Menuju 2011 Kepada Level Kehidupan Yang Lebih Berkualitas

“ Tahun 2010 Akan Membuat Laporan Kehidupan Kepada Tahun 2011, Mereka Saling Terhubung Untuk Mengantar Energi Kehidupan Masa Lalu Kepada Masa Baru.” – Djajendra

Hari demi hari berlalu dengan sangat cepat untuk memunculkan tahun baru di hari esok. Hari ini saya melihat tahun 2011 sedang bersiap-siap untuk membawa kita semua kepada semua hal yang kita inginkan. Tahun 2011 akan menjadi waktu baru; waktu yang menyiapkan dirinya untuk kita gunakan secara efektif dan produktif buat kesejahteraan, kebahagiaan, dan kesehatan kita semua.

Hari ini pasti akan menjadi sejarah masa lalu, sejarah kehidupan di tahun 2010. Sejarah kehidupan akan berfungsi sebagai cermin untuk mengevaluasi tentang diri kita. Sikap dan perilaku di tahun 2010 akan menjadi modal awal untuk perjalanan kehidupan di tahun 2011. Apa pun yang Anda tanam di sepanjang tahun 2010 akan menghasilkan sesuatu di tahun 2011. Bila Anda menanam banyak nilai-nilai kehidupan positif di tahun 2010, Anda pasti memetik hasil yang luar biasa positif di tahun 2011.

Waktu tidak pernah terputus, tapi saling menyambung dan memberikan energi dari masa lalu. Tahun 2010 akan memberikan semua energi kita kepada tahun 2011. Tahun 2011 akan menerima semua energi masa lalu kita sebagai modal perjalanan kita bersama tahun 2011. Kehidupan tidak pernah terputus, dia terus saling menyambung dari satu waktu ke waktu yang berikutnya. Kita semua berkehidupan dan berpetualang bersama kecepatan waktu. setiap waktu hanya membatasi dirinya sepanjang dua belas bulan, dan setelahnya waktu itu menjadi sejarah kehidupan kita, menjadi masa lalu kita, tapi dia tetap mempengaruhi perjalanan kita bersama waktu baru kita.

Hari ini sebaiknya kita merenungkan kembali tentang diri kita. Kita berbicara kembali kepada suara hati kita. Kita evaluasi kembali tentang semua emosi, motivasi, perilaku, sikap, dan mind set kehidupan kita. Apakah semua yang kita kerjakan di dalam keseharian kehidupan kita sudah sesuai dengan harapan kehidupan kita? Apakah kita telah mendapatkan semua hal yang kita inginkan di dalam kehidupan kita? Bila belum, pasti ada kesalahan di dalam perasaan, pikiran, dan perilaku kita. Kita adalah apa yang kita pikirkan, apa yang kita rasakan, dan apa yang kita lakukan. Artinya, semua yang kita harapkan tersebut pasti bisa menjadi kenyataan, asal kita mampu secara konsisten menjalani keyakinan kita tersebut secara jujur dalam integritas diri yang  tepat sasaran.

Selamat tahun baru 2011 semoga kita semua menjadi lebih sehat, lebih bahagia, lebih sejahtera, dan lebih menikmati kehidupan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PELATIHAN SUPERVISORY PROGRAM 2 HARI 16 JAM

 

Video pelatihan djajendra: http://www.youtube.com/user/MrDjajendra

PELATIHAN SUPERVISORY PROGRAM 2 HARI – 16 JAM

JUDUL: MENJADI SUPERVISOR YANG EFEKTIF, FLEKSIBEL, PRODUKTIF, BERADAPTASI, BEKERJASAMA DAN PROAKTIF

DESKRIPSI TRAINING

Program pelatihan supervisory ini berfokus untuk membangun kerjasama, peran kepemimpinan, dan kepercayaan diri di tempat kerja. Seorang supervisor bertanggung jawab atas kinerja sehari-hari dari kelompok, unit kerja, shift, atau pun tim kecil. Tugas sehari-hari dari supervisor adalah memimpin, membimbing, bekerja sama, berkomunikasi, memotivasi dan mengawasi kelompoknya menuju tujuan dan sasaran dengan produktif dan efektif.

