MEMBANGUN MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK

MOTIVASI 31032016

“Menuju masa depan yang lebih baik seperti mendaki gunung. Kadang harus turun ke lembah sebelum naik ke puncak, kadang jalan sangat licin dan mudah terpeleset, kadang kelelahan dan harus memulihkan tenaga, banyak resiko yang harus dihadapi sebelum sampai di puncak tertinggi. Bila Anda yakin, percaya diri, hati-hati, sabar, tegar, belajar, kuat mental, kuat fisik, menyenangi proses, ikhlas dengan kenyataan yang tidak diinginkan, maka masa depan yang lebih baik dapat Anda capai.”~Djajendra

Hambatan terbesar menuju masa depan yang terbaik adalah rasa takut dan merasa tidak mampu. Pikiran pesimis membuat masa depan gelap dan tak terlihat. Rasa takut muncul karena rendahnya pengetahuan dan keyakinan. Rasa takut yang berlebihan akan membuat Anda menyerah untuk berjuang menuju masa depan. Jadi, bila Anda ingin memiliki masa depan yang lebih baik, Anda harus menghapus semua hambatan. Anda harus yakin bahwa diri Anda hanya satu dan unik, tidak ada duanya. Walau Anda tidak pintar dan tidak bisa melakukan banyak hal, Anda cukup fokus pada satu hal dan mengerjakannya dengan sepenuh hati. Jangan membiarkan apa yang tidak bisa Anda lakukan mengganggu apa yang bisa Anda lakukan. Fokuskan semua energi dan waktu Anda, untuk melakukan apa yang bisa Anda lakukan dengan sebaik-baiknya.

Masa depan bukan menunggu takdir dengan mempercayai ramalan, tetapi dimulai dengan kerja keras dan tanggung jawab untuk mewujudkan visi. Masa depan adalah perjalanan dan proses yang kompleks, tidak ada jalan yang mudah untuk masa depan terbaik. Masa depan yang lebih baik dapat diwujudkan ketika Anda sadar untuk mengikuti perubahan, serta tidak ngotot dengan keyakinan dan pikiran Anda.

Tidak ada jaminan apapun tentang masa depan yang Anda inginkan. Anda hanya perlu untuk tidak berpangku tangan dan menunggu takdir. Anda harus berinisiatif mengambil resiko dan berperan aktif mengubah setiap peristiwa menjadi hal yang baik bagi masa depan Anda. Anda harus membiasakan diri untuk bekerja dan bertindak di dalam perubahan.

Masa depan yang lebih baik bekerja jika hari ini Anda memulai kehidupan dengan rasa syukur dan terima kasih. Langkah pertama menuju masa depan terbaik dimulai dari kejujuran Anda, untuk menerima dan merasa percaya diri pada kenyataan hidup hari ini. Jangan berdiri di atas keinginan, karena keinginan belum Anda miliki, Anda hanya memiliki kenyataan hidup pada hari ini. Jadi, jujurlah dengan diri sendiri tentang kenyataan hidup Anda, jangan bohongi diri sendiri seolah-olah keinginan Anda itu adalah kenyataan hidup Anda. Intinya, perjalanan menuju masa depan yang lebih baik membutuhkan kejujuran dari diri sendiri.

Setelah langkah pertama sudah mantap dan Anda memiliki keyakinan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Anda dapat memulai langkah berikutnya dengan belajar dan bersikap rendah hati; menguatkan keberanian dan tekad Anda menuju masa depan; menyiapkan mental untuk terbiasa di zona perubahan; serta kemampuan untuk beradaptasi di setiap situasi dan kenyataan hidup.

Langkah selanjutnya adalah menjalankan rutinitas menuju masa depan dengan sepenuh hati dan totalitas. Anda harus sadar untuk memperluas wawasan hidup dan sadar untuk bersikap positif terhadap semua realitas hidup. Anda harus menggunakan kekuatan optimisme di dalam sikap rendah hati dan jiwa besar. Anda harus melihat masa depan berdasarkan tindakan dan reaksi pada hari ini. Jadi, Anda harus sadar bahwa apapun yang Anda tanam pada hari ini akan menghasilkan sesuatu di masa depan. Oleh karena itu, jadilah bijak dan cerdas dalam bertindak dan bersikap terhadap segala sesuatu, jangan terbawa emosi, kendalikan diri agar emosi dan pikiran sesuai arah masa depan yang Anda inginkan.

