MOTIVASI DJAJENDRA

Leadership Organization Business Personal Interpersonal Entrepreneurs and Employed Professionals

Month: March 2018 (page 1 of 3)

MENUMBUHKAN RASA KEPEMILIKAN DAN KESETIAAN KARYAWAN KEPADA PERUSAHAAN

 

“Hanya jiwa yang tidak memiliki rasa syukur, yang tidak pernah memiliki hati untuk mencintai perusahaan yang memberikan kehidupan ekonomi dan karir.”~Djajendra

Perusahaan dan karyawan memiliki hubungan yang saling terkait, saling melengkapi, dan saling memberi. Ketika karyawan setia dengan rasa memiliki perusahaan yang kuat, maka perusahaan akan mendapatkan dukungan penuh dan total dari karyawan di semua keadaan. Dampaknya, ketika perusahaan mendapatkan rintangan dan masalah, maka kesetiaan dan rasa memiliki ini akan menguat untuk membantu perusahaan agar segera keluar dari masalah yang dihadapi.

Rasa kepemilikan terhadap perusahaan yang tertanam kuat di dalam diri karyawan, adalah energi positif yang mampu membangkitkan motivasi dan gairah kerja dalam mencapai tujuan perusahaan. Jelas, agar rasa kepemilikan dan loyalitas karyawan meningkat, maka kepemimpinan dan manajemen haruslah menunjukkan keteladanan dan empati kepada karyawan. Perhatian, cinta, dan kepedulian adalah nilai-nilai yang harus diberikan oleh manajemen dan kepemimpinan melalui budaya perusahaan yang kuat. Ketika budaya perusahaan kuat, maka semua sikap dan perilaku positif akan tampil konsisten.

Bila setiap karyawan tumbuh di dalam kesadaran tentang keberadaannya di perusahaan, kesadaran tentang kehidupan yang diberikan oleh perusahaan, kesadaran tentang tujuan keberadaan perusahaan, dan kesadaran tentang keberadaan mereka dalam proses kerja di perusahaan; maka, kesadaran mereka akan meningkatkan rasa kepemilikan dan kesetiaan mereka kepada perusahaan. Apalagi, bila karyawan memiliki kesadaran dan kemampuan untuk mencintai perusahaan secara utuh, maka kesetiaan dan rasa kepemilikan tersebut akan memberikan jawaban dalam bentuk etos kerja yang menguatkan proses kerja di dalam perusahaan.

Kejelasan tujuan keberadaan karyawan di dalam perusahaan, dan sikap rendah hati karyawan untuk bersyukur dengan apa yang perusahaan berikan, dapat meningkatkan kepuasaan kerja karyawan di perusahaan. Rasa syukur dan kebahagiaan kerja mampu meningkatkan semangat untuk mencapai tujuan nyata dalam kehidupan kerja, yaitu: kebahagian dan rasa kesejahteraan yang diberikan oleh perusahaan untuk setiap karyawan.

Rasa memiliki atau biasa disebut dengan sense of belonging bukanlah sesuatu yang terlihat, tetapi muncul dalam wujud energi positif untuk menjaga dan merawat perusahaan di setiap situasi dan keadaan. Kesadaran setiap pihak di dalam perusahaan untuk memiliki sikap, perilaku, kualitas, dan tindakan yang menjaga perusahaan dari setiap potensi masalah secara utuh adalah benih untuk munculnya rasa memiliki. Kesetiaan dan rasa memiliki adalah bagian dari pengabdian yang diberikan kepada perusahaan.

Rasa kepemilikan dan kesetiaan kepada perusahaan menciptakan kewajiban dalam suara hati, untuk bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan berkualitas. Dalam hal ini, karyawan akan tampil dengan sikap rendah hati, kuat dalam karakter kerja, berani jujur ??untuk menghadapi kenyataan, tegas dan cukup terhormat untuk meningkatkan reputasi perusahaan.

