MOTIVASI DJAJENDRA

Leadership Organization Business Personal Interpersonal Entrepreneurs and Employed Professionals

Category: Self Awareness (page 1 of 36)

Kesadaran Diri

KETIKA TIDAK MAMPU MENGUBAH ORANG LAIN, UBAHLAH DIRI SENDIRI

“Musuh utama kita dalam hidup bukanlah orang lain, tetapi sifat dan nilai-nilai buruk yang  tumbuh di alam bawah sadar kita, sehingga ketika mereka kuat, mereka muncul dari dalam diri untuk mengalahkan hidup kita.”~Djajendra

Hidup ini singkat, tidak perlu disia-siakan dalam drama yang penuh konflik. Sering sekali kita ingin semua situasi dan perilaku orang lain sama seperti yang kita pikirkan. Jika orang lain tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kita, maka jalan yang paling mudah adalah menghakimi mereka atau pun menciptakan stigma terhadap mereka. Sifat dan perilaku menghakimi orang lain tidak akan memberikan sukacita kepada diri sendiri. Stres dan penderitaan dalam hidup bersumber dari sifat buruk kita dalam melihat situasi dan orang lain. Ketika kita kehilangan cinta dan kasih sayang di dalam diri, kita telah menciptakan penderitaan bagi diri sendiri. Sifat membenci orang lain sama saja seperti menanam benih penderitaan di dalam diri sendiri, sehingga benih penderitaan itu akan tumbuh membesar untuk mengalahkan diri sendiri. Intinya, musuh utama kita dalam hidup bukanlah orang lain, tetapi sifat dan nilai-nilai buruk yang kita tumbuhkan di alam bawah sadar kita, sehingga ketika mereka kuat, mereka akan muncul dari dalam diri kita untuk mengalahkan hidup kita.

Sifat kita yang sangat mudah memberikan perhatian pada kekurangan akan menarik kita ke dalam drama kehidupan yang merugikan hidup kita. Pikiran yang buruk tidak akan memberikan sukacita, kebahagiaan, kedamaian, ketenangan, dan rasa syukur kepada diri sendiri. Kadang, kita mungkin sudah mencoba berpikir positif, tetapi situasi dan orang-orang di luar diri kita selalu hadir dengan pikiran negatif. Jelas, kita tidak mungkin mampu mengubah realitas orang lain atau mengubah situasi di luar kendali kita. Kita hanya mampu mengubah diri sendiri dengan cara tidak memberikan perhatian kepada sumber negatif yang mencoba menghalangi jalan hidup kita.

Kehidupan bukanlah tempat yang sesuai keinginan kita. Kehidupan bukanlah tempat yang harus menuruti maunya pikiran kita. Kehidupan adalah sebuah keajaiban yang tidak mungkin bisa diprediksi oleh siapa pun. Kehidupan bukanlah jalan lurus yang mudah ditebak oleh siapa pun. Kehidupan bukanlah tempat yang tertib, aman, mudah, nyaman, tertata, dan semuanya sesuai harapan. Kehidupan adalah tempat dimana kita sedang hidup dengan pengalaman dan pembelajaran dari kejutan-kejutan yang dihadirkan oleh kehidupan . Banyak hal tak terduga akan kita hadapi, yang kita perlukan adalah menjadi diri sendiri, kemudian menerima hidup dengan rasa syukur dan terima kasih, lalu mengalir bersama kehidupan yang harus kita hadapi.

Kita semua wajib untuk memiliki impian dan cita-cita, tetapi hidup kita tidak boleh diperbudak oleh impian dan cita-cita kita. Dalam perjalanan hidup, mungkin impian dan cita-cita kita tidak terwujud, tetapi muncul sebuah kehidupan yang lebih indah walaupun itu bukan impian dan cita-cita kita. Dalam hal ini, terimalah apa yang menjadi bagian dari hidup kita dan jalani dengan sukacita, tanpa pernah menyalahkan orang lain atau sebuah situasi. Terimalah hidup yang dimiliki dan cintai dengan sepenuh hati. Jangan merusak keindahan yang sudah diterima dengan keinginan-keinginan yang belum tentu membawa kebaikan bagi hidup kita. Intinya, ketika kita tidak menerima kehidupan yang kita alami pada momen ini, kita akan menderita. Setiap momen haruslah menjadi keindahan dalam rasa syukur. Apa pun yang terjadi, terimalah sebagai pengalaman dan pembelajaran untuk lebih meningkatkan kualitas hidup.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

MEMPERBAIKI DIRI UNTUK KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK

“Setiap kesuksesan bertujuan untuk mendapatkan kebahagiaan, ketenangan, sukacita, dan kegembiraan.”~Djajendra

Ketika kita hidup dalam kesadaran, kita akan tahu untuk memperbaiki diri. Menata kembali pribadi untuk menghadapi tujuan hidup sangatlah penting. Dengan kualitas diri yang sama kita tidak dapat mencapai sesuatu yang lebih tinggi. Kita harus berubah untuk membangun kualitas diri yang lebih baik. Perubahan pasti kita hadapi, kita harus memiliki niat dan kesadaran agar mampu melakukan perubahan di setiap waktu.

Apa pun yang menjadi tujuan dan ambisi dalam hidup, ujung-ujungnya tetaplah menginginkan kehidupan yang bahagia dan sukacita. Tidak ada tujuan untuk menderita, semua orang pasti bertujuan hidup bahagia dan tenang. Setiap kesuksesan bertujuan untuk mendapatkan kebahagiaan, ketenangan, sukacita, dan kegembiraan. Kebahagiaan adalah wujud hadiah terindah dari sebuah tujuan. Kebahagiaan adalah perasaan yang menikmati makna kehidupan. Walaupun kebahagiaan selalu akan diganggu dengan berbagai persoalan hidup, tetapi kesadaran kita mampu menjaga kebahagiaan di sepanjang waktu.

