KEKUATAN KEPEMIMPINAN ADA PADA STAF-STAF YANG PRODUKTIF

MOTIVASI DJAJENDRA 08062016

“Jangan memberitahu orang-orang bagaimana melakukan sesuatu, memberitahu mereka apa yang harus dilakukan dan membiarkan mereka mengejutkan Anda dengan hasil mereka.”~Jenderal George Patton

Kepemimpinan adalah tentang kecerdasan untuk mengumpulkan semua kompetensi dan potensi dari setiap orang, kemudian memanfaatkan kompetensi dan potensi itu untuk mencapai visi. Karena bertugas untuk mengumpulkan kompetensi dan potensi setiap orang, maka pemimpin wajib memiliki kemampuan untuk menangani orang lain dengan hati dan pikiran positif. Pemimpin yang profesional biasanya cerdas dalam membangun hubungan yang produktif dengan setiap orang.

Setiap staf adalah kekuatan kepemimpinan. Oleh karena itu, pemimpin bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan staf-stafnya. Memahami setiap staf dengan empati dan menghormati keberadaan mereka. Tidak mempermalukan para staf di depan umum. Selalu memiliki perilaku kepemimpinan yang membangkitkan semangat staf untuk berkinerja lebih baik.

Kepemimpinan yang profesional selalu membangun kepercayaan dan soliditas bersama.Saling percaya dan kekompakkan adalah kunci keberhasilan. Komitmen dijaga dan dijalankan bersama. Kata-kata positif dan optimis menjadi pencipta perilaku kerja yang produktif. Kepercayaan yang diberikan pemimpin dijaga oleh para staf. Sebaliknya, kepercayaan yang diberikan oleh para staf kepada pemimpin, dijaga dan dirawat oleh pemimpin dengan profesional.

Walau pemimpin memiliki kekuasaan dan otoritas atas para staf, tetapi pemimpin harus menjadi jembatan bagi setiap staf. Dalam hal ini, pemimpin harus menjadi ahli komunikasi yang penuh empati. Mampu menjaga hubungan komunikasi dalam banyak arah dan menghormati keragaman pikiran. Mampu mendengarkan setiap staf dan memotivasi mereka untuk melakukan yang terbaik. Selalu ada dan hadir saat staf membutuhkan arahan pemimpin. Mampu menyampaikan pesan dengan cara yang paling sederhana.

Pemimpin yang profesional adalah yang mampu mendidik para staf untuk berhenti membawa masalah, tetapi fokus dan kreatif untuk menemukan solusi. Staf yang berkualitas dan profesional adalah yang memiliki keyakinan atas kompetensinya, serta selalu mampu membantu diri sendiri untuk mendapatkan jalan keluar atas masalah yang dihadapi. Dalam hal ini, pemimpin harus peduli dan mau mendampingi setiap staf untuk menemukan solusi terbaik bagi pencapaian kinerja.

Para staf wajib menjaga reputasi dan kredibilitas kepemimpinan dengan cara melayani pekerjaan secara profesional. Oleh karena itu, tidak boleh ada staf yang mensabotase, dan harus selalu menjaga agar kepemimpinan berjalan lancar dan produktif. Ingat! kepemimpinan menciptakan visi dan rencana, dan semuanya didelegasikan kepada para staf untuk dieksekusi melalui fungsi dan perannya masing-masing. Jadi, jangan pernah menunda untuk memenuhi target sesuai waktu yang ditentukan. Fokuskan semua energi dan waktu untuk melayani pekerjaan dengan hati dan totalitas.

Pemimpin selalu mengarahkan setiap staf dari belakang. Memimpin dan memotivasi para staf untuk tampil prima dengan fungsinya masing-masing. Pemimpin selalu menjaga para staf dari belakang dan memastikan para staf tampil cemerlang di front liner, serta melayani pelanggan dengan lincah dan penuh gairah.

Pemimpin bertugas untuk memimpin seluruh individu dan seluruh tim. Pemimpin bertugas membukakan jalan bagi para staf dalam mencapai target dan kinerja terbaik. Pemimpin bertugas berbagi visi dan mendorong setiap staf aktif menjalankan misi dan nilai-nilai budaya kerja. Pemimpin bertugas memotivasi setiap staf agar menyelesaikan rutinitas pekerjaan dengan produktif. Pemimpin bertugas memberitahu para staf tentang apa-apa yang harus mereka lakukan dengan kompetensi dan potensi mereka.

Pemimpin yang baik selalu berdiri paling depan saat para staf terjebak dalam zona nyaman. Dia akan segera memotivasi dan membangkitkan kesadaran para staf untuk segera keluar dan meninggalkan zona nyaman. Sebab, zona nyaman adalah zona yang mematikan kreativitas dan menjadikan setiap orang mundur dari masa depan. Pemimpin yang profesional tahu bahwa zona nyaman adalah tantangan yang paling berat. Jadi, hanya melalui kesadaran dan disiplin tinggi, para staf dapat meninggalkan zona nyaman menuju zona kreativitas kerja.

Bagi pemimpin terbaik, setiap staf adalah bakat yang paling berharga. Jadi, sekecil apapun pekerjaan dan kontribusi seorang, adalah sesuatu yang sangat berharga untuk menyempurnakan hasil akhir. Setiap staf menjadi orang penting dan dihormati oleh pemimpin. Setiap staf mendapatkan kasih sayang dan kepedulian dari pemimpin. Setiap staf terhubung dan tanpa jarak dari pemimpin. Setiap staf mendapatkan motivasi dan perhatian yang khusus dari pemimpin. Pemimpin terbaik selalu menyadari bahwa hubungan dekat dengan para staf adalah kunci untuk pencapaian tertinggi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra adalah praktisi, penulis, dan pembicara di bidang Manajemen Korporasi. Djajendra menulis dan berbicara untuk kehidupan kerja yang produktif, bahagia, kreatif, damai, tenang, berintegritas, melayani, bertanggung jawab, dan bersatu untuk mencapai kinerja terbaik. Ingin Mengundang Djajendra? Apabila perusahaan Anda ingin mengundang Djajendra untuk memotivasi dan menginspirasi karyawan dan pimpinan buat kesuksesan karier pribadi, bisnis dan organisasi. Hubungi: PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL http://djajendra-motivator.com Email: training@djajendra-motivator.com Phone: 021 5701505 Mobile phone : 0812 131 888 99 Fax : 021- 5738105

Leave a Reply