“Uang Anda Jangan Dihambur-Hamburkan Untuk Berbelanja Hal-Hal Yang Tidak Prioritas Buat Kehidupan Anda, Tapi Investasikan Ke Dalam Hal-Hal Yang Anda Pahami, Agar Uang Anda Itu Dapat Menjadi Alat Investasi Yang Membebaskan Anda Dari Kekurangan Uang.” – Djajendra

Hidup setiap orang itu berbiaya rutin, sedangkan mayoritas penghasilan orang sering sekali bersifat tidak pasti dan tidak rutin. Oleh karenanya, kemandirian keuangan sangat menentukan kualitas kehidupan seseorang.

Kemandirian keuangan atau biasa yang disebut dengan istilah financial freedom, adalah sebuah keadaan dimana seseorang telah mampu menciptakan kepastiaan sumber penghasilan secara rutin, untuk mengatasi biaya hidup rutin yang wajib dia keluarkan.

Salah satu cara untuk membuat diri mandiri secara finansial adalah dengan memiliki motivasi yang kuat, untuk menjadikan uang sebagai alat investasi dalam menambah kekuatan ekonomi pribadi.

Bila seseorang sudah mampu membuat uangnya aktif sebagai alat investasi yang menambah nilai ekonomi kehidupannya, maka dia tidak perlu lagi bekerja keras memikirkan biaya rutin bulanan, karena uangnya akan menjadi investasi yang bekerja keras untuk memenuhi semua kebutuhan rutin hidupnya.

Cerdaskan pola pikir keuangan Anda, dan yakinkan diri Anda bahwa Anda sedang hidup dalam realitas ekonomi uang. Lalu, pastikan Anda memiliki budget yang cerdas untuk mengatur, mengelola, mengendalikan, dan meningkatkan kualitas keuangan pribadi Anda.

DJAJENDRA