Kesetiaan dan rasa memiliki melibatkan hati, pikiran, dan jiwa untuk melakukan tindakan yang membantu perusahaan dengan sepenuh hati. Ketika perusahaan membutuhkan bantuan, maka setiap orang bangkit dengan penuh semangat untuk membantu perusahaan dan menyelesaikan tantangan yang dihadapi perusahaan.

Rasa kepemilikan dan kesetiaan membangkitkan energi kerja dalam satu visi dan satu budaya kerja. Semua orang mampu menjadi satu untuk semua dan semua untuk satu.

Untuk seminar/training hubungi: 0812 1318 8899 / email: training@djajendra-motivator.com

 

MOTIVASI DAN INSPIRASI 27032018

Manusia memegang harapan, Tuhan memegang hasil akhir.~Djajendra

Keadaan kekuasaan dan kekayaan sejati seseorang berada di dalam dirinya sendiri.~Henry Ward Beecher

Fisik, mental, emosional, dan spiritual adalah dasar yang membentuk kebahagian hidup kita. Rawat semuanya dengan sepenuh hati dan berikan ruang untuk menumbuhkannya menjadi lebih berkualitas.~Djajendra

Kita tidak bisa naik lebih tinggi dari pemikiran kita sendiri.~ Orison Swett Marden

Anda tidak dapat mengendalikan apa yang dilemparkan dunia kepada Anda. Tapi apa yang Anda dapatkan dari itu adalah seratus persen milik Anda. ~Sadhguru

Jika aku bisa memilih apa yang ingin aku lakukan, maka itu bermain … jika orang lain memberitahuku bahwa aku harus melakukannya, maka itu berhasil.~ Patricia Nourot

Ragukan diri Anda dan Anda meragukan semua yang Anda lihat. Hakimi diri Anda sendiri dan Anda melihat hakim di mana-mana. Tetapi jika Anda mendengarkan suara Anda sendiri, Anda dapat mengatasi keraguan dan penilaian. Dan Anda dapat melihat selamanya.~ Nancy Lopez

Akar kegagalan dalam hidup kita adalah berpikir, ‘Oh betapa tidak berguna dan tidak berdayanya saya.’ Sangat penting untuk berpikir kuat dan tegas, ‘Saya bisa melakukannya,’ tanpa membual atau resah. ~ Dalai Lama

Kerja keras dalam mencapai sebuah keinginan membutuhkan kesabaran, daya tahan, dan ketabahan; karena, keinginan selalu menguji sampai orang tersebut memiliki mental pemenang untuk mendapatkannya.~Djajendra

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899 / email: training@djajendra-motivator.com

PELATIHAN KOLABORASI PROGRAM 1 HARI 2018

PELATIHAN KOLABORASI PROGRAM 1 HARI 2018

DESKRIPSI

Kolaborasi dikaitkan dengan tindakan bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang direncanakan. Di tempat kerja, setiap karyawan, suka atau pun tidak suka haruslah mampu bekerja sama dengan karyawan lain, termasuk dengan orang-orang yang dianggap sebagai pesaing atau pun yang tidak menyenangkan hati. Disiplin dan tanggung jawab dalam kolaborasi biasanya terekspresi melalui sikap, perilaku, kebiasaan, etos, karakter, gaya hidup, etika, etiket, dan moral. Orang-orang yang cerdas berkolaborasi di tempat kerja memiliki sikap profesional dan konsisten untuk melayani perusahaan dengan sepenuh hati.

Di perusahaan, setiap karyawan di tempatkan di dalam struktur organisasi, kemudian harus menjalankan fungsi kerja yang berbeda untuk mencapai satu tujuan bersama. Dalam hal ini, pengaturan kerjasama diantara semua fungsi kerja diatur melalui SOP, sehingga walaupun tidak memiliki hubungan langsung, tetapi semua orang bekerja bersama-sama menuju tujuan bersama. Inti dari kolaborasi adalah melalui unit kerja dan fungsi kerja yang berbeda, setiap individu harus mampu menampilkan kerja sama yang profesional dalam satu visi dan satu budaya kerja.