Supervisor menjalankan fungsi pekerjaan pendukung yang bertanggung jawab kepada kualitas, produktivitas dan efektiftas organisasi. Oleh karena itu, seorang supervisor wajib untuk menguasai keunggulan manajemen dasar, seperti: perencanaan, pengorganisasian, operasional, dan pengawasan. Termasuk, keterampilan memotivasi, kerja sama, manajemen waktu, pengelolaan konflik, pengelolaan emosi, pengawasan mutu kerja, dan keunggulan diri untuk menjawab semua tantangan dan peluang dengan cara-cara profesional yang terkendali dalam manajemen risiko.

Pelatihan supervisory ini berbasis kepada pengetahuan praktis yang bersifat pragmatis dan filosofis motivasi, bertujuan membantu para supervisor atau calon supervisor untuk mempersiapkan hard skill dan soft skill nya dengan sempurna. Termasuk, membantu supervisor untuk berkembang menjadi pengawas dan pemimpin yang efektif di level nya.

KONSEP DASAR

Pelatihan supervisory ini berangkat dari sebuah konsep dasar bahwa supervisor berperan penting untuk mengawasi pekerja dibawahnya, serta wajib terlibat secara proaktif dalam proses kerja dilevel bawah dan menengah dengan cara-cara profesional yang beretika untuk bisa menciptakan keunggulan di tempat kerja.

TUJUAN TRAINING

Mengembangkan mind set dan kepribadian supervisor untuk  berani memecahkan masalah di levelnya, membuat keputusan, memegang tanggung jawab, bekerja dengan produktif dan efektif, menjalankan fungsi dan peran rutinitas dengan perilaku yang proaktif dalam integritas, keunggulan, kepemimpinan, komunikasi, kerja sama, dan kepatuhan pada semua rambu-rambu operasional kerja.

MANFAAT TRAINING

·        Peserta akan belajar cara meningkatkan keunggulan pribadi untuk menjalankan fungsi dan peran kerja.

·        Peserta akan belajar cara bekerja lebih produktif dan efektif untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi.

·        Peserta akan belajar cara bekerja sama, berkomunikasi, berkoordinasi, bersinergi, berkolaborasi, dan berkontribusi secara efektif dan produktif.

·        Peserta akan belajar cara memimpin, mempengaruhi, mengarahkan, meyakinkan dan menggerakkan staf untuk mencapai sasaran kerja.

·        Peserta akan belajar cara meningkatkan kemampuan diri untuk mengelola konflik, kepentingan, risiko, dan emosi.

·        Peserta akan belajar cara mengoptimalkan potensi dan bakat para staf untuk mengelola pekerjaan dan tanggung jawab secara efektif

·        Peserta akan belajar cara melayani semua kepentingan organisasi, bisnis, kepemimpinan, dan manajemen dengan sempurna.

·        Peserta akan belajar cara menjadi supervisor yang proaktif, berintegritas, beretika, dan menjunjung tinggi budaya organisasi.

·        Peserta akan belajar cara menjaga fleksibilitas, komunikasi, dan hubungan baik dengan setiap pihak di perusahaan (stakeholders).

METODE TRAINING

Presentasi, Tanya Jawab, Diskusi, Studi Kasus, Games, Icebreaker Dan Role Play.

MATERI TRAINING

Hari Pertama/ day 1

Pk 08.30 -10.00 wib. Sesi 1: Supervisor Excellence – Menjadi Supervisor Yang Proaktif  Bersama Kualitas Kerja Terbaik.

Pk 10.00 – 10.15 wib. Coffee Break

Pk.10.15-12.00 wib. Sesi 2: Peran Supervisor Dalam Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan,  Kepemimpinan, Pendelegasian, Evaluasi, Pemonitoran, Dan Motivasi.

