JANGAN MELAKUKAN KESALAHAN YANG SAMA

“Tidak ada yang salah dari keputusan yang tidak tepat, tingkatkan kesadaran untuk menemukan solusi yang tepat agar keputusan Anda menjadi benar.”~Djajendra

Manusia adalah tempat kesalahan, tetapi manusia juga adalah pusat pembelajaran. Bila pernah membuat kesalahan, belajarlah dari kesalahan tersebut, kemudian tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

Tidak ada salahnya bila Anda telah berbuat salah, tetapi segera sadari bahwa kesalahan adalah jalan dalam kegelapan. Segera temukan cahaya kebenaran agar tidak terjebak dalam kegelapan dan ketidaktahuan. Sebuah kesalahan yang Anda buat pasti mengajarkan sesuatu agar Anda menemukan cahaya. Katakan selalu kepada diri sendiri bahwa Anda lebih besar dari kesalahan yang Anda buat. Positifkan suara hati Anda dan berikan titik kebenaran kepada pikiran, sehingga pikiran memahami jalan terang yang harus Anda jalani.

Isi diri Anda dengan nilai-nilai positif, sehingga energi kenegatifan di dalam diri Anda dikecilkan atau pun ditiadakan. Jika dari luar diri Anda memberikan pikiran negatif, tenangkan diri dalam energi positif, dan jangan biarkan serangan negatif ke dalam diri Anda mempengaruhi Anda menjadi negatif.

Ketika Anda membiarkan ego yang membuat keputusan dan Anda pun belum memiliki kesadaran apapun di dalam diri, maka Anda berpotensi mengulang kesalahan yang sama berkali-kali. Ego tidak akan pernah tahu harus berbuat apa dan apa yang tidak boleh dilakukan. Ego hanya fokus untuk kepentingannya dan mengabaikan kepentingan di luar dirinya. Ego selalu ngotot dan keras kepala dengan maunya, serta tidak peduli dengan realitas yang dihadapi. Jadi, tumbuhkan kesadaran dan tinggalkan ego sementara saat Anda harus mengambil jalan yang benar dari tindakan salah yang Anda buat.

Tingkatkan kekuatan kemauan Anda untuk menemukan solusi dari kesalahan yang Anda buat. Jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk ngotot dan hidup mempertahankan kesalahan. Waktu kita singkat dan setiap hari berlalu dengan sangat cepat. Bila Anda mengabaikan waktu dan membiarkan hidup Anda terjebak dalam drama kesalahan, maka hidup Anda tidak akan kemana-mana, selalu jalan di tempat, dan Anda pun tidak memiliki kesempatan untuk melakukan perubahan agar bisa menemukan hidup yang lebih indah.

Kesadaran dan pengendalian diri diperlukan untuk tidak berbuat kesalahan yang sama. Setiap hari penuhi diri dengan energi positif. Ucapkan afirmasi kata-kata positif untuk menguatkan diri, sehingga Anda menjadi percaya diri untuk membawa cahaya kebaikan ke dalam pikiran dan memulihkan semua perasaan bersalah di dalam diri.

Jangan takut dan ragu tentang melakukan kesalahan. Hal terpenting, jangan mengulang kesalahan yang sama dua kali. Miliki pengetahuan yang lengkap saat mengambil tindakan. Dan bila tindakan tersebut menciptakan kesalahan, maka terimalah dengan jiwa besar. Tidak ada yang salah dari keputusan yang tidak tepat. Melalui kesalahan Anda bisa meningkatkan energi kreatif Anda, untuk menemukan hasil yang lebih baik dari yang Anda rencanakan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MERAWAT PIKIRAN BAIK DAN TIDAK BERTEMPUR DENGAN PIKIRAN NEGATIF

“Jangan bertempur dengan pikiran negatif. Kalau Anda melawan, mereka menjadi kuat dan balik melawan. Biarkan saja sesukanya mereka hadir ke dalam hidup Anda. Tugas Anda adalah fokus menguatkan pikiran positif agar tidak tersentuh oleh energi buruk dari pikiran negatif tersebut.”~Djajendra

Merawat pikiran baik untuk kedamaian hidup. Pikiran adalah segalanya dalam hidup. Jika setiap bangun pagi Anda memulai hidup Anda dengan pikiran baik, maka kegelisahan pasti hilang dan Anda pun mampu mempertahankan sikap positif di sepanjang hari. Kesadaran untuk merawat dan menjaga pikiran baik sejak bangun pagi menentukan kualitas hidup Anda. Anda harus rajin untuk memeriksa jenis pikiran yang membuat hidup Anda sia-sia. Semua pikiran yang sia-sia tersebut harus Anda buang dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai positif, lalu menjadikan nilai-nilai positif tersebut sebagai sikap hidup Anda yang murni. Pikiran yang baik membuat Anda memiliki pandangan positif atas kehidupan. Pikiran baik menghasilkan ucapan baik, kata-kata baik, tingkah laku yang baik, tindakan yang baik, dan karakter diri yang baik. Pikiran baik menjadikan Anda unggul dan berkualitas tinggi untuk kehidupan yang bahagia dan sejahtera. Pikiran baik menjadikan Anda kuat dan tidak pernah berhenti sampai mewujudkan impian Anda.

Merawat pikiran baik membutuhkan pengetahuan dan wawasan yang sangat luas. Pengetahuan dan wawasan yang sangat luas itu diperlukan untuk mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif. Setiap hari, miliki waktu khusus untuk memeriksa dan mengubah pikiran Anda melalui perasaan yang Anda miliki. Bila Anda memiliki perasaan-perasaan yang tidak menyenangkan hati atau bila Anda memiliki perilaku buruk, maka itu artinya energi negatif sedang menguasai Anda. Dalam hal ini, Anda harus jujur kepada diri sendiri untuk menguatkan pikiran baik Anda. Ambil tindakan untuk memperbaiki perasaan tidak menyenangkan menjadi menyenangkan. Miliki kesadaran bahwa kualitas pikiran menciptakan kualitas perasaan dan perilaku. Jadi, setiap hari, Anda harus memeriksa kualitas pikiran Anda. Pikiran yang baik membuat hidup Anda hebat, kuat, dan produktif. Anda tidak akan membuang-buang waktu dengan mencemaskan ataupun mengkhawatirkan sesuatu. Anda mampu fokus dan berkonsentrasi total bersama pikiran baik Anda, untuk menciptakan kinerja terbaik, sehingga Anda selalu mengalami kesuksesan secara terus-menerus di sepanjang hidup Anda.

