INTEGRITAS PEKERJA DALAM MEMBANGUN NEGERI

“Integritas artinya cinta yang sangat jujur, tulus, ikhlas, dan totalitas dalam menjalani kehidupan secara utuh.”~Djajendra

Jika etos kerja kita muncul dari kualitas integritas terbaik kita, dari hati kita yang penuh cinta kepada pekerjaan yang kita miliki, maka itu akan menjadi jalan pengabdian kita kepada negara dan bangsa yang kita cintai. Dan dengan rasa cinta kita yang paling jujur dengan apa yang kita kerjakan, kita bisa merasakan bahagia; kita selalu produktif dengan kinerja terbaik. Hanya dengan integritas, kebenaran dan kehidupan yang penuh sukacita dapat kita rasakan. Setiap perbuatan tanpa integritas adalah sumber kegagalan. Tanpa integritas lingkungan kerja mudah frustrasi dan seperti bekerja dengan cara membohongi diri sendiri. Integritas ada di dalam diri kita masing-masing dalam bentuk cinta yang paling jujur kepada semua yang harus kita lakukan dalam pekerjaan kita. Jangan berusaha menemukan integritas di orang lain, karena kita akan frustrasi; integritas hanya ada di dalam diri kita masing-masing dalam bentuk energi positif, bukan dalam bentuk kata-kata atau pikiran, apalagi emosi. Jadi, ingat selalu bahwa integritas adalah kualitas di dalam diri kita masing-masing yang sudah tersedia sejak kita di lahirkan, sekarang melalui kesadaran yang tinggi kita harus memiliki cinta yang suci kepada pekerjaan dan kehidupan kita agar kita diizinkan Tuhan untuk bertemu dengan energi integritas kita, dan memanfaatkannya untuk kehidupan kita yang lebih besar. Selama kita tidak memiliki cinta kepada pekerjaan kita, integritas selalu akan bersembunyi di balik tirai jiwa kita, dan kita tidak pernah mampu melihatnya apalagi memahaminya. Intinya, integritas kita adalah untuk diri kita yang betul-betul sangat mencintai pekerjaan dan kehidupan kita.

Sumber daya terbesar dari kualitas diri kita adalah integritas. Kita semua harus bekerja dan berkarya secara totalitas. Dan Seorang pekerja dengan integritas yang tinggi tidak akan pernah menyerah oleh rintangan dan tantangan, selalu tampil kreatif dan inovatif untuk mencoba segalanya terlebih dahulu sebelum menemukan solusi yang tepat. Integritas menghidupkan energi positif di dalam diri dan mendorong motivasi kita untuk bekerja dengan kompeten, berkualitas, memiliki karakter positif, dan terampil melalui etos terbaik. Integritas merupakan sebuah nilai yang sangat mahal dan merupakan aset bernilai sangat sempurna. Ketika kita sudah menguasai integritas sebagai dasar kehidupan dalam pekerjaan, maka segala godaan dari sumber tidak etis akan hilang secara otomatis dari energi positif kita. Setiap orang yang sukses besar bersama karya dan kerjanya adalah orang-orang yang sudah bertemu dengan integritas dan memanfaatkannya untuk kebesaran hidup. Tanpa integritas kita hanya menjadi bulan-bulanan  kehidupan yang tidak kita inginkan, kita selalu menghadapi hal-hal yang membuat hidup kita stres, kita hanya merasakan semua hal-hal buruk di sepanjang karir kerja. Integritas adalah langkah pertama untuk berkarya dan memiliki kinerja hebat. Kita dapat mencapai integritas dengan memusatkan perhatian kita di dalam pekerjaan yang sangat kita cintai. Melalui rasa cinta dan rasa ingin memberikan yang terbaik melalui pekerjaan, kita mampu menghubungi semua sifat baik kita, energi positif kita, kualitas terbaik kita, dan menemukan integritas sebagai sumber daya yang paling penting untuk membantu kehidupan kita di dunia ini. Jika kita sudah memanfaatkan integritas secara murni dalam kehidupan sehari-hari, kita mampu menemukan semua kebaikan dan kekayaan yang tersedia bagi hidup kita.

Integritas kita adalah sumber daya terbesar bagi diri kita sendiri, keluarga kita, organisasi kita, perusahaan kita, negara kita, bangsa kita, dan kehidupan kita secara keseluruhan. Jika kita memiliki niat tulus dan komitmen yang kuat untuk membangun negeri dan bangsa kita, maka kita harus sadar bahwa sumber daya terbesar diri kita adalah integritas kita. Kesadaran ini mendorong diri kita dalam pengabdian besar untuk membangun negeri dan bangsa yang kita cintai. Kita akan menggunakan integritas kita untuk menguatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berkualitas bagi negeri tercinta melalui etos kerja dan kepribadian kita yang positif. Kita dengan integritas yang tinggi selalu mempunyai komitmen kuat dalam menjaga stabilitas negara dan terus-menerus berkontribusi dalam pembangunan melalui pekerjaan yang kita miliki. Sekecil apa pun peran kita bagi bangsa dan negeri tercinta, kita dengan penuh semangat dalam etos kerja yang kaya berkualitas mau melakukan yang terbaik. Diri kita dengan integritas yang tinggi selalu bekerja dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan daya saing industri nasional melalui perusahaan atau pekerjaan kita masing-masing. Jadi, integritas membuat kita memiliki kualitas untuk menjaga stabilitas dan kekuatan negeri dan bangsa dari hati yang paling jujur dan paling ikhlas.

Menghadapi persaingan global yang semakin ketat dan semakin cepat, setiap pekerja di Indonesia perlu menemukan kualitas integritas di dalam dirinya, sehingga mampu memberdayakan dirinya untuk membangun negeri dan bangsa. Serikat pekerja, pekerja, perusahaan, dan negara harus memiliki sinergi dalam menyiapkan kualitas kerja dan mental pemenang untuk bersaing dan menang dalam kompetisi ekonomi global. Supaya menang kita harus dipercaya oleh siapa pun. Kemana pun kita berbisnis kita bisa dipercaya dan kejujuran membentuk ikatan dari semua hubungan dengan stakeholder. Integritas diri menghadirkan keaslian diri kita dalam setiap hubungan kerja dan hubungan bisnis. Keaslian dan kejujuran diri kita adalah hasil dari integritas yang tinggi. Kepercayaan bukanlah sesuatu yang bisa kita bangun dengan kata-kata, tetapi harus kita tunjukkan melalui pengabdian dan intensitas kerja dalam kualitas tinggi. Ada tantangan yang jauh lebih besar dari kepentingan ego kita. Kita hidup dalam persaingan yang permanen dengan negara-negara lain. Kekuatan kita memenangkan kompetisi global ada di dalam kualitas integritas kita masing-masing. Sekarang, integritas sedang menunggu kita semua di balik tirai jiwa kita yang paling dalam; menawarkan kemenangan bagi kita semua; menunggu untuk dipahami dan dimanfaatkan dari dalam diri kita masing-masing. Intinya, integritas sedang menunggu kita untuk ditemukan oleh kita semua yang mencarinya.

“Integritas membuat kita mampu menghubungi semua sifat baik kita, energi positif kita, dan kualitas terbaik kita.”~Djajendra

Mengundang Djajendra sebagai narasumber– Hubungi: E-mail: admin@djajendra-motivator.com atau WA: 0812 1318 8899

ETOS KERJA UNTUK PRESTASI DAN KEBAHAGIAAN

“Ketika keberuntungan mengetuk pintu hati Anda, maka gunakan etos kerja terbaik untuk mengambil kesempatan terbaik itu.”~Djajendra

Etos kerja Anda yang berkualitas berhubungan dengan kesuksesan banyak orang. Etos kerja dan perilaku kerja terbaik Anda mengarah pada kesuksesan dan memberi manfaat bagi semua stakeholder. Anda yang tekun, rajin, disiplin, teliti, kreatif, fokus, dan bekerja dengan totalitas untuk hasil terbaik, adalah Anda yang memberikan energi kemenangan bagi setiap orang di lingkungan kerja Anda. Hormati dan hargai diri sendiri dengan cara membuat diri Anda berguna dan bermanfaat di lingkungan kerja. Miliki disiplin diri yang tinggi dan pahami cara berkualitas untuk menjaga kehidupan kerja yang kaya disiplin dan integritas. Kendalikan diri Anda terhadap hal-hal yang bisa melemahkan semangat kerja Anda. Hindari semua hal yang membuat Anda kehilangan fokus dan disiplin pada tugas prioritas Anda. Etos kerja terbaik tidak pernah menggunakan kata ‘akan’; seperti: aku akan melakukan, aku akan mengerjakan, aku akan merencanakan, aku akan melihat-lihat dulu. Hal-hal terjadi sesuai dengan energi yang Anda berikan; hal-hal terjadi sesuai etos kerja yang Anda berikan; hal-hal terjadi sesuai pengetahuan dan pikiran positif yang Anda berikan. Jadi, pastikan segala sesuatu dikerjakan dengan energi positif dan benar-benar memproduksi pikiran-pikiran yang bermanfaat dalam mencapai prestasi dan kebahagiaan.

