LAKUKAN EKSEKUSI TUJUAN ANDA DENGAN PERCAYA DIRI

“Visi jarang berubah, tujuan akhir jarang berubah, tetapi strategi eksekusi untuk mencapai tujuan boleh berubah sesuai situasi dan kondisi yang Anda hadapi.”~Djajendra

Ketika Anda memiliki tujuan, Anda harus bertindak untuk mewujudkan tujuan tersebut. Tujuan tanpa tindakan adalah lamunan, tindakan tanpa tujuan adalah kekacauan. Sebuah perencanaan haruslah diikuti dengan eksekusi yang terencana dalam SOP yang baik. Tidak boleh asal eksekusi. Eksekusi yang profesional haruslah dilakukan oleh orang-orang dengan kompetensi dan kepribadian yang sesuai dari tujuan eksekusi tersebut. Eksekusi yang baik haruslah taat kode etik dan aturan yang disepakati. Eksekusi tanpa aturan, tanpa etika, tanpa SOP, hanya akan menciptakan kekacauan.

Sehebat apapun sebuah perencanaan, bila tidak dieksekusi dengan profesional, maka tidak akan mendapatkan hasil apapun. Hasil hanya didapatkan melalui eksekusi. Wacana, rencana, dan pemikiran yang tidak pernah dikerjakan di wilayah eksekusi, hanya akan menjadi mimpi yang tidak pernah terwujud. Diperlukan keberanian untuk bertindak dan mengeksekusi. Jangan biarkan rencana hanya berputar-putar di dalam pikiran, karena tidak akan menghasilkan yang Anda inginkan. Rencana harus dilakukan dalam tindakan eksekusi yang profesional.

Eksekusi muncul ketika Anda bersedia mengambil resiko atas apa-apa yang Anda lakukan. Miliki etos, doa, intuisi, energi, dan waktu untuk membuat rencana Anda sempurna di wilayah eksekusi. Bertindaklah dengan percaya diri dan keyakinan penuh. Layani eksekusi dengan sepenuh hati dan berikan perhatian penuh. Setiap jam, setiap hari, fokuskan perhatian pada semua rincian atas eksekusi tersebut. Jangan mengabaikan hal-hal kecil, karena hal-hal kecil bisa membuat eksekusi Anda terlambat atau tidak sesuai jadwal.

Keberhasilan hanya ada di dalam tindakan, bukan di dalam rencana ataupun keinginan. Untuk mencapai tujuan besar, Anda harus menetapkan sasaran-sasaran kecil sebagai jembatan untuk mencapai tujuan besar. Jadi, tetapkan tujuan besar atau mimpi besar, lalu capailah kondisi-kondisi tertentu sebagai sukses-sukses kecil sebelum mencapai sukses dalam tujuan besar Anda.

Bermimpilah setinggi langit dan miliki cita-cita yang sangat tinggi, lalu dengan rendah hati, kerjakan selangkah demi selangkah untuk mencapai sukses-sukses kecil melalui proses jatuh-bangun sebelum mencapai sukses besar. Michelangelo, seniman dan sang legenda itu pernah berkata: “Bahaya yang lebih besar bagi kebanyakan kita bukanlah bahwa tujuan kita terlalu tinggi dan kita merindukannya, tapi terlalu rendah dan kita mencapainya.” Intinya, Anda harus memiliki rencana dan impian yang sangat besar untuk mencapai apapun. Kemudian, semua impian dan rencana tersebut mampu Anda kerjakan di wilayah eksekusi untuk mewujudkannya menjadi nyata. Di wilayah eksekusi, bukan lagi sebatas pikiran Anda, tetapi sudah berakumulasi dengan pikiran banyak orang. Jadi, di wilayah eksekusi, Anda harus betul-betul cerdas sosial dan mampu berkomunikasi dengan setiap kepentingan agar satu arah dengan tujuan Anda.

Tuliskan dan gambarkan rencana Anda dengan baik, lalu gunakan akal sehat dan percayalah pada keajaiban, yang memungkinkan Anda untuk mencapai sesuatu yang dirasakan oleh orang lain tidak mungkin. Yakinlah bahwa Anda mampu mewujudkan mimpi dan tujuan Anda. Miliki kepercayaan diri dan miliki kepercayaan bahwa Tuhan selalu membantu Anda untuk mencapai keberhasilan di setiap tujuan Anda.

Setelah Anda menetapkan tujuan, Anda harus memiliki komitmen untuk bekerja lebih tekun dalam disiplin yang tinggi. Tetapkan sasaran dari mulai yang paling kecil, lalu bekerja keraslah dengan sungguh-sungguh untuk mencapai sukses atas sasaran tersebut. Setiap hari, kerjakan tujuan Anda dengan sepenuh hati. Kalau gagal atau salah jalan, jangan putus asa, segera perbaiki dan kembalilah ke jalan yang benar.  

Setiap hari, pelajari kembali tujuan Anda. Mungkin ada hal-hal yang belum disempurnakan ke dalam tujuan Anda. Jadi, gunakan akal sehat dan integritas Anda untuk menilai dan mengevaluasi tujuan Anda. Rencana harian haruslah dieksekusi setiap hari, lalu dievaluasi hasilnya, dan dimotivasi agar mampu bergerak lebih cepat dan lebih lincah untuk mencapai hasil terbaik.  

