MEMILIKI TOLERANSI UNTUK BISA MEMAHAMI ORANG LAIN

“Toleransi menjadikan Anda tidak merasa terganggu atau tidak membiarkan kedamaian jiwa Anda rusak oleh orang lain.”~Djajendra

Tidak semua orang memiliki sifat dan perilaku seperti yang Anda inginkan. Setiap orang memiliki pemikiran, sifat, perilaku, ambisi, ego, dan penampilan diri sesuai dengan keyakinan pribadinya. Berharap orang lain sesuai dengan maunya Anda, hanya akan menghasilkan pengalaman pahit dan hubungan yang tidak menyenangkan. Kadang-kadang; rasa kesetiaan, kejujuran, dan rasa hormat suka diabaikan demi ambisi dan ego. Menghadapi semua ini, Anda harus memiliki toleransi untuk bisa memahami orang lain.

Toleransi adalah sebuah kekuatan untuk mempertahankan diri dari pengaruh orang lain atau pun untuk mencegah konflik dan kemarahan di dalam diri. Ketika orang-orang di sekitar Anda tidak sejalan dengan Anda, maka dengan kekuatan toleransi, Anda mampu menerima mereka dan tidak membiarkan mereka masuk ke dalam batin dan pikiran Anda. Dalam hal ini, bertoleransi dengan orang lain haruslah menciptakan persepsi positif tentang mereka. Anda harus lebih rendah hati dan ikhlas menerima kenyataan yang dihasilkan oleh orang-orang tersebut. Situasi, peristiwa, dan orang-orang yang tidak sejalan dengan harapan Anda tetaplah di kendalikan di luar diri Anda. Jangan pernah membiarkan semua itu masuk ke dalam diri Anda dan mengganggu hidup Anda. Anda harus sadar bahwa bila Anda tidak bertoleransi, maka energi mereka yang tidak sejalan dengan Anda akan masuk ke dalam pikiran dan batin Anda, lalu menciptakan konflik dan kemarahan di dalam diri Anda. Jelas, sikap yang tidak mau bertoleransi atau memahami orang lain hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

Toleransi adalah pengetahuan yang mengatakan bahwa setiap orang berbeda dan masing-masing orang berhak hidup dengan pemikirannya. Jika Anda menguasai pengetahuan bertoleransi, maka Anda mampu bereaksi secara positif terhadap semua keadaan di luar diri Anda. Kondisi ini jelas menguntungkan hidup Anda; sebab Anda sama sekali tidak akan terpengaruh dengan pemikiran, perasaan, keyakinan, persepsi, dan pandangan dari mereka yang berbeda dengan Anda.

Bertoleransi berarti Anda tidak mempertanyakan perilaku dan sikap orang lain atas kehidupan yang mereka jalankan. Masing-masing orang harus menjalani kehidupannya yang mungkin tidak bisa dimengerti oleh yang lain. Setiap orang diciptakan dari lingkungan yang berbeda, dari persepsi dan keyakinan hidup yang berbeda. Setiap orang pasti menghadapi situasi dan peristiwa hidup yang berbeda. Jadi, hidup setiap orang itu memang berbeda, sehingga kita tidak boleh menilai atau pun menghakimi pola pikir dan jalan hidup orang lain.

Perbedaan adalah cara alami untuk menjadi yang unik di dalam kehidupan yang beragam. Tidak perlu Anda memaksa seseorang untuk menjadi seperti Anda. Biarkan setiap orang tumbuh dan berkembang di dalam perbedaan. Anda cukup memiliki kekuatan untuk menoleransi orang yang berbeda dari Anda. Kemajuan peradaban hanya terjadi jika perbedaan dihargai dan diberikan ruang untuk berkontribusi secara kreatif bagi kemajuan hidup.

Ketika Anda menerima perbedaan, maka perbedaan itu tidak akan menimbulkan gangguan di dalam pikiran Anda. Anda pun mampu memanfaatkan waktu dan energi Anda untuk melakukan hal-hal terbaik di sepanjang hidup Anda. Toleransi menjadikan Anda tidak merasa terganggu atau tidak membiarkan kedamaian jiwa Anda rusak oleh orang lain. Toleransi menjadikan Anda bijaksana dan tidak memaksa orang lain untuk mengikuti pemikiran Anda.

Untuk training hubungi: 0812 1318 8899

Email: training@djajendra-motivator.com

PELATIHAN MOTIVASI UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DAN RINTANGAN 1 HARI 2018

MOTIVASI 13 NOV 2015

PELATIHAN MOTIVASI UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DAN RINTANGAN  8 JAM

“Ketika semuanya dalam kehidupan Anda terlihat mudah dan gampang, itu artinya Anda sedang hidup dalam zona nyaman. Ciptakan tantangan baru agar Anda bisa keluar dari zona nyaman untuk mengoptimalkan potensi sukses Anda.”~Djajendra

Deskripsi

Ketika Anda memiliki mimpi, ambisi, cita-cita, harapan, kebutuhan, dan keinginan yang sangat besar. Maka, Anda harus segera menyiapkan diri sendiri yang siap sukses dengan fondasi dari keyakinan dan keimanan yang konsisten dan kuat. Tidak ada yang mudah dalam proses pencapaian untuk sesuatu yang besar. Anda harus memiliki ketetapan hati, keteguhan hati, dan perasaan wajib untuk dikerjakan dalam mencapai sesuatu yang lebih berharga, walau untuk mencapainya kadang-kadang harus melewati beribu kali kegagalan dan kesulitan yang luar biasa.