Setiap langkah menuju masa depan terbaik harus dilakukan dengan motivasi dan kepercayaan diri yang tinggi. Ketika motivasi hilang, cari cara untuk menemukannya kembali, dan terus-menerus menguatkan semangat diri untuk melakukan yang harus dilakukan menuju masa depan. Jangan mau tunduk pada realitas yang sulit Anda mengubahnya, jadilah lebih kreatif untuk menemukan solusi.

Miliki kemampuan dan kekuatan mental untuk melakukan tindakan menuju masa depan. Jangan menunggu semuanya tersedia baru bergerak, kesempurnaan tidak akan pernah ada, yang ada hanyalah kerja keras dengan cara-cara kreatif dan inovatif. Hilangkan keraguan dan membentuk mental yang merasa mampu, serta siap berjuang dengan totalitas untuk membentuk masa depan sesuai impian.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

CODE OF CONDUCT

code of conduct 30032016“Di tempat kerja, ada dua hal yang harus dihormati oleh setiap karyawan.Pertama: kepatuhan, dan yang kedua: komitmen. Kepatuhan berarti tunduk pada sistem, prosedur, kebijakan, aturan, dan struktur organisasi. Komitmen berarti melakukan janji dan menepati semua ucapan dengan integritas yang tinggi.”~Djajendra

Kode etik perilaku atau biasa yang disebut dengan code of conduct  adalah payung etika di tempat kerja. Code of conduct mengatur apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh setiap orang di tempat kerja. Tujuannya sederhana, yaitu agar sistem dan struktur bergerak dengan perilaku kerja yang etis dan tepat. Tanpa code of conduct akan terjadi kebingungan untuk memastikan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh, apa yang benar dan apa yang tidak benar, sehingga proses kerja berpotensi di dalam konflik dan ketidakpastian.

Pertempuran antara baik dan tidak baik selalu ada. Kehadiran code of conduct dimaksudkan untuk membangun kehidupan kerja yang etis dan saling bertanggung jawab atas perilakunya masing-masing. Ini juga dimaksudkan untuk membangun kehidupan yang melancarkan proses kerja dengan etos yang baik. Code of conduct secara tegas membela yang baik dan menguatkan yang baik agar selalu menang melawan yang tidak baik. Code of conduct membuat karyawan dan pimpinan  percaya bahwa dengan kekuatan etis, tanggung jawab dapat dipertanggung jawabkan secara terhormat.

Moral adalah bagian terpenting dari code of conduct. Secara alami setiap orang memiliki karunia moral untuk memiliki perilaku etis, dan mereka punya hati nurani untuk membedakan apa yang baik dan apa yang tidak baik. Dengan memberikan code of conduct kepada setiap orang di tempat kerja, maka kehidupan kerja akan menghasilkan perilaku yang terhormat dan etis. Perilaku etis bekerja dan melayani untuk kejujuran, kebenaran, keadilan, kesetaraan, kebahagiaan, dan tanggung jawab.

Code of conduct harus diimbangi dengan internalisasi nilai-nilai inti (core values) perusahaan. Core values bertujuan membentuk fondasi etos kerja untuk mendukung tujuan dan strategi perusahaan. Sedangkan, code of conduct memberikan kekuatan untuk menangkis perilaku-perilaku tidak baik atau tidak etis. Bila core values dan code of conduct dapat dijalankan menjadi perilaku kerja setiap individu di tempat kerja, maka proses kerja akan bergerak tanpa resiko, dan hal ini menguntungkan semua pihak di tempat kerja.

Ketika code of conduct dan core values menjadi fondasi budaya organisasi, maka ini menjadi landasan untuk menjalankan kepatuhan organisasi. Tingkat kepatuhan dan ketaatan terhadap tata kelola dan etika akan menguat. Dalam hal ini, kepatuhan dan komitmen dapat berjalan harmonis, sehingga setiap individu dapat memberikan kinerja yang produktif dan yang terbaik. Kepatuhan berarti melakukan perintah organisasi dengan penuh tanggung jawab; komitmen berarti memenuhi janji dan melakukan yang dikatakan dengan benar. Jadi, di tempat kerja, ada dua hal yang harus dihormati oleh setiap karyawan dan pimpinan. Pertama: kepatuhan, dan yang kedua: komitmen. Kepatuhan berarti tunduk pada sistem, prosedur, kebijakan, aturan, dan struktur organisasi. Komitmen berarti melakukan janji dan menepati semua ucapan dengan integritas yang tinggi.

