CASH FLOW DENGAN TATA KELOLA YANG SEHAT

CASH FLOW DENGAN TATA KELOLA YANG SEHAT

Cash flow selalu diasumsikan sebagai darah yang mengaliri tubuh perusahaan. Oleh sebab itu, setiap perusahaan pasti sangat peduli untuk menjaga cash flow pada level yang aman.

Karena cash flow itu sangat penting, maka biasanya, perusahaan akan bekerja dan berjuang secara maksimal, untuk mendapatkan cash flow melalui upaya yang meningkatkan penjualan secara terus-menerus.

Tapi, bila penjualan kurang meningkat atau sedang merosot, uang untuk cash flow boleh mengalir dari mana saja, asal perusahaan bisa bernafas bersama bisnisnya.

Persoalannya, jika cash flow secara terus-menerus diisi dengan uang pinjaman yang berbiaya mahal, maka biaya operasional perusahaan akan terus meningkat oleh bunga pinjaman, atau pun oleh kurangnya efisiensi dan produktivitas akibat penurunan penjualan.

Akibatnya, dalam jangka panjang, sumber cash flow yang berasal dari pinjaman berbiaya tinggi akan memangsa keuntungan perusahaan, dan lama ke lamaan, berpotensi memangsa semua modal perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan harus selalu bekerja lebih kreatif dan lebih inovatif untuk meningkatkan penjualan, dan melakukan efisiensi terhadap semua pengeluaran, agar dapat memelihara cash flow yang sehat, yang bersumberkan dari operasional perusahaan yang efektif melalui tata kelola yang sehat.

DJAJENDRA

Previous post: