“Memasuki masa pensiun bukanlah akhir dari kisah perjalanan karir Anda, tetapi berpotensi menjadi awal untuk karir Anda yang berikutnya, yang lebih sesuai dengan kepribadian Anda.” ~ Djajendra

PROFILE DJAJENDRASaat seseorang memasuki masa pensiun, usianya pasti sudah tidak muda lagi, tetapi di dalam usia yang tidak muda itu terdapat pengalaman hidup yang sangat beragam dan banyak. Kemampuan untuk memahami diri sendiri dan melengkapinya dengan kesadaran diri, lalu cerdas mengelola diri sendiri, agar diri yang tidak muda itu dapat memanfaatkan pengalaman hidupnya untuk menciptakan hal-hal produktif, akan menjadikan diri yang tidak muda itu, hidup dalam aktivitas yang membuat diri selalu tampak lebih muda dan lebih bahagia bersama hidupnya.

Hidup dalam masa pensiun berarti sebuah proses transformasi dari cara kehidupan kerja yang lama kepada cara kehidupan kerja yang baru. Dalam hal ini, Anda akan memasuki masa transisi dari pekerjaan lama kepada sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru tersebut seharusnya adalah sebuah pekerjaan, ataupun aktivitas yang menghasilkan nilai tambah buat kehidupan Anda. Kewajiban Anda adalah menyiapkan masa transisi ini dengan cerdas dan penuh kalkulasi risiko. Anda tidak boleh menganggap bahwa kalau sudah pensiun berarti karir kerja Anda sudah selesai. Bukan begitu pola berpikir yang baik, tetapi Anda harus berpikir bahwa Anda pensiun karena adanya batas usia kerja di dalam organisasi Anda. Dan oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri untuk dapat berkarya dan bekerja lebih produktif setelah keluar dari organisasi yang mempensiunkan Anda. Anda sendiri secara pribadi, seumur hidup tidaklah boleh berpikir untuk pensiun, tetapi berpikir untuk berkarya dan berkontribusi lebih dari sebelumnya.  

Siapkan mental dan kepribadian Anda untuk tidak  pernah berhenti dalam melayani kehidupan melalui sebuah pekerjaan. Kalau Anda berhenti melayani kehidupan, maka berbagai persoalan kejiwaan dapat menggerogoti kesehatan tubuh dan mental Anda. Miliki komitmen untuk tidak pernah pensiun dalam melayani kehidupan dan orang lain. Siapkan kepribadian Anda yang selalu antusias dalam kerendahan hati, serta ikhlas untuk melayani kehidupan dan orang lain dengan sukacita.

Masa pensiun adalah sebuah periode dimana Anda telah berhenti dari pekerjaan lama, dan sedang memasuki kehidupan baru tanpa pekerjaan lama, tanpa penghasilan dari pekerjaan lama. Jadi, Anda sedang dalam proses dilahirkan kembali sebagai seorang pribadi baru, yang terbebaskan dari beban kerja dan beban tanggung jawab dari organisasi atau perusahaan tempat Anda selama ini bekerja dan mencari penghasilan.

Siapkan diri Anda di masa pensiun untuk memperkuat kemampuan, khususnya kemampuan untuk menciptakan kebiasaan baru dalam pola kehidupan baru, yang tanpa harus lagi berkantor di tempat kerja yang lama, untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab. Siapkan juga kemampuan untuk hidup mandiri, sebab sudah tidak ada lagi orang yang bisa Anda perintah seperti sebelumnya yang Anda lakukan di tempat kerja Anda. Anda sekarang adalah pribadi baru yang wajib memahami realitas diri sendiri dengan rasa syukur dan penuh optimis terhadap masa depan Anda.

Hiduplah dengan kebiasaan sehat dan sukses. Anda harus memilih dan mempraktekkan pola kehidupan baru dengan sadar dan antusias. Bila Anda larut dalam kehebatan pola hidup lama, dan tidak fokus untuk mempersiapkan diri di masa transisi ini buat masa depan yang lebih baik; maka, Anda akan terjebak dalam kehidupan lama, dan sulit bergerak menuju masa depan yang lebih sehat, lebih produktif, lebih berbagi, lebih manusiawi, lebih bijak, dan lebih bahagia dengan realitas kehidupan Anda.

Hidup setiap orang hanya sekali, jangan buang percuma setiap momen dari kehidupan Anda dengan hal-hal yang membuat Anda tidak bahagia. Jadilah cerdas emosional dan siapkan langkah-langkah produktif, untuk membuat hidup Anda selamanya mendatangkan kebaikan dan nilai tambah buat Anda dan orang lain.

Hidup Anda tidak hanya cukup dibiarkan bergerak otomatis dari sebab-akibat, dari aksi-reaksi sehari-hari dalam rutinitas yang membosankan. Hidup Anda adalah sebuah anugerah dari Tuhan, sesuatu yang unik dan sangat dibutuhkan oleh kehidupan yang lain. Jadi, hiduplah untuk berguna buat kehidupan dan orang lain. Jangan hidup untuk menyakiti diri sendiri dan orang lain. Hiduplah untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain. Karena, Anda adalah anugerah terbaik dari Tuhan untuk kehidupan yang indah ini. Manfaatkan semua potensi terbaik dan bakat-bakat terpendam di dalam diri Anda, untuk Anda kontribusikan buat kehidupan baru Anda yang lebih luar biasa.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

“Hidup Anda adalah sebuah anugerah dari Tuhan, sesuatu yang unik dan sangat dibutuhkan oleh kehidupan yang lain. Jadi, hiduplah untuk berguna buat kehidupan dan orang lain. Jangan hidup untuk menyakiti diri sendiri dan orang lain. Hiduplah untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain. Karena, Anda adalah anugerah terbaik dari Tuhan untuk kehidupan yang indah ini.” ~ Djajendra