Code of conduct tidak hanya sebatas menjadi kepatuhan, tetapi juga menjadi komitmen yang bersumber dari kesadaran moralitas. Intinya, menjalankan code of conduct harus dari komitmen yang tidak hanya sebatas kata-kata, tetapi melalui tindakan nyata. Kode perilaku merupakan dasar untuk menjadikan karyawan dan pimpinan sebagai aset berharga organisasi. Oleh karena itu, code of conduct tidak dibuat sebagai dokumen untuk memenuhi persyaratan good governance, tetapi harus menjadi investasi perusahaan untuk membangun sumber daya manusia yang berharga dan bernilai tinggi. Pada saat code of conduct betul-betul terimplementasi menjadi perilaku kerja, hal ini menunjukkan tingginya kualitas dan komitmen di tempat kerja untuk bekerja dengan cara-cara etis dalam mencapai kinerja terbaik.

Dalam dunia nyata di tempat kerja, perilaku negatif yang sulit berubah(hardcore) atau ekstrem adalah sebuah tantangan. Sesungguhnya, semua orang diberkahi dengan pikiran baik dan etis agar mereka mampu menghadapi tantangan dari perilaku negatif yang sulit berubah. Nyatanya, perilaku ekstrem yang melihat semua aturan etis sebagai sesuatu yang merugikan dirinya juga muncul di tempat kerja. Jadi, tidak semua orang bisa berhubungan dengan code of conduct, ada juga yang secara mental sulit beradaptasi dan cendrung menjadi energi perusak.

Code of conduct mengarahkan perilaku kerja menjadi terukur dan etis, sehingga resiko dapat dihindari. Dalam hal ini, orang-orang yang patuh pada code of conduct mampu menghindari masalah, serta mampu bekerja sesuai tujuan dan aturan yang ada.

Keberadaan code of conduct untuk menghasilkan perilaku etis, sehingga perilaku etis dapat secara otomatis mengubah yang tidak baik menjadi baik. Kondisi ini mengubah kehidupan kerja melalui hubungan antar pribadi yang saling menjaga etika dan kehormatan masing-masing. Setiap orang menjadi kuat di dalam integritas, dan berani menghadapi tanggung jawab dengan penuh semangat. Jadi, pemimpin dan karyawan mengubah kehidupan kerja melalui hubungan antar pribadi yang saling menjaga etika. Mereka menjadi kuat secara fisik dan mental, dan berani menghadapi ketakutan atas berbagai dilema etika yang membuat mereka berada pada posisi sulit. Perilaku etis bekerja dengan contoh yang baik, dan memiliki mentalitas di dalam kekuatan integritas.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

MOTIVASI DAN INSPIRASI 28032016

MOTIVASI 28032016

Kalau Anda pintar menghadapi situasi, Anda tidak akan pernah menemui masalah, Anda hanya menemukan solusi terbaik.~Djajendra

Kemarahan Anda adalah urusan dari pikiran dan emosi pribadi Anda, bukan urusan orang lain.~Djajendra

Tidak ada utang budi dalam kehidupan, sebab setiap orang hanya menjadi alat Tuhan untuk melayani sesama. Jadi, tidak perlu menunggu terima kasih atau balas budi dari siapapun.~Djajendra

Zona nyaman dan status quo hanya bisa dikalahkan oleh orang-orang kreatif.~Djajendra

Gunakan imajinasimu untuk menciptakan hal-hal baru bagi kebaikan kehidupan. Pengetahuan saja belum cukup, pengalaman saja belum cukup.~Djajendra

Sukses berarti memenuhi impian Anda sendiri, menyanyikan lagu Anda sendiri, menari tarian Anda sendiri, menciptakan dari hati Anda dan menikmati perjalanan, percaya bahwa apapun yang terjadi, itu akan menjadi baik. Membuat petualangan Anda sendiri!~ Elana Lindquist

Kalau Anda belum mengenal siapa diri sejati Anda, bagaimana Anda mau menikmati kehidupan yang indah dan bahagia?~Djajendra

Rencana yang  tidak dieksekusi adalah pemborosan dan membuang-buang waktu.~Djajendra

Tidak disiplin dan suka menunda menjadikan Anda tidak berhasil.~Djajendra

Apa yang kita lihat tergantung terutama pada apa yang kita cari.~ Sir John Lubbock

Hal yang paling hebat di dunia ini adalah bersyukur, berterima kasih, rendah hati, dan bergerak ke arah visi dengan gembira.~Djajendra