Program Motivasi ini bertujuan untuk membangkitkan semangat, gairah, dan daya tahan orang-orang dalam mencapai tujuan dengan tanpa pernah menyerah. Dalam pelatihan ini orang-orang dimotivasi untuk menjadi pribadi tangguh, bermental pemenang, menang selalu, berkinerja tinggi, kuat, unggul, bergerak solid, fokus seratus persen, bertindak, mengeksekusi dengan cerdas, berani, bangkit dengan cepat ketika jatuh, tidak pernah menyerah, gembira, bugar, sehat, senang dengan yang dikerjakan, mencintai pekerjaan dan kehidupan yang dijalani, bersyukur, berterima kasih, tidak takut gagal, tidak takut mati, dan selalu tampil untuk menang.

Manfaat Pelatihan

  1. Menjadi pribadi yang tangguh dan mampu berjuang melawan tantangan tersulit.
  2. Menjadi pribadi yang selalu meningkatkan kualitas diri.
  3. Menjadi pribadi yang selalu memenangkan apa yang diperjuangkan.
  4. Menjadi pribadi yang semakin bersemangat untuk menang saat kegagalan merusak semua mimpi dan rencana.
  5. Bermental ulet, tekun, rajin, disiplin, beriman, berani, dan tidak pernah berhenti untuk kesuksesan yang lebih besar.

Garis Besar Materi Pembahasan Selama 8 Jam

  1. Tumbuh dan kembangkan kualitas diri Anda.
  2. Kembangkan rencana, nilai-nilai, visi, dan misi untuk kehidupan.
  3. Kembangkan rencana untuk menjaga diri Anda sehat, bugar, dan berat badan yang seimbang.
  4. Menjalani kehidupan sehari-hari dengan gairah, antusias, penuh energi positif, dan emosi yang lebih cerdas.
  5. Mengawasi dan memonitor suara hati, percakapan diri sendiri, gerak pikiran, dan maunya tubuh.
  6. Pahami apa yang Anda inginkan dalam hidup Anda.
  7. Gunakan kekuatan imajinasi dan visualisasikan keinginan Anda.
  8. Pahami tujuan hidup Anda.
  9. Meningkatan kompetensi hidup secara terus-menerus.
  10. Menjadi tanpa henti untuk melewati proses pencapaian terbaik.
  11. Berani mengambil keputusan dan bertindak dengan percaya diri.
  12. Memahami bahwa kegagalan adalah batu loncatan untuk sukses.
  13. Mendisiplinkan emosi dan pikiran.
  14. Mengelola waktu untuk fokus pada tujuan hidup.
  15. Menguatkan kekuatan dan membangun mental sukses.
  16. Fokus pada sebuah misi hidup yang lebih besar dari diri Anda.

Untuk Pelatihan Hubungi

PT Djajendra Motivasi Unggul
E-mail:training@djajendra-motivator.com
Hp: 0812 1318 8899

PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI 2 HARI 2018

LEADERSHIP TRAINING DJAJENDRA 2 HARI 16 JAM

Video pelatihan djajendra: http://www.youtube.com/user/MrDjajendra

PROGRAM PELATIHAN LEADERSHIP 2 HARI 16 JAM

JUDUL: KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI

DESKRIPSI

Kepemimpinan adalah sebuah gaya dan seni dalam menjalankan dan menggerakkan roda organisasi menuju arah dan visi yang ditetapkan. Pemimpin dalam peran manajemen cenderung menghadapi situasi yang menantang. Mereka sering mencari strategi terbaik agar dapat bekerja dalam semua situasi. Oleh karena itu, memimpin berarti siap menjadi pemimpin yang visioner, memberdayakan, memotivasi, memfasilitasi, mendorong, berkomunikasi secara efektif, membangun kepercayaan, memimpin dengan nilai-nilai terbaik, menyelesaikan konflik, dan menjadi karismatik untuk mengatasi setiap situasi dan kondisi yang penuh dinamika dalam menuju perubahan.

Pemimpin efektif selalu bekerja dengan visi yang kuat, dengan menciptakan gairah kerja, yang mendukung dan membantu orang-orang tumbuh, dan menjadi lebih baik pada apa yang mereka lakukan. Pemimpin yang sukses selalu cerdas menginspirasi dan memotivasi orang. Mereka memiliki kemampuan untuk menciptakan visi dan mentransfernya ke orang di sekitar mereka. Mereka mendorong harapan, kepercayaan diri, ambisi dan kasih sayang. Mereka adalah komunikator yang baik, tahu tentang perencanaan dan yang lebih penting mereka bisa mengelola orang.

