BELAJAR HILANGNYA INTEGRITAS DARI LANCE ARMSTRONG

“Pemenang tidak menang dengan mengalahkan aturan, dia menang dengan mematuhi aturan dan etika. Bagi pemenang integritas lebih penting dari sebuah kemenangan.”~Djajendra

Lance Armstrong adalah salah satu legenda olah raga bersepeda dunia. Lance Armstrong pemenang tujuh kali berturut-turut dalam pertandingan Tour de France dari tahun 1999-2005. Dia merupakan idola dan teladan bagi pencinta olah raga bersepeda. Dia merupakan ikon yang dihormati oleh dunia karena prestasi dan perjuangannya yang konsisten.

Dalam sebuah wawancara dengan Oprah Winfrey, dalam program televisi Oprah Show, Lance Armstrong mengaku telah menggunakan doping untuk memenangkan semua kejuaraan bersepeda yang dia juarai. Tentu saja pengakuan ini mengejutkan banyak pecinta olah raga bersepeda. Teladan, ikon, dan idola mereka ternyata berbuat curang untuk kemenangannya. Penggunaan doping oleh atlet dibidang olah raga apapun sangatlah dilarang, dan diatur oleh World Anti-Doping Agency.

Pengakuan Lance Armstrong membuat marah banyak orang termasuk pimpinan World Anti Doping Agency, yang berwenang memberikan hukuman berat kepada atlet pengguna doping. Dalam wawancara dengan Oprah, Lance Armstrong mengakui bahwa dirinya sebagai pribadi berkarakter cacat, tetapi ia tidak mengaku bersalah. Dia merasa benar dan wajar menggunakan doping untuk kemenangannya.

Lance Armstrong adalah contoh atlet yang menang dengan melanggar aturan. Walaupun sudah tahu bahwa zat-zat yang dia konsumsi diatur sebagai larangan serius oleh World Anti-Doping Agency, dia tetap percaya diri untuk menggunakannya. Lance Armstrong menyingkirkan lawan-lawannya di arena dengan taktik doping. Dia mengabaikan etika dalam pertandingan. Sekarang, Lance Armstrong mendapatkan opini buruk dari publik. Perlu diingat, ketika seseorang tidak memiliki integritas, maka waktu buruk baginya akan hadir untuk menghukum hidupnya.

Integritas lebih penting dari sebuah kemenangan ataupun keuntungan. Pribadi tanpa integritas pasti kehilangan karakter baik, sehingga perilakunya suka melanggar etika dan selalu curang dalam banyak hal. Orang tanpa integritas menganggap pelanggaran etika sebagai masalah kecil, dan sangat pintar mencari celah untuk mengakali aturan.

Integritas merupakan karakter atau perilaku yang dihasilkan oleh diri yang sangat jujur kepada dirinya sendiri. Orang yang berintegritas selalu mengatakan kepada dirinya sendiri bahwa melanggar aturan adalah masalah besar. Mereka tahu bahwa perilaku yang suka melanggar aturan dan etika sesungguhnya sedang membawa hidupnya menuju penderitaan. Hidup tanpa integritas berarti sedang mewariskan masalah dan kejatuhan pada diri sendiri.

Kehidupan yang jujur dan penuh tanggung jawab itu memang tidak mudah. Sangat banyak musuh bagi integritas pribadi. Ketika Anda mempraktikkan integritas dengan penuh keyakinan dan percaya diri, maka Anda juga harus siap berhadapan dengan musuh-musuh integritas yang selalu akan mengganggu kejujuran Anda.

Kisah Lance Armstrong menunjukkan bahwa dia jatuh dari puncak kemuliaan prestasi ke dalam jurang hina. Dia yang idola dan teladan reputasinya hilang oleh tiadanya integritas. Publik juga harus menghormati kejujuran Lance Armstrong untuk mengakui bahwa dia curang. Jadi, dari satu sisi memang dia buat kesalahan dan kecurangan. Tetapi, dari sisi lain, dia mengagumkan karena berani dan jujur menceritakan aibnya sendiri.

Publik belajar dari keberanian Lance Armstrong untuk mengakui suara hatinya, yang berontak karena tidak mendapatkan kemenangan dengan cara-cara jujur dan etis. Lance Armstrong menjadi bukti bahwa integritas sangatlah penting untuk kedamaian hati. Saat Anda mendapatkan semua keinginan, impian, dan kebutuhan dengan jalan lurus dan jujur, maka kebahagiaan dan kedamaian hidup akan menjadi hasil akhir Anda. Sebaliknya, bila segala cara dihalalkan, maka penderitaan hatilah yang akan dihasilkan di sepanjang hidup.

Sangat mudah untuk melakukan hal yang benar ketika yang benar tidak menciptakan ketidaknyamanan. Bila hal benar menciptakan ketidaknyamanan, maka integritas Anda sedang dalam ujian.

Integritas merupakan perilaku yang menjadikan semua nilai-nilai kehidupan lain menjadi perilaku yang asli. Mulailah dari kepemimpinan diri sendiri untuk menjadikan integritas sebagai dasar kepribadian dan karakter. Ketika integritas menjadi fondasi yang kokoh dalam pembangunan jiwa dan karakter Anda, maka Anda menjadi pribadi unggul yang selalu siap menghadapi keadaan apapun dengan jujur dan penuh tanggung jawab.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

PELATIHAN INTEGRITAS 8 JAM

DESKRIPSI

Integritas dikaitkan dengan kejujuran dan tanggung jawab. Kejujuran dan tanggung jawab dalam integritas biasanya terekspresi melalui sikap, perilaku, kebiasaan, etos, karakter, gaya hidup, etika, etiket, dan moral. Orang-orang yang berintegritas konsisten hidupnya di dalam nilai-nilai moral tertinggi. Orang-orang berintegritas selaras hidupnya antara pikiran, ucapan, hati nurani, dan tindakan.

