RENUNGAN AKHIR TAHUN 2013 DAN SELAMAT TAHUN BARU 2014

DJAJENDRA 20 NOV 2013

RENUNGAN AKHIR TAHUN 2013 DAN SELAMAT TAHUN BARU 2014

Tahun baru hadir dan tahun lama ditinggalkan. Malam tahun baru ada di titik  pertemuan dan perpisahan. Tepat jam 24 pada setiap tanggal 31 Desember, adalah waktu untuk mengatakan selamat tinggal pada tahun 2013 dan mengatakan selamat datang pada tahun 2014.

Manfaatkan momen akhir tahun untuk masuk ke dalam diri sendiri, dan melihat apa-apa yang selama ini telah membuat diri begitu kuat dan sukses. Berbicara dan bertanya kepada diri sendiri akan memudahkan diri untuk memahami semua kebutuhan, keinginan, harapan, dan impian di dalam kehidupan yang sedang dijalani.

Siapkan diri untuk menghadapi tahun 2014 dengan lebih baik. Dalam hal ini, diri harus betul-betul menjadi dirinya sendiri; diri yang mengevaluasi dirinya tanpa ego; diri yang sadar menyiapkan potensinya untuk dapat melayani tahun 2014 dengan lebih baik.

Setiap orang yang selama ini telah mendedikasikan dirinya untuk melayani kehidupan dengan ikhlas dan sepenuh hati, maka dia pasti sedang menikmati segala kebaikan dan kemudahan di dalam sukacita hidupnya. Dan, tahun baru dapat dijadikan momen untuk mensyukuri segala kelimpahan yang diterima selama ini, serta menikmati sukacita dengan rendah hati dan sederhana.

Sambutlah tahun 2014 dengan sukacita. Lalu katakan kepada tahun 2014, “jadilah sahabat terbaik yang membawa keberuntungan untuk hidupku di dalam kebaikan, kemudahan, kesehatan, kebahagiaan, ketenangan, kecerdasan, kekayaan, kemakmuran, kedamaian, kenikmatan, rasa syukur, kesejahteraan, keberlimpahan, kebesaran, dan dalam sukacita kehidupan yang abadi.”

Orang-orang dengan energi positif yang penuh gairah selalu mampu berlari sangat cepat untuk mengimbangi kecepatan waktu. Orang-orang dengan energi positif akan menggunakan momen tahun baru untuk membersihkan semua yang tidak diperlukan untuk hidupnya. Dan, memulai hari baru dengan langkah yang lebih ringan agar dirinya lebih kuat berlari bersama kecepatan waktu. Orang-orang dengan energi positif tidak dilahirkan untuk terikat oleh ramalan, prediksi, nasib, dan realitas; tetapi untuk selalu menang dan merasakan sukacita di setiap momen, di setiap waktu, di sepanjang hidup.

Selamat tahun baru 2014 semoga kebaikan, kesehatan, kesejahteraan, kecerdasan, kedamaian, dan sukacita selalu menemani hidup kita semua di sepanjang tahun 2014.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PELATIHAN RESOLUSI KONFLIK

BALI-KEMENKES 2014

PELATIHAN RESOLUSI KONFLIK  1 HARI 8 JAM DJAJENDRA

DESKRIPSI

Resolusi konflik merupakan langkah terbaik untuk menyelesaikan semua perselisihan. Program pelatihan selama satu hari ini memiliki berbagai strategi yang efektif untuk menyelesaikan konflik, serta menawarkan kesempatan untuk bernegosiasi dan mencapai kesepakatan bersama.

Sering sekali orang-orang tidak mampu menemukan resolusi konflik yang dapat diterima semua pihak, sehingga sulit untuk mencapai kesepakatan dengan lawan yang sangat ngotot. Apalagi bila persepsi dan cara berpikir memahami bahwa lawan yang dihadapi sangat kuat; memiliki sumber daya yang sulit untuk dikalahkan; ataupun bahwa lawan pasti tidak mau mengalah, maka hal ini akan menjadi kelemahan di dalam resolusi konflik.

Melalui program pelatihan ini, peserta akan diberikan keterampilan dan keyakinan bahwa apapun akar konflik pasti ada solusi penyelesaiannya. Untuk itu, peserta akan diajarkan kemampuan untuk memainkan peran dengan cerdas agar konflik tidak melebar kemana-mana; peserta akan memahami cara menyusun pertemuan yang efektif dengan pihak-pihak yang berkonflik; cara untuk berjuang mencapai kemenangan; cara untuk tetap tenang dan terkendali di dalam kekuatan positif; cara untuk mendengarkan logika berpikir diri sendiri; cara memberikan reaksi ketika lawan menyerang secara pribadi; dan teknik resolusi konflik yang spesifik untuk masing-masing kasus konflik.