Pikiran harus berkualitas dan efektif bagi tujuan hidup Anda. Jangan membiarkan pikiran-pikiran tidak penting mengambil waktu hidup Anda. Hidup ini singkat, tidak terlalu lama, jadi jangan memboroskan waktu Anda dengan pikiran yang tidak berguna. Jadilah pribadi yang cerdas dalam melihat kehidupan. Anda pun tidak perlu melawan dan bermusuhan dengan pikiran-pikiran negatif. Bila Anda bertempur, melawan, bermusuhan, ataupun membenci pikiran negatif; maka, itu artinya Anda sedang memberikan kekuatan dan kehidupan kepada pikiran negatif. Jadi, biarkan saja pikiran-pikiran negatif itu datang ke dalam hidup Anda, biarkan saja sesukanya mereka, tugas Anda adalah hanya fokus untuk memperkuat pikiran positif dan menguatkan diri Anda agar tidak tersentuh oleh energi negatif dari pikiran negatif.  

Pikiran negatif diciptakan oleh jiwa yang lemah dan yang tak berdaya. Pikiran negatif adalah hasil dari ketidakmampuan diri untuk menjadi diri sendiri yang jujur kepada hidupnya. Pikiran negatif dihasilkan oleh pribadi yang tidak memiliki fondasi dasar untuk menjalani kehidupan yang nyata. Mereka hanya hidup sesuai pikiran mereka dengan mengabaikan realitas maupun fakta kehidupan yang ada. Mereka hanya menjadi kekuatan di dalam pikirannya saja, tetapi tidak berdaya melawan realitas hidup. Inilah yang membuat mereka menjadi negatif dan menyalurkan energi negatif ke dalam kehidupan nyata, sehingga kehidupan nyata menjadi tidak seimbang, banyak peristiwa tidak baik yang terjadi oleh pikiran negatif tersebut. Sikap terbaik untuk menghadapi pikiran negatif adalah dengan memahaminya, lalu dengan memperkuat diri sendiri melalui pikiran positif. Saat orang-orang berpikiran negatif terhubung dengan Anda, katakan kepada diri sendiri, “saya memahami sikap mereka, semoga mereka bahagia.” Intinya, Anda jangan pernah membuat pengkondisian negatif atas kehadiran pikiran negatif ke dalam hidup Anda. Anda harus selalu mengerti mengapa mereka bersikap seperti itu, Anda juga harus selalu fokus untuk memperkuat diri Anda sendiri melalui pikiran positif.

Pikiran buruk adalah sumber rasa sakit dalam hidup. Pikiran baik adalah sumber kebahagiaan dan keindahan dalam hidup. Ke mana pun Anda pergi, Anda harus melalui sukacita dan dukacita, keduanya abadi dan bersifat pasti. Di semua jalan hidup pasti ada yang jahat dan ada yang baik. Di semua jalan hidup pasti ada yang bermoral tinggi dan bermoral rendah, itulah hidup. Di semua tempat pasti ada orang baik dan orang tidak baik. Seperti kata pepatah bangsa Indian Amerika : “Obat penawar dari tanaman beracun ada di sekitarnya.”  Demikian juga, bila di sebuah tempat ada orang jahat, maka di situ juga pasti ada orang-orang baik untuk mengendalikan orang jahat tersebut. Jadi, dalam hidup, tidak perlu terlalu takut atau khawatir dengan energi negatif, selalu tersedia kekuatan di dalam diri kita masing-masing untuk menetralkan energi negatif tersebut.

Bila Anda masih merasakan tidak bahagia dengan hidup Anda, maka itu artinya Anda masih menjalani hidup dalam pengkondisian pikiran negatif. Memang, baik dan buruk tidaklah pernah terpisah, mereka berdua hidup di setiap jiwa, keduanya hidup berdampingan di dalam sebuah diri. Hanya kesadaran di dalam integritas dan kejujuran diri sendiri yang bisa memahami hal tersebut. Sadari setiap ucapan, pemikiran, suara hati, dan perasaan Anda; bila masih ada nilai-nilai negatif, maka itulah penyebab ketidakbahagiaan hidup Anda. Jadi, jangan pernah menyalahkan orang lain atau mencari-cari alasan atas ketidakbahagiaan Anda. Kebahagiaan itu ada di dalam kesadaran Anda untuk menguatkan pikiran baik, bukan dari kesadaran orang lain. Intinya, Anda harus sadar bahwa kehidupan ini pada dasarnya berjalan oleh dua kekuatan yang abadi, yaitu: kekuatan baik dan kekuatan jahat, dan keduanya ada di dalam diri setiap orang. Kekuatan baik bisa membuat Anda bahagia, kekuatan jahat bisa membuat Anda menderita. Keduanya abadi, keduanya nyata dalam hidup. Bila Anda bisa menerimanya dan memahaminya, maka Anda harus membangun karakter diri yang kuat dengan pikiran positif, sehingga semua kekuatan jahat tidak mampu merusak kedamaian hidup Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

KESABARAN ADALAH KEKUATAN UNTUK MENJALANI KEHIDUPAN YANG HEBAT

“Kesabaran itu sangat pahit dan sangat tidak enak, namun, pada akhirnya, menghasilkan kenikmatan, kesejahteraan, dan keindahan untuk selamanya.”~Djajendra

Hidup itu sebuah perjalanan melalui proses yang tak terduga sebelumnya. Tidak seorang pun tahu apa yang akan dialami dirinya di sepanjang hidup. Ketidakpastian dan perubahan adalah sesuatu yang pasti dalam hidup. Oleh karena itu, diperlukan kesabaran sebagai kekuatan untuk menemani hidup di sepanjang jalan. Bila Anda kehilangan kesabaran, Anda menjadi kacau dan tidak mampu fokus menuju mimpi dan tujuan hidup Anda. Bila Anda mampu menumbuhkan kesabaran, ketenangan, ketabahan, keikhlasan, optimisme, dan sikap syukur kepada Tuhan; maka, semua mimpi-mimpi Anda pasti menjadi kenyataan.

