Pelatihan the Attitude of Integrity Program 1 Hari 2018

DESKRIPSI

Integritas dikaitkan dengan kejujuran dan tanggung jawab. Kejujuran dan tanggung jawab dalam integritas biasanya terekspresi melalui sikap, perilaku, kebiasaan, etos, karakter, gaya hidup, etika, etiket, dan moral. Orang-orang yang berintegritas konsisten hidupnya di dalam nilai-nilai moral tertinggi. Orang-orang berintegritas selaras hidupnya antara pikiran, ucapan, hati nurani, dan tindakan.

Integritas memerlukan mental yang ikhlas dalam meningkatkan standar kejujuran diri sendiri. Diperlukan komitmen untuk menjalani kehidupan integritas. Diperlukan keinginan, niat suci, dan keyakinan yang sangat kuat untuk menjalani kehidupan integritas. Diperlukan kesadaran dan pengetahuan untuk terus-menerus meningkatkan standar dan kualitas diri sendiri. Dan, terus-menerus, seumur hidup menyempurnakan kualitas kejujuran, tanggung jawab, serta keyakinan bahwa integritas adalah sesuatu yang bisa mendatangkan kebaikan buat diri sendiri dan orang lain. Diperlukan konsistensi diri terhadap nilai-nilai positif dan kebajikan tertinggi. Dan semua ini, hanya bisa terjadi ketika Anda bertindak untuk merubah mental Anda menjadi lebih berintegritas, merubah sifat, karakter, kepribadian, dan penampilan diri yang memperlihatkan integritas secara utuh.

Integritas meningkatkan keteguhan terhadap implementasi kejujuran dan tanggung jawab di dalam organisasi untuk mendapatkan kesuksesan. Integritas meningkatkan pengabdian kepada kejujuran dan tanggung jawab yang lebih besar dari kepentingan diri sendiri. Integritas meningkatkan perilaku kerja yang patuh pada prosedur, aturan, etika, dan selalu bekerja sepenuh hati dengan strategi yang tepat untuk keberhasilan organisasi. Integritas menjadikan diri Anda sebagai orang yang dapat dipercaya untuk menjalankan kejujuran dan tanggung jawab yang lebih besar.

Ketika karakter sudah berdasarkan integritas, maka karakter tersebut selalu fokus untuk mendisiplinkan diri dalam nilai-nilai positif. Biasanya, orang yang berkarakter integritas menjadi sangat tekun, rajin, ulet, disiplin, berani, berjuang, tidak pernah menyerah, jujur, bertanggung jawab, dan berjiwa kesatria dalam mempertanggung jawabkan semua perbuatan dan tindakan tanpa rasa takut. Integritas adalah fondasi yang sangat kokoh dan tangguh untuk menghasilkan karakter dan kepribadian yang sangat jujur dan bertanggung jawab.

Orang yang berkarakter integritas mampu menghasilkan pekerjaan berkualitas tinggi, prestasi luar biasa, dan kinerja yang selalu melampaui target. Orang yang benar-benar jujur dengan diri sendiri akan berusaha untuk melakukan pekerjaan dan tanggung jawab dengan sangat baik pada situasi apapun. Contoh karyawan yang berkarakter integritas di tempat kerja: hadir ke kantor lebih awal, bekerja lebih keras dan cerdas, berkonsentrasi pada setiap detail, sikap dan perilaku berdasarkan nilai-nilai inti perusahaan, jujur dan bertanggung jawab terhadap apapun yang diamanatkan kepadanya, sangat rajin untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh pekerjaannya.

Orang-orang berkarakter integritas menjalani hidup dari dalam ke luar. Mereka menjadi sangat jujur untuk menjalani kehidupan dari hati nurani, dan tidak berbohong kepada nilai-nilai kehidupan yang menjadi fondasi dari karakter diri. Integritas merupakan sebuah nilai yang sangat mahal dan sangat jarang bisa dimiliki. Tidak semua orang mampu memiliki integritas di dalam karakter dan kepribadiannya. Sangatlah mudah untuk bisa memiliki banyak uang, kekayaan materi yang melimpah ruah, dan kemewahan hidup yang luar biasa. Tetapi, sangatlah tidak mudah untuk memiliki integritas yang konsisten di dalam karakter, kepribadian, sikap, dan perilaku diri. Integritas adalah sebuah nilai yang sangat bersih. Jadi, ketika karakter seseorang berfondasikan integritas yang kuat, maka jiwa dan perilakunya menjadi sangat bersih dan bertanggung jawab di dalam kejujuran yang penuh reputasi.

