MOTIVASI DJAJENDRA

Leadership Organization Business Personal Interpersonal Entrepreneurs and Employed Professionals

Category: Self Awareness (page 1 of 36)

Kesadaran Diri

MENGENAL DIRI SENDIRI UNTUK KEBAHAGIAAN HIDUP

“Setinggi apa pun pencapaian karir dan prestasi, jika belum mengenal diri sendiri dengan baik, maka selalu ada kekurangan di dalam hidup.”~Djajendra

Hal terpenting dalam hidup adalah mengetahui siapa diri kita yang sebenarnya. Tanpa mengenal diri sendiri, maka kita tidak mungkin bisa merasakan kesuksesan yang lengkap. Ketika kita mengetahui siapa diri sejati, maka diri sejati akan membantu kita untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga pemikiran dan pilihan hidup mampu menguatkan diri kita. Pengetahuan tentang yang benar dan yang salah hanya diketahui oleh diri sejati. Jika kita tidak mengenal diri sendiri dengan benar dan jujur, maka kita selalu dalam dilema antara benar dan salah. Dalam situasi tertentu, kita pun tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Ketika diri kita sudah tidak mampu membedakan yang benar dan yang salah, maka semua prestasi dan kesuksesan kita tidak akan memberikan kebahagiaan dan kedamaian bagi hidup kita.

Diri sejati atau jiwa kita yang asli selalu merindukan kehidupan yang damai, indah, bahagia, bugar, dan sejahtera. Sehebat apa pun pencapaian karir dan prestasi, jika belum mengenal diri sendiri dengan baik, maka selalu akan ada kekurangan di dalam hidup. Hidup menjadi tidak lengkap jika jiwa sejati belum dipahami dengan benar. Hidup menjadi palsu jika jiwa sejati belum ditemukan. Mengenal jiwa sejati dan menggunakannya sebagai alat untuk kehidupan sehari-hari adalah kesuksesan yang paling tinggi. Dalam perjalanan hidup kesadaran kita akan tumbuh untuk mencari sesuatu yang lebih tinggi. Sesuatu yang lebih tinggi hanya akan terhubung dengan jiwa sejati. Oleh karena itu, setiap saat kita harus berusaha dan berjuang untuk bisa memahami diri sendiri. Pahami diri sejati dan perkenalkan diri sejati tersebut melalui realitas hidup sehari-hari. Diri sejati hidup dan tumbuh di dalam kebaikan, keindahan, moralitas, etika, pelayanan, dan kasih sayang. Jadi, ketika kita menjalani kehidupan sehari-hari bersama diri sejati, maka realitas hidup kita mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah bagi hidupnya.

Diri sejati adalah sumber energi positif. Kebahagiaan selalu datang ke sumber energi positif. Kebahagiaan tidak akan pernah mendekat ke sumber energi negatif. Jadi, satu-satunya cara untuk menikmati kebahagiaan dalam hidup adalah mengenal diri sejati dengan jujur. Kita semua dilahirkan dengan diri sejati untuk merasakan kebahagiaan dan keindahan di sepanjang hidup. Jadi, jelas sekali, kebahagiaan tidak akan pernah kita rasakan jika kita tidak mengenal diri sejati kita. Dalam hal ini, diperlukan kesadaran untuk memulai perjalanan penemuan diri sejati dengan integritas yang tinggi. Salah satu cara untuk mengenal diri sejati adalah dengan menjalani kehidupan yang sederhana. Tidak membiarkan keinginan dan angan-angan mengatur hidup kita. Fokuskan hidup untuk merasakan kebahagiaan dan ketenangan pada momen ini, tidak membiarkan diri khawatir tentang hari esok. Yakinkan diri sendiri bahwa segala kebaikan dan keindahan selalu tersedia untuk diri yang ikhlas menerima hidup apa adanya.

Semua kekuatan ada di dalam diri sejati. Kesadaran dan pengertian tentang realitas hidup memungkinkan diri sejati memiliki intuisi yang melampaui pengetahuan yang ada. Tidak ada apa pun dalam kehidupan yang berada di luar jangkauan kesadaran jiwa sejati. Potensi dan kekuatan jiwa sejati tidak terbatas untuk mendapatkan pengetahuan bagi kebahagiaan dan ketenangan hidupnya. Mengenal diri sendiri berarti kebahagiaan dan keindahan hidup akan melekat dalam realitas sehari-hari. Mengenal diri sendiri dengan jujur dan baik mampu meningkatkan pengetahuan batin untuk memahami kenyataan hidup. Sebelum mengenal diri sejati setiap orang harus melalui proses pembentukan melalui jalan hidup yang tidak mudah dan penuh kesulitan. Mengenal diri sejati adalah sebuah proses dimana kita berkembang melalui banyak kesulitan. Sebagai manusia yang sadar untuk menjadi diri sendiri yang jujur, kecerdasan kita tentang arti hidup akan berkembang, kita pun akan berevolusi melalui berbagai peristiwa yang semuanya kita terima dengan ikhlas untuk kebaikan diri sendiri.  

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

MENJADI PRIBADI YANG PRODUKTIF

“Miliki tujuan hidup dan jadilah pribadi yang sangat produktif untuk mewujudkan tujuan hidup tersebut.”~Djajendra

Anda harus produktif pada tujuan hidup, bukan pada orang atau barang. Kepuasan dan kebahagiaan akan Anda rasakan ketika tujuan hidup Anda terpenuhi. Untuk bisa sampai ke tujuan hidup, Anda harus betul-betul menjadi pribadi yang produktif. Produktif di sini tidak terbatas pada kemampuan menyelesaikan sebuah tugas dalam waktu yang singkat. Produktif di sini adalah tentang kemampuan manajemen diri untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita dengan etos terbaik. Hal ini sangat terkait dengan semangat hidup atau motivasi yang Anda miliki di dalam diri. Mulailah dengan menggunakan waktu untuk tujuan hidup secara produktif. Lakukan sesuatu yang memberikan nilai tambah bagi kehidupan Anda. Jangan membiarkan waktu berlalu dalam perasaan buruk atau pun dalam angan-angan yang tidak menyelesaikan apa pun. Jadilah cerdas dalam memahami hidup. Jadilah produktif untuk menyelesaikan semua proses yang dibutuhkan dalam mewujudkan tujuan hidup Anda.

