hidup kita. Intinya, ketika kita tidak menerima kehidupan yang kita alami pada momen ini, kita akan menderita. Setiap momen haruslah menjadi keindahan dalam rasa syukur. Apa pun yang terjadi, terimalah sebagai pengalaman dan pembelajaran untuk lebih meningkatkan kualitas hidup.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

MENYIAPKAN MASA DEPAN

“Mengalir dengan kehidupan dan mencintai hidup yang dimiliki.”~Djajendra

Masa depan ditentukan oleh apa yang kita lakukan pada hari ini. Masa depan bukanlah sebatas impian, tetapi kerja keras dan tanggung jawab pada hari ini. Setiap nilai-nilai positif yang kita tanam pada hari ini akan tumbuh untuk kita petik hasilnya di masa depan. Semua perilaku dan etos terbaik yang kita berikan pada pekerjaan kita hari ini, akan tumbuh untuk kita petik sukses di masa depan. Setiap disiplin dan tanggung jawab yang kita berikan pada momen ini akan tumbuh menjadi kekuatan bagi masa depan kita. Setiap semangat dan motivasi yang kita berikan pada momen ini akan menjadi energi yang menggerakkan kita di sepanjang hidup. Masa depan kita ditentukan oleh sikap, perilaku, pemikiran, emosi, keyakinan, dan niat kita pada momen ini.

Walaupun hidup penuh dengan kejutan dan ketidakpastian, tetapi kita harus fokus dan tenang untuk memberikan yang terbaik pada momen ini. Setiap ketidakpastian dan kejutan yang harus kita hadapi membawa energi sukses, sehingga ketenangan dan kecerdasan kita mampu menemukan solusi untuk melangkah ke arah yang lebih baik. Kita pun harus memperkuat energi kreatif di setiap langkah kita. Energi kreatif yang dibutuhkan agar kita selalu menemukan solusi dan jalan keluar atas ketidakpastian yang kita hadapi. Sangat diperlukan untuk menyiapkan mental, fisik, dan kepribadian positif agar kita bisa mendapatkan yang terbaik di masa depan kita. Setiap hari rajin melakukan aktivitas untuk melatih agar mental menjadi lebih kuat dan lebih hebat; setiap hari rajin melatih fisik dengan olah raga agar selalu sehat dan bugar; setiap hari rajin melatih kepribadian positif agar hebat dalam penampilan, komunikasi, dan integritas terhadap semua aspek kehidupan.

Masa depan tidak selamanya sesuai keinginan dan rencana kita. Perjalanan menuju masa depan penuh dengan kejutan. Jika kita ikhlas dan tabah dengan setiap peristiwa yang tidak kita inginkan, maka hadiah terindah dari Tuhan pasti kita dapatkan. Hindari pikiran yang dipenuhi prasangka buruk tentang masa depan. Sebab, pikiran yang penuh prasangka buruk akan mengalami stres dan menciptakan sifat pesimis dalam melihat masa depan. Padahal, hidup kita ini keajaiban yang tidak bisa dikalkulasi dengan logika dan kecerdasan kita. Prasangka buruk hanya menghambat kemungkinan-kemungkinan terbaik untuk kehidupan kita. Kita adalah potensi yang tak terbatas, di dalam diri kita ada keajaiban yang memiliki kemungkinan untuk menghasilkan sesuatu yang terbaik. Jadi, walaupun harus melalui jalan hidup yang tidak mudah, janganlah putus asa, tetaplah optimis dan menjadi semakin kuat untuk menggerakkan kehidupan dengan sukacita.

Menuju masa depan membutuhkan cinta terhadap kehidupan dan pekerjaan. Kita harus benar-benar mengalami perasaan cinta dengan kehidupan dan pekerjaan kita. Jika tidak ada perasaan cinta, maka proses menuju masa depan akan menjadi peristiwa yang membosankan. Ketika perasaan bosan sudah menjadi bagian dari keseharian kita, maka kita akan terjebak dalam zona kehidupan acuh tak acuh atau masa bodoh dengan masa depan kita. Sikap dan perilaku yang pesimis terhadap masa depan menjadikan kita sulit untuk tumbuh dan meraih prestasi terbaik. Perasaan cinta kita terhadap kehidupan dan pekerjaan menjadikan kita peduli dengan pesan kehidupan. Ketika kita gagal, kita menerima pesan untuk belajar lebih baik lagi, untuk bersikap lebih berkualitas lagi. Kita harus menyiapkan kualitas diri yang lebih baik untuk mengalir dengan kehidupan, tidak terjebak dalam kehidupan, terus-menerus mengalir bersama rasa cinta kita.