Memperbaiki diri secara terus-menerus dan berkelanjutan sangat diperlukan. Sebab, kita hidup dalam dua dunia: pertama; dunia di dalam diri sendiri, kedua; dunia di luar diri. Kita harus mampu menyelaraskan dunia di dalam diri dan dunia di luar diri di dalam keharmonisan. Kita harus memiliki perilaku dan keputusan yang tepat saat keduanya bertentangan. Harga diri dan cinta tidak mungkin bisa disatukan. Harga diri pasti mengutamakan untuk membela dirinya dari hal-hal yang merusak kebahagiaan hidupnya. Sedangkan cinta sangatlah buta dan tidak mempermasalahkan tentang kebahagiaan, hanya ingin memberi dan melayani dengan ikhlas dan tulus.

Pikiran yang tenang mampu mengembangkan kesadaran. Kesadaran mampu mengendalikan diri untuk tidak bereaksi terhadap hal-hal yang merugikan diri sendiri. Hambatan dan kesulitan mampu diatasi dengan kesadaran. Kesadaran mampu menemukan pengetahuan untuk dihubungkan dengan kecerdasan, sehingga menghasilkan solusi terbaik untuk setiap permasalahan hidup.

Rasa percaya diri yang lebih besar selalu dibutuhkan untuk menghadapi kehidupan yang dinamis. Ketidakpastian adalah bagian penting dari proses kehidupan. Siapa pun kita, sepintar apa pun kita, kita harus menghadapi ketidakpastian. Setiap saat, secara teratur kita harus mengisi energi positif ke dalam diri agar kita mampu menjaga rasa percaya diri yang terbaik. Bersikap baik dengan semua situasi dan kondisi hidup mampu menjaga energi positif kita. Menjauhkan diri dari orang-orang negatif mampu menjaga energi positif kita. Berpikir positif, bertindak positif, dan berbicara positif mampu meningkatkan energi positif kita. Energi positif harus selalu dijaga dan dirawat dengan tingkat kesadaran yang tinggi. Gangguan dari luar diri atau pun gangguan dari dalam diri dapat memperlemah energi positif. Dampaknya, kita akan kehilangan kekuatan untuk menghadapi ketidakpastian dan kesulitan. Oleh karena itu, setiap momen kita harus sadar untuk meningkatkan energi positif ke dalam diri kita.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

SAMPAIKAN KABAR BAIK KEPADA DIRI SENDIRI

“Hanya pikiran yang mampu memiliki kesadaran untuk menciptakan sukacita dan menyampaikannya ke seluruh sel diri kita.”~Djajendra

Sampaikan kabar baik kepada diri sendiri. Setiap hari kita perlu kabar baik. Kabar baik dihasilkan dari rasa syukur dan terima kasih atas semua situasi yang kita jalani. Kabar baik dihasilkan dari pikiran positif yang mampu menerjemahkan sebuah peristiwa untuk kegembiraan hidup. Kabar baik karena kemampuan kita untuk menerima kabar buruk dengan ikhlas sebagai pelajaran dan pengalaman menuju masa depan. Kabar baik karena kita mampu mengendalikan diri sendiri, untuk tidak dikendalikan oleh berbagai situasi dan keadaan dari luar diri kita.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kita tidak pernah tahu situasi dan peristiwa seperti apa yang harus kita hadapi di masa depan. Hidup kita sesungguhnya untuk hari ini, untuk momen ini, tetapi pikiran selalu menciptakan realitas tentang masa depan. Semua realitas yang diciptakan pikiran belum tentu sama dengan realitas yang harus kita hadapi. Jadi, kita harus memiliki kepercayaan diri dan kerendahan hati sebagai pengendali atas semua situasi tak terduga yang mungkin harus kita lalui.

Hanya pikiran yang mampu memiliki kesadaran untuk menciptakan sukacita dan menyampaikannya ke seluruh sel diri kita. Oleh karena itu, pikiran harus dilatih dan dibiasakan untuk menghasilkan kabar baik dan menyampaikan kebahagiaan kepada diri sendiri. Semua sel diri kita harus mampu merasakan kabar baik yang disampaikan oleh pikiran. Getaran kabar baik harus kita rasakan sampai ke suara hati terdalam. Pikiran harus betul-betul disiplin dan bertanggung jawab penuh, untuk menyampaikan kabar baik kepada diri sendiri setiap hari. Pikiran tidak boleh berkhianat kepada diri sendiri dengan membuat diri takut, marah, kecewa, sakit hati; sehingga setiap saat hanya kabar buruk yang disampaikan oleh pikiran kepada seluruh sel diri kita. Pikiran yang baik pasti bertanggung jawab untuk menyampaikan kabar baik, sehingga kita setiap saat hidup dalam sukacita.

Kesadaran kita harus memberi perintah kepada pikiran untuk mengubah kegagalan menjadi pelajaran yang membahagiakan hati kita. Kesadaran kita harus memberi perintah kepada pikiran untuk merubah kekecewaan menjadi obat  penyembuhan. Kesadaran kita harus memberi perintah kepada pikiran untuk merubah semua energi negatif dan peristiwa buruk menjadi energi positif dan kabar baik. Kesadaran kita memiliki tugas untuk memeriksa pemikiran dan emosi kita, serta menjaganya untuk menghasilkan kabar baik bagi seluruh sel-sel diri kita.

