SETIAP ORANG HARUS MEMILIKI MANAJEMEN DIRI YANG BAIK

“Manajemen diri yang baik membantu kita merasakan kekuatan diri sendiri untuk menjalani kehidupan yang produktif dan penuh kegembiraan.”~Djajendra

Manusia dimaksudkan untuk menjadi makhluk yang unggul dan mulia. Manusia diberikan akal dan kecerdasan kreatif, untuk bisa merawat dirinya dan hidupnya dengan bijaksana dan penuh tanggung jawab. Manusia adalah kombinasi TUBUH fana dan ROH abadi. Kesadaran yang tinggi mampu menghidupkan cahaya di dalam diri, untuk membimbing ROH selalu fokus menjadi makhluk unggul dan mulia. Bila manusia gagal menemukan kesadaran tertingginya, maka hasrat duniawinya akan menjebak ROH abadi untuk hidup dalam kegelapan dan ketidakpastian. Akibatnya, kehidupan selalu dijalani dalam energi antara negatif dan positif; selalu meraba-raba dalam ketidaktahuan dan kegelapan; selalu abu-abu, tanpa integritas diri yang tinggi.

Manajemen diri atau self management adalah satu cara untuk membuat manusia tetap menjadi makhluk yang unggul dan mulia. Self management bukanlah sesuatu yang sulit untuk dijalankan, diperlukan kesadaran tertinggi dan latihan terus-menerus dari integritas diri yang tinggi. Self management yang baik dimulai dengan gaya hidup yang mengatur pola pemikiran, pola emosi, pola perilaku, pola sikap, pola sifat, pola mental, spiritual, pola kehidupan sosial, dan kesehatan fisik yang terwujud dalam karakter positif dan unggul. Gaya hidup yang tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, tidak berjudi, tidak narkoba, tidak korupsi, dan semua kebiasaan negatif lainnya yang menghancurkan keunggulan dan kemuliaan manusia. Manajemen diri yang baik selalu mempraktikkan pola hidup yang sehat dan holistik.

Diri yang baik selalu tampil harmoni antara jiwa, pikiran, fisik, dan emosi. Diri yang baik selalu mengalirkan energi positif ke alam semesta dan kehidupan sosial. Diri yang baik selalu merawat kebugaran, kesehatan, kegembiraan, keseimbangan, serta menjalankan semua fungsi kehidupan dengan niat baik dan pikiran baik. Diri yang baik selalu sadar bahwa kehidupan fisiknya tidak abadi, tetapi kehidupan ROHnya selalu abadi. Jadi, jalan abadi bagi kehidupan ROH adalah jalan spiritual. Oleh karena itu, diri yang baik selalu hidup untuk Tuhan dan selalu bekerja untuk tujuan Tuhan. Dalam hal ini, kehidupan ROH mampu mengendalikan kehidupan fisik, sehingga kemuliaan dan keunggulan diri di jalan spiritual menjadi kekuatan yang utuh untuk kesuksesan kehidupan duniawi.

Fondasi manusia unggul adalah kesehatan fisik dan mental yang baik. Keadaan kesehatan fisik, mental, sosial, spiritual, dan emosional haruslah lengkap dan seimbang di dalam kebaikan hidup. Perasaan gembira, bahagia, bersyukur, berterima kasih, bugar, dan penuh semangat hidup, merupakan kekuatan dasar manusia unggul. Diperlukan perilaku yang selalu ikhlas, tulus, jujur, disiplin, tekun, etos yang hebat, termasuk  energi positif yang membawa diri ke dalam setiap aspek dari diri yang asli dan sejati.

Manajemen diri yang baik selalu konsisten dan disiplin untuk memberikan nutrisi yang sehat bagi tubuh; selalu memberikan persepsi dan pemikiran positif bagi pola pikir; selalu memberikan nilai-nilai cinta, pengampunan, kasih sayang, dan kepedulian bagi kekuatan emosional; selalu beristirahat yang cukup; selalu menerima realitas hidup sesuai kehendak Tuhan; selalu rendah hati dan menjaga ketenangan batin; selalu merawat citra diri di dalam energi positif; selalu terbuka terhadap kreativitas dan inovasi; selalu percaya pada pengetahuan dan suara hati; selalu tunduk dan menerima kekuatan sosial yang lebih tinggi; selalu sadar bahwa dirinya hanyalah bagian kecil dari sebuah kehidupan yang sangat besar, sehingga mampu beradaptasi dan menyatu dengan realitas sosial di sekitar kehidupannya melalui energi positif.

Manajemen diri yang baik membentuk karakter diri yang menjalani kehidupan dengan penuh semangat, sehat, bugar, bahagia, gembira, kreatif, bersyukur, berdoa, dan bekerja dengan totalitas untuk kinerja terbaik. Jadi, manajemen diri yang baik membuat Anda sangat teguh dalam kehidupan yang produktif dan penuh kegembiraan. Manajemen diri yang baik membuat Anda selalu menyatukan jati diri dalam melakukan tindakan, meninggalkan keterikatan dan menerima kehendak Tuhan, serta tetap antusias dan penuh semangat terhadap pencapaian kesuksesan, walau kegagalan selalu menghadang Anda.

Self management haruslah dilakukan melalui kesadaran tinggi dalam manajemen kesehatan, manajemen pemikiran, manajemen waktu, manajemen stres, manajemen kemarahan, manajemen gaya hidup, manajemen diet, manajemen kerja, manajemen proses hidup, manajemen hati nurani, manajemen emosional, manajemen kehidupan sosial, manajemen kehidupan spiritual, dan manajemen daya tahan diri. Intinya, manajemen diri haruslah mampu mengelola diri sendiri dan kehidupan sosial diri di dalam keharmonisan, sehingga hasilnya hidup Anda menjadi produktif dan penuh kegembiraan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra adalah praktisi, penulis, dan pembicara di bidang Manajemen Korporasi. Djajendra menulis dan berbicara untuk kehidupan kerja yang produktif, bahagia, kreatif, damai, tenang, berintegritas, melayani, bertanggung jawab, dan bersatu untuk mencapai kinerja terbaik.

Ingin Mengundang Djajendra?

Apabila perusahaan Anda ingin mengundang Djajendra untuk memotivasi dan menginspirasi karyawan dan pimpinan buat kesuksesan karier pribadi, bisnis dan organisasi.
Hubungi: PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
http://djajendra-motivator.com
Email: training@djajendra-motivator.com
Phone: 021 5701505
Mobile phone : 0812 131 888 99
Fax : 021- 5738105

Leave a Reply