Di sepanjang perjalanan menuju masa depan kita akan melewati peristiwa kesuksesan dan kegagalan. Keduanya harus dihormati dengan sikap rendah hati dan percaya diri. Jangan putus asa ketika gagal dan jangan merasa sudah sukses ketika berhasil. Perjalanan masih panjang dan penuh kejutan. Tidak perlu berlebihan dalam merayakan kesuksesan dan tidak perlu berlebihan dalam menyikapi kegagalan. Miliki kemampuan untuk bersukacita dalam kerendahan hati dan percaya diri saat menghadapi kesuksesan maupun kegagalan. Kegagalan bukan untuk ditangisi dan disesali, tetapi untuk meningkatkan pembelajaran dan kepercayaan diri agar bisa segera menemukan solusi, sehingga bisa keluar dari kegagalan dan bisa menjaga energi menuju kesuksesan. Kegagalan artinya kesempatan untuk bangkit dengan lebih semangat lagi dalam meraih prestasi. Kesuksesan artinya untuk meningkatkan kembali kualitas yang sudah dimiliki agar dapat meraih sukses yang lebih besar lagi. Jadi, kesuksesan dan kegagalan sama-sama memberikan kita peluang untuk membangun diri menuju yang terbaik.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

TERKADANG HARUS MELALUI YANG TERBURUK UNTUK MENCAPAI YANG TERBAIK

“Kehidupan tidak bisa diprediksi, kehidupan adalah perjalanan ajaib yang selalu tidak terduga.”~Djajendra

Perjalanan hidup membutuhkan mental yang lebih tangguh. Selalu ada ujian yang penuh tantangan di setiap posisi atau kedudukan. Setelah melewati satu tantangan dan meraih sukses, maka di level berikutnya juga akan ada tantangan, dan Anda harus berupaya dengan optimis untuk meraih sukses yang lebih tinggi. Jadi, dalam hidup itu, masalah dan tantangan akan selalu hadir dalam wujud dan bentuk yang tidak diduga sebelumnya.

Kehidupan tidak bisa diprediksi, kehidupan adalah perjalanan ajaib yang selalu tidak terduga. Mental tangguh dan sikap optimis adalah modal untuk mencapai yang terbaik. Kemampuan untuk menemukan kekuatan dan keyakinan positif setiap hari adalah kebutuhan untuk tetap kuat dan hebat dalam menghadapi berbagai situasi yang menciptakan ketidakpastian. Jangan fokus pada hal-hal yang tidak dapat Anda ubah atau mungkin berada dalam kendali orang lain. Fokuskan perhatian dan kekuatan Anda pada hal-hal yang berada dalam kendali Anda. Kesulitan dan kegagalan tidak boleh menghentikan perjalanan Anda. Jadilah lebih sabar dan selalu bersemangat untuk bekerja lebih baik lagi. Apa pun situasinya, jadilah pribadi positif yang optimis melihat masa depan.

Kegigihan dan kesabaran Anda untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan dapat menghindarkan Anda dari kegagalan. Setiap kesulitan harus dievaluasi dan dicari strategi yang paling tepat untuk mengatasi kesulitan. Keberhasilan selalu ada saat Anda berhasil mengatasi kesulitan Anda. Kemunduran tidak akan terjadi kalau Anda berani mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi kemunduran. Tetaplah fokus untuk mencapai keberhasilan yang Anda inginkan. Jangan membuang waktu dengan terlalu memberikan fokus pada kesulitan dan masalah yang Anda hadapi.

Setiap perjuangan membutuhkan kepercayaan diri dan keyakinan di dalam kesabaran dan kerendahan hati yang tinggi. Tekad dan kerja keras Anda saat ini adalah langkah maju untuk mencapai keberhasilan. Kesabaran di waktu sulit bukanlah berarti menunggu sesuatu, tetapi mengerjakan hal-hal yang berada di dalam kendali Anda dengan optimis. Jadi, seberat apa pun kesulitan yang sedang Anda hadapi, jangan hidup di zona mengeluh dan putus asa. Anda harus tetap bekerja keras untuk menghasilkan sesuatu yang positif bagi hidup Anda. Hidup ini sebuah karunia yang harus disyukuri dengan menjadi lebih kuat. Impian Anda, keinginan Anda, kebutuhan Anda, membutuhkan kesiapan mental Anda untuk lulus ujian atas tekad dan perjuangan Anda. Intinya, ketika Anda memiliki tekad dan motivasi untuk mewujudkan sesuatu, maka ujian pasti datang untuk melihat seberapa hebat Anda mau berkorban dan mau bekerja tanpa pernah menyerah. Jadi, keinginan dan impian Anda bisa Anda wujudkan kalau Anda konsisten dengan perjuangan dan kerja keras Anda, walau kegagalan datang berkali-kali untuk menghancurkan mental Anda.

