PERUBAHAN BUKAN UNTUK DITAKUTI, TAPI UNTUK DILALUI DENGAN BERANI DAN PERCAYA DIRI

“Semuanya pasti berlalu, tidak ada yang bertahan dalam wujud yang sama, semuanya pasti berubah.”~Djajendra

Ketika Anda marah pada perubahan, maka kekuatan perubahan akan mengucilkan hidup Anda. Perubahan itu abadi dan pasti sedangkan manusia itu tidak abadi dan selalu berganti generasi. Tidak ada seorang pun yang bisa menang melawan perubahan. Perubahan itulah kemenangan. Perubahan itulah kebenaran sejati. Perubahan itulah sesuatu yang pasti dan nyata.

Apa pun yang Anda miliki atau rasakan saat ini akan berlalu. Tidak ada yang tidak akan berlalu dalam hidup ini, semuanya pasti berlalu, semuanya pasti tergantikan dengan yang baru. Perilaku bertahan dalam zona nyaman adalah perilaku yang hanya menjadikan Anda tidak tumbuh lagi. Zona nyaman adalah nyona pembonsaian, atau zona yang menjadikan Anda tumbuh kerdil di ruang kehidupan yang sangat sempit. Artinya, Anda yang hidup di zona nyaman sama seperti tanaman bonsai di pot kecil, kelihatan indah tapi dia dikerdilkan dan tumbuh secara terbatas.

Perubahan membutuhkan kebebasan dari rasa takut. Perubahan membutuhkan perilaku yang tekun, rajin, disiplin, ulet, belajar, dan memiliki kekuatan kemauan untuk berubah. Perubahan membutuhkan ketegaran hati, kesabaran tinggi, penguasaan diri sendiri, mental tidak pernah menyerah atau berhenti, serta kemauan yang sangat kuat untuk berproses di dalam perubahan.

Perubahan dimulai dari sebuah visi besar dan gambar yang utuh tentang apa yang mau dicapai. Kemudian, proses perubahan itu dimulai dari langkah-langkah kecil, setahap demi setahap, seinci demi seinci. Seperti sebuah peribahasa Cina yang mengatakan: “Orang yang memindahkan gunung itu memulainya dengan memindahkan batu-batu kecil.” Jadi, perubahan itu tidak boleh membuat Anda gentar dan takut dengan apa yang mau dicapai. Sebesar apa pun raksasa yang harus dicapai, jangan gentar, tingkatkan optimisme dan kepercayaan diri Anda, lalu dengan berani dan rendah hati hadapi semua hambatan di depan dengan solusi yang tepat. Mulailah dari yang terkecil dan termudah, sederhanakan semua hal sehingga Anda dapat melihatnya dengan jelas untuk dituntaskan secara sempurna.

Perubahan pasti mendapatkan ancaman dari para pemberontak, dari orang-orang yang tidak memiliki keberanian untuk menghadapi resiko di depan. Di sinilah dibutuhkan peran dari kepemimpinan yang kuat dan penuh optimisme. Seorang pemimpin perubahan selalu sadar bahwa setiap saat para pemberontak dapat melakukan sabotase terhadap perubahan yang sedang dilakukan. Oleh karena itu, kepemimpinan yang kuat tidak pernah gentar menghadapi situasi yang tidak mendukungnya. Pemimpin yang kuat dan cerdas selalu bergerak terus dan tidak pernah membiarkan para pemberontak untuk menghentikan perubahan yang sedang dilakukan. Pemimpin perubahan terbaik hanya fokus dan bertekad untuk mengejar tujuan perubahan setiap hari. Dia tidak akan memberikan energinya untuk para pemberontak. Dia secara perlahan-lahan akan melemahkan kekuatan para pemberontak dan membuang keluar mereka dari organisasi yang sedang berubah.

Perubahan membutuhkan kebenaran. Saat perubahan berlangsung semua orang harus menghormati akal sehat, tetapi juga mendukung inovasi dan kreativitas yang kadang tidak masuk logika. Jangan sampai akal sehat membatasi kreativitas. Jadi, biarkan orang-orang mengatakan pendapatnya dengan percaya diri, yang penting fungsi koordinasi dari kepemimpinan dijalankan dengan tegas dan pasti.

