WAKTU ADALAH SUMBER DAYA TERBATAS

PELAYANAN PUBLIK

WAKTU ADALAH SUMBER DAYA TERBATAS

“Waktu adalah sumber daya terbatas. Jadilah bijak dengan waktu Anda, jangan menjadi tidak efektif dengan waktu Anda, jangan menjadi tidak produktif dengan waktu Anda, karena waktu Anda adalah hal yang paling berharga, yang harus dengan cerdas Anda manfaatkan untuk hidup Anda yang luar biasa.” ~ Djajendra

Setiap orang dengan sangat adil telah diberikan jumlah waktu yang sama. Setiap orang memiliki waktu dua puluh empat jam dalam satu hari, dan memiliki tiga ratus enam puluh lima hari dalam satu tahun. Keadilan dalam kepemilikan waktu adalah sebuah realitas yang seharusnya dimanfaatkan dengan produktif dan efektif untuk kesejahteraan, kebahagiaan, dan kesehatan hidup.

Kehidupan dan pekerjaan membutuhkan waktu yang cukup untuk menghasilkan kualitas dan hal-hal terbaik. Orang-orang yang sangat sibuk dengan pekerjaan dan kehidupan pasti berharap memiliki lebih banyak waktu, walau secara adil setiap orang hanya diberikan waktu dua puluh empat jam dalam satu hari. Memiliki waktu yang cukup untuk dihabiskan dengan orang-orang yang dicintai, serta dihabiskan untuk menciptakan karya dan kinerja terbaik, adalah sebuah impian dari banyak orang. Persoalannya, tidak semua orang cerdas memanfaatkan waktu dengan efektif dan produktif, untuk kehidupan dan pekerjaan yang berkualitas.

Sangat luas dimensi kehidupan. Semakin sibuk seseorang dalam melayani kehidupan dan pekerjaan, semakin dia berpotensi untuk mengunjungi berbagai dimensi dari kehidupan dan pekerjaan tersebut. Dan hal ini sangat membutuhkan waktu. Bila seseorang tidak mampu memanfaatkan waktu yang sangat terbatas tersebut, maka dia akan menjadi sangat sulit untuk menyelesaikan semua hal-hal yang menjadi tanggung jawabnya.

Orang-orang yang tidak cerdas memanfaatkan waktu akan selalu hidup dalam perasaan kekurangan. Waktu sangat dibutukan untuk membantu kehidupan diri sendiri, keluarga, dan orang lain; waktu diperlukan untuk mendengarkan berita tentang realitas kehidupan dunia; waktu dibutuhkan untuk memenuhi tantangan kehidupan terhadap diri sendiri; waktu dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan berkualitas dan kreatif; waktu diperlukan untuk berdoa dan mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang sangat mencintai diri kita; waktu diperlukan untuk berolahraga, agar diri selalu sehat dan berenergi; waktu diperlukan untuk mendengarkan teman yang membutuhkan dukungan; waktu diperlukan untuk pengembangan diri sendiri menjadi lebih baik; waktu diperlukan untuk menyatukan cinta dan kebahagiaan dengan anak, isteri, suami, keluarga, dan dengan semua orang terdekat. Waktu diperlukan untuk memenuhi semua kebutuhan, harapan, keinginan, dan ambisi dalam kehidupan.

Gunakan waktu untuk memikirkan, merasakan, dan melakukan hal-hal baik yang positif, agar hidup Anda bisa terbebaskan dari tekanan hidup dan stres. Orang-orang positif selalu akan memanfaatkan waktunya dengan optimis. Walaupun proses perjalanan untuk mewujudkan semua mimpi-mimpi harus dilalui dengan jatuh dan bangun, tapi buat orang-orang positif, tidak akan ada kehilangan apapun. Sebab, di sepanjang perjalanan menuju mimpi dan harapan, mereka sangat cerdas menggunakan waktu untuk membangun kembali dengan lebih berhati-hati.

