PERILAKU MENTAL PEMENANG

“Dalam mental pemenang hanya ada kata menang dan sukses, tidak ada kata lainnya.”~Djajendra

Perilaku utama orang-orang mental pemenang adalah tidak pernah merasa bangga dengan pencapaian tertinggi. Prestasi dan pencapaian tertinggi disikapi dengan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan. Mereka merasa tidak perlu berbangga atas prestasinya, cukup bersyukur dan tetap rendah hati, karena semuanya itu bersumber dari Tuhan, bukan bersumber dari ego dirinya.

Mental pemenang tidak pernah bekerja dari kemauan egois dirinya, tetapi bekerja dari kesadaran tertinggi untuk mencapai yang terbaik. Orang-orang mental pemenang selalu sadar bahwa kemenangan dan kesuksesan mereka terjadi karena diberkati oleh Tuhan, dan sukses yang mereka dapatkan adalah pekerjaan Tuhan, bukan pekerjaan ego dirinya. Mereka pun sangat sadar bahwa kebanggaan hanya memperkuat kesombongan ego. Dampaknya, kesombongan ego akan melemahkan kualitas diri mereka untuk tetap meningkatkan prestasi dan kemenangan. Jadi, untuk bisa terus-menerus berprestasi dengan gemilang, mereka tidak membiarkan dirinya dikendalikan oleh ego, tetapi oleh kesadaran dari sikap rendah hati untuk menuju kemenangan berikutnya.

Orang-orang mental pemenang menjalani proses hidup untuk kemenangan di sepanjang hidupnya. Mereka sangat gigih dalam setiap tujuan yang ingin dicapai. Kegigihan mereka menjadi kunci sukses untuk meraih kemenangan dalam hal apa pun. Mereka juga sangat gigih dan disiplin untuk memperluas keberhasilan, memperbaiki keadaan, dan menjaga hubungan baik dengan setiap orang.

Kegagalan bukanlah akhir, tetapi awal untuk kemenangan dengan prestasi yang lebih tinggi. Orang-orang mental pemenang tersenyum dengan kegagalan yang dialaminya. Mereka tidak khawatir apalagi menyerah untuk keberhasilan berikutnya. Kegagalan dijadikan sebagai sekolah untuk menuju sukses. Kegagalan bukan halangan untuk tetap bekerja keras dan berjuang lebih hebat. Kegagalan tidak pernah mengurangi motivasi dan antusiasme untuk mencapai yang lebih hebat.

Orang-orang mental pemenang sadar bahwa kesuksesan membutuhkan pengorbanan. Jadi, mereka tidak pernah mengeluh, tidak pernah merasa sakit hati, tidak pernah merasa sulit, tidak pernah merasa sebagai korban, tidak pernah merasa dirugikan oleh pihak lain, dan tidak merasa takut untuk mencapai sukses. Mereka sangat hebat untuk melakukan pengorbanan pada setiap langkah kehidupan yang harus mereka jalani. Mereka bertanggung jawab penuh atas hidupnya. Mereka tidak pernah terpengaruh oleh situasi ataupun pendapat dari luar dirinya. Mereka sangat ikhlas untuk mengorbankan waktu bermain, kesenangan, kenyamanan, dan apapun itu, untuk bisa fokus pada tujuan yang sedang diperjuangkan. Jadi, mereka betul-betul fokus dan bekerja sangat serius untuk sebuah pencapaian sukses.

Orang-orang mental pemenang sangat menikmati proses setiap hari. Tidak ada kata kecewa dalam kamus kehidupan mereka. Setiap hari, mereka memperbaiki kekurangan dan meningkatkan keunggulan. Setiap hari, mereka interospeksi diri untuk menyesuaikan kembali dirinya dengan kenyataan yang harus dihadapi. Mereka tidak pernah kecewa ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Mereka tidak marah atau takut ketika hal-hal tak terduga merusak semua rencana mereka. Mereka tidak gentar ketika langkah dan strategi mereka terpaksa harus menghadapi kesulitan yang luar biasa untuk menuju sukses. Dalam mental mereka hanya ada kata menang dan sukses, tidak ada kata lainnya. Mereka siap bekerja lebih keras lagi untuk kemenangan dan kesuksesan dalam hidup yang singkat ini.

Setiap hari berlatih untuk memiliki kebiasaan-kebiasaan yang membawa dirinya menuju kemenangan. Setiap hari berpikir optimis untuk setiap hal yang ditemukan. Semua kebiasaan buruk dihilangkan dari kehidupan mereka, dan hanya kebiasaan baik saja yang diperkuat setiap hari. Jadi, orang-orang mental pemenang sangat sadar bahwa kemenangan dan kesuksesan ditentukan oleh kebiasaan positif mereka sehari-hari. Mereka pun sangat peduli untuk memiliki kebiasaan positif melalui pikiran positif dalam setiap rutinitasnya. Walau situasi dan keadaan sangat negatif, mereka mampu menang melalui kebiasaan positif dan pikiran positifnya.  

Mereka melayani hidup yang mereka jalani dengan tegas dan ikhlas. Mereka sangat berdedikasi terhadap tujuan yang harus dicapai. Mereka bekerja sangat keras dan sangat fokus untuk mencapai target dengan prestasi terbaik. Mereka menyiapkan karakter dirinya yang hebat dalam kerja keras. Mereka pun sangat sadar bahwa kerja keras adalah jalan untuk belajar dan meningkatkan kemenangan di level yang lebih tinggi. Mereka mendorong dirinya dengan motivasi yang hebat untuk mencapai kesuksesan dan kemenangan seperti yang mereka inginkan.

Orang-orang mental pemenang seperti kapal yang sedang berlayar di tengah lautan dalam. Mereka tidak pernah rindu pada pantai, mereka hanya rindu pada proses berlayar di tengah lautan dalam. Mereka kuat dan tidak pernah membiarkan dirinya terpengaruh energi negatif dari luar dirinya. Mereka sadar bahwa kapal tidak pernah tenggelam selama air tidak masuk ke dalam kapal. Jadi, mereka sadar bahwa mereka tidak pernah kalah selama pengaruh negatif dari luar diri tidak masuk ke dalam diri mereka.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MEMBANGUN PEMIMPIN TERBAIK DARI DALAM DIRI ANDA

“Visi adalah magnet yang menarik pemimpin untuk melakukan segala sesuatu dengan strategi yang tepat.”~Djajendra

Semua kehebatan kepemimpinan bersumber dari dalam diri. Bila Anda ingin menjadi pemimpin yang dihormati dan dihargai oleh semua orang, maka Anda harus memulainya dari dalam diri Anda. Anda harus menata cara berpikir, cara bersikap, cara mengendalikan diri, cara berurusan dengan orang-orang, dan cara menjadi diri sendiri dengan kekuatan integritas. Semua cara tersebut haruslah bersumber dari pengetahuan, kesadaran, kepercayaan diri, dan keyakinan Anda. Dan, semua hal tersebut merupakan dasar untuk mengoptimalkan bakat besar kepemimpinan dari dalam diri Anda.

