MENCARI KESEMPURNAAN BERTEMU DENGAN PENDERITAAN

MENCARI KESEMPURNAAN BERTEMU DENGAN PENDERITAAN

“Saat kita terus-menerus mencari kesempurnaan, kita tidak akan pernah menemukannya, dan hanya akan bertemu dengan penderitaan.”~Djajendra

Kesempurnaan berarti sesuatu yang diinginkan oleh nafsu dan ego. Sesungguhnya semua yang ada dalam hidup kita ini sudah sempurna. Ketika kita tidak bersyukur dengan kesempurnaan sejati dan mulai mencari kesempurnaan sesuai arahan pikiran, maka kita akan sering bertemu dengan penderitaan. Jika kita mencari kesempurnaan dalam hidup yang kita jalani, maka itu artinya saat ini kita tidak berada dalam sukacita, kita sedang berada dalam kekurangan atau kemiskinan jiwa.

Menerima hidup yang kita rasakan dengan sukacita adalah sebuah kesempurnaan. Mencari kesempurnaan dalam kehidupan yang sudah sangat sempurna ini hanya membuat kita bertemu dengan penderitaan. Kesempurnaan adalah sifat dari jiwa yang melihat keindahan dan kedamaian di semua situasi. Orang-orang bahagia, tidak pernah mencari kesempurnaan, karena mereka sedang merasakan kesempurnaan itu dalam kehidupan sehari-harinya.

Jika kita selalu merasakan ketidaksempurnaan dari orang-orang di sekitar kita, maka kita tidak akan mampu merasakan keindahan dan kebaikan yang ada di dalam diri mereka. Pikiran dan perasaan kita, yang ingin semuanya sesuai dengan maunya persepsi kita, akan menjadikan kita tidak bahagia dengan hidup kita. Kepribadian kita yang terlalu perfeksionis menjadikan kita selalu melihat ketidaksempurnaan di setiap orang dan hal yang berhubungan dengan kita. Jelas, realitas ini akan menarik energi negatif dari ketidaksempurnaan yang kita rasakan, untuk menjadikan hidup kita tidak damai dan tidak bahagia.  

Mencari kesempurnaan adalah upaya ego yang memaksa kita untuk mencari sesuatu yang memuaskan dia. Jika kita tidak sadar dan tidak bijak menyikapi paksaan ego, maka upaya kita akan membawa hidup kita ke dalam penderitaan. Mungkin bagi ego dan nafsu, realitas yang sempurna dirasakan tidak sempurna, padahal semua kesempurnaan kita sudah ada di dalam diri kita.

Kita adalah kesempurnaan. Kesempurnaan kita tersembunyi di dalam diri kita yang paling dalam. Jika kita mau mengenal diri kita sendiri dengan baik, maka kita harus masuk kedalaman jiwa kita. Segala macam kesempurnaan yang sudah ada di dalam diri kita adalah fakta bahwa hidup kita sudah sangat sempurna.

Kendalikan pikiran agar tidak membawa kita untuk melihat hidup ini seolah-olah tidak sempurna. Jika kita menuruti pikiran, maka pikiran akan memaksa kita untuk mempertahankan keyakinan bahwa kita tidak sempurna, dan kesempurnaan itu harus dicari terus-menerus. Saat kita terus-menerus mencari kesempurnaan, kita tidak akan pernah menemukannya, dan hanya akan bertemu dengan penderitaan.

Untuk mengundang Djajendra hubungi: 0812 1318 8899/ email: admin@djajendra-motivator.com