Pikiran, tubuh, dan jiwa dihubungkan oleh keyakinan kita. Bila keyakinan kita sulit menciptakan kabar baik, maka kesadaran harus mengambil peran besar untuk memperbaiki keyakinan yang tidak baik itu. Selama keyakinan tidak diperbaiki, maka kabar baik tidak akan pernah ada. Keyakinan menciptakan pemikiran, dan pemikiran adalah energi yang kita gunakan untuk menjalani rutinitas kehidupan sehari-hari. Intinya, selama keyakinan kita buruk dan bersumber dari pengetahuan atau pengalaman yang penuh kebencian dan kemarahan, maka kita hanya mampu menyampaikan kabar buruk kepada seluruh sel diri kita. Keyakinan buruk tidak akan mampu menghasilkan kabar baik bagi diri sendiri. Keyakinan buruk tidak akan mampu memberikan kehidupan yang damai dan bahagia untuk diri sendiri.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

MELENYAPKAN KEBURUKAN DAN MENGEMBANGKAN KEBAIKAN DI DALAM DIRI

“Semua yang ada di masa depan adalah misteri yang tidak bisa kita prediksi pada hari ini.”~Djajendra

Kehidupan memberi ruang untuk kebaikan dan keburukan. Tanpa keburukan, tidak akan ada kebaikan. Kebenaran dan kepalsuan sama-sama memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang. Kepalsuan dan kebohongan menumbuhkan kepribadian yang tidak pernah merasakan kedamaian dan kebahagiaan. Sebaliknya, kebenaran dan kejujuran menumbuhkan kepribadian yang selalu merasakan kedamaian dan kebahagiaan. Dalam dunia yang memberikan ruang dan peluang yang sama bagi kebaikan dan keburukan, maka kita harus selalu sadar untuk menjadi diri sendiri. Jika kita tidak sadar diri, maka sangat mudah untuk tersesat ke dalam kehidupan yang membuat kita tidak bahagia. Oleh karena itu, kita harus mengenal diri sendiri dan mampu terhubung dengan diri sejati, sehingga bisa melakukan transformasi melalui kesadaran untuk kehidupan yang lebih baik.

Tidak seorang pun yang dilahirkan dengan kemampuan luar biasa, tetapi setiap orang bisa tumbuh untuk memiliki kemampuan luar biasa. Pengetahuan, kesadaran, dan kebijaksanaan adalah alat yang kita perlukan untuk memiliki kemampuan luar biasa. Pengetahuan, kesadaran, dan kebijaksanaan sangat diperlukan untuk mengambil keputusan yang tepat di setiap situasi yang mendesak dan tidak pasti. Kita tidak pernah tahu tentang hari esok. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi satu menit ke depan. Semua yang ada di masa depan adalah misteri yang tidak bisa kita prediksi pada hari ini. Hidup ini untuk dijalani melalui berbagai keadaan dengan jiwa besar, bahagia, mudah, damai, penuh rasa syukur, dan menerima semua kejadiaan sebagai pembelajaran. Jadi, siapkan diri yang unggul untuk berlayar dalam kehidupan yang banyak tantangan dan selalu berubah.

Energi negatif dan energi positif sama-sama mengisi ruang dan waktu, serta selalu hidup berdampingan di dalam diri setiap orang. Hanya kesadaran dan pengetahuan yang dapat menjadikan energi positif dominan di dalam diri, sehingga energi negatif menjadi tidak berarti apa-apa bagi pertumbuhan diri. Biasanya, penguatan energi positif selalu melalui kesulitan dan penderitaan. Jadi, ketika Anda sedang mengalami kesulitan dan ketidakberuntungan, maka itu adalah momen yang paling tepat untuk memperkuat energi positif. Jangan pernah membiarkan energi negatif menguasai hidup Anda di masa sulit. Kematangan dan kebijaksanaan hidup setiap orang didapatkan melalui pembelajaran dari masa sulit yang penuh ketidakpastian. Membiarkan energi negatif menguasai diri berarti menyerahkan diri untuk hidup di dalam dunia yang tidak bahagia.

Kadang, kehidupan sulit harus dihadapi dengan realitas bahwa semua jalan terlihat sangat gelap dan tanpa harapan. Tidak ada cahaya yang terlihat untuk menembus kegelapan. Tidak ada pengetahuan dan akal yang tersedia untuk menemukan jalan keluar. Diri pun terlihat sangat hina dihadapan lingkungan dan orang-orang sekitar. Dalam kondisi ini, Anda harus bersikap rendah hati dan menguatkan keyakinan bahwa Anda mampu mengatasi kesulitan. Mulailah dengan menguatkan energi positif di dalam diri. Lenyapkan semua pikiran buruk, tumbuhkan optimisme dengan pikiran baik. Hilangkan dulu semua keinginan dan ambisi di dalam diri, fokuskan energi untuk mendapatkan pencerahan dan kesadaran agar semua tindakan Anda dalam arah yang tepat. Tumbuhkan kekuatan dari dalam diri untuk mencintai kehidupan Anda, kemudian memberikan perhatian dan rasa tanggung jawab yang tinggi atas semua tindakan positif Anda. Perbanyak doa dengan penyerahan total kepada Tuhan atas hasil akhir. Teruslah bekerja keras dengan pelayanan tanpa pamrih dari diri sejati Anda. Jadilah diri sendiri yang kuat dan yakin mendapatkan kehidupan terbaik.