Perubahan membutuhkan jiwa besar yang telah memiliki mental untuk tidak takut, serta selalu memiliki kemauan untuk mengatasi rasa takut dengan segala cara. Perubahan pasti menghadapi permusuhan dari kaum anti perubahan. Selalu saja perubahan harus menghadapi antagonisme dan kebencian dari orang-orang yang takut kehilangan sesuatu akibat perubahan. Jelas, sebuah kepemimpinan yang tidak kuat pasti akan dihabisi oleh musuh-musuh perubahan. Oleh karena itu, kepemimpinan perubahan tidaklah boleh terprovokasi kemurkaan orang-orang anti perubahan. Kepemimpinan perubahan harus selalu tenang, santai, memperkuat diri dengan diam, dan percaya bahwa Tuhan selalu membantu dirinya untuk berdiri dengan kebenaran dari perubahan yang dilakukan dengan sepenuh hati.

Perubahan bukan untuk ditakuti, tapi untuk dilalui dengan berani dan percaya diri. Jangan membiarkan pikiran menjadi sumber pencipta rasa takut. Ketika di dalam diri sudah ada kekuatan keberanian yang luar biasa, maka semua kekuatan yang menakutkan dari luar diri akan kabur dan tidak berani mengganggu Anda. Tegaskan tekad Anda untuk melakukan perubahan, mulailah menjadikan program perubahan sebagai bagian dari cara hidup yang baru. Ubahlah pikiran dan perasaan Anda untuk menyukai perubahan. Kuatkan batin dan positifkan suara hati untuk memenangkan perubahan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MENGHILANGKAN KEBIASAAN BURUK DAN MEMBENTUK KEBIASAAN BAIK

“Kesadaran untuk mengubah rutinitas lama dengan rutinitas baru adalah cara untuk membentuk kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk.”~Djajendra

Kebiasaan buruk membuat Anda terikat pada roda kehidupan yang tidak sehat. Kebiasaan buruk menjadikan Anda menarik kekuatan tidak baik dari alam semesta. Kebiasaan buruk menjadikan hidup Anda sulit untuk mendapatkan kebahagiaan dan kedamaian. Kebiasaan buruk membuat Anda mengirimkan energi negatif ke alam semesta, dan energi negatif tersebut akan berakumulasi dengan energi negatif dari semua kebiasaan-kebiasaan buruk orang lain untuk menciptakan kehidupan yang tidak damai. Bila Anda ingin hidup Anda itu indah, damai, bahagia, sukses, dan penuh kenikmatan; maka, mulailah membentuk kebiasaan baik, dan segera tinggalkan semua kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk adalah racun bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain.

Kebiasaan artinya perilaku yang berulang secara otomatis dari kendali alam bawah sadar. Sesuatu yang tertanam dalam alam bahwa sadar dan dilakukan secara terus-menerus setiap hari menciptakan kebiasaan. Jadi, kebiasaan adalah tindakan mental otomatis untuk menciptakan perilaku sesuai situasi yang dihadapi. Intinya, sumber kebiasaan itu berasal dari kenyataan mental otomatis kita. Oleh karena itu, kalau ingin merubah kebiasaan, maka  perubahan itu harus dimulai dari sumbernya, yaitu: mental. Kebiasaan baru yang baik dan berguna bagi hidup kita hanya dapat terwujud bila proses perubahannya dimulai dari mental.

Sering sekali, orang-orang gagal merubah kebiasaan buruknya hanya karena mentalnya tidak dirubah. Misalnya, seseorang ingin hidup sehat dengan berat badan yang ideal, biasanya mereka hanya fokus dalam jangka pendek untuk menjaga pola makan dan berolahraga. Setelah berat badan ideal tercapai, mereka kembali pada kebiasaan lamanya. Jadi, sejak awal, hanya program penurunan berat badan yang dijalankan dengan kerja keras dan penuh perjuangan, tetapi program perubahan kebiasaan di dalam mental melalui kesadaran dan kecerdasan tidak pernah dilakukan. Komitmen atau niat untuk hidup sehat dengan berat badan ideal haruslah dimulai dari mental yang fokus untuk menciptakan kebiasaan baru yang sehat dan baik, bukan sekedar menjalankan sebuah program tanpa perubahan mendasar dan permanen di wilayah mental.