Program pelatihan kolaborasi selama satu hari ini ditujukan untuk para karyawan pemula ( level junior). Peserta akan belajar tentang cara beradaptasi dengan budaya perusahaan; mempraktekkan cara kerja dengan budaya formal dan non formal di perusahaan; mempraktekkan kolaborasi dan kerja tim; mempraktekkan kemampuan bekerja sama dengan perbedaan dan perselisihan yang berpotensi muncul dalam setiap situasi kerja; mempraktekkan komunikasi dengan atasan, rekan kerja, dan semua orang di tempat kerja; mempraktekkan etika dan etiket; mempraktekkan tanggung jawab dan manajemen waktu yang baik.

METODOLOGI

Fokus pada Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan(Coaching),Counseling, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.

TUJUAN

  1. Membekali peserta untuk memiliki mental dan perilaku positif dalam kolaborasi di tempat kerja.
  2. Memberikan pengetahuan dan cara mempraktekkan etos kerja, budaya kerja, integritas, dan karakter kerja yang profesional.
  3. Membekali peserta untuk beradaptasi dengan budaya perusahaan dan mampu berkomunikasi dengan setiap orang dalam segala aspek kehidupan kerja.

MANFAAT

  1. Memahami cara berkolaborasi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan.
  2. Memahami apa itu budaya perusahaan dan mampu menyatu dalam budaya perusahaan untuk mencapai kinerja terbaik.
  3. Memahami manfaat dan konsekuensi dari kolaborasi yang tinggi atau rendah untuk sebuah organisasi.
  4. Membangun dasar karakter kerja dan kepribadian  yang kuat untuk bisa menjalankan kehidupan profesional di tempat kerja.

GARIS BESAR MATERI KOLABORASI PROGRAM 1 HARI

  1. Kolaborasi: kepatuhan dan disiplin dalam bekerja bersama menuju tujuan bersama.
  2. Memahami kolaborasi sebagai etos untuk bekerja bersama dan menyelesaikan proses bersama.
  3. Hubungan kolaborasi dengan akuntabilitas, integritas, dan tanggung jawab individu.
  4. Kolaborasi merupakan bagian terpenting dari budaya organisasi dan budaya kerja.
  5. Memiliki karakter kerja yang cerdas membangun hubungan yang dipercaya oleh klien, pemegang saham, karyawan, manajemen, dan pemangku kepentingan lainnya.
  6. Memahami apa itu etika bisnis, kode etik perilaku, good governance, SOP, dan moral individu yang tinggi di dalam perusahaan.
  7. Mampu bekerja dalam budaya perusahaan yang formal dan non formal.
  8. Mampu bekerja dengan jujur dan mengakui kesalahan.
  9. Menghindari konflik dan rasa curiga kepada siapa pun.
  10. Selalu bekerja dengan memiliki sasaran dan fokus untuk mencapai kinerja terbaik.
  11. Cara menjadi karyawan yang profesional dan selalu berprestasi di tempat kerja.

Untuk Seminar/Pelatihan Hubungi: 0812 1318 8899 / Email: training@djajendra-motivator.com

MOTIVASI DJAJENDRA

“Keinginan dalam disiplin dan kerja keras adalah energi untuk pertumbuhan dan kemajuan.”~Djajendra

MOTIVASI DJAJENDRA

“Tujuan hidup adalah penguasaan diri. Kuasai diri sendiri dengan cara tidak membiarkan pikiran sibuk dalam arah yang bertentangan dengan hati nurani.”~Djajendra

PELATIHAN INTEGRITAS UNTUK MANAJER PROGRAM 1 HARI 2018

PELATIHAN INTEGRITAS UNTUK MANAJER PROGRAM 1 HARI 2018

DESKRIPSI

Integritas dan komitmen manajer di tempat kerja adalah sebuah anugerah bagi peningkatan kinerja. Manajer dengan integritas yang tinggi mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis. Sifat dan penampilan manajer berintegritas mampu membentuk kekuatan untuk menjaga kelancaran dan keberlangsungan pencapaian kinerja terbaik. Integritas menjaga karakter pemenang, sehingga ditempat tersulit atau yang tidak disukaipun, manajer mampu menampilkan diri yang berkualitas untuk mencapai kinerja terbaik.