Perjalanan hidup adalah perubahan, jadi Anda tidak perlu ragu untuk memperbaiki ataupun melakukan perubahan terhadap strategi tindakan Anda. Visi jarang berubah, tujuan akhir jarang berubah, tetapi strategi eksekusi untuk mencapai tujuan boleh berubah sesuai situasi dan kondisi yang Anda hadapi. Oleh karena itu, lakukan revisi atas semua rencana tindakan atau eksekusi dalam mencapai tujuan. Anda tidak perlu ngotot dengan satu cara, Anda harus menjadi kreatif untuk menemukan cara yang paling efektif.

Setiap rencana eksekusi harus terinci dan spesifik. Hal-hal terkecil dalam rencana eksekusi harus diperhatikan melalui strategi yang tepat. Sebuah eksekusi harus rinci, tertulis, terorganisir, spesifik, berkualitas, ada kompetensi, ada motivasi, ada integritas, ada tanggung jawab, dan didukung oleh orang-orang yang siap bekerja keras untuk berhasil. Intinya, eksekusi harus terlihat dalam tindakan sehari-hari dan dapat diukur hasil akhirnya. Eksekusi ada dalam sifat rencana jangka pendek yang merupakan rencana dalam operasional sehari-hari. Sedangkan visi, tujuan, harapan, impian, prestasi, kinerja, ada dalam sifat rencana jangka panjang.

Rencana haruslah realistis dan optimis. Setiap rencana yang Anda buat harus ada keyakinan untuk mencapainya. Jadi, jangan terobsesi untuk sesuatu yang tidak realistis. Bila tujuan Anda tidak masuk akal karena tidak didukung dengan sumber daya, maka Anda harus berani untuk memperbaikinya agar masuk akal. Menetapkan tujuan yang sangat tinggi harus didasarkan kemampuan dan kesiapan mental untuk mewujudkannya. Bila tujuan tidak masuk akal, lalu Anda gagal dalam eksekusi, maka Anda bisa kehilangan kepercayaan diri. Jadi, pastikan rencana Anda sangat realistis dan mampu Anda mencapainya dengan sempurna.

Kesabaran dan kemampuan untuk menahan ambisi. Motivasi dan ambisi yang tinggi sangat bagus, tetapi ketika eksekusi Anda terhalang oleh hal-hal yang tidak Anda perhitungkan, maka Anda harus bisa menahan diri dan bersikap sabar. Tenangkan diri, berdoalah kepada Tuhan untuk minta visi yang jelas,  bertanggung jawablah, lalu temukan solusi dari kejernihan dan ketenangan pikiran Anda.

Setiap hari, fokuskan perhatian untuk mengerjakan secara rinci setiap komitmen Anda di wilayah eksekusi. Kuatkan mental sukses Anda di sepanjang waktu kerja. Lakukan olah raga rutin dan jaga daya tahan tubuh Anda agar tetap bugar di wilayah eksekusi. Bila mental dan tubuh Anda lemah dan tak kuat menghadapi realitas di wilayah eksekusi, maka Anda mudah stres dan sulit mencapai kinerja terbaik. Jadi, miliki komitmen dan disiplin diri yang tinggi untuk menjaga mental dan tubuh agar selalu siap menghadapi berbagai ketidakpastian di wilayah eksekusi.

Gunakan afirmasi untuk menguatkan keyakinan dan kepercayaan diri Anda dalam mencapai sukses. Bekerjalah di tengah orang-orang yang termotivasi untuk mencapai sukses. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mampu menginspirasi, memotivasi, mendorong, membantu, mendukung, dan memberikan kekuatan kepada Anda agar keinginan dan tujuan Anda tercapai. Anda harus benar-benar hidup di tengah orang-orang yang berpikiran sama dengan Anda. Orang-orang itu tidak harus ada secara fisik, tetapi cukup ada secara pikiran. Jangan biarkan Anda ada diantara orang-orang pesimis yang tidak yakin bahwa Anda bisa mencapai apa yang Anda inginkan.

Kegagalan hanya terjadi kalau Anda berhenti. Jadi, jangan berhenti walau rintangan dan kesulitan membuat Anda kehilangan arah. Ketika badai merusak rencana besar Anda, maka Anda membutuhkan Tuhan sebagai penolong. Dekatkan diri kepada Tuhan, tingkatkan kepercayaan diri, tingkatkan disiplin, tingkatkan ketekunan, tingkatkan keyakinan, dan bertindaklah dari hal-hal terkecil untuk bisa kembali ke arah yang benar. Ingat selalu bahwa kesulitan dan ketidakberhasilan adalah ujian dari sekolah kehidupan untuk naik kelas. Sebagian besar keberhasilan eksekusi tercapai setelah berhasil mengalahkan potensi kegagalan. Oleh karena itu, jangan menyerah saat semua yang Anda lakukan tidak menghasilkan apapun. Jangan menyerah saat semua yang Anda kerjakan dengan penuh semangat mengalami kegagalan dan kehilangan arah. Jangan menyerah saat tujuan dan kerja keras Anda dihadang oleh pengkhianatan yang tidak terduga. Jadi, tetaplah menjadi kuat dan yakin dengan tujuan Anda. Fokuskan perhatian dan tingkatkan tekad dengan kesabaran yang luar biasa untuk mencapai sukses. Kesuksesan di wilayah ekseksui adalah milik orang-orang yang tidak pernah berhenti walau berkali-kali dihentikan oleh kegagalan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