Selama keburukan masih di dalam diri, maka sangat sulit untuk menghadapi semua persoalan hidup dengan tenang dan optimis. Jadi, panggil diri sejati untuk menyalakan energi positif di setiap tindakan dan pemikiran. Tenangkan diri dengan energi positif; kemudian jadilah lebih bijaksana, konsentrasi penuh terhadap tindakan positif, mengumpulkan informasi yang dibutuhkan, dan bekerja keras untuk mencapai hal-hal terbaik. Melalui kegagalan kita belajar untuk lebih baik. Melalui keberhasilan kita belajar untuk lebih rendah hati. Hidup ini adalah sebuah anugerah yang harus kita terima dengan rasa syukur.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

BERSAHABATLAH DENGAN DIRI SENDIRI DAN TUMBUHKAN PRIBADI KUAT DI DALAM DIRI ANDA

“Jiwa yang tidak diterangi cahaya kesadaran dan kebijaksanaan akan selalu mencari hidup di luar diri. Padahal semua yang dicari dalam hidup bersembunyi di dalam diri sendiri.”~Djajendra

Dengarkan suara hati, kendalikan diri dari suara-suara bising yang bersumber dari luar diri. Apa yang Anda katakan kepada diri sendiri memiliki kekuatan terbesar untuk arah hidup Anda. Semua yang Anda ucapkan dan yang Anda bicarakan dengan orang lain tidak akan banyak menentukan arah hidup Anda. Jadi, lebih baik tidak terlalu banyak berbicara tentang rencana dan mimpi Anda kepada orang lain. Fokuskan semua waktu dan tenaga untuk melakukan tujuan Anda. Miliki waktu untuk berbicara kepada diri sendiri tentang apa-apa yang sudah Anda lakukan dan apa-apa yang akan segera Anda lakukan. Bersahabatlah dengan diri sendiri dan tumbuhkan pribadi kuat di dalam diri Anda.

Hidup tidak berada di suatu tempat di luar diri sendiri, tetapi hidup sudah ada di dalam diri sendiri. Sekarang, tugas Anda adalah menemukan hidup Anda dari dalam diri sendiri. Jadi, tidak perlu mencari hidup yang Anda impikan kemana-mana, fokuskan saja semua waktu dan tenaga untuk mencari impian hidup ke dalam diri sendiri. Hebatkan diri sendiri dan cerdaskan dengan berbagai macam pengetahuan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi diri sendiri. Semua hal yang bersumber dari luar diri hanyalah sebuah pengetahuan dan pembelajaran. Semua percakapan dengan orang lain adalah pengetahuan dan pengalaman dari luar diri. Dan, semua yang bersumber dari luar diri Anda bukanlah tentang hidup Anda, hidup Anda sendiri sudah ada di dalam diri Anda sendiri. Jangan pernah menjadikan realitas hidup orang lain sebagai hidup Anda. Ingat! Anda itu unik dan satu-satunya, Anda tidak dapat digandakan, Anda tunggal dan berbakat hebat untuk melakukan segala impian dari kejujuran diri sendiri. Jadilah diri sendiri sesuai takdir dan mimpi yang bersumber dari kesadaran dan kebijaksanaan suara hati Anda.

Dalam kesadaran, Anda terhubung dengan diri sendiri di mana pikiran dan emosi bisa menyatu untuk ketenangan hati Anda. Pikiran dan emosi dalam kendali kesadaran hati nurani menciptakan percakapan mental yang positif dan meninggalkan kebisingan hidup. Dalam kondisi ini, Anda bisa menciptakan energi positif di dalam diri Anda untuk melihat semua fakta hidup Anda dengan tenang, jelas, santai, damai, dan murni dari kesadaran diri sendiri. Dengarkan suara hati nurani dengan cerdas dan bengunkan intuisi Anda untuk membantu dalam pengambilan sikap atau keputusan. Biasakan hanya mendengarkan suara hati positif yang diperkuat dengan niat dan tekad, untuk mewujudkan semua potensi hebat Anda sebagai diri sejati Anda. Dengan cara ini, Anda mulai menyelaraskan perjalanan kehidupan Anda dengan tujuan Anda, dengan apa yang benar-benar Anda inginkan dan impikan untuk mengisi hidup Anda.

Setelah mengenal diri sejati dan memahami potensi diri Anda yang unik dan hebat, Anda boleh memiliki tekad dan motivasi untuk melakukan hal-hal yang benar-benar Anda impikan, mulailah dengan langkah-langkah kecil, jangan takut gagal, Anda boleh memiliki ambisi yang hebat, tetapi ambisi itu cukup dibicarakan dengan diri sendiri, tidak perlu dibicarakan kepada siapa pun di luar diri Anda. Cintai dan sukai hal-hal yang Anda kerjakan dengan totalitas. Nikmati setiap momen dari hal-hal yang Anda lakukan dengan perasaan sukacita. Ketika perasaan cinta dan antusiasme menguasai perasaan Anda di setiap proses kerja, Anda akan mendapatkan pengalaman yang indah. Dalam perjalanan, selalu ada kegagalan dan kesuksesan, semua itu adalah hal biasa, tetapi Anda yang melakukannya dari kesadaran diri sendiri tidak akan pernah menyerah atau berhenti menghadapi situasi tersulit. Anda akan terus berkarya dan berkontribusi dengan sungguh-sungguh untuk menghasilkan kebahagiaan dan kemenangan bagi diri sendiri. Anda juga akan memilih untuk tidak banyak berbicara tentang kesulitan Anda kepada orang lain, tidak menggunakan kata-kata negatif dalam menyikapi kesulitan, dan selalu fokus menggunakan waktu dan tenaga untuk memaksimalkan pikiran dan perasaan positif.

Anda yang mengenal diri sendiri dengan baik tidak akan membuat diri Anda terjebak dalam kehidupan tanpa harapan. Kesadaran Anda selalu tampil untuk membawakan cahaya terang ke dalam jiwa Anda, sehingga Anda mampu melihat semua kehebatan Anda di dalam terang cahaya. Hal ini akan membuat Anda tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan hebat. Ketika kesulitan hidup mengguncang Anda; Anda tidak pernah kehilangan mimpi dan harapan, Anda tidak akan putus asa, Anda tidak akan berhenti berjuang, Anda tidak akan sedih. Dari situasi yang sulit itu, Anda mampu mengaktifkan energi kreatif dan optimis untuk menemukan solusi yang tepat.