Bagi para manajer yang memiliki tanggung jawab kepemimpinan, integritas menempati urutan pertama dari daftar kualitas yang harus para manajer kembangkan. Manajer tanpa integritas akan sulit menjalankan pekerjaan dengan prinsip moral, etika, tanggung jawab, disiplin, dan nilai-nilai holistik yang tinggi. Manajer yang lemah integritasnya sulit melawan godaan dari kemudahan yang ditawarkan melalui peristiwa tidak etis dan tidak jujur. Tanpa integritas, pertempuran di dalam pikiran dan hati nurani akan melemahkan energi positif manajer. Akibatnya, manajer menjadi mudah tergoda untuk melakukan hal-hal yang tidak etis dan yang berpotensi menjadi masalah serius bagi keberlangsungan karir manajer tersebut di masa depan.

Integritas adalah sebuah investasi terhebat bagi para manajer melalui sifat-sifat dan kebiasaan etis, sehingga manajer mampu membentuk karakter untuk menjalani kehidupan kerja yang penuh kinerja terbaik secara konsisten. Manajer dengan integritas yang tinggi tidak akan runtuh oleh kesulitan atau godaan apapun. Jiwa manajer yang penuh integritas memiliki sifat dasar yang sangat kuat untuk menjalani ketidakpastian dan berbagai godaan dari energi tidak etis dengan karakter pemenang yang hebat.

Nilai dan kualitas terbaik seseorang manajer bergantung pada kemampuannya untuk mempertahankan integritas yang konsisten dalam segala kondisi. Integritas yang menyatu dalam semua atribut karakter manajer, mampu menampilkan kualitas sejati manajer yang diandalkan untuk semua situasi dan peristiwa. Integritas menghasilkan karakter yang konsisten dan beraturan pada karakter kerja manajer. Semua ketidakstabilan di luar diri dapat dikendalikan dari dalam diri melalui kekuatan integritas.

Program Pelatihan Integritas untuk Para Manajer ini dilakukan dalam waktu 8 jam.

Garis besar materi pelatihan integritas untuk para manajer adalah sebagai berikut:

SESI 1 : MENJADI MANAJER BERINTEGRITAS DENGAN SENSE OF BELONGING DAN LOYALITAS KEPADA PERUSAHAAN

Sub Bahasan

  1. Mengapa manajer/pemimpin harus memiliki integritas.
  2. Cara integritas menciptakan rasa memiliki dan loyalitas kepada perusahaan.
  3. Integritas menghasilkan pahlawan-pahlawan perusahaan yang setia dan sepenuh hati membangun perusahaan.
  4. Integritas manajer dilihat dari tekad untuk bekerja dengan disiplin dan melindungi nama baik perusahaan.
  5. Memiliki rasa harga diri yang luar biasa dalam menjalani kehidupan yang penuh integritas.
  6. Membangun hubungan yang dipercaya oleh klien, pemegang saham, karyawan, manajemen, dan pemangku kepentingan lainnya.
  7. Storytelling Exercise/Role Play/Fun Games. 

