“Perasaan sudah pensiun tidak boleh menjadikan Anda gelisah atau merasa seolah-olah sudah dikirim ke tong sampah.”~Djajendra

Usia muda berlalu cepat dan usia tua menjadikan Anda pensiun dari tempat kerja. Saat usia muda, Anda mungkin telah memulai karir kerja dengan harapan dan cita-cita yang sangat tinggi. Ambisi, semangat, strategi, kepercayaan diri, dan perasaan sebagai orang penting pasti Anda alami saat berjuang menuju ke puncak karir. Setelah semuanya Anda capai melalui proses yang tidak mudah akan tiba hari pensiun bagi Anda. Anda harus meninggalkan pekerjaan dan jabatan yang telah memberi Anda harga diri dan kehidupan ekonomi. Mungkin Anda merasa masih mampu bekerja, tetapi peraturan tentang pensiun mengharuskan Anda meninggalkan tempat kerja. Pensiun adalah sebuah peristiwa yang dialami oleh setiap pegawai. Pensiun adalah tanda bahwa yang muda akan menggantikan Anda. Jadi, tidak ada yang permanen di tempat kerja. Jabatan, kekuasaan, pekerjaan, fasilitas, dan semua kesuksesan di tempat kerja bukanlah untuk selamanya. Jika sejak dini Anda sudah memiliki karakter rendah hati dan merasa bukan siapa-siapa, maka saat peristiwa pensiun Anda tidak akan mengalami post power syndrome, Anda akan tetap percaya diri dan penuh semangat untuk menikmati hari pensiun.

Saat Anda menjadi tua dan merasa sudah pensiun, jangan berdiam diri dan memikirkan kejayaan masa lalu, lupakan masa lalu dan hadapi kehidupan nyata pada hari ini dengan kerendahan hati. Sibuklah dengan semangat untuk melakukan aktivitas apa saja dan jangan pernah merasa lelah. Tumbuhkan keyakinan di dalam diri bahwa saya bukan siapa-siapa, saya bukan orang penting, saya hanyalah semangat dan ketekunan untuk melayani hidup dengan rendah hati. Semua kehebatan dan penghormatan yang Anda terima di masa lalu tidak boleh menjadi beban berat kehidupan di hari-hari pensiun Anda. Ketika Anda merasa sudah pensiun segeralah menjadi orang biasa di lingkungan kehidupan Anda. Jangan mencoba membawa kekuasaan dan kehebatan Anda ke lingkungan kehidupan Anda yang sekarang. Ingat, kekuasaan dan penghormatan yang Anda terima dulu itu hanya sebatas di ruang lingkup pekerjaan Anda. Sekarang Anda sudah dipensiunkan dari ruang lingkup pekerjaan Anda. Ini artinya, Anda juga kehilangan kekuasaan dan penghormatan dari lingkungan kerja Anda tersebut, karena Anda sudah tidak disana lagi.

Setelah pensiun tidak perlu memelihara sikap tinggi hati karena hanya akan membuat Anda menderita. Tidak perlu berharap orang-orang yang dulunya menjadi bawahan Anda tetap bersikap hormat dan tunduk kepada Anda. Katakan kepada diri sendiri bahwa saya bukan siapa-siapa dan saya tidak penting, sehingga bawahan saya yang dulu tidak perlu memperlihatkan sikap hormat kepada saya. Katakan kepada diri sendiri bahwa hari ini saya adalah ketenangan dan kedamaian yang tidak boleh diganggu oleh semua hal dari luar diri saya. Perasaan sudah pensiun tidak boleh menjadikan Anda gelisah atau merasa seolah-olah sudah dikirim ke tong sampah.

Tidak perlu memelihara angan-angan atau cita-cita tentang kehidupan yang Anda inginkan di usia pensiun. Tingkatkan kesadaran bahwa jalan hidup selalu bergerak ke arah kehendak Tuhan bukan angan-angan kita. Hiduplah dengan semangat tinggi untuk membangun karakter rendah hati dan percaya diri. Sebelum memperhatikan orang lain pastikan Anda sudah memperhatikan diri sendiri. Siapkan waktu untuk aktivitas fisik, otak, jiwa, dan batin Anda. Fisik, jiwa, otak, dan batin harus selalu diperhatikan kualitasnya agar Anda selalu tampil prima dan positif di semua situasi kehidupan Anda. Terapkan gaya hidup positif dengan nilai-nilai hidup yang membuat Anda selalu semangat dan tekun mengerjakan apa saja di hari tua Anda. Jangan pernah malas dan mengeluh, selalu bersemangat dan berenergi positif untuk melayani kehidupan sehari-hari.

Usia tua harus menjadikan Anda bijaksana dan memberi contoh tentang semangat hidup yang tinggi. Gunakan hati dan pikiran positif untuk melihat segala sesuatu dalam kehidupan Anda. Melalui kesabaran dan kasih sayang tumbuhkan karakter kehidupan Anda untuk melayani hidup. Miliki kehidupan yang penuh kegembiraan dan merasa bersyukur dengan apa pun yang Anda miliki saat ini. Kehidupan yang sederhana dan hanya menggantungkan hidup kepada Tuhan akan menjadikan Anda kuat dan hebat di hari tua. Selalu bergerak maju dengan menghormati orang lain dan merasa bahagia melihat orang-orang di sekitar lingkungan kehidupan Anda sukses. Miliki perasaan bahagia saat melihat orang-orang di sekitar Anda berubah menjadi kaya. Miliki perasaan bahagia saat melihat bekas bawahan Anda mencapai prestasi yang lebih hebat dari yang pernah Anda capai. Ketika Anda merasa sudah pensiun, maka jadilah energi positif bagi diri sendiri dan kehidupan orang lain.

Untuk mengundang MOTIVATOR hubungi: 0812 1318 8899/ email: training@djajendra-motivator.com