Etos kerja terbaik dihasilkan dari kemampuan Anda untuk mengatasi kelemahan mental, kelemahan emosi, kebiasaan buruk, sifat buruk, sifat negatif, serta cara kerja yang miskin disiplin dan integritas. Etos kerja terbaik mendorong Anda bekerja dengan fokus dalam kekuatan, keyakinan, dan keberanian untuk menghadapi resiko. Etos kerja terbaik membuat Anda mampu mengatur pikiran untuk memproduksi kualitas mental keberanian, keyakinan, fokus penuh, dan totalitas dalam prioritas tugas yang dikerjakan. Etos kerja yang berkualitas tercipta dari kesadaran dan intensitas disiplin kerja yang tinggi di sepanjang hari secara berkelanjutan melalui pembelajaran dan perenungan yang baik. Orang-orang dengan etos terbaik selalu memahami upaya seperti apa yang harus dilakukan, kerja keras seperti apa yang dibutuhkan oleh tugas tersebut, dan pengorbanan seberat apa yang harus dilakukan agar tujuan dapat dicapai. Intinya, mereka dengan etos terbaik selalu memiliki kualitas diri dalam tingkat yang sangat tinggi. Mereka juga tidak pernah terlalu memikirkan tentang jabatan, kekuasaan, ketenaran, uang, pujian, hadiah, atau apa pun itu yang sifatnya tidak abadi. Mereka betul-betul bekerja dari kesadaran jiwa untuk menghasilkan yang terbaik dari semangat pengabdian yang tinggi.

Etos kerja yang baik tidak boleh terjebak dalam perangkap zona nyaman dan ketidaktahuan tentang apa yang harus dilakukan. Jadilah pribadi yang memiliki kebijaksanaan dan kesadaran atas semua tugas yang harus dikerjakan. Setiap hari lakukan tindakan yang diperlukan secara maksimal dan miliki keyakinan bahwa kinerja terbaik itu dihasilkan dari etos kerja yang paling berkualitas melalui integritas pribadi yang tinggi. Miliki sikap rendah hati untuk belajar terus-menerus agar ketidaktahuan dapat dihindari; miliki sikap ingin tahu yang tinggi agar tidak terjebak dalam perasaan malas; miliki semangat dan mental pemenang agar tidak putus asa dan depresi saat menghadapi tantangan; miliki kepercayaan diri yang tinggi dan keyakinan yang kokoh agar tidak ragu, tidak kebingungan, dan merasa semua tugas jelas. Anda harus tegas dan memiliki tekad yang kuat untuk belajar dan berusaha maksimal sesuai dengan tujuan. Rawatlah kepercayaan diri yang tinggi dalam kerendahan hati yang tinggi, jangan pernah sombong atau meremehkan hal apa pun. Gunakan waktu dan energi Anda pada prioritas yang harus Anda kerjakan pada hari ini. Alirkan semua energi positif Anda pada kehidupan kerja yang produktif dan kaya kinerja. Jangan pernah mengabaikan hal apa pun di dalam proses kerja. Kuatkan mental dan emosional untuk memberi etos kerja terbaik pada hal-hal yang Anda kerjakan dengan penuh semangat.

Ketika keberuntungan mengetuk pintu hati Anda, maka gunakan etos kerja terbaik untuk mengambil kesempatan terbaik itu. Etos kerja terbaik adalah alat yang paling efektif untuk mengambil keberuntungan yang datang kepada Anda dalam bentuk peluang. Tajamkan intuisi untuk memahami dan mendengar suara keberuntungan. Berikan perhatian yang tinggi pada setiap peluang yang berpotensi memberikan Anda keberuntungan. Tingkatkan energi positif dan antusiasme untuk menjemput keberuntungan dengan etos kerja terbaik Anda. Miliki disiplin dan upaya yang sungguh-sungguh dengan perhatian dan konsentrasi tinggi pada benih keberuntungan. Anda harus menerima semua situasi sulit dengan percaya diri dan optimis; Anda harus selalu rendah hati dan hati-hati dengan semua keputusan yang Anda buat; Anda harus belajar keluar dari tekanan dan ketegangan. Pekerjaan Anda membutuhkan etos kerja terbaik dari ketenangan dan kesabaran Anda yang tinggi. Jadi, pastikan etos kerja Anda tidak dirusak oleh stres dan kesombongan. Jangan ugal-ugalan dan merusak niat baik dari pekerjaan yang Anda lakukan. Upaya yang sungguh-sungguh dari integritas pribadi Anda yang tinggi dan kemampuan etos kerja Anda untuk bekerja secara sistematis adalah energi keberuntungan di dalam diri Anda. Anda memerlukan etos kerja terbaik untuk sebuah upaya keras dalam menemukan cara yang tepat untuk mencapai tujuan.

Etos kerja membutuhkan arah yang benar, yang fokus pada usaha keras untuk mencapai hasil terbaik. Jika arah tidak tepat, maka etos kerja menjadi tidak bermanfaat untuk menghasilkan sesuatu yang baik. Karena itu, sebelum memulai pekerjaan, pastikan Anda sudah mengidentifikasi arah dan jalur yang benar untuk mencapai tujuan. Setelah arah dan jalur yang benar terbentuk dalam mental pemenang Anda, maka Anda dapat meningkatkan kecepatan untuk mencapai tujuan Anda. Kecepatan kerja tanpa arah sangat berbahaya, sebab berpotensi berakhir dalam ketidakpastian. Etos kerja membutuhkan Anda bekerja dengan integritas yang tinggi, jadi tidak sekedar mengandalkan kecerdasan dan kecerdikan. Kecerdasan dan kecerdikan tanpa integritas berpotensi menimbulkan masalah yang merugikan reputasi Anda. Bekerjalah dengan niat baik, pemahaman berdasarkan pengetahuan dan wawasan yang baik, hati nurani yang ikhlas bekerja untuk prestasi terbaik, kejelasan untuk mendapatkan hasil sesuai rencana. Hal yang paling penting, alirkan energi positif Anda setiap momen pada hal-hal yang menguatkan hidup Anda. Jangan pernah mengalirkan energi kehidupan Anda pada keraguan, ketakutan, kemarahan, ketidaktahuan, dan hal-hal yang membuat Anda menjadi tidak berdaya. Bekerjalah dengan tenang, santai, fokus; dalam kualitas mental pemenang, kepercayaan diri yang berkualitas, kejelasan atas apa yang harus dilakukan, keyakinan pada manfaat kolaborasi dan sinergi, dan yang paling penting adalah menguasai diri sendiri secara sempurna agar tidak kehilangan integritas diri.