SESI 2 : INTEGRITAS MANAJER DALAM ETOS DAN BUDAYA KERJA YANG MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN

Sub Bahasan

  1. Integritas menempati urutan teratas daftar prioritas kualitas untuk dikembangkan menjadi etos kerja manajer.
  2. Bekerja sepenuh hati, jujur dan tidak tergoyahkan oleh godaan, ketaatan pada SOP, disiplin melaksanakan aturan dan peraturan perusahaan.
  3. Memiliki etos kerja dengan prinsip moral, etika, spiritual yang tinggi dan konsisten.
  4. Menguatkan proses kerja dengan inisiatif, mengambil tanggung jawab, fokus pada tugas, berkomunikasi, serta menjalankan nilai, sistem, dan etos dengan integritas.
  5. Memperbaiki masalah, mengambil kepemilikan situasi, menemukan solusi, dan meningkatkan kinerja.
  6. Fun and Simple Stretching Exercises For Manager/ Games.

SESI 3 : INTEGRITY: LEADERSHIP BY EXAMPLE, SEORANG PIMPINAN HARUS MAMPU MENJADI TELADAN

Sub Bahasan

  1. Memimpin orang lain dengan teladan membutuhkan integritas pribadi.
  2. Integritas berasal dari kesesuaian antara pikiran, perasaan, kata-kata, dan tindakan yang bersumber dari nilai-nilai pribadi.
  3. Pemimpin sejati menunjukkan integritas dengan contoh: Belajar integritas dari para pemimpin dunia.
  4. Belajar dari perusahaan-perusahaan yang jatuh karena pemimpinnya tidak memiliki integritas.
  5. Belajar dari perusahaan-perusahaan sukses karena pemimpinnya memiliki integritas.
  6. Integritas yang kuat memaksimalkan keahlian, kredibilitas, reputasi, kekompakan, dan pelayanan kepada stakeholders.
  7. Role Play

SESI 4 : MANFAAT KEPADA DIRI SENDIRI DAN PERUSAHAAN BAGI KARYAWAN YANG PUNYA INTEGRITAS

Sub Bahasan

  1. Dampak integritas untuk sukses pribadi dan perusahaan.
  2. Integritas menghasilkan energi positif untuk kebahagiaan di tempat kerja.
  3. Integritas menguatkan keberanian untuk bekerja dengan jujur dan mengakui kesalahan.
  4. Integritas memberi ketenangan dan kepercayaan diri.
  5. Integritas berdampak positif pada pangsa pasar perusahaan.
  6. Menghormati batas-batas hukum dan konsekuensi.
  7. Menghindari konflik dan rasa curiga dengan pihak lain.
  8. Menghasilkan perilaku yang andal dan jujur untuk mewujudkan tujuan.
  9. Berjalannya etika bisnis, kode etik perilaku, good governance, dan moral individu yang tinggi.
  10. Fun Games/ Role Play.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899 / email:training@djajendra-motivator.com

PERUBAHAN DIMULAI DARI NIAT DAN PEMIKIRAN

“Dari pemikiran, kehidupan yang lebih baik dimulai; dari pemikiran, perubahan dimulai untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.”~Djajendra

Niat adalah komitmen atau janji tulus kepada diri sendiri untuk melakukan sesuatu. Niat dan pemikiran mampu menciptakan tindakan menuju perubahan. Dari pemikiran, kehidupan yang lebih baik dimulai; dari pemikiran, perubahan dimulai untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Perlu diingat bahwa pikiran yang sama secara terus-menerus mampu berevolusi menjadi tindakan untuk menciptakan kehidupan. Berpikirlah tentang hal-hal baik agar kehidupan terbaik tercipta untuk Anda.

Perubahan adalah sesuatu yang pasti dan selalu terjadi kepada siapapun. Orang-orang yang malas dengan perubahan tidak pernah mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Kekecewaan dan stres di dalam hidup terjadi karena tidak adanya niat dan kesadaran untuk berubah. Perubahan untuk kehidupan yang lebih baik haruslah disikapi dengan tindakan yang kaya strategi dan kerja keras yang penuh disiplin.