Pribadi yang kuat di dalam diri sendiri adalah pribadi yang mampu mengantar hidup Anda menjadi pemenang. Dalam setiap situasi, Anda mampu tampil kuat dan hebat untuk mencapai kemenangan. Kata-kata positif dan nilai-nilai kehidupan yang bijaksana telah menjadikan Anda sebagai manusia unggul. Sebagai manusia unggul; Anda sudah tidak mengenal lagi perasaan menghakimi, mengeluh, dan menyalahkan. Anda selalu menerima, menghargai, mencintai, memahami, menghasilkan, dan mengabaikan yang tidak sejalan dengan hidup Anda.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

KEINGINAN DAN KEBUTUHAN ADA BATASNYA

“Ketika keinginan dan kebutuhan sudah selesai dengan diri sendiri, maka diri bisa naik lebih tinggi lagi untuk menikmati keindahan hidup yang abadi.”~Djajendra

Semakin mampu seseorang memenuhi kebutuhan dan keinginan, semakin naik lagi tuntutan terhadap kebutuhan dan keinginan yang baru. Manusia tidak pernah puas dengan sebuah keadaan. Selalu berusaha untuk mencapai yang lebih besar lagi. Hierarki kebutuhan terus meningkat dan berubah di sepanjang waktu sesuai motivasi diri masing-masing pribadi. Dan, semua ini berakhir pada saat manusia membutuhkan pencerahan untuk melenyapkan keinginan dan menyederhanakan kebutuhan hidup.

Pada awal pertumbuhan, setiap orang tumbuh dengan fokus materi, jiwa diabaikan, pikiran dibiarkan bebas tak terkendali untuk bermimpi tentang apa pun. Keinginan dan kebutuhan akan terus berkembang untuk meningkatkan keamanan, kesenangan, kepuasan, kebanggaan, kehormatan, kesehatan, kenikmatan, kekayaan, dan penampilan diri yang lebih baik. Ini semua adalah kebutuhan dasar dan menengah yang biasanya dialami oleh setiap orang.

Dalam proses mendapatkan kebutuhan dasar dan menengah, setiap orang selalu ingin menjadi pribadi luar biasa. Berkompetisi dan bersaing dengan orang lain adalah naluri dasar manusia. Semua orang menginginkan aktualisasi diri yang membuatnya terlihat lebih hebat. Kreativitas dan inovasi adalah kekuatan yang ada di dalam diri setiap orang untuk menjadi manusia luar biasa. Dalam tahap ini, stres menjadi bagian yang tak terhindarkan, tidak ada kesadaran untuk mengelola emosi dan pikiran, sulit menerima cahaya untuk membangun jiwa yang damai. Biasanya, pencerahan pun belum mampu dipahami, selalu dikalahkan oleh ego yang sangat menginginkan sesuatu yang lebih dari siapa pun atau apa pun.

Ketika semua keinginan dan kebutuhan dasar dan menengah itu terpenuhi secara berlebihan, maka terjadilah kekosongan di dalam diri, dan membutuhkan pencerahan untuk melenyapkan nafsu keinginan dan kebutuhan. Ada orang-orang yang mampu memasuki wilayah pencerahan dan menemukan cara untuk mengisi kekosongan di dalam diri, tetapi sangat banyak juga orang-orang yang tetap terperangkap dalam ego kebutuhan dan keinginan. Jiwa yang sangat terikat dengan kebutuhan dan keinginan biasanya sulit menerima pencerahan. Pencerahan adalah fondasi untuk memiliki jiwa yang terisi penuh dengan kebahagiaan dan keindahan hidup.

Kebahagiaan dan keindahan baru dapat dirasakan ketika seseorang melampaui sifat yang terikat pada kebutuhan dan keinginan. Ketika keinginan dan kebutuhan lenyap dari pikiran dan emosi, maka sejak itu seseorang akan memasuki wilayah kehidupan yang bergerak karena cinta dan kasih sayang. Rasa syukur dan terima kasih dengan keadaan diri sendiri menjadikan diri sejahtera dan kaya dengan indahnya kehidupan. Pencerahan yang membangkitkan kebaikan dari dalam diri akan membuat kekayaan materi dan pencapaian prestasi menjadi tunduk kepada kebaikan, bukan lagi pada keserakahan.

Ketika kebutuhan dan keinginan lenyap dari ego, maka sudah tidak ada lagi kebisingan di pikiran. Pikiran pun menciptakan emosi positif untuk bisa menikmati keindahan dan kebahagiaan. Sudah tidak ada lagi bisikan di kepala tentang uang yang lebih banyak, tentang rumah yang lebih besar, tentang nikmatnya fasilitas-fasilitas kehidupan, dan juga semua sifat rakus akan hilang digantikan sifat peduli, welas asih, serta kemampuan untuk menjalani hidup tanpa paksaan dan kekerasan.

Ketika keinginan dan kebutuhan sudah selesai dengan diri sendiri, maka diri bisa naik lebih tinggi lagi untuk menikmati keindahan hidup yang abadi.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

MENERIMA KESALAHAN DAN MENGAKUINYA DENGAN RENDAH HATI

“Kehidupan kita akan semakin memburuk ketika kita merasa tinggi hati untuk mengakui kesalahan.”~Djajendra

Tidak ada seorang pun yang tidak membuat kesalahan. Semua orang membuat kesalahan. Kesalahan adalah bagian dari perjalanan hidup setiap orang. Kesalahan menunjukkan bahwa manusia memiliki sifat tidak sempurna, sehingga setiap saat harus sadar diri untuk memperbaiki kesalahan yang dibuat. Kemampuan untuk mengakui kesalahan akan membuka ruang kreatifitas di dalam diri, sehingga dengan energi kreatif kita bisa menemukan solusi yang tepat untuk memperbaiki kesalahan. Menyembunyikan kesalahan hanya menjadikan diri sendiri tidak jujur kepada dirinya, sehingga hidupnya penuh prasangka di dalam ketidakdamaian jiwa.

