Memimpin Dengan Kontribusi

“Kontribusi Artinya Memberikan Segala Kemampuan, Bakat, Motivasi, Kualitas, Pelayanan, Loyalitas, Dedikasi, Dan Tekad Untuk Keberhasilan Visi Organisasi.”- Djajendra

Seorang pemimpin yang hebat selalu bekerja keras dengan fokus untuk memberikan kontribusi maksimal buat organisasi. Ia tidak menyukai sikap dan cara kerja yang terlalu banyak rencana, tapi kurang tindakan nyata buat kemajuan organisasi. Bagi dia, kontribusi yang jelas dan terukur menjadi lebih penting dari sekedar kata – kata retorika yang tanpa arah.

Pemimpin yang fokus pada kontribusi berkualitas untuk kemajuan organisasi, akan selalu memanfaatkan semua ide – ide unggul untuk keberhasilan organisasi. Ia akan menciptakan etos kerja untuk membuat semua orang mencintai pekerjaan hingga mau berkontribusi dengan optimal buat kemajuan organisasi. Semua rencana akan dikerjakan dengan serius dan penuh antusias. Pemimpin juga rajin memberikan pencerahan dan motivasi untuk mendapatkan kontribusi maksimal buat keberhasilan organisasi.

Memimpin dengan memberi kontribusi adalah sebuah sikap kepemimpinan yang beretika untuk bisa menciptakan prestasi terbaik buat semua stakeholders organisasi. Bagi pemimpin, semua orang di dalam organisasi harus bisa memimpin, paling tidak terhadap tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh masing – masing individu. Dan setiap individu harus mampu memimpin diri sendiri untuk bisa memiliki tanggung jawab yang utuh dan penuh dalam memberikan kontribusi terbaik buat organisasi. Untuk itu, setiap individu di dalam organisasi wajib untuk terlibat secara proaktif dalam semua proses kerja organisasi.

Kontribusi artinya memberikan segala kemampuan, bakat, motivasi, kualitas, pelayanan, loyalitas, dedikasi, dan tekad untuk keberhasilan visi organisasi.

Seorang pemimpin adalah seorang kontributor utama dalam menggerakan organisasi menuju tujuan utama. Untuk itu, diperlukan gagasan dan ide – ide segar dalam membangkitkan hasrat kerja keras dari semua orang di dalam organisasi. Tidak ada hal yang lebih penting dalam sebuah organisasi dibandingkan dengan kontribusi total dari semua staf dan pimpinan, khususnya buat para individu yang berani mengekspresikan ide – ide hebat untuk menciptakan kreativitas dan inovasi yang cemerlang.

Memimpin dengan kontribusi artinya  pemimpin menempatkan organisasi sebagai pusat yang menerima berbagai gagasan, masukan, ide, dalam bentuk sebuah kontribusi yang bisa dimanfaatkan oleh organisasi untuk menghasilkan kinerja maksimal. Semua kontribusi yang bermanfaat buat organisasi adalah sebuah kekuatan yang bisa menggerakan perputaran dari semua aspek kerja organisasi dengan maksimal.

Organisasi yang hebat adalah organisasi dengan sistem manajemen terbuka yang dengan otomatis menerima beragam kontribusi dari setiap individu yang ada bersama organisasi. Memimpin dengan kontribusi adalah cara terbaik untuk merangkul semua potensi sumber daya manusia organisasi, dalam semangat menghadirkan antusias dari semua orang yang terlibat terhadap visi yang diperjuangkan oleh organisasi. Dengan melibatkan semua orang untuk berkontribusi kepada organisasi, maka sebuah energi positif yang kuat akan ada di dalam organisasi, dan hal tersebut akan mendorong semangat untuk menyatu dalam motivasi untuk mendapatkan prestasi dan kinerja organisasi yang optimal.

Pemimpin harus selalu bisa menunjukkan kualitas diri sebagai kontributor utama dalam semua aspek kerja organisasi. Pemimpin harus bisa memotivasi semangat kerja, membangkitkan gairah kerja, dan selalu setia memberikan inspirasi buat kemajuan organisasi.