PELAYANAN YANG MEMUASKAN PELANGGAN

“Pelayanan Yang Tercipta Dari Rutinitas Perilaku Etis Dan Dari Rutinitas Perilaku Berjiwa Besar Dalam Sikap Baik, Akan Menjadi Dasar Untuk Memberikan Rasa Senang Dan Puas Kepada Pelanggan.” ~ Djajendra

Pelanggan selalu berharap bahwa produk dan jasa yang dibeli mampu memberikan arti dan pengalaman yang menyenangkan. Setiap rupiah yang dikeluarkan untuk membeli sesuatu, pasti bertujuan untuk mendapatkan rasa nyaman dan pengalaman yang menyenangkan.

Pelayanan pelanggan yang baik selalu bertujuan untuk memberikan kebutuhan yang sesuai, memberikan rasa senang dan puas dari pelayanan yang etis, serta memberikan solusi untuk keuntungan pelanggan.

Keikhlasan hati karyawan untuk memberikan kontribusi total buat kepuasan pelanggan akan membuat bisnis perusahaan semakin lancar. Karena, pelayanan dari hati yang ikhlas pasti akan menimbulkan rasa nyaman, dan hal ini akan membuat pelanggan selalu setia dengan pelayanan perusahaan.

Perusahaan tidak boleh kehilangan gairah dan motivasi untuk memberikan pelayanan yang memuaskan hati pelanggan. Perusahaan tidak boleh berkubang dalam genangan masalah pelayanan, dan kemudian mengasihani diri sendiri, karena hilangnya gairah dan motivasi karyawan untuk memberikan rasa senang dan puas dalam pelayanan mereka kepada pelanggan.

Pelayanan yang baik tidak akan terjebak dalam persepsi yang menyalahkan pelanggan. Jika karyawan sudah terjebak dalam persepsi yang suka menyalahkan pelanggan atas ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan. Maka, itu artinya, perusahaan akan segera ditinggalkan oleh pelanggannya, untuk kemudian melakukan pembelian kepada perusahaan lain yang lebih baik melayani kebutuhan mereka.

Pelayanan terbaik akan tercipta saat karyawan dan pimpinan di perusahaan cerdas menempatkan persepsi pelanggan sebagai akar dari pelayanan sempurna. Ide pelayanan terbaik harus diciptakan dari harapan, kebutuhan, keinginan, dan impian pelanggan. Sebab, sebagus apa pun ide Anda, bila pelanggan tidak menyukainya, maka ide Anda itu akan menjadi sebuah ide yang buruk dalam memberikan pelayanan yang berkualitas.

Perusahaan yang berorientasi kepada pelayanan pelanggan yang berkualitas, selalu akan menanamkan nilai-nilai, dan mengajarkan perilaku interaksi dengan pelanggan, agar setiap karyawan dan pimpinan di perusahaan dapat memberikan kontribusi, untuk memuaskan kebutuhan pelanggan, dan tidak akan membiarkan pelanggan kecewa oleh alasan apa pun.

Setiap pelanggan adalah aset terbesar perusahaan dalam mewujudkan visi perusahaan. Oleh karena itu, setiap hari, perusahaan harus memberikan nilai-nilai perjuangan melalui motivasi yang penuh makna kepada karyawan dan pimpinan, agar mereka selalu melakukan pelayanan dengan sebaik mungkin, untuk menciptakan hal-hal yang memuaskan kebutuhan pelanggan sepenuhnya.

Pelayanan terbaik berarti setiap karyawan, setiap hari, harus benar-benar ikhlas hatinya untuk meningkatkan efektifitas, kreatifitas, dan produktifitas dalam memberikan pelayanan terbaik. Termasuk, cerdas secara emosional untuk menjaga rutinitas kontribusinya terhadap pelayanan berkualitas. Dan juga harus cerdas memberikan harapan dan kebutuhan pelanggan melalui jiwa besar dan sikap baik yang dapat memberikan rasa senang dan puas kepada pelanggan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

KESADARAN DIRI

HIDUP BUKAN PERLOMBAAN

Hidup bukan sebuah perlombaan, dan juga bukan sebuah arena kompetisi. Tapi, dalam realitas kehidupan, sebagian besar orang telah menjadikan hidup sebagai arena kompetisi atau perlombaan. Padahal, hidup seharusnya dimanfaatkan untuk mencari diri sejati dengan menyelami diri sendiri.