Membentuk kebiasaan baik adalah kerja di wilayah mental melalui kekuatan kesadaran yang tinggi. Jadi, semua proses pembentukan kebiasaan baik di lakukan dari langkah yang penuh kesadaran untuk membuat hidup Anda lebih baik. Membentuk kebiasaan baru yang baik berarti Anda sadar untuk bekerja keras di wilayah zona tidak nyaman. Jelas, namanya saja zona tidak nyaman, ya pasti segala sesuatu menjadi tidak enak dan tidak mudah pada awalnya. Tetapi, dengan fokus dan perhatian penuh pada momen ini untuk menciptakan kebiasaan baik, maka Anda bisa memberikan totalitas diri Anda untuk membentuk kebiasaan baru. Pastinya semua proses pembentukan penuh tantangan dan tidak mudah. Oleh karena itu, Anda harus sadar setiap hari untuk mengamati pemikiran, perasaan, tekad, motivasi, reaksi, semangat, kebijaksanaan, disiplin, dan tanggung jawab Anda terhadap kebiasaan baik yang Anda inginkan tersebut. Totalitas diri Anda harus selalu memberikan respon optimis dari keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi, untuk tetap berada dalam fokus pembentukan kebiasaan baru yang baik.  

Awali proses pembentukan kebiasaan baik dengan membangun fondasi mental yang kuat dari kesadaran tertinggi Anda. Yakinkan diri sendiri bahwa Anda sangat membutuhkan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut, untuk menciptakan kehidupan Anda yang hebat dan sehat. Ketika Anda tergelincir kembali ke dalam kebiasaan buruk, jangan menyerah, bangkitkan kembali diri Anda dan tingkatkan keyakinan untuk kembali membiasakan hidup dengan kebiasaan-kebiasaan baik. Setiap godaan yang mencoba menjatuhkan Anda ke dalam kebiasaan buruk, sikapi dengan tenang dan santai sambil memperkuat kebiasaan baik Anda. Jangan merespon kebutuhan dan keinginan secara emosional, tetapi berikan respon dari kesadaran dan kebijaksanaan hidup Anda.

Pikiran itu sangat cerdas dan kadang maunya menang sendiri. Pikiran kalau terlalu kuat, jiwa dan tubuh pun dijajahnya. Oleh karena itu, dalam program membentuk kebiasaan baru yang baik, Anda harus betul-betul mengawasi arah pikiran. Pastikan pikiran sudah dikendalikan dalam kesadaran Anda. Pastikan pikiran mendukung Anda untuk membangun kebiasan baru, serta diperlihatkan melalui perilaku baru yang hebat dan sehat. Miliki tekad dan antusiasme untuk mengubah rutinitas lama dengan rutinitas baru yang sesuai dengan kebiasaan baru Anda. Jadi, kebiasaan baru terbentuk melalui rutinitas baru yang dijalankan dengan disiplin tinggi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PERUBAHAN DIMULAI DARI DALAM DIRI ANDA

“Perubahan dimulai dari dalam diri Anda. Jadi, kalau perusahaan Anda sedang melakukan manajemen perubahan, maka itu artinya Anda diminta berubah dari dalam diri Anda.”~Djajendra

Perubahan itu harus dan pasti, tetapi kebanyakan orang tidak menyukai perubahan.  Ketika manajemen perubahan dimulai di perusahaan, selalu muncul orang-orang yang kecewa karena merasa rutinitas dan kebiasaannya terganggu. Sekecil apapun perubahan itu, selalu saja menciptakan orang-orang yang menentang dan yang tidak menyetujuinya. Penolakan terhadap perubahan dengan berbagai alasan menjadi bagian yang menantang bagi perubahan itu sendiri. Bila para agen perubahan tetap gigih dan tak pernah berhenti untuk mengasuh orang-orang agar mau menerima perubahan, maka perubahan itupun akan tumbuh dan menciptakan pembaruan di tempat kerja.

