“Kepemimpinan terbaik tidak pernah minta dilayani, tetapi selalu rendah hati untuk melayani.”~Djajendra

Kepemimpinan bukanlah sebatas jabatan atau posisi, termasuk bukan sekedar tentang kekuasaan dan superioritas. Kepemimpinan adalah tentang melayani orang lain dengan sepenuh hati, sehingga orang-orang senang dan mau bekerja keras untuk membantu pemimpin dalam mencapai tujuan. Kepemimpinan yang masih minta dilayani hanya akan menciptakan jarak, sehingga sulit mewujudkan komunikasi dan kerja sama untuk mencapai tujuan. Kepemimpinan yang hebat mampu mengoptimalkan potensi orang lain dan menggunakannya untuk keberhasilan pencapaian tujuan.

Pemimpin yang baik cerdas memfasilitasi pencapaian kinerja karyawan. Mereka selalu menunjukkan keteladanan dengan cara memberikan contoh tentang cara melakukan. Prinsipnya adalah lakukan apa yang aku lakukan, bukan lakukan apa yang aku katakan. Mereka memiliki pengaruh dan karisma yang mudah diterima oleh semua orang. Sikap rendah hati dan konsistensi karakter yang mengekspresikan nilai-nilai positif di dalam rutinitas dan kebiasaan pemimpin, yang akan membuat semua karyawan terpesona dan mengikuti apa kata pemimpin. Jadi, kepercayaan yang diberikan oleh semua karyawan akan menjadi fondasi kepemimpinan untuk menciptakan prestasi dan kinerja hebat.

Pemimpin yang hebat memperlakukan karyawan dengan sikap baik. Kasih sayang dan kepedulian adalah tanda kebesaran seorang pemimpin. Mereka menghormati diri sendiri, menghormati orang lain, menghormati perbedaan, merasa bertanggung jawab atas perilaku karyawan, dan selalu menjalani tugas dalam doa kepada Tuhan. Kasih sayang dan kepedulian kepemimpinan biasanya dipraktekkan melalui sikap optimis, ketegasan, sikap rendah hati, tekad, disiplin, keutuhan pribadi, dedikasi, pelayanan, kehadiran di setiap momen, menerima kehendak Tuhan, serta fokus pada tujuan dengan segala kekuatan dan kemampuan.

Pemimpin yang hebat selalu sadar bahwa setiap orang memiliki potensi untuk menghasilkan prestasi dan kinerja terbaik; setiap orang memiliki kemampuan untuk melakukan tujuan dengan baik; setiap orang secara alami sudah didesain sama Tuhan untuk memenuhi tujuan hidupnya. Jadi, setiap orang yang hadir ke tempat kerja pastinya sudah memiliki potensi untuk memberikan kinerja terbaik bagi perusahaan. Oleh karena itu, pemimpin yang hebat selalu fokus untuk mengoptimalkan potensi karyawan. Sebab, mereka yakin bahwa setiap orang itu unik dan hebat, sehingga hanya diperlukan sentuhan ke hati nurani dan sentuhan ke dalam potensi untuk membangkitkan kehebatan dari masing-masing individu.

Pemimpin yang berkualitas selalu memiliki rencana dan tujuan yang jelas untuk dicapai karyawan. Kemudian, pemimpin menyediakan landasan dan infrastruktur bagi karyawan agar karyawan mampu bergerak di dalam proses untuk pencapaian. Dan, setiap karyawan yang bekerja haruslah dimotivasi oleh tujuannya, sehingga mereka mampu mengoptimalkan potensi dan kapasitasnya untuk mencapai keberhasilan. Pemimpin yang hebat selalu sadar bahwa kepemimpinan adalah kapasitas untuk memberdayakan orang dan tidak mempekerjakan orang. Pemimpin mendorong karyawan untuk menjadi siapa mereka sebenarnya di dalam kualitas integritas karyawan.

Karyawan tidak sekedar seorang pengikut, tetapi juga harus memiliki kemampuan untuk memimpin agar dirinya terkendali dan mampu menjalankan tugas dengan baik. Setiap pekerjaan yang ditugaskan kepada karyawan, maka itu adalah kedaulatannya dan harus memiliki kualitas untuk menjalankannya dengan baik. Intinya, setiap orang harus percaya bahwa dirinya adalah pemimpin dan harus rendah hati untuk menjalankan kepemimpinannya melalui tujuan dan penugasan yang diberikan kepadanya.

Sejatinya, kepemimpinan adalah melayani diri sendiri untuk bisa berkontribusi dengan kinerja terbaik bagi perusahaan. Di samping itu, kepemimpinan juga bukanlah ambisi minta dilayani, tapi sebaliknya sifat kepemimpinan itu sendiri adalah melayani sebanyak mungkin kepentingan dan orang dengan sepenuh hati. Oleh karena itu, bakat dan kemampuan haruslah ditingkatkan untuk bisa menjalankan tugas dan komitmen dengan baik.

Untuk seminar/training hubungi:0812 1318 8899 / email: training@djajendra-motivator.com

Leave a Reply