Djajendra

MENGELUH

Mengeluh berarti membuka kekurangan diri sendiri dihadapan orang lain. Mengeluh berarti mencari-cari kesalahan orang lain, karena ketidakmampuan diri untuk beradaptasi dengan realitas. Ketika Anda berdiri di atas realitas yang tidak Anda sukai, seharusnya Anda tidak perlu mengeluh, tapi bertanya kepada diri sendiri tentang tujuan hidup Anda. Lalu, dengan tenang menyusun langkah untuk bergerak menuju tujuan tanpa mengeluh. Di mana pun Anda pergi, di sana Anda harus bersyukur dengan realitas, dan berjuang untuk menemukan diri Anda sendiri, tanpa pernah mengeluh oleh bayangan negatif dari kehidupan siapa pun atau apa pun.

Djajendra

“Pelayanan Publik Yang Setia Kepada Kepentingan Publik Akan Mendapatkan Kesetiaan Dari Publik.” ~ Djajendra

BUDAYA KRITIK

Ketika budaya kritik, sinisme, kontroversi, dan ketidakjujuran masuk ke dalam ruang kehidupan Anda; maka Anda harus memperkuat nilai-nilai kehidupan Anda, agar Anda tetap dapat menjaga diri dari pengaruh negatif kehidupan. Jangan pernah membiarkan perilaku baik Anda menjadi usang, dan digantikan oleh perilaku negatif dari budaya kritik, sinisme, kontroversi, dan ketidakjujuran. Tetaplah hidup dalam kesadaran diri yang tinggi, jaga dan rawat nilai-nilai kehidupan Anda, agar nilai-nilai Anda dapat mengarahkan Anda kepada kehidupan yang penuh makna positif.

Djajendra

MUSTAHIL

Bila Anda menganggap mustahil terhadap serangkaian peluang yang ada dihadapan Anda, maka Anda telah mengabaikan kesempatan untuk membuat diri Anda menjadi lebih sejahtera lagi. Mendapatkan peluang dan menjadikan peluang sebagai alat pencipta nilai tambah kehidupan akan membuat hidup Anda selalu sejahtera.

Djajendra

KEGELAPAN PIKIRAN

Ketika Anda bersembunyi di dalam kegelapan pikiran, Anda tidak akan beruntung untuk melihat terangnya kehidupan yang tersedia untuk kebahagiaan Anda. Hormati diri Anda, jadilah tenang dan sabar, lalu temukan arah terang yang dapat membimbing diri Anda menuju kehidupan yang lebih bahagia.

Djajendra

HIDUP HARUS BERTUJUAN

Hidup haruslah bertujuan; bertujuan untuk mendapatkan harapan dan kebahagiaan; harapan dan kebahagiaan tidak dapat dipesan secara instan, tapi harus diperjuangkan dengan sepenuh hati bersama seluruh sumber daya diri.

Djajendra

BERINVESTASI DALAM ETIKA

Kebenaran dalam hidup ada dalam perjuangan untuk menjalankan etika dengan kesadaran penuh di semua aspek kehidupan. Etika adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh semua orang, agar baik dan buruk dapat dibedahkan, dan tidak dicampur adukkan. Etika dibuat untuk menemukan dan mendapatkan kebenaran tanpa harus merugikan siapa pun.

Jika Anda ingin mendapatkan kebaikan, Anda harus menjadi orang pertama yang memberikan kebaikan kepada kehidupan. Menjalankan etika dengan baik berarti Anda telah berinvestasi dalam kebenaran hidup. Kebenaran hidup akan membuat Anda terhindar dari rasa takut untuk berbuat salah.

Jangan menunggu sampai semua orang-orang sadar untuk menjalankan etika, baru Anda ikhlas untuk patuh memberikan etika. Jangan pernah berpikir bahwa etika sekedar wacana moral yang tidak mungkin untuk dijalankan.