Mengundang Djajendra sebagai narasumber– Hubungi: E-mail: admin@djajendra-motivator.com atau WA: 0812 1318 8899

KOLABORASI DAN SINERGI MENJADIKAN KITA MAMPU MELAKUKAN YANG PALING SULIT DENGAN MUDAH

“Kita semua menyatu ke dalam kolaborasi dan sinergi, karena kita sendiri-sendiri tidak memiliki arti apa-apa untuk menyelesaikan pekerjaan besar tersebut.”~Djajendra

Bersatu dalam kerja bersama menjadikan kita kuat dan mampu mencapai prestasi terbaik. Kolaborasi dan sinergi mengandung arti untuk bekerja bersama menyelesaikan pekerjaan yang tidak mungkin dikerjakan sendiri. Dalam hal ini, masing-masing orang harus memiliki kesabaran terhadap diri sendiri, karena secara sendiri-sendiri tidak memiliki apa-apa untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jadi, tinggalkan ego dan kesombongan diri, sebab jika ego kita masih tinggi dan masih merasa kita yang mengatur semuanya, maka kesulitan kita untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut terletak dalam diri kita sendiri. Masing-masing orang memiliki potensi dan bakatnya sendiri yang hebat, sehingga tidak perlu menghabiskan energi untuk membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, dan juga tidak penting untuk berlomba dalam persaingan dengan orang lain. Jadilah diri sendiri dengan integritas pribadi yang tinggi dan siapkan kualitas diri terbaik untuk bekerja dalam kolaborasi yang kaya prestasi. Miliki kualitas diri terbaik untuk melayani waktu, ruang, orang, budaya, dan semangat bersama dari diri Anda yang penuh komitmen untuk hasil terbaik.

Kolaborasi memiliki arti dua atau lebih orang menyatukan diri secara sadar untuk terlibat dalam proses kerja bersama, mereka semua memiliki komitmen untuk bekerja bersama menuju pencapaian target yang disepakati secara bersama. Intinya, terjadi kerja tim yang satu sama lain merasa bersama-sama dalam proses untuk mencapai tujuan atau target yang disepakati bersama. Sedangkan sinergi memiliki arti kemampuan interaksi dalam kolaborasi. Sinergi menyatukan sifat dan perilaku yang berlawanan atau yang secara sendiri-sendiri tidak bermanfaat, tetapi jika disatukan dapat menjadi kekuatan yang sangat bermanfaat. Sinergi memiliki tujuan untuk menyatukan atau menghimpun semua kekuatan, potensi terbaik, bakat yang belum terlihat, dan semua perbedaan yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Biasanya, sumber kerjasama sinergi itu jelas dan terlihat dalam wujud kolaborasi; kemudian, ada semangat dan peluang untuk menyatukan sumber daya untuk sebuah hasil akhir yang dikehendaki bersama; selanjutnya, semua orang yang terlibat dalam sinergi mampu merasakan dan meyakinkan dirinya sendiri bahwa kerja sama mereka saling menguntungkan.

Kolaborasi dan sinergi yang berkualitas bersumber dari sifat-sifat positif yang menguatkan empati, toleransi, kebersamaan, kecintaan, kompak, pengabdian, dan secara manusiawi merasa terpanggil hati nuraninya untuk mencapai sebuah hasil yang lebih baik. Setiap orang yang ingin melakukan kolaborasi dan sinergi harus memiliki kesadaran dan mau melakukan manajemen diri yang baik. Kesadaran dan manajemen diri bertujuan untuk menjadikan diri sendiri selalu berbaik hati dan memiliki prasangka baik terhadap kerja bersama tersebut. Dalam suara hati harus ada kesadaran dan pengertian yang mendalam bahwa semua orang sedang berjuang dan berusaha memaksimalkan potensi terbaik untuk diberikan pada kerja sama tersebut, sehingga kita semua harus saling menghargai dan memahami dengan sopan-santun yang etis. Belas kasih, kesabaran, bahasa positif, kata-kata optimis, semangat melayani, senyum, penampilan yang energik,  dan mental pemenang untuk mengatasi rintangan yang dihadapi, haruslah menjadi budaya dalam kerja bersama tersebut.

Kolaborasi dan sinergi membutuhkan semangat pribadi untuk meningkatkan kualitas tim kerja. Kita harus membiasakan diri untuk fokus pada pekerjaan dan bukan pada orang. Kolaborasi dan sinergi bertujuan agar kita benar-benar fokus pada kerja sama dan tidak bersaing dengan rekan kerja, kita juga tidak berusaha mengalahkan mereka, atau mencoba membuktikan bahwa kita lebih pintar dan lebih penting dari yang lain. Kita semua menyatu karena kita sendiri-sendiri tidak memiliki arti apa-apa untuk menyelesaikan pekerjaan besar tersebut. Bersatu secara nilai, prinsip, sistem, budaya, dan energi positif. Bersatu dulu dalam kolaborasi yang kaya disiplin dan tanggung jawab. Kemudian, sadarlah bahwa jika kita sendiri-sendiri, kita menjadi lemah dan tidak memiliki kemampuan untuk mencapai kinerja terbaik. Oleh karena itu, kita semua bersatu dan menyatu dalam sinergi, sehingga menjadi sebuah kekuatan dan kemampuan untuk menghasilkan kinerja terbaik. Jadi, dengan kita melakukan sinergi, kita merasa mampu untuk memberikan hasil terbaik, yang jika kita kerjakan sendiri-sendiri tidak mungkin dapat kita hasilkan seperti yang dihasilkan dalam kebersamaan kita.

Pekerjaan besar membutuhkan banyak bakat, kemampuan, energi positif, dan kompetensi terbaik. Jika kita semua menyatu dalam kolaborasi dan sinergi, kita menjadi sangat kuat dan mampu menghasilkan karya terbaik. Kita harus sadar dalam sikap rendah hati bahwa kita bukan ‘superman’ untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan besar, kita membutuhkan kemampuan dan energi positif dari banyak orang-orang yang memiliki mental pemenang yang produktif. Semangat kerja yang proaktif menemukan kedekatan pribadi agar dapat menyatu dalam tim dan membantu bekerja bersama, saling memberikan kualitas dan kemampuan untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik, serta selalu menjaga diri masing-masing dengan energi positif yang kuat agar semakin menyatu secara kolektif untuk mencapai tujuan bersama. Tinggalkan kesombongan diri, tinggalkan untuk bersaing dengan rekan kerja, tinggalkan sifat buruk yang menghalangi kemajuan orang lain. Kita tidak perlu menghabiskan waktu dan energi kita untuk kompetisi dengan rekan kerja sendiri, kita perlu konsentrasi dan fokus yang tinggi agar kita dapat menggunakan potensi dan bakat terbaik kita dalam kolaborasi dan sinergi. Persaingan tidak sehat dengan rekan kerja membuat kita lupa diri bahwa kita memiliki kekayaan potensi dan bakat yang luar biasa hebatnya untuk kita berikan pada kerja sama. Jadilah diri sendiri yang berkualitas tinggi dalam kolaborasi dan sinergi. Jangan membanding-bandingkan diri Anda dengan siapa pun, sebab semua orang dalam kolaborasi harus menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri. Pada akhirnya, kolaborasi dan sinergi membutuhkan Anda yang tetap fokus pada tugas, bukan fokus pada orang. Berbahagialah sebagai pribadi produktif yang mampu menerima semua orang dengan rasa cinta dan peduli membantu orang lain dalam proses kolaborasi dan sinergi.

Mengundang Djajendra sebagai narasumber– Hubungi: E-mail: admin@djajendra-motivator.com atau WA: 0812 1318 8899

KOLABORASI AKAN BERHENTI JIKA EGO DAN KESOMBONGAN DIRI MASIH TERLALU TINGGI

“Tugas kita dalam kolaborasi adalah menjadi solusi, bukan menjadi masalah.”~Djajendra

Dalam bekerja kita membutuhkan kekuatan dan keunggulan, keduanya hanya bisa didapatkan jika kita bekerja dengan kolaborasi. Kolaborasi berarti menyatukan semua kemampuan dan kualitas terbaik dari masing-masing orang untuk mewujudkan hasil terbaik. Jiwa kolaborasi kita memberi energi positif untuk membangun kesatuan yang kuat dalam proses kerja bersama. Kolaborasi meniadakan perbedaan dan menguatkan kesatuan agar dapat bekerja dalam lapisan kehidupan yang sangat material dan fisik. Tinggalkan ego dan tingkatkan kesabaran dalam setiap perilaku di dalam kolaborasi. Tingkatkan kekuatan intuisi dan mental pemenang agar mudah membuat keputusan yang cepat dan tepat di saat ketidakpastian menguasai ruang kolaborasi.