METODOLOGI

Fokus pada Pelatihan Aktif, Presentasi, Interaktif, Diskusi Kelompok, Brainstorming, Bermain Peran, Berpikir Kreatif, Simulasi, Belajar dalam Kompetisi Permainan, Studi Kasus, Latihan, Bimbingan(Coaching),Counseling, Diskusi, Perenungan, Experiential Learning, Icebreaker.

TUJUAN

  1. Membekali mental dan perilaku integritas untuk mencapai keberhasilan di tempat kerja.
  2. Menjadikan integritas sebagai fondasi dalam pembentukan karakter diri yang lebih jujur kepada diri sendiri, lebih percaya diri, lebih mampu menjalankan akuntabilitas, responsibilitas, mental tangguh dan tak pernah menyerah, senang menjadi orang yang diandalkan, mental dan sikap yang bertanggung jawab, mental dan sikap yang kata-katanya bisa dipegang, janji-janjinya dapat dipercaya.
  3. Berperilaku jujur dan menghindari perilaku koruptif dalam segala aspek kehidupan kerja.
  4. Memiliki integritas untuk mendorong terjadinya hubungan kerja yang saling menghormati satu sama lain.

MANFAAT

  1. Memahami dampak integritas terhadap peningkatan kualitas hidup dan kesuksesan.
  2. Memahami bahwa integritas menciptakan tindakan dan perilaku positif yang dipercaya oleh orang lain.
  3. Memahami manfaat dan konsekuensi dari integritas yang tinggi atau rendah untuk sebuah organisasi.
  4. Membangun dasar yang kuat untuk membuat keputusan yang lebih mudah dan membangun aliansi yang kuat di internal perusahaan.
  5. Memahami bagaimana kebijakan dan prosedur dapat menjadi teman terbaik atau musuh terburuk Anda.
  6. Tindakan yang diperlukan untuk membangun reputasi perusahaan agar mendapat hasil dan pangsa pasar yang terus-menerus meningkat. 

GARIS BESAR MATERI PELATIHAN THE ATTITUDE OF INTEGRITY PROGRAM 1 HARI 2018

  1. Integritas diri: kepatuhan terhadap moralitas.
  2. Integritas yang mendorong terjadinya hubungan kerja yang saling menghormati satu sama lain.
  3. Menjadi energi positif untuk menciptakan sukacita, kebahagiaan, dan kepuasan di tempat kerja.
  4. Menyadari bahwa setiap orang adalah bagian integral dari visi, nilai-nilai, dan misi organisasi
  5. Integritas memberi ketenangan dan kepercayaan diri.
  6. Dampak integritas untuk sukses pribadi dan perusahaan.
  7. Integritas meningkatkan akuntabilitas dan tanggung jawab individu.
  8. Integritas berdampak positif pada pangsa pasar perusahaan.
  9. Menghormati batas-batas hukum dan konsekuensi.
  10. Membangun fondasi solid dalam menjalankan kebijakan dan prosedur.
  11. Menghasilkan perilaku yang andal dan jujur untuk mewujudkan tujuan.
  12. Membangun hubungan yang dipercaya oleh klien, pemegang saham, karyawan, manajemen, dan pemangku kepentingan lainnya.
  13. Berjalannya etika bisnis, kode etik perilaku, etiket, good governance, dan moral individu yang tinggi.
  14. Integritas menguatkan keberanian untuk bekerja dengan jujur dan mengakui kesalahan.
  15. Menghindari konflik dan rasa curiga dengan pihak lain.
  16. Perilaku yang milikilah keberanian untuk mengatakan tidak dan milikilah keberanian untuk menghadapi kebenaran.
  17. Memperlakukan setiap orang dan segala sesuatu dengan perhatian, rasa hormat, kepedulian, empati, pertimbangan sesuai yang diperlukan.
  18. Integritas menciptakan karakter yang jujur, kuat, disiplin, bertanggung jawab, etis, dapat dipercaya, percaya diri, dan memiliki sikap rendah hati di setiap situasi.

“Kebesaran manusia bukan pada seberapa banyak kekayaan yang dia dapatkan, tetapi dalam integritasnya dan kemampuannya untuk mempengaruhi orang-orang di sekitarnya secara positif”. ~ Bob Marley

Untuk seminar/pelatihan hubungi 0812 1318 8899 / email: training@djajendra-motivator.com