ETOS KERJA YANG KUAT MENJADIKAN ANDA SELALU SUKSES

“Etos kerja terbaik membuat Anda mampu belajar dari hal-hal yang tidak berhasil, sehingga Anda selalu memiliki solusi untuk mencapai kesuksesan di tempat kerja.”~Djajendra

Anda tidak bisa meraih kinerja dan prestasi tanpa melakukan sesuatu dengan etos kerja yang terbaik. Etos kerja yang terbaik membuat perusahaan terus tumbuh, berkembang, menjadi kompetitif, berkinerja tinggi, menjadi efisien, dan mudah beradaptasi dengan perubahan.

Masa depan dihasilkan dari kerja keras hari ini dengan etos terbaik. Perusahaan yang hebat dihasilkan oleh orang-orang optimis. Orang-orang pesimis dengan etos yang buruk tidak akan membawa perusahaan menjadi hebat. Orang-orang pesimis dengan etos yang buruk hanya membawa perusahaan untuk terjebak dalam zona nyaman tanpa prestasi.

Ketika Anda tidak menikmati pekerjaan dengan etos terbaik, Anda hanya akan bekerja untuk mendapatkan uang, bukan untuk mendapatkan kebahagiaan. Cobalah selalu merasa bersyukur dengan pekerjaan yang Anda miliki dan melakukannya dengan sepenuh hati. Nikmati apa pun yang Anda kerjakan dengan gembira dan penuh sukacita. Miliki pengetahuan, ketenangan, dan kegembiraan di setiap momen pekerjaan Anda.

Etos kerja terbaik adalah bagian dari strategi Anda untuk menghasilkan kinerja terbaik. Etos kerja terbaik membuat Anda bebas dari perasaan khawatir, ragu, takut, dan semua yang negatif lainnya. Sebaliknya, Anda mampu lebih fokus untuk menghasilkan kemenangan dan kesuksesan bagi perusahaan Anda.

Etos kerja terbaik artinya Anda sebagai pekerja selalu mempersiapkan kualitas dan kompetensi untuk sukses di tempat kerja. Anda selalu mempelajari semua kemungkinan  untuk membuat pekerjaan Anda berkualitas tinggi. Anda selalu tampil sangat tenang, siap segala hal, penuh percaya diri, tidak pernah panik, fokus untuk sukses, dan mudah mengatasi setiap ketidakpastian di tempat kerja. Intinya, etos kerja Anda mampu menemukan cara untuk mengatasi setiap persoalan yang muncul dari kedinamisan dan ketidakpastian bisnis.

Etos kerja terbaik menjadikan Anda bekerja lebih cerdas dan selalu memprioritaskan kegiatan yang lebih penting. Anda sangat disiplin, tepat waktu, memberikan energi penuh pada setiap tugas, selalu bekerja pada hal yang benar. Anda pun menyiapkan diri Anda menjadi pekerja yang tangguh secara mental. Sikap mental pemenang Anda yang tidak pernah menyerah untuk menghasilkan kinerja terbaik menjadi kekuatan kemenangan Anda.

Etos kerja terbaik menjadikan Anda bekerja dengan kesadaran yang tinggi. Kesadaran Anda yang tinggi mampu merespon semua situasi dengan pengetahuan, ketenangan, dan kegembiraan untuk hasil terbaik. Artinya, Anda tidak akan pernah lagi bereaksi untuk mengatasi sesuatu, tetapi memberikan respon dengan penuh percaya diri dan tetap jernih dalam menggali hal-hal terbaik.

Apapun tantangan yang harus Anda hadapi, tidak akan membuat Anda panik. Sebab, etos kerja terbaik akan mendorong Anda untuk bertanggung jawab menemukan solusi. Dalam hal ini, naluri reaksi Anda tidak akan melawan, tetapi membiarkan pengetahuan dan ketenangan Anda merespon melalui etos kerja terbaik Anda. Intinya, tekanan tidak sebagai ancaman, tetapi sebagai peluang untuk hasil yang lebih baik.

Etos kerja terbaik menjadikan Anda bekerja dan fokus pada hal-hal yang benar. Anda tidak akan tersesat untuk bekerja dan fokus pada hal-hal yang salah tanpa sadar. Anda mampu menjalani kehidupan kerja dengan kesadaran yang tinggi, sehingga Anda siap menghadapi semua tekanan yang kuat dengan etos kerja terbaik Anda. Jadi, ketika kesadaran Anda tinggi, Anda tidak mungkin fokus pada realitas negatif. Anda tidak akan membiarkan keraguan dan ketakutan menguasai diri Anda. Anda tidak mungkin menjadi sangat emosional dan marah saat menghadapi tekanan. Anda selalu mampu menenangkan diri dan memfokuskan pekerjaan untuk hasil terbaik.

Etos kerja terbaik mampu membersihkan pikiran Anda yang tidak fokus. Jadi, semua kekacauan yang ada di kepala Anda dapat terkendali. Memiliki etos kerja terbaik berarti Anda juga harus melatih pola pikir Anda. Anda harus memprogram nilai-nilai positif ke dalam otak bawah sadar Anda. Ketika hal-hal pesimis dan negatif masih keluar dari pikiran Anda, maka Anda harus bisa menghentikannya dan mengambil tindakan untuk lebih memperkuat nilai-nilai positif. Anda juga harus menghentikan kebiasaan reaktif dan merubahnya menjadi respon yang lebih efektif melalui etos terbaik Anda.