Perjalanan hidup adalah sebuah pilihan hidup yang fokus dan disiplin dalam segala situasi. Kalau Anda sudah memiliki sebuah pilihan hidup, Anda harus menguatkan mental Anda agar bisa terus berjalan di dalam pilihan hidup Anda. Ketika kegagalan datang dan menghancurkan perjalanan Anda, maka jangan takut untuk bangkit kembali dan meneruskan perjalanan yang sudah Anda pilih. Tidak perlu bingung dan ragu untuk arah hidup Anda. Cintai pilihan hidup Anda. Berdoalah kepada Tuhan agar jalan Anda dipermudah. Apa pun pelajaran yang diberikan oleh hidup Anda, tetaplah bersyukur, tetaplah gembira, dan nikmati semuanya sebagai pengetahuan untuk kemajuan hidup Anda.

Jangan terjebak dalam kesalahan yang Anda buat. Manusia tidak pernah sempurna. Oleh karena itu, sangatlah wajar kalau Anda berbuat salah di dalam perjalanan hidup Anda. Tingkatkan kesadaran untuk memperbaiki kesalahan Anda. Adalah takdir manusia untuk harus melewati hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan hidup. Jadi, Anda tidak perlu kecewa atau rendah diri saat Anda gagal. Anda tidak boleh berhenti walau sudah mengalami berkali-kali kegagalan. Kegagalan berkali-kali datang sebelum keberhasilan membuat Anda sukses dan bahagia. Kalau Anda membaca profil orang-orang sukses, maka mereka itu tidak langsung menjadi sukses, tetapi mendapatkan kesuksesan setelah berkali-kali mengalami kegagalan dan kepahitan di dalam hidup mereka. Gunakan kegagalan sebagai pelajaran dan pengalaman yang membuat Anda lebih siap untuk meraih sukses.

Untuk seminar/training hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

PERILAKU MENTAL PEMENANG

“Dalam mental pemenang hanya ada kata menang dan sukses, tidak ada kata lainnya.”~Djajendra

Perilaku utama orang-orang mental pemenang adalah tidak pernah merasa bangga dengan pencapaian tertinggi. Prestasi dan pencapaian tertinggi disikapi dengan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan. Mereka merasa tidak perlu berbangga atas prestasinya, cukup bersyukur dan tetap rendah hati, karena semuanya itu bersumber dari Tuhan, bukan bersumber dari ego dirinya.

Mental pemenang tidak pernah bekerja dari kemauan egois dirinya, tetapi bekerja dari kesadaran tertinggi untuk mencapai yang terbaik. Orang-orang mental pemenang selalu sadar bahwa kemenangan dan kesuksesan mereka terjadi karena diberkati oleh Tuhan, dan sukses yang mereka dapatkan adalah pekerjaan Tuhan, bukan pekerjaan ego dirinya. Mereka pun sangat sadar bahwa kebanggaan hanya memperkuat kesombongan ego. Dampaknya, kesombongan ego akan melemahkan kualitas diri mereka untuk tetap meningkatkan prestasi dan kemenangan. Jadi, untuk bisa terus-menerus berprestasi dengan gemilang, mereka tidak membiarkan dirinya dikendalikan oleh ego, tetapi oleh kesadaran dari sikap rendah hati untuk menuju kemenangan berikutnya.

Orang-orang mental pemenang menjalani proses hidup untuk kemenangan di sepanjang hidupnya. Mereka sangat gigih dalam setiap tujuan yang ingin dicapai. Kegigihan mereka menjadi kunci sukses untuk meraih kemenangan dalam hal apa pun. Mereka juga sangat gigih dan disiplin untuk memperluas keberhasilan, memperbaiki keadaan, dan menjaga hubungan baik dengan setiap orang.

Kegagalan bukanlah akhir, tetapi awal untuk kemenangan dengan prestasi yang lebih tinggi. Orang-orang mental pemenang tersenyum dengan kegagalan yang dialaminya. Mereka tidak khawatir apalagi menyerah untuk keberhasilan berikutnya. Kegagalan dijadikan sebagai sekolah untuk menuju sukses. Kegagalan bukan halangan untuk tetap bekerja keras dan berjuang lebih hebat. Kegagalan tidak pernah mengurangi motivasi dan antusiasme untuk mencapai yang lebih hebat.