Pribadi yang produktif sangat efisien memanfaatkan hidup untuk kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan. Manfaatkan hari-hari Anda untuk fokus pada tujuan hidup dan melakukannya dengan etos terbaik. Lakukan hal-hal yang Anda sukai dan cintai dengan antusias. Kerjakan tugas dengan penuh semangat. Nikmati semua proses hidup dengan perilaku produktif. Kuatkan kesadaran diri untuk meningkatkan tenaga dan kebugaran Anda dengan olah raga yang rutin. Tenaga dan kebugaran Anda sangat diperlukan untuk membantu Anda hidup produktif. Jika Anda sakit, maka sulit bagi Anda untuk menjadi produktif. Semakin Anda merasa sehat, kuat, bahagia, sejahtera, dan termotivasi untuk fokus pada tujuan; maka, semakin mudah bagi Anda untuk mewujudkan tujuan hidup Anda. Jika setiap detik waktu Anda terisi dengan produktif, maka kepuasan hidup Anda akan meningkat dan hidup Anda menjadi bahagia.

Sejak bangun pagi miliki aktivitas-aktivitas yang memfokuskan hidup Anda secara produktif pada hal-hal peningkatan kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan. Jangan fokus pada orang dan barang, karena orang dan barang tidak akan memberikan kemajuan untuk hidup Anda. Fokus pada tujuan hidup yang Anda cita-citakan dengan percaya diri. Tujuan hidup tidak boleh dalam bentuk orang dan barang, tetapi dalam bentuk kata sifat untuk menjadi realitas kehidupan Anda. Lakukan semua hal sesuai dengan prioritas, jangan menunda-nunda yang harus segera diselesaikan, jangan mengejar sesuatu yang belum waktunya, bekerjalah dengan rendah hati dan penuh semangat.

Kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan adalah hasil dari perilaku produktif. Jika setiap hari kesadaran Anda menjaga kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan dengan perilaku yang sangat produktif; maka, Anda akan mewujudkan ketiga hal tersebut di dalam realitas kehidupan Anda. Berikan energi positif setiap hari pada kehidupan Anda dan pastikan Anda memiliki cukup tenaga untuk merawat produktivitas Anda. Dan, ketika kesehatan Anda meningkat dan semakin bugar, kebahagiaan Anda semakin menikmati indahnya kehidupan, kesejahteraan Anda semakin memenuhi semua kebutuhan dan keinginan dengan mudah; maka, itu berarti Anda sudah berada dalam tujuan hidup yang sebenarnya. Jika tujuan hidup Anda mulai tumbuh bersama kepribadian Anda yang sangat produktif, maka kehidupan sehari-hari menjadi sangat indah dan bahagia.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

MEMILIKI NIAT YANG KUAT DAN MENGGUNAKAN WAKTU DENGAN PRODUKTIF UNTUK MEWUJUDKAN NIAT

“Gunakan waktu untuk mencicil hal-hal kecil dari NIAT dan mimpi besar yang ingin Anda wujudkan.”~Djajendra

Waktu kita terbatas, tetapi hal-hal yang harus kita kerjakan untuk mencapai kesejahteraan hidup sangat banyak. Hilangkan sifat malas dari kehidupan dan gunakan setiap detik waktu secara produktif untuk membangun kehidupan yang lebih baik. Membangun kehidupan yang lebih baik itu dimulai pada hari ini, momen ini, detik ini. Tidak perlu membuang waktu untuk memikirkan masa lalu atau masa depan. Waktu yang dihabiskan dalam angan-angan adalah waktu yang terbuang dari kehidupan. Para pemenang selalu fokus pada momen ini dan mengambil tindakan pada apa yang dapat dicapai sekarang. Pemenang tidak akan tidur dalam angan-angan atau mimpi indah, pemenang hidup sehari-hari dalam serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan hidupnya. Waktu harus terpakai di dalam fokus dan disiplin untuk menghasilkan sesuatu bagi kesejahteraan diri sendiri dan orang lain.

Gunakan waktu untuk mencicil hal-hal kecil dari mimpi besar yang ingin Anda wujudkan. Pencapaian besar membutuhkan waktu, kesabaran, dan pengorbanan. Tenangkan diri dan gunakan waktu untuk melakukan apa pun yang memajukan Anda, seperti: manajemen diri sendiri, peningkatan karir, olahraga dan kebugaran, kedamaian hati, pengenalan diri sendiri, membaca, menulis, kegiatan sosial, kegiatan keluarga, doa, ibadah, wisata, hobi, dan hal-hal lain yang sifatnya meningkatkan kualitas hidup. Nikmati semua kegiatan dengan kegembiraan. Rasakan semua kegiatan tersebut memberi Anda kekuatan dan semangat hidup yang tinggi. Tingkatkan fokus dan kepedulian pada semua kegiatan tersebut. Nikmati hari-hari Anda untuk kehidupan yang penuh gairah di dalam semangat hidup yang tinggi.

