KESEDIHAN DAN KEGEMBIRAAN ADALAH PILIHAN HIDUP

“Hidup Anda dibentuk dari sikap dan keputusan Anda, bukan dari keinginan dan ambisi Anda.”~Djajendra

Anda boleh memilih untuk hidup sedih atau gembira. Ketika Anda tidak mau menerima kesulitan dan penderitaan, maka kesedihan akan menguasai emosi dan pikiran Anda. Apalagi kalau Anda terus-menerus menyalahkan orang lain dan tidak pernah mau introspeksi diri, maka hidup Anda seperti tiada hari tanpa penderitaan. Kegembiraan akan menjadi sesuatu yang mahal dan mewah, Anda pun seolah-olah hanya memiliki kesedihan untuk diberikan pada kehidupan Anda. Memang betul bahwa ada hal-hal yang tidak bisa Anda pilih, sebab sudah diberikan dalam wujud takdir, tetapi Anda masih bisa memilih untuk bersikap seperti apa dan untuk membuat keputusan seperti apa terhadap takdir yang harus Anda terima. Pada akhirnya, hidup Anda dibentuk dari sikap dan keputusan Anda, bukan dari keinginan dan ambisi Anda.

Bagi sebagian orang yang tidak memilih kegembiraan sebagai gaya hidup akan memiliki gaya hidup yang meratapi kesedihan. Jika ada sedikit kesulitan, maka amarah dan rasa tidak berdaya langsung terlihat dalam ekspresi drama yang penuh air mata. Keluh-kesah, menyalahkan orang lain, menyalahkan Tuhan,  dan segala sesuatu di luar dirinya pasti disalahkan sambil minta dirinya dikasihani. Depresi yang terus-menerus menjadikan kepribadian Anda tidak stabil dan selalu mencari korban dari luar diri untuk dipersalahkan. Dalam kondisi ini, Anda sulit memahami nasihat yang baik untuk hidup Anda dan tidak pernah paham bahwa hidup Anda ada dalam sikap dan keputusan Anda, bukan dalam sikap dan keputusan orang lain. Apa pun takdir Anda, sikap dan keputusan Anda yang memilih untuk hidup bahagia dan gembira pasti membuat jalan hidup Anda cemerlang dalam kebahagiaan.

Kesedihan dan kegembiraan adalah sesuatu yang wajar dan semua orang pernah merasakannya. Apalagi Anda memutuskan untuk tidak lagi mengejar sukses dan tidak lagi menolak kegagalan. Ketika sukses dan kegagalan bernilai sama bagi Anda, keduanya tidak lebih sebagai pengalaman yang memperkaya kualitas hidup Anda, maka badai kehidupan dan keberuntungan yang terus-menerus tidak akan mampu merubah Anda. Anda tetap rendah hati, percaya diri, bahagia, dan selalu  gembira dengan badai kehidupan maupun keberuntungan yang terus-menerus. Anda tidak akan memperlihatkan emosi rendah dari kedua peristiwa tersebut, tetapi selalu menunjukkan kebijaksanaan dan kesederhanaan dalam kebahagiaan abadi. Kebahagiaan dan kegembiraan tidak ditentukan oleh kesuksesan maupun kegagalan, keduanya ditentukan oleh sikap Anda untuk menerima hidup dengan gembira dan menjalani hidup dengan bijaksana dalam rasa syukur yang tinggi.