Mulailah berinvestasi dalam sumber kebaikan hidup. Karena, dalam sumber kebaikan hidup yang etis, tersimpan sebuah rahasia besar untuk membuat diri Anda lebih tenang dan lebih damai dalam menjalankan hidup. Ketika Anda patuh dalam keikhlasan dan tanggung jawab untuk menjalankan etika, Anda akan terikat ke dalam sumber kebaikan hidup, dan Anda akan memiliki kekuatan untuk membedakan energi buruk dan energi baik buat kebahagiaan hidup Anda.

Djajendra

VISI MISI TUJUAN

Siapa pun dalam hidup ini pasti memiliki cita-cita dan harapan; untuk mewujudkannya dia harus membayar dengan upaya, waktu, uang, dan energi.

Agar cita-cita dan harapan dapat betul-betul menjadi sebuah perjuangan tanpa henti, maka cita-cita dan harapan harus dibentuk dalam sebuah VISI.

VISI artinya gambaran dari cita-cita dan harapan yang dapat dilihat oleh diri dalam bentuk visualisasi dalam imajinasi diri sendiri.

Karena VISI hanya dapat dilihat dari imajinasi, maka VISI harus dilengkapi dengan MISI, agar VISI dapat digerakan melalui komitmen dan tindakan.

MISI itu sendiri artinya adalah gerakkan dan komitmen untuk menciptakan sesuatu harapan melalui tindakan yang berkelanjutan, tanpa henti di sepanjang hidup.

Kemudian, MISI harus dibantu dengan TUJUAN yang terencana dalam bentuk rencana jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang; agar VISI dan MISI dapat diwujudkan melalui prioritas yang ada di dalam tujuan.

Tujuan itu sendiri bermakna untuk menemukan jawaban atau solusi atas sebuah upaya dan kerja keras.

Hidup ini memungkinkan seseorang untuk memiliki sesuatu yang dia inginkan. Jadi, apa pun yang dipikirkan, diimpikan, dan dirasakan dapat diwujudkan di dalam kehidupan. Oleh karena itu, diperlukan VISI, MISI, TUJUAN, STRATEGI, TAKTIK, dan RENCANA untuk merumuskan kehidupan sesuai cita-cita dan harapan.

DJAJENDRA

MOTIVASI

PELATIHAN MOTIVASI MENCAPAI TUJUAN 2012

“Bila Semua Tindakan Dan Pemikiran Diciptakan Dari Kekuatan Emosi Negatif, Maka Semua Rasa Damai Dalam Kehidupan Akan Hilang Dan Digantikan Oleh Rasa Takut.” ~ Djajendra

KEGAGALAN

Bila Anda sedang mengalami kegagalan, jangan bereaksi untuk menuduh orang lain atas kegagalan Anda. Pastikan Anda berpikir positif dan segera menjadikannya sebagai pelajaran untuk modal masa depan Anda. Kumpulkan umpan balik dari pelajaran kegagalan Anda, lalu perkuat diri Anda dan sumber daya diri Anda, agar di masa depan Anda dapat mencegah terjadinya kegagalan yang sama.

Djajendra

MENJADI YANG TERBAIK

Setiap orang selalu ingin menjadi yang terbaik pada apa yang mereka lakukan. Namun dalam sebagian besar realitas kehidupan, tidak semua orang dapat meyakinkan dunia tentang keunggulan dari potensi dirinya dengan baik. Hal ini disebabkan, hanya keunikan dari potensi seseorang selalu terlihat berbeda dan menarik perhatian orang lain. Jadi, potensi diri terbaik harus ditampilkan kepada dunia bersamaan dengan keunikan diri untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih unggul.

Djajendra

STAKEHOLDER

Stakeholder memiliki persepsi, kepentingan, keyakinan, logika berpikir dan alasan yang berbeda. Tak mudah untuk memenangkan hati mereka semua tanpa sikap baik Anda. Dan, Anda tidak dapat memenuhi setiap kebutuhan stakeholder Anda, tapi Anda bisa memberikan kebaikan sikap untuk pelayanan yang adil.