Siapa pun Anda dapat menciptakan kepemimpinan yang kuat dan hebat dari dalam diri Anda. Tuhan sudah memberikan benih-benih pemimpin di dalam diri masing-masing orang. Bagaimana pun, setiap orang haruslah memimpin hidupnya dengan baik agar dirinya beruntung dan kuat dalam menjalani realitas hidup. Bila Anda tidak mampu memimpin diri sendiri untuk menghadapi kehidupan yang penuh perubahan dan ketidakpastian, maka Anda pasti menjadi lemah dan tak berdaya menghadapi realitas hidup. Jadi, sangatlah penting bagi Anda untuk terus-menerus memperbaiki dan meningkatkan kualitas kepemimpinan dari dalam diri Anda. Ketika Anda sudah kuat dan hebat dalam memimpin diri sendiri, maka dengan sangat mudah Anda dapat memimpin orang-orang dan berbagai hal yang berada di luar diri Anda.  

Berbagai aspek kepribadian yang positif terikat untuk membantu kepemimpinan dalam menghadapi realitas sehari-hari. Aspek kepribadian, seperti: ketenangan, keberanian, kejujuran, kecepatan, kepercayaan diri, rendah hati, suka belajar, tekun, disiplin, kegembiraan, keyakinan, kasih sayang, kebugaran fisik, tanggung jawab, sukarela, pikiran optimis dan positif, pengabdian yang tulus dan ikhlas, dan mental pemenang, adalah fondasi yang sangat penting agar Anda dapat memimpin pekerjaan dan kehidupan Anda dengan hebat.

Tugas terpenting dari pemimpin adalah mewujudkan visi menjadi nyata. Hal ini berarti, pemimpin memiliki tugas besar untuk diselesaikan dengan hasil akhir terbaik. Jelas, sebelum bisa sampai pada visi, pastilah harus melalui proses yang sangat dinamis dan tidak pasti. Proses yang sangat dinamis dan tidak pasti ini membuat pemimpin harus mengatur strategi dan taktik yang tepat agar dirinya bisa mewujudkan visi tersebut. Dalam hal ini, pemimpin harus mampu memimpin orang-orang untuk selalu konsisten dengan mental pemenangnya, dan konsisten dengan disiplin di setiap aspek yang dikerjakan.

Tidak ada jalan sukses yang mudah diprediksi bagi seorang pemimpin. Seorang pemimpin menjadi hebat karena dia berani melewati jalan yang tidak pernah dilewati oleh siapa pun. Pemimpin hidup untuk menang melawan kelemahan di sekitarnya. Pemimpin tidak boleh sekali pun kehilangan ketenangan, kesabaran, tanggung jawab, keberanian, dan optimisme. Seberapa berat pun tekanan dan kesulitan yang harus dilalui, pemimpin sejati selalu tenang dan santai menghadapinya. Pemimpin terbaik tidak pernah berkeluh-kesah, tidak pernah takut, tidak pernah berhenti, dan tidak pernah kehilangan arah untuk mencapai visi suksesnya.

Selalu mendengar siapa pun dengan empati, kasih sayang, dan toleransi. Pemimpin terbaik selalu mendengar dengan sabar kepada siapa pun yang ingin berbicara dengannya. Dia mendengarkan yang masuk akal dan yang tidak masuk akal dengan tenang dan sabar. Dia membuka hati dan pikirannya untuk memahami apa maunya orang-orang yang berbicara dengan dirinya. Tetapi, dia tetap konsisten melakukan segala sesuatu menurut keyakinan dan apa yang dia rasakan benar. Dia tidak akan terpengaruh oleh siapa pun. Dia sangat kuat dan hebat untuk menggunakan intuisi dalam setiap tindakannya. Dia sangat hebat dan cerdas untuk menggunakan pengetahuan yang tepat dalam setiap tindakannya. Dia tidak kaku dan mudah beradaptasi dengan berbagai perubahan untuk mendapatkan kemenangan atas tindakannya.

Pemimpin terbaik seperti jembatan yang dapat diakses oleh semua orang. Pintunya selalu terbuka untuk siapa pun dan siap mendengarkan apa pun. Dia tidak membedakan antara satu orang dengan orang lain. Dia sangat rendah hati dan penuh kasih sayang untuk berbicara dengan siapa pun. Baginya, setiap orang, siapa pun itu, tanpa melihat jabatan atau kekayaan, adalah orang-orang penting yang mau dia dengarkan dengan tenang dan sabar.  

Tugas dan tanggung jawab adalah kekuatan pemimpin terbaik. Pemimpin terbaik itu selalu sadar bahwa keberadaannya di dalam sebuah organisasi adalah untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebenar-benarnya. Jadi, bagi pemimpin terbaik, tugas dan tanggung jawab adalah kebenaran yang harus dia kerjakan setiap hari dari hatinya yang penuh kegembiraan dan ketulusan. Apa pun realitas yang harus dihadapi di tempat kerja, dia tetap fokus untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Pemimpin terbaik tidak pernah mengabaikan tugas dan tanggung jawab, sebab keberadaannya dalam organisasi adalah untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawab dengan sepenuh hati dan tanpa pakai banyak alasan.

Visi adalah magnet yang menarik pemimpin untuk melakukan segala sesuatu dengan strategi yang tepat. Dibantu dengan nilai-nilai budaya, pemimpin membentuk perilaku dan cara kerja yang sesuai dengan strateginya. Dia selalu bekerja melalui rencana dan setiap saat melakukan evaluasi atas rencana tersebut. Di setiap titik proses diberikan energi positif dan optimis agar mendapakan kinerja terbaik. Setiap langkah, taktik, gerakan, dan fokus diperhatikan secara detail untuk memberikan kinerja terbaik.

Transparansi, integritas, dan akuntabilitas merupakan kekuatan pemimpin untuk melawan cara kerja dan perilaku tidak bersih. Jelas, pemimpin terbaik pasti memiliki strategi untuk memenangkan setiap tindakan dengan kinerja terbaik. Nah, karena itulah, pemimpin terbaik selalu membiasakan tata kelola yang terbaik dan perilaku kerja bersih di semua bidang kehidupan kerja, sehingga tidak seorang pun dibiarkan untuk menjalankan praktik yang tidak bersih. Jadi, nilai-nilai budaya diperkuat ke dalam kepribadian pegawai dan sistem organisasi, sehingga manusianya memiliki perilaku kerja yang berbudaya dan sistem kerja pun sudah memiliki kekuatan dari nilai-nilai budaya.