Sangat penting untuk memiliki etos kerja yang kuat. Etos kerja yang kuat memungkinkan Anda untuk bekerja lebih hebat di bawah tekanan. Anda tidak akan pernah berhenti untuk menghasilkan kinerja terbaik, Anda selalu memiliki keyakinan untuk bisa melakukan yang terbaik, Anda selalu mampu bersinar di dalam prestasi dan kinerja hebat, Anda selalu fokus walau tekanan dan kesulitan menggoyang dengan hebat. Intinya, etos kerja terbaik membuat Anda mampu belajar dari hal-hal yang tidak berhasil, sehingga Anda selalu memiliki solusi untuk mencapai kesuksesan di tempat kerja.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

INTEGRITAS KARYAWAN DAN PIMPINAN MENINGKATKAN KUALITAS BISNIS

“Perusahaan yang melakukan bisnis setelah pimpinan dan karyawan terbiasa bekerja berlandaskan integritas, akan menjadi kekuatan unggul untuk dipercaya dan dicintai stakeholders.”~Djajendra

Bisnis tanpa integritas memiliki resiko kehilangan kepercayaan dari stakeholders. Bila perusahaan sudah tidak dipercaya, maka kinerja pun akan jatuh dan menyulitkan manajemen untuk menjalankan usaha dengan baik.

Integritas memastikan semua proses kerja dan perilaku kerja berjalan dengan sepenuh hati, totalitas, jujur, dan bertanggung jawab. Integritas di tempat kerja dimulai dari dalam diri setiap karyawan, serta mampu melayani proses kerja dengan keyakinan internal yang dapat menyebabkan peningkatan kinerja. Fokus setiap karyawan pada diri sendiri untuk mengeluarkan sikap, perilaku, dan tindakan yang sesuai dengan komitmen dan tanggung jawab. Dalam hal ini, kesadaran untuk menjaga bisnis dan proses kerja dengan integritas haruslah menjadi prioritas utama. Di samping itu, setiap hari ada semangat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas kerja.

Ketika karyawan dan pimpinan perusahaan bekerja berlandaskan integritas, maka semua klien atau pelanggan menjadi semakin percaya dengan produk dan layanan yang diberikan perusahaan. Jelas, hal ini akan meningkatkan pertumbuhan bisnis dan juga meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Kita semua tahu bahwa kepercayaan dalam dunia bisnis adalah harta yang paling bernilai dan penting. Kepercayaan hanya dapat ditumbuhkan dari perilaku yang konsisten mempraktekkan integritas. Perilaku yang penuh integritas memiliki tanggung jawab untuk membangun reputasi dan kredibilitas bisnis dengan cara-cara yang etis.

Karyawan dan pimpinan yang bekerja berlandaskan integritas mampu meningkatkan kepercayaan stakeholders, sehingga bagi stakeholders pelayanan perusahaan menjadi tak ternilai harganya. Dalam hal ini, bisnis dan layanan perusahaan mampu memposisikan diri di atas harapan stakeholders. Sikap dan perilaku terpuji yang betul-betul bekerja dengan jujur, sepenuh hati, bertanggung jawab, cepat, tepat, akurat, teliti, dan benar; mampu meningkatkan daya saing bisnis untuk tetap memimpin di pasar yang kompetitif.

Integritas dalam bisnis adalah dasar untuk bisa memberikan produk terbaik, pelayanan terbaik, dan hubungan terbaik. Perusahaan yang melakukan bisnis setelah pimpinan dan karyawan terbiasa bekerja berlandaskan integritas, akan menjadi kekuatan unggul untuk dipercaya dan dicintai pelanggan. Jadi, sangatlah penting untuk membangun bisnis dengan integritas di semua aspek kerja. Setelah integritas menjadi sebuah kebiasaan dalam wujud perilaku kerja, maka perusahaan akan menjadi mesin uang untuk menghasilkan keuntungan dan berbagai keberhasilan dalam mencapai kemajuan yang lebih besar.

Mengabaikan kualitas integritas dalam menjalankan bisnis sama saja seperti menjalankan bisnis tidak dengan sepenuh hati dan totalitas. Kualitas integritas yang baik menjadikan perusahaan dan sumber daya manusianya menjalankan semua urusan bisnis dengan profesional dan kesungguhan hati, untuk menuju peningkatan dan keberhasilan yang lebih besar. Di samping itu, integritas yang konsisten mampu meningkatkan daya tahan perusahaan dari energi perusak. Kejujuran sikap dan perilaku yang disesuaikan dengan kejujuran dalam setiap tindakan menjadikan perusahaan selalu unggul dan kuat.

Dalam bisnis; hubungan, pelayanan, dan reputasi adalah kunci sukses. Bila Anda mengabaikannya dan tidak memeliharanya dengan sepenuh hati, maka Anda akan kesulitan untuk menjalankan bisnis dengan kinerja terbaik. Orang-orang tidak akan mau berbisnis dengan Anda yang tidak bisa dipercaya dan diandalkan. Orang-orang hanya mau berbisnis dengan Anda yang jujur dalam hubungan, jujur dalam pelayanan, dan jujur dalam membangun reputasi bisnis Anda.

