“Dalam diri setiap orang ada kebutuhan untuk diakui, dan saat sesuatu yang selama ini menjadi kekuatan untuk diakui itu hilang, maka diperlukan kesadaran untuk menemukan kekuatan baru dari dalam diri, agar diri tetap memiliki kekuatan untuk diakui.” ~ Djajendra

PROFILE DJAJENDRASetiap PNS pasti akan memasuki masa pensiun, dan langkah-langkah untuk menemukan keseimbangan batin sangatlah diperlukan, agar setiap PNS yang memasuki pensiun tidak terjebak dalam perasaan kehilangan jabatan, kekuasaan, atau pun suasana kerja yang telah digeluti selama puluhan tahun.

Pensiun berarti perubahan, dan merubah kebiasaan dalam hidup bukanlah persoalan mudah. Pegawai negeri sipil yang memasuki masa pensiun haruslah mempersiapkan mental, emosi, spiritual, pola pergaulan sosial, aktivitas, pekerjaan, dan keuangan pribadi dalam mengisi kehidupan baru setelah pensiun dari PNS.

Kekuatan hidup setiap orang ada dalam pelayanan. Bila seseorang terlatih dan terbiasa untuk melayani orang lain dengan tulus, ikhlas, dan dari hati yang mempermudah; maka, ketika orang tersebut pensiun dari kepegawaiannya, dia pasti dengan sangat mudah dapat menyesuaikan hidupnya dengan sebuah pekerjaan baru, yang juga melayani masyarakat, tanpa kehilangan keseimbangan dirinya.

Setelah pensiun, setiap PNS haruslah berdiri dengan penuh percaya diri dan bersikap optimis untuk menjawab tantangan baru yang sudah menunggu di depan kehidupan. Jangan pernah memperkecil hati atau tanggung jawab untuk tetap hidup dalam pengabdian kepada bangsa, negara, Tuhan, dan kehidupan. Semakin rendah hati Anda melayani, semakin kuat diri Anda dalam melayani harapan diri sendiri dan harapan orang lain kepada Anda.

Jangan pernah kehilangan keseimbangan dalam kehidupan setelah tidak lagi menjadi PNS. Siapkan energi optimisme di dalam diri, kuatkan mental positif, kuatkan fisik dengan olah raga rutin, dan jangan pernah lelah untuk melayani hidup Anda. Anda hanya pensiun dari PNS, dan tidak pensiun dari urusan lain di luar PNS.

Kehidupan seorang PNS sangat luas, dan tidak sebatas PNS. Oleh karena itu, pastikan tidak larut dengan persoalan pensiun, persiapkan diri untuk pola kehidupan baru dengan pekerjaan atau aktivitas yang lebih menyenangkan hati dan pikiran. Tersedia sangat banyak bidang kehidupan yang dapat diisi setelah tidak lagi menjadi pegawai negeri sipil, dan pilihlah sebuah bidang pekerjaan atau aktivitas untuk kebahagiaan, kesehatan, dan kesejahteraan hidup Anda.

Di hari tua, ciptakan kearifan dan kebijaksanaan pola hidup yang lebih mengekspresikan cinta, berbagi, melayani, dan berkontribusi buat kehidupan yang lebih baik. Tuntunlah diri Anda ke arah yang membuat hidup Anda lebih damai, lebih sehat, dan lebih sejahtera. Jangan lagi membiarkan diri Anda dikendalikan oleh ego dan cara berpikir yang mempersempit wawasan hidup Anda. Hidup hanya sekali, manfaatkan hari-hari Anda setelah pensiun untuk menciptakan nilai tambah dan kebaikan buat kehidupan yang lebih luas.

Kembangkan mentalitas positif untuk melayani diri Anda dan orang lain dalam kekuatan cinta. Cintai diri Anda dan cintai semua orang yang ada di sekitar Anda. Jadilah sesuatu yang baik buat diri sendiri dan orang lain. Jadilah energi positif buat kehidupan yang lebih luas. Gunakan setiap momen dari realitas kehidupan Anda untuk melayani kehidupan dengan lebih ikhlas dalam cinta dan kebaikan.

Setiap ketidakseimbangan yang tercipta dari kekuatan ego akan meninggalkan kekurangan dalam diri. Pastikan Anda sadar untuk mempersiapkan diri menghadapi pensiun dari PNS, dan ikhlas mengambil langkah-langkah maju untuk perbaikan diri. Beranikan diri Anda untuk melakukan evaluasi atas situasi dan peran yang ingin Anda lakukan setelah pensiun dari PNS. Temukan kekuatan dari dalam diri, ciptakan gairah dari antusiasme dan motivasi Anda, terhadap harapan dan keinginan Anda dalam mengisi hari-hari setelah pensiun dari PNS.

Setiap PNS pasti akan pensiun pada saatnya, jadi berhentilah untuk mencemaskan pensiun Anda. Siapkan kepribadian yang positif dan unggul. Jadikan diri Anda bahagia, sehat, sejahtera, serta hidup dalam rasa syukur dan terima kasih.

Kemas diri Anda dengan  urutan prioritas yang harus Anda kerjakan. Jangan pernah membiarkan diri Anda diam dan tak tumbuh lagi. Berapapun usia Anda saat ini, Anda wajib memiliki kemauan untuk pengembangan diri. Dengan pengembangan diri, Anda dapat mengajari atau membiasakan diri Anda, untuk sebuah pola kehidupan yang lebih menerima dan menghargai realitas hidup Anda.

Terimalah realitas pensiun, dan siapkan hidup Anda untuk selamanya hidup dalam sukacita. Setelah pensiun, jangan biarkan Anda hidup dalam masa lalu sebagai PNS. Anda sekarang sudah bukan lagi PNS, tetapi seseorang yang kreatif untuk menata masa depan sesuai dengan kepribadian Anda. Saatnya menjadi diri sejati dan berkarya bersama diri sejati Anda untuk kehidupan yang lebih baik.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Leave a Reply