Budaya Kerja untuk Hubungan Kerja

“Hubungan Kerja Harus Berorientasi Untuk Melayani Organisasi Dan Stakeholders. “ – Djajendra

Semua perilaku dalam hubungan kerja memerlukan sikap toleransi dan melayani. Ini berarti Anda harus menyisihkan keinginan diri sendiri dan fokus pada prinsip, nilai, norma, dan semangat budaya organisasi Anda.

Kualitas hubungan kerja berarti:

1. Anda cerdas menunjukkan pengendalian diri sendiri.

2. Anda cerdas memberikan perhatian, penghargaan, dan dorongan.

3. Anda cerdas untuk bersikap rendah hati, dan menjadi diri sendiri yang otentik tanpa kepura-puraan atau kesombongan.

4. Anda cerdas menghormati dan memperlakukan orang lain sebagai orang-orang penting.

5. Anda cerdas melayani tanpa pamrih dan memenuhi kebutuhan orang lain.

6. Anda cerdas memaafkan dan tidak membenci siapapun ketika Anda merasa dirugikan.

7. Anda jujur dalam sikap dan memiliki integritas dalam setiap hubungan Anda.

untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Rumusan Sukses

“Sukses Itu Seperti Melihat Sebuah Lukisan Abstrak, Di Mana Setiap Orang Punya Hak Untuk Mendefinisikan Makna Dari Lukisan Abstrak Itu Sesuai Persepsinya.” – Djajendra

Dua hari yang lalu  saat saya memberikan pelatihan pengembangan kepribadian di Puncak, Jawa Barat. Ada seorang peserta bertanya tentang rumusan sukses, dan secara normatif saya menjelaskan rumusan-rumusan umum dari hasil riset saya terhadap orang-orang sukses yang tercatat di sejarah. Persoalannya, pengertian sukses tidak sesederhana atau sebatas rumusan-rumusan sukses yang ada. Sukses seseorang sangat tergantung kepada potensi, keunikan, dan keberanian dirinya untuk bertindak meraih hasil terbaik.

Secara umum sukses selalu dikaitkan dengan uang yang banyak, pekerjaan yang prestisius, bisnis yang cemerlang, keluarga yang kompak, prestasi, kinerja, dan semua hal-hal lain yang secara kasat mata terlihat mengagumkan orang-orang lain.  Dan yang pasti dalam hidup ini setiap orang selalu berkeinginan dan berharap untuk meraih sukses. Ada yang terus menerus berjuang dengan mengikuti naluri dan suara hati untuk menemukan suksesnya. Ada juga yang menggunakan berbagai formula sukses yang didapatkan dari orang-orang sukses.

Sukses sifatnya sangat abstrak dan sangat tergantung kepada logika berpikir seseorang. Logika berpikir si A untuk meraih sukses bisa berbeda dengan logika berpikir si B dalam meraih sukses. Dalam bahasa lain, sukses itu seperti melihat sebuah lukisan abstrak, di mana setiap orang punya hak untuk mendefinisikan makna dari lukisan abstrak itu sesuai persepsinya.

Anda berhak menemukan jalan Anda sendiri buat meraih sukses Anda. Anda tidak harus selalu mengikuti jalan sukses orang lain.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Melayani Perusahaan dengan Sikap Baik

“Mendengarkan Adalah Bagian Terpenting Dari Pelayanan Berkualitas.” – Djajendra

Sikap baik Anda untuk melayani perusahaan Anda dengan berkualitas dan sempurna akan menjadi energi yang memperkuat semua aspek operasional perusahaan di setiap waktu dan kondisi.

1. Anda harus lebih terbuka dengan kebutuhan perusahaan dan memiliki kompetensi untuk memberikan pelayanan berkualitas.

2. Gunakan sikap baik Anda untuk melayani perusahaan dan lakukan komunikasi dengan semua pihak di dalam perusahaan secara persuasif.

