“Core values perusahaan menciptakan budaya perusahaan yang kuat, dan budaya perusahaan yang kuat menciptakan tindakan yang fokus untuk mencapai kinerja terbaik.”~Djajendra

Perusahaan bernyawa dan hidup karena manusia. Tanpa manusia, perusahaan tidak ada. Manusia perusahaan mungkin bersumber dari berbagai macam latar belakang yang berbeda. Semua orang datang ke perusahaan dengan membawa berbagai nilai-nilai yang berbeda. Tidak ada seorang pun yang persis sama. Pola pikir yang berbeda, emosi yang berbeda, cara pandang yang berbeda, dan yang pastinya nilai-nilai kehidupan yang berbeda. Karena manusia perusahaan berbeda-beda, maka perusahaan harus menyatukan semua perbedaan tersebut di dalam sebuah budaya, yang secara sengaja dan khusus dibentuk untuk kepentingan pencapaian visi dan kinerja perusahaan.  

Nilai-nilai inti perusahaan (corporate core values) adalah energi untuk menciptakan kepribadian dan perilaku kerja yang sesuai dengan misi dan visi perusahaan. Core values perusahaan menyatukan latar belakang manusia perusahaan yang berbeda-beda itu ke dalam satu budaya perusahaan yang sama. Bila semua manusia perusahaan sudah terintegrasi ke dalam satu budaya yang kuat berfondasikan dari setiap nilai-nilai inti perusahaan,  maka manusia perusahaan menjadi sumber kekuatan dan modal yang hebat, untuk mendorong terciptanya kinerja melalui inovasi dan kreatifitas.

Ketika core values berhasil diinternalisasi ke dalam jiwa, emosi, pikiran, dan perilaku kerja manusia perusahaan. Maka, proses kerja akan berlangsung dengan efektif dan produktif. Tidak ada lagi konflik dan keraguan di dalam proses kerja. Komunikasi dan kolaborasi akan berlangsung dengan sangat efektif dan tepat sasaran. Setiap orang mampu bekerja sama dan menunjukkan etos terbaik untuk mencapai kinerja. Semua orang bisa bersatupadu dalam satu visi dan satu persepsi untuk membuat keputusan dan tindakan yang tepat. Semua ini bisa terjadi karena nilai-nilai inti (core values) yang sudah tertanam di dalam pola pikir setiap manusia perusahaan, menjadikan mereka satu persepsi dan satu visi, dan sudah tidak ada ruang untuk konflik, sebab core values sudah menyatukan mereka menjadi satu kekuatan yang solid.

Core values merupakan jati diri perusahaan. Core values mendefinisikan tentang kepribadian perusahaan, yang mana ditampilkan melalui perilaku dan keterampilan kerja dari sumber daya manusianya. Core values inilah yang mengisi jiwa dan kepribadian pimpinan dan karyawan, sehingga mereka menjadi energi inti untuk menggerakan budaya perusahaan. Core values merupakan nilai-nilai fundamental, fondasi budaya, nilai-nilai abadi, nilai-nilai yang menciptakan karakter kerja, dan nilai-nilai yang wajib ditindaklanjuti di dalam semua aspek perilaku organisasi.

Core values harus dapat diimplementasikan di level eksekusi di semua tingkatan kerja. Kepemimpinan yang berbudaya dan profesional pasti bersikap dan bertindak melalui core values. Kepemimpinan sebagai sumber kekuasaan perusahaan wajib menjadi teladan di dalam implementasi nilai-nilai inti perusahaan (corporate core values). Bila pemimpin dengan jujur mampu menjalankan kepemimpinannya berdasarkan core values perusahaan. Maka, semua keputusan menjadi mudah diputuskan dan dijalankan, semua bakat dan potensi hebat menjadi mudah untuk dimanfaatkan bagi kemajuan perusahaan, semua potensi konflik dapat dihilangkan, serta proses kerja dapat dijalankan dengan efektif dan produktif.

Core values yang berhasil diintegrasikan ke dalam perilaku kerja, struktur, dan sistem perusahaan; menciptakan iklim kerja yang sesuai dengan misi dan visi perusahaan. Dalam hal ini, core values berfungsi untuk menggerakan manusia perusahaan dalam mencapai kinerja terbaik. Sepanjang proses kerja, core values berfungsi sebagai energi dalam menciptakan budaya perusahaan yang kuat dan solid. Intinya, core values sangat penting di dalam proses kerja untuk dapat mencapai kinerja terbaik. Bila karyawan dan pimpinan mengabaikan core values di dalam proses kerja, maka perusahaan sulit mendapatkan kinerja terbaik secara konsisten dan berkelanjutan.

Core values perusahaan haruslah ditentukan dengan cerdas untuk tujuan menggerakan manusia perusahaan agar mereka mudah mencapai visi dengan kinerja yang hebat. Jadi, dalam hal ini, perusahaan wajib mengidentifikasi realitas sumber daya manusia yang dimiliki, lalu mengkaji nilai-nilai inti yang paling tepat dan sesuai untuk dapat menggerakan sumber daya manusia bagi pencapaian misi, tujuan, target, visi, dan kinerja terbaik.

Setiap perilaku, tindakan, dan keputusan manajemen harus terorganisir di sekitar core values. Ini penting, agar tidak ada konflik di dalam kedinamisan bisnis perusahaan. Tindakan dan perilaku yang tidak konsisten dengan core values menyebabkan keraguan dan konflik. Oleh karena itu, manajemen yang profesional tidak akan mau berspekulasi dengan core values nya. Apa pun situasi dan peristiwanya, manajemen yang baik tetap bersikap berdasarkan core values perusahaan.

Internalisasi core values harus dilakukan sesering mungkin, tidak cukup kalau hanya dilakukan sekali. Secara rutin, perusahaan harus membuat program-program dengan tujuan penguatan budaya kerja dan peningkatan kualitas internalisasi core values. Hal ini dibutuhkan, agar manusia perusahaan bisa memiliki pemahaman yang sangat mendalam atas core values, sehingga mereka bisa menjadi energi positif dalam pembentukan budaya perusahaan yang kuat dan yang diinginkan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com