Ketika kesedihan yang terus-menerus menjadikan Anda dalam kondisi depresi, dan ternyata kehidupan masih membombardir Anda dengan kesulitan dan masalah yang tak terselesaikan, maka Anda harus segera kembali ke kedalaman diri sendiri. Keberadaan Anda lebih dari dunia luar tempat pikiran dan tubuh Anda melihat kehidupan dari cermin pancaindera. Anda memiliki jiwa yang damai di ke kedalaman diri Anda. Kedamaian dan kebahagiaan sudah ada di dalam diri Anda. Ketika akal dan daya Anda sudah kehabisan energi untuk menghadapi realitas dunia luar Anda, maka menenangkan diri dan isi kembali energi positif di ke kedalaman diri Anda. Masuklah ke dalam diri Anda yang paling dalam untuk mengalami ketenangan dan kebahagiaan. Setelah Anda kuat, memiliki energi positif yang berlimpah, sudah dapat menyadari bahwa di ke kedalaman diri sejati Anda ada tempat yang membuat Anda menemukan segala macam solusi bagi kehidupan yang bahagia, Anda pun bisa kembali hadir ke dunia luar untuk menyelesaikan semua masalah dengan mudah.

Diri Anda adalah solusi untuk hidup Anda. Tidak perlu ada kesedihan sampai menjadi depresi yang merusak kesehatan diri sendiri. Tidak perlu kehilangan kedamaian jiwa hanya karena belum ketemu solusi. Tidak perlu kehilangan fokus pada tujuan hidup hanya karena masalah dan kesulitan menghalangi jalan Anda. Tidak perlu tenggelam dalam hati yang dipenuhi rasa takut dan khawatir tentang masa depan. Hidup memang tidak pasti. Hidup memang dalam perubahan terus-menerus. Hidup memang tidak dapat diprediksi. Tetapi, jika Anda menerima apa pun jalan hidup dengan gembira dan bahagia, maka Anda dapat melihat kehidupan dalam cahaya yang menerangi visi hidup Anda. Semua peristiwa dan kejadian dalam hidup bersifat sementara dan perubahan akan menciptakan yang baru. Kesulitan dan kemudahan akan lewat pada waktunya. Tidak ada yang permanen. Tidak ada yang pasti. Anda harus selalu memperkuat mental dan emosional agar memiliki ketabahan dan kesabaran untuk melewati masa-masa paling sulit. Setelah melewati masa sulit, belajarlah sesuatu untuk menjadikan Anda lebih bijaksana dan lebih bahagia dengan situasi apa pun.

Roda kehidupan terus-menerus berputar membawa keinginan dan ambisi Anda. Keinginan dan ambisi selalu menuntut pencapaian dan sukses lebih besar, pencapaian target yang lebih besar, segalanya yang lebih hebat dan lebih besar jumlahnya untuk memuaskan ego yang menguasai ambisi. Jika Anda tidak sadar bahwa pada waktunya roda kehidupan harus menyentuh dasar yang paling rendah, maka saat roda kehidupan berada di titik terendah, Anda bisa menderita hebat dalam kesulitan. Oleh karena itu, pahami bahwa kehidupan tidak selalu membuat Anda berada pada puncak pencapaian, kadang-kadang akan melempar Anda pada dasar jurang. Pelajari pola hidup yang selalu membawa siapa pun untuk mengalami kebahagiaan dan penderitaan. Keduanya selalu hadir untuk dialami dan dirasakan. Kesadaran dan sikap Anda untuk hidup gembira dan bahagia, akan mengubah penderitaan yang diberikan pancaindera dari interaksi Anda dengan dunia luar diri Anda. Berikan pelayanan terbaik bagi dunia luar Anda. Berikan kontribusi dan komitmen untuk keindahan dan kedamaian dunia. Miliki motivasi dan gairah untuk memberikan hal-hal positif dan membicarakan kebaikan di sepanjang hidup Anda. Hiduplah untuk membantu dan meringankan penderitaan orang lain. Jika semua yang Anda berikan adalah hal-hal positif dalam balutan cinta dan kepedulian, maka semua yang Anda berikan itu secara otomatis akan memperkaya atau memperkuat energi positif di dalam diri sejati Anda. Akibatnya, di dalam diri sejati Anda akan ada jutaan solusi untuk membantu kehidupan Anda agar selalu bahagia dan damai.

Untuk mengundang Djajendra hubungi: 0812 1318 8899/ email: admin@djajendra-motivator.com