Pk 12.00 – 13.00 wib: Lunch Break

Pk.13.00 – 14.30 wib. Sesi 3: Bekerja Berdasarkan Etika, Integritas Dan Profesionalisme.

Pk 14.30 – 15.00 wib. Coffee Break

Pk. 15.00 – 16.30 wib. Sesi 4: Komunikasi  – Membangun Keharmonisan Dan Interaksi Yang Solid.

Hari Ke Dua/ day 2

Pk 08.30 -10.00 wib. Sesi 5: Manajemen Waktu – Mengelola Waktu Dengan Efektif Dan Produktif.

Pk 10.00 – 10.15 wib. Coffee Break

Pk.10.15-12.00 wib. Sesi 6: Kecerdasan Emosional – Meredam Stres, Konflik, Kepanikan, Dan Sifat Menyalahkan.

Pk 12.00 – 13.00 wib: Lunch Break

Pk.13.00 – 14.30 wib. Sesi 7: Kecerdasan Untuk Memecahkan Masalah, Mencegah Masalah, Dan Menemukan Solusi Terbaik.

Pk 14.30 – 15.00 wib. Coffee Break

Pk. 15.00 – 16.30 wib. Sesi 8: Budaya Teamwork – Saling Bekerjasama, Berkoordinasi, Berkolaborasi, Dan Bersinergi.

UNTUK PELATIHAN HUBUNGI

DJAJENDRA CORPORATE TRAINING

PT. DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL

Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210

Telepon: (021) 5701505 

Hp: 0812 131 888 99

Fax: (021) 5738105

Website:http://djajendra-motivator.com

E-mail:training@djajendra-motivator.com

MAMPU MENGUASAI DIRI

“Hanya Anda Sendiri Yang Bisa Menguasai Diri Anda Untuk Diarahkan Kearah Sukses, Bukan Oleh Orang Lain.” – Djajendra

Kehidupan akan selalu melalui peristiwa-peristiwa yang menyenangkan dan yang tidak menyenangkan. Bila Anda mampu menguasai diri dengan penuh percaya diri, Anda akan menjadi lebih tenang dan lebih bijak dalam melihat setiap peristiwa kehidupan Anda. Anda harus menguasai diri untuk memastikan bahwa emosi Anda mampu menguasai dan mengatasi semua peristiwa dan kejadian dengan sikap positif.

Penguasaan terhadap diri sendiri merupakan sebuah keadaan yang sangat penting untuk bisa mendorong diri menjadi lebih fokus kepada pekerjaan yang sedang diperjuangkan. Bila diri tidak dikuasai dan diarahkan kepada sebuah tugas dan tanggung jawab, maka diri akan menjalani kehidupan tanpa arah dan tujuan. Setiap kemenangan di dalam kehidupan dihasilkan oleh penguasaan terhadap diri sendiri yang sempurna. Anda yang gagal menguasai diri Anda akan gagal juga dalam meraih hasil terbaik di setiap perjuangan dan pekerjaan Anda.

Penguasaan terhadap diri sendiri dapat dimulai dari sikap jujur dan sikap berani untuk menghadapi setiap tantangan kehidupan. Bila Anda sudah mampu melihat semua keadaan dan peristiwa kehidupan Anda melalui perasaan cinta , maka secara otomatis Anda mampu menguasai diri Anda terhadap hal apa pun. Cinta merupakan kata kunci untuk memampukan diri Anda menguasai semua peristiwa dan kejadian yang dialami.