Kesempurnaan hanya milik Tuhan, bukan milik manusia. Jadi, sangatlah merugikan diri sendiri bila terlalu ngotot dengan kebenaran diri sendiri. Kemampuan dan kesadaran untuk melihat kesalahan yang kita buat dengan jujur akan membuat hidup kita lebih baik. Kecerdasan dan integritas untuk memperbaiki kesalahan akan membuat kita semakin kuat dan tangguh dalam menghadapi proses hidup. Jangan takut mengakui kesalahan. Jangan putusasa dan sedih dengan kesalahan yang sudah dibuat. Terimalah kesalahan itu dan perbaiki agar kegembiraan tetap ada di dalam kehidupan. Jangan membiarkan pikiran negatif dan ego menjadi sangat kuat untuk tidak mengakui kesalahan.

Kehidupan akan semakin memburuk ketika kita merasa tinggi hati untuk mengakui kesalahan. Mungkin saja kesalahan yang kita buat luput dari hukuman negara, luput dari hukuman Tuhan, tetapi tidak akan pernah luput dari hukuman diri kita sendiri. Jadi, ketika semua hal tidak memberikan hukuman atas ketidakjujuran kita atas kesalahan yang kita buat, maka diri kita sendirilah yang akan memberikan hukuman terhadap ketidakjujuran kita tersebut. Pada akhirnya, semua kesalahan yang tidak kita akui dan tidak kita perbaiki akan menjadi sumber penderitaan bagi hidup kita. Sumber penderitaan itu akan muncul dari dalam diri sendiri untuk mengganggu keseimbangan pikiran, emosi, fisik, mental, dan jiwa. Jadi, daripada setiap saat mengalami depresi atau stres, lebih baik hidup dengan mengakui kesalahan dan menerima kesalahan untuk kebahagiaan hidup diri sendiri.

Mengakui kesalahan seperti membersihkan diri sendiri dari berbagai kotoran. Niat baik dan sikap yang penuh integritas akan menyelamatkan reputasi diri sendiri. Kepribadian dengan sikap yang selalu fokus untuk memperbaiki kesalahan akan bergerak menuju transformasi kehidupan terbaik. Perilaku yang mengakui kesalahan menjadikan proses hidup tanpa penyesalan dan tidak akan mencoba untuk menutupi kesalahan. Sebab, semua perilaku menutupi kesalahan hanya seperti menyimpan sakit di dalam diri sendiri.

Kita harus menjadi diri sendiri yang jujur terhadap semua niat dan tindakan. Bila sudah ada niat untuk tidak jujur, maka kesalahan pasti dibuat. Hal ini berakibat pada hidup kita yang selalu mengulangi kembali kesalahan demi kesalahan. Jelas, saat kita terus-menerus mengulangi kesalahan melalui niat dan perbuatan, maka kita tidak akan membuat perubahan apa pun untuk meningkatkan kebahagiaan dan kedamaian hidup kita. Dan, bila niat untuk melakukan hal-hal curang sudah menjadi bagian dari karakter diri, maka sampai tua pun kita akan menjadi pelaku curang yang tidak pernah bertransformasi untuk menikmati kedamaian jiwa. Intinya, bila kita selalu memiliki niat untuk berbuat curang, maka hal ini sama saja seperti kita sedang menjalani hidup membohongi diri sendiri dengan membenarkan perbuatan salah kita.

Pada dasarnya, setiap orang adalah orang baik. Namun, niat tidak baik menjadikan diri kita sering berbuat kesalahan, sehingga kita menjadi orang yang tidak baik. Kesalahan adalah jalan hidup yang tidak tepat. Jika kita tetap ngotot berjalan di jalan yang tidak tepat, maka kita akan menjalani hidup yang tidak kita ketahui, sehingga mudah jatuh ke lubang penderitaan. Stres dan berbagai persoalan hidup akan muncul saat kita tetap terbiasa di jalan hidup yang tidak tepat.

Menerima kesalahan dan mengakuinya dengan rendah hati adalah jalan untuk menikmati kehidupan yang damai dan bahagia. Semua kesalahan adalah milik kita sendiri, tidak perlu kita memaksa diri untuk berbagi kesalahan. Sikap kita yang masih menyalahkan orang lain atau mencoba berbagi kesalahan dengan orang lain, hanya akan membuat diri kita selalu mengulangi kesalahan yang sama. Memaafkan dan menerima kesalahan menjadikan kita lebih cerdas, sehingga tidak akan jatuh lagi ke dalam lubang kesalahan yang sama.

Hidup ini indah dan sangat berharga. Jangan disia-siakan di dalam kesalahan dan kecurangan. Niat yang baik dengan sikap rendah hati untuk selalu belajar dari kesalahan dan kekurangan menjadikan kita berguna bagi hidup yang indah ini. Sifat dan perilaku kita yang selalu belajar dari kesalahan dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan menjadikan kita tumbuh dan berkembang. Kesalahan yang dilakukan dengan ketidaktahuan adalah pelajaran yang harus segera diperbaiki untuk kebaikan diri sendiri.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

TIDAK ADA SOLUSI DI DALAM DIRI YANG PENUH TEKANAN DAN STRES

“Tidak ada solusi yang baik di dalam pikiran yang kacau.”~Djajendra

Ketika kita belum menemukan diri sendiri dan belum menguatkan diri sendiri, kita sangat mudah dibuat stres dengan masalah hidup. Masalah hidup hanya dapat dipecahkan dengan pikiran dan emosi positif. Semakin tenang dan sabar dalam menghadapi masalah, semakin mudah memecahkan masalah. Semakin fokus dan terlibat secara mendalam dengan masalah, semakin sulit untuk menemukan jalan keluar. Tidak ada solusi yang baik di dalam pikiran yang kacau. Tidak ada solusi yang baik di dalam diri yang penuh tekanan dan stres.