Integritas memerlukan mental yang ikhlas dalam meningkatkan standar kejujuran diri sendiri. Diperlukan komitmen untuk menjalani kehidupan integritas. Diperlukan keinginan, niat suci, dan keyakinan yang sangat kuat untuk menjalani kehidupan integritas. Diperlukan kesadaran dan pengetahuan untuk terus-menerus meningkatkan standar dan kualitas diri sendiri. Dan, terus-menerus, seumur hidup menyempurnakan kualitas kejujuran, tanggung jawab, serta keyakinan bahwa integritas adalah sesuatu yang bisa mendatangkan kebaikan buat diri sendiri dan orang lain. Diperlukan konsistensi diri terhadap nilai-nilai positif dan kebajikan tertinggi. Dan semua ini, hanya bisa terjadi ketika Anda bertindak untuk merubah mental Anda menjadi lebih berintegritas, merubah sifat, karakter, kepribadian, dan penampilan diri yang memperlihatkan integritas secara utuh.

Integritas meningkatkan keteguhan terhadap implementasi kejujuran dan tanggung jawab di dalam organisasi untuk mendapatkan kesuksesan. Integritas meningkatkan pengabdian kepada kejujuran dan tanggung jawab yang lebih besar dari kepentingan diri sendiri. Integritas meningkatkan perilaku kerja yang patuh pada prosedur, aturan, etika, dan selalu bekerja sepenuh hati dengan strategi yang tepat untuk keberhasilan organisasi. Integritas menjadikan diri Anda sebagai orang yang dapat dipercaya untuk menjalankan kejujuran dan tanggung jawab yang lebih besar.

Ketika karakter sudah berdasarkan integritas, maka karakter tersebut selalu fokus untuk mendisiplinkan diri dalam nilai-nilai positif. Biasanya, orang yang berkarakter integritas menjadi sangat tekun, rajin, ulet, disiplin, berani, berjuang, tidak pernah menyerah, jujur, bertanggung jawab, dan berjiwa kesatria dalam mempertanggung jawabkan semua perbuatan dan tindakan tanpa rasa takut. Integritas adalah fondasi yang sangat kokoh dan tangguh untuk menghasilkan karakter dan kepribadian yang sangat jujur dan bertanggung jawab.

Orang yang berkarakter integritas mampu menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi, prestasi luar biasa, dan kinerja yang selalu melampaui target. Orang yang benar-benar jujur dengan diri sendiri akan berusaha untuk melakukan pekerjaan dan tanggung jawab dengan sangat baik pada situasi apapun. Contoh karyawan yang berkarakter integritas di tempat kerja: hadir ke kantor lebih awal, bekerja lebih keras dan cerdas, berkonsentrasi pada setiap detail, sikap dan perilaku berdasarkan nilai-nilai inti perusahaan, jujur dan bertanggung jawab terhadap apapun yang diamanatkan kepadanya, sangat rajin untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh pekerjaannya.

Orang-orang berkarakter integritas menjalani hidup dari dalam ke luar. Mereka menjadi sangat jujur untuk menjalani kehidupan dari hati nurani, dan tidak berbohong kepada nilai-nilai kehidupan yang menjadi fondasi dari karakter diri. Integritas merupakan sebuah nilai yang sangat mahal dan sangat jarang bisa dimiliki. Tidak semua orang mampu memiliki integritas di dalam karakter dan kepribadiannya. Sangatlah mudah untuk bisa memiliki banyak uang, kekayaan materi yang melimpah ruah, dan kemewahan hidup yang luar biasa. Tetapi, sangatlah tidak mudah untuk memiliki integritas yang konsisten di dalam karakter, kepribadian, sikap, dan perilaku diri. Integritas adalah sebuah nilai yang sangat bersih. Jadi, ketika karakter seseorang berfondasikan integritas yang kuat, maka jiwa dan perilakunya menjadi sangat bersih dan bertanggung jawab di dalam kejujuran yang penuh reputasi.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Membekali mental dan perilaku integritas untuk mencapai keberhasilan di tempat kerja.
  2. Menjadikan integritas sebagai fondasi dalam pembentukan karakter diri yang lebih jujur kepada diri sendiri, lebih percaya diri, lebih mampu menjalankan akuntabilitas, responsibilitas, mental tangguh dan tak pernah menyerah, senang menjadi orang yang diandalkan, mental dan sikap yang bertanggung jawab, mental dan sikap yang kata-katanya bisa dipegang, janji-janjinya dapat dipercaya.
  3. Bekerja secara profesional sesuai dengan prinsip prinsip Good Governance yang meliputi Transparancy, Accountability, Responsibility, Independency, dan Fairness serta menjalankan Pedoman Etika Bisnis dan Tata Etika Perilaku (Code of Conduct) dengan penuh tanggung jawab.
  4. Membangun mental yang ikhlas melayani jabatan atau pekerjaan, tidak melakukan praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

MANFAAT PELATIHAN

  1. Memahami dampak integritas terhadap peningkatan kualitas hidup dan kesuksesan.
  2. Memahami bahwa integritas menciptakan tindakan dan perilaku positif yang dipercaya oleh orang lain.
  3. Memahami manfaat dan konsekuensi dari integritas yang tinggi atau rendah untuk sebuah organisasi.
  4. Membangun dasar yang kuat untuk membuat keputusan yang lebih mudah dan membangun aliansi yang kuat di internal perusahaan.
  5. Memahami bagaimana kebijakan dan prosedur dapat menjadi teman terbaik atau musuh terburuk Anda.
  6. Tindakan yang diperlukan untuk membangun reputasi perusahaan agar mendapat hasil dan pangsa pasar yang terus-menerus meningkat.