Walaupun konflik berpotensi muncul dengan berbagai alasan yang berbeda, tetapi kemampuan untuk menentukan posisi dan kepentingan dengan jelas di dalam konflik itu, akan menjadikan seseorang mampu memahami siapa teman dan lawan yang harus dihadapi di dalam konflik tersebut.

Program pelatihan resolusi konflik ini, akan memperkuat kemampuan yang berguna untuk bernegosiasi, sehingga peserta mampu menjadi lebih fokus dan efektif di dalam penyelesaian konflik. Peserta akan belajar cara memperkuat posisi kepentingannya, tidak membuang-buang waktu, fokus pada masalah inti, berdebat bila diperlukan, menjadi tegas, dan tetap berwibawa saat proses penyelesaian konflik.

KONSEP DASAR

Konflik adalah sesuatu yang wajar dan alami dari kehidupan dengan beragam kepentingan. Tidak mungkin dalam hidup ini semua orang memiliki persepsi yang sama, keyakinan yang sama, logika berpikir yang sama, dan selalu bersepakat. Ketidaksepakatan, argumen, perbedahan, perselisihan, dan konflik merupakan hal-hal yang akan selalu terjadi. Diperlukan pengetahuan dan keterampilan resolusi konflik agar setiap konflik dapat dinetralkan dengan energi positif. Ketika perselisihan muncul, maka semua pihak harus mencari solusi dengan negosiasi yang tepat.

TUJUAN PELATIHAN

Menghasilkan solusi yang disetujui semua pihak.

Bernegosiasi dengan bijak dan memenangkan kepentingan.

Menciptakan keharmonisan hubungan antar kelompok-kelompok dalam konflik.

Memetakan ide-ide, keyakinan, perbedaan, dan latar belakang konflik.

Memahami waktu yang tepat untuk menyelesaikan konflik.

Memahami cara menyelesaikan konflik.

Cara mengendalikan emosi, perilaku, dan pola pikir saat proses resolusi konflik.

MANFAAT PELATIHAN

Peserta memahami konflik sebagai sesuatu yang wajar dan alami, tetapi harus ditemukan solusi dengan cara bijak.

Peserta menjadi lebih rendah hati untuk menyelesaikan konflik.

Peserta mampu menggunakan teknik negosiasi untuk penyelesaian konflik.

Peserta mampu berkomunikasi dengan pihak-pihak oposisi/lawan.

Peserta mampu melakukan brainstorming dengan pihak lawan untuk kemungkinan resolusi konflik.

Peserta mampu menentukan pilihan resolusi terbaik.

Peserta mampu memutuskan kapan digunakan/diperlukan mediator pihak ketiga.

Peserta mampu mengeksplorasi alternatif dengan berbagai skenario solusi.

Peserta mampu mengatasi situasi dan taktik tekanan dari lawan.

Peserta mampu memperkuat daya tahan diri dengan teknik afirmasi.

METODOLOGI PELATIHAN

Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar Dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.

MATERI PEMBAHASAN RESOLUSI KONFLIK 8 JAM

Memahami konflik dan proses penyelesaiannya.

Cerdas menggunakan teknik kolaborasi,  bersaing, mengganggu,  menampung,  menghindari.

Memahami kepentingan diri sendiri, keinginan, kebutuhan, harapan, kepedulian, ketakutan, dan kekhawatiran atas konflik.

Menciptakan suasana positif, menentukan aturan, menetralisir emosi, memilih waktu dan tempat yang tepat untuk penyelesaian konflik.

Memahami kemungkinan hasil penyelesaian dan jenis-jenis perjanjian yang diperlukan untuk mencapai resolusi konflik.

Membuat kesepakatan bersama. Apa yang Anda inginkan, mereka inginkan, dan semua pihak inginkan.

Fokus pada kebutuhan individu. Menemukan persamaan, membangun energi positif, menguatkan niat baik, dan menguatkan kemitraan.

Mendapatkan akar penyebab konflik. Meneliti akar penyebab konflik. Menganalisa sebab-akibat dari akar penyebab konflik.  Mengidentifikasi manfaat resolusi.

Mengembangkan pilihan. Menghasilkan, membuat beberapa opsi, dan beberapa solusi dari opsi yang ada.

Menggali pilihan lebih mendalam lagi. Membangun solusi, membuat kriteria, membuat daftar pilihan, memilih solusi, dan membangun rencana resolusi.

