HIDUP KITA UNTUK BERBUAT BAIK

“Niat baik kita untuk melakukan hal-hal baik harus menjadi komitmen dalam kesadaran diri kita yang paling tinggi.”~Djajendra

Hidup kita ini memiliki tujuan untuk meningkatkan rohani diri, menemukan potensi diri, menemukan kesadaran diri, mengembangkan kualitas diri, dan membangun kepribadian positif. Misi utama kita adalah menemukan siapa diri kita yang sebenarnya dan bagaimana diri ini menjadi berguna dalam membangun kualitas kehidupan yang lebih baik. Semua ini bisa dilakukan ketika kita meninggalkan keegoisan dalam semua aspek kehidupan. Kita juga harus mengerti bawah keegoisan menyebabkan penderitaan dan keterasingan dalam hubungan pribadi kita dengan siapa pun.

Kita bertanggung jawab untuk menemukan segala kebaikan dari dalam diri kita agar dapat kontribusi-kan bagi kemajuan kehidupan. Tugas utama kita adalah membersihkan hal-hal buruk yang mungkin tak terhitung banyaknya, kita pun harus bermental pemenang untuk melalui berbagai macam peristiwa kehidupan, dan pada akhirnya menyerahkan sesuatu yang baik pada kehidupan.

Kita ada untuk berbuat baik. Temukan jalan ke perbuatan baik. Tempatkan kualitas diri di atas nilai-nilai kebaikan dan temukan perilaku baik untuk diberikan dalam kehidupan. Selesaikan semua tugas dengan nilai-nilai etis yang kaya integritas. Jangan membuang waktu dan tenaga untuk melayani hal-hal buruk. Fokus dan selalu disiplin dalam menjalankan hidup melalui nilai-nilai positif. Apa pun peristiwa yang kita alami, simpanlah nilai-nilai positif di dalam memori kita. Jangan pernah menyimpan nilai-nilai negatif di dalam memori kita.

Kita harus rajin, fokus, tenang, dan tidak pernah berhenti dalam mengejar tujuan. Siapkan kualitas diri untuk mengalir ke bawah dan ke atas dengan penuh percaya diri. Jangan berkeluh-kesah atau pun menyerah ketika mengalir ke bawah, dan jangan juga terlalu gembira ketika mengalir ke atas. Semua peristiwa yang kita alami selama perjalanan menuju tujuan bersifat sementara, jadi tidak perlu bersikap berlebihan. Tetaplah fokus dan rajin untuk bisa sampai ke tujuan. Setelah sampai di tujuan, di sana juga bersifat sementara, kita harus bersiap-siap untuk tujuan yang lebih tinggi, dan seterusnya seperti itu.

Pengalaman baik dan buruk merupakan bagian dari perjalanan kita menuju tujuan. Tidak perlu membuang-buang waktu dalam khayalan dan keyakinan buta. Hadapi kenyataan hidup dan kerjakan hal-hal baik di sepanjang kenyataan yang sedang dilalui. Kuatkan mental diri dalam menghadapi provokasi dari energi negatif kehidupan. Kuatkan kualitas iman yang tak tergoyahkan kepada Tuhan. Rintangan dan keadaan sulit akan hilang ketika kita menghadapinya dengan rasa syukur dan menerimanya sebagai hadiah terindah. Tidak perlu bergantung pada siapa pun dan apa pun, cukup bergantung kepada Tuhan untuk hasil yang kita perjuangkan. Tinggalkan keegoisan diri dan jadilah rendah hati dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab.

Perbuatan baik kita akan selalu diuji dengan energi negatif. Pengalaman negatif adalah tantangan yang harus kita atasi. Pengalaman yang menyakitkan hati akan datang untuk menguji sikap baik kita, akan menguji reaksi baik kita dalam situasi yang membuat kita tersudut. Ketika kita sabar, berpikir baik, bersikap baik, dan tetap menunjukkan belas kasih kepada orang-orang yang memberikan pengalaman negatif; maka, kita pun mampu berbuat baik di sepanjang hidup kita.

Hidup kita untuk berbuat baik, dan hal ini harus dipenuhi melalui gangguan dan kesulitan yang tidak mudah. Jika kita sadar untuk menjaga emosi, pikiran, dan kecerdasan kita dari energi negatif; kita pun mampu secara konsisten berbuat baik dan menghindari balas dendam terhadap mereka yang berbuat buruk kepada kita. Diri yang menang adalah diri yang tetap bermental positif untuk mengalahkan hal-hal negatif, menjauhkan diri dari peristiwa-peristiwa buruk, bangkit dengan kesadaran untuk berbuat baik, dan mengampuni kebodohan orang yang mencoba berbuat buruk pada kita. Pada akhirnya, hidup kita di dunia ini hanya sementara, dan sangat rugi jika kita habiskan dalam dendam dan kemarahan. Ingat! Kita ada untuk berbuat baik.

Mau mengundang Djajendra untuk Narasumber?

Email: admin@djajendra-motivator.com

Previous post: