“Jika waktu sulit hanya dihabiskan untuk memikirkan kesulitan tanpa mengembangkan diri yang lebih kuat bersama potensi hebatnya, maka itu namanya menyia-nyiakan waktu hidup.”~Djajendra

Hidup sangat berharga dan jangan buang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak penting bagi kebahagiaan kita. Kita semua memiliki waktu untuk mengalami kehidupan yang kita inginkan dan impikan. Karena sifat waktu adalah berlalu dengan cepat, maka kita harus cerdas dan bijak dalam memanfaatkan waktu. Hari ke hari berikutnya berganti dan berlalu dengan cepat. Kita tidak dapat menunda waktu. Usia kita terus bertambah seiring pergantian dari tahun ke tahun berikutnya. Jika kita tidak cerdas memanfaatkan waktu, maka hidup kita hanya akan berputar-putar dalam hal-hal yang tidak kita inginkan.

Kecepatan waktu haruslah disikapi dengan perilaku dan kebiasaan terbaik agar hidup kita memiliki manfaat terbaik. Untuk itu, kenali diri sendiri dengan baik, dan pahami semua potensi hebat yang ada di dalam diri. Ingat! Waktu kita tidak banyak untuk mengurusi hal-hal yang tidak terhubung dengan impian dan keinginan. Waktu kita adalah hadiah yang sangat berharga bagi hidup kita. Jadi, manfaatkan waktu untuk melakukan hal-hal yang selaras dengan impian dan keinginan. Selalu fokus dan disiplin di dalam proses pencapaian yang terbaik. Mungkin tidak semua impian dan keinginan bisa kita capai, tetapi jangan sia-siakan satu menit pun untuk hal-hal yang tidak kita inginkan.

Setiap nafas kita berlalu bersama waktu. Setiap emosi dan pikiran kita berlalu bersama waktu. Fisik kita berlalu bersama waktu. Hidup kita berlalu bersama waktu. Semuanya berlalu bersama kecepatan waktu yang tidak mungkin bisa ditahan atau ditunda. Hanya kesadaran kita yang cerdas yang mampu menukar setiap detik waktu dengan kegembiraan dan kebahagiaan hidup. Tanpa kesadaran dan kecerdasan semua waktu akan disia-siakan dalam kemarahan, keserakahan, kekhawatiran, ketakutan, kemalasan, kebohongan, dan ke dalam perilaku yang tidak menguntungkan kehidupan diri sendiri. Waktu yang singkat ini harusnya dimanfaatkan untuk menciptakan kebaikan dan keindahan bagi kehidupan. Jadi, jangan terjebak dalam penyesalan masa lalu atau ketakutan akan masa depan, gunakan hari ini untuk dihabiskan dengan melakukan sesuatu yang positif bagi hidup kita dan orang lain.

Setiap orang sangat berharga, termasuk diri kita sangat berharga dan sangat penting untuk terlibat dalam kehidupan yang positif. Oleh karena itu, temukan sebuah tujuan hidup dan fokuskan semua energi bersama waktu dalam mewujudkan tujuan tersebut. Jauhkan diri dari semua hal yang tidak terhubung dengan perjalanan menuju tujuan. Gunakan waktu untuk mengembangkan pikiran positif; mengembangkan emosi yang cerdas dan bijak; membangun suara jiwa yang optimis dan penuh keyakinan untuk keberhasilan; membangun tubuh yang selalu terjaga kebugarannya; serta mengembangkan sikap dan perilaku yang cerdas membagikan waktu untuk hal-hal produktif di semua proses kehidupan.

Waktu kita selalu mengalir dalam kompleksitas kehidupan yang tidak memiliki kepastian atau tidak mungkin semuanya mampu diprediksi. Artinya; tidak ada jalan mudah, kita harus selalu menguatkan mental dan keyakinan untuk bisa terus-menerus berjuang di jalan tujuan. Kegagalan dan keberhasilan haruslah dijaga dalam keseimbangan hidup. Selalu akan ada periode yang menguntungkan dan periode yang tidak menyenangkan hidup. Jangan membiarkan diri terjebak di dalam waktu yang hanya disia-siakan untuk memikirkan atau merenungkan kesulitan. Tidak peduli seberapa sulitnya situasi hidup, itu akan berubah. Jika waktu sulit hanya dihabiskan untuk memikirkan kesulitan tanpa mengembangkan diri yang lebih kuat bersama potensi hebatnya, maka itu namanya menyia-nyiakan waktu hidup. Semua situasi selalu akan berubah, tidak ada hal yang sama di sepanjang hidup. Berbagai macam peristiwa akan mengisi perjalanan hidup kita. Kita membutuhkan kesadaran untuk menyeimbangkan hidup kita dengan semua situasi dan peristiwa secara bijak.

Sifat melekat pada hal-hal yang kita alami menunjukan kita belum bijak dan cerdas dalam memanfaatkan waktu. Melekat menunjukkan bahwa kita tidak mampu mengalir dan menerima hidup apa adanya. Kemampuan untuk menerima dan membiarkan hal-hal pergi akan membuat kita mampu tumbuh bersama waktu. Pada akhirnya, perubahan adalah sesuatu yang pasti dan nyata. Oleh karena itu, setiap saat harus kreatif untuk mengedit hidup agar dapat beradaptasi dengan perubahan. Kurangi dan buang yang tidak perlu. Tambahkan yang penting. Jika tidak cerdas beradaptasi dengan perubahan, maka hidup menjadi terlalu berantakan dan tidak akan punya waktu untuk mencapai tujuan. Jadilah bijak dan cerdas bersama waktu, karena sifat waktu itu singkat dan pasti berakhir.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com