LAYANAN PELANGGAN BUKAN SEKEDAR LIP-SERVICE

“Bisnis tetap hidup kalau mendapatkan keuntungan, keuntungan hanya bisa didapatkan dari pelanggan, dan pelanggan itu bisa berasal dari karakter baik maupun karakter tidak baik. Tugas Anda adalah selalu memberikan pelayanan penuh kasih dan penuh kualitas untuk semua karakter pelanggan Anda.”~Djajendra

Pelanggan adalah segalanya dalam sebuah bisnis, tanpa pelanggan Anda tidak memiliki bisnis. Pelayanan pelanggan adalah sebuah usaha yang sangat serius untuk bisa menciptakan keuntungan dan masa depan bisnis yang cemerlang. Anda harus memiliki tindakan nyata untuk memuaskan harapan, keinginan, dan kebutuhan pelanggan. Anda harus memiliki tindakan nyata untuk memberikan kualitas pelayanan terbaik bagi pelanggan. Pelayanan pelanggan bukan sekedar keramahan di mulut saja, Anda harus mampu memenuhi semua janji-janji pelayanan dengan penuh kualitas. Pelayanan pelanggan terbaik menampilkan sistem yang cepat, teknologi yang mudah dan cepat, lokasi pelayanan yang nyaman dan indah, produk atau jasa sesuai janji atau iklan, dan manusia-manusia berkarakter positif yang memperlakukan pelanggan dengan penuh kasih.

Layanan pelanggan berkualitas tinggi dihasilkan dari budaya perusahaan yang kuat. Budaya perusahaan yang kuat menampilkan waktu, ruang, dan kehidupan kerja yang harmonis dan penuh kasih di lingkungan kerja. Hal ini, menjadikan suasana hati setiap orang selalu ceria dan antusias dalam melayani pekerjaannya. Dalam budaya perusahaan yang kuat, nilai-nilai dan sistem kerja menyatukan setiap insan perusahaan dalam kolaborasi agar bisa memperlakukan pelanggan dengan penuh kasih. Kesadaran bahwa pelanggan wajib diperlakukan dengan santun dan penuh kasih merupakan bagian penting dari budaya yang kuat.

Karyawan haruslah dikondisikan agar selalu tampil prima dan penuh kasih saat berhadapan dengan pelanggan. Jadi, layanan pelanggan tidak sebatas lip-service, pelayanan haruslah sepenuh hati melalui tindakan yang totalitas. Mental dan emosi setiap karyawan saat bekerja adalah untuk melayani kebutuhan pelanggan terpenuhi, sehingga pelanggan bahagia dengan layanan perusahaan. Setiap karyawan perusahaan harus mampu tampil dari kesadaran diri sendiri, untuk memberikan keunggulan layanan pelanggan melalui karakter diri yang hebat. Intinya, perusahaan harus sadar untuk menyiapkan setiap orang di perusahaan agar pola pemikiran mereka terfokus untuk memberikan layanan unggul. Untuk itu, perusahaan harus melakukan pelatihan secara terus-menerus dan berkelanjutan agar pengkondisian karyawan dalam kekuatan energi positif dapat terpenuhi. Kurangnya pelatihan hard skills dan soft skills terhadap karyawan pasti melemahkan karakter dan budaya pelayanan.

Kepemimpinan dan sistem yang unggul merupakan syarat penting untuk bisa memberikan pelayanan unggul. Mungkin, karyawan sudah diberikan pelatihan dan dikondisikan dalam energi positif, tetapi kepemimpinan dan sistem tidak memiliki integritas dan akuntabilitas yang hebat; maka, bakat dan karakter baik karyawan akan kandas untuk memberikan pelayanan terbaik hanya karena tidak didukung oleh kepemimpinan dan sistem yang baik. Jadi, pelayanan pelanggan yang unggul adalah hasil kerja semua aspek dan fungsi. Oleh karena itu, program penguatan di semua aspek dan fungsi kerja haruslah menjadi sesuatu yang sifatnya rutin dan terbiasa. Setiap hari, kepemimpinan perusahaan wajib bertindak untuk penguatan rutinitas pelayanan; bertindak untuk menguatkan semua komponen penting dalam layanan pelanggan; serta membangun dan memelihara budaya untuk keunggulan layanan pelanggan. Sistem pengawasan terhadap perilaku, ucapan, emosi, bahasa, kata-kata, dan pola layanan karyawan kepada pelanggan haruslah ditingkatkan secara terus-menerus.