Cara menjalankan integritas yang benar sangatlah mudah, yaitu: menjadi jujur dan merasa bertanggung jawab untuk menjalankan pekerjaan. Di samping itu, Anda juga memiliki kepedulian yang besar untuk mempercepat dan memperlancar proses kerja. Intinya, praktek integritas itu terjadi saat tupoksi Anda dikerjakan dengan jujur, etis, bertanggung jawab, cepat, tepat, teliti, akurat, benar, produktif, dan efektif. Dalam hal ini, Anda mampu mengawasi diri Anda sendiri, sehingga tidak lagi diperlukan CCTV ataupun struktur dan sistem untuk mengawasi perilaku kerja Anda. Jadi, dengan memiliki integritas, Anda sudah menjadi orang yang dipercaya dan diandalkan walau tanpa pengawasan terhadap Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MEMAHAMI MISI ANDA DI TEMPAT KERJA

“Anda bekerja untuk memberikan pelayanan terhadap harapan, kebutuhan, dan keinginan orang lain. Miliki empati dan kasih sayang untuk memanfaatkan semua potensi baik Anda dalam memberikan pelayanan terbaik.”~Djajendra

Apakah Anda merasa memiliki misi di tempat kerja? Ya, pastinya misi Anda sudah tercantum di dalam tupoksi (Tugas, Pokok dan Fungsi) Anda. Di samping itu, Anda juga memiliki misi untuk menjadi kekuatan yang memperbaiki, meningkatkan, dan membantu proses kerja.

Misi Anda di tempat kerja adalah untuk terlibat dalam proses kerja dengan sepenuh hati dan totalitas melalui kolaborasi; membangun kekuatan unggul dan menghasilkan kinerja terbaik; serta menanam benih-benih penguat budaya yang menciptakan keunggulan dan daya saing yang hebat. Anda juga harus tampil dengan sikap yang sangat profesional, sambil memperhatikan dan mengawasi perilaku Anda sendiri. Perlihatkan dan tampilkan diri Anda yang profesional melalui pelayanan terbaik, sikap terbaik, ramah dan etis, rendah hati, percaya diri, serta mewujudkan semangat kerja yang hebat. Anda harus menyatukan frekuensi hati, pikiran, jiwa, dan tubuh Anda ke dalam frekuensi budaya unggul di tempat kerja.

Misi pribadi Anda adalah menjadikan pekerjaan Anda sebagai alat untuk memberi Anda arti dan tujuan, dan memiliki kesadaran bahwa hidup tak akan berarti tanpa bekerja dengan profesional. Oleh karena itu, jadilah sukarelawan yang ikhlas dan tulus untuk melayani pekerjaan Anda. Ketika Anda memposisikan diri sebagai sukarelawan di tempat kerja, maka kehidupan kerja akan menumbuhkan karir Anda. Anda akan tumbuh menguat dan tidak akan pernah terjebak dalam dilema. Anda mampu terus-menerus naik lebih cepat menuju puncak keberhasilan.

Ketika Anda bergabung untuk bekerja di sebuah perusahaan, maka Anda menjadi bagian integral dari misi perusahaan untuk mencapai visi dan kinerja terbaik. Artinya, Anda tidak bisa tampil terbatas sesuai maunya pikiran Anda. Anda telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dan terpadu untuk menjadi pelengkap yang utuh, menyatu, dan melebur dalam satu-kesatuan di internal organisasi perusahaan. Dalam hal ini, Anda menjadi kekuatan yang energik untuk mendorong semua program dan rencana kerja di perusahaan dalam mencapai keberhasilan yang sempurna.

Tingkatkan kualitas dan kompetensi diri Anda sebelum mencoba untuk membantu orang lain. Ingat! Hanya Anda yang paling berkualitaslah yang mampu menjadi energi positif untuk melancarkan proses kerja yang penuh kualitas. Bila Anda sendiri belum peduli terhadap kualitas diri Anda, atau malas untuk memperbaiki semua kekurangan diri Anda, maka Anda akan menjadi pribadi yang menghambat diri sendiri untuk mencapai misi Anda di tempat kerja.

Anda dipilih atau dipekerjakan oleh perusahaan untuk membantu meningkatkan kualitas proses kerja yang terbaik. Jadi, Anda tidak dipekerjakan untuk mengganggu atau menciptakan rasa tidak puas dengan pekerjaan Anda. Misi Anda yang lain di tempat kerja adalah meningkatkan kesadaran untuk menjadi sinar yang menerangi realitas gelap di tempat kerja, sehingga semua realitas kerja menjadi terang dan jelas untuk dikerjakan.

Sebagai pekerja yang profesional, misi Anda adalah untuk membantu dan memfasilitasi semua proses kerja dengan ikhlas. Anda harus tampil prima dan penuh percaya diri, untuk melancarkan setiap interaksi dengan rasa tanggung jawab yang tinggi. Anda harus menjauhkan diri dari ketakutan, keserakahan, iri hati, paranoia, kebencian, kebohongan, dan semua rasa yang bisa membuat kerusakan di tempat kerja. Intinya, Anda harus menjaga energi positif diri Anda dengan sebaik mungkin, sehingga Anda bisa tetap tampil baik dan penuh kasih kepada orang-orang di sekitar Anda di tempat kerja.