Komunikasi dan perilaku etis adalah fondasi utama dalam kolaborasi. Berbicaralah dengan kata-kata yang tepat dan emosi yang menggembirakan hati setiap orang. Dengarkan setiap pendapat dengan sabar dan penuh perhatian. Bekerjalah dengan rasa peduli dan rasa sayang terhadap semua proses yang melibatkan banyak pihak. Jangan mencari kesalahan siapa pun. Jangan mencari kekurangan siapa pun. Jangan mencari kelemahan siapa pun. Berbicaralah dengan jelas dan efektif. Berkomunikasi dengan tepat, mudah, jelas, dan sederhana. Berbicaralah dengan rendah hati, sopan-santun, memiliki toleransi yang tepat, dan empati yang peduli dengan kenyataan yang sedang dihadapi oleh orang lain. Miliki kepribadian yang mudah memahami atau mau mengerti tentang orang lain dengan kesabaran diri yang sempurna.

Kolaborasi akan berhenti jika ego dan kesombongan diri masih terlalu tinggi. Kolaborasi membutuhkan cinta dan kepedulian untuk mengambil tindakan yang efektif. Kita harus selalu ingat dan sadar bahwa kolaborasi bukan tentang kepentingan kita sendiri, tetapi kita sedang bekerja untuk kepentingan semua pihak agar hasil terbaik menjadi milik dari semua orang yang telah bekerja bersama dengan totalitas. Karena itu, jangan sampai sifat dan perilaku egois kita menghambat proses mencapai hasil terbaik. Kita perlu mengingatkan diri kita sendiri bahwa pekerjaan yang sedang kita lakukan tidak selalu tentang diri kita, tetapi tentang orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk menghasilkan sebuah karya terbaik. Jadi, sikap rendah hati kita sangat diperlukan agar kita mampu menyalurkan emosi dan pikiran yang positif ke dalam kolaborasi tersebut.

Kolaborasi memiliki tujuan untuk mengandalkan satu sama lain sampai batas maksimal dari kualitas dan potensi pribadi. Oleh karena itu, dalam kolaborasi kita harus menjadi energi positif yang memberdayakan semua kualitas diri untuk menjadi kontribusi dalam pekerjaan bersama; memperkuat proses kerja dan menghilangkan kelemahan atau kekurangan di antara sesama rekan kerja; mengembangkan mental pemenang yang positif dan energik dalam tindakan; menguatkan komunikasi dan saling mengerti dalam situasi yang paling sulit; memberi ketenangan dan kesabaran untuk membuat proses kolaborasi berlangsung dalam harmonis bersama; serta membawa kualitas diri kita yang terbaik ke tugas yang sudah menjadi tanggung jawab kita. Dalam hal ini, kita harus mengambil tanggung jawab dengan rendah hati dan bermartabat. Kita harus ikhlas dalam menghadapi berbagai perilaku dan sikap di dalam kolaborasi. Kita harus bekerja dengan antusias dan keberanian atas dasar kompetensi dan kualitas yang kita miliki.

Ketika kolaborasi kehilangan arah di jalan yang penuh kabut, maka kita harus hadir dengan energi positif untuk membersihkan jalan yang penuh kabut tersebut. Tugas kita dalam kolaborasi adalah menjadi solusi, bukan menjadi masalah. Kita harus terlatih dengan baik di dalam integritas diri yang berkualitas agar setiap saat mampu membersihkan jalan yang penuh rintangan di dalam kolaborasi. Kita harus menjadi energi kreatif yang mengalirkan proses kerja, dan membantu membersihkan semua hambatan yang berpotensi mencegah atau menghalangi terwujudnya hasil terbaik. Kita juga harus betul-betul menumbuhkan kesabaran, ketenangan, ketajaman, konsentrasi, komitmen, dan rasa cinta terhadap tugas kita di dalam kolaborasi. Kolaborasi membutuhkan tenaga-tenaga yang setiap saat berupaya dengan tulus dalam wujud kerja sama yang penuh energik di dalam kecepatan kerja yang terukur prioritasnya.

Semua orang dalam kolaborasi sedang berjuang dan berusaha dengan sebaik mungkin. Jadi, miliki prasangka baik dan selalu tunjukkan sikap baik kepada siapa pun. Jangan menilai atau menghakimi siapa pun melalui prasangka Anda. Berikan perhatian dan miliki belas kasih. Jadilah bagian dari kolaborasi yang membantu semua orang dan mengatasi rintangan yang menghalangi proses kolaborasi. Kita harus memiliki kesabaran terhadap diri kita sendiri. Kita harus terkendali di dalam diri dan mau membantu semua kesulitan di luar diri kita agar proses kolaborasi dapat berjalan dengan baik. Kolaborasi bukan kompetisi, kolaborasi tidak bersaing, tetapi melayani proses kolaborasi dengan sejujur-jujurnya, tanpa didasari sikap egois kita. Kolaborasi adalah perilaku penuh semangat di dalam kerja bersama. Di mana, kita dengan berbagai fungsi dan peran yang berbeda mampu membangun satu kesatuan dengan semangat gotong royong untuk mewujudkan tujuan bersama. Pada akhirnya, kita harus paham bahwa kolaborasi adalah menyatunya pikiran, emosi, dan tindakan dalam kerja bersama yang solid.

Mengundang Djajendra sebagai narasumber– Hubungi: E-mail: admin@djajendra-motivator.com atau WA: 0812 1318 8899

SETIAP HARI BEKERJA DENGAN ENERGI POSITIF DAN PRODUKTIF

“Jika Anda menjadi energi positif yang berkualitas tinggi, maka kehidupan berkualitas tinggi dapat Anda rasakan dan nikmati setiap hari.”~Djajendra

Melayani pekerjaan dan kehidupan Anda dengan gembira, produktif, dan penuh semangat adalah jalan yang benar untuk menemukan kekayaan, kesejahteraan, makna hidup, kesehatan, dan kebahagiaan. Lakukan dan layani setiap pekerjaan dalam setiap momen dengan penuh gembira dan semangat tinggi. Tujuan hidup hanya satu, yaitu bahagia. Kebahagiaan itu adalah kualitas hidup tertinggi. Jika Anda penuh gairah dan penuh kegembiraan memberikan hal-hal positif dalam setiap momen hidup Anda, maka kegembiraan dan kebahagiaan adalah hasil akhir yang terus-menerus dapat Anda nikmati di sepanjang hidup Anda. Semua kebaikan dan keindahan yang Anda berikan dengan tulus kepada kehidupan, adalah apa yang Anda dapatkan kembali dalam kehidupan Anda.

Jika Anda menjadi energi positif yang berkualitas tinggi, maka kehidupan berkualitas tinggi dapat Anda rasakan dan nikmati setiap hari. Bersyukurlah dan berterimakasilah kepada realitas hidup Anda apa adanya hari ini. Walaupun banyak kesulitan yang sedang Anda hadapi, tetapi cobalah fokuskan semua perhatian kepada hal-hal positif dari kesulitan tersebut. Mulai detik ini berhenti mengeluh tentang apa pun yang Anda rasakan atau alami dalam hidup. Anda adalah energi positif yang hanya merasakan rasa syukur, rasa kaya, rasa sejahtera, rasa bahagia, rasa damai, dan rasa kebaikan dari apa pun itu keadaan hidup Anda. Tetaplah baik kepada orang yang menghargai atau yang tidak menghargai Anda. Tetaplah tersenyum dan bersikap baik kepada orang-orang yang mentertawakan kesulitan Anda. Jangan menyimpan perasaan apa pun di hati selain perasaan gembira dan bahagia.

Pikiran dan perasaan yang Anda miliki bekerja untuk menarik hal-hal yang sama dari luar diri Anda. Jadi, pikiran dan perasaan positif Anda mampu menarik pikiran dan perasaan positif dari orang lain. Komitmen dan kemampuan untuk terus-menerus berpikir baik dan merasakan hal-hal yang indah di setiap momen kehidupan, adalah cara untuk mendapatkan hal-hal terbaik dan terindah dari luar diri Anda. Berikan kebaikan, walau orang-orang berbuat buruk kepada Anda. Kebaikan Anda yang konsisten dan tak terkalahkan oleh perbuatan buruk orang lain kepada Anda, akan membuat hidup Anda kaya dengan kualitas terbaik. Menyalakan sifat-sifat baik dari dalam diri Anda. Menyalakan pikiran-pikiran baik dari dalam diri Anda. Ketika diri Anda konsisten menjadi energi positif yang optimis dengan masa depan Anda, maka semua kekuatan baik yang menguntungkan hidup Anda, dapat Anda tarik ke dalam hidup Anda.