Kesabaran bukan berarti pasrah dan diam, tetapi selalu mengatur strategi yang tepat dan waktu yang tepat untuk mendapatkan apa yang Anda impikan. Dalam hal ini, kemampuan untuk menunggu haruslah diisi dengan aktivitas-aktivitas yang sangat produktif, sehingga ketika waktunya tiba, Anda siap mengambil peluang yang Anda impikan, untuk mendapatkan sukses yang Anda tunggu-tunggu dengan penuh kesabaran.  

Kesabaran bila dikombinasikan dengan ketekunan, disiplin, kerja keras, integritas, kualitas, dan mental pemenang; maka, Anda akan memiliki kekuatan yang tak dapat dikalahkan oleh rintangan atau pun kesulitan sebesar apapun, hanya kehendak Tuhanlah yang bisa merubah semua rencana hebat Anda. Kesabaran Anda itu menjadi sikap yang begitu tenang dan santai untuk menunggu pencapaian sukses yang hebat. Jadi, walaupun kesabaran itu tidak mudah dan sangat pahit rasanya, namun dia memiliki efek magis untuk melenyapkan semua kesulitan hidup Anda. Tanpa kesabaran tidak ada kesuksesan. Kesabaran sangat diperlukan, sebab semua keinginan dan mimpi tidak bisa dihasilkan dengan segera. Intinya, Anda harus menabur, merawat, dan menunggu dengan sabar agar bisa menuai hasil terbaik.

Kesabaran berarti Anda menunggu situasi yang tepat, dan selama menunggu, Anda masuk ke dalam diri sendiri untuk bertanya pada diri sendiri, menyadari yang Anda tunggu, mengerti akan hal yang Anda tunggu, serta memahami dampak dari hal yang Anda tunggu dengan sabar.  Kemudian, Anda juga menyerahkan semua hasil akhirnya kepada kehendak Tuhan. Jadi, kesabaran adalah bagian dari kerja keras yang hebat untuk mewujudkan mimpi-mimpi Anda menjadi kenyataan. Di sepanjang kesabaran Anda, Anda harus bersujud syukur kepada Tuhan atas segala sesuatu yang Anda dapatkan dalam hidup Anda. Tidak boleh berkeluh-kesah ataupun melihat dari sudut pandang kekurangan. Anda harus melatih dan menyiapkan indera Anda, untuk mendapatkan sudut pandang yang positif, dari segala sesuatu yang Anda dapatkan di sepanjang hidup Anda.

Kesabaran adalah bagian terpenting untuk meningkatkan kualitas iman atas segala ketidakpastian di dalam hidup. Kesabaran menciptakan energi positif untuk mengantar Anda mencapai apa yang Anda inginkan dan butuhkan dalam hidup. Kesabaran meningkatkan kepercayaan diri untuk bergerak dengan tenang melalui strategi yang hebat. Kesabaran menguatkan diri Anda untuk fokus dengan sangat tajam pada proses hidup agar Anda bisa mendapatkan hal-hal yang Anda inginkan. Tuhan pasti memberkati Anda yang hidupnya sangat sabar dan sangat produktif di dalam kerja keras untuk sukses.

Kesabaran adalah kebajikan dan latihan menahan diri dalam situasi yang tidak menguntungkan hidup Anda. Jadi, ketika badai kehidupan menghempaskan Anda ke dalam keadaan hidup yang buruk, maka Anda harus sabar dan tenang agar seluruh energi dan waktu Anda dapat digunakan untuk mengangkat Anda keluar dari badai yang berat itu. Kesabaran Anda memungkinkan Anda untuk melanjutkan perjalanan menuju sukses yang Anda impikan. Kesabaran Anda membuat Anda tidak terprovokasi oleh realitas hidup yang tidak bersahabat. Kesabaran Anda membuat batin dan mental Anda tidak mempan oleh semua energi negatif yang bersumber dari luar diri Anda. Orang-orang yang tidak sabar dan tidak produktif pasti berakhir hidupnya sebagai orang-orang gagal, karena mereka menyia-nyiakan waktu hidupnya untuk melayani energi negatif dan menghindari perubahan.

Orang-orang sabar selalu hidup dalam sukacita, doa, dan rasa syukur walau mereka harus menjalani hari-harinya dengan pengalaman hidup yang sangat pahit. Mereka selalu tenang dan tidak pernah bereaksi terhadap provokasi. Mereka memilih jalan hidup yang produktif dan terus-menerus melatih mental pemenang untuk siap mendapatkan sukses. Mereka tidak terguncang dan terpengaruh secara negatif atas peristiwa hidup yang sangat merugikan. Mereka tetap berdoa dan bersyukur dalam tingkat kesabaran yang tinggi, lalu melanjutkan perjalanan hidup untuk meraih kemenangan.

Kesabaran meningkatkan moralitas diri dan mengembangkan kepribadian positif yang unggul. Kesabaran menciptakan energi tenang sebagai kekuatan untuk memilih keputusan yang paling unggul. Kesabaran memberi kekuatan untuk berpikir positif di dalam sikap rendah hati, sehingga segala amarah dan stres pun lenyap. Kesabaran membuat diri Anda berpikir dengan akal sehat dan menggunakan logika yang tepat.