Djajendra

JATI DIRI

Ketika Anda kehilangan jati diri, Anda akan kehilangan harga diri. Ketika Anda berbohong pada diri sendiri, Anda akan kehilangan kejujuran dalam menyikapi hidup Anda. Baik dan buruk adalah dua peristiwa hidup yang perlu disikapi dengan sikap baik. Mengambil satu langkah untuk merawat jati diri, dan menerima realitas hidup tanpa berbohong, akan menjadikan diri Anda selalu bahagia bersama realitas hidup.

Djajendra

MENGENALI DIRI SENDIRI

Bila Anda mau mengenali diri sendiri dengan baik, Anda pasti dapat menemukan tambang emas di dalam diri Anda. Tambang emas ada di dalam gairah hidup Anda, tambang emas ada di dalam tujuan hidup Anda. Oleh karena itu, hentikan semua kecemasan tentang karier dan masa depan Anda; fokuskan segera semua energi dan potensi Anda pada sebuah pekerjaan yang Anda cintai. Lalu, bertindaklah dalam visi dan tujuan yang terang, agar Anda tidak tersesat dalam karier yang salah atau dalam karier yang membonsai kebesaran Anda.

Djajendra

MOTIVASI

KARIER YANG MEMBONSAI KEBESARAN ANDA

Bila Anda mau mengenali diri sendiri dengan baik, Anda pasti dapat menemukan tambang emas di dalam diri Anda. Tambang emas ada di dalam gairah hidup Anda, tambang emas ada di dalam tujuan hidup Anda. Oleh karena itu, hentikan semua kecemasan tentang karier dan masa depan Anda; fokuskan segera semua energi dan potensi Anda pada sebuah pekerjaan yang Anda cintai. Lalu, bertindaklah dalam visi dan tujuan yang terang, agar Anda tidak tersesat dalam karier yang salah atau dalam karier yang membonsai kebesaran Anda.

Djajendra

“Bila Semua Tindakan Dan Pemikiran Diciptakan Dari Kekuatan Emosi Negatif, Maka Semua Rasa Damai Dalam Kehidupan Akan Hilang Dan Digantikan Oleh Rasa Takut.” ~ Djajendra

KEBERANIAN

Keberanian harus dapat menghentikan ketakutan. Bila ketakutan begitu menguasai Anda, maka Anda pasti tidak mampu berpikir bahwa Anda sesungguhnya mampu.Takut melakukan hal-hal baik adalah perbuatan tidak bijaksana.Takut melakukan hal-hal tidak baik adalah keberanian untuk hidup dalam kebenaran dan kejujuran. Keberanian bukan untuk membuat hal-hal yang menakutkan, melainkan kemampuan untuk melakukan hal-hal buat kebaikan.

Djajendra

“Temukan Tujuan Hidupmu, Temukan Cara Untuk Menjalani Tujuan Hidupmu, Kemudian Mulailah Misi Hidupmu Dari Sebuah Titik Waktu Untuk Meraih Impianmu.” ~ Djajendra

SABOTASE TERHADAP DIRI SENDIRI

Jangan biarkan diri Anda terlibat dalam sabotase terhadap diri sendiri, seperti mengatakan bahwa diri Anda tidak mampu untuk meraih harapan dan impian. Ingatlah bahwa Anda dilahirkan untuk meraih harapan dan impian Anda. Oleh karena itu, saat diri Anda mensabotase harapan dan impian Anda, segeralah jernihkan pikiran dan perbaiki suasana hati Anda, untuk merasa lebih percaya diri buat meraih harapan dan impian Anda.

Djajendra

TERJEBAK OLEH KEADAAN

Ketika Anda merasa terjebak oleh keadaan, dan keadaan membuat Anda sulit untuk menemukan solusi yang pasti. Dan pada akhirnya, Anda merasa seperti orang yang bingung, khawatir, cemas, dan tidak tahu lagi harus bagaimana langkah ke depan. Maka, sadarlah segera untuk membersihkan pikiran Anda dari hal-hal yang membuat Anda merasa terjebak. Kemudian, berhentilah untuk terobsesi kepada hal-hal yang membuat Anda harus terjebak. Jernihkan pikiran dan cerdaskan perasaan Anda. Lalu, dalam hati yang rendah, dalam jiwa yang besar, buatlah keputusan untuk menemukan jalan keluar dari perasaan terjebak.

