MEMBANTU DIRI SENDIRI MENJADI AGEN PERUBAHAN YANG LEBIH EFEKTIF

“Di jiwa perubahan terletak kreativitas dan inovasi.”~Djajendra

Ketika organisasi kita melakukan perubahan, maka kita semua yang berada di dalamnya harus menyiapkan diri menjadi agen perubahan. Kita harus dapat menghidupkan dan mengatur energi kreatif masing-masing untuk terlibat dalam perubahan. Setiap kebijakan perubahan yang bersumber dari level pimpinan harus dapat diterima dan dijawab dengan baik oleh semua pihak yang berada di level bawah. Semua kebijakan dan visi dari atas harus segera di respon dan ditindaklanjuti oleh semua level yang berada di bawahnya. Intinya, setiap orang dalam organisasi di level mana pun dia berada harus menyiapkan diri menjadi agen perubahan yang lebih efektif dan produktif.

Di jiwa perubahan terletak kreativitas dan inovasi. Artinya, setiap agen perubahan harus bekerja dengan kreatif dan inovatif. Pekerjaan utama agen perubahan adalah menguasai situasi lama dengan cara baru, kemudian melakukan tindakan kreatif atas dasar kebijakan dan visi perubahan. Keberhasilan kreativitas dan inovasi terletak pada kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan sesuai visi. Kualitas dan kemampuan kreativitas dari agen perubahan akan terlihat pada etos, untuk menentukan arah baru dan pelaksanaan arah baru itu pada tingkat yang lebih rinci di lapangan. Sebagai agen perubahan harus mengatur diri sendiri dengan energi kreatif, kemudian membangun kesadaran untuk menjiwai kebijakan dan visi perubahan.

Sebagai agen perubahan, kita harus mengembangkan kesadaran untuk mengatasi potensi konflik alam bawah sadar kita terhadap perubahan yang sedang terjadi. Mungkin secara sadar kita ingin terlibat dalam perubahan, tetapi alam bawah sadar kita menolak. Hal ini terjadi karena kebiasaan-kebiasaan lama sudah begitu kuat menguasai alam bawah sadar, sehingga ketika tercipta kebiasaan-kebiasaan baru untuk menggantinya, kebiasaan lama bangkit memberikan perlawanan. Hal inilah biasanya menjadi tantangan paling berat dalam perubahan. Kesadaran dan tindakan untuk mengenal diri sendiri secara baik akan mematangkan mental untuk menangani konflik alam bawah sadar. Proses perubahan membutuhkan kemampuan agen perubahan untuk melatih kognitif agar lebih mudah beradaptasi dengan hal-hal baru. Jika masih sulit beradaptasi dengan perubahan, maka diperlukan disiplin dan ketekunan untuk menjiwai perubahan dan menggantikan pola kebiasaan lama dengan yang baru.

Walaupun perubahan itu dipimpin oleh kepemimpinan yang kharismatik, visioner, inspirasi, dan motivator yang mempengaruhi; tanpa ada kreativitas dan inovasi di jiwa setiap individu agen perubahan, akan sulit mewujudkan perubahan tersebut. Kehebatan kepemimpinan itu sendiri belum lengkap dan cukup untuk melakukan perubahan, diperlukan kesadaran agen perubahan untuk menjiwai perubahan dengan energi kreatif. Agen perubahan harus siap mental menghadapi tantangan beradaptasi dengan kondisi baru. Upaya perubahan harus menjadi gairah dan motivasi dengan menghasilkan ide-ide baru, untuk menyempurnakan kualitas perubahan. Selalu bersikap kreatif untuk menemukan cara yang lebih baik untuk mewujudkan perubahan.

Hubungan dan komunikasi dari kelompok manajemen ke kelompok dibawah haruslah membangun kesadaran dan tanggung jawab. Sangat mudah bagi kepemimpinan untuk memberikan target dan tenggat waktu kepada agen perubahan dalam melakukan perubahan. Agen perubahan tidak mungkin berani menolak tanggung jawab dari pemimpin, tetapi jika agen perubahan tidak memiliki kesadaran untuk menjiwai perubahan dengan kreativitas, maka perubahan organisasi tidak akan berjalan sesuai harapan. Diperlukan kualitas hubungan yang komunikatif dan produktif antara kepemimpinan dan para agen perubahan. Jika hubungan level atas dan level bawah berada dalam komunikasi dan etos yang produktif, maka kegiatan sehari-hari dalam proses perubahan menjadi terarah dalam fokus yang benar.

Agen perubahan tidak boleh menunggu segala sesuatu siap, harus selalu keluar sepenuhnya dari situasi statis dan terbiasa bekerja dalam situasi dinamis. Perubahan itu pasti dan abadi dalam hal apa pun, sehingga tidak perlu menunggu dalam zona nyaman. Perubahan yang sukses biasanya tidak pernah suka dalam zona nyaman, selalu mencari zona tidak nyaman agar mampu menyalurkan kreativitas dan inovasi untuk perubahan.

Untuk mengundang Djajendra hubungi: 0812 1318 8899/ email: admin@djajendra-motivator.com