Perasaan takut dan perasaan gentar terhadap sebuah keadaan sering sekali bisa membuat diri menjadi panik dan kehilangan konsentrasi. Kemampuan untuk menguasai diri sendiri merupakan dasar untuk menghilangkan keadaan panik tersebut. Oleh karena itu, pastikan sifat jujur dan sifat berani Anda bisa menyatu di dalam kekuatan cinta Anda kepada semua peristiwa dan kejadian kehidupan Anda. Sifat jujur terhadap diri sendiri akan menghasilkan risiko yang sangat rendah di dalam kehidupan Anda. Sifat berani akan menjadikan Anda lebih proaktif terhadap setiap keadaan. Kekuatan cinta akan membuat Anda mampu melihat setiap keadaan dari sikap positif dan empati yang kuat. Selama Anda tidak gentar kepada kehidupan dan siap melayani kehidupan dengan segala kebaikan, Anda pasti selalu mampu menguasai diri Anda dengan sempurna.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

KEHIDUPAN TIDAK MEMILIKI JEDA

“Anda Pasti Memiliki Banyak Waktu Jeda Untuk Beristirahat, Tapi Kehidupan Anda Tidak Memiliki Sedetikpun Waktu Jeda.” – Djajendra

Setiap detik dari kehidupan yang Anda jalani berbiaya. Walau Anda sedang tertidur pulas, tapi biaya kehidupan Anda akan terus berjalan. Biaya kehidupan itu seperti argo taksi, sekali argo dihidupkan dia akan terus berjalan hingga di akhir pemberhentian. Anda hidup di sistem kehidupan yang setiap detik membebankan biaya untuk setiap detik dari kehidupan yang Anda jalani. Oleh karena itu, setiap orang harus bekerja keras agar dapat membiayai hidupnya. Bila Anda tidak bekerja dan tidak mempunyai penghasilan, maka kehidupan yang wajar dan normal akan pergi dari diri Anda.

Kehidupan tidak memiliki waktu jeda, waktu terus berputar bersama biaya hidup yang terus meningkat. Bila Anda hidup di sistem ekonomi dengan nilai inflasi tinggi, maka Anda harus bekerja sangat keras dan berlipat kali kerja kerasnya, agar Anda bisa menyeimbangkan penghasilan dan pengeluaran. Bila tidak, maka Anda akan menjadi semakin kekurangan oleh inflasi yang terus mengambil penghasilan Anda. Dalam sistem ekonomi yang dikuasai oleh semangat korupsi, Anda harus bekerja sangat keras di sepanjang kehidupan Anda. Anda tidak mungkin bisa melarang inflasi di sistem ekonomi yang tidak jujur. Anda tidak mungkin berharap inflasi turun di sistem ekonomi yang penuh korupsi. Anda hanya bisa mempersiapkan diri Anda dengan lebih baik dan lebih berkualitas untuk bisa menyeimbangkan penghasilan dan pengeluaran Anda.

Kehidupan tidak memiliki waktu jeda. Setiap detik dari waktu Anda sangat berharga. Setiap detik dari waktu Anda sangat menentukan arah kehidupan Anda. Bila Anda sangat peduli untuk menciptakan nilai tambah atas setiap detik dari waktu kehidupan Anda, maka Anda akan berada dijalan kehidupan menuju sukses. Anda yang cerdas memanfaatkan waktu hidup Anda untuk hal-hal yang produktif akan memetik hasil ekonomi yang lebih baik.

Kehidupan tidak dapat Anda hentikan. Tentu saja Anda berhak untuk beristirahat, tapi kehidupan Anda tidak akan pernah beristirahat. Kehidupan Anda berjalan tanpa henti dalam hitungan detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun. Secara fisik dan mental Anda pasti bisa beristirahat, tapi secara ekonomi Anda tidak mungkin bisa beristirahat. Sebab, kehidupan Anda berada di sistem kehidupan berbiaya. Anda telah menjadi alat ekonomi dan menjadi pekerja untuk mengabdi kepada kehidupan ekonomi di sepanjang kehidupan Anda. Anda tidak memiliki waktu jeda untuk urusan kehidupan ekonomi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