Kita semua tahu bahwa untuk bertahan atau meningkatkan hidup, maka satu-satunya jalan adalah dengan perubahan. Untuk melipatgandakan bisnis hanya bisa melalui perubahan. Malas perubahan berarti kemunduran dan kehilangan peluang. Perubahan identik dengan orang-orang yang berani mengambil resiko. Orang-orang yang takut mengambil resiko selalu bersikap skeptis dan resisten terhadap perubahan. Jadi, semua orang di tempat kerja harus merasa memiliki perubahan dan mau menjadi agen perubahan yang sepenuh hati bekerja untuk kesuksesan perubahan tersebut. Selanjutnya, jika Anda ingin karir Anda hebat dan terus-menerus naik, maka satu-satunya jalan yaitu melalui perubahan. Sebagai seorang profesional, Anda tidak boleh takut dengan perubahan. Anda tidak perlu melawan atau bereaksi negatif terhadap perubahan di tempat kerja Anda. Karena perubahan itu untuk kebaikan hidup Anda, maka bergembiralah dan sambutlah perubahan itu dengan penuh semangat. Jadilah bagian dari perubahan dan tunjukkan perilaku yang mengalir di dalam perubahan.

Perubahan membutuhkan pengorbanan. Sering sekali, dalam proses perubahan, karyawan yang tidak sesuai dengan arah perubahan akan menjadi korban dari perubahan tersebut. Karyawan yang menjadi korban pasti menjadi energi negatif yang selalu berkeluh-kesah atas ketidakberdayaannya. Pasti ada penderitaan dan kekhawatiran yang berlebihan dalam proses perubahan. Oleh karena itu, para agen perubahan harus bisa melokalisir semua keluh-kesah dalam batas yang sekecil mungkin. Tidak boleh membiarkan keprihatinan dari para korban mengganggu proses perubahan tersebut. Solusi terbaik harus diberikan kepada para korban perubahan. Pelatihan dan persiapan pensiun dini harus diberikan kepada karyawan yang tidak terpakai lagi dalam tim hasil perubahan. Intinya, proses perubahan haruslah memperhatikan sisi kemanusiaan dari orang-orang yang tidak lagi diinginkan ataupun dianggap tidak akan mampu mengisi perubahan.

Perubahan hanya sukses bila dimulai dengan manajemen diri terbaik. Walaupun perusahaan yang berinisiatif untuk melakukan perubahan, tetapi inisiatif itu haruslah ditanggapi oleh karyawan melalui kesadaran diri tertinggi dan manajemen diri terbaik. Sebab, yang dirubah itu adalah orang-orangnya, individu-individunya yang dirubah. Para individu atau karyawan yang dirubah ini harus mengubahnya dari dalam diri masing-masing. Jadi, tidak mungkin atau tidak mudah untuk mengubah orang lain, yang mungkin dan mudah itu hanya kalau dimulai dari merubah diri sendiri. Oleh karena itu, ketika manajemen perubahan diterapkan dalam perusahaan Anda, maka mulailah mengubah pikiran Anda untuk menerima perubahan tersebut. Kalau pikiran dan suara hati Anda begitu antusias dengan perubahan tersebut, maka Anda mampu menjadi agen perubahan yang berkontribusi secara hebat di dalam proses perubahan tersebut.

Dalam perubahan, Anda adalah instrumen perubahan tersebut. Secara pribadi, Anda harus berubah dalam semua dimensi pribadi Anda. Anda harus berubah secara fisik yang lebih berenergi positif, emosional yang lebih terkendali dan terfokus membantu perubahan, mental pemenang yang tak pernah berhenti sebelum perubahan itu sukses, dan suara hati yang terhubung dengan kekuatan spiritual untuk mendapatkan hikmat dan kebijaksanaan dalam proses perubahan. Intinya, sebagai agen perubahan, Anda harus lengkap dari dalam diri sebelum berinteraksi dengan luar diri Anda. Jadilah pemicu atau penyebab suksesnya perubahan tersebut. Kuasai pengetahuan untuk hal-hal yang harus diubah; pengetahuan untuk cara mengubahnya; dan kesiapan perilaku Anda untuk perubahan tersebut.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

TIDAK ADA KEMENANGAN MELAWAN PERUBAHAN

“Kita semua hidup dalam dunia yang terbatas dengan pikiran yang tidak terbatas.”~Djajendra

Perubahan adalah sesuatu yang pasti. Setiap perlawanan terhadap perubahan menghasilkan kemunduran. Perubahan adalah cara Tuhan menjadikan kehidupan Anda lebih baik.

Setiap orang harus berani dan harus mampu untuk membuat perubahan di dalam kehidupannya. Lakukan perubahan untuk menambahkan kebaikan dan kesejahteraan di dalam kehidupan diri sendiri.