3. Terima semua komplain dari atasan, bawahan, rekan kerja, dan pemegang saham dengan jiwa besar dan segera perbaiki yang kurang dari Anda.

4. Persoalan pelayanan adalah persoalan hubungan baik, kembangkan perasaan positif Anda dalam setiap hubungan pelayanan Anda kepada siapapun .

5. Minta feedback dari unit kerja lain tentang pelayanan yang Anda berikan, dan perbaiki semua kekurangan dengan integritas untuk memberikan yang terbaik.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Selamat untuk Kemenangan

“Sepak Bola Telah  Menyatukan Keragaman Kehidupan Karena Dalam Sepak Bola  Ada Integritas Untuk Meraih Prestasi.” – Djajendra

Hasil pertandingan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan menceritakan mulai meratanya kualitas sepak bola dunia. Hampir semua tim menunjukkan kualitas dan kelas yang setara. Kesetaraan kualitas terlihat sangat kompetitif dan sudah tidak ada lagi benua yang dianggap underdog atau tidak kuat. Asia dengan keajaiban Jepang dan Korea Selatan yang tampil luar biasa. Afrika dengan kehebatan Ghana.  Dan semua bangsa-bangsa peserta piala dunia 2010 telah menunjukkan kualitas yang luar biasa.

Sepak bola adalah olah raga rakyat terpopular yang dapat mengipnotis para pencintanya untuk melupakan sejenak semua persoalan hidup. Sepak bola mengajarkan dua hal penting buat kehidupan, yaitu kualitas dan kemenangan. Di setiap wilayah di setiap negara para pencinta sepak bola memiliki tim – tim favorit mereka masing-masing, mereka tidak mempermasalahkan dari negara mana tim sepak bola itu berasal, tapi mereka hanya melihat kualitas dan kemenangan.

Sepak bola menghadirkan perasaan kebangsaan yang menyatukan semua kekurangan dan perbedaan dalam perasaan bangga sebagai bangsa yang berprestasi.  Lihat saja perasaan bangga yang diperlihatkan oleh mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, yang datang ke kamar ganti pemain untuk memberikan ucapan selamat atas kesuksesan dan kemenangan tim sepak bola Amerika Serikat. Lihat saja Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama yang menunda sejenak acara kenegaraannya untuk menelepon kapten tim, Landon Donovan dan mengucapkan selamat untuk kemenangan.

Sepak bola tidak sekedar sebuah permainan bola, tapi di dalamnya ada sebuah semangat dan filosofi untuk memperlihatkan seluruh kemampuan diri melalui cara-cara sportif yang penuh dengan integritas. Sepak bola mengajarkan kepada kita bahwa kalau mau menang, maka semua kehebatan dan keunggulan individu harus mencair dan menyatu dalam bahasa tim. Setiap kemenangan dalam sepak bola mengajarkan kepada kita bahwa tidak boleh ada kesombongan tim ataupun individu, yang ada hanyalah perjuangan dan kerja keras secara bersama-sama untuk menghasilkan gol dan kemenangan. Setiap kekalahan dalam sepak bola mengajarkan kepada kita bahwa kalau mau menang maka tidak boleh ada perasaan tidak percaya diri atau tidak yakin, yang ada hanyalah perasaan tenang, sabar, santai, dan mencetak gol yang banyak untuk mencapai kemenangan.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Pikiran Bebas Tanpa Tekanan

Setelah tim sepakbola Inggris menang 1-0 atas Slovenia, pelatih Fabio Capello sangat bahagia karena merasa tim Inggris telah kembali menampilkan semangat juang mereka. Menurutnya tim Inggris mulai memperlihatkan mental juara seperti yang pernah mereka pertontonkan di babak kualifikasi.

“Kami bermain dengan bebas, pikiran kami bebas. Kini kami bisa bermain lawan siapa saja karena pikiran kami sekarang bebas.” Kata Fabio Capello.