Mengevaluasi situasi, memilih langkah, membuat rencana aksi.

Menguasai diri dengan manajemen stres dan manajemen kemarahan.

Legitimasi dari pihak-pihak yang berkonflik.

Meyakinkan semua pihak bahwa perjanjian yang diusulkan sudah adil.

Standar objektif untuk meyakinkan kesepakatan yang dibuat (hukum, pendapat ahli, nilai pasar, atau hal-hal lainnya).

Memahami minat dan kepentingan lawan. Memahami keinginan, kebutuhan, harapan, ketakutan, kekhawatiran lawan.

Memiliki empati dan toleransi dalam batas-batas yang saling menguntungkan.

Menyelesaikan konflik dengan resolusi konflik yang adil, terbuka, dan saling bertanggung jawab.

Untuk training hubungi:

PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL

Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210

Telepon: (021) 5701505

Hp: 0812 131 888 99

Fax: (021) 5738105

Website:http://djajendra-motivator.com

E-mail:training@djajendra-motivator.com

KREATIVITAS ADALAH SENI IMAJINASI ARTISTIK DAN ILMIAH

DJAJENDRA PROFILE“Kreativitas itu seni. Kreativitas tidak akan mengalir saat Anda ngotot atau memaksakan diri. Kreativitas sangat aktif saat Anda tenang, santai, melamun, dan memainkan ide-ide di dalam imajinasi. Kreativitas tidak patuh pada satu aturan tertentu, dia adalah sesuatu yang bebas, sesuatu yang tanpa aturan.” ~ Djajendra

Ketika seseorang terlibat dalam rutinitas tanpa imajinasi, dia berpotensi kehilangan kreativitas. Kreativitas dihasilkan dari disiplin dan pengulangan oleh imajinasi artistik dan ilmiah, untuk membentuk wujud dari ide-ide yang dimiliki. Dan, kreativitas tidak dihasilkan dari sebuah aturan ataupun prosedur, tetapi dihasilkan dari ketidakteraturan, dari bebasnya imajinasi untuk sesuka hatinya membentuk sesuatu.

Orang-orang kreatif tidak akan terjebak dalam sebuah fokus ataupun gagasan, mereka akan membiarkan wawasan dan cara berpikirnya liar dan merdeka untuk memungkinkan apa-apa yang sebelumnya dirasakan tidak mungkin. Mereka berani melintasi semua batas-batas disiplin, mereka berani menjauh dari sebuah gambaran umum, dan mereka berani mencampur segala sesuatu walau hal-hal itu sebelumnya dianggap tidak wajar.

Kreativitas sangat diperlukan untuk memecahkan masalah, untuk menemukan solusi, dan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan unik.  Jadi, orang-orang kreatif harus keluar dari kotak nyaman, harus berani bergerak bersama risiko, dan harus cerdas intuisi untuk melihat hal-hal yang tidak mampu dilihat oleh orang-orang biasa. Orang-orang kreatif adalah orang-orang luar biasa.

Orang-orang kreatif harus fokus pada energi kreatif dirinya, dan harus sadar diri bahwa kreatif artinya bebas tanpa batas, dan kebebasan itu sebebas-bebasnya imajinasi diri sendiri.

Orang-orang kreatif bukanlah orang-orang yang ngotot dalam rutinitas pekerjaannya dengan aturan dan prosedur. Tetapi, mereka adalah orang-orang yang setiap harinya menumbuhkan potensi dirinya di dalam energi kreativitas diri sendiri yang inovatif. Biasanya, orang-orang kreatif sangat serius dan fokus untuk menekuni usaha atau hal-hal yang sifatnya artistik. Mereka pasti memiliki hobi dari salah satu bidang kreatif berikut, seperti: melukis, menulis, memahat, memainkan alat musik, menari, bernyanyi, fotografer, menulis puisi, atau aktivitas artistik lainnya. Hobi mereka tersebut akan membantu imajinasi kreatif mereka untuk melewati batas-batas rutinitas sehari-hari.

Orang-orang kreatif harus melatih semua inderanya agar dapat memiliki imajinasi yang intuitif. Latihan yang terus-menerus untuk menyatukan emosi, pikiran, dan jiwa ke dalam hal-hal yang dikerjakan dengan sepenuh hati dan totalitas, akan memudahkan diri menjadi lebih intuitif terhadap hal-hal yang dikerjakan.

Kekuatan intuitif adalah kekuatan untuk merasakan sesuatu secara naluri. Memperkuat intuitif  bisa dilakukan dengan membiasakan jiwa untuk merasakan dan mendengarkan ide-ide yang dihasilkan oleh imajinasi artistik kreatif.