Orang-orang efektif dan produktif sangat menyadari bahwa waktu pasti akan berlalu dengan sangat cepat. Mereka tidak akan membiarkan setiap detik dari waktu mereka hilang percuma dalam perasaan dan pikiran, yang tidak membawa manfaat apapun. Mereka selalu menjadikan waktu sebagai aset yang sangat mahal, sehingga wajib untuk dioptimalkan melalui efektivitas dan produktivitas dalam semua hal yang dilakukan. Mereka selalu menjadi sangat bijaksana dengan waktunya, dan menggunakannya sesuai dengan apa yang paling penting dan prioritas bagi kehidupan dan pekerjaan mereka.

Waktu adalah sumber daya terbatas, dan harus dapat menggunakan waktu yang tersedia untuk mempersiapkan kehidupan diri yang lebih baik di setiap hari ke depan. Orang-orang sukses adalah produk dari kecerdasan menginvestasikan waktu di hari ini, untuk mendapatkan hasil terbaik dan waktu luang lebih banyak di masa depan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PAHLAWAN CUSTOMER CARE 24 HOURS

PROFILE 5PAHLAWAN CUSTOMER CARE 24 HOURS

“Seberapa kecilpun langkah Anda dalam hidup sangatlah penting. Sebab, bila langkah kecil itu Anda jalankan dengan totalitas dan sepenuh hati, maka langkah kecil itu akan menghasilkan sesuatu yang sangat besar dan sangat berarti buat hidup Anda.”~ Djajendra

Para pejuang tidak akan pernah mengeluh walau dirinya sendiri sedang dalam keadaan tidak beruntung. Bila cinta dan pengabdian telah hidup di dalam hati, maka apapun keadaan dan situasinya pasti dikerjakan dengan sepenuh hati dan ikhlas.

Pada awal tahun 2013, semua orang tahu betapa dhasyatnya banjir di Jakarta. Banjir yang sangat luar biasa tersebut telah membuat berbagai pelayanan ke masyarakat terganggu dan juga banyakyang terhenti. Dibalik musibah banjir yang hebat itu muncul kisah-kisah para pahlawan di masing-masing organisasi dan tempat kerja.

Dalam situasi banjir yang sangat mencekam pada saat itu, muncul seorang pribadi luar biasa bernama Daniel. Walaupun perusahaan meliburkan semua karyawan karena keadaan banjir yang cukup tinggi, tapi bagi Daniel hal itu bukanlah sebuah solusi yang baik. Daniel hanya berpikir bagaimana setiap nasabah masih tetap dapat terhubung dengan perusahaan. Apalagi perusahaan sudah memberikan janji pelayanan 24 jam. Dengan inisiatif yang proaktif, Daniel mampu mengkoordinasikan unit-unit kerja pendukung, untuk tetap melayani nasabah walau situasi sedang banjir besar.

Sebagai karyawan yang bekerja di unit Customer Care 24 hours, di sebuah perusahaan asuransi terbesar di Indonesia, yang berkantor di Jl. KH. Fachrudin. Daniel dan semua tim pendukung pada saat itu, telah membuktikan tentang komitmen dan konsistensi pelayanan perusahaan kepada nasabah selama 24 jam. Para pahlawan perusahaan selalu bekerja untuk melayani dengan pengabdian dan totalitas.

Pahlawan bukanlah orang yang suka mengeluh, apalagi mencari seribu-satu alasan, agar membenarkan sikap yang menghentikan pelayanan. Buat para pahlawan di tempat kerja, totalitas dan pengabdian dengan cinta yang tulus dan ikhlas kepada perusahaan, adalah sebuah solusi yang tidak dapat ditawar lagi.

Sikap dan perilaku kerja para pahlawan korporasi adalah tidak egois, peduli, membantu, tulus, sukarela, melayani, dan tidak hitung-hitungan dalam berkontribusi. Daniel adalah sebuah cerita nyata dari dunia bisnis, dan sangat banyak Daniel-Daniel lainnya yang memiliki hati nurani untuk cinta dan pengabdian kepada perusahaan dan stakeholders.

Pelayanan dari cinta dan pengabdian selalu menciptakan kualitas layanan terbaik. Setiap pribadi yang menerima pekerjaannya dengan penuh rasa syukur dan terima kasih pasti akanmengisi hari-hari kerjanya dengan produktif, efektif, dan untuk mendapatkan hasil akhir terbaik.