Karyawan dan pimpinan harus selalu satu hati dan satu visi. Tidak boleh ada perlakuan buruk dari karyawan kepada kepemimpinan. Dan juga sebaliknya, tidak boleh ada perlakuan buruk dari kepemimpinan kepada karyawan. Karyawan dan kepemimpinan harus kompak dalam energi positif, saling melengkapi dan saling menghormati, saling memiliki niat baik dari hati yang penuh kasih. Jadi, sebelum memberikan layanan unggul kepada pelanggan, diperlukan sebuah bukti nyata bahwa di internal perusahaan sudah terbiasa untuk saling memperlakukan setiap insan perusahaan dengan kasih sayang dan rasa hormat yang mendalam. Kebiasaan penuh kasih dan kerja keras di internal perusahaan menjadi kekuatan nyata, untuk memperlakukan pelanggan dengan penuh kasih dan rasa hormat yang mendalam.

Mental kerja yang kreatif, inovatif, dan memberdayakan diri untuk pelayanan unggul. Budaya kerja harus memperlihatkan kreativitas, inovasi, dan kemampuan setiap insan perusahaan untuk memberdayakan diri dari kesadarannya sendiri. Setiap insan perusahaan harus proaktif dan penuh semangat untuk menciptakan situasi pelayanan yang menyenangkan pelanggan. Penampilan diri yang lincah, penuh semangat, cepat, cekat, teliti, penuh senyum, bahasa tubuh yang bersahabat, serta selalu hadir dengan solusi terbaik, adalah dasar untuk bisa memberikan pelayanan unggul.

Selalu positif saat berhadapan dengan pelanggan berkarakter buruk. Pelanggan itu bisnis perusahaan, tetapi pelanggan juga hadir dari karakter baik dan karakter buruk. Artinya, perusahaan harus sadar bahwa saat berbisnis, kemungkinan untuk berhadapan dengan yang baik dan dengan yang tidak baik sama besarnya. Intinya, hidup ini memang terjadi dari karakter baik dan karakter tidak baik, tetapi dalam prinsip bisnis yang diperlukan adalah keuntungan, tidak peduli apakah keuntungan itu bersumber dari karakter baik atau karakter buruk. Bisnis tetap hidup kalau mendapatkan keuntungan, keuntungan hanya bisa didapatkan dari pelanggan, dan pelanggan itu bisa berasal dari karakter baik maupun dari karakter tidak baik. Tugas Anda adalah selalu memberikan pelayanan penuh kasih dan penuh kualitas untuk semua karakter pelanggan Anda.

Setiap pagi, budaya berkumpul sekitar 15 menit sebelum memulai bekerja, untuk saling mendengar dan saling menguatkan agar bisa memberikan pelayanan unggul, haruslah dijadikan bagian dari budaya organisasi. Jadi, sebelum bekerja masing-masing unit kerja sudah mengkondisikan setiap insan perusahaan di dalam energi positif, dan ini bisa menjadi awal yang baik untuk memulai kerja dengan pola pikir positif. Melakukan evaluasi kepada diri sendiri dan evaluasi terhadap dukungan tim haruslah menjadi bagian penting dalam budaya pelayanan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra adalah praktisi, penulis, dan pembicara di bidang Manajemen Korporasi. Djajendra menulis dan berbicara untuk kehidupan kerja yang produktif, bahagia, kreatif, damai, tenang, berintegritas, melayani, bertanggung jawab, dan bersatu untuk mencapai kinerja terbaik.

Ingin Mengundang Djajendra?

Apabila perusahaan Anda ingin mengundang Djajendra untuk memotivasi dan menginspirasi karyawan dan pimpinan buat kesuksesan karier pribadi, bisnis dan organisasi.
Hubungi: PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
http://djajendra-motivator.com
Email: training@djajendra-motivator.com
Phone: 021 5701505
Mobile phone : 0812 131 888 99
Fax : 021- 5738105

Leave a Reply