Leonardo da Vinci adalah seorang ilmuwan yang paling kreatif dan sangat membantu terciptanya peradaban seperti abad ke 21 ini. Sebagai ilmuwan paling kreatif, Leonardo da Vinci memiliki beragam kemampuan kreatif  dibanyak bidang. Dia seorang pelukis yang sangat terkenal, salah satu karyanya adalah Mona Lisa; dia juga seorang pematung, arsitek, musisi, ahli matematika, insinyur, penemu berbagai teknologi persenjataan militer, ahli anatomi, ahli geologi, pembuat peta, ahli botani, penulis, dan banyak hal-hal kreatif lainnya yang telah disumbangkan oleh Leonardo da Vinci untuk kemajuan peradaban manusia. Leonardo da Vinci adalah contoh nyata aliran energi kreatif secara artistik dan ilmiah. Dia seorang jenius yang mau tahu semua hal, pikirannya terus-menerus ingin tahu; dan dia sangat cerdas membebaskan emosi, pikiran, dan jiwanya untuk mengembara sebebas-bebasnya di dalam imajinasi kreatif, baik secara artistik maupun ilmiah.

Bukan Leonardo da Vinci saja yang membiarkan imajinasi kreatifnya secara artistik dan ilmiah, tetapi Albert Einstein juga membiarkan imajinasi kreatifnya secara artistik dan ilmiah. Sebagai ahli fisika, Albert Einstein juga sering melamun bersama musiknya, dia sering memainkan biolanya untuk mendapatkan imajinasi bebas. Dan, demikian juga dengan para ahli diberbagai bidang, yang menghasilkan karya-karya paling kreatif dan inovatif di dunia; mereka selalu mampu meleburkan emosi, pikiran, dan jiwanya ke dalam energi artistik dan energi ilmiah.

Proses kreativitas adalah pertumbuhan dengan menghasilkan beberapa hasil yang bertentangan. Sebagai contoh, seorang pelukis selalu membuat banyak sketsa sebelum memilih satu sebagai ide untuk lukisannya. Jadi, sebelum sebuah lukisan itu dihasilkan, sudah ada banyak ide yang dituangkan dalam bentuk sketsa. Demikian juga dengan penulis, sebelum menulis sesuatu pasti sudah memiliki berbagai ide atau sudut pandang yang akan ditulis, dan diantara sekian banyak sudut pandang, diangkatlah salah satu yang diyakini. Dan semua ini bisa terjadi, karena intuisi mampu melihat potensi dari ide-ide yang dihasilkan tersebut. Lalu, disinilah proses pengambilan keputusan yang tegas dan berani menciptakan sebuah hasil akhir.

Kreativitas selalu bekerja dari wilayah imajinasi bebas, lalu dituangkan ke dalam metode ilmiah, yang selanjutnya bermain di wilayah hipotesa, pengujian, konsep, draft; dan terus-menerus akan bermain di wilayah metode ilmiah sampai hasil akhir diputuskan secara resmi oleh yang berwenang.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

WISDOM & MOTIVATION

Ketika seseorang mengatakan bahwa tujuan hidupnya adalah untuk membantu orang lain, maka dia akan lupa diri untuk membantu dirinya sendiri. Bantulah dirimu sendiri sebelum membantu orang lain.~Djajendra

Jangan biarkan energi negatif dari orang-orang negatif di sekitar Anda, mengambil hak damai dan hak bahagia Anda. Beranikan diri untuk mengatakan tidak kepada energi negatif, dan beranikan diri untuk menjauh dari energi negatif. Jangan takut kehilangan orang-orang negatif. Sebab, pikiran positif dan emosi baik Anda akan terpengaruh dengan energi negatif, sehingga Anda sulit untuk merasakan kebahagiaan dan kedamaian. Pikiran positif dan pikiran negatif tidak mungkin bisa hidup berdampingan.~ Djajendra

Hiduplah dengan dukungan dari energi positif, dan mengelilingi diri dengan orang-orang yang membuat Anda merasa senang, terhibur, bahagia, damai, dan merasa sangat hidup. Anda berhak memilih hal-hal terbaik untuk hidup Anda, hilangkan ego dan pilihlah yang terbaik untuk mendukung kehidupan bahagia Anda.~ Djajendra

Semua orang baik, semua situasi sangat baik, semua kondisi sangat baik, semua realitas sangat baik. Berikan yang terbaik dari hatimu yang paling tulus dan ikhlas, jangan pikirkan apa perilaku dan sikap dari luar dirimu. Teruskan pikiran positifmu terhadap segala sesuatu di dalam hidup ini, dan engkau pasti akan mendapatkan kebaikan dari kehidupan yang luar biasa indah ini. ~ Djajendra