Pekerjaan adalah harta yang paling produktif. Sebab, hanya dengan pekerjaan kita dapat menciptakan nilai tambah kehidupan ekonomi, peningkatan status sosial, dan peningkatan kualitas kehidupan pribadi. Pekerjaan haruslah dirawat dan dijaga dengan cara kerja yang baik dan berkualitas, agar pekerjaan tersebut menjadi harta yang sangat produktif. Dan para pahlawan di perusahaan dan organisasi selalu tahu dan sadar akan hal ini. Mereka bekerja dengan hati dan pengabdian untuk memberikan yang terbaik, dan bukan menuntut untuk diberikan yang terbaik. Para pengabdi selalu mencurahkan cinta, empati, toleransi, kepedulian, dan kontribusi tanpa batas kepada tugas dan tanggung jawab mereka.

Sikap dan tindakan kepahlawanan Daniel terhadap keberlanjutan pelayanan di Customer Care 24 jam, jelas mendapatkan penghargaan dan pengakuan dari manajemen perusahaan. Kejeniusan manajemen dan kepemimpinan untuk memberikan kemuliaan buat para pahlawan dengan mengangkat kisah perjuangan mereka sebagai kisah pelayanan dari hati, pasti akan mempengaruhi semangat kerja setiap karyawan di perusahaan.

Setiap kebaikan dari cinta dan pengabdian yang tanpa pamrih, akan menghasilkan energi positif ke dalam lingkungan kerja. Pasti ada juga orang-orang yang bekerja dengan karakter menuntut dan bukan memberi. Jadi, di mana pun lingkungan kerja selalu akan diisi dengan energi baik dan energi tidak baik. Tetapi, pengaruh dan kekuatan baik di dalam organisasi haruslah selalu dipimpin dan dikoordinasikan dalam sebuah kolaboratif sikap dan perilaku, agar kekuatan baik tetap mampu mendominasi aktivitas sehari-hari dalam kesegaran fisik, perasaan senang, dan energi sukacita di lingkungan kerja yang harmonis dan penuh energik.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MELAYANI ADALAH TANGGUNG JAWAB DALAM KEHIDUPAN

SERVING WITH HEART

MELAYANI ADALAH TANGGUNG JAWAB DALAM KEHIDUPAN

“Pelayanan dari hati hanya dapat Anda berikan, bila sudah memiliki rasa cinta dan pengabdian, untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan dan kehidupan. Jadi, tidak sekedar cukup dari ambisi atau dari rasa tanggung jawab untuk menjalankan tugas.”~ Djajendra

Orang –orang bisa mejadi sukses karena mereka sadar akan tugas kehidupannya. Mereka sadar bahwa melayani merupakan inti dari sebuah keberhasilan. Sikap rendah hati untuk memberikan pelayanan dengan penuh antusias, akan menjadikan orang tersebut sukses luar biasa untuk selamanya.

Kemampuan untuk melayani akan menjadikan diri terbiasa terhubung dengan orang lain. Sifat terhubung ini pasti menciptakan komunikasi dan interaksi positif, yang berpotensi menciptakan kemudahan dan keberuntungan dalam hidup.

Pelayanan yang dilakukan dengan penuh perhatian, sukacita, totalitas, dan sepenuh hati, akan menjadikan pelayanan itu memiliki kekuatan untuk menyentuh hati dan mempengaruhi orang-orang yang Anda layani. Keindahan dalam pelayanan ada pada keindahan sifat dan sikap untuk memberikan yang terbaik.

Orang-orang yang lalai melakukan pelayanan dalam semua dimensi kehidupannya, biasanya akan hidup tanpa arah, dan dirinya selalu dikendalikan ego, yang sukanya menuntut dan minta dilayani. Tapi, karena mereka tidak terbiasa melayani orang lain dengan sukacita, maka mereka juga tidak akan pernah mendapatkan pelayanan yang penuh perhatian dalam kekuatan sukacita dari orang-orang lain. Apa yang Anda berikan akan kembali pada Anda. Bila Anda malas melayani kehidupan dengan tulus dan ikhlas, maka kehidupan pun akan malas melayani Anda dengan tulus dan ikhlas.