Pemimpin yang baik memiliki nilai yang kuat, tujuan yang ditetapkan dan rencana yang jelas untuk mencapai tujuan tersebut namun mereka pragmatis dan merangkul perubahan. Pendekatan yang fleksibel memungkinkan mereka untuk mengubah strategi mereka dan bahkan keyakinan untuk menghadapi situasi yang berbeda dan perkembangan tak terduga terutama di saat krisis. Mereka adalah pemecah masalah yang baik dan mendorong kreativitas, kepercayaan diri dan tekad dalam staf mereka untuk mengatasi kemunduran dan masalah.

Pelatihan ini dirancang untuk memotivasi dan mempersiapkan pemimpin untuk memimpin dengan tegas dan efektif. Di setiap sesi pelatihan akan disampaikan atau dipaparkan cara menjadi pemimpin yang sistematis untuk mewujudkan tujuan dengan sempurna. Pelatihan ini dirancang dengan contoh dan studi kasus.

Program pelatihan kepemimpinan selama dua hari ini memiliki nilai-nilai kepemimpinan, yang akan memperkuat potensi kepemimpinan yang ada saat ini di dalam diri masing-masing peserta. Materi – materi yang diberikan oleh motivator akan menjadi stimulasi untuk membangkitkan hasrat dan antusiasme peserta dalam menyiapkan diri dan mind set untuk menjadi pemimpin sesuai harapan organisasi.

Pemimpin harus memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana emosi dan tindakan mereka mempengaruhi orang di sekitar mereka. Program ini akan memotivasi dan memberikan pencerahan kepada para peserta untuk bekerja pada kesadaran diri, pengaturan diri, empati, motivasi, integritas, etika, kolaboratif, dan kepatuhan diri untuk menjalankan otoritas kepemimpinannya dengan rendah hati dalam budaya integritas yang berkinerja tinggi.

Peserta juga akan dimotivasi untuk menjadi pemimpin yang memiliki keberanian dalam pemecah masalah, mendorong perubahan, memimpin berdasarkan nilai dan budaya organisasi, serta mampu mengatasi kemunduran kinerja kepemimpinan dengan cara-cara yang efektif dan sederhana. Motivator akan menunjukkan kepada peserta tentang pentingnya keteladanan, kejujuran, kedewasaan, kesetiaan, antusiasme, tekad, keyakinan, tanggung jawab, kerja keras, disiplin, kearifan, dan  kebijaksanaan dalam meningkatkan kepuasan hati dan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Pelatihan selama 2 hari 16 jam ini akan mengkomunikasikan setiap sesi presentasi untuk dipahami oleh peserta, dan untuk dapat dikerjakan dalam perilaku kepemimpinan sehari-hari di tempat kerja. Dan juga memberikan pencerahan kepada peserta tentang mengapa materi leadership ini menjadi sangat penting dalam mencapai tujuan dari pekerjaan mereka. Program ini akan menjadi sebuah pembelajaran untuk tujuan meningkatkan kualitas kepemimpinan, yang selalu konsisten dalam memberikan pelayanan kepemimpinan terbaik kepada stakeholder dan organisasi.

KONSEP DASAR

Secara garis besar, pelatihan kepemimpinan dan motivasi selama dua hari, berangkat dari sebuah konsep dasar untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan secara komprehensif dalam aspek dan dimensi kepemimpinan untuk efektifitas, tujuan, hasil, strategi, jaringan, komunikasi verbal dan non verbal, gaya pidato, interaksi, emosional, integritas, pengaruh, motivasi, mengembangkan orang, gaya kepemimpinan, keterampilan mendelegasikan, karakter, berpikir kreatif, manajemen risiko, manajemen peluang, mengelola tim, rencana, tindakan, manajemen krisis, dan mengelola orang dalam kolaborasi kerja yang berkinerja.

METODOLOGI PELATIHAN

Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar Dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.

TUJUAN PELATIHAN

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu peserta dalam:

  • Membangun kepemimpinan yang efektif melalui karakter dan motivasi yang sesuai dengan visi, nilai, dan misi organisasi.
  • Membangun kepemimpinan autentik, yaitu: kepemimpinan yang memimpin berdasarkan nilai, integritas, etika, tanggung jawab moral, dan bekerja berdasarkan data dan informasi yang benar untuk tindakan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi.
  • Membangun kepemimpinan yang unggul dalam budaya kolaborasi di semua aspek kerja kepemimpinan.
  • Membangun kepemimpinan yang mampu memimpin melalui kekuatan kepribadian, pengetahuan, keterampilan, cara-cara unik yang menjadi ciri keunggulan individu.
  • Membangun kepemimpinan yang beretika disemua aspek kerja kepemimpinan.
  • Membangun kepemimpinan yang berkelanjutan untuk memastikan keunggulan organisasi di masa depan.
  • Membangun kepemimpinan yang cerdas secara emosional dalam semua aspek dan perilaku kepemimpinan.
  • Membangun kepemimpinan yang cerdas mengelola sumber daya manusia untuk keberhasilan organisasi dan stakeholder.
  • Membangun pemimpin masa depan dengan memahami berbagai tantangan di masa depan.