Anda dapat memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien, jika Anda cerdas mengelola situasi dan emosi. Kemampuan untuk mengontrol diri dari hal-hal di luar diri akan membantu Anda untuk fokus pada penyelesaian tugas dan prioritas. Ketika Anda sudah terbiasa mengelola situasi, emosi, nafsu, dan ambisi; maka, Anda mampu menggunakan waktu untuk mewujudkan niat Anda; Anda mampu menggunakan waktu untuk peduli dan memberi perhatian penuh pada hal-hal yang Anda tekuni; Anda mampu terlibat dalam tindakan sehari-hari untuk mengambil langkah maju terhadap tugas dan tanggung jawab Anda. Jadilah pribadi yang sudah memiliki karakter untuk menjaga perhatian dan kepedulian pada niat Anda. Niat yang dilengkapi dengan semangat, motivasi, dan tindakan yang tepat akan mendorong Anda untuk mewujudkannya. Intinya, gunakan waktu dengan cerdas dan tingkatkan perilaku produktif untuk mencapai mimpi-mimpi Anda yang hebat.

Miliki niat yang kuat dan gunakan waktu untuk hal-hal produktif sesuai niat Anda. Niat adalah kekuatan tulus yang bersumber dari dalam diri sejati. Apa pun yang ingin Anda lakukan mulailah dengan niat yang kuat untuk mewujudkannya. Niat tersebut dapat Anda rinci dalam tindakan-tindakan kecil agar dapat bergerak dalam proses. Manfaatkan waktu dengan disiplin dan tanggung jawab untuk membawa niat ke dalam tujuan hidup Anda. Kuatkan niat dan bekerjalah dengan produktif agar niat Anda tersebut segera terwujud. Rasakan bahwa niat Anda menambah semangat dan motivasi Anda untuk mencapai tujuan. Tingkatkan kepercayaan diri bersama kekuatan niat Anda, dan lakukan semua hal dengan etos terbaik yang mampu memberikan kinerja tinggi di setiap aspek yang Anda kerjakan.

Niat yang dipecah menjadi bagian-bagian kecil untuk dikerjakan melalui tindakan harian, akan terakumulasi dan mewujudkan niat tersebut secara utuh. Gunakan waktu secara efektif untuk mengerjakan niat melalui proses yang kuat. Niat yang cerdas menggunakan waktu secara produktif akan mampu menjadikan setiap tindakan berkualitas dan unggul. Niat yang kuat menjadikan Anda yakin dengan apa yang Anda lakukan, sehingga pencapaian prestasi terbaik dapat segera diwujudkan.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

TANPA NIAT BAIK TIDAK ADA KEINDAHAN

“Setiap niat baik kita adalah energi positif yang mewakili diri kita masing-masing untuk kehidupan yang damai, indah, dan sejahtera.”~Djajendra

Niat baik adalah sumber keindahan hidup. Hidup tidak sebatas logika, diperlukan niat baik dan hati yang luas untuk menikmati indahnya hidup. Peran logika sangat terbatas, yaitu: digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisa, membuat persepsi, menyimpulkan, menggambarkan, dan membuat keputusan. Niat baik memiliki kemampuan untuk membangun kekuatan diri, kebijaksanaan, keseimbangan, kepedulian, perhatian, dan mengalirkan energi positif ke dalam setiap hubungan antar manusia. Niat baik mengantar kita untuk membangun kualitas hidup yang baik. Niat baik menciptakan keindahan batin dari cinta, kepedulian, kebaikan, kejujuran, dan kebijaksanaan.

Niat baik menghidupkan seluruh kekuatan baik dari dalam diri kita. Tentunya kekuatan baik dari dalam diri kita ini akan memberikan pelayanan dan etos yang berkualitas tinggi kepada kehidupan. Setiap niat baik kita adalah energi positif yang mewakili diri kita masing-masing untuk kehidupan yang damai dan indah. Niat baik kita menghasilkan kemanusiaan yang berkualitas tinggi dari dalam diri kita, sehingga kita bisa menyinari kehidupan dengan sikap dan perilaku yang bijaksana. Penampilan diri dengan fisik yang bugar dan jiwa yang diperkaya oleh niat baik mampu menyalakan kehidupan yang indah. Ketika setiap pribadi melayani hidup dengan niat baik yang bersumber dari kejujuran, kerendahan hati, kepedulian, cinta, kasih sayang, etos terbaik, kebaikan, dan sikap positif; maka, kehidupan di sekitarnya akan tampak indah dan damai.

Niat baik seperti benih dari pohon yang tersembunyi di dalam tanah, ia melakukan pekerjaannya untuk menjadi pohon secara diam-diam. Benih dari pohon di dalam tanah, tidak terlihat, namun ia tumbuh secara ajaib untuk tampil menjadi pohon yang besar dan kuat. Demikian juga, niat baik kita itu sama seperti benih pohon yang tersembunyi, niat baik kita tidak terlihat, tetapi secara ajaib setiap hari tumbuh untuk menampilkan kepribadian kita yang bijak dan kuat. Dengan menguatkan niat baik, kita mampu bergerak bersama tujuan hidup kita dengan tenang dalam semangat hidup yang terus-menerus menyala di dalam energi positif. Niat baik kita adalah sebuah benih yang akan menyelamatkan kita dari berbagai persoalan hidup.

Tanpa niat baik tidak ada keindahan dan kedamaian di dalam hidup. Jika kita tidak memiliki kesadaran untuk mengutamakan niat baik di semua aspek kehidupan, maka kekecewaan dan kekalahan akan menjadi bagian dari realitas hidup kita. Tanpa niat baik, kita akan terjebak dalam kekuatan energi negatif. Kehidupan kita di dalam energi negatif akan menjauhkan kita dari kebahagiaan, kedamaian, keindahan, keamanan, dan kebaikan. Oleh karena itu, mulailah benih niat baik ditabur dan ditumbuhkan dari dalam diri sejati. Ketika benih niat baik tumbuh, maka penciptaan pribadi yang bijak dan kuat telah dimulai, selama proses pertumbuhan tidak mungkin tanpa tantangan, tingkatkan kesadaran dan motivasi untuk menjaga agar benih niat baik tersebut siap menjadi pribadi yang berguna bagi kehidupan terbaik.