Saya suka dan sependapat dengan kata-kata Fabio Capello. Di saat kita merasa bebas, santai, menikmati, dan menyenangi sebuah tantangan atau pekerjaan, maka kreativitas kita akan bekerja untuk menghasilkan kualitas-kualitas kemenangan.

Apapun tantangan kehidupan wajib dijalani dengan pikiran tenang, bebas, santai, bersemangat, berjuang, dan kerja keras. Dan saya selalu percaya bahwa dalam kebebasan dan ketenangan, siapapun bisa menemukan hal-hal luar biasa, ide-ide luar biasa, dan hasil karya yang luar biasa.

Kata-kata Fabio Capello memberikan inspirasi yang luar biasa. Orang-orang besar selalu mempunyai segudang kata-kata berkualitas untuk menginspirasi kehidupan. Dan Fabio Capello adalah orang besar dengan kata-katanya yang luar biasa.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

MELAYANI PEKERJAAN DENGAN CEPAT DAN TEPAT WAKTU

Anda harus bersikap persuasive kepada setiap orang di tempat kerja agar dapat melayani pekerjaan Anda dengan cepat dan tepat waktu. Sebab, kecepatan dan ketepatan waktu Anda sangat tergantung kepada respons orang lain kepada Anda. Lakukan hal-hal berikut agar orang lain memberikan respons positif kepada Anda:

1. Tekun dengan rencana sampai melihat keberhasilan.

2. Membujuk orang lain untuk bergabung dalam penyelesaian rencana.

3. Memberdayakan orang lain untuk  menghasilkan karya terbaik.

4. Tidak tenggelam dalam isu-isu politik kantor yang kompleks.

5. Mendengar apa yang dipikirkan orang lain.

6. Memberikan perspektif yang berharga buat perubahan.

7. Mengendalikan perasaan takut.

8. Berani menghadapi realitas.

9. Tidak panik oleh tekanan.

10.  Belajar dari kesalahan.

NILAI – NILAI TERBAIK YANG MENCIPTAKAN BUDAYA UNGGUL

Organisasi yang berintegritas dan berkualitas tidak hanya akan menuntut para pegawai dan pimpinannya untuk mendedikasikan diri mereka buat keberhasilan misi organisasi, tapi juga akan memberikan perhatian dan kepedulian secara total dan wajar kepada setiap pegawai dan pimpinannya. Berikut  nilai-nilai yang wajib diperhatikan organisasi dalam membangun budaya organisasi yang kuat dan solid:

1. Bersikap Adil :  organisasi memperlakukan setiap stakeholders  secara adil dan wajar.

2.  Jujur Dan Terpercaya: organisasi beroperasional secara terbuka, jujur dan tetap menjanjikan.

3. Memperlakukan Orang Dengan Hormat: organisasi mengerti bahwa setiap orang memiliki perasaan, nafsu, emosi dan sensitivitas.

4. Menghasilkan Organisasi Pembelajar: organisasi sadar untuk meningkatkan pertumbuhan setiap orang dalam menghadapi tantangan dan peluang.

5. Mengakui  Kinerja Dan Prestasi: organisasi sadar untuk mengakui kinerja  pegawai, lalu merayakan keberhasilan pegawai dengan baik, dan memberikan hadiah yang tepat.

6. Berkomunikasi Dengan Persuasif:  organisasi harus menghargai perbedaan pendapat, cerdas menyerap berbagi informasi secara terbuka, dan mendorong orang-orang untuk  dapat berkontribusi secara total buat kemajuan organisasi.

7. Mendelegasikan Tugas Dan Tanggung Jawab: organisasi harus menggunakan delegasi sebagai alat pembangunan. Membawa keterampilan baru dan kesuksesan kepada orang lain – dan memungkinkan mereka untuk fokus pada pertumbuhan dan masa depan.

8. Membangun Hubungan: organisasi harus melakukan yang terbaik untuk interaksi  dalam organisasi. Interaksi harus saling berhubungan dalam sinergis yang terintegrasi untuk berbagi gagasan dan pengalaman.