Pahami misi Anda di tempat kerja dan satukan hati Anda ke dalam misi tersebut. Fokuskan waktu dan tenaga untuk melakukan hal-hal terbaik di dalam misi Anda. Katakan kepada diri sendiri bahwa Anda berada di tempat kerja untuk melakukan tupoksi Anda dengan totalitas dan sepenuh hati, dan itulah alasan Anda berada di tempat kerja.

Anda adalah energi positif yang bertujuan untuk menciptakan kelimpahan, ketenangan, stabilitas, kemajuan, harmoni, kesetaraan, dan menyebarkan energi sukses untuk membangkitkan gairah kerja semua orang. Jadi, setiap hari pastikan Anda menampilkan diri yang bijak, bersyukur, dan optimis untuk melayani proses kerja. Semua sikap dan perilaku terbaik Anda menjadi energi positif yang membantu kelancaran proses kerja. Semua pikiran dan emosi baik Anda menjadi energi positif yang membantu kelancaran proses kerja.

Jadilah orang yang menyatu dalam budaya kerja. Jangan menjadi orang asing di tempat kerja. Anda harus beradaptasi di dalam visi perusahaan, bahasa perusahaan, etika perusahaan, perilaku perusahaan, misi perusahaan, dan nilai-nilai perusahaan. Ya, Anda harus menyatu dan merasa cocok dengan budaya yang disiapkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Bila hati nurani Anda menolak dan merasa tidak menyatu dengan budaya perusahaan, maka Anda tidak akan pernah bisa bahagia dan penuh gairah di tempat kerja.

Ketika hati Anda menyatu dalam budaya perusahaan, maka Anda selalu merindukan tempat kerja. Rasa cinta Anda dengan lingkungan kerja dan semangat kerja Anda di dalam budaya yang Anda cintai akan menjadi kekuatan untuk melancarkan misi kerja Anda.

Tumbuhkan kesadaran di dalam diri bahwa Anda memiliki misi di tempat kerja. Ingatkan kepada diri sendiri bahwa alasan Anda berada di tempat kerja untuk melakukan pekerjaan Anda dengan cara terbaik. Alasan Anda di tempat kerja untuk menemukan solusi dan bukan berkeluh-kesah menyalahkan orang lain. Pastikan Anda menjadi orang yang profesional dengan pekerjaan Anda, dan selalu terjaga di semua situasi untuk memberikan pelayanan terbaik.

Sebagai pekerja yang profesioanal, Anda adalah energi positif untuk memberikan pelayanan kepada orang lain. Jadi, apapun tupoksi Anda di tempat kerja, Anda harus sadar bahwa Anda bekerja untuk memberikan pelayanan.  Anda bekerja untuk memberikan pelayanan terhadap harapan, kebutuhan, dan keinginan orang lain. Miliki empati dan kasih sayang untuk memanfaatkan semua potensi baik Anda dalam memberikan pelayanan terbaik.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PENCAPAIAN TERBAIK TIDAK BOLEH MENGHENTIKAN KERJA KERAS UNTUK PENINGKATAN

“Kesuksesan bukanlah hasil kerja keras satu kali, tetapi hasil kerja keras setiap hari.”~Djajendra

Jika hari ini Anda sedang berprestasi dan berkinerja hebat, jangan merasa paling sukses dan paling hebat. Masih ada tantangan di hari esok, siapkan diri Anda untuk menghadapi tantangan-tantangan yang harus Anda taklukkan di masa depan.

Anda tidak boleh berhenti berusaha untuk menjadi yang terbaik. Walaupun semua yang Anda lakukan selalu mencapai keberhasilan dan kemenangan, janganlah menjadi tinggi hati dan memiliki perasaan bahwa Anda lebih baik dari orang lain. Sekali sifat tinggi hati menguasai pikiran dan emosi Anda, maka itu akan menjadi jalan penurunan bagi keberhasilan Anda selanjutnya. Keberhasilan dan kegagalan haruslah dihadapi dengan semangat dan kerja keras untuk menjadi yang lebih baik.

Sebagai seorang pekerja yang profesional, Anda tidak boleh berhenti mengasah dan mempertajam kompetensi diberbagai aspek kehidupan kerja. Teruslah belajar untuk menambah keterampilan baru, wawasan baru, pengetahuan baru, kesadaran baru, serta tidak pernah berhenti mencari cara kerja terbaik untuk dapat meningkatkan pelayanan Anda kepada perusahaan.

Mempersiapkan diri untuk menjadi lebih baik berarti Anda harus latihan, latihan, dan latihan terus-menerus. Keberhasilan dan kemenangan membutuhkan latihan dan evaluasi yang terus-menerus. Keberhasilan dan kemenangan membutuhkan perjuangan setiap hari, bukan perjuangan satu kali, tetapi perjuangan setiap kali dan setiap hari. Walaupun di tempat kerja sudah ada sistem kerja yang efektif, tetapi sistem kerja yang efektif tersebut hanya menjadi berkualitas, bila Anda mampu memberikan pelayanan dan kontribusi untuk kemenangan.