METODOLOGI

Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan(coaching),counseling, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.

GARIS BESAR MATERI INTEGRITAS PROGRAM 8 JAM

  1. Dampak integritas untuk sukses pribadi dan perusahaan
  2. Integritas meningkatkan akuntabilitas dan tanggung jawab individu
  3. Integritas berdampak positif pada pangsa pasar perusahaan
  4. Menghormati batas-batas hukum dan konsekuensi
  5. Membangun fondasi solid dalam menjalankan kebijakan dan prosedur
  6. Menghasilkan perilaku yang andal dan jujur untuk mewujudkan tujuan
  7. Membangun hubungan yang dipercaya oleh klien, pemegang saham, karyawan, manajemen, dan pemangku kepentingan lainnya.
  8. Berjalannya etika bisnis, kode etik perilaku, good governance, dan moral individu yang tinggi
  9. Menghindari konflik dan rasa curiga dengan pihak lain

Untuk Training Hubungi

PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210
Telepon: (021) 5701505
Hp: 0812 131 888 99  
Fax: (021) 5738105

PELATIHAN MORAL DAN KERJA SAMA 8 JAM

BUDAYA AKUNTABILITASPELATIHAN MORAL DAN KERJA SAMA 8 JAM

DESKRIPSI

Nilai-nilai moral menciptakan perilaku yang memandu seorang individu untuk menjalankan etika dan integritas secara bijak. Di tempat kerja, nilai-nilai moral menjadi sangat menentukan kualitas dari sebuah keputusan, tindakan, dan sikap individu dalam setiap keadaan atau situasi. Penguatan moral individu dimulai dari pembentukan karakter integritas dan akuntabilitas. Ketika karakter individu sudah kuat dengan integritas dan akuntabilitas, maka ia akan menampilkan karakter kerja yang jujur, berani, menghormati orang lain, adil, menjaga ucapan, menjaga sikap positif, menjaga perilaku positif, suka berempati, penuh kasih sayang, bertoleransi, dan beretos kerja profesional.

Moral merupakan fondasi dasar dari pembentukan karakter individu yang dapat dipercaya. Nilai-nilai moral menghasilkan kebiasaan dan perilaku kerja yang andal dan terpercaya. Nilai-nilai moral menjadi dasar dari interaksi dan kolaborasi di tempat kerja. Nilai-nilai moral membuat karyawan mampu menjalankan standar perilaku yang etis berdasarkan etika bisnis dan kode etik kerja. Nilai-nilai moral meningkatkan implementasi kode moral karyawan.

Karyawan yang bermoral tinggi selalu patuh dan menghargai pekerjaannya dengan sepenuh hati. Ia mencintai pekerjaannya dan tidak menganggap pekerjaannya sebagai sebuah beban atau kewajiban. Ia mampu menjadikan pekerjaannya sebagai sebuah permainan yang dicintai dan dijalankan sesuai aturan dan etika.

Program pelatihan selama 8 jam ini fokus pada pembentukan karakter bermoral tinggi dan kerja sama yang lebih solid. Moral yang positif membentuk perilaku individu untuk bekerja sama secara solid di tempat kerja. Dalam hal ini, setiap individu mampu meningkatkan perilaku bermoral tinggi untuk berkolaborasi, bekerja sama dalam satu tim, berkomunikasi secara positif, berkoordinasi dengan penuh tanggung jawab, dan bertindak bersama-sama untuk mencapai target dan tujuan perusahaan.

Program pelatihan ini melakukan transformasi perilaku bermoral tinggi individu ke dalam perilaku kerja sama yang solid. Dalam sesi kerja sama terjadi transformasi karakter kerja dari sifat dan karakter “aku” menjadi “kita”. Setiap orang diberikan motivasi dan inspirasi agar selalu termotivasi untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan. Pelatihan selama 1 hari ini memberikan praktek dan motivasi tentang cara membangun moral yang tinggi dan kerja sama tim yang solid.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Memahami cara pembentukan moral menjadi perilaku yang dipercaya.
  2. Nilai-nilai moral sebagai dasar pembentukan karakter dan etos kerja individu.
  3. Nilai-nilai moral sebagai fondasi integritas dan akuntabilitas.
  4. Perilaku bermoral tinggi sebagai fondasi kerja sama tim yang solid.
  5. Meningkatkan kerjasama, kolaborasi, koordinasi, komunikasi, pemecahan masalah, kepercayaan dan keterampilan emosional tim.
  6. Meningkatkan kohesivitas dan efektifitas tim, serta meningkatkan kemampuan resolusi konflik.
  7. Saling menghargai, mengelola kebersamaan, membuat keputusan, saling melengkapi kelebihan, dan mengendalikan diri masing-masing.

MANFAAT PELATIHAN 

  1. Memahami moral sebagai dasar membentuk perilaku dan karakter yang dipercaya.
  2. Memahami cara mengembangkan pemahaman moral dengan standar benar dan salah, baik dan buruk.
  3. Memahami cara menggunakan dan mengklarifikasi nilai-nilai dasar penguat moral.
  4. Memahami cara meningkatkan integritas dan akuntabilits di tempat kerja.
  5. Memahami cara menjadikan moral sebagai akar pengembangan karakter diri yang unggul.
  6. Memahami bahwa moral dapat meningkatkan keharmonisan berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, bawahan dan stakeholder lainnya.
  7. Memahami kontribusi moral terhadap nilai-nilai kejujuran, keadilan, tanggung jawab, empati, dan anti korupsi.
  8. Memahami cara membina perkembangan moral untuk menjaga komitmen terhadap etika, integritas, loyalitas, dan tanggung jawab.
  9. Membangun tim kerja yang solid untuk pencapaian kinerja terbaik.
  10. Mencegah tim kerja membuat keputusan yang salah.
  11. Mencegah tim jatuh ke dalam mentalitas destruktif.
  12. Peningkatan kerjasama, pemecahan masalah, koordinasi, kolaborasi, pelayanan, kontribusi, komunikasi, sinergi, kepercayaan dan keterampilan emosional.