9. Membangun Kepercayaan: kepercayaan yang tinggi harus fokus pada kredibilitas,  prestasi, penghormatan, keadilan, kebanggaan,  persahabatan.

10. Menghargai Perbedaan:  Semua orang adalah bagian dari sebuah organisasi yang hebat. Ada banyak orang yang menyumbangkan keahlian mereka  yang unik dan berkemampuan mendorong organisasi ke dalam kesuksesan. Menciptakan budaya menang berarti wajib menghargai berbagai perbedaan di dalam organisasi.

11. Membangun Skill/Keterampilan: mengidentifikasi keterampilan, perilaku, dan pengetahuan anggota organisasi untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan memenuhi tujuan organisasi.

12. Membangun Merek Organisasi: meningkatkan citra dan reputasi organisasi di masyarakat.

13. Have Fun: organisasi harus membebaskan setiap orang untuk bersenang-senang  dengan pekerjaan mereka.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Menciptakan dan Mempertahankan Budaya Pemenang

“Budaya Pemenang Lahir Dari Roh Organisasi Yang Berintegritas Dan Dari Roh Sumber Daya Manusia Yang Berintegritas Untuk Menang.” – Djajendra

Kebudayaan dalam organisasi adalah semua tentang perilaku kerja yang terfokus pada sasaran tertinggi organisasi. Diperlukan filosofi, visi, misi, nilai, cara kerja, dan perilaku sehari-hari dari setiap anggota organisasi yang berjalan searah dengan tujuan organisasi.

Setiap anggota organisasi wajib dan bertanggung jawab untuk berkontribusi membangun nilai-nilai kehidupan positif di organisasi. Artinya, tidak boleh ada seorangpun di kantor berdiam diri atau tidak peduli kepada nilai-nilai budaya pemenang. Setiap orang harus berjuang dan bekerja total bersama nilai-nilai budaya organisasi yang telah disepakati secara bersama dalam sebuah komitmen yang terikat berdasarkan etika kerja dan etika bisnis.

Setiap orang di dalam organisasi harus menciptakan budaya menang; setiap orang harus merasa bagian dari organisasi; setiap orang harus melakukan pekerjaan dengan cara-cara yang luar biasa dan efektif; setiap orang harus berperan yang lebih besar dan lebih baik untuk menjadi yang terbaik.

Menciptakan Budaya pemenang membutuhkan tindakan dalam perilaku kerja dengan nilai-nilai berikut: kepercayaan, hubungan, cinta, kejujuran, kebenaran, nilai, tim, orang, kontribusi, perhatian, dukungan, persahabatan, dorongan, kesejahteraan, memahami, mendengarkan, apresiasi, pengembangan, meluangkan waktu, menghormati … dan lebih banyak lagi nilai-nilai yang dapat mendorong semangat setiap orang untuk  berkontribusi secara cepat, konsisten dan bermanfaat.

Para pimpinan dan pemegang kekuasaan tertinggi di dalam organisasi harus secara berintegritas menciptakan budaya menang organisasi. Menciptakan budaya menang dimulai dengan perilaku pemegang kekuasaan dan para pimpinan untuk bersikap dan bertindak sesuai budaya organisasi yang disepakati bersama. Jika pemegang kekuasaan organisasi dan para pimpinan tidak serius berperilaku dan bertindak berdasarkan nilai-nilai kehidupan positif organisasi, maka semua konsep, norma, prinsip, nilai, dan semangat budaya organisasi hanya akan ada di atas kertas, tanpa menginternalisasi ke dalam batin dan pikiran siapapun.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Untuk Meraih Sukses Anda Harus Menanam Nilai-Nilai Sukses