Kehidupan kerja sangat dinamis, demikian juga sifat bisnis sangat dinamis. Tidak seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Mungkin hari ini Anda sedang tidak berprestasi, tetapi bila Anda tetap rajin dan disiplin terhadap apa yang Anda kerjakan, maka hari esok bisa memberikan Anda prestasi dan kinerja terbaik. Oleh karena itu, apapun realitas yang sedang Anda hadapi sekarang, Anda harus memiliki keyakinan yang kuat untuk berhasil. Untuk itu, setiap hari di tempat kerja, Anda wajib memiliki perilaku kerja yang bekerja terus-menerus dengan kualitas yang lebih tinggi, serta perilaku kerja yang fokus untuk dapat meraih kemenangan dan prestasi terbaik.

Tumbuhkan dalam diri Anda mental yang berjuang untuk menjadi yang terbaik, bahkan saat Anda sudah menjadi yang terbaik. Anda tidak boleh berhenti belajar dan bekerja, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda di semua bagian dari kehidupan Anda. Jadi, walaupun Anda sudah mencapai kinerja dan prestasi terbaik di tempat kerja, Anda harus meningkatkannya menjadi lebih baik lagi, dan Anda tidak boleh berhenti untuk bekerja lebih hebat lagi bagi pencapaian terbaik yang berikut.

Membangun mindset kerja yang terbiasa bekerja melalui budaya akuntabilitas dari pribadi Anda yang kaya integritas. Intinya, bila akuntabilitas sudah dapat dihasilkan dari integritas pribadi Anda, maka Anda selalu mampu memimpin pekerjaan Anda untuk mengatasi tantangan, dan tidak takut atau khawatir ketika harus berhadapan dengan keadaan yang sangat sulit di tempat kerja.

Fokuskan pikiran dan energi positif Anda untuk memfungsikan bakat dan potensi Anda bagi kekuatan pekerjaan yang Anda lakukan. Jangan biarkan bakat dan potensi Anda membuat Anda kemana-mana, dan tidak fokus untuk membangun fondasi kekuatan diri sendiri. Anda perlu ingat, keberhasilan membutuhkan ketekunan dan disiplin yang tinggi untuk mengerjakan segala sesuatu dengan pengetahuan yang tepat.

Pencapaian terbaik tidak boleh menghentikan kerja keras Anda untuk peningkatan. Intinya, kesuksesan bukanlah hasil kerja keras satu kali, tetapi hasil kerja keras setiap hari. Jadi, setiap hari Anda harus memiliki kebiasaan kerja yang tekun dan rajin. Hal ini diperlukan, karena tidak mungkin semua hal di dalam proses kerja berjalan dengan sempurna sesuai sistem. Selalu akan ada gangguan dan ketidakpastian walaupun Anda sudah memiliki sistem kerja yang andal. Oleh karena itu, jika Anda tekun dan disiplin, maka Anda mampu secepatnya memulihkan pekerjaan Anda dari tantangan yang Anda dapatkan.  

Bekerja dalam organisasi bisnis membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dengan hal-hal yang tak terduga. Apa saja bisa muncul dan bisa pergi, tidak ada peristiwa yang sama secara terus-menerus di tempat kerja. Selalu ada perubahan dan kedinamisan yang harus Anda hadapi dengan kecerdasan untuk beradaptasi. Jadi, Anda harus sadar dan ingat terus bahwa selalu akan muncul situasi yang tidak sesuai dengan cara Anda. Dan, inilah namanya tantangan atau rintangan, tugas Anda adalah menerimanya dan menghadapinya dengan cerdas.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MENGUBAH POLA PIKIR KARYAWAN UNTUK MEMPERKUAT BUDAYA KERJA

“Budaya kerja yang buruk seperti kapal yang retak, sehingga mudah tenggelam. Budaya kerja yang baik seperti kapal yang kuat menahan badai seganas apapun.”~Djajendra

Budaya kerja yang kuat membuat perusahaan lebih tangkas dan lebih berdaya saing tinggi. Dunia kerja adalah dunia yang sangat dinamis, perubahan yang tak terduga selalu harus dihadapi. Kompetisi yang keras dalam dunia yang serba cepat membuat setiap karyawan wajib memiliki kemampuan untuk beradaptasi. Tidak ada waktu untuk bermalas-malasan, tidak ada waktu untuk tidak produktif. Semua orang di dalam perusahaan wajib memiliki kesadaran untuk mengembangkan diri agar tidak tertinggal oleh perubahan.

Budaya kerja yang baik mampu melancarkan bisnis dan menguatkan budaya organisasi. Budaya kerja yang baik membuat karyawan mampu memanfaatkan sistem, teknologi, dan strategi untuk mencapai kinerja bisnis terbaik. Budaya kerja yang baik membangun kebiasaan positif untuk melindungi semua aset perusahaan dengan tanggung jawab dan integritas. Budaya kerja yang baik menguatkan daya tahan perusahaan untuk menghadapi bisnis yang dinamis. Budaya kerja yang baik meningkatkan semangat, optimisme, pola pikir positif, dan kreativitas di dalam rutinitas kerja sehari-hari.