Pemimpin terbaik selalu berada di tengah-tengah karyawan dan mendukung mereka untuk mencapai kinerja terbaik. Dia konsisten memperhatikan kebutuhan karyawan dan mendengarkan harapan mereka. Dia sangat lembut dan pada saat yang sama sangat tegas dalam menjalankan tata kelola yang bersih. Tidak ada kompromi bagi orang-orang yang mencoba menjalankan cara kerja tidak bersih. Dia mampu menempatkan dirinya pada berbagai situasi yang berbeda. Dia selalu terhubung dan menyatu bersama para karyawan.

Menyiapkan intuisi dan mendengarkan naluri. Suara hati, naluri, insting, intuisi, adalah hal-hal yang sangat penting untuk dilatih dan disiapkan pemimpin agar dapat mengambil keputusan dengan benar. Dalam keadaan tidak ada pilihan, intuisi dapat diaktifkan untuk mendapatkan pilihan. Jadi, pemimpin terbaik tidak pernah berkubang dalam masalah yang tidak tuntas. Pemimpin terbaik selalu belajar dari pengalaman dirinya dan pengalaman orang lain. Kesadaran dan ketekunan untuk memperbaiki dirinya membuatnya mampu mempertajam intuisi dan naluri. Dia tidak pernah terlalu larut dalam berbagai rintangan dan hambatan di tempat kerja. Dia selalu memiliki solusi dan mampu segera melihat jalan keluar terbaik melalui intuisinya.  

Pemimpin terbaik memimpin dengan memberikan contoh dan keteladanan. Dia mampu memberikan pengaruh kepada setiap karyawan untuk menjadikan tujuan jangka panjang sebagai magnet dan menjadikan tujuan jangka pendek sebagai fokus dalam mencapai kinerja terbaik. Jadi, setiap tujuan jangka pendek dan setiap rutinitas dijadikan sebagai langkah yang penuh prestasi dan kinerja untuk mensukseskan tujuan jangka panjang.

Pemimpin terbaik selalu rendah hati dan memperbaiki kualitas kepemimpinannya dari dalam diri. Dia tidak pernah tertarik untuk menampilkan dirinya yang penuh polesan dan pencitraan. Dia tidak menampilkan dirinya sebagai pusat perhatian. Dia selalu hidup di dalam kesadaran tertinggi dan melakukan pekerjaannya melalui integritas dirinya yang asli. Dia tidak pernah menggunakan kekuasaannya untuk merugikan ataupun mengalahkan orang lain. Dia menggunakan bakat dan kemampuan kepribadiannya yang terbaik, untuk membangun dan memberikan kinerja terbaik bagi siapa pun.

Pemimpin terbaik adalah seorang pejuang sejati yang sangat kuat menghadapi berbagai kesulitan. Dia mampu bertahan dan bergerak menuju sukses melalui kesulitan. Tidak ada kata menyerah atau pun berhenti. Baginya, tugas dan tanggung jawab yang dia pikul adalah kebenaran yang harus diwujudkan ke dalam dunia nyata. Dia tidak akan pernah membiarkan seorang pun untuk menghalangi perjuangan dan kerja kerasnya. Dia selalu optimis dan positif saat harus melalui masa-masa yang sangat sulit. Dia hidup dan bekerja untuk mencapai kinerja terbaik.

Pemimpin terbaik sangat disiplin dan patuh pada komitmen yang dia miliki. Dia tahu bahwa tujuan hidupnya di tempat kerja adalah untuk menghasilkan kinerja terbaik bagi stakeholders. Oleh karena itu, dia tidak pernah berhenti untuk meningkatkan kualitas di segala bidang agar kinerja terbaik tersebut bisa selalu dihasilkan oleh seluruh karyawan. Untuk itu, dia selalu memotivasi karyawannya dan memperjuangkan yang terbaik bagi mereka. Dia juga selalu meningkatkan pengetahuan dan kualitas kerja karyawan melalui berbagai pelatihan yang dilaksanakan dengan konsisten. Bagi dia, karyawan adalah aset produktif yang harus dirawat dan dijaga kualitasnya untuk menghadapi berbagai situasi yang berbeda.

Kecepatan adalah sesuatu yang diinginkan oleh pemimpin terbaik. Pemimpin terbaik sadar bahwa tanpa kecepatan, mereka bisa dikalahkan oleh kompetitornya. Oleh karena itu, pemimpin terbaik mampu membuat sebuah pekerjaan diselesaikan dalam waktu yang singkat karena kekuatan kualitas dan motivasi karyawannya hebat. Dia mampu membangkitkan mental pemenang setiap karyawan, sehingga mereka dengan sukarela mau bekerja keras dan ikhlas berkorban untuk mencapai target sesuai waktu.

Pemimpin terbaik tidak pernah ragu dan takut untuk menjalankan keputusan yang sudah diambil. Apapun resiko dan tantangannya pasti dihadapi. Hubungan kerja yang harmonis antara karyawan dengan pimpinan tetap dalam ketegasan kepemimpinan dan ketegasan tata kelola yang terbaik. Persahabatan di tempat kerja tidak akan mengurangi profesionalisme dan ketegasan untuk menjalankan tata kelola yang terbaik. Semua orang saling terhubung di tempat kerja untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan sebaik-baiknya.

Pemimpin terbaik adalah jembatan yang menghubungkan misi menuju visi. Dengan kekuatan koordinasi, pemimpin terbaik mampu memberikan perintah dan membuat semua orang mendengarkan arahan dari dia dengan sebaik-baiknya. Lalu, dia memiliki pengaruh dan kekuatan kata-kata yang mampu menggerakan setiap orang melalui misi untuk mewujudkan visi besar organisasi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

DISIPLIN DIPERLUKAN UNTUK MENGHASILKAN SUKSES

“Dalam setiap perjalanan menuju sukses, ada kegagalan yang menunggu ditikungan, jangan berhenti dan terjebak, teruslah bergerak dengan disiplin diri yang tinggi untuk bisa sampai ke sukses Anda.”~Djajendra

Disiplin diri yang tinggi menghasilkan perilaku yang konsisten, untuk melakukan sesuatu secara berulang kali sampai memiliki keunggulan. Disiplin diri Anda tidak hanya mengantar Anda untuk mencapai keberhasilan, tetapi juga menjadikan Anda memiliki kebiasaan-kebiasaan yang hebat untuk menghasilkan sukses. Dengan disiplin diri yang tinggi, kemampuan Anda untuk melakukan tugas dan tanggung jawab menjadi lebih berkualitas.