Orang-orang mental pemenang sadar bahwa kesuksesan membutuhkan pengorbanan. Jadi, mereka tidak pernah mengeluh, tidak pernah merasa sakit hati, tidak pernah merasa sulit, tidak pernah merasa sebagai korban, tidak pernah merasa dirugikan oleh pihak lain, dan tidak merasa takut untuk mencapai sukses. Mereka sangat hebat untuk melakukan pengorbanan pada setiap langkah kehidupan yang harus mereka jalani. Mereka bertanggung jawab penuh atas hidupnya. Mereka tidak pernah terpengaruh oleh situasi ataupun pendapat dari luar dirinya. Mereka sangat ikhlas untuk mengorbankan waktu bermain, kesenangan, kenyamanan, dan apapun itu, untuk bisa fokus pada tujuan yang sedang diperjuangkan. Jadi, mereka betul-betul fokus dan bekerja sangat serius untuk sebuah pencapaian sukses.

Orang-orang mental pemenang sangat menikmati proses setiap hari. Tidak ada kata kecewa dalam kamus kehidupan mereka. Setiap hari, mereka memperbaiki kekurangan dan meningkatkan keunggulan. Setiap hari, mereka interospeksi diri untuk menyesuaikan kembali dirinya dengan kenyataan yang harus dihadapi. Mereka tidak pernah kecewa ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Mereka tidak marah atau takut ketika hal-hal tak terduga merusak semua rencana mereka. Mereka tidak gentar ketika langkah dan strategi mereka terpaksa harus menghadapi kesulitan yang luar biasa untuk menuju sukses. Dalam mental mereka hanya ada kata menang dan sukses, tidak ada kata lainnya. Mereka siap bekerja lebih keras lagi untuk kemenangan dan kesuksesan dalam hidup yang singkat ini.

Setiap hari berlatih untuk memiliki kebiasaan-kebiasaan yang membawa dirinya menuju kemenangan. Setiap hari berpikir optimis untuk setiap hal yang ditemukan. Semua kebiasaan buruk dihilangkan dari kehidupan mereka, dan hanya kebiasaan baik saja yang diperkuat setiap hari. Jadi, orang-orang mental pemenang sangat sadar bahwa kemenangan dan kesuksesan ditentukan oleh kebiasaan positif mereka sehari-hari. Mereka pun sangat peduli untuk memiliki kebiasaan positif melalui pikiran positif dalam setiap rutinitasnya. Walau situasi dan keadaan sangat negatif, mereka mampu menang melalui kebiasaan positif dan pikiran positifnya.  

Mereka melayani hidup yang mereka jalani dengan tegas dan ikhlas. Mereka sangat berdedikasi terhadap tujuan yang harus dicapai. Mereka bekerja sangat keras dan sangat fokus untuk mencapai target dengan prestasi terbaik. Mereka menyiapkan karakter dirinya yang hebat dalam kerja keras. Mereka pun sangat sadar bahwa kerja keras adalah jalan untuk belajar dan meningkatkan kemenangan di level yang lebih tinggi. Mereka mendorong dirinya dengan motivasi yang hebat untuk mencapai kesuksesan dan kemenangan seperti yang mereka inginkan.

Orang-orang mental pemenang seperti kapal yang sedang berlayar di tengah lautan dalam. Mereka tidak pernah rindu pada pantai, mereka hanya rindu pada proses berlayar di tengah lautan dalam. Mereka kuat dan tidak pernah membiarkan dirinya terpengaruh energi negatif dari luar dirinya. Mereka sadar bahwa kapal tidak pernah tenggelam selama air tidak masuk ke dalam kapal. Jadi, mereka sadar bahwa mereka tidak pernah kalah selama pengaruh negatif dari luar diri tidak masuk ke dalam diri mereka.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MEMBANGUN PEMIMPIN TERBAIK DARI DALAM DIRI ANDA

“Visi adalah magnet yang menarik pemimpin untuk melakukan segala sesuatu dengan strategi yang tepat.”~Djajendra

Semua kehebatan kepemimpinan bersumber dari dalam diri. Bila Anda ingin menjadi pemimpin yang dihormati dan dihargai oleh semua orang, maka Anda harus memulainya dari dalam diri Anda. Anda harus menata cara berpikir, cara bersikap, cara mengendalikan diri, cara berurusan dengan orang-orang, dan cara menjadi diri sendiri dengan kekuatan integritas. Semua cara tersebut haruslah bersumber dari pengetahuan, kesadaran, kepercayaan diri, dan keyakinan Anda. Dan, semua hal tersebut merupakan dasar untuk mengoptimalkan bakat besar kepemimpinan dari dalam diri Anda.