Kemenangan dan kesuksesan hanya dimiliki oleh orang-orang yang hebat dengan kesabarannya untuk bekerja lebih hebat. Kesabaran memiliki efek menguntungkan dan menyembuhkan diri dari kesulitan. Kesabaran menciptakan jalan dan keadaan untuk berpikir tenang menuju kesuksesan yang diimpikan. Kesabaran mampu mewujudkan mimpi menjadi kenyataan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MENJALANI KEHIDUPAN YANG SEPENUHNYA DAN TERPENUHI

“Anda adalah solusi bagi hidup Anda. Anda adalah sumber dari segala jawaban yang diperlukan untuk memenuhi hidup Anda.”~Djajendra

Tidak ada yang permanen di dalam hidup, semuanya perubahan. Menjalani kehidupan yang sepenuhnya berarti selalu siap beradaptasi dengan perubahan. Kesiapan diri Anda untuk menerima realitas akan memudahkan Anda untuk memenuhi hidup Anda. Jangan melawan realitas hidup, terimalah dan sesuaikan dengan hidup Anda agar Anda dapat menjalani kehidupan tanpa kekurangan apapun.

Musuh terbesar Anda tidak berasal dari luar diri Anda, tetapi berasal dari dalam diri Anda. Jadi, jangan habiskan waktu untuk menyalahkan hal-hal yang berada di luar diri Anda. Kendalikan diri terdalam Anda untuk selalu percaya diri dan berani melakukan hal-hal baru. Fokuskan energi positif di dalam diri untuk mencapai apapun yang Anda butuhkan. Jangan pernah memberi kekuatan pada energi negatif di dalam diri Anda. Jangan pernah memberikan kekuatan kepada siapapun atau hal-hal apapun yang berada di luar diri Anda. Dalam setiap momen, fokuskan kekuatan internal Anda dan memberdayakannya untuk memenuhi kehidupan terbaik Anda.

Kesabaran tidak ada batasnya. Semakin banyak cobaan dan kesulitan yang harus Anda hadapi, semakin kuatkan mental dan energi kesabaran di dalam diri Anda. Anda tidak boleh berhenti bekerja keras untuk bisa menghasilkan yang terbaik bagi hidup Anda. Tidak boleh ada kekecewaan dalam hidup. Tidak boleh ada perasaan menyerah untuk memenuhi kehidupan terbaik Anda. Intinya, ketika semua kerja keras Anda tidak sesuai dengan harapan, jangan menyerah, cukup berdamai saja dengan situasi, dan terus maju untuk mendapatkan kemenangan di situasi berikutnya.  

Anda adalah solusi bagi hidup Anda. Anda adalah sumber dari segala jawaban yang diperlukan untuk memenuhi hidup Anda. Jadi, semua solusi dan jawaban untuk hidup Anda sudah ada di dalam diri Anda. Jangan menghabiskan waktu untuk mencari yang Anda butuhkan di luar diri Anda. Tidak ada apapun untuk Anda di luar diri Anda. Semua pencarian di luar diri adalah pekerjaan sia-sia, dan hanya menciptakan masalah tak terpecahkan bagi hidup Anda. Oleh karena itu, fokuskan semua energi dan waktu Anda untuk masuk ke dalam diri sendiri dan menemukan semua kekuatan yang Anda perlukan sebagai alat untuk menghadapi realitas hidup Anda.

Ketika Anda memiliki musuh di luar diri Anda, maka hidup Anda tidak pernah damai sampai akhir hidup Anda. Sebab, musuh di luar diri Anda itu tidak pernah ada, yang ada adalah ego Anda sebagai penyebab terciptanya musuh di luar diri. Oleh karena itu, kendalikan ego melalui kesadaran tertinggi agar ego bisa fokus untuk membantu menaklukkan musuh-musuh yang hidup di dalam diri Anda. Bebaskan dan merdekakan diri Anda dari musuh-musuh yang hidup di dalam diri Anda. Selama musuh-musuh di dalam diri Anda menguat dan mempengaruhi jalan hidup Anda, maka selama itu Anda akan terjajah dan tidak pernah bisa memenuhi semua kebutuhan hidup Anda.

Jangan terpuruk atau menyesali kesalahan Anda. Hidup itu belajar dan banyak pelajaran yang didapatkan dari kesalahan. Jadi, saat Anda membuat kesalahan, sadari dan perbaiki dengan pikiran positif Anda. Jangan fokus pada hasil buruk dari kesalahan Anda, fokuskan pada hal-hal berharga yang Anda dapatkan sebagai pelajaran untuk peningkatan kualitas hidup Anda. Pahami bahwa hidup bukan untuk disesali, hidup untuk dijalani. Oleh karena itu, bila ada masalah-masalah yang ditimbulkan dari kesalahan Anda, maka jangan hidup dalam perasaan bersalah. Positifkan diri Anda dan tumbuhkan energi baik untuk kebaikan hidup Anda. Hidup sangat singkat yang pasti kita habiskan melalui perubahan terus-menerus hingga akhir, tidaklah perlu dihabiskan dengan menyesali apapun. Tetap bersyukur dan bergembira untuk segala peristiwa yang Anda alami di sepanjang hidup Anda.  

Sangatlah manusiawi dan wajar bila Anda marah, frustasi, kesal, takut, khawatir, gelisah, dan merasa lelah dengan masalah hidup. Tetapi, ingat, bahwa diri Anda bisa tumbuh karena ada masalah dan tantangan. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjalani hidup tanpa berkeluh-kesah. Anda harus memperkuat diri terdalam Anda dan mental pemenang Anda agar bisa memiliki kekuatan untuk kehidupan terbaik. Tingkatkan kesabaran dan ketenangan diri Anda di semua situasi tersulit. Hadapi hidup walau berjuta masalah dan persoalan menghadang Anda. Kendalikan diri Anda dan biarkan situasi di luar diri Anda takluk kepada kekuatan diri terdalam Anda. Jangan sampai Anda yang takluk dan kalah oleh situasi di luar diri Anda. Keberhasilan hidup bersumber dari kekuatan dalam diri, bukan dari luar diri Anda.