Datanglah ke tempat kerja dengan perasaan optimis untuk melakukan hal-hal berkualitas tinggi. Bekerjalah dengan produktif dalam kolaborasi dan sinergi dengan siapa pun. Jadilah pribadi yang menarik lebih banyak hal yang membahagiakan untuk Anda. Miliki niat yang kuat untuk mewujudkan semua keinginan dalam karir kerja Anda. Selanjutnya, bekerjalah dengan etos yang luar biasa produktif dan berkualitas, serta hati yang selalu gembira dan sangat antusias dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Setiap hari dan setiap momen rasakan kegembiraan dan kebahagiaan bersama pekerjaan Anda. Bekerjalah dengan energik dan fokus pada kualitas terbaik. Berpikir positif dan melakukan pekerjaan dengan totalitas akan memberikan hasil yang Anda inginkan. Tidak boleh tergoyahkan oleh kesulitan dan tantangan. Selalu yakin dan percaya diri untuk menghasilkan yang berkualitas. Memiliki tekad dan motivasi yang tak tergoyahkan untuk mencapai kinerja terbaik. Bekerjalah dan berusahalah dengan semua pengetahuan terbaik Anda, dan jangan pernah berhenti oleh tantangan yang sulit Anda kendalikan. Percayalah bahwa seberapa sulit pun tantangan yang sedang Anda hadapi, jika Anda positif dan optimis, Anda mampu mendapatkan jalan keluar untuk berkarya dengan kualitas terbaik. Keinginan tanpa keyakinan yang sungguh-sungguh akan sulit diwujudkan. Keinginan dan keyakinan yang sungguh-sungguh tanpa kerja keras melalui etos terbaik, akan menjadi sumber kegagalan. Karena itu, bekerjalah dengan keyakinan, keinginan, tekad, motivasi, dan antusiasme di setiap momen kehidupan kerja Anda.

Mengundang Djajendra sebagai narasumber– Hubungi: E-mail: admin@djajendra-motivator.com atau WA: 0812 1318 8899

MENDAPATKAN KINERJA DAN PRESTASI TERBAIK DALAM SETIAP TINDAKAN YANG DITUGASKAN

“Selalu tenang dalam situasi apa pun di setiap proses menuju prestasi terbaik. Selalu dapat mengendalikan diri secara bijaksana atas proses berpikir pikiran yang tidak mudah dikendalikan. Pemenang tidak pernah gelisah dan pesimis.”~Djajendra

Mencapai kinerja atau prestasi terbaik adalah ujian untuk semua kecerdasan dan keterampilan kita. Semua pengalaman, pengetahuan, kemampuan, keterampilan, kehebatan, dan kecerdasan kita diuji untuk menghasilkan kinerja atau prestasi terbaik. Kinerja dan prestasi terbaik membutuhkan sebuah sistem yang kuat dari dalam diri. Sistem di dalam diri tersebut untuk mengelola dan sekaligus menguatkan mental pemenang, emosi yang cerdas dan tenang, pikiran yang tenang dan kreatif, tubuh yang sehat dan bugar, jiwa yang damai dan penuh rasa syukur, semangat yang mencintai pekerjaan dengan sepenuh hati dan totalitas dalam melakukannya. Intinya, kita harus berlatih dengan sungguh-sungguh agar keseimbangan jiwa dan mental kita itu stabil dan kuat, sehingga peristiwa kegagalan atau peristiwa buruk yang tidak kita inginkan tidak mampu menghancurkan semangat juang kita untuk mencapai prestasi terbaik.

Jiwa dan mental pemenang yang kuat dan stabil adalah alat yang tepat untuk mengamati reaksi pikiran kita saat sukses maupun saat gagal. Pikiran harus dijaga dan dirawat agar tidak membuat kekacauan, baik saat sukses maupun saat gagal.  Kinerja dan prestasi memiliki sifat yang satu saat itu tinggi, saat lain turun. Jadi, kita harus menerima dengan rasa syukur saat sukses dan gagal itu terjadi dalam pencapaian kinerja. Hal terpenting adalah kita harus menjaga mental, jiwa, emosional, kesadaran, keyakinan, dan fisik dalam keseimbangan yang menguatkan semangat kita dalam mencapai kinerja yang lebih baik. Ketenangan pikiran, emosi yang positif, dan jiwa yang selalu optimis untuk mencapai kinerja terbaik adalah salah satu hadiah paling berharga bagi kita yang sedang berjuang untuk mencapai target atau kinerja terbaik. Kembangkan kepribadian yang sadar dan penuh perhatian untuk menjaga kesehatan fisik, kekuatan mental pemenang, konsistensi emosi-emosi positif didalam energi kita, kecerdasan sosial yang luwes dan penuh empati, serta kecerdasan suara hati yang mengakui bahwa semua kinerja dan prestasi berasal dari Tuhan.

Ketika Anda tidak berhasil mencapai kinerja, target, atau prestasi seperti yang ditugaskan oleh pimpinan Anda; kemudian, orang-orang mulai menyalahkan Anda dengan berbagai pendapat; menganggap Anda tidak becus dan tidak kompeten; tidak seorang pun mau mengerti keadaan yang Anda hadapi di lapangan; maka, saat itulah Anda harus lebih percaya diri, lebih tenang, lebih yakin, lebih membangun kekuatan mental pemenang untuk fokus pada pencapaian terbaik. Jangan membiarkan pendapat dan energi negatif orang lain mengalahkan Anda. Ketika semua kerja keras Anda tidak berjalan untuk menjemput prestasi, saat itulah Anda membutuhkan mental pemenang, mental dan emosi yang tetap konsisten pada prestasi terbaik dan tidak merasa terganggu dengan semua opini atau alasan negatif dari orang-orang di sekitar Anda. Anda harus membangun kekuatan mental yang stabil dan keberanian untuk menemukan solusi dari energi kreatif Anda. Dalam hal ini, jangan mendengarkan suara-suara negatif yang mencoba menghancurkan mental Anda, fokus-kan semua energi untuk menjaga keseimbangan mental dan jiwa pemenang di dalam diri yang semakin tangguh untuk menghasilkan prestasi.

Mendapatkan kinerja dan prestasi terbaik dalam setiap tindakan yang ditugaskan, haruslah dimulai dari dalam diri sendiri yang merasa benar-benar atau bersungguh-sungguh, untuk mengikuti semua proses dalam mencapai kinerja. Tidak ada perasaan malas, tidak perasaan takut gagal, selalu konsisten untuk berani melangkah di jalur prestasi agar mendapatkan prestasi dan kinerja terbaik. Selalu mengikuti proses dengan integritas yang konsisten walaupun tantangan dan kesulitan selalu menghadang kita. Selalu mendapatkan keyakinan dan kepercayaan diri dalam setiap tindakan yang ditugaskan untuk mencapai prestasi. Selalu tenang dalam situasi apa pun. Selalu dapat mengendalikan diri secara bijaksana atas proses berpikir pikiran yang tidak mudah dikendalikan. Tidak pernah menghalangi kebaikan untuk disertakan dalam setiap proses kerja. Selalu konsisten untuk melatih tubuh agar bugar, melatih indera agar positif dan optimis, melatih emosi agar damai dan bahagia, melatih pikiran agar tenang dan kreatif. Kinerja dan prestasi dihasilkan dari jiwa, mental, emosional, dan fisik yang dibangun dari kesadaran dan kecerdasan di dalam diri.