Pada akhirnya kita harus sadar bahwa ada pribadi yang baik di dalam pribadi yang tidak baik, dan ada pribadi tidak baik di dalam pribadi baik. Kita semua tidak sempurna. Kebaikan dan keburukan hidup berdampingan di dalam diri kita. Hanya niat baik kita yang mampu menjaga pribadi baik selalu unggul di dalam diri kita.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

KETIKA TIDAK MAMPU MENGUBAH ORANG LAIN, UBAHLAH DIRI SENDIRI

“Musuh utama kita dalam hidup bukanlah orang lain, tetapi sifat dan nilai-nilai buruk yang  tumbuh di alam bawah sadar kita, sehingga ketika mereka kuat, mereka muncul dari dalam diri untuk mengalahkan hidup kita.”~Djajendra

Hidup ini singkat, tidak perlu disia-siakan dalam drama yang penuh konflik. Sering sekali kita ingin semua situasi dan perilaku orang lain sama seperti yang kita pikirkan. Jika orang lain tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kita, maka jalan yang paling mudah adalah menghakimi mereka atau pun menciptakan stigma terhadap mereka. Sifat dan perilaku menghakimi orang lain tidak akan memberikan sukacita kepada diri sendiri. Stres dan penderitaan dalam hidup bersumber dari sifat buruk kita dalam melihat situasi dan orang lain. Ketika kita kehilangan cinta dan kasih sayang di dalam diri, kita telah menciptakan penderitaan bagi diri sendiri. Sifat membenci orang lain sama saja seperti menanam benih penderitaan di dalam diri sendiri, sehingga benih penderitaan itu akan tumbuh membesar untuk mengalahkan diri sendiri. Intinya, musuh utama kita dalam hidup bukanlah orang lain, tetapi sifat dan nilai-nilai buruk yang kita tumbuhkan di alam bawah sadar kita, sehingga ketika mereka kuat, mereka akan muncul dari dalam diri kita untuk mengalahkan hidup kita.

Sifat kita yang sangat mudah memberikan perhatian pada kekurangan akan menarik kita ke dalam drama kehidupan yang merugikan hidup kita. Pikiran yang buruk tidak akan memberikan sukacita, kebahagiaan, kedamaian, ketenangan, dan rasa syukur kepada diri sendiri. Kadang, kita mungkin sudah mencoba berpikir positif, tetapi situasi dan orang-orang di luar diri kita selalu hadir dengan pikiran negatif. Jelas, kita tidak mungkin mampu mengubah realitas orang lain atau mengubah situasi di luar kendali kita. Kita hanya mampu mengubah diri sendiri dengan cara tidak memberikan perhatian kepada sumber negatif yang mencoba menghalangi jalan hidup kita.

Kehidupan bukanlah tempat yang sesuai keinginan kita. Kehidupan bukanlah tempat yang harus menuruti maunya pikiran kita. Kehidupan adalah sebuah keajaiban yang tidak mungkin bisa diprediksi oleh siapa pun. Kehidupan bukanlah jalan lurus yang mudah ditebak oleh siapa pun. Kehidupan bukanlah tempat yang tertib, aman, mudah, nyaman, tertata, dan semuanya sesuai harapan. Kehidupan adalah tempat dimana kita sedang hidup dengan pengalaman dan pembelajaran dari kejutan-kejutan yang dihadirkan oleh kehidupan . Banyak hal tak terduga akan kita hadapi, yang kita perlukan adalah menjadi diri sendiri, kemudian menerima hidup dengan rasa syukur dan terima kasih, lalu mengalir bersama kehidupan yang harus kita hadapi.

Kita semua wajib untuk memiliki impian dan cita-cita, tetapi hidup kita tidak boleh diperbudak oleh impian dan cita-cita kita. Dalam perjalanan hidup, mungkin impian dan cita-cita kita tidak terwujud, tetapi muncul sebuah kehidupan yang lebih indah walaupun itu bukan impian dan cita-cita kita. Dalam hal ini, terimalah apa yang menjadi bagian dari hidup kita dan jalani dengan sukacita, tanpa pernah menyalahkan orang lain atau sebuah situasi. Terimalah hidup yang dimiliki dan cintai dengan sepenuh hati. Jangan merusak keindahan yang sudah diterima dengan keinginan-keinginan yang belum tentu membawa kebaikan bagi hidup kita. Intinya, ketika kita tidak menerima kehidupan yang kita alami pada momen ini, kita akan menderita. Setiap momen haruslah menjadi keindahan dalam rasa syukur. Apa pun yang terjadi, terimalah sebagai pengalaman dan pembelajaran untuk lebih meningkatkan kualitas hidup.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

MEMPERBAIKI DIRI UNTUK KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK

“Setiap kesuksesan bertujuan untuk mendapatkan kebahagiaan, ketenangan, sukacita, dan kegembiraan.”~Djajendra

Ketika kita hidup dalam kesadaran, kita akan tahu untuk memperbaiki diri. Menata kembali pribadi untuk menghadapi tujuan hidup sangatlah penting. Dengan kualitas diri yang sama kita tidak dapat mencapai sesuatu yang lebih tinggi. Kita harus berubah untuk membangun kualitas diri yang lebih baik. Perubahan pasti kita hadapi, kita harus memiliki niat dan kesadaran agar mampu melakukan perubahan di setiap waktu.

