KOMUNIKASI + 30122015

“Komunikasi positif adalah magnet keberuntungan.”~Djajendra

Kemampuan berkomunikasi positif membuat Anda mudah terhubung dengan beragam perilaku dan sifat orang. Setiap orang hadir dengan persepsi, keyakinan, pengetahuan, wawasan, dan pengalaman yang berbeda. Anda pasti bertemu dengan berbagai macam orang dalam kehidupan sosial, di tempat kerja, di media sosial, atau dimana saja. Bertemu dan pertemuan adalah bagian dari realitas manusia sebagai makhluk sosial. Pintar-pintarlah berkomunikasi untuk mendapatkan kemudahan dalam setiap pertemuan dan hubungan.

Komunikasi yang berkualitas tinggi membuat hubungan dan interaksi menjadi lebih menyatu. Komunikasi berkualitas tinggi dimulai dari pikiran baik, suasana hati yang baik, sikap yang baik, sifat yang baik, perilaku yang baik, tingkat energi tubuh yang prima, pengetahuan yang lebih terhadap topik pembicaraan, dan gairah untuk menjadi pendengar yang baik. Komunikasi berkualitas tinggi ditentukan oleh pengetahuan dan emosi positif di sepanjang proses komunikasi. Ucapan, tulisan, antusiasme, motivasi, sikap melayani, niat baik, dan pilihan kata-kata positif adalah dasar untuk komunikasi kualitas tinggi.

Memiliki hubungan baik dengan orang-orang di sekitar menciptakan suasana kehidupan yang tenang dan damai. Bila setiap orang memancarkan energi positif dari jiwa terdalamnya, maka terciptalah lingkungan kehidupan yang penuh sukacita. Komunikasi positif menciptakan interaksi yang membuat setiap orang merasa diperhatikan, didengarkan, dilibatkan, didekatkan, dihargai, dan dimotivasi untuk saling percaya dalam kehidupan sehari-hari.

Komunikasi yang baik merupakan rangkaian pilihan kata-kata positif yang disampaikan dengan emosi positif. Setiap percakapan atau pun tulisan yang disampaikan mengandung kekuatan baik yang menguntungkan semua pihak. Hal ini menjauhkan orang-orang dari potensi konflik.

Di tempat kerja, komunikasi positif meningkatkan kolaborasi diantara unit kerja dan juga diantara individu. Hal ini menguatkan budaya kerja, serta membuat struktur organisasi bergerak lincah dan efektif. Komunikasi positif menciptakan peluang untuk peningkatan kinerja di semua bagian perusahaan. Hubungan kerja yang terkoneksi secara positif meningkatkan energi positif organisasi untuk terwujudnya keharmonisan kerja dalam soliditas yang kuat.

Ketika komunikasi positif tidak terwujud, maka sangatlah mudah untuk terciptanya emosi negatif. Prasangka buruk dari komunikasi negatif akan menciptakan suasana kehidupan sehari-hari yang penuh stres. Orang-orang stres sulit menjadi produktif, sulit menjadi efektif, dan sulit berkinerja tinggi. Mereka akan menghabiskan waktunya untuk berkeluh-kesah dan menyebarkan energi negatif dari suasana hati mereka yang buruk.

Membangun komunikasi positif berkualitas tinggi sangatlah penting bagi pencapaian terbaik. Apalagi di tempat kerja dibutuhkan kolaborasi yang baik, untuk dapat menggerakkan roda organisasi secara efektif dan produktif. Hubungan kerja berkualitas rendah menguras energi, untuk dihabiskan dalam konflik dan perasaan tidak puas. Hal ini menyulitkan setiap orang untuk fokus dan berkonsentrasi dalam pencapaian target masing-masing.

Perusahaan yang berbudaya kuat selalu sadar untuk meningkatkan komunikasi positif berkualitas tinggi. Sebab, semakin tinggi kualitas atau cara berkomunikasi diinternal perusahaan, semakin mudah untuk membuat semua orang terlibat dalam pencapaian target. Ketika komunikasi tidak mengalir secara positif, maka aliran informasi dan hubungan kerja menjadi terganggu. Dampaknya, perilaku negatif dengan mudah menyebar dan merusak suasana kerja.

Komunikasi positif adalah magnet keberuntungan. Bila sebuah perusahaan mampu membangun budaya komunikasi positif, dipastikan perusahaan tersebut berpotensi menjadi magnet keberuntungan bagi setiap stakeholdernya.

KOMUNIKASI 30122015

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com