Mengundang Djajendra sebagai narasumber– Hubungi: E-mail: admin@djajendra-motivator.com atau WA: 0812 1318 8899

PEKERJAAN KITA HARUSLAH MENJADI SUKACITA BAGI KEHIDUPAN KITA

“Jangan menjadikan dirimu penting, tetapi jadikan dirimu berguna; layani pekerjaanmu dengan tekun, rajin, dan penuh cinta.”~Djajendra

Kita harus memiliki ketekunan dan sifat rajin tanpa batas untuk meningkatkan kualitas pekerjaan kita. Perhatian kita harus benar-benar sempurna untuk memperbaiki sifat dan kebiasaan kerja dari dalam diri. Kita harus memiliki komitmen yang kuat untuk mengistirahatkan sifat malas, sifat yang suka mencari banyak alasan, dan semua sifat-sifat negatif yang membuat pekerjaan kita tidak berkualitas. Jika kita sadar bahwa sesungguhnya di dalam diri kita ada benih-benih yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat, maka kita harus mau bekerja lebih keras untuk tidak menguatkan yang tidak bermanfaat di dalam diri kita.

Sifat tekun dan rajin haruslah menjadi kebiasaan positif dari kesadaran diri tertinggi kita. Ketika kita menyirami kebiasaan positif kita dengan pengetahuan dan kesadaran, maka itu menjadi energi positif dan menampilkan etos kerja yang kuat untuk menghasilkan kinerja terbaik. Semakin sadar kita untuk menjadi lebih rajin dan lebih tekun, semakin sadar kita untuk mengembangkan pikiran-pikiran positif, maka semua ini menjadi dasar membentuk mental pemenang bagi kekuatan kita. Pikiran harus kita manfaatkan dengan bijaksana untuk membantu menguatkan potensi-potensi terbaik kita agar bersinar dalam pekerjaan yang kita lakukan.

Perilaku etis dan semua sifat baik kita harus terus-menerus tumbuh untuk mewujudkan kehidupan terbaik bagi kita. Setiap momen praktik ketekunan terhadap energi positif harus kita lakukan. Kita harus bisa merasakan kebahagiaan, merasakan kedamaian, merasakan ketenangan pikiran, merasakan semangat kerja yang luar biasa kuat, merasakan mental yang siap menjemput prestasi, merasakan cinta yang mendalam terhadap pekerjaan kita, serta merasakan kesenangan dalam pekerjaan yang kita lakukan. Jangan pernah berhenti seditikpun untuk bersyukur dan merasakan kebahagiaan yang mendalam bersama pekerjaan yang sedang kita lakukan.

Ketekunan kita untuk menjaga nilai-nilai positif haruslah menjadi komitmen dari integritas diri yang kuat. Setiap saat jaga dan rawat nilai-nilai positif itu menjadi semakin kuat di dalam diri. Bantu nilai-nilai positif tersebut agar mereka terwujud dalam perilaku terbaik kita. Ketika nilai-nilai positif terwujud menjadi perilaku etis dan perilaku kaya prestasi, maka mereka mampu mendatangkan berbagai hal-hal baik untuk keindahan hidup kita. Ketekunan kita bertujuan untuk membawa semakin banyak nilai-nilai positif ke dalam potensi dan bakat kita, sehingga potensi dan bakat kita semakin terlihat dan terwujud dalam bentuk prestasi terbaik.

Ketekunan berarti kita secara sungguh-sungguh dan penuh perhatian membangun kualitas diri kita dengan nilai-nilai positif yang bermanfaat bagi kebaikan hidup kita. Dan, membuang semua nilai-nilai yang tidak bermanfaat bagi kebaikan hidup kita. Dalam hal ini, kita sudah tidak mudah lagi terpengaruh oleh nilai-nilai kehidupan dari orang lain. Kita sudah mampu menjadi diri sendiri yang fokus membangun kualitas diri dari kedalaman kesadaran kita.  Jadi, setiap hari diri kita sibuk dengan kesadaran untuk memiliki perilaku kerja dari nilai-nilai, seperti: cinta, keberanian, kesabaran, kasih sayang, empati, toleransi, pengampunan, sukacita, kedamaian, kebahagiaan, rajin, tekun, ulet, kreatif, bersyukur, dan semua sifat-sifat positif yang menguntungkan bagi keindahan hidup kita. Pada akhirnya, kita sudah tidak mengenal lagi sifat-sifat buruk, seperti: kebencian, keputusasaan, kecemburuan, penderitaan, kemarahan, kemalasan, ketakutan, kekhawatiran, dendam, hitung-hitungan dalam bekerja, mau untungnya sendiri, dan semua sifat buruk itu akan lenyap oleh energi positif yang kuat di dalam diri kita.

Ketekunan kita harus fokus untuk membentuk mental pemenang yang selalu siap dengan tantangan. Kita harus melatih diri kita agar kuat dengan benih-benih positif. Mental pemenang harus terbentuk dari kebiasaan dan sifat-sifat positif yang mampu melakukan tindakan terpuji di setiap situasi yang sulit. Mental pemenang yang tidak pernah diam atau pasrah dengan keadaan, tetapi mampu melakukan sesuatu yang baik walau membutuhkan kerja keras yang menguras tenaga dan juga merusak gengsi kita. Kita tahu bahwa gengsi itu tidak bermanfaat dan sangat merugikan kita, tetapi kita selalu mati-matian menjaga gengsi hanya untuk menunjukkan ego kita kepada orang lain.  Karena itu, fokuskan saja semua waktu dan energi untuk menjaga hal-hal yang bermanfaat bagi hidup kita. Manfaatkan ketekunan dan keuletan untuk menguatkan nilai-nilai yang bermanfaat menjadi perilaku terbaik.

Pekerjaan kita haruslah menjadi sukacita bagi kehidupan kita. Jangan pernah melihat kekurangan atau bertanya apa yang saya dapatkan dari pekerjaan saya ini. Tetapi, bangunlah kualitas diri yang lebih baik agar pekerjaan kita tersebut mampu mendapatkan energi terbaik untuk menghasilkan hal-hal terbaik bagi hidup kita. Jadikan pekerjaan sebagai teman terbaik untuk menghasilkan prestasi. Jadikan pekerjaan memiliki kemampuan untuk membuat diri kita bahagia, gembira, tenang, damai, nikmat, kaya, sehat, dan penuh sukacita. Rasa cinta kita yang penuh sukacita terhadap pekerjaan kita mampu memberikan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Rasa cinta akan menghambat semua energi negatif yang datang ke ruang kerja KITA. Rasa cinta dan ketekunan kita terhadap pekerjaan kita mampu menghasilkan prestasi yang membahagiakan hidup kita.

Mengundang Djajendra sebagai narasumber– Hubungi: E-mail: admin@djajendra-motivator.com atau WA: 0812 1318 8899

JANGAN MENUNTUT ORANG LAIN UNTUK MEMENUHI HARAPAN ANDA

“Kita tidak akan mendapatkan yang terbaik dalam hidup jika kita berharap orang lain untuk memenuhinya.”~Djajendra

Kita tidak pernah tahu ada tantangan apa yang harus kita hadapi untuk dapat memenuhi harapan kita. Jika kita sendiri tidak pernah tahu ada tantangan apa di depan kita, bagaimana mungkin kita berharap orang lain yang memenuhinya. Jangan terlalu terobsesi dengan keinginan dan harapan, sebab hal ini akhirnya membuat hati dan pikiran kita terikat pada rasa takut saat menghadapi tantangan yang tidak diketahui. Semua ini berpotensi menghalangi kemampuan kita untuk memahami realitas dan mau menerimanya dengan ikhlas. Kita harus ingat bahwa semua harapan dan impian kita berada dalam kesadaran kita sendiri. Jika di sepanjang hidup kita selalu percaya diri dan penuh semangat mengerjakan harapan kita, maka kita memiliki peluang untuk mendapatkannya. Hati, pikiran, dan perasaan kita harus meyakinkan diri kita untuk tidak seratus persen berharap orang lain melakukan harapan kita. Jaga suara hati yang merasa yakin untuk memenuhi harapan, sehingga pikiran dan perasaan mampu mengikuti suara hati untuk mewujudkan harapan. Di samping itu, keadaan pikiran kita perlu dijaga agar tidak dipengaruhi oleh hubungan dan peristiwa di luar diri kita. Biasanya, hal ini tidak mudah, tetapi kita harus sadar untuk bertanggung jawab atas kebahagiaan diri kita sendiri. Selalu bersemangat, tidak punya niat untuk menyerah, tidak memikirkan balas dendam, tidak berharap pada siapa pun, tidak menyalahkan, tidak mengeluh, selalu optimis dan percaya diri, adalah jalan terbaik dalam mencapai harapan.