Apa pun yang menjadi tujuan dan ambisi dalam hidup, ujung-ujungnya tetaplah menginginkan kehidupan yang bahagia dan sukacita. Tidak ada tujuan untuk menderita, semua orang pasti bertujuan hidup bahagia dan tenang. Setiap kesuksesan bertujuan untuk mendapatkan kebahagiaan, ketenangan, sukacita, dan kegembiraan. Kebahagiaan adalah wujud hadiah terindah dari sebuah tujuan. Kebahagiaan adalah perasaan yang menikmati makna kehidupan. Walaupun kebahagiaan selalu akan diganggu dengan berbagai persoalan hidup, tetapi kesadaran kita mampu menjaga kebahagiaan di sepanjang waktu.

Memperbaiki diri secara terus-menerus dan berkelanjutan sangat diperlukan. Sebab, kita hidup dalam dua dunia: pertama; dunia di dalam diri sendiri, kedua; dunia di luar diri. Kita harus mampu menyelaraskan dunia di dalam diri dan dunia di luar diri di dalam keharmonisan. Kita harus memiliki perilaku dan keputusan yang tepat saat keduanya bertentangan. Harga diri dan cinta tidak mungkin bisa disatukan. Harga diri pasti mengutamakan untuk membela dirinya dari hal-hal yang merusak kebahagiaan hidupnya. Sedangkan cinta sangatlah buta dan tidak mempermasalahkan tentang kebahagiaan, hanya ingin memberi dan melayani dengan ikhlas dan tulus.

Pikiran yang tenang mampu mengembangkan kesadaran. Kesadaran mampu mengendalikan diri untuk tidak bereaksi terhadap hal-hal yang merugikan diri sendiri. Hambatan dan kesulitan mampu diatasi dengan kesadaran. Kesadaran mampu menemukan pengetahuan untuk dihubungkan dengan kecerdasan, sehingga menghasilkan solusi terbaik untuk setiap permasalahan hidup.

Rasa percaya diri yang lebih besar selalu dibutuhkan untuk menghadapi kehidupan yang dinamis. Ketidakpastian adalah bagian penting dari proses kehidupan. Siapa pun kita, sepintar apa pun kita, kita harus menghadapi ketidakpastian. Setiap saat, secara teratur kita harus mengisi energi positif ke dalam diri agar kita mampu menjaga rasa percaya diri yang terbaik. Bersikap baik dengan semua situasi dan kondisi hidup mampu menjaga energi positif kita. Menjauhkan diri dari orang-orang negatif mampu menjaga energi positif kita. Berpikir positif, bertindak positif, dan berbicara positif mampu meningkatkan energi positif kita. Energi positif harus selalu dijaga dan dirawat dengan tingkat kesadaran yang tinggi. Gangguan dari luar diri atau pun gangguan dari dalam diri dapat memperlemah energi positif. Dampaknya, kita akan kehilangan kekuatan untuk menghadapi ketidakpastian dan kesulitan. Oleh karena itu, setiap momen kita harus sadar untuk meningkatkan energi positif ke dalam diri kita.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

SAMPAIKAN KABAR BAIK KEPADA DIRI SENDIRI

“Hanya pikiran yang mampu memiliki kesadaran untuk menciptakan sukacita dan menyampaikannya ke seluruh sel diri kita.”~Djajendra

Sampaikan kabar baik kepada diri sendiri. Setiap hari kita perlu kabar baik. Kabar baik dihasilkan dari rasa syukur dan terima kasih atas semua situasi yang kita jalani. Kabar baik dihasilkan dari pikiran positif yang mampu menerjemahkan sebuah peristiwa untuk kegembiraan hidup. Kabar baik karena kemampuan kita untuk menerima kabar buruk dengan ikhlas sebagai pelajaran dan pengalaman menuju masa depan. Kabar baik karena kita mampu mengendalikan diri sendiri, untuk tidak dikendalikan oleh berbagai situasi dan keadaan dari luar diri kita.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kita tidak pernah tahu situasi dan peristiwa seperti apa yang harus kita hadapi di masa depan. Hidup kita sesungguhnya untuk hari ini, untuk momen ini, tetapi pikiran selalu menciptakan realitas tentang masa depan. Semua realitas yang diciptakan pikiran belum tentu sama dengan realitas yang harus kita hadapi. Jadi, kita harus memiliki kepercayaan diri dan kerendahan hati sebagai pengendali atas semua situasi tak terduga yang mungkin harus kita lalui.

Hanya pikiran yang mampu memiliki kesadaran untuk menciptakan sukacita dan menyampaikannya ke seluruh sel diri kita. Oleh karena itu, pikiran harus dilatih dan dibiasakan untuk menghasilkan kabar baik dan menyampaikan kebahagiaan kepada diri sendiri. Semua sel diri kita harus mampu merasakan kabar baik yang disampaikan oleh pikiran. Getaran kabar baik harus kita rasakan sampai ke suara hati terdalam. Pikiran harus betul-betul disiplin dan bertanggung jawab penuh, untuk menyampaikan kabar baik kepada diri sendiri setiap hari. Pikiran tidak boleh berkhianat kepada diri sendiri dengan membuat diri takut, marah, kecewa, sakit hati; sehingga setiap saat hanya kabar buruk yang disampaikan oleh pikiran kepada seluruh sel diri kita. Pikiran yang baik pasti bertanggung jawab untuk menyampaikan kabar baik, sehingga kita setiap saat hidup dalam sukacita.

Kesadaran kita harus memberi perintah kepada pikiran untuk mengubah kegagalan menjadi pelajaran yang membahagiakan hati kita. Kesadaran kita harus memberi perintah kepada pikiran untuk merubah kekecewaan menjadi obat  penyembuhan. Kesadaran kita harus memberi perintah kepada pikiran untuk merubah semua energi negatif dan peristiwa buruk menjadi energi positif dan kabar baik. Kesadaran kita memiliki tugas untuk memeriksa pemikiran dan emosi kita, serta menjaganya untuk menghasilkan kabar baik bagi seluruh sel-sel diri kita.