“Jangan pikirkan hal-hal yang tidak diinginkan, pikirkan semua hal yang diinginkan, dan rasakan seolah-olah semua yang diinginkan tersebut sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.” Kalimat tersebut telah disampaikan oleh orang-orang suci sejak jutaan tahun yang lalu. Realitasnya, hal-hal yang tidak diinginkan pasti akan selalu hadir ke dalam pikiran, walau kelihatannya sangat sepele, tetapi oleh pikiran, hal yang tidak diinginkan tersebut dianggap diinginkan lalu diwujudkan. Jadi, berhati-hatilah dengan pikiran, sadarkan diri untuk selalu fokus pada hal-hal yang diinginkan. Apakah ini mudah untuk dilakukan ? Sangat mudah untuk orang-orang yang sadar dan tercerahkan di dalam kekuatan baik, walau begitu, tetap saja ujian dari yang tidak diinginkan selalu akan hadir. Kuatkan pikiranmu di dalam positif.~ Djajendra

Kebaikan-kebaikan kecil bisa menjadi pertolongan besar. Sebuah senyum tulus bisa menjadi pertolongan untuk hati yang sedang tidak bahagia. Sebuah perhatian kecil bisa menjadi pertolongan untuk hati yang kehilangan perhatian. Kebaikan-kebaikan kecil adalah momen kasih sayang, momen yang menjadikan seseorang bahagia.~Djajendra

Orang-orang hanya membutuhkan hal-hal kecil untuk kehidupan yang lebih baik. Mereka butuh kondisi ekonomi yang stabil, harga-harga yang murah, penghasilan yang meningkat, keamanan dan keselamatan hidup, kedamaian, kebebasan untuk meyakini sesuatu, biaya perawatan kesehatan yang murah, bisa mengembangkan diri dan belajar, dan mudah mendapatkan pekerjaan. Bila semua kebutuhan itu diupayakan dari hati yang paling jujur, tulus, ikhlas, cerdas, rendah hati, peduli; maka kesejahteraan dan kedamaian hidup pasti akan terwujud. ~ Djajendra

Tubuh adalah anugerah terbesar. Latih otot tubuh minimal lima jam dalam satu minggu agar seksinya terawat. Kekuatan dan kesehatan tubuh menentukan sampai di mana kekuatan jiwa. Tubuh adalah satu-satunya rumah untuk jiwa, pikiran, emosi; tubuh adalah satu-satunya rumah untuk seluruh organ yang menjadikan dirimu ada. Dirimu seksi, dirimu berotot, dirimu indah; itulah yang harus ada di dalam pola pikirmu.~ Djajendra

Jangan anggap remeh atau sepele kepada seseorang yang terlihat belum berprestasi. Bila dia terus-menerus belajar di dalam kerendahanhatinya, dia akan tumbuh dengan prestasi yang luar biasa. Seseorang yang terlihat bukan apa-apa atau siapa-siapa, itu adalah persepsi dari yang melihatnya, dia sendiri mungkin sedang mendaki puncak prestasi yang lebih tinggi. ~ Djajendra

Sekarang inilah hidup, jangan menciptakan sesuatu yang tidak baik di momen ini, sebab setelahnya hidup ada di dalam misteri.~ Djajendra

Mengenal pikiran sendiri, mengenal emosi sendiri, adalah perbuatan paling bijak.~ Djajendra

Tidak ada seorangpun yang bisa mengurusi emosi dan pikiran orang lain. Bila mencoba mengurusnya, maka rasa kecewa yang akan dihasilkan.~Djajendra

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA ADALAH BENIH UNTUK MELAHIRKAN PENGUSAHA BARU

DJAJENDRA2013“Setiap krisis ekonomi akan menghasilkan lahan subur untuk tumbuhnya pengusaha baru. Setiap PHK akan menghasilkan benih-benih unggul untuk tumbuh di lahan subur, dan menjadi pengusaha baru yang sukses.” ~ Djajendra

Pemutusan hubungan kerja (PHK) adalah sebuah peristiwa yang sangat menyakitkan hati. Orang-orang yang sudah mengabdi sekian lama, tiba-tiba harus meninggalkan tempat kerja, yang mungkin sudah sangat mereka cintai.

Setiap ada pertemuan pastilah ada perpisahan. Jadi, peristiwa PHK hanyalah bagian dari perpisahan dini. Sebab, bagaimanapun suatu hari setiap orang pasti harus berpisah dengan tempat kerjanya. Walau sudah sangat mencintai tempat kerja, perpisahan adalah sesuatu yang pasti terjadi, dan tidak dapat menjadi tidak terjadi.