Ketika perusahaan tidak mampu meningkatkan budaya kerja karyawan untuk beradaptasi dengan perubahan, maka perusahaan pasti kalah bersaing di dalam kompetisi bisnis. Keunggulan budaya kerja sangatlah menentukan kemenangan dalam bisnis. Ciri-ciri budaya kerja yang unggul adalah karyawan bekerja dengan mental pemenang; bekerja dengan etos dan integritas yang tinggi; bekerja dengan etika dan moralitas yang tinggi; bekerja untuk misi, tujuan, dan visi perusahaan; bekerja dengan hati dan tanggung jawab; bekerja dengan empati untuk keharmonisan lingkungan kerja; serta bekerja dengan kualitas dan kompetensi terbaik.

Sangat mudah untuk membangun sistem, teknologi, prosedur, dan tata kelola yang terbaik di semua bagian organisasi perusahaan. Tetapi, ketahanan bisnis sangat tergantung dari budaya kerja dan mental pemenang karyawan. Untuk membangun budaya kerja dan mental pemenang membutuhkan waktu, dan hal ini tidak sederhana. Diperlukan sebuah proses panjang untuk mengubah pola pikir dan persepsi karyawan dalam memahami realitas yang dihadapi perusahaan. Biasanya, diperlukan kesadaran yang luar biasa dari masing-masing individu karyawan untuk menumbuhkan kepribadian yang sesuai dengan kehendak budaya kerja.

Dunia bisnis dan dunia kerja adalah dunia yang tak terduga, apapun bisa terjadi. Sukses dan gagal selalu beriringan menuju visi. Tidak ada yang pasti, sehingga tak seorang pun yang boleh santai di zona nyaman kerja. Setiap karyawan dan pimpinan harus terbiasa dan terlatih untuk menghadapi tantangan baru. Mental pemenang dan emosi yang cerdas harus selalu disiapkan untuk menghadapi hal-hal terburuk, sehingga selalu mampu bekerja di segala situasi dan keadaan untuk mencapai yang terbaik.  

Mengubah pola pikir karyawan untuk memperkuat budaya kerja. Karyawan harus dibangkitkan untuk memiliki kemampuan dan kepribadian yang tangguh dalam menghadapi perubahan. Tidak peduli sesulit apapun realitas yang dihadapi, setiap karyawan harus tetap gembira dan berenergi positif untuk mengatasi kesulitan. Dalam hal ini, peran kepemimpinan dan manajemen menjadi penting untuk membimbing dan memotivasi pola pikir positif karyawan. Jadi, saat masa-masa sulit mengganggu bisnis; maka, setiap karyawan harus tampil lebih tangguh, lebih gesit, lebih percaya diri, lebih ikhlas, lebih disiplin, lebih bekerja keras, dan lebih yakin untuk mencapai keberhasilan. Tidak boleh seorang pun yang mengkontribusikan energi pesimis ke dalam lingkungan kerja, setiap orang harus fokus dan disiplin untuk mengerjakan bagiannya masing-masing dengan mental pemenang.

Hanya orang-orang yang mudah beradaptasi yang bisa berlari kencang untuk menyatu dengan perkembangan baru. Bila tidak mampu beradaptasi dengan cepat, maka jangan berharap bisa memenangkan kompetisi bisnis. Jadi, orang-orang yang ngotot bekerja di zona nyaman dan marah kalau diajak bekerja di luar zona nyaman, adalah orang-orang yang sedang mempersiapkan perusahaan untuk gagal.

Perusahaan tidak mungkin tumbuh dan sukses di tangan orang-orang yang cinta zona nyaman. Membiarkan operasional perusahaan di tangan orang-orang yang sulit beradaptasi dengan perubahan, akan menjadikan budaya kerja lemah dan rapuh. Hal ini, akan menghadirkan resiko yang sangat besar, sehingga perusahaan sulit menghadapi realitas bisnis di masa depan.  

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MOTIVASI DAN INSPIRASI 12102016

motivasi-12102016

“Tidak ada kebaikan dari kebencian dan kemarahan. Tidak ada kebaikan dari pikiran dan jiwa yang dikelilingi oleh kegelapan. Kebencian dan kemarahan adalah kekuatan buruk yang merusak kedamaian hidup.”~Djajendra

“Keyakinan Anda menjadi pikiran Anda, pikiran Anda menjadi kata-kata Anda, kata-kata Anda menjadi tindakan Anda, tindakan Anda menjadi kebiasaan Anda, kebiasaan Anda menjadi nilai-nilai Anda, nilai-nilai Anda menjadi takdir Anda.”~ Mahatma Gandhi

“Jika Anda hanya bekerja pada hal-hal yang Anda sukai, Anda tidak perlu memiliki rencana induk dengan hal-hal yang akan Anda hasilkan.”~Mark Zuckerberg

“Rahasia pencapaian terbaik adalah terus-menerus meningkatkan kinerja, serta terus-menerus belajar dengan rendah hati untuk menghadapi perubahan dan ketidakpastian.”~Djajendra

“Keberanian adalah kebajikan pertama yang membuat semua kebajikan lain yang mungkin terjadi.”~Aristoteles

“Semakin rumit sarana komunikasi kita, semakin sedikit kita berkomunikasi.”~Joseph Priestley

 “Kerendahan hati tidak berpikir kurang dari diri sendiri, itu memikirkan diri sendiri kurang.”~C.S. Lewis

“Ini tidak masuk akal bahwa seorang bisa memerintah orang lain, tetapi tidak bisa memerintah dirinya sendiri.”~Latin Peribahasa

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com