WAKTU TERUS BERLARI

“Waktu Tidak Bisa Kita Hentikan, Dia Akan Terus Berjalan, Tidak Peduli Apakah Kita Siap Atau Tidak Siap Untuk Berlari Bersama Kecepatan Waktu.” – Djajendra

Waktu terus berjalan bersama kehidupan yang kita siapkan. Waktu tidak akan kompromi terhadap hal apa pun. Penundaan pekerjaan di hari ini akan menuntut dikerjakan di hari esok. Sifat malas di hari ini akan menjadi kemunduran di hari esok. Sifat sombong di hari ini akan mengurangi kualitas diri di hari esok. Perilaku tidak jujur di hari ini akan menjadi energi yang menghilangkan perasaan damai dan bahagia di hari esok. Waktu terus berjalan dan tidak akan menunggu untuk kita. Walau kita memiliki segudang kekuasaan dan kekayaan, waktu tidak akan pernah mau melihat siapa kita, waktu hanya fokus untuk menyelesaikan tanggung jawabnya kepada kehidupan.

Kita semua berlomba bersama waktu, berlomba bersama keinginan, dan berlomba bersama kewajiban. Setiap hari kita harus berjuang untuk memenuhi kewajiban kehidupan kita. Tidak ada hal gratis lagi dikehidupan ini. Semua kebutuhan kehidupan kita telah dilabel dengan nilai uang. Kita harus punya uang untuk bisa melanjutkan kehidupan. Tanpa uang kita tidak mungkin bisa menjalankan kehidupan secara normal dan wajar. Uang menjadi sesuatu hal yang terus kita cari disepanjang kehidupan kita, dan pada akhirnya kita lupa untuk mencari diri sejati kita agar kita bisa hidup di dalam kebahagiaan batin.

Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan sahabat ngobrol saya yang telah berumur delapan puluh sembilan tahun. Saya bersahabat tanpa melihat perbedaan usia, semua orang yang saya kenal baik pasti akan menjadi sahabat ngobrol saya. Sahabat saya ini karena faktor usia dan fisik harus duduk di kursi roda. Suatu ketika beliau berkata,” waktu telah banyak mengambil tenaga saya hanya untuk mengejar dan mencari uang. Hari ini saya merenung dan merasa sedih, ternyata saya lupa bersahabat bersama waktu untuk menemukan kebahagiaan sejati saya.”  Waktu pasti tidak mau diulang, waktu terus berlari, walau coba dikejar dengan penuh semangat, tapi waktu sangat cepat berlarinya, hingga di usia senja baru tersadarkan bahwa telah keliru memahami arti kehidupan yang sesungguhnya.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PERENUNGAN MENJELANG 2011

“Setiap Orang Memiliki Keunggulan Dan Potensi Untuk Membuat Perusahaan Tumbuh Dalam Sukses. Dan, Mereka Butuh Pemimpin Yang Cerdas Untuk Mengelola Mereka.” – Djajendra

Menjelang akhir tahun sebaiknya setiap pihak di dalam perusahaan mampu menggunakan waktu untuk melakukan perenungan dengan jujur. Masing-masing pihak melakukan interospeksi diri dengan berkaca pada nilai-nilai kehidupan kerja yang seharusnya. Karyawan dan pimpinan melakukan perenungan untuk memperbaiki semua kekurangan di tahun 2010, dan membangun harapan bersama di tahun 2011 dengan integritas diri yang luar biasa.

Mungkin saja para karyawan telah bekerja keras dan memperlihatkan loyalitas tanpa batas untuk kemajuan perusahaan di sepanjang tahun 2010. Mungkin saja para pemimpin dan manajemen di perusahaan telah memberikan semua kebaikan kepada karyawan di sepanjang tahun 2010. Tetapi perenungan tetaplah diperlukan untuk membuat keadaan kerja menjadi lebih baik di tahun 2011. Sebab, tidak pernah ada suasana kerja yang sempurna dan berkualitas, tanpa secara tulus dan ikhlas menyadari kekurangan dan memperbaiki kekurangan menjadi kelebihan.