METODOLOGI PELATIHAN

Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar Dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.

GARIS BESAR MATERI PEMBAHASAN SELAMA 8 JAM

TEMA: MORAL DAN KERJA SAMA

  1. Pemahaman dasar moral
  2. Moral sebagai fondasi karakter
  3. Karakteristik nilai-nilai moral
  4. Sumber dan sifat moral
  5. Model perilaku moral
  6. Nilai-nilai moral dan norma-norma yang menciptakan perilaku terpercaya
  7. Mengekspresikan moral dalam interaksi dan komunikasi sehari-hari
  8. Moral tinggi meningkatkan integritas untuk sukses pribadi dan perusahaan
  9. Moral meningkatkan integritas, akuntabilitas, dan tanggung jawab individu
  10. Integritas berdampak positif pada pangsa pasar perusahaan
  11. Moral menghormati batas-batas hukum dan konsekuensi
  12. Moral karyawan membangun fondasi solid dalam menjalankan kebijakan dan prosedur
  13. Moral menghasilkan perilaku yang andal dan jujur untuk mewujudkan tujuan
  14. Membangun hubungan yang dipercaya oleh klien, pemegang saham, karyawan, manajemen, dan pemangku kepentingan lainnya.
  15. Berjalannya etika bisnis, kode etik perilaku, good governance, dan moral individu yang tinggi
  16. Menghindari konflik dan rasa curiga dengan pihak lain
  17. Peran individu dalam tim dan kerja sama
  18. Perilaku individual, orientasi dan pengaruhnya terhadap tim
  19. Membangun kepribadian dan karakter yang siap untuk melakukan kerja sama
  20. Menjadi bagian dari sistem kerja sama yang solid
  21. Keuntungan bekerja dalam tim
  22. Menjaga disiplin untuk kemajuan tim dari waktu ke waktu
  23. Peran setiap anggota tim dalam membangun tim yang unggul
  24. Kombinasi dari peran yang dibutuhkan dalam sebuah tim yang ideal
  25. Membantu anggota tim untuk mencapai hasil yang lebih baik dan merasa lebih mampu
  26. Strategi untuk mencegah anggota tim jatuh ke mentalitas negatif dan destruktif
  27. Prinsip kerja yang dapat diterapkan ke diri sendiri dan tim Anda, untuk meningkatkan harga diri dan produktivitas tim
  28. Mengelola orang-orang di sekitar dengan motivasi dan gairah kerja
  29. Mengelola, mencegah, menyelesaikan potensi konflik
  30. Kiat-kiat penanganan terhadap orang-orang yang sulit diatur
  31. Mengorganisir pekerjaan dan tanggung jawab dengan efektif
  32. Mengembangkan dan meningkatkan sikap, perilaku, dan mental positif
  33. Mengelola stres, marah, dan emosi negatif lainnya agar tidak merusak proses kerja
Untuk training hubungi:
PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210
Telepon: (021) 5701505
Hp: 0812 131 888 99
Fax: (021) 5738105

ANDA SUDAH SANGAT KAYA RAYA

HIDUP BERKELIMPAHAN 2015“Semua yang ada di dalam kehidupan untuk Anda, betapa kayanya Anda yang hidupnya dalam rasa syukur.”~Djajendra

Hidup adalah anugerah terindah. Siapapun yang mampu melihat keseluruhan yang tersedia di alam semesta ini untuk dirinya, maka dia mampu bersyukur dan merasakan anugerah terindah dari Tuhan. Semua yang ada dalam kehidupan untuk Anda. Nikmati dengan rasa syukur dan rendah hati.

Alam semesta untuk Anda. Matahari untuk Anda. Bulan untuk Anda. Bintang-bintang untuk Anda. Orang-orang dan kehidupan sosial untuk Anda. Kereta api untuk Anda. Pesawat terbang untuk Anda. Kapal untuk Anda. Bis dan mobil untuk Anda. Motor untuk Anda. Jalan raya untuk Anda. Pemimpin untuk Anda. Pohon-pohon untuk Anda. Warna-warni bunga untuk Anda. Hubungan baik untuk Anda. Burung-burung untuk Anda. Hutan untuk Anda. Kebun binatang untuk Anda. Lautan luas untuk Anda. Pantai yang indah untuk Anda. Gunung untuk Anda. Buah-buahan dan sayur-mayur untuk Anda. Senyum tulus untuk Anda. Makanan dan minuman untuk Anda. Ada Tuhan yang siap menolong dan membantu Anda. Tuhan sudah menyiapkan doa-doa untuk menguatkan hidup Anda. Semuanya untuk Anda. Betapa sangat kayanya Anda. Betapa sangat sayangnya Tuhan kepada kita semua. Jadi, mengapa masih merasa kekurangan? Bukankah kehidupan sudah memberikan keberlimpahan yang luar biasa?

Kebanyakan orang suka menghabiskan seluruh waktu hidupnya untuk mengejar ambisi dan mimpi di satu, dua, atau tiga bidang kehidupan. Orang-orang lupa bahwa sangat banyak bagian kehidupan yang tersedia untuk disyukuri dan dinikmati. Sangat banyak orang terjebak dalam perangkap mengejar prestasi dan karir, yang tidak pernah habis-habisnya. Kegigihan dan mentalitas prestasi sangatlah penting, tetapi bila diri diserahkan begitu saja pada satu atau dua bidang kehidupan, dan melupakan anugerah dibidang lain, maka semua keberhasilan akan menghadihkan kekurangan.