MANFAAT PELATIHAN

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • Peserta belajar cara mengembangkan karakter yang mendukung tujuan organisasi.  Menggunakan berbagai strategi yang memanfaatkan motivasi dan sifat-sifat kepribadian untuk mencapai prestasi, pengakuan, dan pencapaian yang optimal.   Kemampuan  kepemimpinan untuk menciptakan sebuah lingkungan kerja yang efektif; di mana, setiap individu rela menerapkan kemampuan yang unik untuk sebuah misi bersama. Peserta juga akan belajar cara memiliki kompetensi, pengetahuan, dan keterampilan untuk melakukan pekerjaan berkualitas. Belajar untuk memiliki komitmen, motivasi, kemauan, dan keyakinan untuk melakukan pekerjaan dengan berkualitas.
  • Peserta belajar cara menjadi pemimpin sejati yang jujur dan yang dapat dipercaya. Mampu menjalankan fungsi kepemimpinan sesuai dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai kepemimpinan berkualitas. Mampu mengabdikan diri untuk menjalani setiap proses kepemimpinan dengan sikap, perilaku, dan kebiasaan positif yang terpuji.
  • Peserta belajar cara mencapai keunggulan dalam semua aspek kepemimpinan. Cara bertindak secara konsisten terhadap visi, tujuan, dan mampu melepaskan diri dari hambatan, serta selalu berkomitmen untuk prestasi tertinggi. Cara untuk tetap berada dalam tujuan dan cerdas untuk memusatkan semua energi pada tujuan yang ingin dicapi. Termasuk, kemampuan untuk mengatasi kemungkinan paling sulit dengan kekuatan pikiran kreatif.
  • Peserta belajar cara memimpin dengan kekuatan diri sendiri; cerdas untuk mengidentifikasi potensi dan bakat diri sendiri; mampu memahami persepsi  dari budaya, pelanggan, bentuk, batas, dan pandangan individu lainnya terhadap bakat yang dimiliki.
  • Peserta belajar cara menjalankan etika kepemimpinan. Cara menjalankan prinsip-prinsip moral atau nilai-nilai yang disepakati bersama untuk mengarahkan organisasi, bisnis, dan sumber daya manusia sesuai visi. Kepemimpinan yang patuh menjalankan hukum, peraturan, core values organisasi, SOP, kode etik, good governance, dan budaya organisasi.
  • Peserta belajar cara mengembangkan kepemimpinan yang berkelanjutan melalui kecerdasan emosional. Peserta akan diberikan pencerahan bahwa organisasi didirikan untuk sepanjang jaman, sedangkan sebuah kepemimpinan sangatlah singkat masa kekuasannya dibandingkan umur dan eksistensi organisasi. Jiwa besar, kontribusi, dan pengabdian kepemimpinan untuk meninggalkan warisan kepemimpinan yang berkualitas adalah hal yang akan membuat organisasi selalu kuat dan mampu menyesuaikan diri dalam perubahan seperti apa pun.
  • Peserta belajar cara memilih, mengelola, dan mempertahankan staf. Belajar tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi individu; isu-isu kunci dari komposisi tim kerja, termasuk: kekompakan dan komunikasi. Cara meningkatkan kemampuan orang-orang dalam sebuah organisasi.
  • Peserta belajar untuk mempersiapkan diri menjawab tantangan masa depan, yaitu: secara proaktif memiliki potensi kepemimpinan dan mengekspos potensi tersebut untuk mengembangkan potensi organisasi dan sumber daya secara efisien, efektif, dan tanpa pemborosan.
  • Peserta belajar budaya kolaborasi untuk memperkuat interaksi di internal organisasi. Mendapatkan pencerahan untuk membangkitkan potensi terbaik dari dalam organisasi untuk pelayanan berkualitas ke stakehodler.
  • Peserta belajar mengelola risiko, manajemen peluang, bertindak sesuai rencana, mengelola aspirasi tim kerja, membuat perencanaan yang sistematis, berbicara dan memberikan pidato, keterampilan untuk mengelola manajemen krisis, memaafkan dan membangun orang lain dengan kepedulian dan kasih sayang.

MATERI PEMBAHASAN

DAY 1 – HARI PERTAMA

PK. 08.30 – PK 10.00 WIB. SESI 1: KEPEMIMPINAN EFEKTIF, MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN KARAKTER

SUB BAHASAN

  • Konsep Dasar Dan Pemahaman Kepemimpinan Efektif.
  • Karakteristik Pemimpin Efektif.
  • Sifat Kepemimpinan Dalam Perusahaan.
  • Praktek Kepemimpinan Dalam Menjalankan Tata Kelola Yang Sehat.
  • Kepemimpinan Berorientasi Pelayanan, Tujuan Dan Hasil Akhir.
  • Strategi Pemimpin Untuk Mencapai Tujuan.
  • Konsep Diri Pemimpin Sukses.
  • Motivasi, Antusiasme, Energi Positif Dan Produktivitas Pemimpin.
  • Pemimpin Efektif Dengan Nilai Pragmatisme.
  • Mengembangkan Karakter Pemimpin Yang Cocok Dengan Lingkungan.
  • Proses Kepemimpinan Efektif.