Pikiran, tubuh, dan jiwa dihubungkan oleh keyakinan kita. Bila keyakinan kita sulit menciptakan kabar baik, maka kesadaran harus mengambil peran besar untuk memperbaiki keyakinan yang tidak baik itu. Selama keyakinan tidak diperbaiki, maka kabar baik tidak akan pernah ada. Keyakinan menciptakan pemikiran, dan pemikiran adalah energi yang kita gunakan untuk menjalani rutinitas kehidupan sehari-hari. Intinya, selama keyakinan kita buruk dan bersumber dari pengetahuan atau pengalaman yang penuh kebencian dan kemarahan, maka kita hanya mampu menyampaikan kabar buruk kepada seluruh sel diri kita. Keyakinan buruk tidak akan mampu menghasilkan kabar baik bagi diri sendiri. Keyakinan buruk tidak akan mampu memberikan kehidupan yang damai dan bahagia untuk diri sendiri.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

MELENYAPKAN KEBURUKAN DAN MENGEMBANGKAN KEBAIKAN DI DALAM DIRI

“Semua yang ada di masa depan adalah misteri yang tidak bisa kita prediksi pada hari ini.”~Djajendra

Kehidupan memberi ruang untuk kebaikan dan keburukan. Tanpa keburukan, tidak akan ada kebaikan. Kebenaran dan kepalsuan sama-sama memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang. Kepalsuan dan kebohongan menumbuhkan kepribadian yang tidak pernah merasakan kedamaian dan kebahagiaan. Sebaliknya, kebenaran dan kejujuran menumbuhkan kepribadian yang selalu merasakan kedamaian dan kebahagiaan. Dalam dunia yang memberikan ruang dan peluang yang sama bagi kebaikan dan keburukan, maka kita harus selalu sadar untuk menjadi diri sendiri. Jika kita tidak sadar diri, maka sangat mudah untuk tersesat ke dalam kehidupan yang membuat kita tidak bahagia. Oleh karena itu, kita harus mengenal diri sendiri dan mampu terhubung dengan diri sejati, sehingga bisa melakukan transformasi melalui kesadaran untuk kehidupan yang lebih baik.

Tidak seorang pun yang dilahirkan dengan kemampuan luar biasa, tetapi setiap orang bisa tumbuh untuk memiliki kemampuan luar biasa. Pengetahuan, kesadaran, dan kebijaksanaan adalah alat yang kita perlukan untuk memiliki kemampuan luar biasa. Pengetahuan, kesadaran, dan kebijaksanaan sangat diperlukan untuk mengambil keputusan yang tepat di setiap situasi yang mendesak dan tidak pasti. Kita tidak pernah tahu tentang hari esok. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi satu menit ke depan. Semua yang ada di masa depan adalah misteri yang tidak bisa kita prediksi pada hari ini. Hidup ini untuk dijalani melalui berbagai keadaan dengan jiwa besar, bahagia, mudah, damai, penuh rasa syukur, dan menerima semua kejadiaan sebagai pembelajaran. Jadi, siapkan diri yang unggul untuk berlayar dalam kehidupan yang banyak tantangan dan selalu berubah.

Energi negatif dan energi positif sama-sama mengisi ruang dan waktu, serta selalu hidup berdampingan di dalam diri setiap orang. Hanya kesadaran dan pengetahuan yang dapat menjadikan energi positif dominan di dalam diri, sehingga energi negatif menjadi tidak berarti apa-apa bagi pertumbuhan diri. Biasanya, penguatan energi positif selalu melalui kesulitan dan penderitaan. Jadi, ketika Anda sedang mengalami kesulitan dan ketidakberuntungan, maka itu adalah momen yang paling tepat untuk memperkuat energi positif. Jangan pernah membiarkan energi negatif menguasai hidup Anda di masa sulit. Kematangan dan kebijaksanaan hidup setiap orang didapatkan melalui pembelajaran dari masa sulit yang penuh ketidakpastian. Membiarkan energi negatif menguasai diri berarti menyerahkan diri untuk hidup di dalam dunia yang tidak bahagia.

Kadang, kehidupan sulit harus dihadapi dengan realitas bahwa semua jalan terlihat sangat gelap dan tanpa harapan. Tidak ada cahaya yang terlihat untuk menembus kegelapan. Tidak ada pengetahuan dan akal yang tersedia untuk menemukan jalan keluar. Diri pun terlihat sangat hina dihadapan lingkungan dan orang-orang sekitar. Dalam kondisi ini, Anda harus bersikap rendah hati dan menguatkan keyakinan bahwa Anda mampu mengatasi kesulitan. Mulailah dengan menguatkan energi positif di dalam diri. Lenyapkan semua pikiran buruk, tumbuhkan optimisme dengan pikiran baik. Hilangkan dulu semua keinginan dan ambisi di dalam diri, fokuskan energi untuk mendapatkan pencerahan dan kesadaran agar semua tindakan Anda dalam arah yang tepat. Tumbuhkan kekuatan dari dalam diri untuk mencintai kehidupan Anda, kemudian memberikan perhatian dan rasa tanggung jawab yang tinggi atas semua tindakan positif Anda. Perbanyak doa dengan penyerahan total kepada Tuhan atas hasil akhir. Teruslah bekerja keras dengan pelayanan tanpa pamrih dari diri sejati Anda. Jadilah diri sendiri yang kuat dan yakin mendapatkan kehidupan terbaik.