Tingkatkan kecerdasan dalam kehidupan sosial Anda. Pahami realitas pola pikir di dalam masyarakat umum. Pahami pola pikir orang-orang di lingkungan kehidupan Anda. Karena Anda adalah bagian dari kehidupan sosial, maka Anda tidak boleh mengabaikan realitas pola pikir kehidupan sosial Anda. Tetaplah menjadi diri sendiri dan jangan terpengaruh dengan pemikiran orang lain. Anda juga harus menerima kenyataan pemikiran orang lain di dalam kehidupan sosial Anda. Jadi, tetaplah menjadi diri sendiri yang cerdas menyesuaikan diri dengan realitas sosial Anda.

Menjalani kehidupan yang sepenuhnya dan terpenuhi bersumber dari dalam diri Anda. Semua pemuasan kebutuhan dan keinginan bersumber dari dalam diri Anda. Jangan pernah mencari pemuasan kebutuhan dan keinginan di luar diri Anda, karena tidak tersedia, semuanya sudah tersedia di dalam diri Anda. Bila Anda mencarinya di luar diri, maka Anda akan kehilangan kebahagiaan hidup.

Selama nafas masih di dalam tubuh, Anda tidak boleh berhenti berjuang dan mencoba melakukan yang terbaik bagi hidup Anda. Lakukan semua hal yang membuat Anda hidup dan tumbuh di dalam kebahagiaan. Berapapun usia Anda, tetaplah hidup penuh semangat, dan tidak pernah berhenti untuk mencoba menjadi lebih baik. Jalani kehidupan saat ini dan tepat pada momen ini dengan perasaan terbaik Anda. Hiduplah sepenuhnya dan penuhi hidup Anda dengan kegembiraan dan kepuasaan di semua bagian hidup Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MOTIVASI UNTUK SIAPA?

“Tidak penting dari siapa kata-kata motivasi itu, yang penting kata-kata itu bisa membukakan hati dan pikiran untuk bergerak menuju kehidupan yang lebih baik.”~Djajendra

Ketika Anda memiliki kata-kata yang baik, jangan diam saja, ucapkan untuk kebaikan bagi semua orang. Kata-kata motivasi diperlukan untuk membangkitkan orang-orang yang sedang ragu dengan hidupnya. Ketika orang berada di garis batas keraguan, yang tidak sepenuhnya percaya diri dan tercerahkan untuk melihat masa depannya, mereka butuh dorongan untuk lebih percaya diri dengan masa depannya. Kata-kata motivasi diperlukan bagi orang yang sama sekali tidak tahu apa-apa untuk menemukan jalan menuju masa depan. Jadi, bila Anda memiliki kata-kata positif yang membangkitkan kehidupan orang lain, maka jangan simpan di dalam keheningan Anda, ucapkan agar kata-kata yang baik itu bisa menjadi energi positif untuk kehidupan yang lebih baik.

Ketika hati dan pikiran hidup di dalam zona nyaman, maka kata-kata motivasi sulit dipahami, dan seolah-olah menjadi sesuatu yang tidak berguna bagi hidupnya. Orang-orang yang menutup mata di dalam ketidakberdayaan hidupnya sangat sulit menerima terang dari kata-kata motivasi. Mereka yang menutup akal kreatif, tidak akan mampu melihat cahaya motivasi, walau sudah berkali-kali mereka mendengarnya. Mereka yang tahu tentang cahaya dari kata-kata motivasi, akan selalu mencarinya sampai ke dalam hati terdalam mereka.

Tidak ada gunanya kata-kata motivasi bagi mereka yang belum mengalami badai kehidupan ataupun bagi mereka yang belum memasuki zona kesadaran. Ketika semua hal menjadi mudah dalam hidup, maka orang akan terjebak dalam zona nyaman dan sulit bagi mereka untuk memahami makna dari kata-kata motivasi. Biasanya, kata-kata motivasi hanya mampu dipahami oleh mereka yang ingin bangkit dari kegagalan, dan mereka yang tercerahkan di dalam kesadaran tertinggi kehidupan. Intinya, walaupun tidak semua orang bisa memahami kata-kata baik dari Anda, tetapi Anda wajib menyampaikannya untuk kehidupan yang lebih baik. Pasti ada orang yang sangat membutuhkan kata-kata baik Anda tersebut. Jadi, jangan ragu untuk selalu menyampaikan kata-kata terbaik.

Memahami kata-kata motivasi memerlukan kesadaran dan keheningan diri untuk mendengarkannya di dalam hati nurani. Anda tidak mungkin memahami kata-kata motivasi saat pikiran Anda bising dan diri Anda dikacaukan oleh berbagai suara. Jiwa Anda harus tenang dan pikiran Anda harus fokus pada makna kata-kata motivasi agar bisa mendapatkan terang dari kata-kata motivasi tersebut. Oleh karena itu, saat hidup Anda jatuh di dalam ketidakpastian, jangan panik dan takut, tenangkan diri, kendalikan diri, tingkatkan kesabaran, dan fokuskan semua energi Anda untuk menemukan cahaya yang bisa membawa keluar hidup Anda dari ketidakpastian tersebut.

Ketika Anda sadar di dalam keheningan, Anda mampu melihat semua suara di dalam pikiran dan hati nurani Anda. Anda juga mampu memahami semua emosi yang meramaikan batin Anda. Pada akhirnya, Anda bisa memahami akar persoalan, serta mampu menggunakan cahaya dari kata-kata motivasi untuk mendorong diri Anda keluar dari masalah dan menemukan solusi terbaik. Intinya, kebisingan di dalam pikiran dan batin haruslah dihentikan agar Anda bisa berjalan kembali menuju tujuan hidup Anda.

