Bagaimana Caranya Karyawan Menjadi Kaya?

“Karyawan Dengan Gaji Yang Kecil Juga Pasti Bisa Kaya, Asal Memiliki Keberanian Untuk Melakukan Investasi Dan Tidak Menjadi Pribadi Yang Konsumtif.” – Djajendra

Hari Jumat lalu saya ditelepon oleh pak Anggara dari Radio HardRock Bali, dan memberikan judul di atas sebagai materi pembahasan dalam siaran tanya-jawab dengan saya, untuk hari Senin pagi tanggal 28 September 2009.

Pertanyaan di atas merupakan sebuah pertanyaan yang selalu menjadi pertanyaan dari para karyawan yang memiliki semangat dan obsesi untuk menjadi orang kaya. Dan sesungguhnya setiap orang, siapa pun dia, selama dia memiliki mimpi, harapan, dan kerja keras, maka dia pasti bisa menjadi orang kaya. Apalagi karyawan yang setiap bulannya sudah pasti memiliki penghasilan tetap, dan hanya tinggal menjadi lebih kreatif dalam melakukan berbagai tindakan investasi buat membangun jembatan menuju masa depan yang kaya dengan materi dan uang.

Menjadi karyawan yang kaya adalah hak si karyawan, tapi untuk menjadi kaya perlu tekad dan keyakinan diri yang kuat, lalu perlu upaya-upaya terencana untuk mengoptimalisasikan potensi diri. Ingat, hanya melalui investasi orang bisa menjadi kaya. Jadi, karyawan yang memiliki obsesi dan niat untuk menjadi orang kaya wajib melakukan investasi kepada dua hal. Pertama, melakukan investasi untuk mengoptimalisasikan potensi diri sendiri agar mampu meraih karir, gaji, dan jabatan yang lebih tinggi. Kedua, melakukan investasi kepada harta benda yang harganya setiap tahun pasti naik, yang harganya tidak hilang oleh inflasi, dan yang risikonya sangat rendah.

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam proses menuju diri yang kaya raya adalah melakoni pola hidup hemat yang tak tergoda oleh barang-barang konsumtif. Termasuk tidak melakukan pinjaman-pinjaman untuk hal-hal yang bersifat konsumtif.  Barang-barang konsumtif setelah dibeli sudah tidak ada harganya lagi, biasanya langsung menjadi biaya. Hindari untuk menciptakan banyak biaya hidup, dan fokuskan gaji Anda untuk menciptakan banyak investasi. Ciptakan kekayaan masa depan Anda dari investasi – investasi kecil di hari ini. Lakukan investasi tersebut kepada hal-hal yang pasti nilainya bertambah dan yang tidak memiliki risiko tinggi. Jika Anda ingin kaya Anda harus melakukan investasi, bukan spekulasi. Jadi, mulai hari ini sisihkan sebagian dari gaji untuk melakukan investasi pada hal-hal yang tepat dan kalau bisa yang berisiko nol. Pastikan juga mind set Anda telah Anda kembangkan menjadi mind set investor.