Masa depan yang cemerlang tidak dihasilkan dengan memprediksi atau mengharapkannya, tetapi terjadi dengan disiplin diri yang tinggi untuk menciptakannya melalui kerja keras tanpa henti. Intinya, apapun keadaan Anda, Anda harus bersykur dan bekerja lebih keras untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan. Bila Anda mengeluh dan mencari-cari alasan, atau melempar kesalahan kepada orang lain, maka selamanya Anda akan gagal untuk menemukan sukses yang Anda cari.

Sukses dalam hidup berasal dari tindakan dengan disiplin diri yang tinggi, yang dilakukan secara konsisten. Tidak akan ada perubahan dalam hidup tanpa disiplin dan kerja keras. Walaupun Anda sudah memiliki pengetahuan, keterampilan, modal, dan sumber daya yang hebat. Tetapi, bila Anda tidak memiliki disiplin untuk menggunakannya, maka semua itu menjadi sia-sia. Hanya disiplin diri yang bisa membuat Anda mencapai keberhasilan dengan kinerja terbaik. Jadi, bila Anda ingin memiliki prestasi dan kinerja terbaik, maka Anda harus berubah dan belajar dengan rendah hati. Untuk berubah, Anda harus memulainya dengan disiplin diri dan kerja keras yang hebat.

Disiplin diri merupakan keterampilan yang membuat Anda bergerak dan melakukan sesuatu secara terus-menerus. Anda yang memiliki disiplin diri yang tinggi secara otomatis merasa sangat bertanggung jawab untuk keberhasilan atas apa yang Anda kerjakan. Disiplin diri menjadikan Anda konsisten dan mematuhi komitmen yang Anda buat dengan kesadaran dan tanggung jawab penuh. Apa pun rintangan dan kesulitan, tidak akan menjadi persoalan bagi orang-orang yang hidup dengan disiplin diri yang tinggi. Kesabaran, ketenangan, ketekunan, dan rasa tanggung jawab menjadi bagian yang memperkuat disiplin diri di sepanjang jalan menuju sukses.

Disiplin diri menjadikan seseorang sangat teliti dalam membuat keputusan, selalu berhati-hati dan tidak mau menyalahkan orang lain atas kegagalan dirinya. Orang yang disiplin selalu mengambil tanggung jawab untuk apa pun yang dia kerjakan. Dia selalu memberikan respon yang tepat dan sikap yang optimis terhadap hal-hal yang berada di luar kendali dirinya.

Disiplin diri harus diikuti dengan visi dan nilai-nilai kehidupan yang dipilih. Visi memberikan alasan untuk segala sesuatu yang Anda kerjakan. Dari visi, Anda harus membuat tujuan-tujuan kecil yang mudah dicapai. Lalu, meningkatkan disiplin diri yang tinggi, untuk menindaklanjuti semua tujuan kecil dengan penuh semangat. Keberhasilan atas pencapaian semua tujuan kecil tersebut pasti berakumulasi, untuk mengantar Anda mencapai visi besar yang sudah Anda gambarkan sejak awal.

Disiplin diri harus dikuatkan dengan motivasi diri yang tinggi dan komitmen yang kuat untuk mencapai hasil terbaik. Dalam hal ini, Anda harus memiliki mental pemenang yang tidak pernah menyerah saat menghadapi kesulitan. Anda harus selalu merasa kuat dan tangguh dalam menghadapi ketidakpastian. Anda harus memiliki respon optimis untuk menanggapi kesulitan dengan keyakinan untuk berhasil. Tidak boleh ada satu hal pun yang membuat Anda khawatir atau takut menghadapi realitas. Setiap kegagalan dan kemunduran harus Anda jawab dengan disiplin diri yang tinggi untuk segera kembali pada jalur sukses Anda. Tidak boleh perjuangan Anda terhenti hanya karena kegagalan. Miliki niat dan komitmen untuk bangkit menjadi lebih kuat dan lebih mampu dari sebelumnya.

Semua rintangan dan kesulitan adalah pelajaran yang berharga untuk mencapai keberhasilan. Disiplin diri menjadi sangat diperlukan karena perjalanan untuk mencapai sukses adalah perjalanan yang tidak boleh berhenti sebelum berhasil. Kesulitan, cobaan, kegagalan, kemunduran, kebingungan, ketakutan, dan semua nyeri yang dihasilkan di sepanjang jalan menuju sukses tidaklah boleh menghentikan perjalanan Anda menuju sukses. Jadi, seburuk apa pun kesulitan yang menghalangi Anda menuju sukses, Anda tidak boleh berhenti atau menyerah, Anda harus lebih menguatkan disiplin diri untuk mencapai keberhasilan.

Disiplin diri diperlukan karena jalur menuju sukses selalu menciptakan rintangan dan tantangan yang perlu ditemukan solusi terbaik. Intinya, tidak ada jalan yang mudah untuk berhasil, Anda harus berjuang dengan mental pemenang untuk berhasil. Sebagai contoh, seseorang yang ingin menurunkan berat badan 15 kilogram, maka hal ini hanya bisa dia dilakukan dengan disiplin diri yang tinggi dalam berolahraga dan menjaga pola makan yang rendah kalori. Jelas, hal ini membutuhkan pengorbanan dan kerja keras yang hebat agar bisa menurunkan berat badannya. Dan, setelah sukses menurunkan berat badan, masih harus tetap menjaga pola makan dan olah raga rutin dengan disiplin diri yang tinggi. Bila kehilangan disiplin diri, maka kemungkinan berat badan akan bertambah kembali melebihi 15 kilogram.

Disiplin diri harus bekerja dari keikhlasan hati untuk melakukan segala sesuatu dengan tekun dan rajin. Kepribadian yang energik dan rajin adalah syarat dasar untuk bisa membangun disiplin diri yang tinggi. Bila diri Anda malas dan suka kehilangan kepercayaan diri, maka menjadi sangat sulit bagi Anda untuk memiliki disiplin diri yang tinggi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MENJAGA MENTAL PEMENANG UNTUK MENCAPAI KEINGINAN

“Hiduplah dengan pikiran jernih dan melihat segala sesuatu melalui mental pemenang.”~Djajendra

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan seperti yang mereka impikan. Persoalannya,  kehidupan yang diinginkan dan diimpikan tidak selalu terjadi. Sering sekali, kehidupan yang tidak pernah dipikirkan ataupun yang diinginkan yang terjadi. Biasanya, ketika keinginan dan impian tidak sesuai dengan harapan, maka stres akan hadir untuk mengacaukan ketenangan hidup. Pikiran pun tersedot ke dalam realitas yang mencari-cari penyebab dan kesalahan atas tidak terpenuhinya keinginan tersebut.