Selama keburukan masih di dalam diri, maka sangat sulit untuk menghadapi semua persoalan hidup dengan tenang dan optimis. Jadi, panggil diri sejati untuk menyalakan energi positif di setiap tindakan dan pemikiran. Tenangkan diri dengan energi positif; kemudian jadilah lebih bijaksana, konsentrasi penuh terhadap tindakan positif, mengumpulkan informasi yang dibutuhkan, dan bekerja keras untuk mencapai hal-hal terbaik. Melalui kegagalan kita belajar untuk lebih baik. Melalui keberhasilan kita belajar untuk lebih rendah hati. Hidup ini adalah sebuah anugerah yang harus kita terima dengan rasa syukur.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

BERSAHABATLAH DENGAN DIRI SENDIRI DAN TUMBUHKAN PRIBADI KUAT DI DALAM DIRI ANDA

“Jiwa yang tidak diterangi cahaya kesadaran dan kebijaksanaan akan selalu mencari hidup di luar diri. Padahal semua yang dicari dalam hidup bersembunyi di dalam diri sendiri.”~Djajendra

Dengarkan suara hati, kendalikan diri dari suara-suara bising yang bersumber dari luar diri. Apa yang Anda katakan kepada diri sendiri memiliki kekuatan terbesar untuk arah hidup Anda. Semua yang Anda ucapkan dan yang Anda bicarakan dengan orang lain tidak akan banyak menentukan arah hidup Anda. Jadi, lebih baik tidak terlalu banyak berbicara tentang rencana dan mimpi Anda kepada orang lain. Fokuskan semua waktu dan tenaga untuk melakukan tujuan Anda. Miliki waktu untuk berbicara kepada diri sendiri tentang apa-apa yang sudah Anda lakukan dan apa-apa yang akan segera Anda lakukan. Bersahabatlah dengan diri sendiri dan tumbuhkan pribadi kuat di dalam diri Anda.

Hidup tidak berada di suatu tempat di luar diri sendiri, tetapi hidup sudah ada di dalam diri sendiri. Sekarang, tugas Anda adalah menemukan hidup Anda dari dalam diri sendiri. Jadi, tidak perlu mencari hidup yang Anda impikan kemana-mana, fokuskan saja semua waktu dan tenaga untuk mencari impian hidup ke dalam diri sendiri. Hebatkan diri sendiri dan cerdaskan dengan berbagai macam pengetahuan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi diri sendiri. Semua hal yang bersumber dari luar diri hanyalah sebuah pengetahuan dan pembelajaran. Semua percakapan dengan orang lain adalah pengetahuan dan pengalaman dari luar diri. Dan, semua yang bersumber dari luar diri Anda bukanlah tentang hidup Anda, hidup Anda sendiri sudah ada di dalam diri Anda sendiri. Jangan pernah menjadikan realitas hidup orang lain sebagai hidup Anda. Ingat! Anda itu unik dan satu-satunya, Anda tidak dapat digandakan, Anda tunggal dan berbakat hebat untuk melakukan segala impian dari kejujuran diri sendiri. Jadilah diri sendiri sesuai takdir dan mimpi yang bersumber dari kesadaran dan kebijaksanaan suara hati Anda.

Dalam kesadaran, Anda terhubung dengan diri sendiri di mana pikiran dan emosi bisa menyatu untuk ketenangan hati Anda. Pikiran dan emosi dalam kendali kesadaran hati nurani menciptakan percakapan mental yang positif dan meninggalkan kebisingan hidup. Dalam kondisi ini, Anda bisa menciptakan energi positif di dalam diri Anda untuk melihat semua fakta hidup Anda dengan tenang, jelas, santai, damai, dan murni dari kesadaran diri sendiri. Dengarkan suara hati nurani dengan cerdas dan bengunkan intuisi Anda untuk membantu dalam pengambilan sikap atau keputusan. Biasakan hanya mendengarkan suara hati positif yang diperkuat dengan niat dan tekad, untuk mewujudkan semua potensi hebat Anda sebagai diri sejati Anda. Dengan cara ini, Anda mulai menyelaraskan perjalanan kehidupan Anda dengan tujuan Anda, dengan apa yang benar-benar Anda inginkan dan impikan untuk mengisi hidup Anda.

Setelah mengenal diri sejati dan memahami potensi diri Anda yang unik dan hebat, Anda boleh memiliki tekad dan motivasi untuk melakukan hal-hal yang benar-benar Anda impikan, mulailah dengan langkah-langkah kecil, jangan takut gagal, Anda boleh memiliki ambisi yang hebat, tetapi ambisi itu cukup dibicarakan dengan diri sendiri, tidak perlu dibicarakan kepada siapa pun di luar diri Anda. Cintai dan sukai hal-hal yang Anda kerjakan dengan totalitas. Nikmati setiap momen dari hal-hal yang Anda lakukan dengan perasaan sukacita. Ketika perasaan cinta dan antusiasme menguasai perasaan Anda di setiap proses kerja, Anda akan mendapatkan pengalaman yang indah. Dalam perjalanan, selalu ada kegagalan dan kesuksesan, semua itu adalah hal biasa, tetapi Anda yang melakukannya dari kesadaran diri sendiri tidak akan pernah menyerah atau berhenti menghadapi situasi tersulit. Anda akan terus berkarya dan berkontribusi dengan sungguh-sungguh untuk menghasilkan kebahagiaan dan kemenangan bagi diri sendiri. Anda juga akan memilih untuk tidak banyak berbicara tentang kesulitan Anda kepada orang lain, tidak menggunakan kata-kata negatif dalam menyikapi kesulitan, dan selalu fokus menggunakan waktu dan tenaga untuk memaksimalkan pikiran dan perasaan positif.

