Merasa Lelah

“Kendalikan Hidup Untuk Menaklukkan Masa-Masa Sulit, Lalu Kembangkan Pikiran Dan Perasaan Kaya.” – Djajendra

Di saat Anda merasa lelah dengan kesengsaraan dan cobaan hidup, Anda perlu berdiam diri sejenak untuk mencari perasaan syukur Anda atas semua kebaikan yang Anda peroleh dari kehidupan.

Jangan biarkan pikiran dan perasaan Anda terfokus pada kesengsaraan, tapi fokuskan pikiran dan perasaan Anda pada keunggulan dan kenikmatan yang Anda miliki. Walaupun keunggulan dan kenikmatan itu hanya setitik dari selautan kesengsaraan Anda.

Di saat hidup menguras semua energi positif Anda dengan berbagai cobaan dan kesengsaraan hidup, jangan berkeluh – kesah dan menangis, tapi temukan kelebihan dan kehebatan diri Anda melalui tekad dan motivasi diri yang tak padam oleh hal apa pun.

Kehidupan selalu memiliki siklus turun-naik. Dan di saat turun, cobalah belajar kembali untuk meningkatkan kualitas diri Anda. Dan di saat naik, janganlah tertawa dan merasa sombong, tapi kendalikan diri Anda untuk meningkatkan kualitas diri Anda buat kehidupan yang lebih berintegritas.

Di saat semua langkah-langkah kehidupan Anda menjadi berat, tidakpasti, penuh perasaan cemas, penuh pikiran takut, dan putus asa. Kendalikan  ambisi Anda yang berlebihan, walaupun Anda harus menguras tenaga dan pikiran untuk bisa mengatasi semua persoalan Anda.

Kehidupan selalu akan memberikan kejutan-kejutan yang tidak terpikirkan sebelumnya. Oleh karena itu, biasakan diri Anda untuk menghadapi hal apa pun dalam hidup dengan jiwa besar dan pikiran positif.

Di saat tekanan hidup membuat Anda sengsara, maka Anda tidak boleh takut dan cemas. Tetapi, miliki sikap positif dalam percaya diri yang sempurna, lalu rangkullah semua cobaan dan perubahan, dan kendalikan diri Anda dalam sikap sabar, tegar, dan cerdas secara emosional.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Mendengar dengan Sabar Bertanya dengan Sopan

“Komunikasi Yang Berkualitas Tidak Dihasilkan Dari Kecerdasan Ngotot, Tapi Dihasilkan Dari Kecerdasan Sabar.” – Djajendra

Komunikasi adalah awal mendapatkan solusi terbaik dalam setiap persoalan hidup. Mendengar dengan sabar dan bertanya dengan sopan merupakan fondasi komunikasi yang kuat dan penting. Miliki kepribadian dan kualitas diri yang cerdas mengajukan pertanyaan dan cerdas mendengarkan dengan penuh perhatian untuk jawabannya.

Setiap komunikasi haruslah memiliki wawasan, ide, pendapat, dan sikap baik. Setiap komunikasi haruslah memiliki keahlian percakapan dan keterampilan bertanya yang baik, serta memberikan orang lain kesempatan untuk mengekspresikan diri.

Komunikasi yang baik akan mendorong setiap orang untuk memperluas pikiran dan komentar. Perluasan pikiran dan komentar tidak boleh keluar dari topik yang dibicarakan. Tetapi, pikiran dan komentar harus bisa memperkaya topik yang dibicarakan.

Jadilah pembicara dan pendengar yang baik, jangan pernah mendominasi diskusi, tapi selalu bersikap persuasive terhadap setiap situasi komunikasi. Miliki gaya komunikasi yang santai, ceria, tidak ngotot, dan benar-benar tertarik pada orang lain.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Mencari Sukses Melalui Kerja Keras

”Kegagalan Seharusnya Merupakan Batu Loncatan Dan Bukan Batu Sandungan.”-Abraham Lincoln

Anda yang ingin hidup sukses dalam segala hal haruslah menjadi seorang pejuang yang tangguh. Seorang pejuang yang tidak meremehkan hal-hal kecil dan yang tidak menyombongkan diri dengan sukses-sukses kecil, tetapi selalu  berjiwa besar dan bermental pemenang dalam setiap kondisi dan situasi hidup.

Miliki sikap optimis. Anda yang memiliki sikap optimis selalu akan berhasil melalui semua hambatan secara baik.

Miliki disiplin. Anda yang hidup dalam disiplin tinggi pasti akan bekerja keras untuk mencapai harapan.

Miliki toleransi. Anda yang memiliki sifat toleransi akan mudah bergaul dalam semua lapisan, budaya, dan keragaman. Hal ini akan mempermudah Anda menuju puncak keberhasilan.