Sangat banyak bakat dan potensi yang hidup di dalam diri Anda. Bila Anda sadar untuk menghidupkan mereka bagi kebaikan hidup, maka hidup Anda menjadi sangat berarti dan lebih kaya raya lagi. Jangan biarkan diri Anda terjebak dalam ambisi sempit, tumbuhkan hidup Anda melebihi dari kepentingan diri sendiri. Jangan biarkan diri Anda terpenjara dalam dogma dan keyakinan yang membatasi potensi Anda. Jangan biarkan diri Anda dikerdilkan oleh rasa takut dan rasa khawatir. Anda adalah kekayaan luar biasa. Sebagai benih, Anda hadir ke bumi sebagai pemenang nomor satu setelah mengalahkan ratusan juta benih. Anda adalah juara sejak masih benih, dan tumbuhlah sebagai juara di dalam kehidupan Anda.   

Kehidupan merupakan akumulasi dari satu peristiwa ke peristiwa selanjutnya. Semuanya saling terkait dan memiliki maksud, yang hanya dapat dipahami ketika Anda sudah bisa ikhlas dengan perjalanan hidup Anda. Kadang-kadang, perjalanan hidup tidak mengalir seperti yang diharapkan, bisa berbelok arah dan menjauh dari rencana. Bila Anda sabar dan tidak pernah menyerah untuk mewujudkan rencana Anda, mungkin memerlukan beberapa bulan, atau bahkan bertahun-tahun, sebelum Anda mampu mewujudkan apa yang Anda rencanakan. Hal terpenting yang perlu Anda pahami adalah bahwa apapun yang Anda kerjakan dengan konsisten di sepanjang kehidupan Anda akan menghadiahkan sukses untuk Anda. Dan, apapun yang Anda yakini dengan sepenuh hati akan menjadi nyata dalam hidup Anda.

Saat Anda sedang menghadapi ketidakpastian arah kehidupan, saat itu Anda harus lebih optimis dan penuh semangat untuk melakukan hal-hal produktif daripada duduk diam dan berkeluh-kesah. Ingatlah selalu bahwa seluruh kekayaan yang berlimpah di alam semesta ini untuk Anda. Jadi, jangan duduk diam dalam keheningan, bangkitlah dan kerjakan apa saja yang bisa membuat Anda tetap bersemangat dan percaya diri. Hiduplah pada hari ini dengan sepenuh hati dan bekerja lebih keras lagi. Hiduplah setiap hari, apapun situasi dan keadaan Anda, untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

Mungkin saja Anda harus melalui jalan yang penuh batu-batuan runcing yang melukai kaki Anda, atau mungkin saja Anda harus melalui jalan yang penuh semak duri sebelum mencapai garis akhir tujuan Anda. Tetapi, bila dalam setiap langkah di sepanjang jalan kehidupan, Anda mampu menemukan kasih Tuhan, menemukan anugerah terindah dari kehidupan, maka Anda mampu menjaga suasana hati yang penuh sukacita.

Anda sudah sangat kaya raya. Anda hidup di bumi yang sangat kaya dan berlimpah-ruah. Temukan kepercayaan, keyakinan, keberanian, dan kekuatan untuk mendapatkan cara yang tepat di dalam kehidupan Anda yang berkelimpahan. Yakinlah bahwa di masa depan sudah ada hadiah besar yang menunggu untuk Anda. Syarat untuk mengambil hadiah terbesar itu adalah Anda harus terus optimis dan bekerja dengan integritas di sepanjang jalan kehidupan Anda. Anda harus yakin dan percaya bahwa apapun keadaan dan situasi Anda pasti lebih kecil dibandingkan Anda. Anda harus selalu tampil lebih hebat dan lebih besar dibandingkan keadaan hidup Anda. Anda tidak boleh sekalipun tunduk dan merasa kalah dengan keadaan hidup Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

TERUS-MENERUS BEKERJA DALAM DIAM UNTUK MEMBANGUN DIRI SENDIRI

MOTIVASI DJAJENDRA 24 11 2015“Keberhasilan Anda bersumber dari kekuatan diri sendiri. Semakin percaya diri dan yakin untuk mencapai tujuan, semakin mudah mencapai tujuan.”~Djajendra

Salah satu perilaku untuk mewujudkan sukses adalah terus-menerus bekerja keras dalam upaya meningkatkan kualitas diri sendiri. Anda tidak perlu berpikir tentang apa yang mungkin dan apa yang tidak mungkin untuk Anda wujudkan. Anda cukup memiliki perilaku yang selalu merasa kuat, mampu, yakin, termotivasi, berani, bekerja keras, dan fokus untuk mewujudkan apa yang sudah ada dalam rencana hidup Anda.

Bermimpilah setinggi mungkin, lalu bekerja keraslah dengan konsisten di dalam diam. Tidak perlu Anda bercerita panjang lebar tentang kerja keras Anda, biarkan sukses Anda yang bercerita. Anda cukup menjadi pribadi yang rendah hati yang tak pernah berhenti untuk bekerja dengan lebih keras lagi.

Bagi Anda yang ingin sukses, hambatan dan rintangan haruslah menjadi permainan yang menyenangkan. Anda tidak boleh berkeluh-kesah atau pun takut menghadapi realitas yang tidak pasti. Anda harus berani dan yakin untuk melangkah ke depan dengan strategi yang mampu memenangkan keadaan. Anda harus selalu merasa lebih besar dan lebih kuat dari keadaan yang sedang Anda hadapi. Anda harus mampu menjaga perilaku yang tepat untuk mendapatkan kesuksesan yang diimpikan. Anda harus bekerja keras secara konsisten di dalam semua situasi. Tidak boleh membiarkan semangat Anda jatuh. Tidak boleh diam dalam bingung atau pun ragu. Anda harus penuh disiplin untuk bekerja keras di dalam diam.