Kadang-kadang, sejak awal, seseorang menjalani kehidupan yang sangat puas dan terpenuhi semuanya. Setiap kebutuhan dan keinginan selalu didapatkan dengan mudah. Semuanya tersedia dan tidak kekurangan apapun. Kita semua tahu bahwa hidup itu seperti roda berputar, kadang di atas, kadang di bawah. Demikianlah, mungkin seseorang yang memiliki segalanya, suatu hari, dia harus kehilangan semuanya. Dan jelas, semua yang tidak diinginkan pasti hadir untuk mengacaukan hidupnya. Dalam kondisi seperti ini, hanya ketenangan dan sikap menerima realitas hiduplah yang dapat menyelamatkan hidupnya. Semakin ikhlas dan tinggi kesadaran diri untuk menerima semua peristiwa yang tidak menyenangkan tersebut, semakin mudah bagi dirinya untuk bangkit kembali dan menjadi lebih sukses dari sebelumnya. Dalam hal ini, kesabaran haruslah tidak terbatas. Dan juga, tidak melarikan diri dari persoalan hidup yang rumit. Hadapi semuanya dengan cara menguatkan mental pemenang dan menghilangkan egois diri. Mulailah kembali dari awal dengan menjadi bukan siapa-siapa, jangan melekatkan diri dengan masa lalu, jadilah diri sendiri yang jujur dengan realitas hari ini.  

Kata-kata motivasi diperlukan untuk menguatkan diri sendiri agar mampu mengamati dunia di sekitar diri dan mengetahui kesulitan yang harus dihadapi. Kemudian, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan agar bisa segera keluar dari kesulitan ataupun kegagalan yang dihadapi. Intinya, motivasi diperlukan untuk menghapus penyebab penderitaan dan kesengsaraan dalam hidup, serta mendorong diri untuk mengalami kemenangan yang menyenangkan hati. Jadi, setelah Anda memahami makna dari kata-kata motivasi, Anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian, untuk melewati kesulitan dan kegagalan. Lalu, mencapai kemenangan dalam sukacita.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MERAWAT KEBEBASAN DENGAN CINTA DAN TANGGUNG JAWAB

“Kebebasan hanya diperlukan di ruang kreativitas dan inovasi untuk kemajuan dan perbaikan ke arah hidup yang lebih baik.”~Djajendra

Semua orang ingin kebebasan dan tidak ingin dikendalikan atau diatur orang lain. Kebebasan adalah keinginan terkuat jiwa manusia. Tidak ada seorang pun yang ikhlas hidupnya tertindas. Kebebasan selalu diperjuangkan dengan cara apapun. Kebebasan itu sendiri bersumber dari pengetahuan yang paling tinggi, pengetahuan yang tidak didapatkan dari buku manapun atau sekolah manapun, tetapi hanya didapatkan dari cinta dan tanggung jawab. Sering sekali, kebebasan dicari kemana-mana oleh semua orang, padahal kebebasan itu ada di dalam diri sendiri.

Kebebasan tidak didapatkan dengan mengalahkan yang lain. Kebebasan tidak didapatkan dengan menjadi dominan atas yang lain. Kebebasan tidak didapatkan dengan mengutamakan kebenaran diri sendiri. Kebebasan hanya didapatkan dari cinta, tanggung jawab, toleransi, dan saling menolong. Jadi, kalau Anda ingin hidup Anda bebas dan merdeka, Anda harus mengenal diri sendiri, serta memiliki pengetahuan sosial untuk mengelola perbedaan dan lingkungan Anda dengan cinta dan tanggung jawab. Selama di dalam hati dan pikiran masih ada kebencian, kemarahan, dan perasaan paling benar; maka, selama itu Anda tidak pernah bebas dan merdeka. Anda selamanya akan terjajah oleh diri Anda sendiri melalui pikiran dan suara hati yang selalu merasa tidak adil dengan realitas yang Anda hadapi.

Apa yang Anda lihat di orang lain, itulah yang akan Anda dapatkan dari orang tersebut. Ketika Anda memberikan kebajikan, kebaikan, dan kasih sayang; maka, hidup Anda pun selalu bebas dan merdeka. Sebaliknya, ketika Anda memberikan kebencian, kemarahan, ketakutan, perasaan tertindas, dan perasaan tidak adil; maka, hidup Anda pun tidak akan merdeka dan bebas selamanya. Jadi, di sepanjang hidup, Anda akan selalu berkeluh-kesah dan marah kepada pihak lain atas perasaan Anda yang tidak merdeka dan bebas. Anda selalu menganggap bahwa orang lainlah yang menjadi penyebab dari ketidakbebasan dan penderitaan hidup Anda. Dan, bila ini Anda wariskan kepada kehidupan sesudah Anda, maka hal ini akan terus-menerus berlanjut di masa depan yang lebih jauh lagi.

Cinta dan tanggung jawab adalah akar kebebasan. Bila Anda mengabaikan cinta dan tanggung jawab atas kebebasan yang Anda dapatkan, maka kebebasan itu akan menjadikan Anda tidak bebas. Kebebasan yang tidak melindungi kebebasan orang lain akan menciptakan kekacauan. Kebebasan yang memperbudak orang lain akan menciptakan permusuhan dan peperangan. Kebebasan hanya ada ketika dia melindungi kebebasan orang lain dan bertindak secara bijak untuk merawat kebebasan bersama.

Tujuan kebebasan adalah untuk mengoptimalkan potensi dan bakat dengan kreativitas yang tinggi. Jadi, kebebasan itu bukan untuk menguasai orang lain atau untuk merasa dominan atas hidup orang lain. Kebebasan tidak pernah ada saat kebebasan itu ingin menjajah kehidupan yang lain. Kebebasan hanya diperlukan untuk mengejar potensi tak terbatas dan mengoptimalkan bakat hebat untuk kehidupan terbaik. Jadi, kebebasan hanya diperlukan di ruang kreativitas dan inovasi untuk kemajuan dan perbaikan ke arah hidup yang lebih baik.