Hidup tidak bisa diprediksi. Rutinitas yang stabil pun bisa menciptakan tantangan dan tuntutan agar Anda berubah sesuai kenyataan. Bila Anda ngotot mempertahankan maunya pikiran Anda dengan mengabaikan kenyataan, maka Anda pasti frustasi sebab tidak mudah mengatasi kenyataan. Dalam hal ini; Anda harus memiliki niat, konsentrasi, kepercayaan diri, pikiran menang, sifat yang mudah beradaptasi, dan tindakan yang membawa Anda untuk bekerja dengan energi optimis agar dapat menjawab kenyataan. Bila Anda mengeluh dan mencari-cari kesalahan atas realitas yang menyulitkan hidup Anda, maka Anda akan tertahan di zona kegagalan, dan tergantung pada zona ketidakmampuan Anda.

Kemampuan Anda untuk menjaga mental pemenang dalam setiap situasi memudahkan Anda untuk mencapai keinginan. Tidak ada yang akan dicapai tanpa mental pemenang. Keberhasilan sangat ditentukan dengan mental pemenang. Mental pemenang Anda tidak akan pernah berhenti atau menyerah untuk mencapai keinginan. Walau rintangan, kesulitan, tantangan, dan berbagai persoalan menghadang; mental pemenang Anda hanya bisa sabar dan tenang untuk bisa mewujudkan keinginan dan impian.

Pastinya, Anda menginginkan kehidupan yang mudah, nyaman, tertata dengan baik, tertib, dan sesuai dengan harapan. Ya, sangat wajar bila Anda mengharapkan yang terbaik untuk hidup Anda. Tetapi, masalahnya, kehidupan terjadi oleh perilaku Anda dan perilaku orang lain. Mungkin Anda bisa mengendalikan perilaku Anda, tetapi tidaklah mudah bagi Anda untuk mengendalikan perilaku orang lain. Disinilah diperlukan pikiran positif dan jiwa besar untuk tidak kecewa dengan perilaku orang lain. Bila Anda mampu menerima kenyataan dari perilaku orang lain dan mampu menyiapkan diri untuk bersikap optimis di atas realitas yang muncul, maka Anda pasti mudah melalui semua yang tidak sesuai dengan harapan dan keinginan Anda. Sebaliknya, bila Anda selalu merasa kecewa dan menolok kenyataan yang dihadirkan oleh orang-orang di sekitar Anda, maka Anda akan tersendat untuk mencapai keinginan Anda.

Saat Anda berhadapan dengan realitas yang tidak Anda inginkan, Anda pasti melalui proses kejiwaan yang sangat dinamis. Dalam hal ini, Anda harus memahami proses jiwa yang dinamis itu. Anda harus sabar dan ikhlas untuk melalui realitas yang tidak Anda kehendaki. Anda harus melepaskan hal-hal yang di luar kendali Anda dan menyerahkan hasilnya dengan keyakinan dan mental pemenang Anda. Artinya, mungkin saat ini Anda belum bisa mewujudkannya, tetapi mental pemenang dan keyakinan Anda tetap mendorong Anda dengan penuh kesabaran dan ketegaran, untuk sampai pada tujuan dan mewujudkan impian Anda.

Jangan membiarkan hambatan yang menakutkan mengecilkan kepercayaan diri Anda. Bila tidak mampu, lepaskan dan biarkan semuanya terjadi sesuai kehendak Tuhan. Yang terpenting, Anda harus menjaga mental pemenang dan keyakinan Anda, untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan Anda ke tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Jadilah jujur dan otentik atas perjuangan Anda. Rasakan semua peristiwa dengan emosi yang tenang, sabar, bersyukur, dan optimis. Hadapi semua ketakutan dan kebingungan dengan ikhlas dan optimis untuk yang terbaik. Jangan biarkan peristiwa yang tidak diinginkan menciptakan luka jiwa yang sulit disembuhkan. Tetaplah tampil dengan lebih tenang dan selalu belajar dari segala peristiwa dengan rendah hati dan penuh keyakinan untuk masa depan yang lebih baik.

Anda tidak perlu memegang terlalu erat dengan impian dan keinginan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Keterikatan yang sangat mendalam dengan impian dan keinginan menciptakan energi negatif di dalam diri Anda. Hal ini, akan membuat pikiran Anda bergerak secara negatif untuk menghasilkan perasaan khawatir, takut, dan membuat hidup Anda tidak damai. Pastikan bahwa Anda sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dengan segala situasi, serta mau menerima segala sesuatu sebagaimana adanya, dan menjadikannya sebagai motivasi untuk bertindak dengan lebih baik.

Apa pun peristiwa dan situasi yang harus Anda hadapi dan jalani, pastikan Anda mampu melepaskan ego dan menemukan kedamaian dengan kenyataan yang ada. Anda tidak perlu terjebak dalam frustasi, cemas, stres, takut, khawatir, dan semua pola pikir yang mengambil kedamaian hidup Anda. Biarkan saja yang terjadi, terjadilah sesuai kehendak Tuhan. Jangan melawan terhadap hal-hal yang diluar kendali Anda. Fokuskan pada kekuatan Anda, bersikaplah lebih hati-hati dan percaya diri pada situasi yang Anda rasakan dan hadapi. Jangan merasa terganggu, bawalah emosi dan pikiran Anda ke dalam kesadaran tertinggi Anda. Lalu, tersenyumlah dan berikan perhatian untuk menghadapinya dengan bijaksana.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

SELF-EFFICACY ADALAH SUMBER UNTUK MENINGKATKAN SELF-CONFIDENCE

“Self-efficacy adalah sebuah keyakinan yang diperlihatkan melalui perilaku. Di mana, walau badai besar menghadang Anda, Anda tidak akan menghentikan perjalanan Anda untuk mencapai sukses.”~Djajendra

Self-confidence atau kepercayaan diri adalah cahaya dalam perjalanan hidup. Salah satu sumber untuk penguatan kepercayaan diri adalah keyakinan diri yang tinggi, yang biasa disebut dengan self-efficacy. Self-efficacy pertama kali di temukan oleh Albert Bandura sebagai sumber penguatan kepercayaan diri seseorang. Self-efficacy bermakna diri yang sangat yakin atas kemampuannya untuk mencapai keberhasilan atas tugas atau pekerjaan yang dilakukan. Dalam hal ini, walau situasi yang dihadapi sangat berat dan tidak pasti; rintangan dan kesulitan yang dihadapi penuh resiko; cobaan dan ketidakpastiaan benar-benar berada di titik tergelap; tetapi, orang-orang yang memiliki self-efficacy mampu membangun mental pemenang dan menemukan cahaya kemenangan, untuk menghadapi situasi terberat sampai mencapai kemenangan.