Siapa pun Anda dapat menciptakan kepemimpinan yang kuat dan hebat dari dalam diri Anda. Tuhan sudah memberikan benih-benih pemimpin di dalam diri masing-masing orang. Bagaimana pun, setiap orang haruslah memimpin hidupnya dengan baik agar dirinya beruntung dan kuat dalam menjalani realitas hidup. Bila Anda tidak mampu memimpin diri sendiri untuk menghadapi kehidupan yang penuh perubahan dan ketidakpastian, maka Anda pasti menjadi lemah dan tak berdaya menghadapi realitas hidup. Jadi, sangatlah penting bagi Anda untuk terus-menerus memperbaiki dan meningkatkan kualitas kepemimpinan dari dalam diri Anda. Ketika Anda sudah kuat dan hebat dalam memimpin diri sendiri, maka dengan sangat mudah Anda dapat memimpin orang-orang dan berbagai hal yang berada di luar diri Anda.  

Berbagai aspek kepribadian yang positif terikat untuk membantu kepemimpinan dalam menghadapi realitas sehari-hari. Aspek kepribadian, seperti: ketenangan, keberanian, kejujuran, kecepatan, kepercayaan diri, rendah hati, suka belajar, tekun, disiplin, kegembiraan, keyakinan, kasih sayang, kebugaran fisik, tanggung jawab, sukarela, pikiran optimis dan positif, pengabdian yang tulus dan ikhlas, dan mental pemenang, adalah fondasi yang sangat penting agar Anda dapat memimpin pekerjaan dan kehidupan Anda dengan hebat.

Tugas terpenting dari pemimpin adalah mewujudkan visi menjadi nyata. Hal ini berarti, pemimpin memiliki tugas besar untuk diselesaikan dengan hasil akhir terbaik. Jelas, sebelum bisa sampai pada visi, pastilah harus melalui proses yang sangat dinamis dan tidak pasti. Proses yang sangat dinamis dan tidak pasti ini membuat pemimpin harus mengatur strategi dan taktik yang tepat agar dirinya bisa mewujudkan visi tersebut. Dalam hal ini, pemimpin harus mampu memimpin orang-orang untuk selalu konsisten dengan mental pemenangnya, dan konsisten dengan disiplin di setiap aspek yang dikerjakan.

Tidak ada jalan sukses yang mudah diprediksi bagi seorang pemimpin. Seorang pemimpin menjadi hebat karena dia berani melewati jalan yang tidak pernah dilewati oleh siapa pun. Pemimpin hidup untuk menang melawan kelemahan di sekitarnya. Pemimpin tidak boleh sekali pun kehilangan ketenangan, kesabaran, tanggung jawab, keberanian, dan optimisme. Seberapa berat pun tekanan dan kesulitan yang harus dilalui, pemimpin sejati selalu tenang dan santai menghadapinya. Pemimpin terbaik tidak pernah berkeluh-kesah, tidak pernah takut, tidak pernah berhenti, dan tidak pernah kehilangan arah untuk mencapai visi suksesnya.

Selalu mendengar siapa pun dengan empati, kasih sayang, dan toleransi. Pemimpin terbaik selalu mendengar dengan sabar kepada siapa pun yang ingin berbicara dengannya. Dia mendengarkan yang masuk akal dan yang tidak masuk akal dengan tenang dan sabar. Dia membuka hati dan pikirannya untuk memahami apa maunya orang-orang yang berbicara dengan dirinya. Tetapi, dia tetap konsisten melakukan segala sesuatu menurut keyakinan dan apa yang dia rasakan benar. Dia tidak akan terpengaruh oleh siapa pun. Dia sangat kuat dan hebat untuk menggunakan intuisi dalam setiap tindakannya. Dia sangat hebat dan cerdas untuk menggunakan pengetahuan yang tepat dalam setiap tindakannya. Dia tidak kaku dan mudah beradaptasi dengan berbagai perubahan untuk mendapatkan kemenangan atas tindakannya.

Pemimpin terbaik seperti jembatan yang dapat diakses oleh semua orang. Pintunya selalu terbuka untuk siapa pun dan siap mendengarkan apa pun. Dia tidak membedakan antara satu orang dengan orang lain. Dia sangat rendah hati dan penuh kasih sayang untuk berbicara dengan siapa pun. Baginya, setiap orang, siapa pun itu, tanpa melihat jabatan atau kekayaan, adalah orang-orang penting yang mau dia dengarkan dengan tenang dan sabar.  

Tugas dan tanggung jawab adalah kekuatan pemimpin terbaik. Pemimpin terbaik itu selalu sadar bahwa keberadaannya di dalam sebuah organisasi adalah untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebenar-benarnya. Jadi, bagi pemimpin terbaik, tugas dan tanggung jawab adalah kebenaran yang harus dia kerjakan setiap hari dari hatinya yang penuh kegembiraan dan ketulusan. Apa pun realitas yang harus dihadapi di tempat kerja, dia tetap fokus untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Pemimpin terbaik tidak pernah mengabaikan tugas dan tanggung jawab, sebab keberadaannya dalam organisasi adalah untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawab dengan sepenuh hati dan tanpa pakai banyak alasan.

