MENCOBA MENJADI SEMPURNA DALAM PELAYANAN

MENCOBA MENJADI SEMPURNA DALAM PELAYANAN

“Pelayanan sempurna adalah upaya dan kerja keras dari orang-orang yang hatinya lembut dengan kasih dan empati.”~Djajendra

Pelayanan sempurna bukan berasal dari sifat perfeksionis. Anda yang perfeksionis tidak mampu melihat kesempurnaan pada orang lain. Semakin perfeksionis Anda untuk memberikan pelayanan berkualitas, semakin sering Anda menjadi pemarah dan kesal, karena persepsi Anda selalu melihat kekurangan pada orang lain. Untuk bisa memberikan pelayanan sempurna, Anda harus membiarkan diri Anda menjadi alat kasih dalam pelayanan rendah hati. Rasa hormat Anda, ketulusan Anda, sikap baik Anda, kehidupan hati Anda yang ikhlas dan penuh empati, ucapan dan kata-kata Anda yang lembut, serta emosi positif yang rajin membersihkan semua emosi negatif adalah sumber kekuatan untuk memberikan pelayanan sempurna. Jadi, jangan mencoba memberikan pelayanan sempurna dari sifat dan kepribadian Anda yang terlalu perfeksionis, Anda pasti gagal dan kemarahan Anda menjadi realitas sehari-hari.

Ketika Anda berada di bawah pengaruh ego yang begitu terobsesi pada pelayanan sempurna, Anda akan melihat kekurangan dari ketidaksempurnaan di sekeliling Anda. Ego tidak mau memaafkan dan lebih memilih marah terhadap kekurangan. Ketika marah menjadi energi Anda dalam menyikapi kekurangan dan ketidaksempurnaan dari orang-orang yang bertugas memberikan pelayanan sempurna, maka organisasi Anda akan gagal untuk memberikan pelayanan prima. Jika ketidaksempurnaan diberikan energi cinta dan kasih dari rasa empati yang mendalam, maka secara alami ketidaksempurnaan akan menjadi sempurna. Anda harus sadar bahwa kesempurnaan dalam pelayanan itu adalah upaya dan kerja keras dari orang-orang yang hatinya lembut dengan kasih dan empati. Pelayanan sempurna dapat Anda berikan ketika Anda dalam keadaan kebijaksanaan, berpikir positif, mendapatkan pencerahan, rendah hati, penuh kasih, penuh toleransi, penuh empati, mengerti, memahami, peduli, membantu, dan niat tulus yang ingin melihat pelanggan bahagia.

Ketika seorang pelanggan menghujani Anda dengan kata-kata kasar atau penghinaan, Anda harus membalasnya dengan senyum dan kata-kata lembut dari kerendahan hati Anda. Saya yakin hal ini mungkin sangat tidak mudah bagi Anda, tetapi jika Anda menjadi alat kasih dalam pelayanan sempurna, Anda pasti berjiwa hebat untuk menerima kata-kata kasar dengan ikhlas. Sangat mudah bagi Anda untuk menghina dan menjatuhkan pelanggan yang tidak sopan dengan kata-kata kasar yang menyakiti hatinya. Anda yang merasa terhina dan marah dengan sikap pelanggan yang tidak baik mungkin merasa menang ketika kata-kata kasar Anda melukai hati pelanggan. Tetapi, kemenangan dan kepuasan hati Anda ini menjadikan Anda gagal untuk memberikan pelayanan sempurna, dan otomatis organisasi Anda pun gagal menjaga komitmen untuk memberikan pelayanan sempurna. Memang tidak mudah untuk memberikan pelayanan sempurna dengan konsisten. Jika Anda ingin secara konsisten memberikan pelayanan sempurna, Anda harus menahan diri dari ego pembalasan. Organisasi Anda kehilangan pelayanan sempurna ketika Anda membalas pelanggan yang tidak sopan; ego Anda menang atas emosi negatif pelanggan, tetapi organisasi Anda gagal untuk memberikan pelayanan sempurna.

Kesempurnaan dalam pelayanan adalah sifat dari kepribadian yang mendapatkan pencerahan. Saat Anda bahagia dan gembira, energi positif Anda secara alami memberikan kesempurnaan. Jika Anda memberikan kesempurnaan, maka Anda sedang berada di sumber sukacita. Jadi, kesempurnaan itu dihasilkan dari keindahan dan kebahagiaan hati yang paling dalam. Oleh karena itu, jangan pernah mau terpancing atau dipengaruhi oleh energi negatif dari luar diri Anda. Membalas keburukan orang lain dengan kemarahan dan tindakan kasar, itu artinya Anda dipermainkan oleh kekuatan buruk dari luar diri Anda. Mungkin Anda menganggap membalas dengan lebih kejam adalah kekuatan Anda, padahal itulah kelemahan terbesar Anda. Pelayanan sempurna membutuhkan energi positif Anda, membutuhkan Anda sebagai alat kasih, membutuhkan kekuatan Anda untuk selalu hadir dari ke kedalaman hati yang penuh kegembiraan dan kebahagiaan.

Pelayanan sempurna bersumber dari sukacita yang terkendali dalam jiwa sebagai alat kasih. Setiap saat hati dan perilaku harus hidup dalam kebijaksanaan, kebahagiaan, ketenangan, kesabaran, kegembiraan, dan kemampuan untuk melihat kesempurnaan dari kehidupan yang sering dikatakan sebagai tidak sempurna. Sesungguhnya hidup sudah sangat sempurna. Kesempurnaan hidup dapat kita temukan di ke kedalaman diri kita yang kaya energi positif. Jika Anda menggunakan ego untuk menemukan kesempurnaan, maka Anda tidak pernah mampu menemukannya. Kesempurnaan itu tersembunyi di ke kedalaman jiwa, bukan dari penampilan ego. Jika komitmen Anda untuk memberikan pelayanan sempurna bersumber dari ego dan sifat perfeksionis, maka Anda tidak bisa secara konsisten memberikan pelayanan sempurna di sepanjang waktu. Walaupun mungkin niat Anda sangat mulia, tindakan Anda luar biasa, dan Anda berani mengeluarkan uang yang banyak untuk investasi pelayanan sempurna. Tetapi, jika Anda tidak memiliki komitmen dan keyakinan untuk menemukan energi positif dalam pelayanan sempurna dari ke kedalaman hati yang paling dalam, tidak memiliki komitmen untuk menjadikan setiap individu sebagai alat kasih dalam pelayanan, maka organisasi Anda berpotensi gagal untuk memberikan pelayanan sempurna yang konsisten.

Untuk mengundang Djajendra hubungi: 0812 1318 8899/ email: admin@djajendra-motivator.com