Di tahun 2011 setiap pihak harus bersikap lebih proaktif dan melakukan perencanaan sumber daya manusia yang lebih strategis, agar kekuatan sumber daya manusia dapat menjadi kunci untuk menarik dan mempertahankan yang terbaik dalam lingkungan kerja dan lingkungan bisnis perusahaan.

Perusahaan harus selalu memfokuskan energi dan pengetahuan untuk membangun keunggulan sumber daya manusia yang kompeten terhadap bisnis dan organisasi perusahaan. Termasuk, membangun kualitas sumber daya manusia yang setia mengikuti semua program kerja perusahaan secara efektif untuk mempertahankan kinerja perusahaan yang unggul.

Setiap pihak di dalam perusahaan harus saling melindungi untuk mempertahankan keunggulan kompetitif, serta mampu berkembang sesuai tuntutan zaman agar dapat meraih sukses melalui keunggulan bakat dan potensi hebat perusahaan.

Perencanaan dan niat tulus untuk berkembang di tahun 2011 pasti akan menghasilkan imbalan yang luar biasa  bagi perusahaan. Keterlibatan semua pihak di dalam perusahaan untuk melakukan perenungan; untuk bisa mengabdikan semua kemampuan dan potensi; untuk bisa saling membantu dan saling memanfaatkan peluang yang ada buat kejayaan setiap pihak, akan menghasilkan organisasi yang kuat dalam keunggulan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

ANDA TIDAK BISA MEMBELI PERILAKU BAIK

“Perilaku Baik Memerlukan Fondasi Integritas Yang Tangguh Untuk Membentuk Karakter Diri Dalam Menghasilkan Perilaku Baik.” – Djajendra

Perilaku baik adalah hasil kerja keras dari pikiran dan perasaan positif untuk menciptakan sebuah karakter baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Perilaku baik tidak bisa Anda dapatkan dengan mudah, tapi harus Anda perjuangkan setiap detik dengan disiplin dan komitmen yang kuat.

Di dalam buku Psychology Of Winning, Denis Waitley berkata bahwa perilaku merupakan kriteria untuk meraih kesuksesan. Tetapi Anda tak bisa membelinya meski dengan harga jutaan dolar sekalipun. Perilaku tidak dijual. Dia juga berkata bahwa perilaku Anda terhadap potensi yang dimiliki bisa menjadi kunci untuk membuka atau menutup pintu kepuasan diri.

Denis Waitley juga mengatakan bahwa bakat ada di mana-mana dan sangat mudah untuk menemukan bakat-bakat yang luar biasa bila Anda punya uang. Artinya, bakat dapat dibeli dipasar tenaga kerja. Demikian juga dengan pendidikan. Pendidikan setinggi apa pun dapat dimiliki asal punya uang dan kemauan.

Inti pemikiran Denis Waitley di dalam buku Psychology Of Winning adalah bahwa bakat dan pendidikan sangat mudah didapatkan asal punya uang. Tetapi, perilaku harus diperjuangkan dan tidak bisa dimiliki walau punya uang segudang.

Kehidupan yang baik sangat tergantung kepada perilaku yang dimiliki. Bila perilaku baik mampu memimpin atas kecemerlangan bakat dan pendidikan yang Anda miliki, maka Anda akan menjadi pribadi yang luar biasa cemerlang. Pendidikan tinggi dan bakat yang luar biasa bila tidak ditundukkan kepada disiplin dan sikap rendah hati, maka ego dan kesombongan diri akan memperlemah semua kehebatan diri. Perilaku baik adalah jalan menuju kecemerlangan diri. Perilaku baik harus dilatih setiap detik, setiap menit, setiap jam, setiap hari, dan setiap saat. Perilaku baik memerlukan latihan seumur hidup, tidak ada kata lulus dalam pelajaran perilaku baik.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com