Visi adalah magnet yang menarik pemimpin untuk melakukan segala sesuatu dengan strategi yang tepat. Dibantu dengan nilai-nilai budaya, pemimpin membentuk perilaku dan cara kerja yang sesuai dengan strateginya. Dia selalu bekerja melalui rencana dan setiap saat melakukan evaluasi atas rencana tersebut. Di setiap titik proses diberikan energi positif dan optimis agar mendapakan kinerja terbaik. Setiap langkah, taktik, gerakan, dan fokus diperhatikan secara detail untuk memberikan kinerja terbaik.

Transparansi, integritas, dan akuntabilitas merupakan kekuatan pemimpin untuk melawan cara kerja dan perilaku tidak bersih. Jelas, pemimpin terbaik pasti memiliki strategi untuk memenangkan setiap tindakan dengan kinerja terbaik. Nah, karena itulah, pemimpin terbaik selalu membiasakan tata kelola yang terbaik dan perilaku kerja bersih di semua bidang kehidupan kerja, sehingga tidak seorang pun dibiarkan untuk menjalankan praktik yang tidak bersih. Jadi, nilai-nilai budaya diperkuat ke dalam kepribadian pegawai dan sistem organisasi, sehingga manusianya memiliki perilaku kerja yang berbudaya dan sistem kerja pun sudah memiliki kekuatan dari nilai-nilai budaya.

Pemimpin terbaik selalu berada di tengah-tengah karyawan dan mendukung mereka untuk mencapai kinerja terbaik. Dia konsisten memperhatikan kebutuhan karyawan dan mendengarkan harapan mereka. Dia sangat lembut dan pada saat yang sama sangat tegas dalam menjalankan tata kelola yang bersih. Tidak ada kompromi bagi orang-orang yang mencoba menjalankan cara kerja tidak bersih. Dia mampu menempatkan dirinya pada berbagai situasi yang berbeda. Dia selalu terhubung dan menyatu bersama para karyawan.

Menyiapkan intuisi dan mendengarkan naluri. Suara hati, naluri, insting, intuisi, adalah hal-hal yang sangat penting untuk dilatih dan disiapkan pemimpin agar dapat mengambil keputusan dengan benar. Dalam keadaan tidak ada pilihan, intuisi dapat diaktifkan untuk mendapatkan pilihan. Jadi, pemimpin terbaik tidak pernah berkubang dalam masalah yang tidak tuntas. Pemimpin terbaik selalu belajar dari pengalaman dirinya dan pengalaman orang lain. Kesadaran dan ketekunan untuk memperbaiki dirinya membuatnya mampu mempertajam intuisi dan naluri. Dia tidak pernah terlalu larut dalam berbagai rintangan dan hambatan di tempat kerja. Dia selalu memiliki solusi dan mampu segera melihat jalan keluar terbaik melalui intuisinya.  

Pemimpin terbaik memimpin dengan memberikan contoh dan keteladanan. Dia mampu memberikan pengaruh kepada setiap karyawan untuk menjadikan tujuan jangka panjang sebagai magnet dan menjadikan tujuan jangka pendek sebagai fokus dalam mencapai kinerja terbaik. Jadi, setiap tujuan jangka pendek dan setiap rutinitas dijadikan sebagai langkah yang penuh prestasi dan kinerja untuk mensukseskan tujuan jangka panjang.

Pemimpin terbaik selalu rendah hati dan memperbaiki kualitas kepemimpinannya dari dalam diri. Dia tidak pernah tertarik untuk menampilkan dirinya yang penuh polesan dan pencitraan. Dia tidak menampilkan dirinya sebagai pusat perhatian. Dia selalu hidup di dalam kesadaran tertinggi dan melakukan pekerjaannya melalui integritas dirinya yang asli. Dia tidak pernah menggunakan kekuasaannya untuk merugikan ataupun mengalahkan orang lain. Dia menggunakan bakat dan kemampuan kepribadiannya yang terbaik, untuk membangun dan memberikan kinerja terbaik bagi siapa pun.

Pemimpin terbaik adalah seorang pejuang sejati yang sangat kuat menghadapi berbagai kesulitan. Dia mampu bertahan dan bergerak menuju sukses melalui kesulitan. Tidak ada kata menyerah atau pun berhenti. Baginya, tugas dan tanggung jawab yang dia pikul adalah kebenaran yang harus diwujudkan ke dalam dunia nyata. Dia tidak akan pernah membiarkan seorang pun untuk menghalangi perjuangan dan kerja kerasnya. Dia selalu optimis dan positif saat harus melalui masa-masa yang sangat sulit. Dia hidup dan bekerja untuk mencapai kinerja terbaik.

