“Pelayanan terbaik terwujud saat pikiran memenuhi hati dengan kasih sayang dan kepedulian. Pikiran tidak membiarkan lidah berucap yang tidak sopan dan tidak etis. Pikiran menciptakan senyum tulus diwajah dan perilaku baik untuk memberikan layanan terbaik.”~Djajendra

Dalam pelayanan publik, senyum tulus Anda sudah memberikan kebaikan. Dengan senyum tulus Anda sudah menciptakan suasana yang menyenangkan. Pelayanan publik yang rendah hati dan murah hati memberi energi positif bagi peningkatan reputasi instansi atau perusahaan Anda. Manajemen pelayanan yang hebat, sistem pelayanan yang luar biasa, teknologi pelayanan yang memudahkan, serta sikap pelayanan yang penuh kasih dan senyum adalah kekuatan yang harus dirawat untuk bisa memberikan pelayanan publik terbaik.

Pelayanan berkualitas hidup dalam kesadaran untuk mengalami semua kejadian di proses pelayanan, tanpa meninggalkan sesuatu yang buruk atau yang membuat pelanggan kecewa. Kualitas pelayanan tumbuh dari jiwa yang tercerahkan, yang sepenuhnya memahami bahwa tujuan pelayanan adalah memberikan sikap baik dan bantuan dengan rendah hati kepada orang yang sedang dilayani. Setiap pegawai dalam sebuah instansi harus lebih siap dan bersedia memberikan perhatian penuh kepada apa yang dikerjakan, dalam satu hubungan pelayanan dengan setiap orang, baik di internal maupun eksternal.

Pentingnya empati dalam pelayanan publik. Ketika Anda memiliki empati, Anda bisa mencegah masalah yang disebabkan oleh ketidaktahuan Anda tentang kebutuhan orang lain. Empati dalam pelayanan publik mampu menemukan solusi yang tepat pada waktu yang tepat. Empati menjadikan Anda lebih peduli untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada semua pelanggan.

Setiap orang di tempat kerja perlu menyadari bahwa instansi atau perusahaan bukan hanya lingkungan untuk berkarya. Instansi atau perusahaan Anda bukanlah sesuatu di luar diri Anda. Anda lah energi dan kekuatan yang membuat perusahaan atau instansi Anda tumbuh dan berfungsi. Tingkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk menjadi kekuatan positif bagi pelayanan sempurna di tempat kerja Anda. Lihatlah di sekeliling Anda dengan pikiran yang ingin memberikan perhatian penuh untuk pelayanan terbaik, dan rasakan Anda sebagai energi positif yang fokus dalam memberikan pelayanan sempurna.

Cara Anda berkomunikasi dengan pelanggan mencerminkan kualitas diri Anda. Semakin positif keadaan pikiran dan jiwa Anda, semakin Anda mampu mengatasi emosi negatif Anda. Komunikasi adalah jembatan yang menghubungkan hati dan pikiran Anda ke hati dan pikiran orang lain. Jadi, tetaplah jaga pikiran untuk selalu positif dan tenang. Kendalikan maunya Anda atau keinginan Anda, berikan perhatian penuh kepada maunya pelanggan atau keinginan pelanggan. Tumbuhkan sikap rendah hati untuk mendengarkan keinginan pelanggan, kemudian kembangkan kemampuan untuk menerima maunya pelanggan dengan tenang dan positif.

Jangan pernah meninggikan suara Anda sehingga membuat pelanggan takut. Jangan berada di tempat pelayanan ketika Anda merasa kesal atau marah kepada seseorang, sebab Anda bisa kehilangan kendali atas emosi dan tutur kata Anda. Jangan berada di tempat pelayanan ketika Anda tidak mampu mengendalikan kesusilaan dan kesopanan. Jangan berada di tempat pelayanan ketika Anda tidak mampu mendengarkan kebutuhan dan keinginan orang lain. Jangan berada di tempat pelayanan ketika antusiasme Anda untuk memberikan pelayanan terbaik hilang di dalam ego Anda. Pelayanan berkualitas hanya bisa diberikan oleh Anda yang tenang, sopan, pintar berbicara, pintar mendengarkan, tulus memberikan senyum dan kebaikan, ramah dan penuh perhatian, serta memiliki sikap baik untuk memudahkan dan membantu ketidaktahuan pelanggan.

Untuk seminar/pelatihan hubungi 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com