Salah satu kewajiban terpenting dalam hidup adalah melayani. Sejak kecil semua orang sudah diajarkan untuk memberikan pelayanan, dan sudah mengerti tentang kualitas pelayanan dari pelayanan yang diterima. Sangat banyak orang bahagia dengan pelayanan yang diterima mulai dari orang tua, keluarga, teman-teman, tetangga, dan yang lainnya. Tapi, sangat banyak juga yang memiliki pengalaman yang tidak begitu bahagia dengan pelayanan yang diterima. Bila pelayanan yang diterima tidak memuaskan hati, maka diri Anda pasti kecewa dan bahkan bisa marah. Nah, sesungguhnya, setiap orang sudah belajar tentang pelayanan yang baik dan tidak baik itu sejak kecil. Jadi, seharusnya sudah mampu memiliki kesadaran yang tinggi, agar dapat melakukan kewajiban pelayanan kepada kehidupan dengan cerdas dan sukacita.

Bagi orang-orang yang melakukan tugas kehidupannya dengan pelayanan dan kontribusi, dari totalitas kemampuan dan totalis kepribadian positif, pasti melakukan hal-hal yang sangat berarti buat membantu kehidupan ke arah yang lebih baik. Hati dan pikiran yang benar-benar ingin melakukan pelayanan dengan sepenuh hati, akan menjadi pribadi yang luar biasa cerdas dalam memberikan pelayanan berkualitas.

Orang-orang yang melayani orang lain dan kehidupan dengan sukacita, selalu menjadi pribadi yang indah buat kehidupan, dan menjadi hadiah bagi yang menerima pelayanan. Pelayanan tidak mungkin dapat dilakukan saat di dalam hati masih ada energi kebencian, pelayanan hanya dapat diberikan saat di dalam hati hanya ada energi cinta, yang ikhlas dan tulus memberikan kepada siapa pun, tanpa melihat siapa yang dilayani.

Melayani adalah tanggung jawab dalam kehidupan. Kemampuan Anda untuk memberikan semua kualitas terbaik dari dalam diri Anda, untuk melayani kebutuhan kehidupan, akan menjadikan Anda sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan diri Anda sendiri. Semakin banyak kualitas yang Anda berikan kepada kehidupan melalui pelayanan Anda, maka semakin terpenuhi semua hal yang Anda butuhkan untuk diri Anda sendiri.

Pelayanan tidak mungkin dapat diberikan oleh pribadi-pribadi yang egois, yang selalu tinggi hati dengan kaku menjaga sikap sombong di dalam diri. Pelayanan hanya dapat diberikan oleh orang-orang yang sangat rendah hati, kreatif, peduli, dan memiliki cinta tanpa batas untuk membantu dan berbuat baik dalam kehidupan.

Pelayanan dari hati hanya dapat Anda berikan, bila sudah memiliki rasa cinta dan pengabdian, untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaan dan kehidupan. Jadi, tidak sekedar cukup dari ambisi atau dari rasa tanggung jawab untuk menjalankan tugas.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com



MOTIVASI DAN INSPIRASI

Mengambil keuntungan dari pikiran positif. Walau Anda sedang gagal, pikiran positif akan membisikan bahwa Anda sedang tidak gagal. Pikiran positif adalah sahabat optimis dan memperkuat rasa percaya diri. Anda tidak akan pernah memiliki kegagalan, kalau Anda sudah memiliki pikiran positif.~ Djajendra

Ketika Anda dapat meningkatkan kesenangan untuk bekerja terhadap hal-hal yang menciptakan nilai tambah ekonomi, maka hidup Anda akan terus-menerus menciptakan nilai tambah ekonomi, dan Anda pun pasti menjadi pribadi kaya secara ekonomi.~ Djajendra

Mempercayai diri sendiri bukan untuk menjadi tinggi hati dan terjebak dalam perasaan sombong atau selalu menjadi benar, tapi untuk membuat diri lebih berani bertindak dan bersikap. Dengan mempercayai diri sendiri Anda pasti berani membuat keputusan dan menerima konsekuensi dari keputusan atau tindakan Anda tersebut.~ Djajendra

Kualitas tidak muncul dalam hidup secara otomatis, ketekunan dan disiplin dalam pembelajaran yang terfokus, akan menghadirkan kualitas. Kualitas membutuhkan perhatian, dan merawatnya dengan penuh kesadaran, agar kualitas tetap terpelihara dalam kehidupan sehari-hari.~ Djajendra