PK.10.00 – 10.15 WIB. COFFEE BREAK

PK. 10.15 – 12.00 WIB. SESI 2: KEPEMIMPINAN AUTENTIK DENGAN INTENSITAS KEUNGGULAN

SUB BAHASAN

  • Pemimpin Dengan Prinsip Dan Nilai.
  • Sikap, Perilaku, Dan Kebiasaan Positif Yang Terpuji.
  • Nilai-Nilai Pribadi Yang Mempengaruhi Seni Kepemimpinan.
  • Berpikir Kreatif Dan Kecerdasan Kognitif.
  • Mendefinisikan Etos Dan Spirit Dari Jati Diri.
  • Elemen Etos Dan Semangat Kepribadian.
  • Konsep Integritas Pemimpin Terhadap Misi Dan Visi Perusahaan.
  • Persepsi, Kompetensi, Kapasitas, Kemampuan, Dan Niat Positif
  • Keaslian kepemimpinan dalam organisasi dan intensitas kerja keras.

PK.12.00 – 13.00 WIB. ISTIRAHAT MAKAN SIANG

PK 13.00 – 14.30 WIB. SESI 3: KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN DALAM KEUNGGULAN KECERDASAN SOSIAL

SUB BAHASAN

  • Pemahaman Dasar Komunikasi Verbal Dan Non Verbal.
  • Menulis Dan Membacakan Pidato Dalam Karisma Diri Yang Terpercaya.
  • Berbicara Di Depan Umum Dan Keterampilan Presentasi.
  • Mengatur Alur, Akting, Karakter, Ekspresi, Sifat Dalam Komunikasi.
  • Mempermudah Proses Penyampaian Pesan Inti Dalam Komunikasi.
  • Cerdas Berkomunikasi Secara Persuasi Dengan Mengikuti Aturan Dan Etika.
  • Pengembangan Komunikasi Dengan Kecerdasan Dan Kesadaran Sosial.
  • Komunikasi Efektif Untuk Menghindarkan Diri Dari Konflik Dan Politik Kantor.
  • Keragaman Dan Perbedaan Adalah Sumber Kekayaan Komunikasi.

PK.14.30 – 14.45 WIB. COFFEE BREAK

PK.14.45 -16.30 WIB. SESI 4: KECERDASAN EMOSIONAL UNTUK KESUKSESAN DAN KEUNGGULAN KEPEMIMPINAN

SUB BAHASAN

  • Kesadaran Diri Melalui Kecerdasan Emosional.
  • Siklus Perilaku Pikiran Dan Perasaan.
  • Teknik Dan Cara Memotivasi Diri Sendiri.
  • Manajemen Diri Melalui Prinsip Dan Nilai Kehidupan Positif.
  • Menghapus Perasaan Khawatir Dan Meningkatkan Perasaan Optimis.
  • Mengekspresikan Diri Sesuai Situasi Dan Keadaan.
  • Memahami Bahaya Emosi Marah Untuk Kemajuan Karir.
  • Permintaan Maaf Dan Kekuatan Pengampunan.
  • Mengatasi Takut Karena Konflik, Kehilangan Identitas, Kurangnya Keamanan.
  • Menggunakan Rasa Takut Sebagai Alat Motivasi.
  • Membangun Ketahanan Diri Dengan Kecerdasan Emosional.
  • Empati Untuk Memahami Dan Melayani Harapan Dan Keinginan Orang Lain.

DAY 2 – HARI KEDUA

PK.08.30 -10.00 WIB. SESI 5: KEPEMIMPINAN ETIS DALAM BUDAYA INTEGRITAS

SUB BAHASAN

  • Pemahaman Budaya Integritas Dalam Kepemimpinan Etis.
  • Landasan Kepribadian Untuk Integritas Dan Etika.
  • Mindset Untuk Menjadi Pemimpin Etis.
  • Peran Etika Dan Integritas Dalam Menciptakan Pemimpin Berkualitas.
  • Integritas Dan Etika Sebagai Bagian Dari Karakter Dan Kepribadian Pemimpin.
  • Aspek Integritas Yang Dibahas, Yaitu: Kejujuran, Keterusterangan, Tanggung Jawab, Kedewasaan, Kepercayaan, Kesetiaan, Kerja Keras, Anti Korupsi.
  • Aspek Etika Yang Dibahas, Yaitu: Karakter Moral Yang Jujur, Mampu Membedakan Yang Benar Dan Salah, Kehalusan Budi, Empati, Dan Kecermatan Dalam Membuat Keputusan.
  • Kepemimpinan Yang Patuh Menjalankan Hukum, Peraturan, Kode Etik, Dan Good Governance.

PK.10.00 – 10.15 WIB. COFFEE BREAK

PK. 13.00 – 14.30 WIB. SESI 6: KEPEMIMPINAN YANG MENGELOLA KERJA SAMA TIM, MEMBUAT PERENCANAAN SISTEMATIS, DAN MANAJEMEN KRISIS

SUB BAHASAN

  • Menetapkan Tujuan Yang Efektif Untuk Kolaborasi, Komunikasi, Koordinasi, Dan Sinergi Dalam Kerja Sama Tim.
  • Mempersiapkan Brainstorming Untuk Cara Kerja Tim.
  • Membantu Tim Untuk Menghasilkan Ide-Ide Terbaik.
  • Teknik Pemecahan Masalah Untuk Menemukan Solusi Terbaik.
  • Pedoman Perencanaan Bisnis Untuk Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan.
  • Memahami Manajemen Krisis Dan Cara Menangani Krisis.
  • Maksud Dan Tujuan Contingency Plan.
  • Memanfaatkan Manajemen Risiko.
  • Pengambilan Keputusan Penting Berkaitan Dengan Manajemen Krisis.