Belajar untuk berkembang. Anda yang selalu belajar untuk membangun kualitas diri akan tumbuh berkembang bersama sukses besar Anda.

Memiliki rencana. Anda yang selalu bekerja dengan rencana matang akan menghasilkan kinerja optimal.

Bersedia berubah. Anda yang selalu memandang perubahan sebagai tantangan menuju prestasi yang lebih baik akan menjadi pribadi pemenang dalam setiap situasi.

Cerdas membangun komunikasi. Anda yang selalu mampu memahami situasi dan memiliki sensitifitas tinggi dalam setiap hubungan dengan orang lain, dari persepsi dan kacamata positif, akan menuai simpati dan harapan sukses.

Pejuang tidak akan menyerah. Anda yang selalu melihat hidup ini sebagai simbol perjuangan pasti tidak akan menyerah untuk meraih puncak sukses.

Hidup dengan energi positif. Anda yang selalu melihat hidup Anda sebagai energi yang harus memancarkan manfaat kebaikan bagi semua orang pasti akan menjadikan Anda sebagai pribadi yang bijak dalam memahami arti kehidupan.

Hidup tidak sempurna. Anda yang selalu memahami bahwa hidup itu tidak sempurna, akan terus mendorong Anda untuk belajar dan melatih diri dalam mengatasi semua tantangan.

Kekayaan materi. Anda yang selalu melihat kekayaan materi sebagai fasilitas Anda menuju semua perbuatan baik akan menempatkan Anda di kursi puncak tersukses.

Menyebarkan pengetahuan positif. Anda yang selalu mampu menyebarkan pengetahuan dan wawasan positif akan selalu di hormati dan di percaya rekan kerja.

Tidak takut kehilangan. Anda yang memiliki kekuatan mental diri untuk tidak takut kehilangan apapun dalam hidup Anda akan menciptakan rasa damai dan bahagia di jiwa Anda.

Berlatih seperti atlet profesional. Anda yang selalu sadar untuk melatih keterampilan dan mental sukses Anda pasti akan mencapai kinerja tertinggi.

Berdoa dan Berdoa. Anda sebagai manusia spiritual yang sadar untuk berdoa akan mendapatkan kepercayaan diri dan kekuatan hati untuk terus bergerak tanpa lelah dalam mencapai tujuan hidup Anda.

Hubungan Pemimpin dengan Karyawan

DJ12345“Pimpinan Dan Karyawan Harus Meninggalkan Ego Kepribadian Masing-Masing, Lalu Bersatu Dalam Satu Energi Sukses.” – Djajendra

Untuk membangun hubungan yang harmonis antara pimpinan dan karyawan membutuhkan banyak kecerdasan, mulai dari kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, kecerdasan komunikasi dan kecerdasan tanggung jawab. Pimpinan berfungsi untuk mengkoordinasikan semua kekuatan organisasi untuk mencapai misi, visi, strategi, dan tujuan organisasi; sedangkan karyawan berfungsi membantu tanggung jawab pimpinan dengan sepenuh hati agar visi, misi, strategi, dan tujuan organisasi dapat diwujudkan sesuai rencana dan harapan. Persoalannya, sering sekali pimpinan dan karyawan tidak selalu mampu menyatu dan mencair dalam satu kekuatan yang utuh dan pasti dalam meraih semua impian organisasi.

Dalam pelatihan yang saya berikan, sering sekali muncul pertanyaan dari para peserta tentang cara membangun hubungan yang harmonis dengan bos atau pimpinan. Ada sebuah jarak dalam organisasi untuk menyatukan energi karyawan dan energi pimpinan dalam sebuah kecerdasan yang membangun. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Dalam analisa yang saya lakukan, pimpinan dan karyawan terlalu kaku dengan struktur organisasi. Struktur organisasi berkepentingan untuk membangun internal kontrol yang kuat, tapi hal ini akan menciptakan jarak sesuai jabatan dan tanggung jawab. Struktur organisasi adalah penjabaran tentang tanggung jawab masing-masing pihak di dalam organisasi. Oleh karena itu, struktur organisasi haruslah dijalankan dalam sebuah budaya organisasi dengan nilai-nilai dan perilaku yang mampu menciptakan hubungan yang harmonis diantara semua pihak tanpa terhalang oleh ego jabatan dan kekuasaan.