Janji dan komitmen Anda adalah ujian untuk bisa meningkatkan reputasi dan kredibilitas Anda.~Djajendra

Kita perlu menemukan keberanian untuk mengatakan tidak kepada hal-hal dan orang-orang yang tidak melayani kita jika kita ingin menemukan kembali diri kita sendiri dan menjalani hidup kita dengan keaslian. ~ Barbara de Angelis

Mengetahui apa yang mau dilakukan,  dan menemukan keberanian untuk melakukannya.~Djajendra

Mengetahui diri sendiri adalah awal dari semua kebijaksanaan. ~ Aristoteles

Ketika Anda menceritakan niat, dia sudah menjadi utang. Dan, bila Anda tidak mampu mewujudkannya, Anda dianggap pembohong. Jadi, niat itu cukup dihati, tidak perlu diceritakan kepada siapapun.~Djajendra

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

BANGKIT DAN MENANG DARI TEKANAN HIDUP

MOTIVASI 26032016

“Masa depan adalah rahasia Tuhan dan tidak ada seorang pun yang tahu. Tugas manusia adalah bekerja dan belajar sebanyak mungkin, untuk bisa melayani hari ini dengan sebaik-baiknya.”~Djajendra

Mental pemenang tidak akan diam dan menyerah saat tekanan hidup membuatnya tak berdaya. Dia akan bangkit dan menguatkan dirinya, untuk tumbuh dan berkembang, walau dirinya terkepung oleh tekanan hidup.

Hidup memang tidak mudah, apalagi bila punya mimpi dan cita-cita yang tinggi. Setiap mimpi, cita-cita, harapan, dan visi mengandung resiko. Bila Anda tidak berani mengambil resiko, Anda tidak akan pernah mencapai yang Anda impikan. Kebanyakan orang merasa tertekan untuk mengambil resiko, mereka tidak memiliki keberanian, hanya memiliki keinginan. Memiliki keinginan tanpa keberanian untuk bertindak adalah perbuatan sia-sia. Bila berani memiliki keinginan haruslah berani untuk bertindak mewujudkan keinginan tersebut walau melalui resiko.

Ketika Anda berada dalam zona nyaman, Anda tidak akan tumbuh dan berkembang. Sebaliknya, saat Anda berada di bawah tekanan, serta mampu mengelola energi positif dengan disiplin untuk keberhasilan, maka Anda akan tumbuh dan berkembang melalui pengalaman. Jadi, orang-orang yang berada di bawah tekanan cendrung bisa lebih berkembang daripada orang-orang yang hidup dalam zona nyaman. Ketika di bawah tekanan, muncul semangat untuk bertahan hidup, lalu muncul disiplin dan ketekunan untuk berkembang dan mencapai kemajuan.

Tekanan hidup bisa datang dari dalam maupun luar diri. Rasa khawatir, takut, tidak percaya diri, curiga, merasa tidak mampu, tidak yakin, adalah sebagian dari hal-hal yang bisa membuat Anda berada di bawah tekanan. Selama Anda mampu mengelola semua itu dengan cerdas dan ikhlas, maka Anda bisa terbebas dari tekanan, dan dapat memulai langkah-langkah yang tepat untuk menghadapinya.

Jangan memanjakan diri dan hidup Anda dalam menaklukkan tantangan dan tekanan hidup. Bila Anda suka memanjakan hidup Anda, dan saat tekanan hidup menjadi berlebihan, Anda akan mengalami ketidakseimbangan hidup. Akibatnya, hidup Anda akan menjebak diri Anda di dalam stres, depresi, kecemasan, dan semua kondisi emosional yang merugikan hidup Anda. Jadi, walau Anda tidak memiliki kapasitas untuk menghadapi tekanan hidup, Anda harus tetap optimis dan ikhlas menghadapinya. Yakinkan diri Anda bahwa semua tekanan hidup tidak membebani pikiran dan emosi Anda. Bila tekanan hidup sudah mengganggu pikiran dan emosi Anda, maka mereka akan merusak atau membahayakan kualitas hidup Anda.

Sesungguhnya tekanan hidup adalah kekuatan yang bisa mengembangkan potensi Anda yang masih tidur. Artinya, tekanan hidup adalah sesuatu yang positif bila Anda mau meningkatkan kemampuan dan menemukan jalan keluar. Miliki rasa percaya diri dan tanggung jawab untuk menemukan solusi terbaik. Tingkatkan pengaruh positif pada situasi saat Anda berada dalam tekanan. Afirmasikan kata-kata positif secara terus-menerus agar energi positif menguat di dalam diri Anda. Saat tekanan hidup meningkat, fokuskan energi positif Anda untuk menyeimbangkan daya tahan diri Anda.