Kita tidak akan pernah mendapatkan yang terbaik dalam hidup jika kita menuntut orang lain untuk memenuhinya. Lepaskan harapan pada siapa pun, terimalah apa pun dengan gembira, tetaplah merdeka dalam mewujudkan harapan. Hidup bukan untuk menuntut atau berharap orang lain dapat memenuhi semua harapan kita. Hidup adalah untuk menemukan diri sendiri di dalam kehidupan dunia yang menggoda kita dengan kepalsuannya. Tingkatkan kesadaran untuk mengetahui kebenaran dari harapan dan keinginan yang sedang kita perjuangkan. Jika harapan dan keinginan kita tersebut betul-betul bermanfaat dan memberikan kebaikan bagi hidup kita, maka perjuangkan dari hati yang sadar, bukan memperjuangkannya dari ego yang penuh nafsu. Pastikan selalu bekerja dan memimpin dengan hati yang tulus. Kejernihan pikiran berasal dari hati yang tulus dan penuh cinta pada apa yang dikerjakan. Tenangkan hati dalam kuasa energi positif, biarkan pikiran mengikuti hati yang tenang dan santai dalam setiap proses untuk mewujudkan harapan. Pada akhirnya, pengabdian sangat penting bagi keberhasilan pencapaian. Ketika hati tenang dan terpusat pada rasa cinta terhadap pekerjaan, pikiran juga tenang, tidak akan ada perasaan gelisah untuk mengganggu proses pencapaian.

Sangat banyak orang yang kehilangan ketenangan hidup karena berharap orang lain melakukan keinginan dan kebutuhan mereka. Lepaskan harapan dari semua orang. Tidak perlu lagi buang-buang energi dan waktu, untuk marah-marah atau kesal dengan orang lain yang tidak bekerja sesuai harapan kita. Marilah fokus di tujuan dan menerima semua orang apa adanya mereka. Jika orang yang kita pekerjakan sudah tidak bisa lagi diberikan saran, maka segera cari orang lain yang mau menuruti semua instruksi dan saran kita. Jangan pernah kehilangan harapan karena orang lain yang menolak mengerjakan yang kita minta. Tetaplah bersemangat dan nikmati realitas hari ini dengan bahagia. Ketika kita berharap seratus persen kepada orang lain untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan tepat waktu, maka kita akan merasakan kekecewaan. Bergantung pada orang lain menyebabkan kita kehilangan kemampuan dan kemerdekaan. Jangan pernah bergantung pada siapa pun dan untuk apa pun, sebab ketika Anda meminta bantuannya, dan mereka menolak, Anda pasti marah ditambah stres. Demikian juga, jika Anda berharap sikap dan perilaku orang lain harus sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda juga menjadi mudah marah dan stres. Karena itu, mulai sekarang, apa pun yang bisa dikerjakan sendiri kerjakan dengan gembira, upayakan ketergantungan Anda kepada orang lain seminimal mungkin. Hal yang betul-betul tidak Anda pahami dan tidak mampu Anda kerjakan boleh meminta bantuan kepada orang lain, tetapi untuk hasil terbaik jangan pernah berharap kepada mereka untuk memenuhinya.

“Ketika hati tenang dan terpusat pada rasa cinta terhadap pekerjaan, pikiran juga diam dan tenang, tidak akan ada perasaan gelisah untuk mengganggu proses pencapaian, tidak akan ada rasa takut saat menghadapi tantangan yang tidak diketahui.”~Djajendra

Mau mengundang Djajendra untuk Narasumber?

Email: admin@djajendra-motivator.com

PRESTASI MILIK ORANG-ORANG YANG ANTUSIAS DAN DISIPLIN DENGAN PEKERJAANNYA

“Jangan bekerja karena uang atau demi janji yang diberikan oleh orang lain, bekerjalah karena rasa cinta dan bahagia dengan pekerjaan tersebut.”~Djajendra

Bekerja adalah bagian dari keberadaan diri kita. Bekerja tanpa pamrih dan sepenuh hati melayani untuk kesejahteraan dan kedamaian hidup adalah prestasi tertinggi. Intinya, apa pun itu pekerjaan yang kita lakukan, selama pekerjaan itu bermanfaat untuk kebaikan dan kebahagiaan hidup banyak orang, maka wajib kita kerjakan dengan gembira. Jangan pernah bekerja karena uang atau demi janji yang diberikan oleh orang lain, bekerjalah karena rasa cinta dan bahagia dengan pekerjaan tersebut.

Orang-orang yang mudah mendapatkan prestasi terbaik adalah mereka yang dengan ikhlas, antusias, dan disiplin bekerja dengan kesadaran diri sendiri. Mereka tidak perlu dibujuk atau diiming-iming dengan hadiah atau materi apa pun. Mereka adalah orang-orang yang hadir ke lingkungan kerja dengan etos terbaik dan niat untuk memberikan kualitas terbaik. Mereka selalu gembira untuk melakukan tugas apa pun, serta tidak pernah berkeluh-kesah untuk kesulitan dan penderitaan selama melakukan tugas.

Dalam lingkungan kerja ada banyak karakter dan sifat yang menjadikan budaya organisasi tidak dapat bekerja sempurna. Jika saja semua orang memiliki karakter kerja yang ikhlas, antusias, disiplin, tekun, dan bekerja untuk melayani dengan sepenuh hati; maka, budaya organisasi mampu menghadirkan lingkungan kerja dengan energi positif yang siap menghasilkan prestasi tertinggi. Sayangnya, orang-orang dengan karakter yang baik ini jumlahnya paling kecil di lingkungan kerja, sehingga kadang-kadang tidak memberikan pengaruh atau dampak yang besar bagi kemajuan organisasi.

Realitas di lingkungan kerja tidak seperti yang kita angan-angankan. Di mana, semua orang hadir dengan etos terbaik dan kepribadian yang sangat sadar untuk memberikan pelayanan terbaik bagi organisasi. Faktanya, dalam realitas di lingkungan kerja selalu saja ada orang-orang yang harus diberitahu untuk melakukan sebuah pekerjaan, mereka adalah golongan yang miskin inisiatif dan tidak kreatif dalam hal apa pun. Mereka dapat diandalkan, tetapi harus dirawat dan dikelola dengan rajin. Jika manajemen lalai merawat dan mengelola mereka, maka mereka akan lupa diri untuk bekerja pada jalur prestasi.

Ada juga orang-orang yang harus diminta, dimotivasi, dibujuk, dan dijanjikan sesuatu agar mereka mau melakukan tugas mereka dengan baik. Mereka ini jumlahnya mayoritas dalam lingkungan kerja, sehingga manajemen benar-benar perlu bekerja sangat keras untuk memastikan mereka memperkuat budaya organisasi. Kunci kemajuan dan pencapaian prestasi organisasi ada di orang-orang ini. Jika kelompok ini mampu diperhatikan dan ditingkatkan kualitasnya secara berkelanjutan, maka kelompok ini mampu memberikan kontribusi yang positif untuk memperkuat budaya organisasi dan kinerja.

Ada juga orang-orang yang dasarnya sangat malas, tidak punya disiplin, tidak punya etika, tidak punya etos kerja yang baik, tidak berfungsi, menjadi beban organisasi, selalu masa bodoh dengan tugas dan instruksi, serta suka menuntut terlalu banyak kepada organisasi. Karakter seperti ini tidak terlalu banyak, tetapi dapat mempengaruhi orang-orang yang mau bekerja dengan baik, sehingga mereka ini adalah perusak budaya kerja dan budaya organisasi. Akibatnya, prestasi dan kinerja terbaik hanya ada dalam mimpi dan angan-angan. Kelompok ini memang tidak mudah untuk diatur apalagi diharapkan. Biasanya, organisasi harus memangkas jumlah kelompok ini, sehingga tidak membebani organisasi dengan hal-hal negatif dalam proses mencapai prestasi terbaik.