Pemimpin terbaik sangat disiplin dan patuh pada komitmen yang dia miliki. Dia tahu bahwa tujuan hidupnya di tempat kerja adalah untuk menghasilkan kinerja terbaik bagi stakeholders. Oleh karena itu, dia tidak pernah berhenti untuk meningkatkan kualitas di segala bidang agar kinerja terbaik tersebut bisa selalu dihasilkan oleh seluruh karyawan. Untuk itu, dia selalu memotivasi karyawannya dan memperjuangkan yang terbaik bagi mereka. Dia juga selalu meningkatkan pengetahuan dan kualitas kerja karyawan melalui berbagai pelatihan yang dilaksanakan dengan konsisten. Bagi dia, karyawan adalah aset produktif yang harus dirawat dan dijaga kualitasnya untuk menghadapi berbagai situasi yang berbeda.

Kecepatan adalah sesuatu yang diinginkan oleh pemimpin terbaik. Pemimpin terbaik sadar bahwa tanpa kecepatan, mereka bisa dikalahkan oleh kompetitornya. Oleh karena itu, pemimpin terbaik mampu membuat sebuah pekerjaan diselesaikan dalam waktu yang singkat karena kekuatan kualitas dan motivasi karyawannya hebat. Dia mampu membangkitkan mental pemenang setiap karyawan, sehingga mereka dengan sukarela mau bekerja keras dan ikhlas berkorban untuk mencapai target sesuai waktu.

Pemimpin terbaik tidak pernah ragu dan takut untuk menjalankan keputusan yang sudah diambil. Apapun resiko dan tantangannya pasti dihadapi. Hubungan kerja yang harmonis antara karyawan dengan pimpinan tetap dalam ketegasan kepemimpinan dan ketegasan tata kelola yang terbaik. Persahabatan di tempat kerja tidak akan mengurangi profesionalisme dan ketegasan untuk menjalankan tata kelola yang terbaik. Semua orang saling terhubung di tempat kerja untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan sebaik-baiknya.

Pemimpin terbaik adalah jembatan yang menghubungkan misi menuju visi. Dengan kekuatan koordinasi, pemimpin terbaik mampu memberikan perintah dan membuat semua orang mendengarkan arahan dari dia dengan sebaik-baiknya. Lalu, dia memiliki pengaruh dan kekuatan kata-kata yang mampu menggerakan setiap orang melalui misi untuk mewujudkan visi besar organisasi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

DISIPLIN DIPERLUKAN UNTUK MENGHASILKAN SUKSES

“Dalam setiap perjalanan menuju sukses, ada kegagalan yang menunggu ditikungan, jangan berhenti dan terjebak, teruslah bergerak dengan disiplin diri yang tinggi untuk bisa sampai ke sukses Anda.”~Djajendra

Disiplin diri yang tinggi menghasilkan perilaku yang konsisten, untuk melakukan sesuatu secara berulang kali sampai memiliki keunggulan. Disiplin diri Anda tidak hanya mengantar Anda untuk mencapai keberhasilan, tetapi juga menjadikan Anda memiliki kebiasaan-kebiasaan yang hebat untuk menghasilkan sukses. Dengan disiplin diri yang tinggi, kemampuan Anda untuk melakukan tugas dan tanggung jawab menjadi lebih berkualitas.

Masa depan yang cemerlang tidak dihasilkan dengan memprediksi atau mengharapkannya, tetapi terjadi dengan disiplin diri yang tinggi untuk menciptakannya melalui kerja keras tanpa henti. Intinya, apapun keadaan Anda, Anda harus bersykur dan bekerja lebih keras untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan. Bila Anda mengeluh dan mencari-cari alasan, atau melempar kesalahan kepada orang lain, maka selamanya Anda akan gagal untuk menemukan sukses yang Anda cari.

Sukses dalam hidup berasal dari tindakan dengan disiplin diri yang tinggi, yang dilakukan secara konsisten. Tidak akan ada perubahan dalam hidup tanpa disiplin dan kerja keras. Walaupun Anda sudah memiliki pengetahuan, keterampilan, modal, dan sumber daya yang hebat. Tetapi, bila Anda tidak memiliki disiplin untuk menggunakannya, maka semua itu menjadi sia-sia. Hanya disiplin diri yang bisa membuat Anda mencapai keberhasilan dengan kinerja terbaik. Jadi, bila Anda ingin memiliki prestasi dan kinerja terbaik, maka Anda harus berubah dan belajar dengan rendah hati. Untuk berubah, Anda harus memulainya dengan disiplin diri dan kerja keras yang hebat.