Djajendra

IDE-IDE TERBAIK ANDA

Membiarkan ide-ide terbaik dari dalam diri Anda mengalir ke dunia luar akan membuat dunia semakin memberikan respon yang menguntungkan diri Anda. Membiarkan ide-ide terbaik tersimpan di dalam diri, dan takut dikeluarkan, karena takut diambil orang lain, akan membuat ide-ide itu menjadi tidak berarti apa-apa, baik untuk diri Anda sendiri, maupun untuk orang lain. Oleh karena itu, janganlah takut untuk berbagi, biarkan ide-ide terbaik Anda mengalir ke luar dari diri Anda untuk mensejahterakan hidup orang banyak.

Djajendra

RUTINITAS

Setiap hari menjaga rutinitas untuk berkontribusi akan menjadikan diri sangat produktif. Walau waktu satu hari sangat singkat, tapi bila dimanfaatkan untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan yang produktif, maka waktu satu hari itu akan meningkatkan kinerja dan membuat diri memiliki nilai tambah dalam kehidupan.

Djajendra

KEBAHAGIAAN ADALAH TANGGUNG JAWAB BATIN

Kebahagiaan Anda adalah tanggung jawab batin Anda sendiri, bukan pekerjaan atau tanggung jawab orang lain. Sebab, hanya Anda sendiri yang bisa mendefinisikan kebahagiaan bagi Anda, bukan oleh orang lain. Hanya Anda sendiri yang tahu apa yang bisa membuat Anda bahagia. Kemampuan Anda untuk mencapai kebahagiaan sangat tergantung kepada kesadaran diri Anda sendiri untuk mendapatkan hak bahagia dari dalam diri Anda.

Djajendra

MELAYANI PERFEKSIONISME PELANGGAN

“Sebagian Pelanggan Selalu Menjadi Perfeksionis, Dan Tidak Pernah Puas Dengan Apa Yang Mereka Terima. Jika Sesuatu Tidak Sempurna, Mereka Pasti Menolaknya.” ~ Djajendra

Pelanggan yang perfeksionis selalu termotivasi untuk meningkatkan standar kebutuhan pelayanan mereka. Mereka selalu terobsesi untuk mencapai kepuasan realistis tertinggi. Konsekuensi dari ketidaksempurnaan kecil dalam pelayanan atas produk dan jasa dapat menjadi alasan untuk mencari kekurangan pelayanan perusahaan.

Bila perusahaan tidak cerdas secara emosional dalam memberikan pelayanan berkualitas, maka konsekuensi perfeksionisme pelanggan dapat menghambat para penjual dan customer service secara pribadi maupun secara profesional.

Kesalahan kecil dalam pelayanan perusahaan akan dianggap seperti sebuah aib besar oleh para pelanggan perfeksionis. Dampak positifnya, para pelanggan yang perfeksionis akan membuat perusahaan terus berubah untuk tumbuh bersama produk dan pelayanan yang lebih sempurna.

Perusahaan harus terus bekerja keras untuk memberikan layanan terbaik, khususnya untuk para pelanggan perfeksionis. Bila tidak, komplain dari para pelanggan perfeksionis akan merusak reputasi dan kredibilitas pelayanan perusahaan.

Pelanggan perfeksionis tidak pernah bisa puas dengan sebuah standar; selalu berharap untuk meningkatkan standar yang ada; selalu melihat kesalahan apapun sebagai sebuah kegagalan dari pelayanan perusahaan. Perusahaan yang cerdas akan memanfaatkan perfeksionis pelanggan untuk menciptakan inovasi baru terhadap produk, dan juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan teknologi dan standar yang lebih tinggi.

Mencemaskan perilaku perfeksionis pelanggan hanya akan membuat kualitas pelayanan perusahaan menurun secara drastis. Para pelanggan perfeksionis sering menetapkan harapan terlalu tinggi, sehingga perusahaan harus fokus mempersiapkan tim  penjual dan front liner nya untuk bisa mengimbangi perfeksionisme pelanggan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com