Pahami realitas emosi Anda saat tekanan hidup semakin meningkat. Gunakan kecerdasan emosional Anda untuk meningkatkan kesabaran dan ketenangan. Belajarlah dari tekanan hidup tersebut, lalu temukan penyebab Anda berada di bawah tekanan, dan temukan cara untuk mereda tekanan tersebut.

Bangkit dan menang dari tekanan hidup adalah sesuatu yang mudah. Anda harus memiliki kesadaran untuk menanggapi tekanan hidup secara positif. Fokuskan pada solusi, jangan mencari siapa yang salah atau apa yang salah. Miliki rasa percaya diri dan sikap rendah hati untuk melampaui tekanan hidup. Yakinkan diri Anda bahwa tekanan hidup hadir untuk memotivasi Anda agar belajar kembali dan berkembang di luar zona kenyamanan Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

BERSYUKUR ADALAH SEBUAH NILAI YANG MENYATAKAN ANDA SUDAH MENANG ATAS HIDUP ANDA

MOTIVASI 25032016

“Rasa syukur memberikan pengalaman hidup yang indah dan perjalanan hidup yang optimis.”~Djajendra

Rasa syukur memberikan kehidupan yang indah dan baik. Arahkan pikiran untuk fokus pada rasa syukur, nikmati semua kondisi dan situasi kehidupan dengan rasa syukur. Ketika pikiran diarahkan untuk melihat kekurangan ataupun kejelekan, maka kekuatan rasa syukur berkurang. Rasa syukur dihasilkan oleh pikiran positif dan hati yang ikhlas dengan kehidupan. Ucapkan syukur terus-menerus, rasakan nikmat syukur terus-menerus, maka keberlimpahan hidup menjadi milik Anda. Pikiran positif membangun kepercayaan diri dan memberdayakan diri untuk berhasil. Pikiran negatif membohongi diri sendiri dan menjadikan diri hidup dalam kekalahan.

Apapun yang Anda alami, baik itu yang disenangi maupun yang tidak disenangi, bila semua itu dialami dengan rasa syukur, maka Anda akan tumbuh dan berkembang di sepanjang waktu. Jadikan pengalaman hidup sebagai rasa syukur. Bila Anda mengalami kesulitan jangan merasa kalah, gunakan kekuatan syukur untuk menjadikan Anda lebih kuat.

Rasa syukur memberikan pengalaman hidup yang indah dan perjalanan hidup yang optimis. Ketika Anda bersyukur untuk kehidupan, penghasilan, kesehatan, pekerjaan, dan pergaulan sosial Anda. Maka, Anda sedang menciptakan kehidupan yang bahagia dan indah.

Rasa syukur menjadikan hidup Anda lebih baik dan menjadikan diri Anda lebih sukses. Apapun yang Anda miliki menjadi berharga dan memberikan kebaikan untuk kehidupan Anda. Keinginan dan kebutuhan tunduk pada rasa syukur. Ketika Anda selalu bersyukur, maka keinginan dan kebutuhan tidak akan membuat Anda stres ataupun khawatir.

Tantangan dan tekanan hidup bila diterima dengan ikhlas dan dinikmati dengan rasa syukur, maka mereka akan berubah menjadi alat pertumbuhan kehidupan Anda. Bersyukur adalah proses yang mengubah pikiran positif untuk memiliki kehidupan yang indah dan kaya.  

Bersyukur memiliki kekuatan untuk hidup sejahtera, sehat, kaya, damai, dan bahagia. Bersyukur membuat Anda menerima kebaikan dan keindahan hidup dari luar diri Anda. Bersyukur membuat Anda menerima lebih banyak kekayaan dan kebaikan dari kehidupan.

Bersyukur membuat Anda percaya bahwa Tuhan menjaga Anda, merawat Anda, dan memberikan yang terbaik untuk hidup Anda. Bersyukur menjadikan Anda pantas untuk menerima keberlimpahan dari kehidupan. Bersyukur menjadikan Anda mampu memberdayakan potensi dan mengoptimalkan kemampuan. Bersyukur menjadikan Anda bahagia selamanya bersama semua dimensi kehidupan Anda.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com