PK.12.00 – 13.00 WIB. ISTIRAHAT MAKAN SIANG

PK.13.00 – 14.30 WIB. SESI 7: KEPEMIMPINAN EFEKTIF DALAM MENGELOLA STAF DAN PEKERJAAN

SUB BAHASAN

  • Cara Mengelola Dan Mempertahankan Orang – Orang Terbaik.
  • Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dengan Staf.
  • Strategi Mengumpulkan Informasi Tentang Kasus-Kasus Sulit Dalam Tata Kelola SDM.
  • Cara Mengungkapkan Ketidakpuasan Kepada Staf.
  • Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Staf/Individu Karyawan.
  • Cara Meningkatkan Kemampuan Orang-Orang Dalam Perusahaan.
  • Cara Mengelola Pekerjaan Berdasarkan Manajemen Waktu Dan Prioritas.
  • Mengampuni Orang Dan Memberdayakannya Untuk Kepemimpinan Yang Kuat.
  • Pengampunan Dan Pemaafan Akan Menghentikan Konflik Dalam Hubungan Kerja.
  • Mendelegasikan Pekerjaan Dan Meningkatkan Kontrol Untuk Hasil Dan Kualitas.
  • Strategi Mendelegasikan Tugas Dan Memotivasi Penerima Delegasi.
  • Meminimalkan Gangguan Terhadap Pekerjaan Dan Mengelola Staf Dengan Efektif.

PK.14.30 – 14.45 WIB. COFFEE BREAK

PK.14.45 -16.30 WIB. SESI 8: KEPEMIMPINAN DALAM KREATIVITAS DAN INOVASI UNTUK KEUNGGULAN DI MASA DEPAN

SUB BAHASAN

  • Kepemimpinan Yang Mampu Berinteraksi Untuk Mengidentifikasi Kebutuhan Dan Mengenali Peluang.
  • Kepemimpinan Yang Kreatif, Mendorong Kontribusi, Cerdas Menangkap Ide-Ide Dan Informasi.
  • Kepemimpinan Yang Menyadari Peluang Dan Mencegah Masalah Di Masa Depan.
  • Proses Kreatif, Teknik Kreativitas, Dan Kualitas Kreatif.
  • Kepemimpinan Kreatif Dan Gaya Memecahkan Masalah.
  • Inovasi Dan Kepemimpinan Masa Depan.
  • Kepemimpinan Masa Depan Dengan Program Champions.
  • Mengintegrasikan Kepemimpinan Dengan Proses Inovasi Dan Kreativitas.

Untuk Pelatihan Hubungi: 0812 131 888 99

Email: training@djajendra-motivator.com

 

PELATIHAN MOTIVASI PENINGKATAN MANAGERIAL SKILLS PROGRAM 2 HARI 2018

PELATIHAN MOTIVASI PENINGKATAN MANAGERIAL SKILLS PROGRAM 2 HARI

DESKRIPSI

Apapun itu pekerjaan seorang manajer, baik itu sedang mengelola departemen atau tim proyek, wajib untuk mengetahui cara menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan profesional. Pekerjaan manajerial terjadi dengan bantuan orang lain; bantuan itu bersumber dari atasan, bawahan, dan rekan kerja lintas fungsi. Bagi manajer yang berkualitas, melakukan pekerjaan itu sebenarnya tidaklah sulit, persoalan rumit muncul saat manajer harus menghabiskan banyak waktu untuk mengelola hubungan dengan orang lain dan berkomunikasi dengan baik agar orang lain itu mengerti untuk membantu kebutuhan manajer dalam menyelesaikan pekerjaan. Intinya, manajer tidak hanya harus hebat dalam menguasai keterampilan teknis, tetapi juga harus hebat dalam menguasai ketrampilan manajerial yang begitu luas dan kadang tanpa batas.

Setiap manajer atau calon manajer perlu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan manajerial secara berkelanjutan seiring perkembangan karir dan saat harus memenuhi tantangan manajerial baru. Keterampilan seperti: mendelegasikan, memotivasi, berkomunikasi, merencanakan, mengevaluasi, mengkoordinasi, dan memahami dinamika tim adalah beberapa keterampilan utama yang sangat dibutuhkan. Dengan keterampilan tersebut, seiring dengan kesabaran dan ketenangan diri yang hebat, manajer dapat menjalankan fungsi manajerial dengan sangat efektif.

Pemimpin memberi visi, inspirasi, dan tantangan untuk mencapai target terbaik kepada setiap manajer. Untuk itu, setiap manajer harus bekerja dengan fokus pada manajemen yang baik. Manajer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua proses kerja dilakukan dengan tata kelola yang baik, aturan yang benar, dan secara etis. Manajer harus menguasai banyak keterampilan manajerial supaya dapat menjadi manajer yang diandalkan oleh kepemimpinan di organisasi.