Sangat banyak alasan untuk terjadinya PHK. Resesi ekonomi yang membuat perusahaan kehilangan penjualan; naiknya harga-harga bahan produksi yang membuat perusahaan tidak mampu bersaing; demo pekerja yang terus-menerus, sehingga perusahaan kehilangan moral kerja; jumlah pekerja yang terlalu banyak, sehingga perusahaan menjadi tidak efisien dan efektif; kegagalan perusahaan untuk berinovasi, dan sangat banyak alasan-alasan lain yang bisa menciptakan pemutusan hubungan kerja.

Walau pemutusan hubungan kerja sangat menyakitkan. Tetapi, untuk seseorang yang kreatif dan suka perubahan, maka PHK akan menjadi awal untuk memasuki kehidupan sebagai pengusaha.

Peristiwa PHK adalah sebuah peristiwa yang akan memicu semangat kewirausahan, khususnya untuk orang-orang kreatif yang memiliki disiplin dalam menciptakan nilai tambah, tanpa terjebak pada ego untuk memilih-milih pekerjaan. Dan hal ini berbeda dengan orang-orang yang terjebak dalam ego, gengsi, serta suka memilih-milih pekerjaan. Di mana, mereka ini akan menjadi calon pengangguran yang selalu tidak mampu berpikir jernih untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Peristiwa PHK sangatlah bagus untuk mereka yang sudah memiliki mental yang kuat, dan selalu mampu bangkit, serta cerdas melihat peluang apa saja agar biaya kehidupan sehari-hari mereka terpenuhi. Biasanya, orang-orang ini selalu rajin dan tekun untuk mengerjakan berbagai hal. Pada akhirnya, mereka akan tumbuh menjadi pengusaha baru dengan penghasilan yang sangat besar.

Calon pengusaha yang kuat biasanya lahir dari berbagai kesulitan dan kegagalan.

Ada sebuah cerita yang menarik. Sekitar tahun 1984 an, seorang buruh pabrik yang pada saat itu bergaji sekitar Rp 180.000,- per bulan, di PHK oleh perusahaannya. Setelah di PHK, dia mencoba mencari pekerjaan diberbagai tempat, lebih dari satu tahun dia tidak mendapatkan pekerjaan. Di tengah rasa frustasi dan kehilangan akal sehat, akhirnya dia mendapatkan pekerjaan di sebuah toko grosir sebagai tenaga penjual. Sebagai tenaga penjual, dia sering bertemu dengan pembeli, dan melayani mereka dengan sepenuh hati dan sangat rendah hati. Setelah lebih dari tiga tahun dia bekerja, toko grosir tempat dia bekerja menghentikan aktivitasnya, dan diapun kembali merasakan pahitnya PHK.

Pelayanan sepenuh hati dan sangat rendah hati telah menyelamatkan hidupnya.

Para pelanggan  toko grosir tersebut masih suka menghubungi si tenaga penjual ini. Mereka suka meminta bantuannya untuk mencarikan barang-barang kebutuhan mereka dari toko-toko grosir yang lainnya, dan tenaga penjual ini mendapatkan komisi dari pelayanan yang dia berikan.

Suatu saat, ada pelanggan yang berasal dari luar negeri, memberikan modal uang agar tenaga penjual ini membelikan barang-barang kebutuhannya, dan dikirimkan ke negaranya. Dalam perjalanan waktu, mantan buruh inipun berubah menjadi pengusaha. Dia tidak saja menjadi pemilik beberapa toko grosir, tetapi juga memiliki pabrik untuk melayani kebutuhan pelanggannya. Dan, sekarang dia menikmati hasil dari PHK, bila saja dia tidak di PHK, mungkin saja sampai pensiun dia masih menjadi buruh.

Sangat banyak kisah sukses dari orang-orang yang pernah mengalami PHK. Jadi, peristiwa PHK adalah sebuah proses perjalanan diri menuju pencapaian yang lebih tinggi. Diperlukan mental yang kuat, dan tidak boleh kehilangan harapan untuk meraih sukses, walau diri sedang tidak punya pekerjaan ataupun tidak punya uang untuk sekedar biaya makan.

Setiap krisis ekonomi akan menghasilkan lahan subur untuk tumbuhnya pengusaha baru. Orang-orang optimis yang selalu bekerja dengan penuh semangat untuk memenuhi kehidupannya, akan menjadi benih yang paling berpotensi untuk menjadi pengusaha baru yang sukses.

