“Mendengar dengan benar adalah saat Anda mendengarkan dengan pikiran positif, hati yang penuh cinta, dan perilaku yang cinta damai.”~Djajendra

Kata-kata itu mungkin milik siapa saja, tetapi makna yang diberikan kepadanya adalah milik Anda. Anda yang memberi arti terhadap semua kata-kata yang Anda dengar. Anda harus bijak dan cerdas untuk menafsirkan semua kata-kata yang Anda dengar agar membawa kebaikan bagi hidup Anda. Kesadaran Anda untuk hidup damai dan bahagia harus menjadi pedoman dasar dalam mendengarkan apa pun.

Seburuk apa pun kata-kata dan tujuannya yang Anda dengar, Anda harus bijak dan cerdas menafsirkannya. Tidak pernah kedamaian dan kebaikan dihasilkan dari tindakan yang bersumber dari kata-kata yang penuh kebencian dan kemarahan. Semua emosi negatif yang disalurkan melalui kata-kata yang buruk, yang terpaksa harus Anda dengar, Anda harus bijak memahaminya sehingga makna positif yang Anda dapatkan.

Ketika Anda tidak mampu mendengar dengan benar, Anda akan dimanfaatkan oleh orang-orang tidak benar untuk tujuan hidup mereka. Anda harus sadar semua orang yang mendengarkan sebuah pembicaraan tidak pernah mencapai pemahaman yang sama. Hal ini dapat Anda buktikan ketika mendiskusikannya dengan orang lain, Anda akan menyadari bahwa semua orang tidak mendengarkan hal yang sama. Semua orang selalu akan berdebat satu sama lain tentang sesuatu yang sama-sama didengarkan. Ini menunjukkan bahwa masing-masing orang menafsirkan apa yang dia dengar dengan caranya sendiri.

Ketika sedang mendengar jangan mendengarkan pikiran sendiri. Ketika Anda mendengarkan pikiran sendiri dan mengkritisi kata-kata yang Anda dengar, maka Anda tidak pernah menambah pengetahuan baru ke dalam memori Anda. Kecerdasan Anda pun menjadi sangat terbatas, sebatas pikiran Anda. Bukalah hati dan pikiran untuk mendengarkan. Anda memiliki telinga untuk mendengarkan, dengarkan apa saja dengan pikiran positif dan dengan jiwa yang selalu cinta damai.

Apa yang Anda dengar tidak boleh memberikan pengaruh buruk bagi kedamaian hidup Anda. Kedamaian dan kebahagiaan adalah hal terpenting dalam hidup. Semua yang Anda dengarkan hanya sebatas pengetahuan dan informasi yang harus Anda maknai secara positif. Pertimbangkan secara bijak tentang dampak yang diberikan oleh kata-kata yang Anda dengarkan. Hanya ketika pikiran positif dan hati penuh cinta, Anda dapat mendengarkan apa yang dikatakan. Anda berhak mempertimbangkan apa yang Anda dengar, tetapi dengarkan apa pun sebatas pengetahuan yang pengaruhnya ditentukan oleh kesadaran Anda.

Ketika mendengar jangan membantah, dengarkan saja. Anda yang rendah hati dan pembelajar tidak akan membantah atau menolak terhadap kata-kata yang didengarkan. Suka atau tidak suka, setuju atau tidak setuju, dengarkan saja. Tidak perlu bereaksi terhadap yang Anda setuju maupun yang tidak setuju, dengarkan saja. Jika ini terjadi, ketahuilah bahwa Anda telah terlatih untuk mendengarkan. Kemampuan Anda untuk mendengarkan akan menjadikan Anda bijak dan cerdas.

Mendengarkan tidak berarti Anda harus mempercayainya. Kecerdasan dan logika Anda harus mempertimbangkan apa pun yang sudah Anda dengar. Kebijaksanaan jiwa dan pikiran baik harus hadir saat Anda bersikap atas apa yang Anda dengar. Jika Anda merasa apa yang Anda dengar berharga dan baik untuk kehidupan Anda, terimalah itu dengan sukacita. Jika tidak baik untuk Anda, tinggalkan itu dan jadikan sebatas pengetahuan untuk pengembangan diri Anda.

Untuk mengundang Djajendra hubungi: 0812 1318 8899/ email: admin@djajendra-motivator.com