Kebebasan secara fisik dan mental menjadi kunci untuk menuju kehidupan yang berkualitas. Fisik yang unggul untuk mengeksplorasi bakat dan potensi, serta mental pemenang yang positif untuk mencapai kinerja terbaik, merupakan kekuatan yang menciptakan kebebasan di dalam hidup. Selain itu, moralitas dan spiritualitas juga merupakan komponen yang penting untuk merawat kebebasan. Jiwa yang bebas selalu tenang dan kreatif di setiap situasi. Jiwa yang bebas selalu taat hukum dan patuh pada aturan dengan disiplin yang tinggi. Jiwa yang bebas dan merdeka selalu merangkul yang berbeda dengan cinta dan sopan santun. Jiwa yang merdeka selalu sadar bahwa setiap makhluk dan setiap orang adalah ciptaan Tuhan, sehingga tidak boleh disakiti dan harus disayangi.

Kebebasan tidak pernah menciptakan kerusuhan ataupun demonstrasi. Kebebasan hanya menciptakan kebebasan bagi semua orang di dalam ketaatan pada hukum, aturan, dan keharmonisan. Kebebasan didapatkan ketika Anda melepaskan gaya hidup pelanggaran hukum dan gaya hidup budak dosa. Cinta dan pengetahuan di dalam kebijaksanaan hidup akan membebaskan Anda. Tuhan menciptakan kita semua untuk menjalani hidup dengan bebas dan merdeka. Oleh karena itu, masuklah ke dalam diri sendiri untuk menemukan sumber kebaikan dan keindahan, agar Anda bisa hidup merdeka dan merasakan kebebasan di sepanjang hidup Anda.

Ketika Anda menemukan diri sejati dan memiliki jati diri yang kuat, maka sejak itu Anda akan bebas dari belenggu ketakutan dan perasaan tidak adil. Kesadaran untuk bebas dari kegelapan dan hidup di dalam terang kebenaran akan menganugerahkan Anda kebebasan. Terimalah hidup Anda dan hargai hidup Anda dengan sukacita. Jangan mencari kekurangan dari kehidupan yang Anda miliki. Berdirilah teguh dengan rasa syukur dan terima kasih. Jangan biarkan diri Anda dibebani oleh perasaan dan pikiran yang membuat Anda tidak bebas dan merdeka.

Jangan minta kebebasan dan kemerdekaan dari orang lain. Jangan berharap mendapatkan keadilan dan kebenaran dari siapapun. Anda harus benar-benar bertanggung jawab untuk hidup Anda sendiri. Anda harus benar-benar sadar untuk hanya mendapatkan kebebasan dan kemerdekaan dari dalam diri Anda sendiri. Kebebasan dan kemerdekaan akan Anda dapatkan ketika Anda menyerahkan diri Anda dan hidup Anda kepada Tuhan.

Kebebasan dan kemerdekaan di dalam kehidupan sosial hanya terjadi jika semua orang hidup bermurah hati, tidak egois, etis, taat hukum, taat aturan, disiplin, produktif, kreatif, menerima perbedaan, dan mengatur diri untuk keharmonisan hidup. Oleh karena itu, jangan menyalahgunakan kebebasan dengan perbuatan-perbuatan yang menghilangkan kebebasan orang lain. Jangan menghilangkan kebebasan orang lain dengan menghakimi orang lain. Mampu menahan ucapan untuk tidak berkata sesuatu yang bisa menghilangkan kebebasan diri sendiri dan orang lain. Mampu menguasai diri sendiri agar bertanggung jawab dan memberikan keteladanan tentang kebebasan. Kebebasan berarti memiliki empati dan toleransi untuk berbuat baik kepada semua orang, tanpa melihat perbedaan.

Kebebasan pribadi bertujuan agar diri terbebas dari ketakutan, kegelisahan, kebingungan, kekhawatiran, rasa rendah diri; dan bukan untuk meniadakan atau mengendalikan kebebasan orang lain. Intinya, kebebasan diri diperlukan agar diri menjadi berani, tegas, dan bijak dalam melayani hidupnya dengan sepenuh hati.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

BELAJAR HIDUP DARI REALITAS HIDUP

“Di dalam diri Anda sudah ada semua alat dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk mewujudkan pilihan hidup Anda.”~Djajendra

Hidup adalah belajar dari realitas hidup. Hidup memiliki aturan sosial dan aturan alam semesta. Kedua aturan ini harus dikuasai betul agar dapat memenangkan setiap permainan kehidupan. Tidak seorang pun yang tahu tentang permainan hidup yang harus dijalani. Tidak ada buku petunjuk untuk menjelaskan semua permainan hidup secara rinci. Ujian dulu baru belajar. Hadapi realitas dulu baru belajar darinya.

Cerita hidup dari masa lalu sampai sekarang sama saja, tetapi tidak seorang pun yang mampu belajar dari cerita hidup tersebut. Setiap orang harus melewati ujian kehidupan untuk bisa belajar darinya, itu pun kalau dirinya sadar dan interospeksi diri.  

Inti dari hidup adalah mengenal diri sendiri dengan sangat baik sebelum mengenal kehidupan di luar diri. Semua ini dimulai dari penerimaan terhadap realitas diri. Penerimaan terhadap tubuh dengan rasa syukur dan penuh percaya diri. Ini penting, karena tubuh Anda menjadi satu-satunya bentuk visual yang menampilkan identitas Anda dalam permainan hidup. Jadi, suka tidak suka, Anda harus menerima dengan bangga bentuk tubuh Anda agar Anda bisa memulai permainan hidup dengan penuh percaya diri.

