“Saat Anda percaya diri, Anda harus berhati-hati terhadap orang-orang di sekitar Anda yang setiap saat memuji atau mengiyakan apapun yang Anda kerjakan. Ingat! Semua pujian yang berlebihan adalah racun yang akan mematikan kemajuan Anda.”~Djajendra

Untuk mencapai sebuah keberhasilan, kita harus yakin dan percaya diri. Yakin dan percaya diri haruslah realistis dan memperhatikan risikonya. Dalam hal ini, yakin dan percaya diri dilandasi dengan prinsip kehati-hatian, sehingga tidak hanya digerakkan oleh ambisi dan keinginan, tetapi digerakkan dari kesadaran dan disiplin untuk mencapai keberhasilan dengan kerja keras yang sepenuh hati.

Membentengi diri dari pujian dan kritikan. Sifat percaya diri adalah suka pujian dan tidak suka kritikan. Oleh karena itu, saat Anda sangat percaya diri, kuatkan diri sendiri untuk tidak dibesarkan melalui pujian. Demikian juga, untuk tidak dikecilkan melalui kritikan. Percaya diri yang baik berasal dari sikap rendah hati dan disiplin untuk melalui proses kerja dengan cara-cara yang profesional. Intinya, Anda harus berhati-hati terhadap orang-orang di sekitar Anda yang setiap saat memuji atau mengiyakan apapun yang Anda kerjakan. Sebab, pujian yang berlebihan adalah racun yang bisa membuat kemajuan Anda tertunda.

Ketika keyakinan dan kepercayaan diri Anda berlebihan, maka Anda menjadi terlalu berani untuk mengambil resiko yang tidak Anda pahami secara utuh. Oleh karena itu, kendalikan diri dan tingkatkan pengetahuan atas hal-hal yang sedang Anda kerjakan. Kumpulkan informasi yang benar dan temukan strategi yang baik untuk mengatasi potensi negatif dari resiko yang Anda ambil. Kuasai pengetahuan dan miliki mental pemenang untuk mengatasi resiko besar yang berada di luar kemampuan Anda, kemudian dengan sikap rendah hati dan penuh optimis, selesaikan resiko tersebut untuk menghasilkan kesuksesan yang Anda inginkan.

Ingatkan kepada diri sendiri untuk selalu bersikap rendah hati dan kaya pengetahuan saat tingkat kepercayaan diri dan keyakinan Anda berada di puncak. Jangan pernah menilai kemampuan diri sendiri secara berlebihan. Tidak seorang pun yang bisa menang saat melawan hukum alam dan hukum Tuhan. Jadi, walaupun Anda menilai kompetensi dan kualitas Anda sudah terlalu tinggi dan sempurna, tetapi ingatlah selalu bahwa situasi di luar diri Anda berada di luar kendali Anda. Artinya, Anda hanya bisa mengendalikan diri sendiri bersama kualitas dan kompetensi hebat Anda, tetapi semua hal yang berada di luar kendali Anda hanya Tuhan yang bisa membantu Anda.

Kepercayaan diri dan keyakinan di dalam sikap rendah hati mampu menghasilkan prestasi terbaik. Perencanaan yang baik, pemikiran strategik yang tepat, pemikiran kreatif yang konsisten untuk mendapatkan solusi, komunikasi yang tepat dan benar, kejujuran kepada diri sendiri yang konsisten, ketenangan sikap dan perilaku, serta dukungan dari orang lain yang sepenuh hati, adalah bagian terpenting untuk menghasilkan prestasi terbaik. Jangan mengabaikan faktor eksternal dalam perjuangan Anda untuk mencapai prestasi. Bakat, obsesi, ambisi, kehebatan, potensi, dan kehebatan diri sendiri memerlukan dukungan dari luar diri. Jadi, walaupun Anda sudah memiliki perencanaan yang hebat, tetapi tingkatkan kecerdasan sosial Anda agar Anda mampu memperhitungkan semua kemungkinan dari luar diri Anda yang berdampak pada kesuksesan Anda.

Tidak ada yang tidak mungkin. Keajaiban selalu ada di setiap usaha yang mungkin menurut kebanyakan orang tidak realistis. Kegagalan hanya terjadi jika Anda berhenti dan tidak melakukan upaya untuk mencapai kesuksesan. Ketika Anda terjun ke arena perjuangan untuk mencapai kesuksesan, Anda tidak boleh kehilangan diri sendiri. Anda harus rendah hati dan selalu meningkatkan kapasitas untuk beradaptasi dengan segala kemungkinan. Kepercayaan diri dan keyakinan Anda adalah modal terpenting untuk memulai langkah pertama dan bergerak dengan penuh semangat saat harus mengatasi rintangan di sepanjang jalan menuju kesuksesan.

Jujur kepada diri sendiri dan mau mendengar berbagai pendapat sebelum membuat keputusan adalah hal terbaik saat menuju kesuksesan. Ketika keyakinan dan kepercayaan diri Anda berlebihan, maka tingkatkan kerendahan hati Anda untuk mendengarkan orang lain yang berpengetahuan luas dan bijak. Mungkin semua yang Anda dengar itu tidak untuk Anda ikuti, tetapi semua yang Anda dengar itu bisa menjadi kekuatan dalam membuat keputusan dengan mempertimbangkan semua faktor dalam berbagai situasi. Jadilah pendengar yang baik dan biarkan orang-orang bijak yang berpengetahuan luas mengelilingi kehidupan sehari-hari Anda, sehingga apa pun situasi yang Anda hadapi, Anda mampu mempertimbangkan informasi yang tepat sebelum Anda melakukan tindakan.

Kadang-kadang sifat terlalu percaya diri tidak akan mau memperhitungkan kekurangan diri sendiri. Pemikiran yang menganggap dirinya tahu banyak hal dan tahu melakukan semua hal adalah sebuah resiko. Ego yang berlebihan di dalam keyakinan dan kepercayaan diri adalah perintang untuk menuju kesuksesan. Kepercayaan diri yang terbungkus dalam ego dan ambisi berlebihan akan menjebak diri sendiri, sehingga diri akan kesulitan menemukan solusi saat melewati kesulitan. Oleh karena itu, kepercayaan diri dan keyakinan haruslah selalu dikendalikan dalam kerendahan hati, sehingga semua resiko atau langkah yang diambil merupakan hasil perhitungan yang baik dan bisa menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk pelatihan/seminar hubungi: 0812 1318 8899 / Email: training@djajendra-motivator.com

Leave a Reply