Self efficacy adalah sebuah keyakinan untuk memperkuat kepercayaan diri Anda yang bersumber dari perilaku – perilaku hebat Anda yang tidak pernah berhenti atau menyerah untuk mencapai keberhasilan; kemampuan kecerdasan sosial Anda untuk selalu berada di lingkungan yang optimis dan belajar dari lingkungan tersebut; logika dan akal sehat Anda untuk menjadi sangat kreatif dan inovatif dalam segala situasi dan kondisi.

Self-Efficacy atau keyakinan diri yang tinggi bersumber dari pikiran positif dan mental pemenang Anda. Dalam hal ini,  Anda sangat percaya diri untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab karena Anda merasa memiliki pengalaman yang hebat; Anda sangat percaya diri untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab karena Anda merasa bisa belajar dari cara orang lain untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan penuh kualitas; Anda sangat percaya diri untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab karena Anda merasa memiliki keterampilan dan kemampuan untuk menyelesaikannya; Anda sangat percaya diri untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab karena Anda merasa memiliki energi kemenangan di dalam diri Anda. Intinya, self-efficacy Anda menjadikan Anda tidak gentar ataupun khawatir terhadap tugas dan tanggung jawab Anda, walaupun Anda sedang berada dalam kegelapan dan ketidakpastian. Anda tidak akan pernah berhenti dan menyerah untuk menemukan cahaya terang bagi keberhasilan Anda.  

Ketika Michael Jordan ditanya tentang rahasia suksesnya, maka dia menjawab karena kegagalan demi kegagalan yang dia alami itulah yang telah mengantarnya menuju sukses. Michael Jordan juga mengatakan ketika tidak seorang pun mau membantu Anda saat Anda terpuruk, maka bangkitlah dengan antusiasme yang tinggi untuk membantu diri Anda sendiri. Perilaku Michael Jordan ini merupakan hasil dari self-efficacy yang tinggi. Dia memiliki kemampuan untuk mewujudkan dirinya sesuai impian dan keinginannya. Dia mampu menciptakan seorang Michael Jordan yang menjadi legenda di olah raga bola basket. Dia adalah kesuksesan buatan diri sendiri karena dia memiliki keyakinan atau self-efficacy yang tinggi.

Self-efficacy dapat dipelajari oleh siapapun. Tidak ada yang sulit. Artinya, siapapun Anda, bila mau menguatkan self-efficacy dari kesadaran tertinggi Anda, maka apapun yang Anda impikan dan rencanakan dalam hidup dapat diwujudkan dengan sempurna. Dengan memiliki self-efficacy, Anda akan memiliki keyakinan yang hebat untuk memperkuat kepercayaan diri Anda dalam mencapai target dan tujuan hidup Anda. Komitmen dan kerja keras Anda akan mengalir di dalam keyakinan yang hebat dan mental pemenang untuk mencapai kesuksesan. Walau badai besar menghadang Anda, Anda tidak akan menghentikan perjalanan Anda untuk mencapai sukses. Anda tetap fokus dan ikhlas bekerja seinci demi seinci agar bisa sampai pada tujuan Anda. Suara hati Anda selalu mengatakan “saya bisa” atau “saya pasti bisa” dan ini menjadi keyakinan batin Anda untuk mencapai apa yang Anda impikan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MEMFOKUSKAN PIKIRAN DAN PERHATIAN UNTUK MENUJU TUJUAN HIDUP

“Ketika Anda fokus, maka tidak seorang pun yang mampu mengalihkan perhatian Anda atau mengganggu tujuan hidup Anda.”~Djajendra

Anda mau menjadi apa dalam kehidupan yang singkat ini ?

Setiap orang mempunyai kepentingan dan perhatian pada tujuan hidupnya masing-masing. Demikian juga dengan Anda, Anda pasti memiliki impian dan harapan untuk mewujudkan sesuatu. Bila Anda sudah memiliki impian, maka fokuskan pikiran Anda untuk menciptakan realitas dari impian Anda. Bila Anda mengikuti kepentingan dan perhatian orang lain, maka Anda akan kehilangan fokus untuk mencapai tujuan hidup Anda. Akhirnya, di sepanjang perjalanan hidup Anda, Anda tidak pernah bisa hidup untuk mewujudkan impian Anda, Anda hanya menjadi pengikut dari pola pikir orang lain.

Hidup bukanlah untuk terlibat dalam diskusi panjang tentang pro dan kontra. Hidup adalah sebuah pilihan untuk ditekuni dengan disiplin dan tanggung jawab. Miliki sebuah tujuan hidup dan berkaryalah bersama tujuan hidup Anda. Jangan habiskan waktu untuk hal-hal yang tidak membawa kebaikan bagi hidup Anda.

Pikiran Anda membawa Anda untuk menciptakan realitas, sehingga apapun yang setiap hari Anda pikirkan akan menciptakan realitasnya. Bila setiap hari Anda memikirkan dan membayangkan tentang hal-hal positif bagi kebahagiaan dan kesejahteraan hidup Anda, maka pikiran Anda akan mengantar Anda untuk hidup bahagia dan sejahtera. Sebaliknya, bila setiap hari Anda memikirkan dan membayangkan hal-hal tentang kekurangan, ketidakpuasan, dan protes pada realitas hidup; maka, pikiran Anda membawa Anda pada realitas hidup seperti yang Anda rasakan itu. Jadi, jangan fokuskan pikiran pada hal-hal yang tidak Anda inginkan, fokuskan pikiran Anda untuk hal-hal yang Anda inginkan.

Hiduplah dengan visi dan setiap hari fokuskan pikiran untuk mengerjakan hal-hal sekecil apapun untuk bisa mencapai visi. Mungkin Anda harus bersaing dan berjuang dengan sangat keras; berjuang dengan langkah-langkah yang sangat cepat, tetapi dengan pencapaian yang tidak besar. Untuk itu, ingatkan diri sendiri agar selalu fokus, walau langkah-langkah Anda sangat sulit dan tidak mudah. Anda harus menguatkan mental untuk bisa membuktikan kepada diri sendiri bahwa misi hidup Anda tidak sulit dan bisa Anda kerjakan setiap hari.