Perubahan membutuhkan wawasan yang lebih luas agar mampu melihat dunia dengan pandangan yang lebih lebar; agar mampu berpikir dengan lebih kreatif; dan agar tidak terhenti dalam pandangan sempit.

Kita semua hidup dalam dunia yang terbatas dengan pikiran yang tidak terbatas. Pikiran yang tidak terbatas inilah yang menciptakan inovasi dan kreativitas untuk menghasilkan kehidupan yang tak terbatas. Kehidupan yang tak terbatas ini bila diisi dengan karya yang produktif, maka kesejahteraan hidup dapat tercipta bagi siapapun.

Perubahan adalah perlawanan terhadap zona nyaman kehidupan. Dalam hal ini, diperlukan pengorbanan untuk meninggalkan zona nyaman, dan keberanian untuk hidup di luar zona nyaman. Jelas, hal ini bukan persoalan mudah dan sederhana. Diperlukan pembentukan kebiasaan-kebiasaan baru untuk beradaptasi dalam kehidupan di luar zona nyaman.

Perlawanan terhadap zona nyaman bukan berarti memerangi atau memusuhi zona nyaman. Tetapi, membangun disiplin dan daya tahan diri untuk berkarya secara lebih produktif di wilayah luar zona nyaman. Artinya, fokus dan perhatian diberikan seratus persen untuk kehidupan di luar zona nyaman.

Perubahan harus diikuti kemampuan untuk pengembangan diri. Anda membutuhkan kualitas diri yang baru untuk bisa beradaptasi dengan kehidupan di dalam perubahan. Pastinya Anda belum mengetahui seperti apa realitas kehidupan di luar zona nyaman Anda. Oleh karena itu, Anda harus siap mental dan fisik untuk melakukan proses pengembangan diri agar dapat memiliki sikap, sifat, pola pikir, karakter, perilaku, dan kebiasaan untuk kehidupan di luar zona nyaman Anda.

Perubahan tidak datang dengan mudah, diperlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa. Sangat banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Sangat banyak ketidakpastian yang harus ditaklukkan. Perubahan tidak suka ditahan atau dikendalikan, perubahan lebih suka mengalir dalam disiplin untuk perilaku yang sangat produktif. Perubahan selalu menciptakan realitas kehidupan searah peradaban baru, dan tidak seorang pun yang bisa menang melawan perubahan. 

Perubahan memerlukan kerja keras, dan diperlukan mental yang mau bekerja tanpa menyerah. Mental yang siap membayar apapun agar perubahan itu terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, tidak semua orang mampu bekerja untuk perubahan, sebab bekerja dalam perubahan bukanlah persoalan mudah. Hanya orang-orang pilihan bermental hebat yang mampu memimpin perubahan, bukan semua orang ditakdirkan untuk memimpin perubahan. Intinya, jika perubahan itu mudah, maka semua orang pasti bisa melakukannya dengan mudah. Faktanya, tidak semua orang mampu melakukan perubahan. Itu artinya, perubahan bukanlah sesuatu yang mudah dan sederhana.

Perubahan pasti menghadirkan ketidakpastian, dan ketidakpastian tersebut tidak boleh ditakuti atau dihindari. Harus ada keberanian dan mental pemenang untuk merangkul dan hidup bersama ketidakpastian. Bila ketidakpastian ditakuti dan dihindari, maka perubahan tidak akan pernah terjadi, dan kemunduranlah akan terus-menerus menjadikan kehidupan Anda terkebelakang.

Tidak seorang pun bisa menang melawan perubahan. Orang-orang yang menghindari perubahan menjadikan dirinya dan hidupnya tidak tumbuh. Hanya perubahan yang membuat kemajuan, tanpa perubahan tidak ada kemajuan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MELAKUKAN PERUBAHAN TERHADAP ORANG-ORANG YANG SULIT BERUBAH

“Perubahan harus memiliki akar yang kuat agar tumbuh dan berwujud sesuai visi.”~Djajendra

Pemimpin yang baik selalu berkeinginan untuk membawa perubahan positif. Sayangnya, tidak semua orang bisa menerima ide perubahan. Perubahan selalu dilawan dan disikapi secara apatis. Tidak sedikit orang yang langsung melawan dan bermusuhan dengan ide perubahan. Perubahan sangat diperlukan untuk menjadi lebih baik, tetapi tidak semua orang merasa mendapatkan keuntungan dari perubahan.

