SENYUM DALAM PELAYANAN PELANGGAN

CUSTOMER SERVICE TRAINING

SENYUM DALAM PELAYANAN PELANGGAN

“Senyum tulus yang membudaya dalam internal organisasi akan menjadi keunggulan yang menguntungkan perusahaan.” ~ Djajendra

Senyum adalah bahasa komunikasi yang paling efektif dan menyentuh hati. Setiap pelayanan pelanggan yang dimulai dengan senyum tulus, pasti akan menghasilkan pelayanan yang menyenangkan hati. Senyum akan menghilangkan kekakuan dalam komunikasi dan mengisinya dengan suasana yang menyenangkan hati.

Keberadaan customer service adalah untuk memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas kepada pelanggan. Semua yang terbaik dan berkualitas itu hanya dapat dimulai dari kepribadian yang sopan, ramah, rendah hati, berempati, dalam senyum tulus yang penuh persahabatan. Sikap pelayanan yang memperlakukan pelanggan dengan hormat dan senyum tulus, akan menciptakan interaksi yang memperkuat hubungan pelanggan dengan perusahaan ke dalam loyalitas.

Senyum tulus customer service dalam pelayanan pelanggan akan mengekspresikan pesan ramah-tamah perusahaan kepada para pelanggannya. Senyum adalah komponen terpenting dalam memberikan pelayanan berkualitas, dan senyum itu sendiri sangat tergantung kepada kualitas kepribadian customer service. Semakin mulia dan baik hati seorang customer service, semakin berkualitas dirinya dalam memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggan. Senyum adalah komponen pelayanan yang berbiaya murah, dan sangat tergantung kepada ketulusan hati dari para pelayan perusahaan.

Senyum tulus adalah bahasa hati nurani yang dapat mempengaruhi hati nurani orang lain, untuk terhubung dalam energi baik. Ketika customer service mampu terhubung dalam energi baik dengan pelanggan, maka pelanggan akan selalu memprioritaskan pembeliannya kepada perusahaan yang ramah kepadanya. Hal ini akan membuat perusahaan selalu unggul dengan kinerja terbaik. Sebab, semua pelanggannya menjadi setia dan selalu bertransaksi dengan perusahaan yang ramah dan yang memberikan kemudahan dalam pelayanan.

Ketika perusahaan membangun budaya senyum dari kekuatan pelayanan di internal organisasi. Lalu, mengekspresikannya dalam kebiasaan dan rutinitas pelayanan ke eksternal organisasi, maka budaya senyum itu akan menjadi kekuatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Senyum tulus yang membudaya dalam organisasi, pastilah menjadi keunggulan yang selalu menguntungkan perusahaan.

Senyum tulus hanya dapat dimunculkan dari jiwa yang cerdas emosi, dari jiwa yang selalu rendah hati bersama empati dan toleransi, untuk memberikan kontribusi terbaik dari dalam dirinya kepada setiap stakeholders. Semakin positif kepribadian dan karakter seseorang, maka semakin mampu dirinya untuk memberikan senyum tulus. Senyum tulus yang dilengkapi dengan pelayanan yang peduli dengan harapan dan kebutuhan pelanggan, akan menjadi keunggulan pribadi yang membuat diri selalu tumbuh bersama karir yang luar biasa.

Senyum tulus selalu menjadi hal terbaik untuk membuat diri lebih berkualitas. Seseorang yang tanpa senyum akan dianggap sombong dan tidak menyenangkan. Sikap dan perilaku hidup yang terbiasa dengan mudah senyum dalam pergaulan sosial, akan menjadi hal yang positif untuk membuat diri terbiasa senyum dari hati yang paling tulus.

Senyum tulus dalam pelayanan pelanggan akan membantu perusahaan untuk berkomunikasi dari hati ke hati dengan pelanggan. Dan hal ini merupakan sebuah potensi kekayaan perusahaan dalam menciptakan nilai tambah, untuk mencapai kinerja dan prestasi yang lebih tinggi. Ketika perusahaan memiliki budaya tatakrama dalam ruang percakapan yang menggembirakan hati pelanggan, maka pelanggan pasti setia selamanya kepada perusahaan, dan selalu mengingat pengalaman bahagianya saat terhubung dengan perusahaan.

Senyum tulus adalah bahasa hati nurani yang terekspresikan dari kekuatan emosi baik. Semakin cerdas Anda mengekspresikan senyum tulus dari kekuatan baik jiwa dan pikiran Anda, maka semakin bahagialah hidup Anda bersama hari-hari terindah.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com