Pimpinan harus memiliki mind set dan perilaku untuk membantu karyawan mencapai kinerja dan prestasi maksimal dengan cara-cara persuasif. Pimpinan hanya boleh menggunakan kekuasaannya dalam hal membuat keputusan dan mengarahkan karyawan ke visi, misi, dan tujuan organisasi. Tapi dalam hubungan kerja sehari-hari, pimpinan haruslah berperan sebagai orang tua yang membimbing setiap karyawan melalui sikap baik dan kasih sayang. Demikian juga dengan karyawan, para karyawan harus secara ikhlas dan cerdas mengarahkan seluruh energi, potensi, dan kekuatan dirinya untuk membantu kesuksesan tanggung jawab pimpinan.  Hubungan yang tulus, ikhlas, dan mensyukuri haruslah menjadi modal yang kuat dalam menyatukan semua perbedaan di dalam organisasi.

Kepemimpinan yang berkualitas akan muncul di saat pimpinan fokus untuk pertumbuhan potensi karyawan dan organisasi. Tidak seorang karyawan pun yang ingin menjadi persis untuk selamanya. Setiap karyawan pasti mengharapkan perubahan ke arah yang lebih baik dalam karir kerja dan kehidupan pribadinya. Oleh karena itu, pimpinan wajib berjuang untuk menciptakan budaya yang memungkinkan orang untuk tumbuh dan berkembang. Untuk dapat tumbuh dan berkembang, maka setiap karyawan wajib berkontribusi dengan maksimal buat pimpinan dan organisasi. Setiap orang di dalam organisasi, baik itu pimpinan maupun karyawan wajib berbagi visi yang menunjukkan bahwa semua orang terlibat dalam suatu tujuan yang lebih besar buat kejayaan organisasi.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Frontliner

“Pelayanan Customer Bermutu Sempurna Adalah Tanggung Jawab Dari Setiap Orang Diperusahaan, Tapi Juga Merupakan Sikap Hidup Dari Frontliner Kepada Customer.” – Djajendra

Sebagian besar dari reputasi sebuah perusahaan selalu ditentukan oleh sikap baik para karyawan frontline dalam memberikan pelayanan berkualitas tinggi kepada customer. Ketika setiap orang di frontline perusahaan sadar untuk menjaga etika, sopan santun, moralitas, dan sikap baik, maka customer akan semakin yakin kepada reputasi dan kredibilitas perusahaan.

Berikut beberapa langkah bijak yang wajib dilakukan oleh manajemen, agar para frontliner mampu menjadi ujung tombak perusahaan yang tajam dan dinamis.

Manajemen harus berbicara dengan semua frontliner, agar para frontliner ini mau menjadi pribadi-pribadi yang paling positif dan paling bersikap baik terhadap siapa pun.

Manajemen harus mengingatkan kepada para frontliner bahwa mereka adalah ujung tombak dalam menghasilkan bisnis buat kemajuan perusahaan, jadi mereka harus siaga penuh dalam memberikan pelayanan bermutu tinggi kepada customer.

Manajemen harus membangun mind set kepemimpinan diri sendiri yang kuat dan tangguh kepada setiap pribadi-pribadi frontline, agar mereka mampu memimpin dirinya sendiri secara sempurna untuk memberikan pelayanan berkualitas tinggi yang professional kepada perusahaan dan customer.

Manajemen harus selalu memotivasi dan menyemangati para frontliner agar mereka mampu menjalankan fungsi dan peran kerjanya secara total dan bijaksana.

Manajemen harus selalu fokus untuk merawat dan mensosialisasikan SOP pelayanan customer kepada setiap frontliner secara rutin dan berkelanjutan.

Manajemen harus selalu menjadi kepemimpinan yang bijak, profesional, berenergi, dan berkualitas tinggi terhadap pelayanan dan perhatinnya kepada para frontliner.

Manajemen tidak boleh membiarkan para frontliner berjuang sendiri tanpa dukungan yang kuat dari backoffice perusahaan.

Manajemen harus selalu melakukan inovasi pelayanan melalui ide-ide baru yang mampu menarik minat customer-customer baru.

Manajemen harus selalu mengingat fungsi dan peran kerjanya untuk menjadi faktor penting dalam menjaga semangat, motivasi, gairah kerja, dan rasa percaya diri para frontliner.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Menerima Budaya Organisasi Tanpa Syarat

“ Di Saat Setiap Pegawai Dan Pimpinan Ikhlas Menyatukan Emosi, Persepsi, Dan Asumsi Untuk Kejayaan Organisasi. Di Saat Itu, Budaya Organisasi Akan Terlihat Cemerlang Menyinari Organisasi.” – Djajendra

Budaya organisasi adalah jati diri organisasi yang dihasilkan dari nilai-nilai dalam perilaku individu organisasi. Setiap individu di organisasi wajib untuk menjalani kehidupan kerja dengan nilai-nilai organisasi tanpa syarat, bersifat mutlak dan wajib.