Pikiran adalah awal untuk memulai apapun yang Anda impikan. Pikiran yang dilengkapi dengan kekuatan visualisasi dan pengetahuan yang tepat mampu mengantar Anda untuk mewujudkan impian. Jadi, sebelum memulai sebuah tindakan, cobalah latih dulu tindakan itu di dalam pikiran Anda. Ketika pikiran mampu visualisasikan perubahan yang diinginkan dengan tepat, maka saat tindakan diberlakukan semuanya menjadi mudah dan mengalir dengan lancar menuju pencapaian.

Pikiran untuk kehidupan yang lebih baik yang terus-menerus diulang dalam bentuk kata maupun visualisasi mampu mengembangkan pola dan kepribadian yang kuat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu, lakukan afirmasi terhadap hal-hal yang Anda impikan secara terus-menerus; lakukan afirmasi terhadap nilai-nilai kehidupan yang Anda impikan; lakukan visualisasi terhadap hal-hal yang Anda impikan. Hindarkan pemikiran Anda untuk membahas hal-hal yang tidak Anda inginkan dalam hidup Anda. Anda adalah apa yang Anda pikiran, bayangkan, katakan, dan melakukan. Tingkatkan kesadaran dan kecerdasan untuk mengembangkan pola pikir dan pola perilaku yang bisa membuat kehidupan Anda menjadi lebih baik.

Pikiran positif yang kuat menciptakan mental yang hebat dan selalu fokus untuk pencapaian. Pikiran positif yang kuat tidak pernah menyerah untuk menemukan strategi yang hebat. Dan jelas, untuk strategi yang hebat pikiran membutuhkan kecerdasan dan kreatifitas yang tinggi. Tanpa kecerdasan dan kreatifitas pikiran berpotensi kurang memiliki akal untuk menghasilkan yang terbaik.

Setelah pikiran membentuk sebuah pola hidup baru, maka pola hidup baru tersebut menjadi bagian dari kebiasaan alam bawah sadar. Akhirnya, pola hidup tersebut terlihat melalui sikap, perilaku, karakter, dan kebiasaan hidup. Jadi, kalau Anda ingin melakukan perubahan, pastikan Anda memulainya dari pikiran yang kuat dan semangat yang tidak pernah hilang untuk memikirkan hal-hal yang Anda inginkan secara terus-menerus. Saat pemikiran baru semakin kuat untuk sebuah pola hidup baru, saat itu pola lama semakin lemah dan berpotensi hilang dari kebiasaan hidup Anda. Intinya, perubahan yang diinginkan haruslah dimulai dari pemikiran, dan juga keinginan untuk membawa perubahan dalam diri Anda.

Dengan pemikiran yang tepat, dengan kesadaran dan tekad yang hebat, perubahan yang diinginkan dapat diwujudkan. Rubahlah pemikiran dan siapkan mental untuk kehidupan yang lebih baik. Jadi, tidak ada yang tidak dapat Anda perbaiki, semuanya dapat dibuat menjadi lebih baik dengan memulainya dari pikiran dan niat yang tulus.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899 / email: training@djajendra-motivator.com

MOTIVASI DJAJENDRA

“Setiap hari bersihkan pikiran dan perasaan negatif. Pikiran dan perasaan negatif mengambil semua sukacita Anda. Terimalah hidup yang dihadapi dengan pikiran dan perasaan positif.”~Djajendra

MOTIVASI DJAJENDRA

“Kita ada untuk memberi. Mulailah setiap hari dengan memberi senyum yang tulus, kata dan ucapan yang baik, pengetahuan yang membahagiakan, kerendahan hati, pikiran dan perbuatan yang menguatkan kemanusiaan, serta menjadi energi positif di semua situasi dan peristiwa.”~Djajendra

MOTIVASI DJAJENDRA

“Menerima hidup seperti apa adanya, melakukan apapun yang terbaik yang bisa Anda lakukan untuk realitas hidup yang Anda hadapi. Tetap semangat dan jangan pernah merasa lelah.”~Djajendra

Older posts

© 2018 MOTIVASI DJAJENDRA

Theme by Anders NorenUp ↑