Ketika Anda mempersiapkan diri untuk membangun kebiasaan baru dalam memberikan kualitas terbaik kepada kehidupan Anda, maka Anda wajib memaksimalkan penyerapan pengetahuan tentang cara membiasakan kehidupan yang berkualitas.~ Djajendra

Sikap mudah menyerah dalam hal apapun di dalam hidup adalah sikap orang kalah. Pemenang tidak akan berhenti berjuang dengan segala kekuatan dan kapasitasnya, untuk mendapatkan yang dia inginkan. Orang-orang kalah selalu mencari seribu-satu alasan, dan sangat pintar untuk menyalahkan, tapi tidak pintar untuk mencoba dengan cukup keras. Dengan mudah mereka menyerah. Mereka malas. Dan, mereka hanya pintar berkeluh-kesah, tanpa bertindak untuk mengubah hal-hal yang tidak mereka sukai dalam hidup mereka.~Djajendra

Pemenang bekerja untuk mewujudkan dan membuat sesuatu itu terjadi. Pemenang selalu hidup dalam disiplin, kerja keras, tanggung jawab, dan kecepatan penuh untuk melakukan semua rencananya dengan sungguh-sungguh dan rendah hati.~Djajendra

Tata kelola perusahaan yang baik pasti menetapkan standar pelayanan, dan menegaskan kepada setiap individu tentang cara melayani pelanggan dengan berkualitas. ~ Djajendra

Para pemenang adalah orang-orang yang berani mengambil risiko dan siap menyeberangi garis tidak pasti untuk menciptakan kepastiaan.~Djajendra

Pelayanan terbaik dimulai dengan senyum, dan kualitas terbaik dimulai dengan kebiasaan kerja untuk memberikan yang terbaik.~ Djajendra

Untuk bisa melayani orang lain dengan berkualitas, Anda harus sehat, kuat, dan selalu menemukan diri sendiri yang merasa bahagia untuk melayani.~ Djajendra

Ketika Anda memiliki mimpi, Anda harus melengkapinya dengan kemampuan untuk mewujudkan mimpi Anda. Mimpi Anda pasti akan mengalami proses perjalanan yang penuh dengan hal-hal tak terduga. Sikap Anda yang tegas untuk menghadapi rintangan dan tantangan, serta mental Anda yang tak mengenal bahasa menyerah, akan menjadikan Anda sukses mewujudkan mimpi Anda. ~ Djajendra

Setiap hari mengakhiri hari dengan perasaan bahwa hidup ini sangat indah, dan setiap pagi memulai hari dengan perasaan bahwa hidup ini sangat indah. Rasa syukur dan terima kasih kepada realitas kehidupan diri sendiri, akan membuat diri merasakan indahnya hidup di setiap momen.~ Djajendra

Semakin berenergi dan bersemangat Anda melakukan pekerjaan Anda, stakeholders pun akan melihat ketekunan Anda. Dan ketika mereka melihat Anda mengambil kepemilikan atas setiap pekerjaan yang Anda lakukan, mereka akan sangat percaya pada kemampuan dan keandalan Anda. Pada akhirnya, semua pekerjaan penting akan diberikan kepada Anda. Sebab, mereka memiliki keyakinan bahwa Anda akan sangat mampu melakukan semua pekerjaan penting dengan benar, tepat, cepat, kreatif, teliti, dan hati-hati. ~ Djajendra

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PEMENANG BEKERJA UNTUK MEWUJUDKAN

027“Pemenang adalah Anda yang berani mengambil risiko dan siap menyeberangi garis tidak pasti untuk menciptakan kepastian.”~Djajendra

Para pejuang kehidupan selalu menikmati perjalanan hidupnya. Mereka akan merasa bahagia untuk melakukan yang terbaik, dan memberikan semua yang terbaik kepada apa yang sedang mereka perjuangkan. Pejuang selalu akan menjadi pahlawan dalam hidupnya ataupun dalam kehidupan orang lain. Mereka selalu unggul, kuat, berdaya tahan, dan siap mengambil risiko untuk meraih kemenangan.