Perubahan membutuhkan visi dan empati. Ketika visi dan empati tidak dimiliki oleh semua komponen organisasi, perubahan akan gagal. Apalagi, bila ada pihak-pihak yang sengaja memprovokasi perubahan, maka menjadi sulit untuk mengkomunikasikan dan mensosialisasikan perubahan.

Kegagalan untuk berkomunikasi terhadap perubahan haruslah dihadapi dengan tegas. Harus dibangun kesadaran dan menegakkan aturan agar semua orang patuh pada perubahan. Diperlukan pemimpin yang berani untuk menghadapi orang-orang yang paling resisten terhadap perubahan. Pemimpin perubahan tidak boleh ragu atau lemah. Pemimpin perubahan harus didukung dan dibantu oleh semua agen perubahan. Semua pikiran dan perilaku penghambat perubahan harus disadarkan dan diarahkan ke jalan perubahan.

Ketika ide dan konsep perubahan disampaikan, biasanya muncul orang-orang dengan pandangan yang berbeda untuk menyalahkan perubahan. Perubahan bukan persoalan mudah. Tidak semua pemimpin memiliki keberanian untuk melakukan perubahan. Sangat sedikit jumlah pemimpin hebat yang berani mengambil resiko untuk melakukan perubahan. Walau pemimpin sudah sangat tegas dan berani, saat dia berhadapan dengan kelompok anti perubahan yang kuat, dia pun bisa tak berdaya dan kalah melawan kekuatan anti perubahan.

Perubahan akan sukses bila semua pemangku kepentingan memiliki visi dan strategi yang sama. Pemangku kepentingan harus bersatu dan memiliki empati untuk perubahan yang diinginkan. Tidak boleh ada pandangan yang berbeda diantara pemangku kepentingan. Semuanya harus berada dalam semangat, antusias, disiplin, keyakinan, dan kontribusi nyata untuk perubahan. Bila pemangku kepentingan jengkel, apati, dan tidak memiliki empati terhadap perubahan; maka, perubahan tidak pernah terwujud. Akhirnya, kehidupan lama menjadikan semua orang semakin mundur, dan tidak akan pernah menikmati kehidupan baru yang lebih baik.

Dalam proses perubahan pasti ada orang-orang yang mengambil arah yang berbeda atau yang tidak percaya pada perubahan. Di sinilah diperlukan kepemimpinan yang kuat dan berani. Kepemimpinan yang kuat tidak terlalu lama membiarkan orang-orang panik, frustasi, bingung, dan terpengaruh oleh kelompok anti perubahan. Pemimpin yang berani memiliki banyak strategi untuk memperbaiki situasi dan mendorong semua orang untuk masuk ke wilayah perubahan.

Kelompok anti perubahan tidak pernah kehilangan akal untuk mencari berbagai alasan atau pembenaran terhadap argumentasi mereka. Mereka ada untuk menghambat perubahan. Oleh karena itu, pemimpin perubahan harus didukung secara nyata oleh kekuatan perubahan. Proses perubahan harus dikawal dan dibantu dengan sepenuh hati. Perubahan harus memiliki akar yang kuat agar tumbuh dan berwujud sesuai harapan.

Harus ada strategi untuk menumbuhkan empati terhadap perubahan. Tidak boleh dibiarkan perubahan dalam wujud abstrak. Setiap orang harus diperlihatkan gambaran dari hasil perubahan yang diinginkan.

Kadang-kadang, perubahan seperti pekerjaan memindahkan gunung. Walau berat, perubahan dapat dilakukan dengan baik. Harus ditemukan cara agar semua orang bersepakat untuk perubahan. Kelompok anti perubahan dibuat menjadi tidak kuat. Strategi yang tepat dijalankan untuk melemahkan kelompok anti perubahan. Perubahan ke arah yang lebih baik merupakan kerja keras dan perjuangan tanpa henti.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

KETIKA KETERAMPILAN KARYAWAN ANDA SUDAH USANG

MOTIVASI BISNIS 27042016

“Bermodal keterampilan lama tidaklah cukup untuk bertahan dalam kompetisi bisnis yang semakin tinggi, keterampilan karyawan harus ikut berkembang selaras dengan ide-ide baru.”~Djajendra 

Setiap pekerjaan bergerak dalam perubahan. Sebuah keterampilan pada masa lalu akan menjadi usang pada hari ini. Sebuah pola kerja pada masa lalu bisa saja menjadi tidak berharga pada hari ini. Perubahan bergerak dengan lebih cepat dibanding sebelumnya. Zaman informasi dan teknologi telah mempercepat perubahan dan membuat keterampilan lebih cepat usang.