Mencapai prestasi dan membangun organisasi yang kuat adalah harapan para pemimpin. Harapan ini harus memperhatikan realitas dari sifat dan karakter kerja di lingkungan kerja. Tidak mungkin kita berharap profesionalisme yang berkualitas dari orang-orang yang tidak memahami cara mencapai puncak profesi mereka. Kecerdasan dan kesadaran manajemen dalam memahami sifat dan karakter kerja dapat membawa organisasi maju ke puncak tertinggi. Jika mengabaikan sifat dan karakter kerja, dan hanya sekedar menuntut  atau memberikan janji-janji kepada orang-orang yang tidak mengerti cara mencapai puncak profesi mereka dengan kualitas terbaik, maka organisasi tidak akan pernah maju dan manajemen pun akan gagal mengelola organisasi.

Organisasi yang cerdas sangat sadar untuk memperbanyak jumlah orang-orang yang menghargai dan mencintai pekerjaannya. Orang-orang yang cinta dengan apa yang dikerjakan mampu fokus dan terpusat dalam mengejar target. Ketika dalam proses ada kesulitan dan tantangan mereka tidak kehilangan keberanian untuk melakukannya secara kreatif, sehingga mendapatkan solusi melalui berbagai cara terbaik dalam ruang etika. Rasa cinta mereka pada pekerjaan membuat mereka menghormati pencapaian dengan gembira dan tetap fokus pada pekerjaan berkualitas. Mereka tahu dan sadar bahwa perubahan dan ketidakpastian adalah bagian nyata dari proses kerja, sehingga realitas sukses dan gagal selalu disikapi dengan positif, tanpa kehilangan kehati-hatian dalam tindakan yang profesional.

Mau mengundang Djajendra untuk Narasumber?

Email: admin@djajendra-motivator.com

DISIPLIN DIRI MEMBUAT SESEORANG TIDAK BISA DIHENTIKAN UNTUK MENCAPAI IMPIAN

“Disiplin itu seperti nafas yang tidak pernah berhenti selama kita masih hidup.”~Djajendra

Tidaklah mungkin membuat diri kita disiplin dalam satu hari. Disiplin adalah tentang niat yang tidak pernah berubah untuk mewujudkan impian atau tujuan, walau seribu kegagalan dan kesulitan masih menghadang kita untuk mencapai impian. Disiplin membuat diri kita selalu memiliki cara baru untuk mengatasi kegagalan dan kesalahan. Disiplin membuat diri kita selalu sadar untuk memanfaatkan waktu dan tenaga dengan sebaik mungkin, tanpa terjebak dalam keluh-kesah atau perasaan tidak mampu. Mental kita yang kaya disiplin selalu mengerti bahwa kegagalan adalah sebuah peristiwa biasa yang memang harus dialami kalau kita mau mencapai sesuatu yang lebih besar. Dari waktu ke waktu disiplin diri semakin menguatkan mental kemenangan kita karena kita tidak menganggap kegagalan dan kesalahan sebagai peristiwa yang merugikan.

Disiplin membuat kita tidak pernah membuang waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Sebagian besar waktu dan tenaga digunakan untuk melanjutkan prestasi yang lebih baik. Kehidupan sehari-hari dijalankan dengan percaya diri, rendah hati, penuh rasa syukur, dan kaya semangat. Tidak pernah malas atau duduk-duduk santai di depan TV atau pun menghabiskan waktu berselancar di media sosial untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Selalu konsisten dengan niat untuk menjalani kehidupan yang fokus dalam mencapai tujuan dan impian. Tidak pernah berhenti sebelum impian terwujud. Intinya, disiplin itu seperti nafas yang tidak pernah berhenti selama kita masih hidup.

Seberat apa pun sebuah tujuan, seseorang dengan disiplin diri yang baik mampu memulainya dengan hal-hal yang paling mudah dan paling kecil. Disiplin membuat orang bergerak dan tidak sekedar diam sambil mencari alasan-alasan untuk tidak bergerak. Disiplin adalah tentang konsistensi dan keberlanjutan melalui upaya dan kerja keras tanpa henti untuk hasil terbaik. Kesabaran, ketekunan, rajin, kemauan, tekad, dan siap mental untuk mengubah adalah bagian yang tidak terpisahkan dari disiplin diri. Seseorang dengan disiplin yang baik tidak akan membuat dirinya kesulitan sendiri dengan ambisi dan target yang muluk-muluk, tetapi mampu membangun pola pikir yang konsisten untuk melakukan segala sesuatu sesuai prioritas, serta tidak pernah mengalahkan niat untuk mewujudkan impian dan tujuan terbaik.

Disiplin diri membuat orang tidak pernah menyerah atas apa pun yang dikerjakan atau diperjuangkan. Jika hari ini semua jalan tertutup dan tidak memiliki peluang untuk melakukan apa pun, maka semua rencana dan hasil kerja akan dievaluasi kembali untuk kemudian ditentukan strategi baru agar tetap dapat mencapai impian dan tujuan tersebut. Disiplin diri yang sudah menyatu dalam rasa selalu sadar bahwa kegagalan adalah cara lain untuk menemukan strategi yang lebih baik dalam mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, orang dengan disiplin diri yang tinggi tidak pernah merasa gagal, selalu memperbaiki kualitas diri dan faktor-faktor yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan. Kesalahan dan kegagalan bukanlah alasan untuk berhenti dan menyerah di tengah jalan, tetapi untuk merenungkan kembali apa yang sudah dilakukan, kemudian mengatur kembali dari awal untuk memulai perjalanan menuju tujuan dan impian.

Disiplin diri bukanlah tentang kesempurnaan semua rencana dan kualitas diri kita, tetapi tentang ketidaksempurnaan rencana dan kualitas diri kita. Jadi, ini tentang kesadaran kita bahwa kita perlu disiplin karena apa pun yang kita lakukan bersumber dari ketidaksempurnaan. Oleh karena itu, kita tidak perlu takut atau khawatir tentang hasil yang tidak sesuai harapan. Disiplin diperlukan agar kita melakukan sesuatu yang lebih baik pada hari ini daripada kemarin. Secara bertahap melalui disiplin yang baik kita mampu mencapai sesuatu sesuai rencana dan target.

Dalam setiap langkah kita harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi apa yang ingin kita lakukan secara baik. Sepintar apa pun diri kita, kita tidak boleh tinggi hati atau merasa mampu. Kita harus sadar bahwa banyak hal yang tidak kita pahami bisa muncul dalam proses melakukan sesuatu. Intinya, kita tidak akan pernah pintar atau mengetahui semua hal. Kemampuan dan kecerdasan kita terbatas, tetapi potensi kita tidak terbatas untuk melakukan hal-hal terbaik di sepanjang hidup kita. Disiplin adalah sejenis perilaku yang membuat kita selalu hati-hati, teliti, rajin, tekun, dan tidak mencari alasan untuk tidak melakukan sesuatu yang harus kita lakukan. Jadi, disiplin artinya tetap bergerak dan melakukan hal-hal yang diperlukan untuk mencapai impian walau banyak hal yang membatasi langkah kita.

Orang-orang dengan disiplin adalah orang-orang yang terus-menerus bergerak menuju tujuan walaupun hambatan dan kesulitan mengepung hidup mereka. Disiplin diri membuat seseorang tidak bisa dihentikan untuk mencapai impian dan tujuan. Badai kesulitan, penderitaan, kegagalan, dan apa pun itu tidak pernah mampu menghentikan seseorang yang memiliki disiplin yang tinggi; hanya kematian yang bisa menghentikan dia untuk terus bergerak bersama energi positifnya menuju tujuan. Walaupun semuanya habis dalam kegagalan, disiplin bisa mendorong kualitas diri untuk memulai dari yang paling kecil agar bisa kembali bergerak menuju tujuan dan impian. Intinya, tidak ada kata berhenti atau menyerah bagi disiplin diri yang kuat, selalu mampu melakukan sesuatu yang baru untuk memulai lagi perjalanan menuju impian.

Mau mengundang Djajendra untuk Narasumber?

Email: admin@djajendra-motivator.com