Anda harus membangun mental sukses yang sangat berani dan percaya diri dalam menetapkan tujuan. Setelah itu, biasakanlah untuk bekerja keras tanpa pernah menyerah melalui disiplin diri yang luar biasa. Jadilah pribadi yang selalu menjaga motivasi diri untuk mencapai apa yang sudah Anda tetapkan di dalam tujuan Anda.

Jangan pernah membiarkan rasa takut merusak motivasi dan rasa percaya diri Anda. Jangan pernah rasa takut menghancurkan kekuatan keberanian Anda. Ketika tiba-tiba rasa takut menyenggol Anda, segeralah kecilkan rasa takut itu, singkirkan dia dari realitas hidup Anda. Rasa takut bisa menjadi kekuatan yang menghambat Anda untuk mewujudkan keinginan menjadi kenyataan.

Ketika Anda memiliki impian dan keinginan yang besar, maka kehidupan Anda akan menjadi sebuah perjalanan yang serius dan membutuhkan ketekunan yang luar biasa. Anda membutuhkan dorongan motivasi dan keberanian yang luar biasa agar dapat mewujudkan impian dan keinginan. Anda harus siap mental untuk menghadapi hal-hal yang berada di luar kendali atau pun di luar kemampuan Anda. Anda harus siap mental untuk tetap melangkah ke depan saat kegagalan menjatuhkan Anda berkali-kali. Anda tidak boleh berhenti atau pun menyerah ketika kesulitan membuat Anda tersesat di dalam gelapnya perjalanan menuju tujuan. Saat Anda tersesat di dalam kegelapan, tingkatkan kualitas iman, gunakan setiap detik untuk mengingat bahwa Tuhan pasti membantu dan menyelamatkan Anda. Katakan di dalam hati terus-menerus bahwa Tuhan pasti membantu Anda, dan tetaplah penuh semangat untuk bekerja keras di dalam konsistensi menuju tujuan Anda.

Fokuslah di jalur kehidupan yang telah Anda pilih. Miliki strategi yang tepat untuk menjaga diri Anda agar tetap bergerak di jalur kehidupan yang sudah Anda pilih. Jangan ugal-ugalan menuju tujuan Anda, tetaplah jaga disiplin dan kepatuhan untuk bergerak di jalur kehidupan yang sudah Anda pilih. Fokuskan energi dan waktu semaksimal mungkin untuk berada di jalur kehidupan pilihan Anda. Ciptakan konsistensi untuk kesuksesan di semua bidang kehidupan Anda. Sepanjang hari rasakan sukacita dan motivasi luar biasa yang membuat Anda tetap gairah bersama perjalanan hidup Anda.

Sekali lagi saya katakan bahwa hidup itu tidak mudah. Apalagi bila Anda memiliki cita-cita dan mimpi yang sangat besar. Jelas, mimpi dan cita-cita besar membutuhkan kerja keras yang luar biasa, tidak mungkin bisa dicapai dengan cara kerja yang biasa-biasa saja. Anda harus sangat kreatif dan inovatif untuk bisa bekerja dengan cara-cara luar biasa. Semakin besar mimpi dan cita-cita Anda, semakin banyak rintangan dan cobaan hidup yang harus Anda lalui. Itulah hukum kehidupan. Tidak ada kehebatan dan kebesaran dengan cara mudah. Kehebatan dan kebesaran hidup hanya dapat diwujudkan melalui perjuangan yang penuh keberanian dari kekuatan mental yang luar biasa.

Jadilah dalam setiap situasi setiap hari untuk menjadi lebih kuat, lebih baik, lebih berani, lebih percaya diri, dan lebih yakin dengan tujuan hidup Anda. Ketika Anda terjebak dalam serangkaian peristiwa kehidupan yang membuat Anda jatuh tersungkur ke jurang paling dalam, maka jangan tangisi kemunduran dan kejatuhan itu. Bila Anda tangisi dan berkeluh-kesah, maka kesulitan akan menjadi semakin sulit di dalam kehidupan Anda. Sedangkan Anda sudah memiliki tujuan untuk mencapai mimpi yang sangat besar. Jagalah mimpi-mimpi Anda, jangan pernah membiarkan keadaan terburuk dalam kehidupan Anda mematikan mimpi-mimpi Anda. Tetaplah optimis dan yakinlah bahwa Tuhan maha penyayang dan maha membantu kehidupan Anda. Yakinkan diri Anda bahwa setiap kemunduran dan kejatuhan adalah batu loncatan untuk membantu Anda menjadi lebih baik. Gunakan doa, mantra, afirmasi, atau apapun yang Anda percaya untuk mengingatkan diri Anda agar Anda tetap berada di jalur kehidupan yang menjadikan Anda lebih baik.

Keinginan, impian, rencana, visi, misi, nilai-nilai kehidupan, keyakinan, keimanan, cita-cita, keberanian, ada di dalam kemampuan Anda. Tetapi, tindakan tidak sepenuhnya berada dalam kemampuan Anda. Saat Anda mulai bertindak dengan penuh keyakinan untuk berhasil, saat itu Anda harus sadar bahwa tidak semua hal di wilayah tindakan berada dalam kontrol Anda. Anda harus ikhlas menerima hasil dari kerja keras Anda. Anda mau ikhlas melepaskan hal-hal di luar kendali Anda. Anda harus memiliki iman yang konsisten dalam apa yang sedang Anda kerjakan. Dalam wilayah tindakan atau action tidak sepenuhnya berada dalam kontrol Anda. Di sinilah Anda butuh berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Di wilayah tindakan semua rencana dan keyakinan Anda bisa salah dan tak berkutik. Di wilayah tindakan Anda harus rendah hati untuk belajar dari masalah yang muncul, dan memiliki kemampuan untuk memperbaiki penghambat, sehingga Anda bisa memimpin jalannya rencana Anda di wilayah tindakan.

