“Bagi orang yang bersyukur, jika kebutuhan hidup terpenuhi, maka kedamaian dan kebahagiaannya tidak pernah terganggu.”~Djajendra

Bukan besarnya penghasilan yang menjadikan hidup seseorang sejahtera, tetapi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jadi, apa bedanya mendapatkan penghasilan tiga juta sebulan dengan tiga puluh juta sebulan. Jika dengan tiga juta sudah dapat memenuhi kebutuhan hidup, maka kebahagiaan hidup tidak akan terganggu. Selama tidak serakah dan ikut-ikutan orang lain untuk sebuah gaya hidup yang berlebihan, maka sebuah penghasilan yang tidak besar mampu menjadikan hidup kita sejahtera dan bahagia. Memenuhi kebutuhan hidup adalah fondasi untuk membangun kehidupan yang tenang dan bahagia. Kehidupan setiap orang ada biaya, dan kita semua harus bekerja atau memiliki tabungan yang cukup untuk membiayai kehidupan tersebut.

Ketika kebutuhan hidup terpenuhi, maka tidak ada lagi mengkhawatirkan tentang uang. Mengelola uang yang terbatas dengan perasaan bersyukur dan mengefisienkan gaya hidup adalah cara untuk menjadi sejahtera. Kita semua adalah diri yang tidak terbatas. Jadi, jangan membiarkan persoalan kebutuhan hidup menjadikan kita terbatas dan menderita dalam kekurangan. Hiduplah sesuai penghasilan yang ada. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Hilangkan perasaan tidak aman. Jadilah optimis dan penuh semangat untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Kebutuhan hidup tidak terbatas pada uang, tetapi juga banyak hal lainnya. Kebutuhan kesehatan, kebutuhan fisik, kebutuhan batin, kebutuhan pikiran, kebutuhan sosial, dan sangat banyak kebutuhan yang kita miliki di sepanjang kehidupan. Semua kebutuhan itu dapat kita miliki jika kebutuhan dibidang keuangan dapat terjaga dengan baik. Uang adalah alat yang memastikan kita mampu membayar semua kewajiban dan fasilitas kehidupan sehari-hari. Uang juga alat yang memastikan kita memenuhi kebutuhan makan, minum, dan perumahan. Jadi, uang bukanlah sesuatu yang sepele, uang adalah fondasi yang sangat penting agar semua kebutuhan lainnya dapat terjaga dan terawat dengan baik.

Pengeluaran uang yang terkelola di dalam kesederhanaan hidup dan sikap rendah hati menjadi penting. Kehidupan memiliki banyak hal untuk diberikan kepada setiap orang. Kita semua akan melalui berbagai macam realitas hidup. Semua ini hanya bertujuan untuk membantu kita tumbuh dan belajar lebih banyak. Selalu ada tantangan, ada petualangan baru, ada ujian, ada perubahan, dan semua ini membutuhkan fondasi yang kuat dari kesadaran kita. Kesadaran dimulai dari disiplin dan tanggung jawab untuk mengelola uang secara efisien dan efektif. Jangan membiarkan persoalan uang semakin mempersulit kehidupan di bidang lainnya. Oleh karena itu, hindari budaya konsumtif, tumbuhkan budaya menyimpan. Uang adalah rejeki yang tidak selamanya dihasilkan dalam jumlah yang sama di sepanjang hidup. Jangan mempersempit hidup sebatas membicarakan kebutuhan hidup, tapi jadikan hidup sebesar mungkin untuk mengoptimalkan semua potensi diri.

Untuk seminar/pelatihan hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com