Sangatlah manusiawi bila kita tersedot ke dalam pusaran masalah, tetapi hal ini sangat merugikan hidup kita. Sejujurnya, tidaklah mudah untuk melepaskan diri dari masalah yang mengepung hidup kita. Karena tidak mudah untuk melepaskan diri dari masalah, maka kita harus meningkatkan kesadaran agar dapat menghadapi masalah dengan bijak. Salah satu cara terbaik adalah menerima masalah dengan tenang dan membuatnya menjadi lebih kecil, melangkah mundur sedikit dari masalah tersebut, kemudian memperhatikannya dengan jujur tanpa terlibat secara emosional dengan masalah tersebut. Jangan membiarkan diri menjadi stres dengan masalah. Tetaplah tenang dan cerdas untuk menyelesaikan masalah.

Jika terlalu fokus pada masalah, maka pikiran akan dikuasai dan dikendalikan oleh masalah. Oleh karena itu, masalah harus dihadapi dengan pikiran jernih tanpa emosi negatif. Pisahkan masalah dari diri sendiri dan miliki kesabaran saat menghadapinya. Dengarkan suara hati dengan tenang dan jujur, miliki kecerdasan dan kreatifitas untuk menemukan solusi atas masalah yang dihadapi. Hindari perasaan kesal, marah, panik, takut, benci, dan frustasi kepada siapa pun. Tidak perlu fokus untuk menemukan siapa yang salah. Tidak perlu menyalahkan orang lain. Tidak perlu bingung atau merasa tidak berdaya. Gunakan kecerdasan, akal sehat, logika, kesadaran, dan pemikiran positif dengan tenang, jelas dan rasional dalam proses menemukan jalan keluar dari masalah tersebut.

Kehidupan tidak selalu seperti yang kita inginkan, tetapi ketika kita mau menerima kehidupan yang kita miliki, maka kebahagiaan dan kedamaian akan menjadi energi kehidupan kita. Penyebab utama tekanan yang menumpuk di dalam diri karena kita tidak ikhlas menerima kenyataan yang sedang kita alami. Ketika kita marah dan ngotot dengan masalah kita, maka stres akan semakin membawa hidup kita pada titik terendahnya. Menerima hidup dan membiarkan hal-hal di luar kendali kita berjalan di dalam pikiran positif adalah jalan terbaik untuk menghindari hal-hal menjadi lebih buruk.

Sebagian besar masalah menjadi semakin buruk karena hilangnya ketenangan, kesabaran, dan keikhlasan untuk menghadapinya. Tidak perlu terlalu memberikan perhatian terhadap masalahnya, fokuskan untuk menemukan jalan keluar. Bila kita fokus pada masalah, maka secara mental dan emosional kita akan kehabisan tenaga dan waktu. Sulit untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi jika kita terlalu dekat dengan masalah tersebut. Jauhkan diri dari masalah tersebut, kemudian kendalikan diri dan emosi, ciptakan ketenangan dan energi positif di dalam diri, dan mulailah menggunakan strategi yang tepat untuk menemukan jalan keluar dari masalah tersebut.

Menjadi pribadi yang tidak terganggu dengan hal apa pun adalah fondasi yang baik untuk menemukan solusi atas berbagai masalah hidup. Jadi, sebelum masalah menyerang kita, sangatlah diperlukan kesadaran dan latihan untuk tidak terganggu dengan berbagai situasi, peristiwa, perilaku, sikap, dan kenyataan hidup. Mampukan diri untuk menerima setiap keadaan dan praktikkan pola hidup yang fokus pada hal-hal baik di sepanjang hari dan waktu.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

HIDUP INI INDAH JANGAN MEMBIARKAN DIRUSAK OLEH MASALAH

“Setiap hari kita perlu berbicara dengan diri sendiri tentang hal-hal positif yang membawa hidup kita menuju bahagia.”~Djajendra

Ketika kita tidak menerima masalah hidup, maka masalah hidup itu akan membuat kita kacau dan frustasi. Satu-satunya solusi terbaik saat menghadapi masalah adalah menerima masalah tersebut dan menjadi lebih kreatif agar dapat menemukan jalan terbaik. Bila kita tidak ikhlas menerima masalah dan ngotot mempersalahkan orang lain, maka kita akan terjebak dalam hal-hal negatif yang merusak hidup kita.

Masalah akan menjadi energi negatif yang merusak hubungan baik saat kita tidak mau mengakui kesalahan kita. Bila masalah itu muncul karena kesalahan atau tidak adanya sifat dan perilaku baik dari diri kita, maka kita harus sadar dan memiliki empati untuk menunjukkan kebaikan agar dapat menemukan solusi atas masalah tersebut.

Pikiran positif kita memiliki kekuatan untuk menyelamatkan semua masalah. Cinta dan kepedulian adalah dua kata kunci yang sangat diperlukan dalam menyelesaikan masalah. Selama kita ngotot dengan kebenaran yang kita yakini dan mengabaikan kebenaran orang lain, maka masalah akan selalu ada dan tidak pernah tuntas. Oleh karena itu, diperlukan cara-cara manusiawi yang memperhatikan realitas orang lain, termasuk mau berdamai dengan kebenaran yang diyakini semua orang adalah jalan terbaik untuk menuntaskan masalah.

Jangan membiarkan pikiran negatif semakin memperluas persoalan dari masalah yang muncul. Jangan membiarkan pikiran negatif menciptakan ketakutan dan pesimisme di dalam hidup kita. Buanglah masalah tersebut dari pikiran dan tempatkan masalah menjadi sesuatu di luar diri, kemudian gunakan kreativitas untuk menemukan solusi yang membuat hidup kita bahagia dan damai.