Manajemen yang efektif hanya dapat dijalankan oleh para manajer yang melengkapi dirinya dengan berbagai keterampilan. Jadi, manajer yang hebat itu selalu hebat dalam keterampilan-keterampilan, seperti: perencanaan, pendelegasian, komunikasi, motivasi, eksekusi, menganalisa situasi dan keadaan, hubungan antar pribadi, pelayanan, kemampuan untuk memperbaiki, fokus, disiplin, manajemen waktu, mengelola masalah dan menemukan solusi, inovatif, kreatif, mampu menterjemahkan visi dan instruksi pemimpin, serta mudah beradaptasi dengan perubahan. Selanjutnya, setiap keterampilan yang dimiliki manajer harus dapat melengkapi keterampilan dan kompetensi dari semua pihak di dalam organisasi. Manajer yang hebat selalu sadar untuk mengembangkan dan meningkatkan semua keterampilan tersebut sehingga manajer dapat membantu organisasi, staf, dan kepemimpinan untuk mencapai tujuannya secara efisien dan efektif.

Program pelatihan selama dua hari ini bertujuan untuk meningkatkan managerial skills manajer. Program ini membantu peserta untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang ada pada realitas kualitas keterampilan manajerial saat ini, sehingga peserta dapat memanfaatkan program pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas manajerial skillnya agar dapat menjadi manajer yang andal dan hebat di tempat kerja. Peserta akan belajar cara mengarahkan potensinya ke sumber keterampilan manajerial terbaik, sehingga potensi dan keterampilan yang dimiliki dapat mengembangkan kualitas dirinya menjadi lebih hebat lagi.

Program pelatihan ini didasarkan pada beberapa keterampilan manajerial yang paling penting dan wajib untuk dikuasai oleh setiap manajer. Keterampilan manajerial tersebut meliputi: cara memahami dinamika kerja tim dan fokus dalam membangun hubungan baik di internal organisasi; cara memilih dan mengembangkan orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat; cara mendelegasikan secara bijak dan efektif; cara memotivasi dan menggairahkan semangat staf; cara mengelola disiplin dan menghadapi konflik; cara berkomunikasi yang baik; cara merencanakan, membuat keputusan, dan pemecahan masalah; cara menghindari kesalahan manajerial yang umum; cara bertindak dan mengeksekusi; cara menjadi satu kekuatan tim dalam visi yang sama. Ini semua adalah sebagian dari keterampilan dasar manajerial yang harus terus-menerus ditingkatkan agar dapat menikmati kesuksesan sebagai manajer andal dan hebat. Dalam pelatihan ini, setiap keterampilan tersebut akan dieksplorasi secara lebih rinci dan lebih mendalam.

TUJUAN MOTIVASI

  1. Menjadi kekuatan yang hebat dalam pelaksanaan kegiatan dan operasional organisasi, serta dalam pencapaian target yang ditetapkan.
  2. Melakukan dan mengerjakan tugas-tugas manajerial secara optimal dengan kinerja terbaik.
  3. Menjadi kekuatan andal dalam proses manajemen yang efektif, yaitu: efektif dalam interaksi antara atasan dengan bawahan untuk proses merencanakan, mengendalikan, mengeksekusi, dan mengarahkan staf  dalam mencapai kinerja terbaik.
  4. Efektif menggunakan semua keterampilan manajerial dalam menghadapi tantangan, serta menyelesaikan suatu pekerjaan dengan kinerja terbaik.

MANFAAT MOTIVASI

  1. Mampu menyelesaikan masalah dengan inisiatif dan tanggung jawab sebelum diminta atasan.
  2. Mampu mendelegasikan pekerjaan pada orang yang tepat dan pada waktu yang tepat.
  3. Mampu berkoordinasi dengan anggota tim untuk memperbaiki perilaku yang berdampak negatif pada pelayanan organisasi.
  4. Mampu membuat keputusan dengan analisis yang cermat dan juga dalam hal tertentu menggunakan intuisi.
  5. Mampu fokus dan bekerja dengan disiplin yang tinggi bersama tim untuk mencapai hasil terbaik.
  6. Mampu meningkatkan kualitas keterampilan teknis untuk menjalankan pekerjaan manajerial yang efektif.
  7. Mampu melakukan pertemuan, berbicara, memahami, mendengarkan, dan meningkatkan hubungan positif agar semua pekerjaan terselesaikan dengan baik.
  8. Mampu menghindari konflik dan selalu membangun hubungan kerja yang saling mengerti.
  9. Mampu memotivasi staf atau anggota tim dan mencocokan kebutuhan masing-masing individu dengan bijak.
  10. Mampu belajar dari kesalahan dan tidak pernah melempar kesalahan kepada pihak mana pun.
  11. Selalu berbicara dengan anggota tim atau staf tentang tujuan atas pekerjaan yang dilakukan, serta menghubungkannya dengan tujuan keseluruhan organisasi.
  12. Mampu melakukan eksekusi dengan terencana bersama gabungan tim yang benar-benar melakukan pekerjaan secara profesional dan baik.

METODOLOGI PELATIHAN

Fokus Pada Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar Dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.