Disiplin diri merupakan keterampilan yang membuat Anda bergerak dan melakukan sesuatu secara terus-menerus. Anda yang memiliki disiplin diri yang tinggi secara otomatis merasa sangat bertanggung jawab untuk keberhasilan atas apa yang Anda kerjakan. Disiplin diri menjadikan Anda konsisten dan mematuhi komitmen yang Anda buat dengan kesadaran dan tanggung jawab penuh. Apa pun rintangan dan kesulitan, tidak akan menjadi persoalan bagi orang-orang yang hidup dengan disiplin diri yang tinggi. Kesabaran, ketenangan, ketekunan, dan rasa tanggung jawab menjadi bagian yang memperkuat disiplin diri di sepanjang jalan menuju sukses.

Disiplin diri menjadikan seseorang sangat teliti dalam membuat keputusan, selalu berhati-hati dan tidak mau menyalahkan orang lain atas kegagalan dirinya. Orang yang disiplin selalu mengambil tanggung jawab untuk apa pun yang dia kerjakan. Dia selalu memberikan respon yang tepat dan sikap yang optimis terhadap hal-hal yang berada di luar kendali dirinya.

Disiplin diri harus diikuti dengan visi dan nilai-nilai kehidupan yang dipilih. Visi memberikan alasan untuk segala sesuatu yang Anda kerjakan. Dari visi, Anda harus membuat tujuan-tujuan kecil yang mudah dicapai. Lalu, meningkatkan disiplin diri yang tinggi, untuk menindaklanjuti semua tujuan kecil dengan penuh semangat. Keberhasilan atas pencapaian semua tujuan kecil tersebut pasti berakumulasi, untuk mengantar Anda mencapai visi besar yang sudah Anda gambarkan sejak awal.

Disiplin diri harus dikuatkan dengan motivasi diri yang tinggi dan komitmen yang kuat untuk mencapai hasil terbaik. Dalam hal ini, Anda harus memiliki mental pemenang yang tidak pernah menyerah saat menghadapi kesulitan. Anda harus selalu merasa kuat dan tangguh dalam menghadapi ketidakpastian. Anda harus memiliki respon optimis untuk menanggapi kesulitan dengan keyakinan untuk berhasil. Tidak boleh ada satu hal pun yang membuat Anda khawatir atau takut menghadapi realitas. Setiap kegagalan dan kemunduran harus Anda jawab dengan disiplin diri yang tinggi untuk segera kembali pada jalur sukses Anda. Tidak boleh perjuangan Anda terhenti hanya karena kegagalan. Miliki niat dan komitmen untuk bangkit menjadi lebih kuat dan lebih mampu dari sebelumnya.

Semua rintangan dan kesulitan adalah pelajaran yang berharga untuk mencapai keberhasilan. Disiplin diri menjadi sangat diperlukan karena perjalanan untuk mencapai sukses adalah perjalanan yang tidak boleh berhenti sebelum berhasil. Kesulitan, cobaan, kegagalan, kemunduran, kebingungan, ketakutan, dan semua nyeri yang dihasilkan di sepanjang jalan menuju sukses tidaklah boleh menghentikan perjalanan Anda menuju sukses. Jadi, seburuk apa pun kesulitan yang menghalangi Anda menuju sukses, Anda tidak boleh berhenti atau menyerah, Anda harus lebih menguatkan disiplin diri untuk mencapai keberhasilan.

Disiplin diri diperlukan karena jalur menuju sukses selalu menciptakan rintangan dan tantangan yang perlu ditemukan solusi terbaik. Intinya, tidak ada jalan yang mudah untuk berhasil, Anda harus berjuang dengan mental pemenang untuk berhasil. Sebagai contoh, seseorang yang ingin menurunkan berat badan 15 kilogram, maka hal ini hanya bisa dia dilakukan dengan disiplin diri yang tinggi dalam berolahraga dan menjaga pola makan yang rendah kalori. Jelas, hal ini membutuhkan pengorbanan dan kerja keras yang hebat agar bisa menurunkan berat badannya. Dan, setelah sukses menurunkan berat badan, masih harus tetap menjaga pola makan dan olah raga rutin dengan disiplin diri yang tinggi. Bila kehilangan disiplin diri, maka kemungkinan berat badan akan bertambah kembali melebihi 15 kilogram.

Disiplin diri harus bekerja dari keikhlasan hati untuk melakukan segala sesuatu dengan tekun dan rajin. Kepribadian yang energik dan rajin adalah syarat dasar untuk bisa membangun disiplin diri yang tinggi. Bila diri Anda malas dan suka kehilangan kepercayaan diri, maka menjadi sangat sulit bagi Anda untuk memiliki disiplin diri yang tinggi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Older posts

© 2019 MOTIVASI DJAJENDRA

Theme by Anders NorenUp ↑