Jangan pernah berhenti untuk terus-menerus bekerja dalam diam untuk membangun diri sendiri. Bila Anda terlalu banyak berbicara dan berkoar-koar tentang impian dan keinginan Anda, maka waktu dan energi Anda akan terbuang percuma untuk urusan tersebut. Dan, orang-orang yang mendengarkan Anda pun akan menganggap Anda bermulut besar, tapi belum menunjukkan hasil sukses apapun. Anda bisa menjadi apa yang Anda yakini, tetapi perlu bekerja keras yang luar biasa di dalam diam.Tidak perlu berbasa-basi tentang apa yang sedang Anda kerjakan kepada orang lain. Bila Anda terlalu banyak basa-basi dengan orang lain, bisa saja mereka mengatakan sesuatu yang membuat Anda ragu atau takut dengan masa depan Anda. Ingat! rasa takut dan ragu sangat destruktif terhadap pencapaian Anda. Oleh karena itu, dalam proses mewujudkan impian, Anda harus terus-menerus menegaskan kepada diri sendiri bahwa Anda mampu dan pasti bisa mewujudkannya. Jangan biarkan siapa pun atau apa pun yang mengambil impian Anda, jaga mimpi-mimpi Anda dan wujudkan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MENGEKSEKUSI PENJUALAN DENGAN SUKSES

SALES MOTIVATION 2015

“Fokuslah pada wilayah penjualan yang berada dalam kendali Anda. Jangan fokus berlebihan di wilayah yang dikendalikan oleh orang lain.”~Djajendra

Jika Anda ingin menjadi penjual yang sukses, Anda harus fokus seratus persen di wilayah penjualan yang dapat Anda kontrol. Anda tidak mungkin bisa mengendalikan semua wilayah penjualan sendirian, Anda tetap bergantung pada orang lain. Jadi, sehebat apapun Anda dalam menjual, Anda dibatasi oleh wewenang orang lain.

Sebagai penjual, Anda harus sadar bahwa ada dua sisi transaksi dalam sebuah proses penjualan. Sisi pembeli dan sisi penjual. Penjualan terjadi karena ada penjual dan pembeli. Di sini ada dua kepentingan, ada dua wewenang, ada dua keputusan. Penjual tidak dapat menentukan sendiri eksekusi penjualan, harus ada kesepakatan dengan pembeli sebelum mengeksekusi penjualan. Intinya, kesuksesan penjual ditentukan oleh keputusan pembeli untuk membeli dan kesiapan penjual untuk menjual.

Pembeli membeli tidak karena penjual melakukan penjualan dengan hebat, mereka membeli karena keinginan dan kebutuhan. Oleh karena itu, Anda sebagai penjual, harus memiliki etos menjual yang mampu mempengaruhi keinginan dan kebutuhan pembeli. Kembangkan perilaku dan etos yang tidak pernah menyerah untuk menemukan pembeli yang berpotensi membeli sebanyak mungkin. Pembelilah yang menghidupi penjual. Pembelilah yang menjadi jantung dari kehidupan bisnis. Tanpa partisipasi dan kontribusi dari pembeli, penjualan tidak akan terjadi. Pencapaian target penjualan hanya dapat dicapai ketika penjual mampu mendapatkan sebanyak mungkin pembeli, yang membutuhkan dan menginginkan produk atau jasa yang penjual pasarkan.

Pembeli dan target penjualan berada di luar kendali penjual. Anda harus ingat bahwa perilaku pembeli dan target pencapaian penjualan tidak di dalam kendali Anda. Jadi, Anda tidak perlu terlalu banyak fokus pada pembeli ataupun target. Bila semua waktu, energi, pikiran, dan upaya Anda difokuskan pada pembeli dan target penjualan, maka Anda sulit mencapai penjualan terbaik. Anda harus fokus untuk mengembangkan perilaku dan etos menjual yang bisa mempengaruhi pembeli untuk membeli dari Anda. Sebab, perilaku Anda yang disukai oleh pembeli dapat menjadi kekuatan yang meyakinkan mereka untuk membeli sebanyak mungkin dari Anda. Dan, bila semakin banyak pembeli yang suka dengan perilaku ataupun cara Anda menjual, maka Anda pasti mampu menjual lebih banyak lagi, dan tentu saja memenuhi target penjualan Anda dengan sempurna.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

INTEGRITAS DAPAT DILIHAT MELALUI KARAKTER DAN KEPRIBADIAN SESEORANG

BUDAYA AKUNTABILITAS“Integritas adalah perilaku dan sikap yang jujur dalam menjalankan tanggung jawab dan mempertanggungjawabkan tanggung jawab dengan sangat jujur.”~Djajendra

Integritas dikaitkan dengan kejujuran dan tanggung jawab. Kejujuran dan tanggung jawab dalam integritas biasanya terekspresi melalui sikap, perilaku, kebiasaan, etos, karakter, gaya hidup, etika, etiket, dan moral. Orang-orang yang berintegritas tinggi konsisten hidupnya di dalam nilai-nilai positif tertinggi. Orang-orang berintegritas tinggi selaras hidupnya antara pikiran, ucapan, hati nurani, dan tindakan.