“Ketika Anda Berfokus Pada Kekurangan Dan Apa Yang Tidak Anda Miliki, Meributkannya Dengan Keluarga, Membahasnya Dengan Teman-Teman, Mengatakan Kepada Anak-Anak Bahwa Anda Serba Tidak Cukup, “Kita Tidak Punya Cukup Uang Untuk Itu, Kita Tidak Mampu Membelinya,”Anda Tidak Akan Pernah Mampu Membelinya Karena Anda Mulai Menarik Lebih Banyak Kekurangan. Jika Anda Menginginkan Kelimpahan, Jika Anda Menginginkan Kemakmuran, Berfokuslah Pada Kelimpahan. Berfokuslah Pada Kemakmuran.” – Lisa Nichols, The Secret

Setiap orang memiliki definisi yang berbeda tentang sukses. Tetapi, secara umum dari hasil yang saya amati, kesuksesan dalam hidup  berarti memiliki pendidikan tinggi, pekerjaan bergengsi, rumah mewah, mobil mewah, teman yang banyak, sehat, bahagia, dapat berbagi, keluarga yang harmonis dan berprestasi, memiliki reputasi dan kredibilitas sosial, serta uang yang banyak untuk menemani belanja, berlibur, dan memenuhi semua keinginan diri dan keluarga.

Sukses dalam hidup tidak akan datang dengan mudah. Sukses hanya akan datang ke dalam hidup Anda, jika Anda mau memenuhi semua tantangan dan berjuang total untuk mencapai tujuan Anda, tanpa pernah lelah dan menyerah.

Untuk meraih sukses yang Anda inginkan, Anda harus menanam nilai-nilai sukses, kata demi kata, setiap hari, di dalam pikiran bawah sadar Anda, dan Anda harus melengkapinya dengan perjuangan secara fisik melalui pikiran sadar Anda.

Tips.

1. Jalani hidup dengan menyederhanakan semua aspek kehidupan.2

2. Hiduplah untuk kualitas kehidupan terbaik.

3. Hiduplah dengan sikap baik yang penuh toleransi dan empati.

4. Jalani kehidupan untuk kebahagiaan, kesehatan, kesejahteraan, dan kedamaian hati Anda

5. Jalani kehidupan untuk melayani kehidupan.

6. Jalani kehidupan dengan mengatur perilaku dan emosi.

7. Hiduplah untuk hari ini, berjuanglah untuk hari esok, dan lupakan hari kemarin.

8. Memahami dengan baik sukses yang dicari.

9. Manfaatkan setiap waktu untuk meningkatkan kinerja dan prestasi.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

ETOS KERJA BERKUALITAS LAHIR DARI BUDAYA ORGANISASI BERKUALITAS

“Tanpa Tanggung Jawab Terhadap Pekerjaan, Anda Hanya Mempersiapkan Diri Untuk Gagal.” – Djajendra

033Budaya organisasi  harus menciptakan nilai-nilai terpercaya (high trust). Tujuannya adalah untuk merangkul setiap individu di dalam organisasi  untuk menghasilkan perilaku kerja atau etos kerja yang terukur dalam sebuah budaya kerja, sistem, prosedur, kebijakan, filosopi, visi, misi, nilai-nilai, dan etika yang mampu secara konsisten memenuhi harapan dari para stakeholders.

10 Etos Kerja Untuk Kualitas Kerja Terbaik.

  1. Integritas
  2. Komunikasi
  3. Kerja sama/tim
  4. Pantang menyerah /persisten
  5. Tidak mementingkan diri sendiri
  6. Komitmen kuat
  7. Disiplin
  8. Melayani
  9. Konsisten
  10. Membuat keputusan

Budaya organisasi harus memiliki semangat untuk membuat para pegawai dan pimpinannya:

  1. Menerima tugas  dan tanggung jawab dengan tulus.
  2. Mengerti tugas fungsi dan peran kerja.
  3. Mempercayai rencana dan target organisasi.
  4. Menerima nilai dan standar kerja organisasi.
  5. Bekerja sama untuk keberhasilan target organisasi.
  6. Proaktif terhadap kepentingan organisasi.
  7. Mensuport internal organisasi dengan total

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com