Pada tanggal 21 sampai dengan 23 Juli 2010, selama 3 hari, saya di undang oleh Mandikdasmen untuk memberikan pelatihan budaya organisasi buat para pegawai senior, di hotel Parama, Puncak, Jawa Barat. Pelatihan berlangsung dengan sangat baik dan luar biasa. Para peserta yang hadir memiliki pengetahuan yang sangat luas dan sangat cerdas tentang materi yang dibahas, sehingga setiap aktivitas di kelas berlangsung dengan multi arah yang membangkitkan motivasi dan antusiasme yang tinggi untuk menggali lebih dalam terhadap nilai-nilai organisasi yang dipergunakan saat ini.

Saya pribadi merasa sangat bahagia bertemu para peserta yang memiliki potensi yang hebat untuk menciptakan nilai tambah buat organisasinya. Sumber daya manusia adalah harta yang paling penting buat organisasi, dan harta yang paling penting ini wajib untuk dikembangkan dan diberikan pencerahan secara terus-menerus hingga semua potensi tidur dapat dioptimalkan buat kejayaan organisasi.

Setiap pribadi dalam pelatihan selama tiga hari tersebut memiliki mind set untuk menerima nilai-nilai kehidupan organisasi. Kemampuan untuk menerima nilai-nilai budaya organisasi akan menjadi awal yang sangat menentukan dalam menciptakan lingkungan kerja yang harmonis, melayani, efektif, produktif, efisien, dan yang penuh oleh kebahagiaan dan kedamaian.

Sikap terhadap diri sendiri dalam kekuatan nilai-nilai organisasi sangat ditentukan oleh sikap disiplin, tanggung jawab, pengabdian, kontribusi, dan rasa memiliki. Ketika Anda percaya bahwa nilai-nilai organisasi Anda mampu memberikan kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan Anda, maka tingkat penerimaan Anda pada nilai-nilai budaya organisasi akan berjalan lurus ke atas.

Cara terbaik untuk membangun kepribadian diri sendiri yang berfondasikan nilai-nilai budaya organisasi adalah dengan melibatkan pemahaman terhadap potensi diri sendiri dan perasaan positif diri sendiri terhadap semua nilai-nilai organisasi dengan sempurna.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Membangun Disiplin dan Tanggung Jawab

Bila kesibukan sehari-hari Anda membuat meja kerja Anda selalu penuh dengan tumpukkan pekerjaan yang belum terselesaikan, maka saatnya Anda melakukan interospeksi diri untuk menata ulang semua kekacauan dan ketidakdisiplinan diri Anda itu dengan pikiran yang jernih. Hanya dalam ketenangan Anda dapat berpikir jernih untuk menyelesaikan pekerjaan didepan mata Anda dengan hasil maksimum.

Bila Anda tidak mampu membuat pikiran Anda tenang dan jernih untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab pekerjaan Anda, Anda  akan selalu hidup dengan pola kerja yang bermental menunda-nunda tugas dan tanggung jawab.

Periksa kembali semua tumpukkan kertas dan dokumen di meja kerja Anda, lalu mulailah susun serapi mungkin dengan sistem dokumentasi arsip yang sesuai selera, dan yang memudahkan Anda di pekerjaan sehari-hari.

Susunlah semua tugas dan pekerjaan Anda berdasarkan prioritas, dan selesaikan semuanya sebelum waktu pertanggungjawaban Anda kepada manajemen atau pun kepada atasan Anda.

Kertas dan dokumen yang penting segera dirapikan sesuai dengan manajemen arsip yang andal. Untuk kertas dan dokumen yang tak penting segera hancurkan dan buanglah ke tempat sampah, jangan biasakan menumpuk sampah di meja kerja Anda, sebab perasan dan pikiran Anda akan selalu kacau dalam kebingungan untuk menyelesaikan pekerjaan yang sesuai waktu.

Jika meja kerja Anda rapi, bersih, dan tertib dari kertas dan dokumen yang tidak penting; maka meja kerja Anda akan menjadi tempat yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, lebih produktif, dan tanpa stres.

Bangunlah terlebih dahulu sebuah komitmen untuk memperbaiki diri Anda secara total. Khususnya, untuk mulai melakukan proses manajemen pekerjaan diri sendiri yang berdisiplin tinggi dan penuh tanggung jawab. Lalu, ciptakan sebuah pola kerja di mind set Anda dalam setiap proses penyelesaian pekerjaan, yaitu untuk melakukan langkah-langkah  pengumpulan data, mengorganisasi data menjadi hasil yang diharapkan, mereview kembali semua pekerjaan untuk memastikan bahwa pekerjaan sesuai target, dan yang terakhir melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan prinsip-prinsip good governance.

Jagalah selalu meja kerja Anda sebagai tempat terbersih, sebersih pikiran dan perasaan Anda dalam menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab Anda dengan total, dan tanpa pamrih.
untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com