Orang-orang yang serakah, culas, banyak bohong, suka berpura-pura, adalah orang-orang yang tidak memiliki fondasi untuk mempraktikkan integritas di dalam hidupnya. Orang-orang yang sering stres dan bersikap negatif adalah contoh nyata dari tiadanya integritas di dalam dirinya. Orang-orang yang selalu merugikan teman, negara, keluarga, perusahaan, dan orang lain adalah contoh nyata dari tiadanya integritas. Orang-orang yang selalu bersikap dan berperilaku serakah terhadap uang, adalah contoh dari tiadanya integritas. Orang-orang yang suka mengecilkan atau mengabaikan komitmen kepada orang lain, adalah contoh dari tiadanya integritas. Integritas adalah sebuah nilai yang sangat mudah terlihat dari karakter dan kepribadian seseorang.

Kehidupan integritas memerlukan mental yang ikhlas dalam meningkatkan standar kejujuran diri sendiri. Diperlukan komitmen untuk menjalani kehidupan integritas. Diperlukan keinginan, niat suci, dan keyakinan yang sangat kuat untuk menjalani kehidupan integritas. Diperlukan kesadaran dan pengetahuan untuk terus-menerus meningkatkan standar dan kualitas diri sendiri. Dan, terus-menerus, seumur hidup menyempurnakan kualitas kejujuran, tanggung jawab, serta keyakinan bahwa integritas adalah sesuatu yang bisa mendatangkan kebaikan buat diri sendiri dan orang lain. Diperlukan konsistensi diri terhadap nilai-nilai positif dan kebajikan tertinggi. Dan semua ini, hanya bisa terjadi ketika Anda bertindak untuk merubah mental Anda menjadi lebih berintegritas, merubah sifat, karakter, kepribadian, dan penampilan diri yang memperlihatkan integritas secara utuh.

Kualitas integritas terlihat dari karakter dan kepribadian sehari-hari, dapat terlihat dari apa yang dilakukan sehari-hari. Intinya, integritas terlihat melalui sikap dan perilaku sehari-hari. Contoh: Anda berkomitmen untuk memiliki tubuh yang bugar, sehat, dan berotot. Untuk bisa mewujudkannya, Anda harus memiliki integritas yang konsisten. Bila Anda sudah memiliki integritas, Anda akan menjadi pribadi yang sangat jujur kepada diri sendiri dan sangat bertanggung jawab untuk mewujudkan komitmen Anda. Kejujuran dan tanggung jawab Anda akan mendorong Anda menjadi sangat disiplin dan rajin untuk berolahraga, diet sehat, tidur yang cukup, berpikir positif, serta menjalani gaya hidup yang sehat dan holistik. Dan, tidak ada rintangan apapun yang bisa menghentikan Anda untuk memiliki tubuh yang bugar, sehat, dan berotot. Anda akan bereaksi dan menanggapi semua kesulitan dan hambatan dengan keyakinan untuk tetap mewujudkan komitmen Anda. Integritas adalah fondasi yang menguatkan rasa tanggung jawab dan kejujuran dari nilai-nilai kehidupan yang lainnya.

Integritas meningkatkan keteguhan terhadap implementasi kejujuran dan tanggung jawab; meningkatkan pengabdian kepada kejujuran dan tanggung jawab yang lebih besar; meningkatkan kemampuan untuk menjaga ucapan dan perbuatan dalam satu energi positif; dan menjadikan diri sebagai orang yang dapat dipercaya untuk menjalankan kejujuran dan tanggung jawab besar.

Ketika karakter Anda sudah berdasarkan integritas, maka karakter Anda tersebut selalu fokus untuk mendisiplinkan diri Anda dalam nilai-nilai positif. Biasanya, Anda yang berkarakter integritas menjadi sangat tekun, rajin, ulet, disiplin, berani, berjuang, tidak pernah menyerah, jujur, bertanggung jawab, dan berjiwa kesatria dalam mempertanggung jawabkan semua perbuatan dan tindakan tanpa takut. Integritas adalah fondasi yang sangat kokoh dan tangguh untuk menghasilkan karakter dan kepribadian yang sangat jujur dan bertanggung jawab.

Anda yang berkarakter integritas mampu menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi, prestasi luar biasa, dan kinerja yang selalu melampaui target. Anda yang benar-benar jujur dengan diri sendiri akan berusaha untuk melakukan pekerjaan dan tanggung jawab dengan sangat baik pada situasi apapun. Contoh karyawan yang berkarakter integritas di tempat kerja: hadir ke kantor lebih awal, bekerja lebih keras dan cerdas, berkonsentrasi pada setiap detail, sikap dan perilaku berdasarkan nilai-nilai inti perusahaan, jujur dan bertanggung jawab terhadap apapun yang diamanatkan kepadanya, sangat rajin untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh pekerjaannya.

Orang-orang berkarakter integritas menjalani hidup dari dalam ke luar. Intinya, menjadi sangat jujur untuk menjalani kehidupan dari hati nurani, dan tidak berbohong kepada nilai-nilai kehidupan yang menjadi fondasi dari karakter diri. Integritas merupakan sebuah nilai yang sangat mahal dan sangat jarang bisa dimiliki. Tidak semua orang mampu memiliki integritas di dalam karakter dan kepribadiannya. Sangatlah mudah untuk bisa memiliki banyak uang, kekayaan materi yang melimpah ruah, dan kemewahan hidup yang luar biasa. Tetapi, sangatlah tidak mudah untuk memiliki integritas yang konsisten di dalam karakter, kepribadian, sikap, dan perilaku diri. Integritas adalah sebuah nilai yang sangat suci. Jadi, ketika karakter seseorang berfondasikan integritas yang kuat, maka jiwa dan perilakunya menjadi sangat suci dan bertanggung jawab di dalam kejujuran yang penuh reputasi.     

“Jika kejujuran tidak ada, itu harus diciptakan karena merupakan cara yang paling pasti untuk menjadi kaya.”~ Earl Nightingale

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com