Pikiran yang fokus pada tujuan hidup menciptakan kapasitas diri Anda untuk mencapai tujuan hidup Anda. Semakin fokus dan tekun Anda mengerjakan tujuan hidup Anda, semakin produktif Anda menjalani rutinitas hidup Anda. Fokus dan konsentrasi yang tinggi menjadikan Anda tidak kehilangan waktu dan peluang untuk mencapai apa yang Anda inginkan.

Anda yang fokus untuk mengerjakan visi hidup Anda dapat mengoptimalkan semua potensi hebat yang tersembunyi di dalam diri Anda. Tingkatkan kesadaran dan manajemen diri untuk mendapatkan potensi-potensi hebat dari dalam diri Anda.

Bangunlah setiap pagi dengan pikiran optimis dan rasa syukur. Yakinkan diri Anda bahwa Anda mampu melakukan sesuatu yang terbaik pada hari ini, dan fokuskan pikiran optimis Anda untuk mengerjakan sesuatu yang terbaik dengan penuh semangat. Setiap hari mulailah kerjakan pekerjaan Anda dengan gairah dan motivasi yang optimis untuk mencapai yang terbaik.

Pikiran yang fokus untuk mengerjakan tujuan dengan rinci dan detail membutuhkan kesabaran dan mental optimis. Dalam proses menuju tujuan, kesalahan dan kekurangan adalah sesuatu yang wajar. Bila kesalahan dan kegagalan terjadi, maka jangan takut dan terjebak dalam perasaan gagal. Hilangkan rasa takut dan kuatkan keberanian untuk mencapai yang terbaik. Fokuskan semua energi dan waktu untuk mencapai yang terbaik, setiap hari kerjakan saja segala sesuatu dengan prestasi dan kinerja yang terbaik.

Pikiran dan perhatian yang fokus pada tujuan hidup haruslah menjadi kebiasaan sehari-hari. Menjadi fokus berarti tidak terpengaruh oleh dunia luar, Anda mampu menciptakan dunia Anda sendiri untuk tidak terganggu dengan apa pun dan siapa pun. Anda mampu mengerjakan segala sesuatu untuk kebutuhan dan keinginan hidup Anda dengan konsentrasi penuh. Menjadi fokus berarti Anda sangat teliti dan tidak melewatkan satu inci pun perhatian Anda di setiap proses perjalanan menuju tujuan. Dan, tidak seorang pun yang mampu mengalihkan perhatian Anda atau mengganggu tujuan hidup Anda.

Fokus membutuhkan kebugaran tubuh dan mental. Bila tubuh tidak bugar, maka hal tersebut akan mengurangi kemampuan untuk berkonsentrasi penuh. Demikian juga, bila mental masih lemah dan mudah tergoncang oleh hal-hal yang tidak diinginkan, maka Anda kehilangan tenaga untuk fokus. Dalam tubuh yang sehat dan bugar, dalam mental yang sehat dan bugar, terdapat kekuatan untuk fokus dengan lebih tajam.

Fokus membutuhkan jiwa yang tenang dan pikiran yang terkendali di dalam energi baik. Fokus dapat menguatkan kualitas perhatian dalam upaya untuk menjaga arah pencapaian. Miliki kesadaran untuk meningkatkan energi positif setiap hari agar hidup Anda penuh semangat dan tidak pernah kelelahan. Semakin tinggi energi positif di dalam mental dan tubuh Anda, semakin tinggi kemampuan Anda untuk fokus menuju tujuan hidup Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

SEBELUM MEMIMPIN ORANG LAIN PIMPINLAH DIRI SENDIRI DENGAN PROFESIONAL

“Kepemimpinan diri sendiri menjadikan Anda mengerti kekuatan dan kelemahan diri sendiri; menjadikan Anda mengerti cara memanfaatkan bakat dan potensi Anda, untuk memimpin orang lain dan perjalanan sukses Anda.”~Djajendra

Setiap orang punya mimpi; setiap orang punya tanggung jawab; setiap orang punya pekerjaan yang harus dikerjakan dengan sebaik mungkin. Untuk mewujudkan mimpi, tanggung jawab, dan pekerjaan membutuhkan kepemimpinan diri sendri yang berkualitas. Kepemimpinan diri sendiri (self leadership) terbentuk dari berbagai kompetensi dalam kesadaran diri, untuk menemukan kualitas diri terbaik sebagai modal dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan di sepanjang hidup. Kepemimpinan diri yang kuat dan tegas menjadikan diri mampu melewati kesulitan, resiko, tantangan, ancaman, serta memanfaatkan peluang dengan baik; dan juga, tidak mudah menyerah, ragu, khawatir, ataupun membiarkan rencana menguap tanpa tindakan.

Kesadaran untuk melatih dan menguatkan kepemimpinan diri sendiri menciptakan mental yang bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan segala sesuatu dengan integritas yang tinggi. Menerima tanggung jawab dan kebiasaan untuk mempertanggung jawabkan segala sesuatu di tempat kerja menjadi dasar dalam membangun budaya kerja yang sehat. Kepemimpinan diri sendiri mengembangkan kompetensi untuk memiliki pekerjaan, dan menjadikan pekerjaan sebagai dasar untuk memberikan pelayanan dan kontribusi yang optimal bagi stakeholders.

Kepemimpinan bersumber dari kualitas pikiran, emosi, akal sehat, empati, toleransi, kecerdasan, dan tindakan untuk dipersembahkan bagi kehidupan orang lain. Kepemimpinan itu bersumber dari dalam diri untuk kebaikan kehidupan orang banyak di luar diri. Kepemimpinan bukan untuk kepentingan diri sendiri, tetapi untuk kepentingan orang banyak. Oleh karena itu, menjadi seorang pemimpin haruslah sadar bahwa dirinya ada untuk kepentingan sosial, bukan untuk kepentingan diri sendiri. Bila pemimpin lupa diri untuk hidup bagi kepentingan sosial, maka kepemimpinannya tidak membawa kebaikan dan manfaat bagi kehidupan orang banyak.

Sebelum memimpin orang lain pimpinlah diri sendiri dengan profesional. Dalam hal ini, Anda harus melatih dan mempersiapkan diri untuk unggul dibidang manajemen diri, kesadaran diri, motivasi diri, kepercayaan diri, keyakinan diri, pikiran pemenang, emosi dan fisik diri yang berdaya tahan di semua situasi.

Manajemen diri adalah kebiasaan Anda untuk mengatur bakat dan potensi diri Anda bersama waktu yang Anda miliki agar Anda bisa memberikan kontribusi dan pelayanan yang optimal bagi kepemimpinan Anda. Dalam hal ini, Anda betul-betul menyiapkan diri Anda dan mengelola segala sesuatu berdasarkan prioritas. Anda fokus pada apa yang harus segera dilakukan, dan tidak berurusan pada hal-hal yang tidak penting bagi kepemimpinan Anda.