GARIS BESAR MATERI PELATIHAN MOTIVASI PENINGKATAN MANAGERIAL SKILLS SELAMA 2 HARI

HARI PERTAMA

SESI 1: BEKERJA DALAM DINAMIKA TIM DAN MENDORONG HUBUNGAN YANG BAIK

Sub Bahasan

  1. Memahami bagaimana tim beroperasi (kepemimpinan, manajer, dan staf).
  2. Mendorong dan mendukung orang-orang melalui proses kerja.
  3. Memahami nilai-nilai kepemimpinan.
  4. Mampu menterjemahkan visi, semangat, dan tekad kepemimpinan.
  5. Membantu tim kerja menjadi sepenuhnya efektif dan produktif.
  6. Membangun keseimbangan dalam keragaman keterampilan, kepribadian, dan perspektif.
  7. Mengarahkan perbedaan ke arah positif, menciptakan hubungan yang akur, menyelesaikan konflik tim, serta menggunakan perbedaan tim untuk menjadi kreatif dan inovatif.

SESI 2: MEMILIH DAN MENGEMBANGKAN ORANG YANG TEPAT

Sub Bahasan

  1. Menemukan pegawai-pegawai berbakat dan hebat di internal atau pun di luar organisasi.
  2. Menyadari bahwa pikiran manusia tidak terkendali, tapi manusia bisa diatur untuk mencapai yang terbaik.
  3. Mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk kesuksesan tim kerja.
  4. Memahami kebutuhan kualitas dan keterampilan untuk pembangunan organisasi.
  5. Melakukan penilaian secara adil, jujur, benar, dan sesuai fakta.
  6. Meningkatkan keterampilan rekrutmen , tes perekrutan yang tepat, dan uji kemampuan untuk mengisi kebutuhan organisasi.

SESI 3 : MENDELEGASIKAN SECARA EFEKTIF

Sub Bahasan

  1. Menggunakan kecerdasan dan kemampuan orang lain melalui pendelegasian tugas.
  2. Siapa yang diberi delegasi dan bagaimana mendelegasikan.
  3. Faktor penting yang berkontribusi pada tugas delegasi.
  4. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mendelegasikan tugas.
  5. Prinsip untuk mendelegasikan dengan sukses.
  6. Menetapkan dan mempertahankan kontrol dalam delegasi.

SESI 4 : MEMOTIVASI ORANG

Sub Bahasan

  1. Keterampilan manajer untuk memotivasi orang lain.
  2. Memahami bahwa motivasi itu bersifat pribadi.
  3. Semua orang memiliki tingkat motivasi yang berbeda.
  4. Orang-orang termotivasi oleh berbagai hal.
  5. Mengenal anggota tim pada tingkat pribadi memungkinkan Anda memotivasi mereka dengan lebih baik.
  6. Memberikan umpan balik secara teratur adalah strategi yang kuat untuk memotivasi anggota tim.

HARI KEDUA

SESI 5: MENGELOLA DISIPLIN DAN MENGHADAPI KONFLIK

Sub Bahasan

  1. Disiplin adalah kunci untuk mencapai tujuan dan menciptakan kinerja yang lebih baik.
  2. Mengelola disiplin untuk menghindari masalah dengan kinerja individu.
  3. Disiplin adalah keterampilan yang dipelajari untuk bisa memiliki kemauan yang kuat.
  4. Meningkatkan disiplin dengan latihan: mengakui kelemahan diri, tetapkan rencana yang jelas, berkomitmen dengan rencana, menerima ketidaknyamanan, visualisasikan keuntungan dari disiplin Anda, mengakuhi kesalahan dan memperbaiki.
  5. Memfasilitasi sebuah resolusi untuk konflik langsung diantara anggota tim.
  6. Mengenali konflik dan mengatasi penyebabnya, bukan hanya menekan gejalanya atau menghindarinya

SESI 6: BERKOMUNIKASI SECARA EFEKTIF DAN BIJAK

Sub Bahasan

  1. Memberi tahu tim Anda apa yang terjadi dan terus menginformasikannya sebanyak mungkin.
  2. Briefing tim adalah keterampilan komunikasi yang harus dikuasai manajer.
  3. Mendengarkan, membimbing, dan memfasilitasi kebutuhan anggota tim secara efektif.
  4. Memahami persepsi tim dan berfungsi sebagai moderator untuk mengarahkan tim.
  5. Mendengarkan semua orang dan memberikan jawaban yang diperlukan oleh anggota tim.
  6. Berkomunikasi dengan kekuatan empati dan toleransi.

SESI 7: PERENCANAAN, PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Sub Bahasan

  1. Pembuatan rencana kegiatan.
  2. Eksekusi program.
  3. Pemecahan masalah.
  4. Manajemen waktu.
  5. Evaluasi program.
  6. Pengambilan keputusan.
  7. Kemampuan analisis.

SESI 8: MENGHINDARI KESALAHAN MANAJERIAL YANG UMUM

Sub Bahasan

  1. Tidak berpikir bahwa Anda dapat mengandalkan keterampilan teknis Anda sendiri.
  2. Tidak meminta atasan Anda untuk memecahkan masalah Anda.
  3. Tidak menempatkan atasan Anda dalam posisi canggung karena harus membela Anda.
  4. Tidak meminta atasan Anda untuk memberi tahu kepada orang lain.

Untuk training hubungi:

PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210
Telepon: (021) 5701505
Hp: 0812 8777 083
Fax: (021) 5738105