Pejuang selalu menjadi pemenang, karena mereka fokus dan mampu mempersiapkan segala sesuatu untuk mendapatkan kemenangan yang mereka cari.  Mereka tidak pernah merasa takut, tapi keberanian dalam diri mereka akan menjadi kekuatan untuk mendapatkan semua impian dan harapan. Apapun hasil dari proses dan perjalanan menuju kemenangan, mereka selalu bersemangat tinggi dan mampu bangkit kembali untuk meraih yang terbaik. Para pejuang tidak mengenali kekurangan, mereka hanya menyadari perbaikan dan mempersiapkan dirinya untuk terus-menerus mengenali hal-hal yang diperjuangkan dengan fokus dan kerja keras.

Pemenang bekerja untuk mewujudkan dan membuat sesuatu itu terjadi. Pemenang selalu hidup dalam disiplin, kerja keras, tanggung jawab, dan kecepatan penuh untuk melakukan semua rencananya dengan sungguh-sungguh dan rendah hati.

Sikap mudah menyerah dalam hal apapun di dalam hidup adalah sikap orang kalah. Pemenang tidak akan berhenti berjuang dengan segala kekuatan dan kapasitasnya, untuk mendapatkan yang dia inginkan. Orang-orang kalah selalu mencari seribu-satu alasan, dan sangat pintar untuk menyalahkan, tapi tidak pintar untuk mencoba dengan cukup keras. Dengan mudah mereka menyerah. Mereka malas. Dan, mereka hanya pintar berkeluh-kesah, tanpa bertindak untuk mengubah hal-hal yang tidak mereka sukai dalam hidup mereka.

Para pemenang selalu menemukan cara untuk mengubah, dan siap menjalani kehidupan seperti apapun saat perubahan itu sedang terjadi. Mereka akan melakukan perubahan dengan sepenuh hati, dan terus berlatih untuk mendapatkan yang terbaik. Mereka akan bekerja total untuk menciptakan kebiasaan – kebiasaan baru, untuk dapat disesuaikan dengan perubahan. Mereka sangat mengerti bahwa sesuatu bila telah menjadi kebiasaan di dalam hidup, maka menjadi sangat mudah untuk dikerjakan. Jadi, mereka akan berlatih dan bekerja keras untuk membiasakan hal-hal yang belum terbiasa.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

LAYANAN PELANGGAN YANG EFEKTIF

PELATIHAN SERVING WITH HEART 1 HARI 8 JAM DJAJENDRA

LAYANAN PELANGGAN YANG EFEKTIF

“Tata kelola perusahaan yang baik pasti menetapkan standar pelayanan, dan menegaskan kepada setiap individu tentang cara melayani pelanggan dengan berkualitas.” ~ Djajendra

Pelayanan yang berkualitas berarti menyediakan layanan pelanggan yang konsisten. Layanan yang konsisten sangat tergantung kepada alat dukung manajemen pelayanan dengan kinerja terbaik. Semakin berkualitas semua peralatan dan sumber daya pelayanan, semakin efektif pelayanan yang berkualitas dapat disampaikan kepada pelanggan.

Pelayanan yang efektif ditentukan dengan proses kerja di internal organisasi yang lebih efisien dan produktif. Merampingkan alur kerja dan menguatkan komunikasi untuk meningkatkan kualitas interaksi, akan menjadikan layanan semakin efektif dan unggul. Peningkatan kualitas emosi baik, pikiran positif, dan moral layanan yang mengutamakan pelayanan unggul; akan menjadikan pelayanan semakin berkemampuan tinggi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Pelayanan yang dihasilkan dari cara kerja yang efektif di internal organisasi berpotensi menciptakan layanan pelanggan yang lebih baik. Termasuk akan mengurangi keluhan dan rasa tidak puas pelanggan kepada perusahaan. Apalagi bila setiap pelayanan dilakukan dengan perasaan senang dari setiap individu di dalam organisasi, maka pelayanan yang dihasilkan pasti akan menciptakan rasa senang kepada pelanggan.

Dalam manajemen pelayanan yang efektif, setiap individu di dalam organisasi wajib memainkan peran sebagai seorang pelayan yang sopan dan ramah. Bila ada individu yang bersikap tidak sopan dan ramah, maka kesalahan ada pada tata kelola perusahaan. Tata kelola perusahaan yang baik pasti menetapkan standar pelayanan, dan menegaskan kepada setiap individu tentang cara melayani pelanggan dengan berkualitas.