Setiap waktu ada perusahaan-perusahaan yang kehilangan kemampuan untuk berinovasi, sehingga mereka tidak mampu tumbuh dan bertahan hidup.  Di sinilah, peluang selalu muncul untuk pengusaha baru yang masih memiliki semangat tinggi, energi kreatif, dan kemampuan untuk berinovasi. Kemajuan teknologi yang sangat cepat merupakan peluang untuk menciptakan produk-produk baru yang lebih inovatif.

Pemutusan hubungan kerja bukanlah akhir, tetapi merupakan awal untuk mencapai prestasi dan kinerja yang lebih dari sebelumnya. Jadi, janganlah marah atau kecewa dengan PHK. Tenangkan diri dan kuatkan mental dengan rasa cinta, lalu mulailah pekerjaan selanjutnya dengan sepenuh hati dan rendah hati. Tidak ada yang terlambat di dalam hidup ini, berapapun usia Anda sekarang, tetaplah semangat untuk menjadi pengusaha baru, yang memulai usaha dengan cinta dan kerja cerdas.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PELATIHAN GOAL SETTING 1 HARI 8 JAM

2013-04-221PELATIHAN GOAL SETTING 1 HARI 8 JAM

JUDUL: MENETAPKAN TUJUAN DAN MENCAPAINYA DENGAN BERKUALITAS

DESKRIPSI

Setiap keinginan pasti dapat dicapai dengan menetapkan tujuan yang jelas. Tanpa tujuan akan kehilangan arah dan cara untuk menemukan impian dan harapan. Rahasia orang-orang sukses ada di dalam kemampuan untuk menginginkan sesuatu dengan jelas, sangat meyakini untuk mendapatkan apa-apa yang diinginkan, dan menyusun rencana tindakan yang detail agar dapat segera mewujudkan keinginannya dengan sukses.

Orang-orang sukses selalu fokus dan gigih dalam mengejar apa yang mereka inginkan. Mereka tidak hanya bekerja dengan cara-cara biasa, tetapi bekerja dengan cara-cara luar biasa. Mereka cerdas  menetapkan tujuan, memotivasi dan mensugesti pola pikir mereka untuk meraih hasil terbaik, termasuk menyiapkan kualitas diri untuk dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup.

Program pelatihan Goal Setting selama satu hari ini, membantu karyawan di tempat kerja untuk bekerja dengan cara yang sistematis dan efektif.  Pelatihan ini mengajarkan cara penetapan tujuan pada tingkat rutinitas dan mencapainya dengan berkualitas, juga pada skala yang lebih besar pada upaya pencapaian visi dan misi dengan sukses dan berkualitas. 

Peserta akan belajar untuk mengeksplorasi penetapan tujuan dari berbagai sudut, menggunakan asosiasi, teknik visual, teknik afirmasi, peran, peta pikiran, dan teknik menguatkan energi keyakinan. Peserta akan belajar perumusan tujuan dan cara mengekspresikan tujuan, juga meningkatkan kesempatan untuk mencapai tujuan dengan berkualitas.

Program pelatihan Goal Setting ini bertujuan agar karyawan dan pimpinan di tempat kerja terbiasa bekerja dengan tujuan dan rencana yang jelas. Menghindarkan karyawan dan pimpinan dari jebakan pola kerja yang tidak efektif, termasuk mengeluarkan mereka dari lingkungan kerja yang tidak produktif. Peserta juga akan belajar cara untuk menghindari penundaan, serta mengeksplorasi  pola kerja yang lebih meningkatkan kinerja dan produktivitas.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Menetapkan tujuan dan mendapatkan apa yang diinginkan.
  2. Mengetahui cara mencapai tujuan.
  3. Mencapai target dengan tepat waktu.
  4. Memahami pernyataan misi.
  5. Memisahkan apa yang penting dan tidak penting.
  6. Fokus pada prioritas dan langsung mencapai tugas.

MANFAAT PELATIHAN

  1. Memahami kekuatan penetapan tujuan dan dampaknya terhadap keberhasilan.
  2. Menangkap keinginan secara sistematis dengan menggunakan teknik visual,  menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang berdasarkan prioritas.
  3. Membuat pernyataan misi dan menentukan tujuan jangka panjang.
  4. Cara menentukan tujuan yang akan membantu dalam pencapaian, dan meningkatkan kemungkinan keberhasilannya.
  5. Mampu menggunakan berbagai teknik untuk mengotomatisasi proses terus-menerus, yang mengingatkan diri sendiri tentang tujuan yang harus diraih.
  6. Mampu menyesuaikan mentalitas positif terhadap penyelesaian tugas dan menggunakan serangkaian teknik untuk menjadi lebih produktif.
  7. Cerdas menggunakan teknik visualisasi untuk memaksimalkan kemungkinan mencapai tujuan.