Kesadaran diri adalah kebiasaan Anda untuk mengetahui diri sejati Anda, nilai-nilai Anda, niat Anda, tujuan hidup Anda, kekuatan Anda, kelemahan Anda, potensi Anda, dan bakat-bakat Anda. Di mana, semua ini Anda sikap dari integritas diri yang jujur dan penuh tanggung jawab untuk kehidupan terbaik Anda. Intinya, kesadaran diri menjadikan Anda selalu mengetahui realitas diri sendiri saat berhadapan dengan realitas kehidupan. Jadi, apapun situasi dan keadaan hidup, Anda sadar dan tahu cara menyikapinya dengan bijak.

Motivasi diri adalah kebiasaan Anda untuk tetap optimis dan belajar dari kegagalan. Dalam hal ini, apapun realitas yang Anda hadapi, Anda selalu bangkit untuk menang. Anda tidak pernah membiarkan niat dan tujuan Anda gagal oleh sebuah keadaan. Anda selalu mampu membangkitkan semangat, gairah, keyakinan, rasa percaya diri, dan menggerakan segala kemampuan untuk mewujudkan apapun yang sudah Anda rencanakan dengan matang. Intinya, motivasi diri adalah sebuah kompetensi yang wajib Anda miliki di dalam kepemimpinan diri sendiri. Sebab, tanpa motivasi diri; Anda mudah menjadi ragu, takut, khawatir, dan kehilangan arah untuk menuju tujuan.

Kepercayaan diri adalah sebuah kompetensi yang harus selalu ada di dalam diri Anda. Dengan memiliki kepercayaan diri di dalam kepemimpinan diri sendiri, Anda selalu mengetahui cara bertindak dengan kekuatan dan kemampuan terbaik Anda. Dalam hal ini, sikap dan tindakan Anda berdasarkan pengetahuan dan keterampilan yang tepat. Anda juga menjadi lebih percaya diri untuk mengatasi potensi resiko dari tindakan Anda.  

Keyakinan diri adalah sebuah kompetensi yang membuat kepemimpinan diri semakin kuat. Keyakinan diri mengawal liarnya pikiran. Seperti kita ketahui, menjinakan atau mengendalikan pikiran bukanlah persoalan mudah. Dengan memiliki keyakinan yang optimis dan positif, maka apapun realitas yang dihadapi dapat ditemukan solusinya. Dalam hal ini, nilai-nilai positif dapat membentuk keyakinan yang optimis dan berdaya unggul untuk mengatasi semua persoalan. Intinya, ketika keyakinan positif menjadi kekuatan kepemimpinan diri sendiri, maka segala persoalan dapat diterima dan disesuaikan dengan kreatif di dalam solusi yang paling tepat.

Pikiran pemenang adalah sebuah kualitas yang wajib ada di dalam kepemimpinan diri sendiri. Pikiran pemenang menjadikan Anda bermental pemenang, sehingga semua kesulitan dan tantangan dapat dihadapi dengan optimis. Pikiran pemenang menguatkan diri saat diri jatuh di dalam kesulitan besar. Biasanya, pikiran pemenang menjadikan pemimpin mampu menemukan jalan keluar terbaik, untuk mendapatkan kemenangan di dalam semua aspek kehidupan yang diperjuangkan.

Emosi dan fisik diri yang berdaya tahan di semua situasi. Selain mental yang hebat dan tangguh, pemimpin juga wajib menjaga emosi yang cerdas dan fisik yang bugar untuk menghadapi realitas kepemimpinannya. Dalam hal ini, pengendalian emosi di dalam kecerdasan emosi menjadikan pemimpin unggul. Emosi yang cerdas memahami realitas sosial; emosi yang cerdas memahami realitas diri sendiri; emosi yang cerdas memahami realitas dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Biasakan untuk menjaga fisik tubuh agar selalu kuat dan bugar, juga melatih emosi dan pikiran agar selalu terkendali di dalam kekuatan positif.

Membangun kepemimpinan diri sendiri haruslah di dasarkan dari inisiatif dan niat diri sendiri. Anda tidak bisa berharap kepada orang lain untuk membangun kepemimpinan diri sendiri. Sebab, hanya Anda sendirilah yang tahu dan mengerti tentang diri Anda. Jadi, miliki motivasi dan kemauan untuk melatih dan membiasakan diri sendiri dengan berbagai kompetensi dan kualitas untuk kepemimpinan diri Anda. Cobalah untuk selalu memimpin diri sendiri di semua aspek kehidupan Anda. Buktikan kepada diri sendiri bahwa Anda mampu memimpin diri Anda untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan rasa syukur, rasa menang, dan rasa nikmat.

Setelah Anda sukses memimpin diri sendiri, Anda pasti semakin mengerti tentang siapa Anda sebenarnya, dan perilaku apa yang harus Anda miliki untuk menjalani kehidupan Anda. Jadi, setelah Anda mengenal diri sendiri dan memahami perilaku apa yang Anda butuhkan untuk perjalanan hidup Anda, maka Anda pun dengan mudah dapat mencapai tujuan hidup Anda.

Kepemimpinan diri sendiri tidak hanya dibutuhkan untuk memimpin orang lain, tetapi juga untuk memimpin diri sendiri agar diri Anda selalu bahagia hidupnya. Dalam hal ini, Anda bisa memimpin diri sendiri untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda; Anda bisa memimpin diri sendiri untuk menjaga pola makan Anda; Anda bisa memimpin diri sendiri untuk menjaga pola pikir Anda; Anda dapat memimpin diri sendiri untuk menjaga pola kerja Anda; Anda dapat memimpin diri sendiri untuk menjaga kedamaian dan keharmonisan hidup di semua aspek kehidupan Anda.

Setiap orang adalah pemimpin, dan semua itu dimulai dari kepemimpinan diri sendiri. Ketika Anda sudah terbiasa memimpin diri sendiri dengan cara-cara profesional, maka Anda dapat mengatur hidup Anda dengan berkualitas, Anda dapat mengatur hidup Anda dengan strategi dan taktik yang tepat.

Kepemimpinan diri membangun kemandiran diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, semua perilaku Anda terarah dan fokus pada tujuan, bukan sekedar aksi dan reaksi. Setiap tindakan Anda melalui ukuran yang tepat dan memiliki dampak yang positif terhadap tujuan Anda. Kepemimpinan diri yang unggul adalah kekuatan untuk mencapai kesuksesan yang lebih dari sebelumnya.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com