Keberadaan sebuah perusahan adalah untuk menjalankan bisnis dengan menguntungkan. Mendapatkan keuntungan bisnis secara terus-menerus dan berkelanjutan selalu menjadi tujuan utama perusahaan. Bisnis yang terus-menerus mendatangkan keuntungan adalah bisnis yang mendapatkan kepercayaan dari pembeli atau pelanggan. Semakin hebat dan berkualitas pelayanan pelanggan, akan semakin meningkatkan rasa percaya pelanggan pada pelayanan hebat itu. Jadi, jika Anda ingin produk dan jasa Anda terjual dengan mudah dan menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan, maka miliki semua perlengkapan dan sumber daya, untuk melakukan pekerjaan pelayanan yang akrab dengan pelanggan.

Pelayanan pelanggan yang efektif memerlukan standar pelayanan jelas dan mudah untuk digunakan dalam realitas pelayanan sehari-hari. Standar pelayanan tersebut harus menjelaskan semua rincian layanan untuk diberikan kepada pelanggan. Seperti, cara menyapa dengan senyum, cara menangani layanan, cara mengekspresikan kepribadian positif, cara mengakhiri layanan, dana cara mengucapkan terima kasih saat pelanggan meninggalkan perusahaan.

Pelayanan yang efektif membutuhkan pengetahuan tentang produk dan jasa yang dipasarkan dengan baik. Perusahaan harus secara terus-menerus memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang produk dan jasa yang dijual kepada setiap tim penjual dan tim pelayanan. Dengan memiliki pengetahuan pelayanan yang sempurna, maka setiap penjual dan bagian pelayanan perusahaan dapat memberikan informasi dan kebutuhan pelanggan dengan jelas dan pasti.

Pelayanan yang efektif harus terfokus kepada budaya kerja, untuk mengelola sukses pelayanan secara berkelanjutan. Setiap staf di bagian pelayanan harus diberikan motivasi dan kepercayaan diri, untuk menjadi wakil perusahaan di garis paling depan organisasi. Kesiapan perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan tegas tata kelolanya, akan meningkatkan kualitas moral positif di internal perusahaan. Setiap karyawan dengan kualitas moral yang baik pasti menjadi pribadi positif, yang memahami harapan perusahaan kepada dirinya, sehingga dengan kesadaran yang tinggi karyawan dapat berkontribusi dengan maksimal.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI DENGAN KEPEMIMPINAN YANG UNGGUL

“Jika Anda bekerja di sebuah tim lintas fungsional, Anda harus selalu berkontribusi melalui sikap rendah hati untuk kesuksesan bersama, tanpa berpikir bahwa fungsi pekerjaan Anda lebih istimewa dari yang lain.” – Djajendra

Organisasi masa depan akan menuntut setiap karyawan dan pimpinan untuk dapat bekerja sama atau pun berkolaborasi secara lintas fungsional. Keunggulan masing-masing unit kerja atau individu harus menjadi satu peran dalam multi fungsi pekerjaan.

Bekerja efektif dengan fungsi lain akan menjadi sebuah kebutuhan yang harus dapat dijawab oleh setiap orang untuk membuat organisasi menjadi lebih fleksible. Hal ini, sama seperti praktik tim sepak bola yang mewajibkan semua pemain untuk siap dimainkan di posisi mana pun. Seorang pemain belakang harus mampu menjadi penyerang, seorang penyerang juga harus siap dimainkan di posisi sesuai strategi pelatih. Artinya, setiap orang di dalam tim harus bisa memainkan fungsi dan peran apa saja sesuai kebutuhan strategi tim untuk mencapai kemenangan.

Mungkin Anda sudah sering terlibat dalam sebuah tim lintas fungsional di tempat kerja Anda. Biasanya, tim lintas fungsional terdiri dari orang-orang dari berbagai fungsi atau departemen dalam suatu organisasi, yang dibentuk untuk tujuan menyelesaikan sebuah proyek atau pun untuk menyelesaikan sebuah masalah. Dalam tim lintas fungsional, setiap orang harus memiliki keahlian untuk memecahkan masalah, atau untuk mengeksplorasi solusi potensial buat berkontribusi terhadap proyek atau misi yang ditetapkan.