MATERI PEMBAHASAN

MENETAPKAN TUJUAN DAN MERAIH SUKSES

Sub Bahasan

  1. Pentingnya Menetapkan Tujuan.
  2. Manfaat dari penetapan tujuan.
  3. Penetapan tujuan dapat membantu tim dan organisasi.
  4. Tujuan dapat meningkatkan ketekunan.

CARA MENANGKAP KEINGINAN DIRI

Sub Bahasan

  1. Peta pikiran dapat membantu menangkap keinginan.
  2. Membuat visualisasi dari keinginan.
  3. Menggunakan kekuatan asosiasi untuk membuat tujuan sudah lengkap dengan semua keinginan.  

PERNYATAAN MISI

Sub Bahasan

  1. Memahami maksud pernyataan misi.
  2. Pernyataan misi dapat membantu penetapan tujuan dalam jangka panjang dan jangka pendek.
  3. Memastikan tujuan sudah sangat konsisten.
  4. Pendekatan langkah-demi-langkah untuk membuat pernyataan misi.

FORMULASI UNTUK MERUMUSKAN TUJUAN

Sub Bahasan

  1. Merumuskan tujuan dan memahami langkah untuk mengerjakannya.
  2. Merumuskan tujuan dan bisa mencapainya.
  3. Merumuskan tujuan dan mendapatkan kemudahan darinya.
  4. Merumuskan tujuan yang memotivasi diri dan tim.
  5. Merumuskan tujuan yang membuat setiap orang merasa terlibat.
  6. Memahami perbedaan antara tujuan positif dan negatif.

SUGESTI OTOMATIS UNTUK MENCAPAI TUJUAN

Sub Bahasan

  1. Sugesti dan maknanya pada penetapan tujuan.
  2. Hukum menarik yang membantu untuk mencapai tujuan.
  3. Jenis-jenis teknik tradisional yang membuat diri tekun dan fokus untuk mencapai tujuan.
  4. Menggunakan teknologi dan afirmasi untuk meningkatkan kekuatan sugesti.

PENUNDAAN

Sub Bahasan

  1. Memahami arti penundaan.
  2. Memahami penyebab penundaan.
  3. Menghindari penundaan.
  4. Mengambil keuntungan dari penundaan.

Untuk Training Hubungi

PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL

Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210

Telepon: (021) 5701505

Hp: 0812 131 888 99 

Fax: (021) 5738105

Website:http://djajendra-motivator.com

E-mail:training@djajendra-motivator.com

SELAMAT HARI NATAL 2013 UNTUK ANDA YANG MERAYAKANNYA, SEMOGA SUKACITA MENYERTAI ANDA DAN KELUARGA

DJAJENDRA 20 NOV 2013

Bila rendah hati dan berniat hidup damai, maka hidup selalu menyediakan pilihan untuk itu. Tidak ada alasan untuk tidak punya pilihan. Hidup adalah untuk saling melindungi, untuk saling peduli, dan untuk saling berbagi hati yang bersih. Orang-orang bijak selalu memiliki pilihan di dalam hal apapun, dan mereka akan memilih damai untuk semua orang. Mendengarkan, memahami, berempati, dan menjadikan hidup milik semua orang, adalah sebagian kecil dari perilaku hidup yang menciptakan damai selamanya. Siapapun yang bermimpi untuk menghadirkan damai, haruslah menjadikan dirinya energi damai. Perdamaian bukanlah sebatas niat dan ucapan, tetapi kemampuan diri untuk mengekspresikan damai di setiap momen kehidupan. ~ Djajendra

Berhati-hatilah dengan kritikus yang bersembunyi di dalam diri, dan sukanya membesarkan hal-hal negatif di dalam diri. Kuatkan diri positif dengan afirmasi positif setiap hari, hapus peran negatif kritikus diri, dan jadikan dia sebagai penguat pikiran positif.~ Djajendra

Tidak ada sesuatu yang menjadi sangat rumit, semuanya mudah, apalagi bila hati dan pikiran selalu positif, maka kemudahan akan menyederhanakan kerumitan.~ Djajendra

Mengenal pikiran sendiri, mengenal emosi sendiri, adalah perbuatan paling bijak.~ Djajendra

Sekarang inilah hidup, jangan menciptakan sesuatu yang tidak baik di momen ini, sebab setelahnya ada di dalam misteri hidup.~ Djajendra