Setiap hari kita perlu berbicara dengan diri sendiri tentang hal-hal positif yang membawa hidup kita menuju bahagia. Katakan pada diri sendiri sepanjang hari bahwa semua urusan terselesaikan dengan baik dan semua masalah berubah menjadi solusi yang indah. Lakukan afirmasi berulang kali bahwa hidup kita sangat indah dan semua urusan terselesaikan dengan sangat indah.

Tetaplah tersenyum saat masalah hadir ke dalam hidup, fokuskan diri untuk tetap tenang menghadapi semua hal. Lakukan dengan sepenuh hati untuk menuntaskan masalah dengan solusi yang mendatangkan kebahagiaan.

Sifat masalah itu sementara. Masalah datang dan pergi. Masalah adalah guru yang mengajarkan kita untuk lebih rendah hati dan mau mengendalikan diri. Miliki kesadaran untuk menguatkan fisik, emosi, mental, dan perilaku baik saat menghadapi masalah. Hanya diri kita sendirilah yang selalu menjadi solusi untuk menuntaskan masalah, jangan pernah berharap orang lain yang menuntaskan masalah kita.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

MENEMUKAN SIAPA DIRI KITA

“Tidak seorang pun bisa menyelamatkan hidupnya dengan pikiran kacau dan emosi yang penuh dendam. Hanya kebaikan dan perilaku positif yang dapat menyelamatkan hidup kita.”~Djajendra

Bagaimana kita bisa menemukan diri sendiri dengan pikiran yang terlalu sibuk mengurusi hal-hal di luar diri sendiri. Kehidupan yang utuh baru dapat dinikmati ketika kita sudah menemukan diri sendiri yang unik dan baik. Ketika kita belum menemukan diri sendiri yang unik dan baik, kita akan hidup dalam kekacauan dan ketidakbahagiaan. Diri kita yang positif mampu memahami keteraturan dan etika, baik untuk diri sendiri maupun untuk hubungan dengan orang lain, sehingga kehidupan kita tidak akan diatur oleh pikiran negatif yang kacau.

Masing-masing dari kita adalah unik dan istimewa. Setiap orang sudah memiliki kehebatan dan kualitas yang unik di dalam dirinya. Setiap pribadi memiliki hal-hal terbaik untuk dipersembahkan kepada kehidupan yang indah dan baik. Setiap orang memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu yang dicintai dan disukai dengan sempurna. Dan semua ini dapat diwujudkan kalau kita sudah mengenal diri kita masing-masing dengan sangat baik.

Menemukan siapa diri kita adalah sebuah tugas suci yang dimulai dari kesadaran diri yang tinggi. Kita harus bisa masuk ke dalam diri sendiri untuk menemukan kualifikasi dan potensi yang mumpuni – untuk melakukan pekerjaan yang bisa membuat hidup kita bahagia dan berguna bagi banyak orang. Diri kita yang unik mampu menampilkan seorang individu yang berkarakter untuk melakukan dan mengatakan sesuatu secara berbeda dari orang lain, mampu memberikan kontribusi kreatif untuk kemajuan dan pertumbuhan menuju kehidupan yang lebih baik.

Inti dari kehidupan adalah menjadi diri yang unik dan positif bagi diri sendiri dan orang lain. Ketika sudah menemukan apa yang seharusnya kita kerjakan melalui kesadaran, maka semua kekuatan diri menjadi fokus dan sepenuh hati untuk mencapainya. Kesadaran untuk menemukan siapa diri saya yang sejati mampu mengecilkan dominasi keinginan oleh ego dan nafsu, sehingga diri yang diterangi oleh visi yang sepenuh hati mampu menciptakan stabilitas mental dan emosi, untuk bisa menjalani proses yang panjang dalam mencapai visi tersebut.

Hidup adalah perjuangan selama kita masih bernafas di bumi ini, dan diri sejati yang unik selalu kuat untuk menghadapi hal-hal yang harus dihadapi di sepanjang proses perjalanan hidup. Kesadaran di dalam diri sejati mampu memiliki kekuatan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan dalam perjalanan naik turunnya realitas kehidupan pribadi. Jadi, diri sejati yang kesadarannya tinggi tidak akan terjebak dengan dilema pikiran dan suara hati. Pikiran, suara hati, dan emosi mampu berada dalam satu energi positif yang sama, sehingga kepribadian dan karakter diri yang kuat mampu menjalani semua realitas hidup dengan gembira dan penuh sukacita.

Menemukan siapa diri sejati kita sangatlah penting dan prioritas. Sebab, bila kita tidak mengenal diri sendiri yang unik, maka semua kehebatan dan keunikan di dalam diri kita tidak akan menjadi berharga bagi kebaikan hidup. Membiarkan hidup kita sibuk mengurusi hal-hal di luar diri kita dan mengabaikan keunikan diri sendiri, maka hal ini sama saja dengan mengubur semua potensi dan keunikan diri sendiri, sehingga sampai kita meninggal dunia kita tidak pernah membangun dan mengembangkan potensi baik yang diberikan Tuhan untuk keindahan dan kedamaian hidup kita.

Mengetahui siapa diri sejati membuat keunikan diri membawa kita menemukan tujuan yang membahagiakan. Mengetahui siapa diri sejati memungkinkan kita untuk bekerja dengan fokus dan dengan satu pikiran yang stabil. Kondisi ini akan membuat perjalanan hidup kita bergerak melalui kesadaran untuk sampai ke tujuan kita. Mengetahui siapa diri sejati menjadikan kita mampu bekerja sesuai arah untuk mencapai target.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

Older posts

© 2018 MOTIVASI DJAJENDRA

Theme by Anders NorenUp ↑