Beberapa waktu yang lalu, seorang pimpinan pabrik mengeluh. Dia baru saja mengganti mesin produksinya untuk meningkatkan kualitas produk. Karena mesin yang baru dibeli ini teknologinya baru, tentu saja karyawan belum mengerti cara mengoperasionalkannya. Lalu, dia melakukan pelatihan bagi para karyawan agar bisa mengoperasionalkan mesin baru tersebut. Hasilnya, tidak semua karyawan memiliki pola pikir untuk berubah, kebanyakan karyawan mengeluh tentang mesin baru tersebut. Padahal mesin baru dibeli untuk meningkatkan kualitas produk.

“Keterampilan mesin lama sudah usang dan tidak diperlukan lagi oleh bagian produksi.” Kata pimpinan pabrik tersebut. Ya, ide-ide baru terus-menerus muncul untuk menggantikan ide-ide lama. Tuntutan pasar terhadap produk berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing adalah realitas yang sulit dicegah. Bermodal keterampilan lama tidaklah cukup untuk bertahan dalam kompetisi bisnis yang semakin tinggi, keterampilan karyawan harus ikut berkembang selaras dengan ide-ide baru. 

Dunia bisnis mulai menyadari bahwa modal paling berharga dari seorang pekerja adalah pola pikirnya. Pola pikir yang mudah beradaptasi dengan perubahan dan kemajuan adalah penting. Jelas, dalam realitas dunia kerja, pola pikir atau mind set karyawan merupakan sebuah tantangan yang tidak mudah solusinya. Kebanyakan pekerja terbentuk dari mind set yang sulit tumbuh, mind set yang terbentuk untuk bekerja di zona nyaman. Sedangkan dunia kerja adalah dunia kreatif dan produktif, di sini diperlukan mind set yang bisa tumbuh dan beradaptasi di luar zona nyaman.

Dunia kerja adalah tempat yang membutuhkan keterampilan dan kualitas untuk melayani kedinamisan organisasi, bisnis, dan orang. Dunia kerja membutuhkan sifat-sifat unggul dan kreatif dalam mencapai visinya. Bisnis yang sukses dihasilkan dari kebiasaan-kebiasaan produktif dan perilaku yang mudah beradaptasi dengan perubahan.

Karyawan yang bergerak dengan pola pikir untuk menang, serta pola pikir yang mudah beradaptasi dengan teknologi dan keterampilan baru, adalah aset yang mampu melayani kedinamisan organisasi, bisnis, dan orang secara konsisten. Karyawan dengan pola pikir yang mudah beradaptasi dengan perubahan adalah aset yang paling berharga. Karyawan dengan keterampilan dan kecerdasan hebat, tetapi tidak memiliki pola pikir yang beradaptasi dengan perubahan, adalah beban yang merugikan bisnis.

Tidak ada seorang pun yang tahu tentang jenis dan kualitas keterampilan yang paling dibutuhkan di masa depan. Tetapi, dengan pelatihan yang terus menerus tentang mind set, perilaku, sikap, dan soft skill lainnya, diharapkan terbentuk kepribadian karyawan untuk siap bekerja di luar zona nyaman dan selalu mudah beradaptasi dengan perubahan.