Di masa depan, cara kerja tim lintas fungsional akan menjadi sebuah keharusan dalam rutinitas kerja seharian. Pemimpin akan memainkan peran pelatih seperti di dalam tim sepak bola saat ini. Di mana, semua sumber daya manusia harus dapat digunakan sesuai kebutuhan strategi organisasi dan strategi bisnis. Oleh karena itu, setiap individu di dalam organisasi wajib memiliki multi keterampilan dan wawasan yang luas tentang pekerjaan di tempat kerja. Termasuk, memiliki keterampilan negosiasi yang baik, serta memiliki kecerdasan emosional yang berkualitas untuk berkomunikasi secara efektif dengan para stakeholder kunci.

Kepemimpinan dan karyawan dengan keahlian yang berbeda harus duduk bersama-sama untuk menciptakan karya besar sesuai misi organisasi. Kemampuan untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi terbaik harus menjadi perilaku kerja bersama. Efisiensi, efektivitas, dan produktivitas harus menjadi hal yang diutamakan dalam semua perilaku kerja lintas fungsional.

Bekerja dalam tim lintas fungsional tidak hanya membutuhkan keahlian teknis dari setiap orang, tapi juga keahlian untuk membangun integritas pribadi, agar dapat mengendalikan kepribadian diri, serta mampu melebur dan menyatu dalam satu kekuatan besar untuk satu tujuan bersama yang utuh dan solid.

Setiap orang dalam cara kerja tim lintas fungsional harus dapat menjadi lebih bertoleransi terhadap fungsi kerja lain. Tidak boleh dipelihara pikiran dan perasaan yang meremahkan fungsi pekerjan orang lain. Bila sudah menjadi satu tim, maka semua jenis fungsi pekerjaan harus berada dalam satu kesatuan bersama, tidak boleh ada yang menganggap fungsi pekerjaannya lebih tinggi dari yang lain. Bila ada pihak yang menganggap fungsi pekerjaannya lebih bergengsi dan lebih penting, maka kerja sama dalam tim lintas fungsional akan menjadi tidak efektif.

Kerja sama secara lintas fungsional adalah cara kerja yang sedang berkembang saat ini. Kekuatan kolaborasi mulai dari pengetahuan, keterampilan, pelayanan, dan kepribadian, akan menjadi hal yang sangat menentukan keberhasilan dari kerja sama tersebut. Setiap individu harus menyiapkan kepribadian yang penuh integritas untuk memberikan energi positif terhadap jaringan kerja sama tersebut. Tidak boleh ada konflik ataupun persaingan untuk kemenangan ego pribadi atau kelompok, yang ada hanyalah sikap untuk saling menjaga hubungan kerja dengan antusias, serta semua orang bertindak dengan efektif terhadap tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Peran pemimpin menjadi sangat menentukan dalam merekatkan hubungan kerja antar fungsi. Di sini, pemimpin bertindak seperti seorang pelatih, yang setiap hari dengan antusias memberikan motivasi kepada setiap individu untuk menghasilkan ide-ide terbaik, sumber daya, kualitas, dan hasil akhir yang berkinerja tinggi.

Setiap individu harus mematuhi instruksi dan perintah pimpinan, dan mampu membawa diri sepenuhnya kepada setiap interaksi. Termasuk, cerdas memberikan sinyal ketertarikan dalam setiap kolaborasi untuk terlibat dan menanggapi setiap aliran ide-ide.

Pemimpin wajib melakukan apa yang dikatakan, dan menjaga integritas diri, agar sebagai panutan dalam kolaborasi tetap dihormati dan dipercaya oleh setiap individu. Sebagai pemimpin yang dipercaya, maka setiap masukan dari anggota tim, harus diterima dengan terbuka, lalu disampaikan secara terbuka kepada semua orang dalam tim. Peran pemimpin adalah membangun keyakinan dan kepercayaan diri setiap orang, untuk menghasilkan ide dan sumber daya buat membantu peningkatan kinerja organisasi.

Djajendra