BEKERJA UNTUK PEKERJAAN IMPIAN DALAM MENGISI PENSIUN

“Tinggalkan masa lalu, ciptakan masa depan yang pernah Anda impikan tapi belum Anda wujudkan.”~Djajendra

Setelah puluhan tahun menjalani rutinitas kehidupan kerja di kantor dan pada hari pensiun Anda harus menghentikan rutinitas kerja Anda. Sebuah kebiasaan atau pola hidup yang sudah terbentuk sejak Anda mulai bekerja selepas tamat dari perguruan tinggi akan segera berakhir. Pensiun adalah perubahan besar yang memaksa Anda untuk mengubah kebiasaan lama dengan kebiasaan baru. Kemampuan Anda untuk berubah dan beradaptasi dengan kenyataan hidup setelah pensiun akan menjadikan Anda sukses menjalani kehidupan setelah pensiun. Sebaliknya, bila Anda masih hidup dengan nostalgia dan cerita-cerita lama dari tempat kerja Anda, maka Anda akan sulit melakukan sesuatu yang hebat setelah pensiun.

Anda pasti sudah memulai karir kerja Anda sejak usia muda. Kehidupan kerja yang dinamis dan penuh harapan mendorong Anda bergerak aktif untuk mewujudkan karir tertinggi. Setelah melewati proses panjang dalam kompetisi kerja, Anda akhirnya mencapai impian karir Anda. Tetapi, usia Anda juga terus bertambah dan pada usia tertentu perusahaan sudah memiliki aturan yang memaksa Anda untuk pensiun. Pensiun berarti Anda sudah tidak dapat diterima dalam sistem kerja yang selama ini sudah Anda tekuni. Perusahaan membutuhkan tenaga-tenaga muda yang siap menggantikan Anda yang pensiun. Ya, Anda harus ikhlas meninggalkan pekerjaan dan perusahaan yang selama ini sudah menjadi bagian penting dari hidup Anda.

Semuanya pasti berlalu, tidak ada yang kekal dan selamanya dalam hidup ini. Demikian juga dengan karir kerja yang sudah Anda bangun dengan penuh semangat, yang harus Anda ikhlaskan karena memasuki usia pensiun. Jangan ciptakan prasangka negatif atau kekhawatiran yang berlebihan terhadap kehidupan setelah pensiun. Memang betul, sangat banyak cerita-cerita kehidupan yang dirasakan kurang beruntung oleh sebagian dari orang-orang yang sudah pensiun. Banyak kisah-kisah sedih atau kegagalan keuangan yang dialami oleh orang pensiun. Tetapi, sangat banyak juga kisah-kisah sukses dari orang pensiun. Oleh karena itu, jangan takut dengan pensiun, siapkan diri Anda untuk kehidupan setelah pensiun. Niatkan untuk melakukan pelayanan sekecil apapun yang bisa Anda lakukan untuk mengisi hari-hari pensiun Anda.  

Anda harus berdamai dengan masa pensiun Anda.Tumbuhkan semangat baru untuk kehidupan baru setelah pensiun. Kuatkan keseimbangan mental dan fisik Anda untuk bisa mengisi masa pensiun dengan prestasi. Jangan abaikan waktu. Manajemen waktu di hari-hari pensiun menjadi sangat menentukan arah perjalanan hidup Anda. Cara Anda menggunakan waktu dengan bijak dan cerdas akan mengantar Anda pada rutinitas yang produktif. Waktu yang disia-siakan untuk hal-hal yang tidak sejalan dengan rencana hidup Anda hanya akan menimbulkan masalah setelah pensiun. Jadi, pandai-pandailah dalam memanfaatkan waktu yang sesungguhnya sangat singkat dan tidak terlalu banyak di dalam hidup kita.

Pensiun berarti terbukanya jalan kehidupan baru untuk karir kehidupan yang kedua. Dalam hal ini, pensiun dapat membantu Anda untuk mengejar atau mengerjakan hal-hal yang sangat Anda sukai. Sekaranglah waktunya untuk bergerak aktif dan dinamis di jalan kehidupan yang sangat Anda impikan. Sekaranglah waktunya untuk menjadi diri sendiri yang bekerja dari kekuatan hati nurani Anda. Jangan habiskan waktu dengan hanya duduk di depan TV. Jangan habiskan waktu dengan hanya menceritakan kisah-kisah hebat Anda di masa lalu. Jangan habiskan waktu untuk hal-hal yang sudah berlalu. Gunakan waktu dan energi Anda agar Anda bisa fokus pada momen sekarang, untuk bisa melakukan pelayanan-pelayanan bagi diri sendiri dan orang lain.

Kehidupan pensiun adalah kehidupan untuk menciptakan peluang bagi pencapaian prestasi di jalan kehidupan baru. Pertama, jaga badan agar selalu sehat dan bugar. Untuk itu, mulailah secara rutin melakukan olah raga dan menjaga pola makan yang seimbang. Ingat! Anda sudah tidak muda lagi, usia sudah pensiun, jadi jaga makanan dan perhatikan metabolisme tubuh Anda dengan baik. Selalu berpikir positif, selalu merasakan hal-hal terbaik untuk kehidupan yang Anda jalani. Bersyukurlah dan berterima kasihlah untuk segala sesuatu yang Anda alami. Semakin dekatkan diri dengan Tuhan dan serahkan semua hasil akhir kepada kehendak Tuhan. Jadilah optimis dan hidup penuh semangat setiap saat di hari pensiun Anda.

Miliki tabungan atau deposito untuk mendukung kehidupan ekonomi Anda pasca pensiun. Lunasi semua hutang Anda, jangan pernah menciptakan pola hidup dengan hutang. Dengarkan suara hati Anda, miliki tujuan yang jelas, dan arahkan hidup Anda di jalan yang siap Anda perjuangkan. Rencanakan pengeluaran untuk kebutuhan Anda dengan efisien.  Rencanakan masa depan dan bergerak dengan optimis. Memiliki gambaran yang jelas tentang hal-hal yang harus dicapai. Benar-benar bekerja untuk hal-hal yang paling Anda sukai. Menyiapkan mental pemenang untuk menghadapi tantangan dan cobaan di setiap tahap perjalanan menuju sukses. Intinya, Anda harus menyiapkan fondasi yang kuat agar bisa menjalani kehidupan pensiun tanpa beban dan penuh optimis.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra adalah praktisi, penulis, dan pembicara di bidang Manajemen Korporasi. Djajendra menulis dan berbicara untuk kehidupan kerja yang produktif, bahagia, kreatif, damai, tenang, berintegritas, melayani, bertanggung jawab, dan bersatu untuk mencapai kinerja terbaik.

Ingin Mengundang Djajendra?

Apabila perusahaan Anda ingin mengundang Djajendra untuk memotivasi dan menginspirasi karyawan dan pimpinan buat kesuksesan karier pribadi, bisnis dan organisasi.
Hubungi: PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
http://djajendra-motivator.com
Email: training@djajendra-motivator.com
Phone: 021 5701505
Mobile phone : 0812 131 888 99
Fax : 021- 5738105

Leave a Reply