Selanjutnya, Anda harus dengan sengaja memilih peran yang ingin Anda mainkan dalam hidup Anda. Anda harus mempunyai keinginan dan kehendak untuk menjadi sesuatu. Anda harus terobsesi dan memulai permainan hidup dengan mengejar impian Anda. Setelah Anda mulai aktif dalam permainan mengejar impian, harapan, keinginan, kebutuhan, dan kehendak Anda dalam hidup.Di saat itulah, Anda harus berhadapan dengan kehendak Tuhan. Tuhan juga pasti punya rencana atas hidup Anda. Jelas, disinilah permainan antara kehendak Anda dan kehendak Tuhan menjadi realitas yang harus Anda hadapi.

Hidup ini adalah pemberian jika Anda ingin menerimanya. Tidak peduli apa hambatannya, Anda bisa membuat hidup Anda melimpah dengan sukacita dan Anda bisa hidup secara otentik. Anda harus sadar bahwa Anda mempunyai pilihan untuk menjalani kehidupan sesuai impian Anda. Kesadaran Anda untuk memilih dan menyelesaikan kehidupan yang Anda impikan akan menyatukan kehendak Anda dan kehendak Tuhan. Kerja keras dan komitmen dalam kesadaran yang tinggi akan mempertemukan kehendak Anda dan kehendak Tuhan dalam hasil akhir yang sukses. Jadi, fokuskan waktu dan energi Anda dengan sepenuh hati untuk mewujudkan keinginan Anda, lalu jangan lupa setiap hari berdoa kepada Tuhan untuk membantu kerja keras Anda.

Kembangkan pemikiran dan keyakinan di dalam diri Anda untuk menjalani kehidupan yang sangat Anda cintai. Rasakan keberlimpahan dalam segala hal yang Anda miliki dan tidak adanya kekurangan apapun. Ucapkan rasa syukur dan terima kasih sebanyak mungkin dalam setiap hari. Rasakan keindahan di sekitar hidup Anda. Setiap bangun pagi bentuklah kehidupan terindah bagi diri Anda sendiri.

Hidup adalah sekolah yang mengharuskan Anda untuk belajar pelajaran yang tidak Anda pahami. Jadi, setiap saat, berbagai peristiwa yang tidak Anda pahami akan hadir ke dalam hidup Anda, dan tugas Anda adalah belajar untuk menemukan solusi terbaik bagi hidup Anda. Terimalah apapun pelajaran yang diberikan hidup kepada Anda. Jangan takut dan marah terhadap pelajaran yang merugikan hidup Anda. Jadilah antusias dan penuh semangat untuk belajar dari pelajaran yang diberikan kehidupan kepada Anda.

Hidup tidak pernah salah dan tidak ada kesalahan dalam hidup. Hidup ini sudah diatur Tuhan dengan sangat harmonis dan indah. Apa pun yang Anda alami hanyalah pelajaran untuk Anda pelajari agar Anda bisa tumbuh dan berkembang menjadi lebih hebat. Bila Anda gagal belajar, maka pelajaran pasti diulang terus-menerus sampai Anda berhasil mempelajarinya. Pelajaran tidak berakhir saat Anda gagal mempelajarinya, pelajaran akan disajikan kembali kepada Anda dalam berbagai bentuk baru yang inti materinya sama. Bila Anda mampu mempelajari sebuah pelajaran, maka pelajaran berikutnya akan hadir untuk melanjutkan proses pembelajaran Anda. Intinya, di sepanjang hidup, Anda harus belajar dari berbagai pelajaran hidup yang disajikan Tuhan untuk kehebatan Anda. Jadi, ketika ada pelajaran baru yang sulit, maka jangan menganggapnya sebagai masalah ataupun persoalan hidup. Tunjukkan sikap yang tenang dan positif untuk bisa belajar dari kehidupan yang indah ini.

Realitas hidup tidak selalu seperti yang Anda pikirkan ataupun yakini, tetapi dia adalah fakta atau kebenaran yang sedang Anda hadapi. Realitas hidup hadir untuk membawa Anda ke tujuan hidup yang seharusnya, yaitu sesuai kehendak Tuhan. Jadi, Anda boleh menginginkan ataupun memikirkan apapun, itu hak Anda. Tetapi, saat keinginan dan pemikiran Anda dipaksa untuk disuaikan dengan realitas hidup yang tidak Anda inginkan, maka Anda harus menerimanya dengan ikhlas. Kemudian, Anda harus menguatkan energi positif untuk menciptakan prestasi dan kinerja terbaik di realitas yang sudah Anda terima tersebut.

Jangan membenci siapapun atas pelajaran dari kesulitan yang Anda hadapi, dan tidak perlu juga berlebihan untuk pelajaran hidup dari kesenangan. Sebab, dari kesulitan Anda akan menemukan kesenangan, dan dari kesenangan Anda akan menemukan kesulitan, itulah hidup. Jadi, santai saja dan jadilah murid yang mempelajari semuanya dengan rasa syukur dan rendah hati.

Hidup Anda pilihan Anda dan takdir Tuhan. Apa yang akan Anda buat dalam hidup Anda adalah hak Anda. Di dalam diri Anda sudah ada semua alat dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk mewujudkan pilihan hidup Anda. Intinya, Anda sudah memiliki segalanya di dalam diri Anda untuk kesuksesan Anda. Sekarang, semuanya terserah Anda untuk melakukan apapun dalam hidup Anda. Pilihan baik akan menghasilkan hal-hal baik. Pilihan buruk akan menghasilkan hal-hal buruk. Realitas hidup Anda akan tercipta dari pilihan Anda dan takdir Tuhan. Semua jawaban untuk solusi Anda sudah ada di dalam diri Anda. Kecerdasan dan pengetahuan Anda untuk melihat, mendengarkan, dan mempercayai solusi dari dalam diri adalah kekuatan yang akan mewujudkan sukses dalam realitas hidup Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com