Ketika keterampilan karyawan Anda sudah usang, Anda harus membangun semangat perubahan. Anda harus bisa mengatakan bahwa perubahan tidak bisa ditunda. Anda harus meminta komitmen, kemampuan untuk beradaptasi, akuntabilitas, dan fleksibilitas untuk menjawab perubahan. Ini adalah tentang keterbukaan terhadap ide-ide baru dan pengalaman baru, serta kemampuan untuk melayani cara baru dengan sebaik mungkin.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PERUBAHAN MENGELUARKAN ANDA DARI JEBAKAN HIDUP

MOTIVASI 20042016

“Bila Anda bertahan dan takut dengan perubahan, maka Anda sedang berbohong kepada kehidupan.”~Djajendra

Semua pikiran yang membuat Anda tidak berkembang dan mengalami kemunduran dalam hidup adalah salah. Anda harus mau merubah pikiran yang membuat Anda tidak tumbuh dan berkembang. Anda harus mau merubah pikiran yang membuat hidup Anda tidak bahagia. Anda harus mau merubah pikiran yang membuat Anda tidak sejahtera. Anda harus mau merubah pikiran yang membuat Anda tidak bugar dan sehat. Pikiran Anda adalah kunci untuk perubahan.

Anda tidak boleh tinggal di mana pikiran negatif berada dengan sangat kuat, Anda harus menguatkan pikiran positif agar bisa terus bergerak maju menuju kemenangan hidup.

Hidup bukan untuk terjebak dalam penderitaan dan kekurangan. Anda harus sadar bahwa pikiran dan keyakinan yang positif akan mengantar Anda menuju kemajuan. Pikiran positif dan keyakinan positif adalah penolong yang bisa mengeluarkan Anda dari jebakan kekurangan, dan mengantar Anda menuju perubahan ke arah yang lebih berkelimpahan.

Ketika Anda terjebak dan sulit meninggalkan semua realitas yang membuat Anda menderita, adalah tanda bahwa Anda harus segera berubah. Perubahan memerlukan perjalanan panjang dengan melihat ke dalam diri sendiri secara jujur, lalu dengan berani melakukan hal-hal yang tepat untuk menuju visi hidup Anda. Dalam hal ini, Anda tidak boleh takut atau ragu, Anda harus berani berubah dengan menghadapi segala rintangan, dan bergerak optimis menuju ke jalan yang sesuai visi hidup Anda.

Perubahan adalah kebenaran. Bila Anda bertahan dan takut dengan perubahan, maka Anda sedang berbohong kepada kehidupan.

Dengarkan sesuatu yang baru dengan kreativitas Anda. Fokuskan perhatian untuk mengeluarkan diri Anda dari zona kenyamanan. Berpegang teguh pada keyakinan bahwa hidup terbaik ada di wilayah zona tidak nyaman.

Keraguan dan ketakutan tidak bisa mengantar Anda menuju pintu perubahan. Anda harus memiliki keberanian, keyakinan, dan optimisme yang tinggi agar pintu perubahan terbuka bagi perjalanan hidup Anda yang lebih baik.

Hidup selalu menawarkan dua pilihan, yaitu: perubahan atau tetap sama dan tidak berubah. Perubahan adalah kebenaran sejati. Bila Anda tidak berubah, Anda hidup dalam kebohongan. Bila Anda tidak berubah, Anda sedang terjebak dalam zona nyaman Anda.

Seburuk apapun situasi hidup Anda, beranikan diri untuk berubah. Yakinkan diri Anda bahwa perubahan adalah jalan hidup yang benar. Optimiskan pikiran Anda untuk bertindak di wilayah perubahan.

Perubahan bisa membawa Anda untuk melompat dari setiap kesulitan hidup, dan mengubah kesulitan menjadi kemudahan. Bila Anda diam di dalam jebakan, Anda akan menjalani kehidupan yang tidak bahagia.

Pikiran positif adalah akar perubahan. Pikiran positif sebagai akar perubahan akan mengatur pertumbuhan hidup. Secara perlahan-lahan Anda akan tumbuh dan menjadi kuat untuk menghasilkan kinerja dan prestasi terbaik.

Perubahan adalah rahasia agar realitas hidup tidak membungkam potensi Anda. Anda harus berani menantang realitas hidup yang tidak sesuai impian Anda. Anda harus memfungsikan semua kekuatan Anda untuk bergerak menuju perubahan. Anda harus memiliki upaya dan perjuangan untuk mengatasi kecemasan dan ketakutan di sepanjang jalan menuju perubahan.

Jangan biarkan realitas dan pikiran pesimis membuat hidup Anda sulit keluar menuju perubahan. Yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa melakukan hal-hal hebat untuk perubahan Anda. Semua pikiran yang memisahkan Anda dari perubahan adalah musuh yang harus Anda lawan dengan berani.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com