Anda yang mengenal diri sendiri dengan baik tidak akan membuat diri Anda terjebak dalam kehidupan tanpa harapan. Kesadaran Anda selalu tampil untuk membawakan cahaya terang ke dalam jiwa Anda, sehingga Anda mampu melihat semua kehebatan Anda di dalam terang cahaya. Hal ini akan membuat Anda tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan hebat. Ketika kesulitan hidup mengguncang Anda; Anda tidak pernah kehilangan mimpi dan harapan, Anda tidak akan putus asa, Anda tidak akan berhenti berjuang, Anda tidak akan sedih. Dari situasi yang sulit itu, Anda mampu mengaktifkan energi kreatif dan optimis untuk menemukan solusi yang tepat.

Pribadi yang kuat di dalam diri sendiri adalah pribadi yang mampu mengantar hidup Anda menjadi pemenang. Dalam setiap situasi, Anda mampu tampil kuat dan hebat untuk mencapai kemenangan. Kata-kata positif dan nilai-nilai kehidupan yang bijaksana telah menjadikan Anda sebagai manusia unggul. Sebagai manusia unggul; Anda sudah tidak mengenal lagi perasaan menghakimi, mengeluh, dan menyalahkan. Anda selalu menerima, menghargai, mencintai, memahami, menghasilkan, dan mengabaikan yang tidak sejalan dengan hidup Anda.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

KEINGINAN DAN KEBUTUHAN ADA BATASNYA

“Ketika keinginan dan kebutuhan sudah selesai dengan diri sendiri, maka diri bisa naik lebih tinggi lagi untuk menikmati keindahan hidup yang abadi.”~Djajendra

Semakin mampu seseorang memenuhi kebutuhan dan keinginan, semakin naik lagi tuntutan terhadap kebutuhan dan keinginan yang baru. Manusia tidak pernah puas dengan sebuah keadaan. Selalu berusaha untuk mencapai yang lebih besar lagi. Hierarki kebutuhan terus meningkat dan berubah di sepanjang waktu sesuai motivasi diri masing-masing pribadi. Dan, semua ini berakhir pada saat manusia membutuhkan pencerahan untuk melenyapkan keinginan dan menyederhanakan kebutuhan hidup.

Pada awal pertumbuhan, setiap orang tumbuh dengan fokus materi, jiwa diabaikan, pikiran dibiarkan bebas tak terkendali untuk bermimpi tentang apa pun. Keinginan dan kebutuhan akan terus berkembang untuk meningkatkan keamanan, kesenangan, kepuasan, kebanggaan, kehormatan, kesehatan, kenikmatan, kekayaan, dan penampilan diri yang lebih baik. Ini semua adalah kebutuhan dasar dan menengah yang biasanya dialami oleh setiap orang.

Dalam proses mendapatkan kebutuhan dasar dan menengah, setiap orang selalu ingin menjadi pribadi luar biasa. Berkompetisi dan bersaing dengan orang lain adalah naluri dasar manusia. Semua orang menginginkan aktualisasi diri yang membuatnya terlihat lebih hebat. Kreativitas dan inovasi adalah kekuatan yang ada di dalam diri setiap orang untuk menjadi manusia luar biasa. Dalam tahap ini, stres menjadi bagian yang tak terhindarkan, tidak ada kesadaran untuk mengelola emosi dan pikiran, sulit menerima cahaya untuk membangun jiwa yang damai. Biasanya, pencerahan pun belum mampu dipahami, selalu dikalahkan oleh ego yang sangat menginginkan sesuatu yang lebih dari siapa pun atau apa pun.

Ketika semua keinginan dan kebutuhan dasar dan menengah itu terpenuhi secara berlebihan, maka terjadilah kekosongan di dalam diri, dan membutuhkan pencerahan untuk melenyapkan nafsu keinginan dan kebutuhan. Ada orang-orang yang mampu memasuki wilayah pencerahan dan menemukan cara untuk mengisi kekosongan di dalam diri, tetapi sangat banyak juga orang-orang yang tetap terperangkap dalam ego kebutuhan dan keinginan. Jiwa yang sangat terikat dengan kebutuhan dan keinginan biasanya sulit menerima pencerahan. Pencerahan adalah fondasi untuk memiliki jiwa yang terisi penuh dengan kebahagiaan dan keindahan hidup.

Kebahagiaan dan keindahan baru dapat dirasakan ketika seseorang melampaui sifat yang terikat pada kebutuhan dan keinginan. Ketika keinginan dan kebutuhan lenyap dari pikiran dan emosi, maka sejak itu seseorang akan memasuki wilayah kehidupan yang bergerak karena cinta dan kasih sayang. Rasa syukur dan terima kasih dengan keadaan diri sendiri menjadikan diri sejahtera dan kaya dengan indahnya kehidupan. Pencerahan yang membangkitkan kebaikan dari dalam diri akan membuat kekayaan materi dan pencapaian prestasi menjadi tunduk kepada kebaikan, bukan lagi pada keserakahan.

Ketika kebutuhan dan keinginan lenyap dari ego, maka sudah tidak ada lagi kebisingan di pikiran. Pikiran pun menciptakan emosi positif untuk bisa menikmati keindahan dan kebahagiaan. Sudah tidak ada lagi bisikan di kepala tentang uang yang lebih banyak, tentang rumah yang lebih besar, tentang nikmatnya fasilitas-fasilitas kehidupan, dan juga semua sifat rakus akan hilang digantikan sifat peduli, welas asih, serta kemampuan untuk menjalani hidup tanpa paksaan dan kekerasan.

Ketika keinginan dan kebutuhan sudah selesai dengan diri sendiri, maka diri bisa naik lebih tinggi lagi untuk menikmati keindahan hidup yang abadi.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com

Older posts

© 2019 MOTIVASI DJAJENDRA

Theme by Anders NorenUp ↑