WIRAUSAHA

“Wirausaha Lahir Dari Proses Sukses Dan Gagal Yang Berulang-Ulang, Dan Selalu Memiliki Tekad Untuk Mendapatkan Nilai Tambah Ekonomi Dalam Setiap Situasi.”- Djajendra

“Pengusaha Harus Cerdas Membayangkan Solusi Yang Tepat Untuk Masalah Yang Sulit.”- Djajendra

Wirausaha berarti tidak menjadi pegawai orang lain dan mampu melakukan aktivitas usaha apa saja untuk menciptakan nilai tambah ekonomi. Seorang wirausaha biasanya adalah pribadi yang tidak memiliki gaji bulanan yang rutin dan tidak memiliki kepastian penghasilan; kehidupan ekonominya sangat bergantung dari kemampuan untuk mengatur waktu, diri sendiri, modal, usaha, pelanggan, dan pekerjaan untuk menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, tidak semua orang ingin menjadi pengusaha dan menjalankan sebuah bisnis sendiri. Mayoritas orang lebih suka memilih menjadi pegawai dan bekerja untuk kepastian penghasilan bulanan; hanya sebagian kecil orang yang memiliki keberanian untuk berwirausaha. Menjadi seorang pengusaha membutuhkan kepribadian yang siap menjalani kehidupan antara risiko dan peluang, antara untung dan rugi. Kemampuan spesifik dan keterampilan seorang pengusaha biasanya dicapai melalui pengalaman untung, rugi, sukses, gagal, keberanian, ketakutan, tekad, antusias, kerja keras, motivasi dan perencanaan. Pengusaha atau wirausaha yang andal lahir dari proses sukses dan gagal yang berulang-ulang, dan selalu memiliki tekad untuk mendapatkan nilai tambah ekonomi dalam setiap situasi dan kondisi.

Seorang wirausaha selalu memiliki keberanian dan mental yang kuat untuk mengambil risiko. Dia paham betul bahwa bisnis selalu menghadapi risiko. Untuk itu, dia akan meminimalkan risiko melalui penelitian, perencanaan, kehati-hatian, memagari risiko, keputusan yang tepat, dan pengembangan kreativitas usaha. Seorang wirausaha sejati selalu melihat risiko sebagai peluang dan tantangan, dan  selalu antusias untuk mengelola risiko secara cerdas agar dapat menghasilkan keuntungan berlipat kali.

Kepribadian seorang wirausaha adalah selalu ingin tahu tentang hal-hal baru untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. Seorang wirausaha selalu ingin tahu bagaimana segala sesuatu bekerja dengan baik untuk menghasilkan nilai tambah ekonomi buat usahanya. Seorang wirausaha selalu secara proaktif mengambil waktu dan inisiatif untuk belajar memahami hal-hal  yang tidak dia ketahui.

Seorang wirausaha harus bersikap kreatif, karena, kreatifitas adalah segalanya untuk membuat sebuah usaha menjadi besar dan tetap didukung oleh stakeholdernya. Seorang wirausaha harus cerdas membayangkan solusi yang tepat untuk masalah yang sulit, dan mampu mendorong setiap solusi untuk menciptakan produk dan pelayanan terbaru, serta mampu menghasilkan ide-ide kreatif  yang cemerlang.

Seorang wirausaha selalu gigih mempertahankan  usahanya dari ancaman birokrasi pelayanan ekonomi yang rumit dan tidak efisien. Dia tidak akan takut membuat kesalahan; dia tidak akan takut menerima kritikan; dia tidak akan gentar berurusan dengan kesulitan keuangan. Dia selalu tampil penuh semangat untuk membuat usahanya berhasil. Dia selalu bekerja dengan tujuan yang jelas dalam perilaku yang kreatif  dan inovatif  untuk menghasilkan hal-hal baru yang menguntungkan usahanya.

Wirausaha wajib memiliki disiplin diri sendiri yang tangguh dan tak terkalahkan oleh hal apa pun, serta mampu menjadi pekerja keras yang tekun dan ulet dibidang usahanya. Seorang wirausaha harus selalu tampil berenergi dan siap berjuang bersama usahanya, tanpa terhalang oleh waktu dan ruang kehidupan dalam mencapai tujuan.

Wirausaha harus selalu tampil penuh percaya diri, dan mampu menghilangkan semua perasaan ragu dari perilaku sehari-hari. Berani tampil lebih fleksibel untuk menjawab semua tantangan dan peluang; selalu bersikap fleksibel untuk beradaptasi dengan perubahan tren, pasar, teknologi, peraturan, dan lingkungan ekonomi; serta berani mengambil tanggung jawab untuk mengatasi semua ketidakpastian dalam setiap tantangan.

Seorang wirausaha sejati adalah pribadi bebas yang tidak dapat dikendalikan oleh siapa pun dan apa pun; dia selalu menemukan celah untuk mengontrol semua keadaan demi mendapatkan keuntungan dan kepuasaan dalam lingkungan yang terkendali.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra adalah praktisi, penulis, dan pembicara di bidang Manajemen Korporasi. Djajendra menulis dan berbicara untuk kehidupan kerja yang produktif, bahagia, kreatif, damai, tenang, berintegritas, melayani, bertanggung jawab, dan bersatu untuk mencapai kinerja terbaik. Ingin Mengundang Djajendra? Apabila perusahaan Anda ingin mengundang Djajendra untuk memotivasi dan menginspirasi karyawan dan pimpinan buat kesuksesan karier pribadi, bisnis dan organisasi. Hubungi: PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL http://djajendra-motivator.com Email: training@djajendra-motivator.com Phone: 021 5701505 Mobile phone : 0812 131 888 99 Fax : 021- 5738105